Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Sejarah Iluni-FK'83

Go down 
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Sejarah Iluni-FK'83   Mon Jul 22, 2013 11:10 am

SEJARAH ILUNI FK'83

ILUNI FK'83 ini agak unik karena merupakan hasil daripada SKALU yang diadakan untuk pertama kalinya. SKALU merupakan sistim ujian masuk Universitas Negeri, yang pada saat pertama kali diadakan baru merupakan gabungan 5 Universitas Negeri, dimana sebelum sebelumnya tiap ujian masuk diselenggarakan sendiri oleh tiap Universitas. Maksud daripada diadakannya SKALU adalah untuk menghindari seorang calon mahasiswa diterima dibeberapa Universitas Negeri sekaligus. Ternyata karena baru pertama kali diadakan pada tahun 1977 itu, masih tetap terjadi beberapa bahkan boleh dibilang cukup banyak calon mahasiswa yang diterima dibeberapa Universitas pengikut SKALU, bahkan sampai ada yang diterima di kelima Universitas yang bergabung dengan SKALU. Akibatnya pada saat penerimaan banyak calon mahasiswa yang tidak mendaftar ulang karena sudah mendaftar ulang ditempat pilihannya, sehingga banyak bangku kosong waktu itu. Maka dilakukan pemanggilan kembali terhadap calon mahasiswa untuk mengisi bangku bangku kosong tersebut, untuk FKUI sendiri sampai memanggil kembali puluhan calon mahasiswa baru, yang kemudian dikenal sebagai mahasiswa gelombang II.

Mahasiswa gelombang I FKUI sendiri waktu itu sudah ditemani oleh kakak kelas dari angkatan tahun 1976 yang meninggalkan 50 orang anggotanya, yang ternyata dikemudian hari orangnya asyik asyik dan seru seru, ditambah lagi dengan angkatan 77 yang juga punya kelebihan, menjadikan ILUNI FK'83 sangat berwarna. Disamping angkatan 76, ada tambahan 6 orang mahasiswa dari Malaysia, yaitu: M Yushof bin Mashod, Anisah binti Mohd Tahir, Zainuddin bin Mohamed, Faziah binti Ismail, Abdul Rahman bin Abdullah dan Hamzah bin Ahmad. Dalam perjalanan selanjutnya ILUNI FK'83 makin asyik saja dengan masuknya pentolan pentolan dari angkatan 75 yaitu Pulunggono Sudarmo, Ino Gandasena, Djadjat, Azis Djunaidi, Joyce, Wasril Wazar, Fomidia dan Lukman Hakim. Ternyata kemudian ada lagi tambahan dari angkatan 74 yaitu Yunus dan M Nu'man serta Halim Winata. Paling senior di ILUNI FK'83 adalah M Harris, dari angkatan 73, tapi orangnya kocak dan asyik, sesuai dengan sifat kebanyakan para warga ILUNI FK'83. Kenangan Harris :
Saya masuk FKUI th 73 selesai th 84, kira2 kuliah 11 thn. 2x lipat dari normal. Alhamdulillah saya diakui sebagai Alumni di ILUNI'83

Disekitar tahun1980 masuklah Ririn ( Astrina Yulda ), pindahan dari UnPad karena suaminya sakit keras dan harus mendapat pengobatan di RSCM, orangnya asyik, humoris dan gaul sehingga seluruh warga ILUNI FK'83 menyukainya dan menerimanya dengan tangan terbuka. Sebelumnya di tahun 1979 masuk Farida Elizar diantara kita sehingga menambah semarak lagi suasana. Setelah lulus pada th 1983 Farida Elizar ikut suami dan pindah ke Malaysia, sampai sekarang masih berpraktek sebagai dokter umum di Kuala Lumpur. Tahun 1982-1983 kita mendapat tamu istimewa, Dr Med Ali Baziad, seorang dokter lulusan Jerman tapi harus menjalani adaptasi bersama ILUNI FK'83 sebelum bisa menjalankan profesinya sebagai dokter di Indonesia. Sekarang bahkan sudah menjadi Ketua MKDKI. Nah ini kata kenangan Ali Baziad tentang ILUNI FK'83:

Saya datang utk pertama kali ke FKUI utk mengikuti adaptasi, tidak mengenal seorangpun. Alhamdulillah ketemu seseorang yg menolong dan menjadi teman baik hingga kini.salah satu kehormatan yg paling tulus memiliki teman2 seperti pld 83.

Masih ada cerita kawan kita Kemala Sayuti:
Tahun 1977 mulai kuliah di FKUI, setelah tamat SMA N II Padang tahun1976. Perasaan senang dan bangga bisa masuk F K terbaik di Indonesia. Punya teman yg pintar, rajin dan ulet yang memberi semangat maju

Belum sampai tamat di FKUI, beliau menikah dan ikut suami kembali ke Padang, melanjutkan di Universitas Andalas dan sekarang menjadi staf di Bagian Mata RS M Djamil, Padang. Anggota ILUNI FK'83 lain yang kemudian pindah jurusan dan tidak meneruskan di FKUI adalah: Bambang Utomo Gatot Subroto, Bachtiar, Dina Herwita, M Hasbi Saleh, Patty Pieters, Rini Sukaman.Berbagai golongan mengisi ILUNI FK'83, ada lagi M Taufik Chaldun, anggota ILUNI FK'82 yang juga ingin bergabung dengan serunya ILUNI FK'83, dan beliau diterima dengan tangan terbuka, karena ILUNI FK'83 memang tidak membatasi keanggotaannya. Yang termasuk ILUNI FK'83 adalah lulusan FKUI tahun 1983, karena memang rata rata lulus di akhir tahun 1982 dan dilantik Februari 1983, termasuk simpatisannya, angkatan tahun berapapun dan lulusan tahun berapapun diterima dengan tangan terbuka, contohnya teman kita Affif, angkatan tahun 1975.
Back to top Go down
 
Sejarah Iluni-FK'83
Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: PROFIL dan KEGIATAN ILUNI-FK'83 :: PROFIL ILUNI-FK'83-
Jump to: