Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 A l k o h o l

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Tue Feb 05, 2013 4:50 pm

CARA EDUKASI ANAK JAUHI ALKOHOL
SABTU, 3 MARET 2012 14:10 wib Gustia Martha Putri - Okezone
SELAIN narkoba, alkohol merupakan hal lainnya yang membuat orangtua pusing, karena rawan diminati remaja. Lantas bagaimana cara menjauhi buah hati dari alkohol? Pertama, tugas Anda adalah memberikan informasi sedini mungkin sebagai tahap edukasi. Demikian ujar Dr Mirriam Stoppard dalam bukunya 'Panduan Kesehatan Keluarga'. "Alkohol adalah zat memabukkan yang dibuat dari karbohidrat terfermentasi, dan walaupun awalnya membuat kamu senang, ini sebenarnya adalah obat depresan yang memperlambat respons (memengaruhi koordinasi) dan cara kerja otak (memengaruhi penilaian), sehingga membuat orang ceroboh dan bodoh," ujar Stoppard dalam bukunya. Berikut paparan Stoppard yang dapat Anda informasikan kepada buah hati, penjelasan mengenai apa saja efek alkohol ketika dikonsumsi, dan dampak yang akan diterima bagi yang meminumnya:

# Efek Alkohol
Minum alkohol menyebabkan orang:

- Merasa seperti lebih senang
- Percaya diri
- Merasa santai dan tenang
- Terbuka dan lebih banyak bicara
- Merasa bebas dari semua tekanan
- Bahagia dan lebih banyak tertawa
- Merasa lebih berani menghadapi hal-hal yang ditakuti.

# Efek Buruk
Minum alkohol terlalu banyak, selalu menimbulkan dampak yang menyeramkan.

- Minum bisa membuat kamu agresif dan kejam. Kamu cenderung memulai pertengkaran dan perkelahian.
- Kamu menjadi tidak terkoordinasi dan ceroboh.
- Terlalu banyak alkohol membuat pandangan kabur dan bicara cadel.
- Minum alkohol saat bermuram hati bisa membuatmu merasa lebih tertekan.
- Alkohol mengandung banyak kalori. Alkohol bisa membuatmu gemuk, dan berakibat buruk bagi kulit.
- Mabuk parah membuatmu benar-benar rapuh. Kepala terasa dipukul-pukul, dan perut terasa sakit.
- Alkohol dapat merusak kesuburan dan potensi pria.(gmp) (nsa)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Wed Feb 06, 2013 9:35 pm

PECANDU ALKOHOL RENTAN RADANG PANKREAS
KAMIS, 17 JANUARI 2013 14:05 wib Niken Anggun Nurani - Okezone
PANKREATITIS didefinisikan sebagai radang pankreas. Penyakit yang banyak diderita oleh para pecandu alkohol ini dapat terjadi dengan tingkat keparahan yang berbeda. Jika dibiarkan, dapat berakibat kematian. Pankreas adalah kelenjar yang terletak di belakang perut. Ini melepaskan hormon, insulin dan glukagon, serta enzim pencernaan yang membantu Anda mencerna dan menyerap makanan. Pankreatitis dapat disebabkan oleh batu empedu yang menjadi penyumbat pada pembukaan di pankreas, demikian yangdilansir Healthmeup. Radang pankreas kronis bisa terjadi sebagai akibat dari penggunaan alkohol berat. Radang ini bisa melibatkan rasa sakit perut kronis yang bisa berlangsung selama berbulan- bulan bahkan tahunan. Dalam beberapa kasus setiap satu kali makan makan dapat membuat rasa sakit parah, pada penderita. Gejala pankreatitis kronis termasuk rasa menyakitkan, sakit perut, rasa nyeri kronis, berat badan bermasalah, dan kotoran berbau menyengat. Untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa membungkuk ke depan atau pengeritingan dalam posisi janin dapat meringankan rasa sakit, sementara makan atau minum cenderung membuatnya lebih buruk. Biasanya penyumbatan bersifat sementara, yang berlangsung beberapa hari, dan gejala menghilang ketika batu empedu tersebut copot. Kasus ringan dari pankreatitis akut umumnya membaik dalam seminggu. Sedang untuk kasus yang parah mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk masa penyembuhannya. Pankreatitis kronis biasanya menyebabkan kerusakan permanen pada pankreas. Hilangnya fungsi pankreas dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk benar mencerna nutrisi. Pasien pankreatitis akut harus dirawat di rumah sakit untuk menghindari dehidrasi, adanya pemantauan dan mengontrol rasa sakit. Jika batu empedu adalah alasan di balik pankreatitis ahli medis dapat menggunakan metode pembedahan atau melalui laparoskopi. (ind)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Tue Apr 16, 2013 8:20 pm

TAK CUMA RUSAK OTAK, ALKOHOLPUN PERCEPAT OSTEOPOROSIS
Qalbinur Nawawi - Okezone Selasa, 16 April 2013 16:29 wib
DAMPAK mengonsumsi alkohol memang sangat signifikan bagi tubuh. Selain bisa mempercepat osteoporosis datang, ternyata mengonsumsi alkohol bisa menciptakan kerusakan otak. Hal ini dikarenakan kandungan alkohol bisa mengurangi tiamin dan juga gizi dalam tubuh. Tiamin atau juga yang dikenal sebagai vitamin B1, merupakan nutrisi penting untuk semua jaringan organ tubuh, khususnya otak. Oleh karena itu, orang yang kurang asupan tiamin bisa berdampak perubahan serius pada otak dan kesehatan tubuh, demikian seperti dikutip National Institute on Alcohol dan Alcoholism ( NIAAA).Dampak dari mengonsumsi alkohol sendiri secara ringan yakni dapat membuat ingatan Anda terganggu, lambat dalam bereaksi, ataupun sampai tingkat berat bisa menyebabkan penglihatan kabur dan kesulitan berjalan. Selain itu, alkohol juga berdampak negatif bagi kesehatan yakni pengeroposan tulang. Senada dengan itu, Joan A. McGowan, Ph.D direktur dari Divisi NIH penyakit otot sendiri menegaskan bahwa seseorang yang mengonsumsi satu gelas alkohol sehari untuk wanita dan dua gelas alkohol pada pria, akan berpotensi kehilangan perlindungan tulang. Menurutnya, kondisi itu bisa terjadi sekalipun seseorang tidak mengonsumsi alkohol berlebihan. Apalagi, bila Anda mengonsumsi alkohol di umur senja, kondisi itu akan meningkatkan kemungkinan Anda patah tulang saat jatuh. Untuk itu, saran terbaik untuk jauh dari akibat negatif ini masih dan tetap, upayakanlah berhenti minum alkohol. (ind) (tty)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Wed Apr 17, 2013 8:04 pm

TAK APA MINUM ALKOHOL SEDIKIT SAAT HAMIL
RABU, 17 APRIL 2013 | 13:53 WIB
TEMPO.CO - Minum sedikit alkohol selama kehamilan tidak membahayakan perkembangan perilaku dan mental anak, laporan Jurnal Internasioal Obstetri dan Ginekologi (BJOG). Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan pengujian terhadap 10 ribu anak berumur 7 tahun di Inggris. 10 Ribu anak ini adalah anak yang lahir dengan Ibu yang mengkonsumsi alkohol selama kehamilan, dengan jumlah sedikit maupun anak yang lahir dari ibu yang tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali. Hasil penelitian menunjukkan sedikit perbedaan yang ditemukan antara dua kelompok. Sebelumnya, peraturan tentang minuman beralkohol dari Pemerintah Inggris menyebutkan, agar wanita hamil menjauhkan diri dari alkohol. Bila seandainya mereka mengkonsumsi alkohol, sebaiknya tidak lebih dari dua unit selama seminggu. Prof. Yvonne Kelly, Koordinator Penulis dan Penelitian di International Journal of Obstetri dan Ginekologi menyatakan, "Kami tahu minum berat selama kehamilan memiliki efek yang sangat merusak, tapi sangat tidak mungkin bila minum dalam jumlah kecil dapat memiliki dampak," ujarnya. Menurut Kelly, secara biologis, tidak masuk akal bila alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah sedikit akan mempengaruhi perkembangan anak. "Anak-anak tumbuh akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan secara besar-besaran," kata Kelly "Meskipun kami telah mengikuti anak-anak selama tujuh tahun pertama kehidupan mereka, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendeteksi apakah ada efek samping dari rendahnya tingkat konsumsi alkohol pada kehamilan muncul nanti di masa kecil." Minum sedikit digolongkan sebagai mengkonsumsi sebanyak dua unit alkohol per minggu. Unit A adalah setengah pint bir atau ukuran single minuman golongan spirit. Penelitian ini mengumpulkan data dari Millenium Cohort Study, sebuah studi nasional dari bayi yang lahir di Inggris antara 2000-2002. Ketika anak-anak itu berusia sembilan bulan, ibu mereka ditanya, apakah mereka pernah mabuk alkohol selama kehamilan. Sekitar 57% mengatakan mereka abstain selama kehamilan dan 23% lainnya adalah peminum ringan. Ketika anak-anak mencapai usia tujuh tahun, orang tua dan guru sekolah diminta untuk menilai perilaku sosial dan emosional mereka. Termasuk apakah anak-anak itu hiperaktif dan memiliki masalah perhatian. Mereka juga diuji keterampilam matematika, membaca dan keterampilan spasial lainnya. Temuan penelitian juga mengisyaratkan bahwa anak laki-laki yang lahir dari peminum ringan memiliki sedikit masalah perilaku. Namun mereka memiliki kemampuan membaca dan keterampilan spesial lain yang lebih baik daripada mereka yang lahir dari ibu yang tidak minum selama hamil. Studi sebelumnya juga pernah mengangkat hal ini, meskipun studi terdahulu berpendapat bahwa perbedaan tetap muncul antara ibu hamil peminum ringan dan yang tidak minum sama sekali, namun lebih sedikit. Perbedaan lebih banyak muncul karena latar belakang pendapatan atau pendidikan yang lebih tinggi, atau sebaliknya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Wed Apr 17, 2013 8:31 pm

KONSUMSI ALKOHOL, FUNGSI OTAKPUN TERGANGGU
Qalbinur Nawawi - Okezone RABU, 17 APRIL 2013 19:30 wib
MENGONSUMSI alkohol memang sangat merugikan tubuh, khususnya fungsi otak Anda. Untuk itu, menghindari alkohol agar otak terpelihara jadi hal yang perlu dilakukan. Memelihara fungsi otak sejak dini penting dilakukan jika tak ingin kerja otak terganggu. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan ialah rutin aerobik. Jika dilakukan secara teratur, aerobik diketahui bisa mencegah kerusakan jangka panjang otak dikarenakan mengonsumsi alkohol. Hal ini sebagaimana dipublikasikan Journal Alcoholism: Clinical and Experimental Research. Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengobservasi seberapa sering mereka olahraga dan mengonsumsi alkohol selama 3 bulan. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang berolahraga hanya beberapa menit selama sepekan justru memunculkan kecenderungan untuk mengonsumsi alkohol lebih tinggi. Dan bila dihubungkan dengan fungsi otak, kondisi tersebut berefek pada penurunan fungsi otaknya. Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan kandungan dari alkohol bisa merusak jaringan dalam otak. Selain itu, penurunan otak ini sendiri mengacu pada hilangnya fungsi penggunaan otak kanan dan kiri dan penurunan daya tangkap (kognitif). Sementara, bagi orang yang berolahraga 96 menit atau lebih dalam sepekan, hubungan antara antara mengonsumsi alkohol dan kerusakan otak justru sangat kecil. Kondisi ini bisa terjadi karena jantung mengirimkan protein sekaligus insulin untuk kerusakan otak saat darah terpompa ke seluruh tubuh. Selain itu, peneliti percaya protein ini bisa merangsang pertumbuhan neuron dimana meningkatkan kinerja daya tangkap (kognitif) dan membatalkan kerusakan sel dalam otak. Demikian seperti dilansir Mens Health. Hasil kesimpulan penelitian itu menyatakan hubungan antara olahraga dan kesehatan otak ini tampak jelas dan efektif. Untuk itu, bagi Anda yang sudah merasakan efek negatif dari alkohol, olahraga bisa menjadi upaya termudah untuk memperbaiki fungsi kualitas otak Anda. (ind) (tty)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Tue May 28, 2013 9:33 am

MINUM ALKOHOL SEJAK DINI, RISIKO KECANDUAN TINGGI
SELASA, 28 MEI 2013 | 05:21 WIB
TEMPO.CO , Heidelberg - Penelitian terbaru menyimpulkan, mencoba minuman alkohol pertama di awal masa puber, dapat membuat risiko lebih besar terkena kecanduan alkohol di kemudian hari. Para peneliti telah lama mengetahui bahwa usia di mana seseorang mulai minum atau memakai obat adalah indikator utama dalam pengembangan kecanduan. Seseorang yang mulai minum antara usia 11 dan 14, misalnya, memiliki kesempatan 16 persen menjadi seorang pecandu alkohol 10 tahun kemudian. Sementara kemungkinan hanya 1 persen untuk seseorang yang dimulai pada 19 atau lebih tua. Terdapat juga beberapa alasan yang dapat meningkatkan risiko kecanduan. Anak-anak yang mulai minum alkohol pada masa puber dapat dipicu sebagai jalan keluar dari masalah yang ia hadapi, melarikan diri dari kekacauan, situasi keluarga yang tidak stabil, atau untuk mengatasi stres psikologis mereka sendiri. Selama ini kecanduan alkohol adalah salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit mematikan yang sulit untuk diatasi dan dapat menghancurkan kehidupan seseorang. Di masa puber, otak remaja lebih rentan mendapat efek dari alkohol sehingga kemungkinan untuk mengalami kecanduan jauh lebih besar dibanding mereka yang baru mencoba alkohol di usia dewasa. Tim peneliti dari University of Heidelberg di Jerman melakukan penelitian tersebut terhadap 243 dewasa muda yang memiliki kebiasaan minum alkohol. Penelitian ini menunjukkan mereka yang telah mencoba alkohol sejak usia di bawah 15 tahun memiliki kebiasaan minum lebih banyak. Tidak hanya soal alkohol, mencoba rokok ataupun ganja di usia puber memiliki resiko kecanduan yang sama tingginya. Menjejali tubuh dan otak dengan hal-hal negatif semacam itu juga membuat tubuh mengembangkan penyakit seperti schizophrenia
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Tue May 28, 2013 2:02 pm

ALKOHOL GANGGU KOORDINASI OTAK DAN OTOT
Rabu, 20 Maret 2013 WIB
Metrotvnews.com: Seseorang pernah merasakan tidak mampu untuk mendapatkan ketenangan. Bahkan, dia tidak lagi dapat mengoordinasikan gerak anggota tubuhnya. Hal itu biasanya terjadi saat sedang mabuk akibat minuman alkohol. Sebuah studi terbaru di Jerman telah mengungkapkan hal tersebut baru-baru ini. Studi itu menjelaskan ternyata alkohol bisa mengganggu koneksi antara visual otak dan kendali otot-otot tubuh. Fakta itu ditemukan dari hasil pemindaian (scanning) terhadap otak dari para peminum cairan alkohol. Dalam studi yang akan dipublikasikan pada jurnal kesehatan bulan itu, terbukti kuat bahwa konsumsi alkohol memberi dampak besar terhadap otak. Alkohol juga bisa melemahkan pandangan yang dikendalikan otak dan bagian tubuh yang inggin digerakkan. "Penemuan ini juga memiliki konsekuensi penting untuk menentukan komponen dari pekerjaan yang diinginkan seseorang peminum misalnya mengendarai kendaraan," kata Michael Luchtmann, ahli bedah otak dari Otto-von-Guericke-University of Magdeburg, Jerman kepada LiveScience, kemarin.(LiveScience/Drd)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Sat Jun 01, 2013 10:41 am

TREN MENGHIRUP ALKOHOL AMAT BERBAHAYA
JUM'AT, 31 MEI 2013 | 03:04 WIB
TEMPO.CO , New York:Broderic Allen, seorang pemuda asal Texas, Amerika Serikat berusaha menurunkan berat badannya dengan berhenti minum alkohol. Dia berhasil menurunkan bobot hingga 36 kilogram. Tapi dia tampaknya tak ingin kehilangan sensasi menenggak minuman keras itu. Dia pun mengubah kebiasaannya menenggak alkohol dengan menghirup uap minuman keras yang keluar setelah ditambahkan biang es itu. Dia menyebut menikmati alkohol dengan cara itu tak membuat tubuh mengambil kalori dan gula yang tinggi jika dibanding jika menenggak alkohol."Aku menghirup itu, berasa seperti aku meminumnya," kata Allen. Tren menghirup uap alkohol tampaknya tengah merebak di Negeri Abang Sam itu. Beberapa video di situs Youtube juga memperlihatkan apa yang dilakukan oleh Allen. Namun menurut para dokter, apa yang dilakukan Allen dan pemuda lainnya itu sangat berbahaya. Kebiasaan itu bisa membahayakan fungsi hati. “Menghirup alkohol merupakan tren berbahaya, khususnya di kalangan mahasiswa yang mungkin mencari cara yang lebih ekstrim untuk mendapatkan pengalaman lain,” kata Dr Harris Stratyner, wakil presiden klinis regional Pusat Perawatan Caron di New York. "Merokok" menggunakan biang es pada alkohol, cara ini adalah "luar biasa berbahaya," kata Stratyner. "Saat Anda menghirup alkohol, udara itu akan pergi langsung ke paru-paru dan hati dan otak," katanya. Paru-paru dan selaput lendir sangat sensitif terhadap alkohol, dan menghirup uap alkohol dapat mengeringkan saluran hidung dan mulut, sehingga pengguna lebih rentan terhadap infeksi. Selain itu, menghirup alkohol dapat menyebabkan Anda keracunan alkohol yang mematikan. "Salah satu hal yang mencegah keracunan alkohol biasanya dengan memuntahkannya," kata Stratyner. "Namun ketika Anda menhirupnya dan langsung menuju ke paru-paru, Anda tidak memiliki kemampuan untuk mencegah keracunan alkohol." Stratyner pertama kali melihat tren ini muncul pada tahun 2004 dan mengatakan telah meningkat tiap tahunnya. "Ini adalah hal bodoh yang sangat berbahaya untuk dilakukan," katanya. "ini harus dibuat ilegal."
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Thu Jun 06, 2013 6:15 pm

EFEK SAMPING MINUMAN KERAS
Helmi Ade Saputra - Okezone RABU, 5 JUNI 2013 20:21 wib
MENGONSUMSI minuman keras tidak hanya dapat menganggu kesehatan seseorang, namun juga dapat merubah mental seseorang bila meminumnya dengan tidak bertanggung jawab. "Minuman keras efeknya dapat mengganggu kesehatan dan dapat mengubah mental seseorang. Kemudian tidak hanya soal mengemudi, tetapi efeknya dapat berakibat tindakan kekerasan dalam rumah tangga," ujar Dr.Hj. Elza Syarief, SH, MH dalam acara Pernod Ricard 'Responsib'All Day' di cafe LAMODA, Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (5/6/2013). Dr. Elza Syarief juga mengatakan efek dari minuman keras itu sendiri yang harus diperhatikan, karena banyak merugikan orang lain. Ia menegaskan bahwa hal ini bukan soal minumnya, tetapi efeknya setelah meminum minuman keras tersebut. "Yang perlu saya tegaskan adalah bukan soal minumnya, tetapi efeknya setelah minum-minuman keras, misalnya efek karena dengan sengaja mengendarai mobil dalam keadaan mabuk sehingga dapat membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain," tandasnya. (ind) (tty)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Thu Jun 06, 2013 6:28 pm

BATAS MAKSIMAL TUBUH TERHADAP ALKOHOL
Helmi Ade Saputra - Okezone RABU, 5 JUNI 2013 18:19 wib
TIDAK dapat dipungkiri sebagian dari kebanyakan masyarakat Indonesia mengonsumsi minuman beralkohol saat sedang berkumpul dengan teman-teman, seperti wine, vodka, cognac, dan beer. Namun, minuman beralkohol tersebut bukan berarti tidak ada risikonya. Ada banyak bahaya yang mengintai di balik minuman tersebut. Oleh karena itu, perkumpulan eksportir/importir maupun distributor minuman beralkohol sedunia pernah membuat kesepakatan mengenai minum minuman beralkohol secara bertanggung jawab di Belgia, salah satunya Pernod Ricard. Untuk itu sebagai bagian dari tindakan Corporate Social Responsibility (CSR), Pernod Ricard Indonesia akan melakukan edukasi dan peningkatan awareness masyarakat terhadap responsible drinking dengan tema " Let's be responsible. Let's be smart : don't drink and drive". Perihal mengonsumsi alkohol, Dr. Laurentius Panggabean, SpKJ, MS mengatakan batas maksimal tubuh manusia terhadap minuman alkohol adalah 220 liter. "Batas maksimal tubuh terhadap minuman alkohol adalah 220 liter, dalam darah kadar alkohol tersebut adalah 0,05 gram,"ujar Dr. Laurentius dalam acara Pernod Ricard 'Responsib'All Day' di Cafe LAMODA, Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (5/6/2013). Lebih lanjut dikatakan bahwa jika mengonsumsi lebih dari batas tersebut, maka respon tubuh pun tidak normal. "Mengonsumsi lebih dari 220 liter mungkin bila kita biasa berjalan normal lurus akan menjadi miring-miring,"tutupnya. (ind) (tty)
Back to top Go down
 
A l k o h o l
View previous topic View next topic Back to top 
Page 7 of 9Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: