Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 A l k o h o l

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Sat Nov 10, 2012 2:48 pm

ALKOHOL BIKIN KADAR EMPATI PRIA BERKURANG
Vera Farah Bararah - detikHealth Sabtu, 10/11/2012 13:56 WIB
Jakarta, Konsumsi alkohol rupanya tidak hanya membuat tingkat kesadaran seseorang berkurang. Karena laki-laki yang mengonsumsi alkohol akan membuat kadar empatinya berkurang dan sulit komunikasi. Sebuah studi menemukan laki-laki pecandu alkohol cenderung punya empati yang kurang dan memiliki pandangan ironi, sehingga ada kemungkinan mengalami kesulitan untuk memahami bentuk komunikasi yang kompleks. Empati adalah kemampuan untuk memahami perasaan orang lain dan ironi adalah teknik komunikasi yang menggunakan kata-kata sindiran yang maknanya kebalikan dari kondisi sebenarnya. Studi ini melibatkan 22 laki-laki yang suka mengonsumsi alkohol dan 22 pria kontrol yang bukan pecandu alkohol. Peserta diminta membaca cerita ironi atau non-ironi, kemudian menyelesaikan kuesioner tentang keadaan emosional karakter cerita. Serta dibandingkan dengan kapasitasnya untuk berempati. Diketahui para pecandu alkohol menunjukkan kurangnya empati dan salah paham dengan cerita ironi yang dimaksudkan seperti menganggapnya sebagai hiburan. Sedangkan pria kontrol menemukan cerita ironi dalam menyatakan sikap negatif dan emosi. "Temuan tampaknya menunjukkan bahwa pecandu alkohol menunjukkan adanya penurunan kemampuan dalam memahami bentuk komunikasi kompleks," ujar Simona Amenta, peneliti University of Milano-Bicocca, seperti dikutip dari Health24, Sabtu (10/11/2012). Hal ini karena konsumsi alkohol terus menerus bisa merusak kesehatan mental seperti berkurangnya rasa empati, serta daya ingat yang dapat melemahkan memori dan kemampuan kognitif seseorang. Selain itu, efek buruk lain dari alkohol bagi tubuh adalah bisa memperburuk kondisi hati yang berfungsi menyaring racun-racun yang ada di dalam tubuh. Serta meningkatkan risiko penyakit hati kronis, jantung dan stroke.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Sat Nov 10, 2012 2:50 pm

ALKOHOL BIKIN GAMPANG HORNY DAN PICU SEKS BEBAS
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth Jumat, 24/02/2012 07:47 WIB
Jakarta, Perilaku cinta satu malam atau one night stand sering terjadi usai acara pesta yang menyajikan minuman keras. Tidak bisa dipungkiri, alkohol dalam kadar tertentu bisa mempengaruhi perilaku sekaligus meningkatkan gairah seks seseorang. Alkohol yang terkandung dalam minuman keras seperti bir, wine dan vodka memiliki efek antidepresan sehingga orang merasa lebih rileks. Efek ini membuat orang bisa kehilangan rasa canggung, sehingga lebih berani mendekati lawan jenis karena tidak memikirkan lagi risiko penolakan. Efek tersebut juga membuat seseorang kehilangan rasa malu, sehingga cenderung melakukan perilaku berisiko seperti merayu ataupun membiarkan dirinya dirayu. Di bawah pengaruh alkohol, perkenalan singkat di sebuah acara pesta bisa langsung berlanjut ke ranjang. Pada pasangan resmi, efek alkohol ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi suasana canggung apabila sering bermasalah dengan gairah seks. Namun pada pasangan tidak resmi, maka alkohol bisa memicu perilaku berisiko apalagi jika pasangan itu tidak saling tahu riwayat seksual masing-masing. Bukan hanya memberikan efek secara psikologis yakni mengurangi rasa takut dan gelisah, secara kimiawi alkohol juga dikenal sebagai aphrodisiac atau pembangkit gairah seks alami. Pada perempuan, efek ini pernah diteliti di jurnal Nature tahun 1994. Menurut para ahli ketika itu, alkohol dalam jumlah tertentu bisa meningkatkan hormon seks testosteron. Dikutip dari Askmen, Jumat (24/2/2012), para ahli juga merekomendasikannya sebagai terapi bagi perempuan yang mengalami masalah libido atau gairah seks rendah. Namun jika berlebihan, alkohol justru memberikan efek berlawanan yakni merusak gairah seks dan bahkan memicu impotensi pada laki-laki. Alkohol mulai memberikan dampak buruk pada kadar di atas 0,5 gram/kg berat badan atau kurang lebih 0,5 botol wine untuk orang seberat 75 kg.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Thu Nov 15, 2012 10:58 am

KONSUMSI ALKOHOL SAAT HAMIL PENGARUHI IQ BAYI
KAMIS, 15 NOVEMBER 2012 | 09:41 WIB
TEMPO.CO, London - Minum minuman keras oleh ibu hamil menjadi topik yang kontroversial selama beberapa dekade, tanpa kebulatan pendapat ilmiah. Sementara beberapa ahli menyarankan pantangan total dari alkohol, yang lain memperbolehkan dalam jumlah moderat. Studi baru, yang menggunakan pendekatan genetik untuk mempelajari dampak dari alkohol, menyimpulkan bahwa anak-anak yang ibunya mengkonsumsi alkohol selama kehamilan memiliki IQ lebih rendah ketika mereka berusia 8 tahun. Setidaknya, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terkena alkohol dalam rahim. Bahkan sejumlah kecil memiliki pengaruh buruk pada kecerdasan anak-anak. Para peneliti dari Universitas Bristol dan Oxford menggunakan data lebih dari 4.000 ibu dan anak-anak mereka untuk sampai pada kesimpulan. Studi ini akan diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLoS ONE pada hari Kamis. Dalam rangka untuk memisahkan dampak alkohol dari faktor gaya hidup lain, seperti merokok dan diet, para peneliti menggunakan data genetika. Mereka menemukan bahwa empat varian genetik dari ibu pengkonsumsi alkohol di antara 4.167 anak yang diteliti sangat terkait dengan IQ lebih rendah pada usia 8 tahun. Dr Ron Gray dari University of Oxford yang memimpin penelitian mengatakan, tidak ada efek yang terlihat pada anak yang ibunya "libur" minum alkohol selama kehamilan. Ketika seseorang minum alkohol, etanol diubah menjadi asetaldehida oleh enzim. "Enzim ini menyebabkan perbedaan dalam kemampuan untuk metabolisme etanol. Dalam ''metabolisme lambat'', puncak tingkat alkohol mungkin lebih tinggi dan bertahan lebih lama daripada mereka yang metabolismenya cepat," katanya. Sejauh ini, metabolisme cepat diyakini melindungi perkembangan otak abnormal pada bayi karena alkohol yang dikirim pada janin lebih sedikit.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Wed Dec 12, 2012 11:17 am

ALKOHOL BISA PICU MASALAH SERIUS PENDERITA DIABETES
Rabu, 12 Desember 2012, 05:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Beberapa penelitian mengatakan bahwa wine (minuman dari fermentasi anggur) baik untuk kesehatan, namun ini tidak berlaku bagi penderita diabetes. Minuman beralkohol yang dikonsumsi penderita diabetes dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang serius, sebagaimana dilansir dari Boldsky. Menurut beberapa penelitian, efek mengkonsumsi satu 'shot' alkohol pada penderita diabetes, sama dengan dua kali jumlah kalori per gram dari karbohidrat dan protein. Alasan jumlah kalori ini meningkat tajam, karena proses mencerna alkohol di dalam tubuh, sama seperti saat tubuh mencerna lemak. Oleh sebab itu, mengkonsumsi alkohol dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Bila dilakukan pencatatan, komponen kalori dalam beberapa minuman beralkohol per sajian, bisa mencapai 120 kalori. Alkohol murni mengandung tujuh kalori per gram dan 95, 9 kalori per sajian. Dalam satu gelas bir, kalori yang tersimpan adalah enam sampai 15 kalori, sementara anggur merah mencapai 31 kalori. Efek samping alkohol pada penderita diabetes juga beragam. Alkohol dapat mempengaruhi cara kerja insulin dalam tubuh, sehingga mengacaukan efek positif obat ini terhadap penderita diabetes. Alkohol juga dapat meningkatkan simpanan lemak jahat dalam tubuh (trigliserida), yang meningkatkan risiko disiplidemia pada penderita diabetes. Alkohol juga dapat menstimulasi rasa lapar, sehingga cairan ini meningkatkan nafsu makan Anda. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pada penderita diabetes, dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Selain menyebabkan rasa mual dan meningkatkan denyut jantung, alkohol juga meningkatkan tekanan darah. Penderita diabetes lebih cepat terpicu hipertensi dibandingkan dengan orang yang bukan pasien diabetes
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Wed Dec 19, 2012 1:13 pm

HATI-HATI PEMABUK! INILAH AKIBAT MENENGGAK MIRAS
Rabu, 19 Desember 2012, 11:14 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, RUU pembatasan minuman keras (miras) masih digodok di DPR. Lewat RUU ini, pemerintah dan anggota dewan coba membatasi bahkan melarang peredaran miras di Indonesia. Sekalipun banyak yang menentang, RUU miras ternyata mendapat banyak dukungan. Dukungan melarang miras di Indonesia tidak terlepas bahaya yang bisa ditimbulkan oleh barang yang haram sesuai hukum Islam tersebut. Laman netdoctor.co.uk melansir sejumlah penyakit yang bisa ditimbulkan oleh minuman keras beralkohol. Penyakit yang ditimbulkan miras bervariasi dari yang ringan hingga bisa berakhibat kematian. Berikut penyakit yang bisa ditimbulkan akibat konsumsi miras:

1. Memperlemah fungsi otak:
Lazim diketahui, meminum miras berlebih akan membuat seseorang kehilangan tingkat kesadaran. Banyak yang menyebutnya mabuk. Makin sering seseorang mabuk, maka fungsi otaknya makin lama makin terganggu. Hal itu menyebabkan seorang pemabuk sering gelisah, kehilangan memori, hingga gangguan saraf.

2. Sakit liver:
Menurut netdoctor.co.uk, meminum alkohol di atas 14 gelas selama sepekan akan meningkatkan resiko terkena penyakit hati atau liver. Selain itu, kadar minuman yang melebihi batas bisa pula menyebabkan penyakit pada pankreas dan kanker perut.

3. Penyakit Jantung
Banyaknya menenggak miras akan berakibat gangguan kontrol alami tubuh pada lemak dan kadar gula. Hal itu akan menganggu fungsi kerja jantung.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Mon Jan 14, 2013 6:40 am

ALKOHOL BISA BIKIN GENDUT
MINGGU, 13 JANUARI 2013 | 08:58 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Orang yang sedang ingin menurunkan berat tubuh mereka seharusnya memberi perhatian lebih pada konsumsi alkohol yang diminumnya. Para ahli mengatakan bahwa lemak adalah konten kedua alkohol. Menurut World Cancer Research Fund (WCRF), total asupan kalori dari alkohol di kalangan peminum mencapai hampir 10 persen. Mengkonsumsi segelas wine membuat Anda mengkonsumsi 178 kalori seperti halnya mengunyah dua batang biskuit coklat. Jumlah kalori itu, kata para ahli, membutuhkan lebih dari 30 menit untuk dibakar dengan jalan cepat.nnMinum atau makan yang mengandung banyak kalori secara rutin bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Namun tidak seperti makanan, minuman beralkohol hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak ada nutrisinya. Nah, minuman berkalori 'kosong' inilah yang seringkali terlupakan oleh para pelaku diet, tulis WCRF seperti dikutip situs BBC 2 Januari 2013. "Laporan terbaru menunjukkan bahwa orang tidak peduli dengan kalori di dalam minuman dan tidak pernah memasukkan kalori tersebut saat menghitung konsumsi harian mereka," ujar Kate Mendoza, Kepala informasi kesehatan WCRF. Kalori dalam alkohol adalah 7 kcal per gram atau hanya sedikit lebih rendah dibandingkan lemak yang mengandung 9 kcal per gram. Sedangkan protein dan karbohidrat mengandung 4 kcal per gram dan fiber 2 kcal per gram. Seorang pria membutuhkan 2.500 kalori per hari sementara wanita membutuhkan sekitar 2.000 kalori. "Mengurangi minuman beralkohol bisa berdampak besar pada penurunan berat badan atau menjaga berat tubuh," kata Mendoza. Tak hanya itu, mengurangi minuman beralkohol pun bisa menurunkan risiko kanker, seperti kanker payudara, usus, mulut, dan hati. (Baca: Ini Dampak Buruk Alkohol Pada Tubuh)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Thu Jan 24, 2013 3:21 pm

ALKOHOL GANGGU SIKLUS TIDUR
Rabu, 23 Januari 2013 | 20:24 WIBsleepdisordersguide.comTERKAIT
Metrotvnews.com, Jakarta: Seteguk minuman beralkohol sebelum tidur mungkin dapat membuat Anda lelap lebih cepat. Tetapi sayangnya, minuman beralkohol ternyata dapat mengganggu tidur malam Anda. Tim dari London Sleep Centre mengatakan studi menunjukkan bahwa alkohol mengganggu siklus tidur normal kita. Meski alkohol memangkas waktu yang kita perlukan untuk terlelap, zat itu juga merampok salah satu tipe tidur yang paling memuaskan yaitu ketika mimpi muncul. Jika terlalu sering minum alkohol, orang dapat terserang insomnia. Banyak yang menyarankan minum seteguk sebelum tidur, seperti di rumah jompo dan rumah sakit, tetapi Dr Irshaad Ebrahim dan timnya menyarankan sebaliknya. "Kita harus lebih berhati-hati tentang minum alkohol dalam skala reguler. Satu atau dua gelas mungkin menyenangkan dalam jangka pendek, tapi jika Anda terus minum seteguk sebelum tidur maka alkohol dapat mengakibatkan masalah signifikan," kata Dr Ebrahim, direktur medis di London Sleep Centre dan penulis resensi terbaru dalam jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research. Jika Anda ingin minum, kata dia, lebih baik dilakukan satu setengah jam hingga dua jam sebelum tidur agar alkoholnya menguap. Ia mengatakan orang dapat tergantung pada alkohol untuk tidur. Hal itu juga dapat membuat tidur tidak nyenyak serta membuat orang menjadi pendengkur. "Dengan dosis yang meningkat, alkohol menekan pernafasan kita. Hal itu dapat membuat orang menjadi pendengkur dan pendengkur terserang gangguan bernafas saat tidur." Dari seratus penelitian yang dipelajari Dr Ebrahim, mereka menganalisa 20 kasus secara mendetil dan menemukan alkohol mengganggu tidur dalam tiga cara. Pertama, zat itu membuat kita terlelap lebih cepat. Kemudian, alkohol membuat kita jatuh ke dalam tidur yang sangat dalam. Kedua perubahan ini, sama dengan dampak yang terlihat pada orang yang mengonsumsi obat anti depresi, dapat menjelaskan mengapa beberapa orang yang menderita insomnia menggunakan alkohol. Namun perubahan ketiga, pola tidur yang terpecah di paruh kedua malam. Alkohol mengurangi waktu yang kita perlukan untuk jatuh ke tahap tidur saat mimpi muncul. "Sebagai konsekuensinya, tidur Anda akan terasa kurang memuaskan," kata Dr Ebrahim. (BBC/OL-9)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Sat Jan 26, 2013 10:57 am

ALKOHOL BUKAN PENGANTAR TIDUR
Penulis : Unoviana Kartika | Sabtu, 26 Januari 2013 | 10:46 WIB
Kompas.com - Banyak orang yang mengaku jadi tidur lebih nyenyak setelah menenggak alkohol di malam hari. Tetapi penelitian menunjukkan sebaliknya. Alkohol mengurangi bagian tidur REM atau fase bermimpi. Dalam sebuah review terhadap 27 studi diketahui alkohol memang membuat orang lebih cepat tertidur dan tidur lebih dalam. Tetapi fase tidur REM, yang terjadi 90 menit setelah tidur berkurang. Fase tidur REM yang berkurang disebut bisa menyebabkan kita jadi mudah ngantuk di siang hari, sulit berkonsentrasi, dan mengurangi kebutuhan untuk tidur. Alkohol juga bisa menyebabkan ketergantungan. "Alkohol menekan pernapasan sehingga bisa menyebabkan sleep apnea atau henti napas saat tidur yang terjadi sepanjang malam," kata Irshaad Ebrahim, direktur medis The London Sleep Centre, Inggris. Terlepas dari berapa banyak kadar yang diminum, alkohol dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan mulai tertidur. Selain itu, minum alkohol juga peningkatan tidur nyenyak selama paruh pertama malam. Namun, pada paruh berikutnya akan terjadi gangguan tidur. Para peserta kebanyakan terbangun dan tidak dapat melanjutkan tidur. Demikian yang ditemukan oleh para peneliti. Namun menurut Ebrahim minum alkohol dalam skala ringan akan berdampak minimal. "Efek jangka pendek dan langsung terasa dari alkohol adalah berkurangnya waktu untuk tertidur. Efek inilah yang menyebabkan banyak orang insomnia yang menggunakan alkohol sebagai cara untuk tidur," katanya. Menurut Scott Krakower, alkohol membuat banyak orang merasa mereka gampang tidur. "Alkohol bukanlah obat tidur. Jika Anda bergantung pada alkohol untuk tidur, Anda beresiko mengalami jalan saat tidur atau gangguan memori," kata pakar bidang kecanduan ini seperti dikutip WebMD.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Sun Feb 03, 2013 6:28 pm

INILAH YANG TERJADI PADA TUBUH SI PEMINUM ALKOHOL
Merry Wahyuningsih - detikHealth Minggu, 03/02/2013 09:45 WIB
Jakarta, Alkohol jelas berbahaya bagi tubuh. Meski Anda bukan pecandu dan hanya peminum moderat atau peminum sosial, alkohol tetap memberikan efek buruk bagi tubuh. Inilah yang terjadi pada tubuh orang yang suka minum alkohol. Efek buruk alkohol yang langsung terasa biasanya adalah mabuk. Tapi jauh dibalik itu, bila minuman ini terus-menerus dikonsumsi, maka kesehatan yang jadi taruhannya. Berikut beberapa efek yang terjadi pada tubuh bila Anda suka minum minuman beralkohol, seperti dilansir Boldsky, Minggu (3/2/2013):

1. Sirosis hati
Penyakit ini seperti musuh dari semua peminum alkohol. Alkohol adalah seperti racun bagi sel-sel hati yang dapat menimbulkan bekas luka jaringan hati. Akhirnya hati yang begitu rusak berhenti bekerja sama sekali. Sirosis (pengerasan hati) adalah penyakit yang berpotensi fatal.

2. Tekanan darah tinggi
Alkohol akan membuat Anda 'high' atau melayang. Perasaan ini berasal dari sistem saraf simpatik yang mengontrol tekanan darah Anda. Ketika Anda melakukan pesta minuman keras, sangat mungkin terjadi lonjakan tekanan darah secara tiba-tiba.

3. Kegemukan (obesitas)
Vodka, bir dan gin adalah minuman beralkohol yang cukup menggemukkan. Sebenarnya Anda bisa mendapatkan lebih banyak kalori dari alkohol ketimbang dari makanan. Kebanyakan pecandu alkohol kronis memiliki 'perut bir' alias buncit. Obesitas adalah awal dari banyak masalah kesehatan yang serius.

4. Penyakit pembuluh darah
Jika tekanan darah Anda tinggi, itu jelas akan memberikan tekanan pada jantung. Peminum alkohol cenderung lebih rentan dan berisiko mengalami serangan jantung. Alkohol juga membuat platelet darah menggumpal yang mengarah pada penyumbatan jantung.

5. Anemia
Ketika Anda minum alkohol, oksigen yang dibawa oleh darah akan berkurang. Ini menyebabkan anemia jenis tertentu yang membuat tubuh Anda terasa lelah dan sesak napas, bahkan saat tidak melakukan apa-apa.

6. Asam urat
Asam urat merupakan jenis radang sendi (arthritis) yang disebabkan karena akumulasi asam urat pada sendi. Jika Anda seorang peminum alkohol, asam urat akan terasa lebih menyakitkan ketimbang orang biasa.

7. Kerusakan pankreas
Alkohol dapat menyebabkan peradangan pada pankreas dan menghambat sistem pencernaan yang normal. Kondisi ini sangat susah diobat dan juga dapat menyebabkan kematian.

8. Kerusakan saraf
Alkohol juga merupakan racun pada sel-sel saraf, yang dapat menyebabkan sindrom yang disebut alcoholic neuropathy. Anda mungkin akan merasakan seperti tertusuk jarum di ujung jari tangan atau kaki, atau mati rasa di beberapa bagian tubuh.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: A l k o h o l   Sun Feb 03, 2013 6:33 pm

MEROKOK SAAT MABUK JUSTRU PERBURUK KEADAAN
Vera Farah Bararah - detikHealth Kamis, 06/12/2012 10:33 WIB
Jakarta, Merokok dan alkohol bisa jadi 2 hal yang sering kali dikonsumsi bersama-sama. Tapi mulai kini sebaiknya jangan disatukan, karena merokok saat mabuk bisa memperburuk keadaan. Berdasar studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Studies on Alcohol and Drugs diketahui orang yang merokok ketika mengonsumsi alkohol akan mengalami peningkatan risiko mabuk keesokan harinya. Studi ini menunjukkan rokok bisa menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko mabuk. Peneliti menemukan gejala mabuk setelah minum berat akan menjadi lebih parah jika ia juga turut merokok."Jika kadar minumnya sama, maka orang yang merokok akan lebih mungkin mabuk parah dan cenderung lebih intens mabuknya," ujar peneliti Damaris J Rohsenow, PhD dari Center for Alcohol and Addiction Studies di Brown University, seperti dikutip dari MedIndia, Kamis (6/12/2012). Rohsenow menuturkan ada kemungkinan efek langsung dari tembakau ini yang bisa meningkatkan risiko mabuk. Sedangkan studi lainnya menunjukkan reseptor nikotin di otak turut terlibat dalam respon subjektif terhadap alkohol. Hal ini karena rokok dan alkohol pada saat yang sama meningkatkan pelepasan dopamin atau senyawa kimia yang membuat tubuh merasa baik. Kondisi ini kemungkinan turut mempengaruhi penyebab mabuk. Temuan ini melibatkan 113 mahasiswa perguruan tinggi yang direkam kegiatan minum alkohol dan juga kebiasaan merokok dengan gejala mabuknya. Survei ini dilakukan selama 8 minggu. "Mabuk yang dirasakan oleh partisipan ini mempengaruhi perhatian dan juga reaksi di tubuh dalam jangka pendek. Sedangkan untuk jangka panjangnya bisa menyebabkan kerusakan otak," ujar Rohsenow. Beberapa ahli mengungkapkan jika seseorang mabuk di malam hari, maka dianjurkan untuk mengonsumsi madu di pagi harinya. Ini karena madu mengandung sumber kalium dan natrium yang bisa membantu tubuh melawan alkohol.
Back to top Go down
 
A l k o h o l
View previous topic View next topic Back to top 
Page 6 of 9Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: