Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 21 ... 37  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue Jul 10, 2012 9:03 pm

SODA KIKIS KEPADATAN TULANG
Selasa, 29 April 2008 13:00 WIB Media Indonesia
Bagi Anda penikmat minuman bersoda, bersiaplah mendengar kabar yang satu ini. Dampak buruk menenggak minuman bersoda dan berkarbonasi terhadap tulang kembali terbukti. Menurut Dr Lawrence Raisz, Direktur Pusat Osteoporosis Universitas Connecticut, AS, kepadatan tulang yang rendah pada anak-anak berkaitan dengan soda dan minuman berkarbonasi yang dikonsumsi. Meski mekanisme menipisnya kepadatan tulang masih belum jelas, para ahli mengemukakan ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi pemicu hal tersebut.

Pertama, orang yang mengonsumsi soda, khususnya cola, cenderung mempunyai jumlah asupan kalsium dan vitamin D lebih rendah lantaran minuman tersebut menggantikan minuman yang lebih bergizi seperti susu atau jus kaya kalsium.

Kedua, cola diduga mengandung kafein yang dipercaya dapat mempertinggi risiko terjadinya osteoporosis. Penyebab lainnya, kandungan asam fosfat pada cola.

Tubuh akan mencoba menetralisasi asam fosfat dengan kalsium. Jika kalsium yang terdapat dalam makanan dan minuman kita tidak memadai, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:56 am; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sat Jul 14, 2012 9:10 am

ALASAN MENGAPA SODA TIDAK COCOK UNTUK ANAK
Rabu, 11 April 2012 16:05 WIB Penulis : Prita Daneswari Media Indonesia
ANAK-anak yang hobi minum minuman bersoda berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, gejala awal penyakit jantung dapat terlihat pada anak-anak berumur 12 yang doyan meminum minuman manis. Sementara itu, pembuluh darah yang menyempit di dalam mata adalah prekursor atau pencetus terbentuknya suatu senyawa untuk penyakit jantung pada orang dewasa, kata peneliti dari Westmead Millennium Institute. Mereka mengamati hubungan antara karbohidrat, termasuk gula dan kesehatan retina anak. Dari hampir 2 ribu anak berusia 12 tahun menjalani pemeriksaan retina di Pusat Penelitian Visi di University of Sydney. Penyempitan pembuluh darah retina terlihat pada anak-anak dengan asupan lebih dari 274 gram karbohidrat sehari. Sumber utama karbohidrat mereka adalah minuman bersoda, dengan risiko tinggi pada anak-anak yang mengonsumsi satu gelas atau lebih dalam sehari. "Kami perlu melakukan penelitian lebih lanjut, tetapi sudah pasti akan memberikan peringatan bagi orang tua dan anak untuk mengurangi karbohidrat dan gula," kata Dr Gopinath seperti dikutip Sydney Morning Herald. Hal itu dapat berperan dalam mengurangi tingkat penyakit jantung dan keseluruhan angka kematian dalam jangka panjang, katanya. Ahli gizi Rosemary Stanton mengatakan penelitian tersebut menambah bukti bahwa mengonsumsi minuman soda memang buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. "Tidak ada keuntungan dari minuman ringan bersoda," katanya. Temuan ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition April 2012. (Pri/OL-06)


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:58 am; edited 12 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Wed Jul 18, 2012 2:00 pm

HINDARI MINUM SODA SAAT SEDANG HAUS
Vera Farah Bararah - detikHealth Senin, 08/11/2010 16:08 WIB
Jakarta, Beberapa orang ada yang lebih senang menghilangkan rasa dahaganya dengan mengonsumsi soft drink atau minuman soda. Tapi sebaiknya kebiasaan ini dihentikan, karena minum soda saat haus tidaklah baik. Minuman soda menjadi kegemaran banyak orang karena rasanya yang enak dan menyegarkan serta bisa membuat orang ketagihan. Mengonsumsi soda sesekali saja memang tidak masalah, tapi sebaiknya minuman ini tidak diminum saat seseorang sedang merasa dahaga atau haus. Seperti dikutip dari eMedexpert, Senin (8/11/2010) minum soda memang bisa memuaskan rasa haus, tapi justru menjadi waktu yang paling buruk untuk minum soda. Hal ini karena saat sedang haus atau dehidrasi tubuh memiliki kadar air liur yang rendah. Padahal salah satu fungsi dari air liur adalah untuk membantu menetralkan asam yang terkandung di dalam soda, serta berfungsi untuk mencuci gigi dari kandungan gula yang terdapat di dalamnya. Diketahui soda merupakan salah satu minuman paling asam yang mudah dibeli oleh masyarakat. Selain itu sirup yang terkandung di dalam soda juga bisa membuat mulut menjadi kering dan membuat kadar air liur semakin berkurang serta meningkatkan rasa haus. Dan minuman yang sarat akan gula serta kafein bisa meningkatkan osmolalitas darah. Jika soda tersebut mengandung kafein akan menambah efek buruknya, karena kafein merupakan salah satu diuretik. Sifat diuretik ini membuat air di dalam tubuh lebih banyak yang keluar melalui urine, jika tak diimbangi dengan minum air putih bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi. Sebaiknya seseorang jangan terlalu sering mengonsumsi soda, karena bisa membuat ketagihan yang nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Bagi orang yang sudah kecanduan bisa mengonsumsi soda beberapa kali dalam sehari yang justru menimbulkan efek berbahaya. Karenanya kebiasaan minum soda sebisa mungkin mulai dikurangi atau dihentikan. Untuk itu minum soda saat sedang haus tidak akan memberi efek banyak dalam mengatasi dahaga tersebut, tapi justru bisa membuat seseorang merasa lebih haus lagi. Salah satu cairan yang paling baik diminum saat haus adalah segelas air putih yang bisa mengganti cairan di dalam tubuh.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 10:00 am; edited 11 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sat Jul 21, 2012 3:00 pm

MINUMAN SODA, CARA ATASI GANGGUAN LAMBUNG
Wuri Handayani Rabu, 9 Januari 2013, 09:26 WIB
VIVAlife - Demi kesehatan, banyak ahli menyarankan agar kita menghindari segala jenis minuman soda. Seperti diungkap sebuah penelitian di Osaka University, minuman ini memicu penggumpalan darah di otak dan tercatat sebagai penyebab stroke paling tinggi. Konsumsi minuman soda juga rentan terhadap osteoporisis, kolesterol, jantung, dan ginjal. Namun, catatan terbaru dari dunia medis, dokter justru menggunakan minuman soda ini untuk mengobati gangguan penyumbatan lambung yang dikenal dengan gastric phytobezoar. Penyumbatan ini biasanya disebabkan kerena sisa-sisa makanan tertentu yang tidak dapat dicerna dengan baik. Minuman soda terbukti memiliki tingkat keberhasilan lebih dari 90 persen, sehingga digunakan sebagai alternatif dari tindakan laser, non bedah endoskopi, dan operasi yang biasa digunakan untuk menangani kasus penyumbatan. Dalam jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics disebutkan bahwa bahan-bahan kimia dari minuman soda ini bekerja sama halnya dengan asam lambung. Yakni membantu mencerna serat makanan. Sementara gelembung soda sendiri membantu mempercepat proses tersebut. Dikutip Daily Mail, minuman soda memiliki tingkat keasaman 2,6 sesuai dengan skala pH, karena kandungan karbon dan asam fosforik. Tim peneliti dari University of Athens melakukan pengamatannya pada 46 pasien dengan gangguan penyumbatan lambung yang diberikan terapi minuman soda dalam takaran tertentu. Hasil studi ini menunjukkan jika hanya empat orang pasien saja yang masih memerlukan tindakan bedah untuk mengatasi sumbatan. (eh)


Last edited by gitahafas on Wed Jan 09, 2013 5:19 pm; edited 11 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 23, 2012 2:35 pm

MINUMAN BERSODA TINGKATKAN RISIKO DEPRESI
RABU, 09 JANUARI 2013 | 11:15 WIB
TEMPO.CO, Chicago - Orang dewasa berusia lanjut yang mengkonsumsi minuman diet beberapa kali sehari kemungkinan berisiko lebih tinggi terkena depresi. Demikian menurut sebuah penelitian terbaru. Para ilmuwan menemukan bahwa lebih dari 260 ribu orang dewasa sedikitnya mengkonsumsi empat porsi soda manis, es teh, atau fruit punch dan mengalami peningkatan risiko depresi selama satu dekade berikutnya, begitu hasil survei di Amerika. Selain itu, orang yang lebih suka minuman manis juga mempunyai risiko lebih tinggi terkena depresi dibandingkan dengan mereka yang menghindari minuman manis. Namun, hubungan itu lebih lemah dibandingkan dengan hubungan antara minuman diet dan depresi, ungkap hasil penelitian yang dirilis 8 Januari 2013 dan dikutip situs Health Day, 9 Januari 2013. Sebaliknya, para pencinta kopi sedikit mengalami penurunan risiko depresi. Hasil temuan ini dirilis oleh American Academy of Neurology, dalam rangka pertemuan tahunan di San Diego pada Maret mendatang. Temuan ini berdasarkan survei terhadap lebih dari 260 ribu orang Amerika berusia 50 hingga 71 tahun yang melaporkan kebiasaan minum mereka. Sekitar satu dekade kemudian, mereka kembali ditanya mengenai depresi yang dialami dalam beberapa tahun ke belakang. Sekitar 4 persen mengaku mengalami depresi. Namun, secara umum, mereka yang mengkonsumsi sedikitnya empat cangkir soda diet per hari ternyata 31 persen lebih tinggi mengalami depresi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi soda tersebut. Selain itu, konsumsi tinggi dari pemanis buatan yang ada dalam fruit punch dan es teh mengandung risiko yang hampir sama. Demikian juga dengan soda biasa, tetapi peningkatannya lebih rendah, yaitu hanya 22 persen, dibandingkan dengan yang mengkonsumsi soda diet. Sebaliknya, orang yang mengkonsumsi empat cangkir atau lebih kopi per hari secara umum mengalami penurunan risiko 10 persen dibandingkan dengan yang tidak minum kopi. Namun, hasil riset ini dibantah oleh perwakilan dari American Beverage Association (ABA). "Riset ini hanya abstrak, belum dipublikasikan, bahkan belum dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah," ujar ABA dalam siaran persnya. Penelitian lain menunjukkan pria lebih mengabaikan gangguan depresi. Mengkonsumsi tomat juga dinilai bisa menurunkan kadar depresi. Gangguan depresi bisa mengakibatkan kematian.


Last edited by gitahafas on Wed Jan 09, 2013 4:20 pm; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 23, 2012 2:38 pm

5 RISIKO MINUMAN BERSODA
SELASA, 01 JANUARI 2013 | 05:16 WIB
TEMPO.CO , Jakarta - Apakah minuman berkarbonasi atau bersoda membahayakan kesehatan? Apakah minuman ini bisa memicu obesitas yang berujung pada datangnya sejumlah penyakit? Di sejumlah negara, diskusi dan penelitian soal minuman yang menggelitik mulut ini sudah lama terjadi. Di Indonesia, perdebatan serunya baru dimulai akhir tahun ini. Berdasarkan U.S. Department of Agriculture, 20 ounce (setengah liter lebih) minuman soda biasa mengandung 227 kalori. Kalori sebanyak ini menyumbang 10 persen dari kebutuhan kalori seorang perempuan dewasa yang ingin menjaga berat badan. Karena itu, ada yang menganggap minuman bersoda sebagai musuh nomor satu usaha memerangi kegemukan. Mengutip laporan Majalah Tempo edisi Senin 31 Desember 2012, ada lima dampak minuman bersoda pada kesehatan:

1. Mengikis email gigi
Gula dan asam pada minuman ringan dapat dengan mudah mengikis email gigi.

2. Asma
Sodium benzoat yang ditemukan dalam soda dapat mengurangi persediaan potasium, bisa memicu urtikaria, asma, dan eksem.

3. Penyakit hati
Banyak minuman ringan yang mengandung sirup jagung fruktosa dan diasosiasikan dengan meningkatnya risiko sindrom metabolisme, seperti diabetes dan gangguan hati.

4. Gangguan ginjal
Cola mengandung asam fosfor tinggi yang dihubungkan dengan batu ginjal dan masalah ginjal lainnya.

5. Gangguan reproduksi
Kaleng minuman ringan telah tercemar resin yang dikandungnya. Ini mirip seperti virus penyebab kanker yang membawa malapetaka bagi kelenjar endokrin.


Last edited by gitahafas on Tue Jan 01, 2013 1:59 pm; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 23, 2012 2:40 pm

MINUM SODA BERISIKO KENA KANKER
RABU, 28 NOVEMBER 2012 | 07:36 WIB
TEMPO.CO, Jakarta -Temuan ini menjadi peringatan bagi kaum Adam yang menggemari minuman ringan atau berkarbonasi. Sebuah penelitian dari Universitas Lund, Swedia baru-baru ini mengeluarkan hasil risetnya tentang kaitan minuman ringan dengan kanker prostat. Isabel Drake, peneliti dari Universitas Lund, mengatakan pria yang gemar menenggak minuman ringan bersoda beresiko mengalami kanker prostat. "Angka resikonya cukup tinggi, yaitu sebesar 40 persen," kata Isabel seperti dilansir situs Dailymail, Selasa 27 November 2012. Isabel mengatakan pria pengkonsumsi satu kaleng minuman ringan berukuran 330 ml per hari perlu mendapatkan perhatian serius untuk menghindari serangan kanker prostat. Tak hanya minuman ringan, resiko mengalami kanker prostat pun bisa disumbang dari penambahan gula pada minuman. Di sisi lain, minuman berkarbonasi memiliki efek buruk terhadap gigi. "Selain merusak gigi, anda juga bisa mengalami kegemukan," ujar Isabel. Lantas bagaimana menghindari resiko terkena kanker yang paling banyak dialami pria setelah penyakit paru-paru ini? Riset menunjukkan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, seperti nasi, pasta atau sereal manis mampu menekan serangan kanker sebanyak 31 persen. Riset yang bakal dipublikasikan di Jurnal Amerika melibatkan 8.000 pria berusia 45 hingga 73 tahun. Selama riset, kata Isabel, mereka menjalani pemeriksaan medis secara teratur dan tetap menjaga asupan makanan. Serangan kanker diketahui dari gejala yang ditimbulkan, seperti adanya gangguan pada aliran air kencing. "Jadi tidak melalui tes Prostate-Specific Antigen (PSA)," kata dia. Lebih lanjut, Isabel menekankan pentingnya mengatur pola makan. Menurut dia perlu ada pedoman khusus mengenai aturan makan bagi kelompok yang beresiko terkena kanker prostat. Jadi lebih baik kurangi mengonsumsi minuman bersoda dari sekarang.


Last edited by gitahafas on Thu Nov 29, 2012 10:47 am; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 23, 2012 2:45 pm

6 GANGGUAN SERIUS DIBALIK MINUMAN SODA
Wuri Handayani Rabu, 5 Desember 2012, 13:55 WIB
VIVAlife - Minuman karbonasi menjadi minuman paling menggiurkan saat cuaca panas seperti ini. Sensasi sodanya memberikan rasa yang berbeda. Begitu mudahnya minuman ini ditemukan, membuat kita semakin sering mengkonsumsinya. Padahal dibalik ini, minuman soda tercatat sebagai penyebab stroke paling tinggi, seperti diungkap oleh Universitas Osaka melalui sebuah penelitian. Mereka yang sering megkonsumsi minuman soda lebih mungkin mengalami penggumpalan darah di otak, yang memicu stroke. Sekitar 85 persen penderita stroke mengalami stroke iskemik, yaitu darah beku yang menghalangi aliran darah dari jantung ke otak. Sisanya disebut hemoragik, yaitu terjadi semburan pembuluh darah di otak yang menyebabkan perdarahan fatal. Tidak peduli apapun mereknya, Anda wajib mengetahui bagaimana minuman ini memberi pengaruh buruk pada tubuh. Berikut enam gangguan lain, selain stroke yang diakibatkan oleh minuman soda ini.

Asma
Natrium benzoat yang ditemukan pada minuman karbonasi ini sering kali dikaitkan sebagai penyebab asma. Terlebih bagi Anda yang sudah memiliki asma, serangan ini akan lebih sering terjadi. Jika ingin menguji teori ini, buat jurnal konsumsi soda untuk mencatatkan kapan Anda mengkonsumsi minuman ini, dan kapan serangan asma tersebut datang.

Kerusakan gigi
Minuman nikmat ini juga dapat menyebabkan kerusakan gigi. Kandungan gula dan asamnya akan melarutkan lapisan enamen gigi secara perlahan. Konsumsi berlebih memberikan efek lebih serius, yakni kerusakan saraf dan akar gigi, bahkan pembusukan gigi. Untuk menyiasati ini, segera menggosok gigi sesaat setelah Anda menikmatinya.

Penyakit jantung
Bahan lain yang perlu diwaspadai pada minuman soda adalah fruktosa. Selain diabetes, kandungan fruktosa tinggi juga memicu gangguan jantung.

Ginjal
Masih mencari tahu bagaimana minuman soda membawa pengaruh buruk bagi tubuh? Minuman ini juga dapat merusak kerja ginjal, karena kandungan asam fosfat di dalamnya.

Kegemukan
Ada hubungan yang erat antara konsumsi soda dan kegemukan. Minuman ini tercatat memiliki kalori dan gula yang sangat tinggi. Diperkirakan setiap individu yang mengkonsumsi soda, 1,6 kali lebih cenderung menjadi gemuk.

Osteoporosis
Anda tidak membutuhkan minuman ini untuk membentuk tubuh yang kuat. Sebaliknya, asam fosfat dalam soda tidak saja mempengaruhi ginjal, tapi juga mengurai kepadatan tulang yang menjadi penyebab utama osteoporosis. (eh)


Last edited by gitahafas on Wed Dec 05, 2012 8:28 pm; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 23, 2012 2:47 pm

IBU HAMIL DILARANG MINUM MINUMAN BERSODA
Senin, 25 Oktober 2010 | 19:18 WIB
KOMPAS.com - Minuman bersoda (soft drink) banyak mengandung gula, asam fosfat/karbonat/soda, bahan pengawet, dan kafein, itu sebabnya mengapa ibu hamil dianjurkan untuk menghindarinya. Ada beberapa risiko jika konsumsi minuman bersoda berlebihan:

1. Mengalami obesitas.
Penyakit kelebihan berat badan 75 persen dari berat ideal ini merupakan faktor utama penyebab meningkatkanya risiko diabetes (terutama diabetes tipe 2), dan penyakit kardiovaskuler. Jangan lupa, penyakit diabetes dapat memengaruhi bobot janin menjadi terlalu besar sehingga sulit dilahirkan.

2. Hipertensi.
Kandungan kafein dalam minuman bersoda dapat menjadi pencetus munculnya hipertensi. Pada saat kehamilan, hipertensi dapat mendorong terjadinya kelahiran prematur.

3. Melemahkan sistem kekebalan.
Ilmuwan telah membuktikan bahwa gula dapat menghalangi kemampuan tubuh melawan bakteri. Soft drink yang mengandung 12 sendok teh gula, cukup melemahkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat, yaitu sebesar 60 persen selama 5 jam. Konsumsi minuman bersoda secara berlebihan ditambah makanan bergula lainnya berpotensi membuat sel-sel darah putih tidak bekerja efektif untuk beberapa jam setiap hari.

4. Kesehatan tulang dan osteoporosis.
Minuman ringan yang memiliki kadar asam fosfat yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan asupan fosfor dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan risiko terhambatnya penyerapan kalsium serta berdampak terhadap penurunan massa tulang. Selanjutnya sudah dapat diduga, potensi untuk terkena osteoporosis pun semakin tinggi.


Last edited by gitahafas on Tue Dec 18, 2012 1:15 pm; edited 9 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 23, 2012 2:51 pm

KATAKAN TIDAK PADA SODA
Penulis : Lusia Kus Anna | Kamis, 15 November 2012 | 11:33 WIB
KOMPAS.com Soda termasuk minuman favorit banyak orang karena rasanya manis dan menimbulkan sensasi segar. Namun, jangan menganggap soda sebagai minuman sehat. Berbagai penelitian menunjukkan sederet dampak dari minuman soda. Mengapa kita perlu mengatakan tidak pada soda?

- Tak mengandung nutrisi
Menurut Keri M Gans, konsultan nutrisi dan juru bicara American Dietetic Association, minuman soda tidak mengandung nutrisi apa pun kecuali gula dan kalori. Bahkan, diet soda juga tidak memberikan manfaat positif bagi tubuh. Untuk melepas dahaga, lebih baik memilih air putih karena bisa merehidrasi tubuh tanpa menambahkan kalori.

- Menyebabkan kegemukan dan diabetes
Soda mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, pemanis yang dikaitkan dengan terjadinya kelebihan bobot tubuh. Kebisaan mengonsumsi soda juga meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Hal itu terjadi karena kandungan gula dalam soda dan pengaruhnya pada hormon tubuh. Penelitian juga menunjukkan, pemanis buatan seperti yang dipakai dalam soda bisa meningkatkan nafsu makan.

- Merusak gigi
Saat kita meneguk soda, kandungan gula di dalamnya akan melapisi gigi bersama dengan bakteri di dalam mulut yang kemudian bakal membentuk asam. Baik soda biasa maupun diet soda juga mengandung asam karbolik yang akan merusak enamel gigi, menyebabkan gigi berlubang dan gigi tanggal.

- Melemahkan tulang
Sebagian besar minuman soda mengandung fosfor dan kafein. Keduanya dipercaya berkontribusi pada terjadinya osteoporosis alias kerapuhan tulang. Mencampurkan soda dalam susu atau minuman lain juga bisa mengurangi kalsium tulang.

- Merusak organ tubuh
Penelitian menunjukkan, kebiasaan mengonsumsi soda terkait dengan penyakit ginjal kronis, sindrom metabolis, dan perlemakan hati.


Last edited by gitahafas on Tue Dec 18, 2012 1:17 pm; edited 7 times in total
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 6 of 37Go to page : Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 21 ... 37  Next
 Similar topics
-
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: