Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 21 ... 37  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:09 pm

BAHAYA DIBALIK MINUMAN SODA BERLABEL 'NOL KALORI'
Nurul Ulfah - detikHealth - Selasa, 01/09/2009 16:24 WIB
Jakarta, Asupan kalori yang berlebih bisa menyebabkan berat badan bertambah. Itulah teori yang dipakai produsen minuman bersoda rendah kalori untuk menjual produknya. Tapi tahukah Anda bahwa minuman soda berlabel 'nol kalori' pun sebenarnya berbahaya? Dengan memanfaatkan kesadaran masyarakat yang mulai memikirkan asupan kalori, produsen minuman soda pun berlomba-lomba membuat produk yang rendah kalori bahkan tidak berkalori. Itulah sebabnya, di luar sana minuman soda nol kalori sangat populer dan banyak dikonsumsi.

Sebagai perbandingan saja, 1 kaleng minuman soda biasa mengandung 143 kalori, sedangkan 1 kaleng minuman soda nol kalori hanya mengandung 1 kalori. Kedengarannya seperti menyehatkan bukan? Tapi jika Anda cermat dan teliti melihat komposisinya di kemasan produk, terdapat perbedaan yang besar antara minuman soda biasa dan nol kalori. Minuman soda nol kalori mengandung aspartam atau pemanis buatan, sementara minuman soda bisa menggunakan gula asli. Aspartam memiliki rasa manis 180 hingga 200 kali lebih tinggi daripada gula biasa. Dalam regulasi yang dibuat oleh Food and Drug Administration (FDA), aspartam diperbolehkan penggunaannya untuk jenis minuman penurun berat badan.

Namun ternyata beberapa studi menunjukkan efek samping yang berbahaya dari aspartam, meliputi pusing-pusing, sakit kepala, perubahan mood dan reaksi pada kulit, bahkan kalori rendah pun masih bisa meningkatkan berat badan. Dikutip dari That's Fit, Selasa (1/9/2009), sebuah studi menyebutkan bahwa ketika seseorang mengonsumsi sesuatu yang rendah kalori, dalam otaknya akan tertanam asumsi tidak apa-apa mengonsumsinya terus-terusan karena kalorinya kecil. Dengan demikian, nafsu makan pun akan terstimulasi dan Anda akan makan lebih banyak lagi. Mengonsumsi minuman manis juga membuat seseorang ketagihan dan ingin mengonsumsi lagi dan lagi. Sebetulnya tidak ada soda yang sehat, meskipun itu nol kalori sekalipun. Sedikit sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya, jadi tidak ada untungnya mengonsumsinya. Ada baiknya Anda memilih air putih, jus, teh atau minuman lain yang lebih sehat ketimbang minuman bersoda.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:53 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:10 pm

FAKTA BERBAHAYA MINUMAN SODA DIET
Wuri Handayani, Tasya Paramitha Selasa, 24 Juli 2012, 11:15 WIB
VIVAlife - Sebagian orang menjadikan minuman soda sebagai minuman favorit. Mungkin Anda juga salah satunya. Walaupun jelas-jelas minuman ini tidak mengandung nutrisi sama sekali. Untuk alasan kesehatan, banyak produsen minuman ini mengemasnya dalam label diet soda yang "rendah gula" atau bahkan "tanpa gula". Hasilnya, minuman soda makin banyak diserbu. Seperti dilansir Fit Sugar, bagaimanapun kemasannya, minuman soda ini tetap memberikan efek negatif untuk kesehatan tubuh.

- Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi soda diet dapat menaikkan risiko terkena serangan jantung dan stroke sebesar 44 persen.

- Pemanis buatan yang terkandung di dalamnya, walaupun bebas kalori, tetap saja mengakibatkan tubuh tak kunjung merasa kenyang. Inilah mengapa dengan meminum soda diet, berat badan Anda justru bertambah.

- Jika Anda melakukan diet dan memasukkan soda diet ke dalam daftar minuman Anda, kebiasaan tersebut justru dapat menaikkan risiko diabetes.

- Kandungan kafeinnya membuat Anda menjadi gelisah, meningkatkan tekanan darah, serta menyebabkan masalah tidur dapat memicu terkena osteoporosis.

- Walaupun pemanis buatan dinyatakan aman jika dikonsumsi dalam batasan yang wajar, namun pemanis buatan seperti aspartame dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Sedangkan jenis pemanis buatan lainnya, acesulfame K dapat menyebabkan mual dan yang parah, Anda memiliki kemungkinan terkena kanker.

- Selain diet soda tidak mengandung nilai nutrisi apapun yang bermanfaat bagi tubuh Anda, kafein yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan dehidrasi. Lebih baik Anda memilih zero-calorie tea, seltzer, atau air mineral.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:53 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 8:05 pm

EFEK DAHSYAT KONSUMSI MINUMAN DIET SODA
Mutia Nugraheni, Tasya Paramitha Rabu, 3 Oktober 2012, 06:11 WIB
VIVAlife - Apa produk yang merupakan sumber kalori tunggal terbesar? Jawabannya adalah soda. Mengonsumsi minuman soda sudah jadi kebiasaan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Jika Anda ke restoran cepat saji, pasti soda merupakan minuman yang tersedia dengan berbagai macam jenis dan rasa. Banyak orang yang akhirnya pindah ke diet soda ketika mengetahui soda mengandung kalori dan gula yang sangat tinggi. Jangan mengira konsumsi diet soda karena merupakan pilihan aman, terutama bagi mereka yang menjaga berat badan. Diet soda justru jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan minuman soda biasa. Sayangnya, kehadiran diet soda lebih booming dibanding dengan soda biasa, bahkan jumlah anak-anak yang mengkonsumsi diet soda meningkat sebanyak dua kali lipat dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini menurut penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition. Sedangkan di antara orang dewasa, konsumsi diet soda telah tumbuh hampir sebanyak 25 persen. Tidak masalah jika Anda mengonsumsinya sesekali. Tapi, jangan sampai mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering, karena 4 risiko berbahaya ini bisa saja terjadi.

Gangguan ginjal
Banyak tak mengetahui kalau minum diet soda dapat mengakibatkan gangguan ginjal. Dalam sebuah studi yang telah dilakukan selama 11 tahun di Harvard Medical School pada 3.000 wanita, para peneliti menemukan bahwa diet cola diasosiasikan dengan peningkatan risiko penurunan ginjal dua kali lipat. Fungsi ginjal, seperti dilansir dari Fit Sugar, mulai menurun ketika wanita minum lebih dari dua kaleng diet soda sehari.

Metabolisme kacau
Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2008 di University of Minnesota terhadap 10.000 orang dewasa, satu kaleng diet soda bisa meningkatkan hingga 34 persen risiko yang lebih tinggi terjadinya sindrom metabolik. Tanda-tandanya, lemak perut dan kolesterol tinggi yang membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit jantung.

Obesitas
Sebuah studi yang dilakukan di University of Texas Health Science Center menemukan bahwa semakin banyak diet soda yang diminum oleh seseorang, maka semakin besar risiko mereka untuk mengalami kelebihan berat badan. Mengonsumsi dua kaleng diet soda atau lebih per hari dapat membuat ukuran lingkar pinggang Anda meningkat hingga 500 persen. Mengapa? Pemanis buatan yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu kemampuan alami tubuh untuk mengatur asupan kalori sesuai dengan rasa manis alami makanan. Itu berarti, orang yang mengkonsumsi makanan diet lebih cenderung makan berlebihan. Penyebabnya, karena tubuh Anda ditipu untuk berpikir bahwa gula adalah makan, dan hal tersebut lah yang membuat Anda menginginkan lebih.

Sakit kepala
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Royal Adelaide Hospital di Australia, cocktail yang dibuat dari diet soda membuat rasa pusing berlipat ganda dan rasanya seperti habis mabuk atau hangover. Hal itu karena campuran diet soda yang bebas-gula membuat liquor dapat masuk ke aliran darah lebih cepat daripada soda yang mengandung gula sehingga membuat Anda merasakan hangover yang lebih dahsyat. (sj)


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:54 pm; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 09, 2012 1:53 pm

SEGELAS SODA/HARI TINGKATKAN RISIKO STROKE
Anda Nurlaila Kamis, 25 Oktober 2012, 10:55 WIB
VIVAlife - Peringatan bagi yang hobi mengkonsumsi minuman bersoda, terutama kaum perempuan. Studi terbaru menunjukkan, wanita yang minum soda setiap hari berisiko mengalami penggumpalan darah di otak penyebab stroke. Konsumsi minuman manis meningkatkan risiko penggumpalan darah lebih dari 80 persen pada wanita, menurut ahli. Namun, pengaruhnya pada pria lebih rendah. Temuan tim ahli di Universitas Osaka mendukung penelitian sebelumnya bahwa semua minuman manis bahkan yang rendah kalori meningkatkan kemungkinan stroke pada kedua jenis kelamin. Sejumlah penelitian menghubungkan konsumsi soda dengan obesitas dan diabetes tipe dua, keduanya merupakan faktor risiko untuk stroke. Sedangkan penelitian lainnya mengaitkan konsumsi soda dengan pembekuan darah di otak. Sekitar 85 persen penderita stroke mengalami stroke iskemik, yaitu darah yang membeku menghalangi aliran darah dari jantung ke otak. Sisanya disebut hemoragik, yaitu terjadi semburan pembuluh darah di otak, menyebabkan perdarahan fatal. Selama studi, tim riset Universitas Osaka melacak kebiasaan diet, termasuk asupan soda hampir 40 ribu pria dan wanita usia 40-59 tahun selama 18 tahun. Selama periode itu, hampir 2.000 relawan mengalami stroke. Kebiasaan minum para penderita stroke kemudian dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami pembekuan darah. Hasilnya, yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan wanita yang minum soda tiap hari 83 persen berisiko mengalami stroke iskemik. "Asupan minuman ringan positif berhubungan dengan risiko stroke iskemik bagi wanita bahkan dalam jumlah sedikit," tulis para ilmuwan, seperti dikutip Daily Mail. (eh)


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:57 pm; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 09, 2012 1:55 pm

MINUMAN PENGGANTI SODA YANG LEBIH SEHAT
Vera Farah Bararah - detikHealth Jumat, 22/04/2011 12:03 WIB
Jakarta, Minuman soda bisa jadi merupakan minuman yang paling digemari karena menyegarkan. Sayangnya minuman bersoda ini tidak baik bagi kesehatan. Ketahui minuman sehat yang menyegarkan dan jadi alternatif selain soda. Mengonsumsi soda atau minuman berkarbonasi terlalu sering bisa bikin gemuk, merusak gigi karena kandungan gula yang tinggi serta meningkatkan risiko osteoporosis. Meski kurang baik, minuman ini masih saja digemari oleh masyarakat terutama saat cuaca panas. Kandungan asam fosfor dalam minuman soda yang menimbulkan sensasi kesegaran atau gelembung-gelembung udara. Tapi ada beberapa minuman yang bisa menjadi pilihan alternatif dibanding soda, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (22/4/2011) yaitu:

Teh hijau
Saat ini teh hijau lebih bervariasi, bila dikonsumsi dingin ia akan memberikan kesegaran seperti halnya minuman soda. Teh ini tidak hanya memiliki kalori relatif lebih sedikit, tapi juga manfaat kesehatan lain seperti penyakit jantung, kegemukan, hipertensi, stres dan antioksidan. Agar terasa lebih nikmat tambahkan sedikit madu.

Susu rendah lemak/susu kedelai
Minuman ini mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan mencegah osteoporosis, sehingga lebih sehat dibanding dengan soda yang justru bisa membuat seseorang kekurangan kalsium. Selain itu susu juga mengandung protein kualitas terbaik, riboflavin dan mineral penting.

Buah segar yang dingin
Beberapa buah-buahan berair segar yang dicampur dengan es akan menyegarkan saat musim panas dari kepala hingga kaki. Buah ini tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral tapi juga mengandung gula alami yang cepat memberikan energi dan antioksidan untuk melawan stres.

Es teh
Minuman ini bisa dibuat dengan mudah, agar lebih sehat buatlah es teh sendiri dengan menggunakan gula rendah kalori atau pemanis alami seperti madu. Es teh bisa juga ditambahkan dengan lemon, mint, kayu manis atau vanili.

Jus sayuran dan kaldu
Mencampurkan beberapa sayuran dengan kaldu bisa menyehatkan tubuh. Sayuran ini tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, sedangkan kaldu diketahui mengandung nutrisi penting lainnya.

Air putih
Air putih tidak hanya membuat seseorang tetap terhidrasi, tapi membantu membilas racun dari tubuh, mempertahankan pH dalam darah dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Agar terasa lebih segar tak ada salahnya sesekali mengonsumsi air putih yang ditambah es batu.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 2:18 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 09, 2012 1:56 pm

TAK CUMA PICU DIABETES, SODA JUGA BISA GANGGU PARU
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth Rabu, 08/02/2012 17:30 WIB
Jakarta, Minuman bersoda berbahaya bukan saja karena kandungan gulanya yang tinggi dan bisa memicu diabetes. Menurut penelitian terbaru, minuman bersoda juga bisa mengancam paru-paru sehingga rentan mengalami gangguan asma serta batuk kronis. Penelitian yang dilakukan di Adelaide University ini menunjukkan, penggemar soda lebih rentan terjangkit Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK). Selain sesak napas, penyakit ini juga dicirikan dengan batu-batu yang menahun atau bersifat kronis. Bagi yang memiliki faktor risiko untuk terkena asma, minuman bersoda juga bisa meningkatkan risiko serangan. Gejalanya sama-sama berupa sesak napas, bedanya pada asma tidak terjadi kerusakan paru yang bersifat progresif atau semakin memburuk. Dalam penelitian tersebut, sekitar 17.000 partisipan berusia 16 tahun ke atas diamati gaya hidupnya termasuk kebiasaannya minum soda. Sebanyak 10 persen mengaku sangat menggemari minuman bersoda dan meminumnya lebih dari 1,5 liter setiap harinya. Saat dibandingkan dengan riwayat penyakit pada masing-masing partisipan, peneliti menemukan hubungan erat dengan kebiasaan minum soda. Sekitar 13,3 persen partisipan yang sering asma dan 15,6 persen partisipan dengan riwayat PPOK mengonsumsi rata-rata lebih dari 1,5 liter soda. Ketika hubungannya dibalik, kebiasaan minum soda dalam jumlah tersebut meningkatkan risiko asma sebesar 1,2 kali lipat serta risiko PPOK sebanyak 1,7 kali lipat. Angka itu didapat setelah dibandingkan dengan partisipan yang tidak pernah minum soda. "Temuan ini menekankan pentingnya pola makan dan minum yang sehat dalam mengantisipasi risiko PPOK dan asma," kata Dr Zumin Shi yang memimpin penelitian itu dan mempublikasikannya di jurnal Respirology, seperti dikutip dari Healthday, Rabu (8/2/2012). Sayangnya, penelitian ini tidak menjelaskan bagaimana minuman bersoda bisa membuat kerusakan paru-paru pada penderita PPOK makin memburuk. Adanya hubungan sebab akibat belum menjadi kesimpulan, baru dipastikan bahwa keduanya saling berkaitan erat.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:47 am; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 09, 2012 1:58 pm

MINUM SODA SEBABKAN TURUNNYA PRODUKSI SPERMA?
Linda Mayasari - detikHealth Selasa, 12/06/2012 10:02 WIB
Jakarta, Soda memang minuman yang banyak digemari karena rasanya yang enak. Tetapi apakah konsumsi soda yang berlebihan berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi Anda, terutama produsi sperma? Sebuah badan militer di Denmark melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap lebih dari 2.500 pria usia 18 tahun yang akan menjalani tes masuk layanan militer. Penelitian tersebut dilakukan antara tahun 2001 dan 2006. Pada waktu itu, subyek penelitian adalah tentang faktor gaya hidup, termasuk pola makan. Penelitian ini awalnya dilakukan untuk menguji pengaruh kafein terhadap kualitas sperma dan kuantitas. Tetapi kemudian para peneliti juga tertarik dengan konsumsi soda di kalangan pemuda yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini. Studi ini tidak menemukan bahwa konsumsi kafein yang tinggi terkait dengan penurunan jumlah produksi sperma. Penelitian menunjukkan hasil lain yaitu pengaruh minuman bersoda terhadap produksi sperma. Pria yang minum satu liter atau lebih minuman bersoda sehari memproduksi sperma sekitar 3.500 mililiter. Pria yang tidak minum minuman bersoda memproduksi sperma sekitar 5.000 mililiter per harinya. Sementara kedua jumlah sperma tersebut masih berada dalam kisaran normal, pria dengan jumlah sperma lebih rendah memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap masalah kesuburan. Efek ini tampaknya tidak disebabkan oleh kandungan kafein dalam minuman bersoda, karena tidak terlihat pada peminum kopi atau teh. Para peminum soda umumnya makan lebih banyak dan lebih cepat dibanding orang yang minum air putih ketika makan. Ketika Anda minum soda, Anda akan lebih memilih makan makanan ringan yang asin daripada sayuran dan buah-buahan. Konsumsi soda yang berlebihan termasuk gaya hidup yang kurang sehat dan bisa bertanggung jawab terhadap penurunan sperma. Penelitian ini diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology pada tanggal 15 April 2010, seperti dilansir dari thedoctorwillseeyounow, Selasa (12/6/2012).


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:44 am; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 09, 2012 2:00 pm

MINUMAN SODA BERISIKO SEBABKAN TIMBUNAN LEMAK DI SEKITAR ORGAN
Adelia Ratnadita - detikHealth Selasa, 17/01/2012 08:27 WIB
Jakarta, Minuman soda biasa sehari-hari dapat menyebabkan peningkatan timbuan lemak visceral. Lemak visceral merupakan jenis lemak berbahaya yang cenderung tertimbun di sekitar perut. Lemak tersebut dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung. Menurut sebuah studi di Denmark, minum satu liter minuman soda secara teratur setiap hari dapat meningkatkan jumlah lemak di hati, otot, dan sekitar organ dalam perut. Dalam penelitian lain, penumpukan lemak telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung. "Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa, efek merugikan dari minuman soda manis menyebabkan peningkatan berat badan atau peningkatan timbunan lemak," kata Dr. Frank Hu, seorang profesor dari Harvard School of Public Health seperti dilansir dari HealthNews, Selasa (17/1/2012). Penelitian tersebut telah melibatkan 47 orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Penelitian tersebut dipimpin oleh Dr. Bjørn Richelsen di Aarhus University Hospital, Denmark. Dalam penelitian tersebut, para peneliti meminta para peserta penelitian untuk minum satu liter air, susu, diet cola, atau cola secara teratur setiap hari selama 6 bulan. "Para peserta penelitian tersebut dipilih dalam penelitian ini karena orang gemuk atau obesitas akan lebih sensitif terhadap perubahan diet daripada orang dengan berat badan normal," kata Dr. Richelsen. Pada akhir penelitian kelompok peminum cola reguler memiliki timbunan lemak 25 persen lebih banyak di sekitar organ tubuh, dan jumlah lemak di hati dan otot hampir dua kali lipat. "Kenaikan timbunan lemak tersebut meningkatkan risiko untuk mengembangkan sindrom metabolik, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan penyakit hati," kata Dr. Richelsen. Sindrom metabolik adalah sekelompok faktor kesehatan yang dihubungkan dengan peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Jenis kelompok lemak yang telah dipelajari oleh peneliti dalam penelitian tersebut adalah lemak yang disebut ektopik. Lemak tersebut dianggap lebih berbahaya bagi kesehatan metabolisme tubuh dibandingkan dengan lemak subkutan. Lemak subkutan merupakan jenis lemak yang tertimbun di bawah kulit. "Lemak ektopik jelas tidak sehat dan menginduksi disfungsi organ-organ yang terlibat," kata Dr. Richelsen. "Hasil penelitian tersebut telah memperkuat hasil penelitian sebelumnya mengenai efek minuman soda terhadap obesitas. Hasil penelitian tersebut telah memberikan bukti lain untuk mendukung rekomendasi untuk pengurangan gula pada konsumsi minuman manis," kata Dr. Hu.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:48 am; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 09, 2012 8:38 pm

BUTUH CARA INI UNTUK BAKAR KALORI DALAM SEKALENG SODA
AN Uyung Pramudiarja - detikHealth Selasa, 06/11/2012 11:02 WIB
Jakarta, Kandungan gula dalam minuman bersoda tidak bisa dianggap remeh, sebab kalorinya hampir mendekati kebutuhan energi harian orang dewasa. Agar tidak bikin gemuk, kalori sebanyak itu harus dibakar dengan aktivitas fisik yang tidak ringan. Salah satu perusahaan pembuat minuman bersoda, Coca-cola baru-baru ini membuat kalkulator khusus terkait penghitungan kalori tersebut. Kalkulator ini membandingkan jenis-jenis aktivitas fisik yang setara dengan asupan kalori yang didapat dari minuman bersoda. Sebagai contoh dalam sekaleng minuman bersoda rata-rata terkandung 39 gram gula atau kurang lebih 9 takaran sendok teh. Gula sebanyak itu sudah mendekati batas aman takaran gula yang dianjurkan untuk perempuan dewasa yakni sekitar 90 gram/hari. Menurut kalkulator khusus ini, kalori sebanyak ini baru akan habis kalau dipakai untuk bermain squash selama 11 menit. Bisa juga dengan melakukan pekerjaan rumah tangga seperti bersih-bersih memakai vaccum cleaner, tetapi butuh waktu 70 menit untuk membakar kalori dari sekaleng soda. Jenis aktivitas fisik dan waktu yang dibutuhkan untuk membakar kalori dalam sekaleng soda menurut kalkulator tersebut adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (6/11/2012).

1. Squash (11 menit)
2. Mengendarai sepeda statis (14 menit)
3. Jogging (17 menit)
4. Naik tangga (19 menit)
5. Memotong rumput (21 menit)
6. Jalan kaki (30 menit)
7. Ikut kelas yoga (32 menit)
8. Tenis meja (34 menit)
9. Dansa (45 menit)
10. Bersih-bersih rumah dengan vacuum cleaner (70 menit)

Coca-cola membuat kalkulator ini setelah mengadakan survei yang hasilnya menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga warga Inggris tidak cukup aktif secara fisik sehingga rentan mengalami kegemukan kalau banyak minum minuman bersoda. Sebanyak 32 persen beralasan hanya karena kurang motivasi. Selain karena kandungan kalorinya yang tinggi, Coca-cola baru-baru ini juga mendapat kritik karena menggunakan pewarna 4-methylimidazole (4-MI) dalam kadar yang tidak aman dan terpaksa harus menurunkan kadarnya. Oleh para aktivis kesehatan, zat ini disebut-sebut bisa memicu kanker kalau berlebihan.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:52 am; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue Jul 10, 2012 9:00 pm

INGIN SEHAT LAHIR BATIN? JANGAN SENTUH SODA LAGI!
Rahma Lillahi Sativa - detikHealth Rabu, 01/08/2012 07:11 WIB
Jakarta, Rasanya tak lengkap saat piknik atau berlibur bersama keluarga dan teman-teman, menonton film di bioskop atau sekedar hangout tanpa ditemani minuman ringan. Bahkan kadangkala sejumlah orang membeli minuman ringan sebagai minuman penunjang saat berolahraga di gym. Tak heran jika konsumsi minuman ringan telah mengalami peningkatan sejak tahun 1985, dari 10 galon per orang dalam setahun menjadi lebih dari 25 galon. Tentu saja hal ini sangatlah mengkhawatirkan, apalagi dengan adanya berbagai studi yang memberi berbagai peringatan kesehatan terkait konsumsi minuman ringan tersebut. Menurut studi terbaru, minuman ringan bisa menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan jangka panjang jika diminum setiap hari selama sebulan. Studi yang digelar oleh Bangor University dan dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition tersebut melaporkan bahwa sebenarnya minuman ringan itu mengubah proses metabolisme sehingga otot-otot menggunakan gula sebagai energi, bukannya untuk membakar lemak. Tampaknya minuman bergula ini menyebabkan perilaku gen-gen di dalam otot berubah, bahkan secara permanen. Tak hanya itu, metabolisme pun menjadi kurang efisien dan kurang mampu mengatasi kenaikan gula darah, kata peneliti. Gawatnya, hal ini meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2. "Setelah melihat seluruh bukti medis ini, saya tak pernah menyentuh minuman ringan lagi sekarang. Menurut saya, minuman semacam ini sangat jahat," ujar Dr. Hans-Peter Kubis, seorang ilmuwan biologi dan pakar nutrisi olahraga yang memimpin studi ini seperti dilansir dari dailymail, Rabu (1/8/2012).

Studi sebelumnya pada bulan Maret 2012 memperingatkan para pria yang meminum minuman berpemanis buatan berukuran 355 ml setiap harinya berisiko 20 persen lebih tinggi mengalami penyakit jantung dibandingkan pria yang tidak minum. Kesimpulan ini didapat setelah studi yang dipublikasikan dalam jurnal milik American Heart Association, Circulation ini mengamati kondisi lebih dari 42.000 pria selama 22 tahun. Setelah dilakukan tes darah ditemukan bahwa pecinta soda memiliki level peradangan yang berbahaya di dalam pembuluh darahnya dan kadar HDL atau kolesterol baik yang lebih rendah akibat penambahan gula dari minuman ringan. Beban gula yang meningkat ini juga menjelaskan studi yang menemukan bahwa konsumsi dua minuman berkarbonasi (masing-masing 330 ml) setiap minggunya mampu menggandakan risiko kanker pankreas. Temuan ini telah dilaporkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention. Tak berhenti sampai disini, sebuah studi dari Israel menemukan bahwa minuman ringan yang mengandung jus buah berkadar tinggi bisa menyebabkan kerusakan hati akut dalam jangka panjang. Spesifiknya, orang yang minum dua kaleng minuman ringan dalam sehari lima kali lebih mungkin mengidap penyakit lemak hati yang juga memicu sirosis dan kanker hati.

Seperti dilaporkan dalam Journal of Hepatology, ketua tim peneliti Dr. Nimer Assy memperingatkan bahwa kadar gula buah atau fruktosa yang tinggi dalam minuman ringan dapat membanjiri hati sehingga lemaknya pun bertumpuk disitu. Namun mungkin paparan minuman soda yang paling mengerikan adalah pada anak-anak karena mereka akan terancam oleh bahaya obesitas. Dr. Kubis percaya bahwa minuma bergula ini tak hanya mengubah keseluruhan tubuh namun juga menyebabkan munculnya respon seperti kecanduan. "Tubuh menyerap minuman bergula begitu cepat karena mereka lebih mudah dibawa ke lapisan perut dan proses yang begitu cepat ini membakar respon kesenangan tubuh. Pada waktu yang sama, otak mengurangi keinginannya untuk merasakan nutrisi seperti vitamin dan mineral," terangnya. Tak heran jika minuman ringan ini mampu membentuk kebiasaan yang sulit dihilangkan. Meski pada orang dewasa kondisi ini masih bisa ditanggulangi namun tidak bagi anak-anak. "Pada anak-anak, muncul banyak bukti yang menunjukkan adanya perilaku adiktif akibat konsumsi ini. Mereka akan cenderung mengamuk, gelisah dan tertekan jika berhenti meminumnya," tambah Dr. Kubis. Diduga hal ini karena otak anak-anak masih dalam tahap perkembangan sehingga rawan terserang kecanduan gula. Sayangnya, mengganti minuman bergula dengan alternatif yang lebih sehat seperti minuman limun bersoda atau jus buah kalengan pun masih terasa mengganjal karena minuman semacam ini juga banyak mengandung gula, ungkap Dr. Kubis. "Minuman ringan berbahan buah asli mungkin bisa diklaim sehat tetapi sebenarnya minuman seperti itu sama berbahayanya. Bahkan beberapa jenis minuman ringan mengandung lebih banyak gula daripada sekaleng soda," terangnya. Bahkan minuman olahraga yang dianggap menyehatkan itu terbukti hanya buang-buang uang saja karena bukan hanya Anda tak membutuhkannya tetapi juga berbahaya bagi tubuh Anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Oxford dan Harvard memperingatkan bahwa merk terkemuka seperti Lucozade dan Powerade mengandung gula dan kalori dalam jumlah besar yang bisa mendorong penambahan berat badan seperti halnya dilaporkan dalam British Medical Journal. Selain itu, minuman soda ini juga merusak gigi. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal General Dentistry pada bulan Juni 2012 menemukan bahwa minuman kola 10 kali lebih korosif dibandingkan jus buah saat 3 menit pertama diminum. Salah satu penyebabnya adalah asam sitrat yang membuat soda terasa 'nendang'. Studi lain dalam jurnal British Dental Journal menemukan empat kaleng minuman soda sehari meningkatkan risiko erosi gigi hingga 252 persen. Untuk menghindari segala jenis bahaya yang disebutkan di atas, simak 3 trik agar Anda bisa berhenti mengkonsumsi minuman ringan seperti dilansir dari menshealth, Rabu (1/8/2012) berikut ini.

1. Kurangi Kadarnya Sedikit-Sedikit
Heidi Grant Halvorson, Ph.D., penulis buku Succeed: How We Can Reach Our Goals mengatakan bahwa banyak studi yang menyarankan agar mengurangi konsumsi soda harian sedikit demi sedikit, setidaknya 20 persen setiap 2 minggu. Anda juga bisa menggantikan soda dengan air putih maupun alternatif lain yang lebih sehat. "Mengganti dengan minuman alternatif membuat Anda cenderung dua hingga tiga kali mampu menahan godaan," tambahnya.

2. Ubah Posisi atau Jauhkan dari Jangkauan
Mengubah kebiasaan minum soda akan membuat Anda lebih menyadari apa yang Anda minum dan cenderung tidak buang-buang waktu lagi dengan kebiasaan itu, kata Halvorson. Misalnya Anda selalu menempatkan minuman ringan di sisi kanan meja Anda maka kini pindahkan posisinya ke sisi kiri meja atau jauhkan dari jangkauan Anda untuk menghindari minum banyak-banyak, sarannya.

3. Tandai Kalender Anda
Menurut sebuah studi dari University College London, seseorang butuh waktu 66 hari untuk menghentikan atau membentuk kebiasaan jangka panjang yang baru. Hal ini tentu takkan mudah namun jika Anda bisa melakukannya dengan soda maka akhirnya Anda akan bisa terbebas dari kebiasaan buruk itu, ungkap Halvorson.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:53 am; edited 8 times in total
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 5 of 37Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 21 ... 37  Next
 Similar topics
-
» minuman keras halal di surga
» Kenapa Minuman Keras itu Saya Halalkan dan tidak Berdosa?
» bahaya judi dan minuman keras
» info bermanfaat
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: