Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 20 ... 35, 36, 37
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Apr 06, 2014 3:56 pm

SIASAT SEMANGAT PAGI TANPA KAFEIN
Wuri Handayani, Tasya Paramitha Kamis, 20 Desember 2012, 07:18 WIB
VIVAlife - Cuaca dingin seperti sekarang sering kali membuat kita bermalas-malasan. Semangat kerja pun rasanya sulit muncul. Godaan bersantai di sofa atau melanjutkan tidur kembali juga membuat kita semakin lesu. Untuk menghalau ini, biasanya secangkir kopi menjadi solusi. Sebenarnya tanpa kopi atau minuman berenergi lainnya, Anda bisa mengembalikan semangat dengan empat cara ini.

Istirahat
Ketika merasa kelelahan, terkadang yang Anda butuhkan adalah istirahat sejenak. Caranya sederhana, yaitu memejamkan mata Anda sebentar ketika terlalu lama menatap layar komputer atau berjalan selama beberapa menit di sekitar kantor Anda. Menyempatkan diri untuk beristirahat dapat membuat Anda merasa lebih produktif dan fokus pada pekerjaan.

Thymus
Untuk meningkatkan energi secara instan, Marian Buck-Murray, seorang ahli nutrisi dan praktisi Emotional Freedom Technique (EFT) merekomendasikan untuk menepuk perlahan thymus Anda dengan jari tangan selama 20 detik sambil bernafas pelan-pelan. "Thymus Anda terletak di bagian tengah atas dada Anda, di bawah collar bone, diantara payudara Anda. Menepuknya dapat memicu produksi sel T, meningkatkan energi, kekuatan dan vitalitas serta menenangkan pikiran," ucapnya.

Perenggangan tubuh
Duduk dalam waktu yang lama dapat membuat tubuh Anda kaku dan terasa pegal. Lakukan peregangan tubuh terutama di bagian punggung, pinggang, dan dada untuk mengembalikan semangat pagi. Atau jika Anda memiliki waktu lebih, lakukan yoga.

Peppermint
Aroma dari peppermint membantu meningkatkan level energi dan semangat. Daun yang memiliki aroma menthol kuat ini dapat membuka saluran pernafasan dan membantu melegakan gangguan hidung dan tenggorokan sehingga Anda akan lebih mudah bernafas sepanjang hari. Sediakan juga minyak peppermint dalam botol kecil yang dapat dibawa, sehingga dapat membantu kapanpun dibutuhkan.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Apr 06, 2014 3:56 pm

MANFAAT KAFEIN UNTUK KESEHATAN MATA
JUM''AT, 07 MEI 2010 | 09:20 WIB
TEMPO Interaktif, Baltimore - Kafein diyakini efektif untuk melindungi lensa mata dari kerusakan yang dapat menyebabkan pembentukan katarak, demikian menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada 4 Mei 2010 di Pertemuan Tahunan Asosiasi Riset Penglihatan dan Oftalmologi (ARVO), sebuah organisasi penelitian mata terbesar di dunia. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan dari Sekolah Kedokteran Universitas Maryland di Baltimore, Amerika Serikat. Para peneliti menggunakan tikus sebagai model percobaan. Mereka memasukkan kafein dengan galaktosa ke dalam makanan tikus-tikus tersebut. Ternyata, kafein ditemukan efektif untuk melindungi lensa dari kerusakan.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Apr 06, 2014 3:57 pm

KONSUMSI KAFEIN PERPANJANG MASA KEHAMILAN?
Niken Anggun Nurani - Okezone RABU, 20 FEBRUARI 2013 10:39 wib
GIZI ibu pada saat kehamilan penting untuk embrio yang berkembang di perut serta kesehatan calon anak di kemudian hari. Melengkapi diet dengan vitamin dapat meningkatkan kesehatan janin. Namun, ibu hamil juga harus waspada terhadap asupan makanan yang bisa menggangu kesehatan janin. Pasalnya, tidak semua yang dikonsumsi orang dewasa mungkin bermanfaat bagi bayi yang sedang berkembang. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kafein dikaitkan dengan bayi dengan berat lahir rendah serta kafein dari kopi dikaitkan dengan peningkatan panjangnya waktu kehamilan, demikian yang dilansir Health24. Seiring dengan nutrisi dan oksigen yang ada dalam tubuh, kafein bebas melewati penghalang plasenta. WHO saat ini menunjukkan batasan kafein bagi ibu hamil sekira 300mg per hari selama kehamilan, tetapi beberapa negara merekomendasikan batas 200mg dimana setara kurang dari satu cangkir kopi. Untuk menyelidiki dampak kafein selama kehamilan ibu pada bayi, sebuah tim peneliti dari Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia menggunakan informasi tentang diet ibu dan rincian kelahiran yang dikumpulkan lebih dari sepuluh tahun. Semua sumber kafein dipantau dalam penelitian ini, seperti dari kopi, teh, minuman bersoda, serta makanan yang mengandung kakao termasuk kue dan coklat. Dr Verena Sengpiel, dari Sahlgrenska University Hospital, Swedia, yang memimpin penelitian ini mengatakan, "Meskipun konsumsi kafein sangat berkorelasi dengan merokok yang diketahui meningkatkan risiko untuk kelahiran prematur dan bayi dengan berat badan rendah untuk saat kelahiran, dalam studi ini kami tidak menemukan hubungan antara kafein, baik total atau kafein dalam kopi dan kelahiran premature. Tetapi kami menemukan hubungan antara kafein dan berat badan bayi.” Bahkan mereka menemukan bahwa kafein dari semua sumber mengurangi berat badan bayi saat lahir. Untuk berat anak rata-rata yang diharapkan ialah 3.6 kg. Sementara mengonsumsi kafein 100mg per hari akan menghilangkan 21-28 gram berat badan bayi. Tapi itu bukan hanya kafein, tetapi sumber kafein yang memengaruhi hasil kehamilan dimana kafein dari semua sumber akan meningkatkan waktu kehamilan menjadi lebih panjang. Bahkan, waktu kehamilan kehamilan bisa bertambah 8 jam lebih lama untuk setiap konsumsi kafein 100mg per hari. (ind)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Fri May 08, 2015 6:49 am

BAHAYA KOPI UNTUK ANAK
Selasa, 05 Mei 2015 | 19:19 WIB
BISNIS.COM, Jakarta - Orang tua harus menyadari efek kafein pada anak-anak. Kebanyakan dari kita tidak mempertimbangkan bahaya kopi pada anak-anak dan karena itulah kita tidak mencoba untuk menghentikan anak-anak dari minum itu. Tidak hanya kopi, banyak minuman ringan dan minuman mengandung kafein yang dengan mudahnya bisa dikonsumsi anak-anak. Lebih baik untuk menjaga konsumsi kafein untuk minimum setidaknya sampai anak itu tumbuh menjadi orang dewasa yang bisa memutuskan sendiri. Pasalnya, kafein adalah stimulan yang bisa bersifat adiktif. Selain itu, kafein memiliki beberapa efek samping, yang dapat membahayakan kesehatan anak Anda dalam banyak cara. Berikut beberapa efek kafein pada anak:

Kekurangan vitamin
Anak-anak yang menikmati minuman yang mengandung kafein cenderung menderita kekurangan vitamin dan mineral. Karena minuman ini tidak menyediakan nutrisi tapi memberikan kalori kosong.

Gigi
Ini adalah fakta minuman manis merusak gigi. Gigi berlubang dan masalah lain yang disebabkan terutama oleh minuman mengandung asam dan kafein.

Kegemukan
Anak-anak yang mengkonsumsi minuman ringan yang mengandung kafein cenderung menderita obesitas.

Kegugupan
Kafein berlebih juga dapat menyebabkan gelisah pada anak-anak yang membuat mereka terus merasa haus.

Sakit perut
Apakah Anda tahu bahwa anak-anak dapat menderita masalah perut karena kafein? Nah, sakit perut bahkan dapat mengganggu akademisi mereka.

Gangguan tidur
Kafein juga dapat mengganggu pola tidur alami anak-anak. Pastikan anak-anak Anda mengkonsumsi kafein dalam ukuran yang sangat minimal.

Sakit kepala
Kafein menyebabkan sakit kepala dan dapat berubah menjadi kecanduan juga. Anak harus terbiasa minum susu dan harus menghindari kopi.

Dehidrasi
Anak-anak bisa menderita dehidrasi ketika terlalu banyak mengonsumsi kafein dalam tubuh mereka.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue May 12, 2015 10:29 am

5 MASALAH KESEHATAN TERKAIT MINUMAN ENERGI
Selasa, 12 Mei 2015 | 07:19 WIB
KOMPAS.com - Kekhawatiran akan bahaya minuman energi, terutama jika dikombinasikan dengan alkohol, telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini. Berikut adalah 5 masalah kesehatan yang terkait dengan minuman yang diklaim mampu meningkatkan stamina ini.

1. Masalah jantung
Di tahun 2007, pria Australia berusia 28 tahun menderita serangan jantung setelah minum 8 kaleng minuman energi yang mengandung 80 mg kafein dalam periode 7 jam. Kafein dan kandungan lain dalam minuman energi diketahui bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Kafein sendiri bisa menyebabkan sel jantung melepaskan kalsium, yang akan berpengaruh pada detak jantung dan akhirnya menyebabkan gangguan irama jantung (aritmia). Konsumsi minuman energi juga merusak keseimbangan normal kadar garam dalam tubuh. Kondisi ini juga akan memicu aritmia. Walau begitu, belum bisa disimpulkan apakah minuman ini memicu masalah jantung.

2. Risiko keguguran
Penelitian mengenai efek kafein pada keguguran memang belum tuntas. Sebuah studi tahun 2006 terhadap lebih dari 1000 ibu hamil menunjukkan bahwa mereka yang minum kafein 200 mg perhari (dari kopi, teh, soda, atau cokelat panas) beresiko tinggi mengalami keguguran. Tetapi, studi lain di tahun 2008 tidak menemukan kaitan antara kedua hal ini. Karena hasil penelitian belum bisa disimpulkan, ikatan dokter ginekologi di AS menyarankan ibu hamil membatasi asupan kafein tidak lebih dari 200 mg perhari.

3. Ketergantungan alkohol
Mencampurkan minuman energi dan alkohol bisa berefek sangat berbahaya. Walau kafein adalah stimulan, tetapi zat ini tidak "menetralkan" efek menenangkan dari alkohol. Minum alkohol yang dicampur minuman energi ditakutkan akan membuat orang terjaga lebih lama sehingga mereka minum alkohol lebih banyak lagi.

4. Penggunaan obat-obatan
Studi terhadap 1.600 mahasiswa menemukan bahwa minuman energi akan meningkatkan risiko penggunaan obat-obatan yang diresepkan, seperti obat antinyeri atau stimulan.

5. Gangguan kognitif
Studi berskala kecil tahun 2010 menunjukkan bahwa minum kafein dalam skala moderat, sekitar 40 mg, bisa meningkatkan waktu reaksi dan performa ujian. Tapi minum dalam jumlah lebih tinggi lagi, sekitar 250 mg atau 80 mg, justru memperburuk performa dan waktu reaksi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue May 12, 2015 10:31 am

4 MANFAAT SEHAT KOPI
Senin, 11 Mei 2015, 07:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Kopi memang jenis minuman yang memiliki aroma yang khas. Selain aromanya, bagi sebagian orang kopi merupakan minuman wajib di sela-sela aktivitas. Umumnya, orang hanya mengetahui manfaat kopi adalah sebagai penghilang rasa kantuk. Seperti yang dilansir laman TV3, Senin (11/5), kopi mempunyai banyak manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat kopi yang tidak banyak orang ketahui.

Penurun Berat Badan
Kopi tidak hanya mengandung air namun juga mengandung beberapa mineral lainnya. Di dalam kandungan kopi juga terdapat vitamin dan zat-zat yang dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan. Semua orang tahu bahwa kopi mengandung kafein, tapi apa kafein dan apa fungsinya? Kafein adalah stimulan sistem saraf pusat yang artinya merangsang sistem saraf pusat dengan mengirimkan sinyal langsung ke sel-sel lemak, memberitahu mereka untuk memecah sel-sel dan melepaskan mereka ke dalam aliran darah untuk digunakan sebagai energi. Kafein juga meningkatkan metabolisme Anda. Semakin tinggi tingkat metabolisme Anda, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Menurunkan Resiko Terkena Diabetes
Antara 1986 dan 1998 para peneliti Harvard menemukan fakta bahwa mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe dua dibandingkan yang tidak minum kopi. Asalkan meracik kopi tanpa menambahkan gula, maka mengkonsumsi kopi jauh lebih sehat.

Rendah Kalori
Satu gelas kopi hitam tanpa tambahan susu dan krim dapat mengurangi kalori pada tubuh anda. Satu gelas kopi memiliki kisaran 1-5 kalori saja.

Mencegah Depresi
Menurut penelitian pada tahun 2011 pada pusat studi Harvard menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi cenderung lebih sedikit terkena depresi dibanding wanita yang tidak mengkonsumsi kopi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue May 12, 2015 12:43 pm

TEH MEMBANTU MENINGKATKAN PERFORMA OTAK
Alviana Harmayani Masrifah Selasa, 12 Mei 2015 − 10:55 WIB
JAKARTA - Ketika Anda ingin bersantai, menyiapkan secangkir teh bisa menjadi pilihan sempurna. Tampaknya, relaksasi bukan hanya satu-satunya manfaat menikmati minuman ini karena teh bisa juga memperbaiki performa otak. Menurut sebuah kajian terbaru, aktivitas neurologis meningkat sekitar 1,5 jam setelah Anda minum secangkir teh hitam atau teh hijau. Aktivitas ini juga termasuk proses terkait memori dan pembuatan keputusan. Belum jelas bahan mana yang bertanggung jawab atas efek ini. Tapi, kajian sebelumnya mengindikasikan peran penting yang dimainkan antioksidan flavonoid—yang tidak terpengaruh dengan penambahan susu. Senyawa ini diduga membantu mengendalikan peradangan, mempromosikan fungsi pembuluh darah dan membatasi penyumbatan di arteri. Pada kajian terbaru ini, periset di Newcastle University meneliti pola gelombang otak untuk mencari tahu efek teh terhadap berbagai fungsi neurologis. Dalam kajian ini, delapan sukarelawan diminta minum secangkir teh hijau atau hitam sebelum aktivitas otak mereka diukur. Elektroda yang dipasang ke kepala mereka menemukan tiga tipe gelombang otak yang meningkat dalam waktu satu jam—alfa, beta dan theta. Ada peningkatan signifikan dalam gelombang theta antara 30 menit—1 jam setelah minum teh. Kajian yang dipublikasikan di Nutritional Neuroscience itu memaparkan, teh hitam dan hijau merangsang aktivitas yang terkait perbaikan fungsi kognitif itu. Peningkatan juga terjadi pada gelombang alfa dan beta—yang terkait kewaspadaan, memori dan alasan logis. “Teh diasosiasikan dengan banyak manfaat mental, seperti peningkatan perhatian, kejernihan pikiran dan relaksasi,” ujar pemimpin kajian ini, Edward Okello, direktur eksekutif Medicinal Plant Research Group di Newcastle University yang dikutip Daily Mail.Dia menambahkan, penemuan ini memberikan bukti lebih lanjut atas manfaat minuman ini. “Peningkatan signifikan pascakonsumsi dalam gelombang theta mungkin adalah indikasi peran teh dalam fungsi kognitif, kewaspadaan dan perhatian,” imbuh dia. Riset sebelumnya juga menunjukkan minum 3—4 cangkir teh sehari bisa mengurangi peluang terkena serangan jantung. Minuman ini juga membantu mencegah diabetes tipe 2 dan memperlambat perkembangan penyakit begitu mulai. Antioksidan yang dikandungnya terbukti bisa menghentikan efek tertentu penuaan. Minum teh hitam secara reguler juga bisa menurunkan level stres. Teh putih membantu mencegah obesitas karena dia bisa mengurangi pertumbuhan sel lemak baru. Sementara, minum teh chamomile bisa membantu melindungi tubuh terhadap kanker tiroid. Minum teh jenis ini 2—6 kali per minggu mengurangi peluang terkena kanker tiroid hingga 70% dan penyakit jinak lainnya hingga 84%. Dalam sebuah kajian, minum teh chamomile selama 30 tahun mengurangi risiko berkembangnya penyakit tiroid hingga 80%.

source: http://lifestyle.sindonews.com/read/1000194/155/teh-membantu-meningkatkan-performa-otak-1431402877
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Fri Jun 12, 2015 9:43 am

6 FAKTA SEHAT TENTANG KOPI
Jumat, 12 Juni 2015 | 08:30 WIB
KOMPAS.com - Kopi termasuk salah satu minuman yang digemari pria dan wanita. Selain aroma tajamnya yang menggoda, kopi seringkali menjadi minuman peredam kantuk sekaligus penambah energi. Jika dikonsumsi dalam jumlah tepat, kopi memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut 6 manfaat sehat yang bisa didapat dari secangkir kopi.

1. Bagi seorang perempuan, mengonsumsi kopi di pagi hari menurunkan risiko depresi.
Sebuah penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan, bahwa risiko depresi 20% lebih rendah pada perempuan peminum kopi.

2. Aroma kopi bisa membangunkan kita dari tidur.
Hasil sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Seoul National University 2008 lalu telah emmbuktikannya.

3. Bisa mengatasi disfungsi ereksi.
Jika Anda adalah seorang pria peminum kopi setara 2 – 3 cangkir setiap hari, ada kabar baik bagi Anda. Pria yang meminum kopi antara 85 – 170 mg kafein per hari, 42 persen lebih rendah terkena disfungsi ereksi.

4. Minumlah kopi sekitar pukul 10.00 pagi.
Meminum kopi sesaat setelah bangun tidur memang tidak masalah, tapi lebih baik kita menunggu beberapa saat setelah kadar kortisol, yaitu hormon yang berhubungan dengan stres, benar-benar turun.

5. Kopi menurunkan risiko penyakit alzheimer.
Orang yang minum 3-5 cangkir kopi sehari memiliki risiko alzheimer 20 persen lebih kecil dibanding yang tidak, begitu hasil penelitian 2014 Alzheimer Europe Annual Congress.

6. Kopi sebagai penambah stamina.
“Studi menunjukkan, bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan ketahanan fisik dan stamina,”
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Fri Jun 12, 2015 10:18 am

BATASI ASUPAN KAFEIN
Senin, 1 Juni 2015 | 07:30 WIB
KOMPAS.com - Peringatan bagi penggemar kopi, untuk membatasi asupannya agar tidak berefek negatif bagi kesehatan. Peringatan tersebut diberikan, mengingat banyak di antara mereka tidak terlalu memperhatikan asupan kafein ke dalam tubuhnya. Jika mengonsumsi kafein berlebih tak dihentikan, siap-siap saja dengan masalah kesehatan di kemudian hari. European Food Safety Authority (EFSA) menyebutkan, konsumsi lebih dari lima espreso sehari dapat merusak kesehatan. Masalah jantung, insomnia, maupun serangan panik, kesemuanya dikaitkan dengan konsumsi kafein yang berlebihan. Sayangnya, seperti disebutkan EFSA, banyak orang mengonsumsi kafein lebih dari tingkat aman, karena mereka tidak menyadari sumber berbeda dari kafein. Kafein kerap menjadi penyangga, bagi banyak orang untuk melewati hari-harinya. Mereka yang akan berolah raga juga tak sedikit yang mengonsumsi kafein, guna membantu membakar kalori lebih banyak saat latihan berlangsung. Kopi menjadi salah satu sumber kafein yang cukup banyak dikonsumsi. Namun, selain kopi ada sejumlah sumber kafein lainnya seperti teh, minuman berenergi, minuman bersoda, dan cokelat juga mengandung kafein. Ini artinya, kalau Anda menyantap satu batang cokelat hitam menjelang makan siang, lalu menyeruput espreso usai makan siang, minum teh sore hari, dan konsumsi minuman berenergi di malam hari, maka asupan kafein ke dalam tubuh sudah cukup banyak sepanjang hari itu. Sebagai perbandingan, satu cangkir kopi saring mengandung 90 mg kafein, minuman berenergi standar 80 mg, espreso 80 mg kafein, satu cangkir teh 50 mg dan satu batang cokelat hitam, kandungan kafeinnya sekitar 25 mg. Menurut EFSA, dan sejalan dengan saran di banyak negara, asupan kafein 400 mg (setara dengan 2 cangkir kopi) per hari bagi orang dewasa masih oke. Tetapi, banyak orang mengonsumsi kafein terlalu banyak. Di Denmark misalnya, sekitar sepertiga orang mengonsumsi lebih dari 400 mg. Sementara di Belanda, 17 persen orang dan 14 persen di Jerman mengonsumsi kafein lebih dari batasan yang direkomendasikan. Ini tentu membuat masalah kesehatan seperti peningkatan denyut jantung, tekanan darah lebih tinggi, jantung berdebar, tremor, gugup, dan insomnia, jadi meningkat. Karenanya, rekomendasi jumlah maksimum asupan kafein adalah hingga 6 mg per kg berat badan. Kira-kira sekitar 400 mg per hari bagi perempuan dengan berat badan sekitar 68 kg. Anjuran lainnya adalah, dengan selalu mengonsumsi air sebagai pilihan minuman yang utama sekaligus mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi, mengingat kafein bersifat diuretik alami. Kemudian, konsumsi kafein mesti dihentikan setidaknya 6 jam sebelum tidur guna mencegah gangguan tidur. Yang tak kalah penting adalah selalu 'mendengarkan' tubuh Anda. Bila Anda bergantung pada kafein sebagai pendongkrak energi karena lelah, sebaiknya carilah akar permasalahan dari penyebab lelah tersebut. Bisa jadi karena kurang tidur, olah raga berlebihan, atau kurang asupan makanan. Saat penyebabnya diketahui, Anda pun tidak akan bergantung dengan kafein.
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 37 of 37Go to page : Previous  1 ... 20 ... 35, 36, 37
 Similar topics
-
» minuman keras halal di surga
» Kenapa Minuman Keras itu Saya Halalkan dan tidak Berdosa?
» bahaya judi dan minuman keras
» info bermanfaat
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: