Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 19 ... 35, 36, 37  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Thu Aug 22, 2013 1:58 pm

MINUMAN BERKAFEIN KURANGI LEMAK HATI
Penulis : Unoviana Kartika | Rabu, 21 Agustus 2013 | 15:32 WIB
KOMPAS.com - Minuman berkafein seperti teh atau kopi memiliki banyak manfaat, meskipun jika berlebihan akan memberikan efek sebaliknya. Namun bagi orang yang menderita penyakit perlemakan hati non alkoholik (NAFLD), rutin konsumsi minuman berkafein hingga empat cangkir per hari justru dapat membantu mengurangi lemak di hati. Setelah menganalisa berbagai kultur sel, para peneliti asal Duke University School of Medicine menemukan, kafein yang berasal dari minuman dapat merangsang perombakan lemak di hati. Uji pada tikus yang mereka lakukan pun menunjukkan hasil yang serupa. Tikus yang diberi makan makanan tinggi lemak mengalami penurunan risiko perlemakan hati saat diberikan sejumlah minuman berkafein. Setelah jumlah tersebut dikonversikan untuk manusia, para peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi kafein sejumlah empat cangkir teh atau kopi guna memerangi NAFLD. Penyakit tersebut merupakan komplikasi umum dari obesitas yang sejatinya disebabkan oleh akumulasi lemak di hati. NAFLD terjadi terutama pada orang yang tidak atau sedikit minum alkohol. Salah satu peneliti studi Dr Paul Yen mengatakan, ini adalah studi pertama yang menjabarkan mekanisme aksi kafein pada lemak di hati. "Hasilnya sangat menarik," ujarnya. Teh dan kopi, lanjut Yen, selama ini memiliki reputasi yang buruk untuk kesehatan, namun ternyata memiliki efek obat yang baik. Studi yang dimuat dalam jurnal Hepatology ini dilatarbelakangi hasil studi sebelumnya. Studi tersebut menyebutkan minum empat cangkir kopi atau lebih per hari meningkatkan risiko kematian dini. Padahal minuman berkafein diketahui juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Yen dan timnya pun menyatakan, pengobatan dari minuman berkafein berprinsip pada memanfaatkan aspek positifnya dan mengurangi efek negatifnya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Thu Sep 05, 2013 9:48 am

KAFEIN BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN HATI
Kamis, 05 2013 | 07:30 WIBMI/FurqonTERKAIT
Metrotvnews.com: Kabar menggembirakan bagi mereka yang terbiasa meneguk kopi atau teh setiap hari. Kebiasaan itu ternyata berkontribusi positif terhadap kesehatan hati, menurut temuan studi terbaru tim peneliti internasional dari DUKE-NUS Graduate Medical School dan Duke University School of Medicine, Amerika Serikat. Tim peneliti tersebut menemukan bahwa peningkatan asupan kafein dapat mengurangi penyakit perlemakan hati pada orang-orang yang mengidap penyakit perlemakan hati non alkoholik (NAFLD), atau penyakit yang erat hubungannya dengan obesitas, resistensi insulin, dan dislipidemia. Menggunakan kultur sel dan sampel tikus, peneliti mendapati kafein merangsang metabolisme lipid yang tersimpan dalam sel-sel hati dan menurunkan perlemakan hati tikus yang diberi diet tinggi lemak. Temuan ini mengungkap bahwa mengkonsumsi asupan kafein setara dengan empat cangkir kopi atau teh sehari bermanfaat dalam mencegah dan melindungi terhadap perkembangan NAFLD pada manusia. (Sciencedaily/Haufan Hasyim Salengke)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Thu Sep 19, 2013 6:12 pm

INI DIA DOSIS KAFEIN YANG AMAN DIKONSUMSI SAAT HAMIL & MENYUSUI
Linda Mayasari - detikHealth Kamis, 22/11/2012 17:25 WIB
Jakarta, Konsumsi kafein selama kehamilan dan menyusui masih sedikit kontroversial dalam bidang medis. Tetapi kebanyakan dokter setuju bahwa konsumsi kafein tidak akan membahayakan kesehatan bayi jika dosisnya tidak berlebihan. Seberapa banyakkah kafein yang aman dikonsumsi ketika hamil dan menyusui? Beberapa studi telah menunjukkan bahwa konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke janin, menghambat pembentukan sel tubuh bayi, keguguran, berat lahir bayi rendah, dan bahkan mengganggu pernapasan dan detak jantung bayi yang baru lahir. Para ahli menyarankan untuk membatasi konsumsi kafein hingga 200 mg per hari. Hasil penelitian belum sepenuhnya konsisten, namun kebanyakan studi menunjukkan bahwa konsumsi kafein lebih dari 300 mg per hari kafein berkaitan dengan risiko keguguran hingga 2 kali lipat. Satu cangkir kopi umumnya mengandung antara 104-192 mg kafein, sehingga wanita hamil disarankan untuk tidak minum lebih dari jumlah tersebut. Selain kopi, minuman seperti teh mengandung 70 mg kafein, sehingga minum dua cangkir teh per hari aman bagi kehamilan. Konsumsi kafein juga tidak hanya berpengaruh pada kesehatan bayi selama kehamilan saja, tetapi juga ketika menyusui karena bayi dapat memperoleh asupan kafein melalui ASI. Padahal organ hati bayi belum mampu bekerja secara optimal untuk memecah atau menyingkirkan kafein. Akibatnya kafein tersebut akan terakumulasi dalam tubuh mungil bayi dari waktu ke waktu dan pada akhirnya dapat meningkatkan kecemasan, emosional dan gangguan tidur pada bayi. Tetapi bayi lebih mudah terpapar kafein selama kehamilan daripada saat menyusui. "Selama kehamilan, kafein lebih bebas melintasi plasenta sedangkan ketika menyusui, kafein tidak sepenuhnya tercampur ke dalam ASI yang diminum bayi. Wanita menyusui yang mengonsumsi rata-rata 750 mg kafein per hari, hanya memiliki kandungan kafein sebanyak 4,3 mikrogram per mililiter ASI," kata Dr. Ringland S. Murray, MD, ahli endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Tennessee. Ketika hamil dan menyusui, Anda harus memperhatikan jumlah asupan kafein yang aman dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan bayi. Kafein memiliki sifat adiktif, sehingga jika Anda telah terbiasa minum kopi dan tiba-tiba menghentikan kebiasaan tersebut, akan terjadi gejala penarikan seperti sakit kepala, kelesuan, dan lekas marah. Seperti dikutip dari SheKnows, Kamis (22/11/2012), cobalah langkah-langkah untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan mengonsumsi kafein berikut ini:

1. Kurangi jumlah kopi yang Anda minum selama seminggu
2. Beralih ke kopi tanpa kafein, tapi ingat bahwa kopi tanpa kafein tidak berarti bebas kafein
3. Membatasi konsumsi soda, satu kaleng soda mengandung 40 mg kafein
4. Perhatikan jumlah kafein setiap kali makan makanan berkafein seperti cokelat (60 mg), kuaci bunga matahari (140 mg) atau pil pereda nyeri (130 mg).
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Oct 28, 2013 4:09 pm

SEBERAPA AMAN MINUMAN BERKAFEIN UNTUK IBU MENYUSUI?
Bramirus Mikail | Asep Candra | Jumat, 17 Februari 2012 | 16:23 WIB
KOMPAS.com - Bagi para pecinta kopi, sulit rasanya untuk menghentikan kebiasaan ini. Kopi kini tidak hanya menjadi minuman kaum pria saja, tetapi juga para wanita. Mayo Clinic mencatat bahwa pecinta minuman berkafein ini jauh lebih banyak ketimbang mereka yang mengonsumsi alkohol atau nikotin. Tapi dalam beberapa kasus seperti misalnya pada ibu menyusui, seberapa amankah konsumsi minuman berkafein seperti kopi? Dr Loretta Middleton, dokter spesialis anak yang berbasis di San Francisco Amerika Serikat menjelaskan, meskipun kafein telah disetujui untuk konsumsi oleh ibu menyusui, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kapan harus menyusui dan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Menurut laporan yang baru saja dirilis oleh Harvard School of Medicine, konsumsi kafein yang aman untuk ibu menyusui adalah sekitar 300 mg per hari. Ini setara dengan tiga cangkir kopi per hari. Kafein dapat ditemukan dalam berbagai produk seperti cokelat dan teh, sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan apa saja sumber kafein selain dari kopi. "Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah kafein dalam ASI dapat bervariasi pada setiap ibu yang menyusui, sekalipun mengonsumsi kafein dalam jumlah sama," kata Middleton. "Tingkat kafein dalam ASI akan sangat tinggi pada satu jam pertama setelah Anda meminum kopi. Jadi untuk mengurangi efeknya, Anda dapat memberikan ASI setelah lewat dari satu jam," tambahnya. Sebuah studi di Mayo Clinic Rochester Minnesota AS menunjukkan bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein per hari, sekitar tiga puluh persen kandungan ASI-nya memiliki kadar zat besi yang rendah ketimbang ASI dari ibu yang minum sedikit kafein. Peneliti juga menemukan, konsumsi kafein berhubungan dengan rendahnya pasokan ASI. "Konsumsi kafein secara keseluruhan tidak akan bermasalah untuk ibu menyusui jika penggunaannya masih dalam batas wajar," kata Middleton. "Pastikan asupan kafein Anda tetap di bawah 300 mg. Jadi silakan Anda menikmati secangkir kopi di pagi hari, Karena Anda layak mendapatkannya," jelasnya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue Nov 05, 2013 10:20 am

OTOT LEBIH KUAT BERKAT KAFEIN?
Penulis : Bramirus Mikail | Sabtu, 30 Juni 2012 | 09:27 WIB
KOMPAS.com - Para ilmuwan mengklaim bahwa konsumsi kafein dapat membantu meningkatkan fungsi otot, khususnya pada orang tua. Meningkatnya fungsi otot akan membantu mempertahankan kekuatan, mengurangi risiko jatuh dan cedera. Temuan akan dipublikasikan pada 30 Juni 2012 dalam Society for Experimental Biology. Pakar Olahraga dari Coventry University melihat untuk pertama kalinya apakah efek konsumsi kafein terkait dengan perubahan otot. Hasilnya diketahui bahwa kafein terus meningkatkan kinerja otot pada tikus, meskipun kurang terlihat efektif pada otot yang lebih tua. Dalam kajiannya, para peneliti mengisolasi otot dari tikus mulai usia remaja sampai lanjut usia. Kinerja otot kemudian diuji sebelum dan setelah tikus itu diberikan kafein. Peneliti mengamati dua otot rangka yang berbeda. Pertama adalah diafragma, otot inti yang digunakan untuk respirasi, dan yang kedua adalah otot kaki disebut ekstensor digitorum longus (EDL), yang digunakan untuk bergerak. "Meskipun efeknya cenderung berkurang pada otot tikus yang lebih tua, konsumsi kafein mungkin masih memberikan manfaat," Jason Tallis, peneliti utama riset tersebut. Untuk orang dewasa muda, konsumsi kafein berkontribusi membantu otot dalam menghasilkan kekuatan yang lebih. Tapi seiring berjalannya usia, otot kita secara alami akan berubah dan menjadi lebih lemah. Peneliti mengatakan, efek konsumsi kafein tidak terlalu terlihat pada otot yang masih muda. Hal ini mungkin disebabkan otot masih terus berkembang sehingga efek konsumsi kafein tidak terlalu memberikan banyak perubahan. Penurunan kekuatan otot seiring bertambahnya usia turut berkontribusi memicu terjadinya luka atau cedera dan mengurangi kualitas hidup. Peneliti mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui secara pasti bagaimana mekanisme kerja kafein dalam peningkatan kekuatan otot. Tapi yang jelas bahwa kunci utama menjaga otot supaya tetap kuat adalah dengan terus aktif bergerak dan mempertahankan pola hidup sehat. "Penting menjaga gaya hidup tetap aktif secara fisik untuk menjaga kesehatan dan kapasitas fungsional. Peningkatan kinerja kafein dapat memberikan bukti manfaat dalam proses penuaan," kata Tallis.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Thu Nov 14, 2013 9:52 pm

SUMBER KAFEIN YANG TAK TERDETEKSI
Senin, 31 Januari 2011 | 11:47 WIB
KOMPAS.com Sebagian besar dari kita mungkin akan memilih kopi ketika mendapat serangan kantuk. Pada prinsipnya, kafein yang ada di dalam kopi memang dapat membuat tubuh lebih berenergi, tetapi tak boleh berlebihan. Sehari kita hanya boleh mengonsumsi 250 miligram kafein. Itu sama dengan 2-3 cangkir kopi. Saat tubuh mendapat asupan kafein yang cukup, kemampuan untuk tetap berkonsentrasi dan bebas stres akan membuat hari-hari kita lebih bersemangat. Namun, saat kafein terlalu berlebihan diterima tubuh, efek samping yang ditimbulkan adalah dehidrasi, susah tidur, panik, dan gangguan lambung. Jika ini mulai kita rasakan, itu artinya tubuh minta kita untuk mengurangi asupan kafein. Tetapi, bukan hanya kopi atau teh yang mengandung kafein. Ada makanan dan minuman lain yang sebenarnya memiliki kafein sebagai salah satu bahan baku. Apa sajakah itu? Ini dia daftar lengkapnya, beberapa di antaranya bahkan di luar dugaan kita.

Minuman soda dan kola.
Satu kaleng minuman soda dan kola biasanya mengandung 23-25 miligram kafein. Bahkan minuman soda dan kola yang berlabel diet sekalipun tetap mengandung kafein dengan kadar yang sama.

Cokelat.
Kafein secara natural ada di dalam cokelat. Jadi apa pun olahan cokelat pasti akan memberikan efek stimulasi. Dalam permen cokelat setidaknya terdapat 10 miligram kafein.

Es krim.
Jika kita menambahkan cokelat atau kopi sebagai rasa pada es krim kita, kita telah menambahkan kafein di dalamnya. Rata-rata pada setengah mangkuk es krim dengan dua rasa tersebut terdapat 30-45 miligram kafein. Jumlah ini sama dengan sebotol kaleng minuman berkola. Namum, di antara rasa cokelat dan kopi, es krim rasa cokelat memiliki kafein lebih sedikit, sekitar 3 miligram.

Pil penghilang rasa sakit.
Dalam takaran yang sedikit, kafein dapat menghilangkan sakit kepala kita. Tetapi jika takarannya semakin banyak, kafein menjadi pemicu sakit kepala kita. Lalu apa hubungannya dengan pil penghilang rasa sakit? Banyak pil penghilang rasa sakit memanfaatkan kafein sebagai bala bantuan untuk menghilangkan rasa nyeri. Permasalahan mulai muncul ketika kita semakin bergantung pada pil penghilang rasa sakit. Pil ini tak hanya membuat kita kecanduan dan sakit kepala, tetapi juga membuat kita sulit tidur nyenyak.

Minuman berenergi.
Salah satu alasan mengapa minuman kemasan tersebut menjanjikan untuk memompa energi adalah di dalamnya terdapat kafein. Jadi, perhatikan waktu yang kita pilih untuk mengonsumsinya. Sebaiknya jangan minum 5-4 jam menjelang waktu tidur.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 3:26 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Thu Nov 14, 2013 10:00 pm

KAFEIN BIKIN DUNIA LEBIH CERAH
SELASA, 13 NOVEMBER 2012 | 03:29 WIB
TEMPO.CO , Bochum, Jerman: Kafein ternyata bisa membuat dunia terlihat lebih baik dan sekaligus membantu orang-orang mengenali kata-kata positif, ungkap para ilmuwan. Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa orang-orang menjadi lebih cepat dan akurat saat mengenali kata-kata positif, seperti "bahagia" dibandingkan kata-kata negatif, seperti "gila". Efek yang sama terlihat pada gambar-gambar dan suara-suara. Bias emosional ini mengundang rasa ingin tahu, bagaimana seseorang bisa mengingat dengan sama baiknya semua hal negatif dan positif dalam kata-kata, gambar, dan suara. "Apa yang menyebabkan perbedaan ini," ujar Lars Kuchinke, ilmuwan yang psikolog di Ruhr University di Jerman. Hasil penelitian ini dipublikasikan secara online di jurnal PLoS ONE edisi 7 November 2012. Untuk melihat pemicu keuntungan positif itu, para ilmuwan memutuskan untuk melakukan eksperimen dengan kafein. Kafein membantu mempercepat respon dan mengurangi kesalahan dalam tugas mental sederhana. Ia juga membantu seseorang mengenali kata-kata positif maupun negatif. Para ilmuwan meminta 66 relawan untuk memutuskan secepat dan seakurat mungkin mengenai deretan huruf yang mereka lihat di layar komputer, apakah itu benar-benar huruf atau bukan. Sebagian dari relawan diberi pil laktosa yang tidak memberikan efek apapun pada hasil sementara rekan mereka yang lain mengkonsumsi tablet yang mengandung 200 miligram kafein, 30 menit sebelum tes dimulai. Tablet kafein ini setara dengan dua atau tiga cangkir kopi. Para peneliti menemukan bahwa relawan yang mengkonsumsi tablet kafein lebih akurat hingga 7 persen saat mengenali huruf positif ketimbang huruf lain, namun tidak terlihat efek emosional apapun pada kata-kata negatif maupun netral. Hal ini menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan beberapa fungsi mental. "Hasil riset ini menunjukkan bahwa kemungkinan ini spesifik untuk beberapa tipe stimulan, seperti hanya kata-kata positif," ujar Kuchinke kepada LiveScience edisi 9 November 2012. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kafein kemungkinan menstimulasi sistem saraf pusat dengan meningkatkan aktivitas dari dopamine kimiawi otak, yang terhubung dengan penghargaan, kreativitas, impulsivitas dan kecanduan. Karena kafein meningkatkan keuntungan positif, temuan ini menunjukkan keuntungan positif yang mungkin dikandung dopamine.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 3:47 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Fri Nov 22, 2013 11:05 am

MENGATASI KECANDUAN KAFEIN
Penulis : Hesti Pratiwi | Kamis, 20 Desember 2012 | 09:54 WIB
KOMPAS.com - Musim liburan dapat melawan keinginan alami tubuh untuk rileks dan hibernate. Inilah saatnya Anda mendetoks tubuh, mengeluarkan racun tubuh, membersihkan hingga mengeluarkan zat-zat yang selam ini menumpuk dalam tubuh. Jika Anda termasuk orang yang sudah kecanduan kopi, minuman bersoda atau minuman energi, sekarang saatnya mengembalikan kesegaran tubuh dan meningkatkan energi tanpa perlu minuman berkafein atau tinggi gula. Cobalah teknik cepat ini untuk meningkatkan tingkat energi alami Anda.

1. Istirahat
Ketika merasa lelah atau kewalahan, kadang-kadang yang Anda perlukan adalah istirahat sebentar. bukan menyeruput kopi atau meneguk minuman ringan yang manis. Cukup berbaring di sofa dengan menutup mata, istirahat dari layar komputer atau televisi. Berjalan-jalan di sekitar rumah Anda juga bantu menyegarkan urat yang kaku.

2.Tepuk-tepuk "thymus" Anda
Untuk meningkatkan energi instan saat Anda merasa lemas, jangan terburu-buru menyesap minuman kafein apalagi manis. Marian Buck-Murray, seorang pelatih Emotional dari Freedom Technique (EFT), merekomendasikan menekan thymus Anda dengan ujung jari Anda selama 20 detik. Kemudian bernapaslah perlahan-lahan . "Thymus Anda terletak di bagian atas tengah dada, di bawah tulang selangka, antara payudara Anda. Menepuk-nepuk thymus dapat memicu produksi T-sel, meningkatkan energi, mengurangi stres, dan meningkatkan kekuatan dan vitalitas.."

3. "Stretching"
Tetap duduk untuk waktu yang panjang di pesawat atau di meja kerja bisa membuat tubuh merasa lesu. Yoga bisa menjadi pilihan menyegarkan yang tidak memerlukan peralatan olahraga.

4. Hirup "peppermint"
Aroma tertentu dapat membantu meningkatkan energidan mengangkat semangat Anda. Peppermint adalah aroma yang kuat. Aroma mentol membuka saluran sinus, membantu Anda bernapas lebih mudah sepanjang hari. Pertimbangkan untuk selalu membawa botol kecil minyak peppermint di atas meja atau di tas Anda.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 3:53 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue Dec 03, 2013 5:36 am

KAFEIN BERLEBIH PENGARUHI KECERDASAN EMOSI
Penulis : Christina Andhika Setyanti | Kamis, 23 Agustus 2012 | 12:31 WIB
KOMPAS.com - Ngopi adalah cara yang paling populer dilakukan orang untuk membunuh rasa kantuk. Hal ini karena kandungan kafein di dalam kopi membuat Anda merasa lebih waspada, segar dan meningkatkan suasana hati. Banyak studi menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan kinerja fungsi kognitif (memori, fokus) seseorang dalam jangka pendek. Kenyataannya hal tersebut tak sepenuhnya benar. Penelitian terbaru dari Johns Hopkins Medical School mengeluarkan fakta mengejutkan, kafein ternyata tidak benar-benar bisa meningkatkan performa kerja kognitif Anda. Studi ini mempelajari tentang peningkatan kinerja kognitif dengan cara mengendalikan kebiasaan minum kopi dari para peserta. Dalam penelitian ini, para peserta yang diuji adalah orang-orang yang biasa menikmati 2-4 cangkir minuman berkafein yang setara dengan 200-800 mg kafein sehari. Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa kafein bisa menimbulkan ketergantungan. Ketika terbiasa menikmati kafein, maka ketika kinerja kognitif dan suasana hati Anda menurun maka Anda berpikir bahwa hanya kafeinlah yang bisa membuat Anda kembali bersemangat. Padahal sebenarnya kafein tidak meningkatkan kinerja Anda, namun hanya mengembalikannya ke tingkat normal untuk waktu yang singkat. Saat minum kafein, tubuh akan melepaskan adrenalin yang menjadi sumber respon untuk 'melawan atau lari', yang secara tak langsung memaksa tubuh untuk kembali bekerja. Namun, ketika kafein memaksa otak dan adrenalin untuk bekerja, hal sebaliknya akan terjadi pada tingkat emosional Anda. Kafein memberi pengaruh pada perilaku emosional dan membuat Anda jadi cepat marah, atau cemas. Berdasar studi yang dilakukan di Carnegie Mellon University mengungkapkan, lonjakan adrenalin akibat kafein juga berakibat negatif pada kenaikan tekanan darah, stimulasi jantung berlebihan, jantung berdebar dan pernapasan yang lebih cepat dan tak teratur. Hal ini bisa menghalangi masuknya oksigen ke dalam otak yang dibutuhkan untuk menjaga agar pikiran tetap tenang dan rasional.

Pengaruhi kualitas tidur
Kafein juga memberi pengaruh pada kualitas tidur Anda. Di dalam tubuh, kafein memiliki 'waktu hidup' enam setengah jam, ini berarti butuh waktu 24 jam penuh untuk kembali mengeluarkan kafein dari dalam tubuh. Ketika minum kafein pada pukul delapan pagi maka kafein masih akan tersisa 25 persen di dalam tubuh sampai pukul delapan malam. Dan kafein ditambahkan di siang hari, maka Anda sudah memiliki 50 persen kafein dalam tubuh sampai waktu malam. Buruknya, setiap kafein dalam aliran darah akan membuat Anda sulit tertidur. Ketika Anda akhirnya tertidur, kafein akan mengganggu kualitas tidur Anda mengan mengurangi gerakan mata cepat (Rapid Eye Movement/REM) saat tidur sehingga tidur jadi kurang nyenyak dan memengaruhi tingkat emosi di pagi hari. Akhirnya, saat bangun Anda merasa membutuhkan secangkir kafein lagi untuk membuat Anda jadi lebih baik dan membuat adrenalin kembali melonjak. Seperti stimulan apapun, secara fisiologis dan psikologis, kafein menimbulkan kecanduan (adiktif). Maka untuk menghindarinya, sebaiknya secara perlahan kurangi asupan kafein Anda dalam satu hari. Namun, para peneliti di John Hopkins menemukan bahwa pengurangan kafein bisa membuat seseorang mengalami sakit kepala, mudah lelah, mengantuk, sulit konsentrasi, depresi dan kecemasan setelah mengurangi asupan kafein satu cangkir per hari. Hal ini bukan berarti Anda tak boleh sama sekali menikmati kafein. Hanya saja kadar kafein yang disarankan adalah satu cangkir kafein per hari atau sekitar 100 mg kafein. Berhati-hatilah saat menikmati kopi di berbagai gerai kopi, karena kadar kafein dalam satu gelasnya bisa mencapai 180-415 mg kafein per saji-nya.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 3:51 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sat Dec 07, 2013 5:47 am

KAFEIN 'BERSEMBUNYI' DI 4 ASUPAN INI
Mutia Nugraheni Jum'at, 3 Mei 2013, 17:27 WIB
VIVAlife - Kafein cenderung dihindari karena jika jumlah yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebakan sakit kepala, jantung berdebar, hingga meningkatkan risiko osteoporosis. Perlu Anda ketahui kalau kafein bukan hanya terdapat pada kopi. Beberapa asupan yang Anda konsumsi sehari-hari juga mengandung kafein, dengan kadar yang sama atau bahkan lebih tinggi daripada yang ada dalam kopi. Anda harus waspada, jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsinya.

1. Suplemen
Suplemen vitamin atau obat diet sebagian besar mengandung kafein. Dan, konsumen biasanya tak tahu level kandungan kafein dalam suplemen tersebut. Dari penelitian yang dilakukan badan obat dan makanan AS, sebagian besar suplemen mengandung 210 hingga 310 mg per penyajian. Sebagai perbandingan, seperti dikutip dari myhealthnewsdaily.com, satu gelas kopi mengandung 100 mg kafein.

2. Obat
Beberapa obat mengandung kafein. Salah satu obat pereda rasa sakit yang cukup terkenal mengandung 130 mg kafein. Lebih banyak dari kopi dan minuman bersoda. Jadi, perhatikan formulasi obat yang Anda konsumsi.

3. Cokelat
Cemilan cokelat batangan atau minuman cokelat hangat juga mengandung kafein tinggi. Kandungan kafein pada satu kemasan chocolate chips sekitar 10 mg, setara dengan secangkir kopi. Pilihan yang lebih sedikit adalah segelas susu cokelat, yaitu sekitar 9 mg.

4. Teh
Kebiasaan minum kopi seringkali digantikan dengan minum teh. Tapi teh juga mengandung kafein. Menurut Mayo Clinic, teh hitam yang umum dikonsumsi mengandung 14 mg hingga 60 mg.
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 36 of 37Go to page : Previous  1 ... 19 ... 35, 36, 37  Next
 Similar topics
-
» minuman keras halal di surga
» Kenapa Minuman Keras itu Saya Halalkan dan tidak Berdosa?
» bahaya judi dan minuman keras
» info bermanfaat
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: