Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 19 ... 34, 35, 36, 37  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Fri Jul 05, 2013 7:07 pm

BENARKAH KAFEIN SEBABKAN DEHIDRASI?
Penulis : Unoviana Kartika | Sabtu, 2 Maret 2013 | 18:23 WIB
KOMPAS.com - Konsumsi kafein selama ini dipercaya dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Namun beberapa studi yang dipimpin oleh seorang ilmuan bernama Lawrence Armstrong menyebutkan, kafein tidak terbukti dapat menyebabkan dehidrasi. Kecuali jika Anda meminumnya dalam jumlah berlebihan. Jumlah yang berlebihan, menurut Armstrong adalah lebih dari 4 cangkir kopi per hari atau 500 mg kafein. Jumlah inilah yang dapat mengakibatkan meningkatnya risiko dehidrasi. Menurut panduan para ahli dari Mayo Clinic, kafein memiliki sifat diuretik sehingga meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil. Hal inilah yang menyebabkan kafein dapat menyebabkan dehidrasi karena hilangnya cairan saat terlalu banyak mengeluarkan cairan saat buang air kecil. Selain temuannya mengenai dehidrasi, studi Armstrong menemukan informasi lain yang berkaitan dengan kafein. Studi Armstrong menyatakan, teori yang menyebutkan bahwa kafein menyebabkan ketidakseimbangan cairan tubuh dan elektrolit tidak terbukti, yang mana hal ini mendukung teori sebelumnya bahwa minum kafein menghambat kinerja atlet.

Sebaliknya, konsumsi kafein akan memiliki efek dramatis bagi orang-orang yang tidak terlalu banyak bergerak, karena mereka tidak mengeluarkan keringat cairan sesering atlet. Sebagai seorang ilmuwan meneliti bidang kinerja manusia dan termoregulasi sejak tahun 1980, Armstrong telah melakukan setidaknya tiga studi yang membantu mendukung fakta bahwa jumlah moderat kafein tidak menyebabkan dehidrasi atau merusak kinerja olahraga.

Dua dari studi muncul dalam Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, yaitu penelitian yang berjudul "Caffeine, Body Fluid-Electrolyte Balance, and Exercise Performance" (2002), dan studi "Fluid, Electrolyte, and Renal Indices of Hydration During 11 Days of Controlled Caffeine Consumption" (2005). Studi ketiga masuk ke dalam "Exercise and Sport Sciences Reviews" dengan judul "Caffeine, Fluid-Electrolyte Balance, Temperature Regulation, and Exercise-Heat Tolerance," (2007). Setiap penelitian membandingkan sekelompok orang yang mengkonsumsi jumlah kafein dengan jumlah yang sudah diatur dengan mereka yang mengkonsumsi plasebo. Berdasarkan studi Armstrong, kafein pun dapat membuat tubuh untuk membangun toleransi. Maka jika Anda belum terbiasa meminum minuman berkafein, maka tubuh Anda akan sangat sensitif terhadap efeknya, namun seiring Anda meningkatkan intensitas untuk meminum minuman berkafein, maka tubuh pun akan lebih toleran, terutama pada sifat diuretik kafein. Kendati kafein minum tidak mengakibatkan dehidrasi, kafein masih dapat menyebabkan kegugupan, sulit tidur dan kecemasan. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling umum mengandung kafein, tetapi soda dan teh juga termasuk dalam daftar minuman berkafein.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 01, 2013 4:38 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 15, 2013 6:04 pm

FAKTA FAKTA SEPUTAR KAFEIN
Penulis : Christina Andhika Setyanti | Jumat, 2 Desember 2011 | 15:07 WIB
KOMPAS.com - Kafein merupakan salah satu senyawa yang sering ditemui dalam berbagai minuman sehari-hari, seperti cokelat, teh, kopi, dan minuman bersoda. Berbagai dampak negatif kafein pun sudah dikenal masyarakat secara umum, antara lain menyebabkan debaran jantung lebih kuat dan cepat, menyebabkan darah tinggi, sampai menaikkan produksi asam lambung. "Sayangnya, lebih banyak orang yang mengatakan bahwa minuman bersodalah yang banyak mengandung kafein dibanding kopi dan teh. Padahal sebaliknya," ungkap Maxime E. Buyck, MD, MBA, Direktur Health and Wellness Program Global Scientific and Regulatory Affairs, The Coca Cola Company, dalam bincang-bincang "Coke Break" di Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu (30/11/2011) lalu. Menurut data US Food and Beverage, minuman bersoda seperti Coca Cola, Sprite, atau Fanta, memiliki kandungan kafein sebesar 23-31 mg per 240 ml, sedangkan kopi mengandung 65-120 mg per 240 ml, dan teh 90 mg per 240 ml. Kafein sebenarnya tak hanya menyebabkan efek negatif pada tubuh, tapi juga pengaruh baik untuk tubuh, seperti menahan kantuk, mencegah kerusakan gigi, dan menghilangkan sakit kepala. Semua manfaat baik dari kafein ini bisa didapatkan jika kafein dikonsumsi dalam porsi yang tidak berlebihan. Khusus untuk ibu hamil atau perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter tentang riwayat kesehatannya, dan batas maksimal kafein yang boleh dikonsumsi. Selain itu, ada beberapa fakta lain mengenai kafein yang perlu Anda ketahui:

1. Semua minuman mengandung hidrat, termasuk kafein.
Ketika mengonsumsi minuman, salah satu akibatnya adalah mengalami efek diuretik ringan. Menurut penelitian US Institute of Medicine/National Academy of Sciences pada tahun 2004, semua minuman pasti mengandung hidrat dan menyebabkan efek diuretik, dan ini tidak hanya berlaku untuk minuman berkafein.

2. Konsumsi minuman berkafein tidak akan membuat tulang lemah atau osteoporosis.
Lebih dari 15 tahun, rangkaian penelitian telah banyak mempelajari hubungan antara kafein dalam minuman bersoda dan dampak buruknya bagi tulang. Hasilnya, mereka menemukan bahwa tidak ada hubungan antara kesehatan tulang dengan kafein dalam minuman bersoda, selama asupan kalsium dalam tubuh mereka tercukupi. Kafein juga tidak menimbulkan rasa mulas di perut.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Wed Jul 24, 2013 8:18 am

KIAT MENGURANGI KECANDUAN KAFEIN
Penulis : Lusia Kus Anna | Senin, 19 Maret 2012 | 15:25 WIB
Kompas.com - Tak ada yang salah dengan kafein, sampai Anda menengguknya terlalu banyak sehingga menderita nyeri ulu hati dan sulit tidur. Jika Anda terlalu cemas tentang kemungkinan dampak buruk kafein dalam jangka panjang, cobalah menguranginya. Mengurangi kafein memang bisa mengurangi keluhan nyeri ulu hati (acid reflux), gangguan tidur, dan kecemasan. Tetapi menghentikan kafein sama sekali bisa membuat Anda lebih mudah marah, kelelahan, bahkan sakit kepala. Untuk itu ikuti kiat-kiat aman mengurangi kafein seperti disampaikan oleh Robynne Chutkan, pakar gastroenterologi dari University Medical Center ini.

1. Kurangi perlahan
Bila Anda termasuk peminum berat kafein, maka Anda perlu menguranginya secara perlahan sehinga gejala ketagihan bisa dikurangi. Ingatlah bahwa kafein bisa didapatkan dari banyak sumber, termasuk cokelat.

2. Cari minuman pengganti
Sebagai awal mungkin Anda bisa mengganti kopi dengan kopi decaf yang kandungan kafeinnya jauh lebih sedikit. Perlahan gantilah kopi dengan minuman lain yang bebas kafein.

3. Redakan nyeri kepala
Sakit kepala yang berlangsung lebih dari dua hari bisa menjadi tanda Anda mengalami gejala ketagihan kafein. Bila sakit kepala mulai mengganggu konsumsi pereda nyeri kepala. Sebaiknya hindari aspirin atau ibuprofen dan memilih asetaminopen karena tidak menyebabkan nyeri ulu hati.

4. Minum lebih banyak air
Minum lebih banyak air adalah salah satu cara untuk melakukan detoks. Selain itu dalam keadaan terhidrasi, tubuh akan lebih waspada sehingga pikiran tetap fokus meski tanpa kafein.

5. Olahraga
Olahraga bisa memiliki efek seperti stimulan, seperti halnya kafein. Karena itu jika muncul tanda-tanda ketagihan kafein, seperti rasa lelah, pusing, lakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan energi.

6. Asup makanan sehat
Bila selama ini kafein menjadi andalan dikala Anda sibuk, sebagai gantinya asuplah hanya makanan sehat, yakni yang tidak mengandung gula tambahan dan makanan siap saji. Makanan sehat adalah pemacu energi yang baik, terutama karbohidrat yang berasal dari serat.

7. Perhatikan jadwal
Ini berarti jangan biarkan "tangki" makanan Anda kosong dalam waktu lebih dari empat jam. Perut yang dibiarkan kosong akan membuat tubuh tak berenergi dan lebih sulit berkonsentrasi.

8. Cukup tidur
Kopi mengandung stimulan sehingga jika kita berhenti mengonsumsinya kita cenderung merasa kurang bertenaga. Padahal, obat paling ampuh untuk mengembalikan energi adalah tidur. Untuk menyiasati sulit tidur, hindari tidur siang, berolahraga secara teratur, dan tidur pada waktu yang sama setiap malam.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sat Jul 27, 2013 9:51 am

ANAK JUGA BISA KELEBIHAN KAFEIN
Selasa, 12 Juli 2011 | 15:20 WIB
Kompas.com - Kafein memang identik dengan minuman kopi atau teh sehingga banyak orang yang menganggap anak-anak tidak mungkin bisa kelebihan kafein. Padahal, cukup banyak minuman yang biasa diasup anak juga berkafein tinggi, misalnya es teh, minuman cokelat, minuman bersoda atau cokelat. Asupan kafein berlebih pada anak mesti diwaspadai karena kafein merangsang sistem saraf pusat, memicu pelepasan adrenalin ke dalam aliran darah dan meningkatkan kadar gula dalam darah. Konsumsi kafein pada anak yang dianjurkan adalah kurang dari 200 mg per hari atau setara dengan tiga cangkir teh. Gejala overdosis kafein pada anak bisa dilihat dari tanda-tanda berikut:

1. Gelisah
Perilaku gelisah dan mudah tersinggung pada anak bisa disebabkan karena perilaku yang tak terkontrol. Efek dari stimulan juga bisa menyebabkan anak menjadi terlalu aktif dan sulit dikendalikan.

2. Efek jangka panjang
Tubuh anak-anak mencerna kafein lebih lama dari pada orang dewasa sehingga efeknya bisa berlangsung lebih lama. Itu sebabnya konsumsi kafein pada anak harus dibatasi.

3. Tidur terganggu
Dalam kondisi sehat pada umumnya anak bisa tidur dengan nyenyak. Namun efek stimulan dari kafein akan membuat tubuh lebih segar sehingga ia kesulitan untuk tidur atau terbangun di tengah malam dan menginterupsi bagian tidur yang paling nyenyak.

4. Kandungan asam
Kopi dan teh memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga menyebabkan gangguan perut.

5. Denyut jantung tak teratur
Konsumsi kafein yang berlebih bisa menyebabkan detak jantung lebih cepat dan tak teratur, baik pada dewasa atau anak-anak.

6. Sering buang air kecil
Peningkatan frekuensi buang air kecil dapat terjadi bila anak minum terlalu banyak kafein. Akibatnya terjadi kehilangan cairan tubuh yang pada gilirannya akan menyebabkan tekanan darah rendah dan mengganggu keseimbangan asam-basa dalam tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

7. Sakit kepala
Sesuatu yang sangat dasar seperti sakit kepala juag dapat menjadi masalah yang umum jika mengkonsumsi kafein di luar kendali.

8. Kelelahan
Setiap produk yang termasuk stimulan seperti kafein akan berpengaruh pada sistem saraf. (M05-11)


Last edited by gitahafas on Thu Aug 01, 2013 4:44 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sat Jul 27, 2013 9:57 am

BILA KAFEIN SUDAH MULAI MENGGANGGU
Penulis : Lusia Kus Anna | Jumat, 2 Oktober 2009 | 15:56 WIB
KOMPAS.com Dampak kafein ternyata bukan hanya gangguan tidur dan sakit kepala. Selama bertahun-tahun dunia ilmiah telah menghujani masyarakat umum tentang dampak negatif kafein. Dari meningkatnya kolesterol hingga jantung berdebar. Pada dosis lebih tinggi lagi (lebih dari 7 cangkir per hari), kopi bisa menimbulkan gangguan emosi dan indera, terutama pendengaran dan penglihatan. Untunglah dampak negatif kafein ini baru muncul bila konsumsi kopi sudah berlebihan. Menurut para ahli, dua cangkir kopi sehari mungkin tak akan sampai menimbulkan masalah. Tapi, bila sudah berlebih pasti akan menimbulkan gangguan. Karena itu ikuti saran pengarang buku Rahasia Awet Muda bagi Pria, Doug Dollemore dan Mark Giuliucci berikut ini:

Hindari kopi saat petang
Penelitian menunjukkan kafein tetap berada dalam tubuh Anda lebih lama daripada kebanyakan stimulan lainnya. Separuh dari kafein yang dikonsumsi dari secangkir kopi mungkin masih berada dalam pembuluh balik Anda sampai lima jam kemudian. Karena itu, jika Anda merasa sulit tidur, hindari kafein sejak petang hari.

Mulai kurangi sejak sekarang
Cobalah mencari jenis kopi yang kafeinnya sudah dikurangi separuh. Atau, ganti dengan kopi dari biji kopi arabika. Kandungan kafein dalam biji kopi jenis ini lebih kurang hanya dua pertiga kafein pada biji kopi robusta yang lebih murah dan sering digunakan untuk kopi instan. Hindari pula sumber-sumber kafein lainnya, seperti minuman ringan, teh, atau dark chocolate. 100 gram dark chocolate mengandung kafein yang sama seperti dalam secangkir kopi.

Baca label dengan teliti
Obat-obat pengusir kantuk memang sarat dengan kafein. Tapi, tahukah Anda bahwa beberapa obat analgesik mengandung kafein sebanyak yang terdapat dalam sekaleng cola. Karena itu, periksalah kandungan bahan ini dalam kemasan obat.

Ubah rutinitas Anda
Mungkin Anda minum kopi bukan karena kecanduan kafein, tapi karena keterikatan pada rutinitas. Misalnya saja, setiap kali mulai membuka laptop, Anda terbiasa ditemani secangkir kopi. Anda bisa mencoba menaruh sesuatu yang lain dalam cangkir Anda, misalnya saja air putih.

Berhenti perlahan
Mulailah mengurangi asupan kafein secara bertahap, selama beberapa hari atau sepekan. Hal ini akan memudahkan penyesuaian. Bila Anda merasa tak sanggup, mulailah memikirkan bahwa tanpa kafein Anda dapat menghindari dampak negatif kafein.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 01, 2013 4:46 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue Jul 30, 2013 2:05 pm

KAFEIN, ANTARA BAHAYA DAN MANFAAT
Penulis : Lusia Kus Anna | Rabu, 16 September 2009 | 16:01 WIB
KOMPAS.com Bila dikonsumsi berlebihan, kafein bisa menyebabkan masalah jantung. Namun, dengan takaran yang pas, kafein efektif meningkatkan kewaspadaan, bahkan menyehatkan. Kafein merupakan senyawa alkaloid, utamanya terdapat dalam teh (1-4,8 persen), kopi (1-1,5 persen), dan biji kola (2,7-3,6 persen). Selain terkandung dalam bahan alami, kafein juga bisa dibuat secara semisintetis. Meski aman dikonsumsi, kafein dapat menimbulkan reaksi yang tidak dikehendaki, seperti insomnia, gelisah, pernapasan meningkat, tremor otot, dan diuresis (sering kencing). Kafein juga dapat menimbulkan ketagihan ringan. Orang yang biasa minum kopi akan menderita sakit kepala di pagi hari atau setelah 12 jam sejak mengonsumsi kopi. Penelitian juga menunjukkan, orang yang terbiasa minum kopi lebih dari 5 cangkir sehari berisiko mengalami gangguan jantung. Konsumsi kafein selama hamil juga bisa menyebabkan bayi lahir abnormal. Di lain pihak, manfaat kopi bagi kesehatan juga bukannya tidak ada. Studi terbaru yang dilaporkan dalam the American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi 2 cangkir minuman berkafein, termasuk kopi, akan mengurangi risiko serangan jantung hingga 31 persen. Kopi juga secara signifikan menurunkan risiko terbentuknya kanker kolon. Menurut Profesor Peter Rogers dan Dr Lindsay St Claire dari Universitas Bristol, Inggris, efek negatif kafein lebih kuat pada laki-laki dibanding perempuan. Pada perempuan, kafein justru menurunkan stres, terutama pada pekerja kantoran. Kopi juga efektif meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan bersosialisasi di kantor. Untuk mendapatkan manfaat positif dari kopi, para ahli menyarankan konsumsi kopi organik serta kopi Arabica dari Jawa. Setiap 8 ons kopi Arabica diketahui mengandung kadar protein yang lebih tinggi dibanding kopi biasa serta memiliki kadar kafein yang lebih rendah. Kopi organik ini juga mengandung zat antioksidan 40 persen lebih tinggi dibanding kopi jenis lain.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sat Aug 17, 2013 10:04 am

INI YANG BELUM ANDA TAHU SOAL KAFEIN
Rahma Lillahi Sativa - detikHealth Jumat, 21/09/2012 19:00 WIB
Jakarta, Kafein banyak terkandung pada dua minuman yang sering dikonsumsi orang di pagi hari yaitu kopi dan teh. Senyawa ini dikenal karena kemampuannya membuat mata melek dan segar hingga mencegah nyeri punggung dan penyakit jantung. Namun ternyata di balik itu kafein masih menyimpan misteri yang luar biasa di dalamnya. Agar tak penasaran, simak paparan tentang 7 fakta kafein yang belum pernah Anda tahu seperti halnya dikutip dari Today.com, Jumat (21/9/2012) berikut ini.

1. Kafein membantu performa saat berolahraga
Kafein dapat membantu mendorong kekuatan dan daya tahan saat melakukan olahraga atletik sehingga orang yang mengonsumsi kafein dapat berolahraga lebih lama dan lebih keras. Pasalnya, kafein memiliki efek metabolik langsung ke otot untuk meningkatkan daya tahan otot. Dalam bahasa biologi, kafein membantu otot membakar lemak untuk dijadikan sumber energi tambahan disamping glikogen (karbohidrat). Untuk mengetahui 'dosis' kafein yang efektif, cobalah ubah berat badan Anda ke dalam ukuran pon, bagi dua dan kalikan tiga. Jadi jika berat badan Anda 200 pon maka 'dosis' kafein yang pas untuk Anda adalah 100 x 3 = 300 miligram.

2. Kafein meningkatkan fokus dan kewaspadaan
Kafein dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Bahkan kafein dikatakan sebagai 'stimulan atau perangsang alami' bagi otak. Kendati asupan kafein dalam ukuran sedang dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan kewaspadaan Anda tapi kafein takkan membuat Anda menjadi semakin pintar serta tak berpengaruh terhadap proses pembelajaran seseorang.

3. Makin sedikit kafein yang dikonsumsi, makin bagus kinerjanya
Cara terbaik untuk mendapatkan efek optimal dari kafein adalah membatasi konsumsinya menjadi sekitar 300 miligram perhari. Konsumsilah sekali dalam sehari saja, terutama pada waktu-waktu dimana Anda perlu kewaspadaan tinggi dan ingin memperoleh efek maksimal dari senyawa tersebut. Bagi kebanyakan orang, waktu yang dimaksud adalah di pagi hari. Terlalu banyak kafein juga ditengarai menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan dengan gejala seperti mudah cemas, susah tidur, bermasalah dengan sistem pencernaan, otot berkedut dan jantung berdebar-debar.

4. Kafein itu tak bikin kecanduan
Tak ada buktinya jika kafein menyebabkan ketergantungan fisik, tak peduli apapun sumbernya (baik itu kopi, teh atau kola). Mungkin Anda bisa kecanduan dengan beberapa makanan yang mengandung kafein tertentu tapi tidak mungkin dengan kafein itu sendiri. Kalaupun muncul efek negatif setelah minum kopi maka yang terjadi adalah sakit kepala sementara yang biasanya berlangsung selama beberapa hari. Untuk menghindari 'sakit kepala akibat kafein' ini, cobalah untuk membatasi konsumsinya secara bertahap. Bisa juga dengan minum kopi tanpa kafein atau mengonsumsi satu cangkir kopi berkafein dan satu cangkir kopi tanpa kafein secara bergiliran. Bahkan kafein biasanya direkomendasikan sebagai salah satu pengobatan untuk penderita sakit kepala. Konon kafein memberikan efek terhadap 'relaksasi' pembuluh darah di dalam otak.

5. Kafein dalam kopi tiga kali lebih banyak daripada teh atau kola
Banyak sedikitnya kandungan kafein dalam minuman tertentu bergantung pada durasi pemanggangan kopinya. Semakin lama dipanggang, biji kopinya semakin hitam dan semakin rendah kandungan kafeinnya, meski rasanya lebih kuat. Berbagai jenis teh juga mengandung kafein dengan jumlah yang berbeda-beda pula. Justru ketika diseduh, teh akan kehilangan banyak kandungan kafeinnya. Kola biasanya lebih terstandarisasi, kecuali untuk beberapa merk tertentu. Aturan utamanya adalah dalam setiap cangkir kopi (medium) harus mengandung kafein maksimal 150 miligram, sedangkan untuk teh 50 miligram dan kola berukuran 12 ons berisi 50-60 miligram kafein. Hati-hati dengan porsinya karena biasanya orang-orang suka meminum ketiganya secara kasual. Yang jelas batasan konsumsi harian dari berbagai sumber kafein adalah 300 miligram perhari.

6. Sensitif terhadap kafein itu 'penyakit' turunan
Sebelum bisa dikonsumsi, kafein harus dipecahkan di dalam tubuh namun hal itu bergantung pada seberapa lama kafein bisa bertahan di dalam tubuh agar bisa dicerna dan dikeluarkan (lewat urin). Masalahnya, proses metabolisme semacam ini juga dipengaruhi oleh faktor genetis dalam keluarga. Artinya, jika orangtua Anda terkena efek yang kuat dari kafein padahal hanya mengonsumsi dalam jumlah kecil misalnya setengah cangkir maka bisa jadi Anda juga memiliki respons yang serupa.

7. Kebanyakan kafein bisa mematikan
Kendati kasus semacam ini sangat jarang terjadi, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat berdampak terhadap kesehatan kardiovaskular dan menyebabkan kematian. Pasalnya, kafein bisa mengganggu sistem saraf, detak jantung dan tekanan darah, apalagi jika Anda rentan maka efek yang diberikan juga akan besar. Namun kondisi ini biasanya terjadi akibat penggunaan pil kafein dan minuman energi berkafein tinggi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Aug 19, 2013 1:40 pm

WASPADAI KADAR KAFEIN DALAM MINUMAN ENERGI
Penulis : Lusia Kus Anna | Selasa, 30 Oktober 2012 | 14:39 WIB
Kompas.com - Untuk membuat tubuh selalu berenergi sebaiknya Anda jangan menggantungkan diri pada minuman energi (sport drink). Menurut penelitian, kandungan kafein dalam minuman energi sesungguhnya lebih tinggi daripada yang tertulis dalam kemasan. Penelitian yang dilakukan oleh lembaga perlindungan konsumen Consumer Report memang hanya meneliti 27 merk minuman energi yang populer di Amerika Serikat. Tetapi tak ada salahnya kita juga waspada. Penelitian tersebut dilakukan dengan menguji level kafein di minuman energi di pasaran. Hasilnya bervariasi antara 6 sampai 242 miligram per sajian. Beberapa minuman bahkan mengandung kafein lebih dari itu. Sebagai perbandingan, secangkir kopi seukuran 8 ons pada umumnya mengandung 100 mg kafein, dan 8 ons minuman soda mengandung 25 mg. Bisa dibayangkan tingginya kadar kafein dalam minuman energi. Hasil penelitian juga mengungkapkan ada beberapa merk minuman yang mengandung kafein 20 persen lebih banyak dari yang disebut dalam label. Tetapi ada juga produk yang tidak secara spesifik menerangkan level kafein dalam kemasannya. Kafein dalam dosis sedang (200-300 mg) sebenarnya tidak berbahaya untuk orang dewasa sehat, tetapi jika dikonsumsi setiap hari kafein dengan dosis lebih dari 500 mg bisa menyebabkan insomnia, debar jantung meningkat, dan tremor otot. Meski begitu efek samping kafein pada tiap orang berbeda-beda. Ibu hamil direkomendasikan untuk membatasi asupan kafeinnya kurang dari 200 mg setiap hari karena jumlah berlebihan bisa meningkatkan risiko keguguran. Para dokter di The American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar anak-anak dibatasi asupan kafeinnya kurang dari 100 mg per hari dan tidak disarankan minum minuman energi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue Aug 20, 2013 1:37 pm

MENGUKUR ASUPAN NORMAL KAFEIN
Anda Nurlaila, Tasya Paramitha Senin, 8 Oktober 2012, 13:56 WIB
VIVAlife - Jika Anda merasa membutuhkan sentakan kafein untuk memulai pagi hari, Anda tidak sendirian. Sekitar empat per lima dari populasi dunia mengonsumsi kopi setiap harinya. Namun, tahukah Anda batasan aman asupan kafein harian Anda? Tahukah seberapa banyak kafein disebut berlebihan? Simak pemaparan berikut mengenai manfaat kafein dan berapa banyak asupan kafein yang aman untuk dikonsumsi setiap hari, seperti dimuat dalam Fitsugar. Kafein memiliki beberapa manfaat, yaitu:

- Memberikan energi dengan cepat dan membantu Anda fokus.

- Membantu Anda berolahraga lebih lama dan lebih maksimal jika mengonsumsinya sebelum berolahraga.
Hal ini karena kafein mampu memblokir sinyal kelelahan pada otot, dan membuat Anda merasa lebih mudah menjalani olahraga cardio dan latihan penguatan.

- Memberikan dorongan sementara dalam metabolisme.
Kafein dalam satu cangkir kopi meningkatkan 15 persen metabolisme dan membakar 15-25 kalori ekstra.

- Mencegah penyakit.
Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat membantu mencegah penyakit Parkinson. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa wanita yang minum dua hingga tiga cangkir kopi berkafein per hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terserang depresi selama masa studi 10 tahun, dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi satu cangkir atau kurang per hari. Wanita yang meminum kopi tanpa kafein tidak menunjukkan penurunan serupa di tingkat depresi.

Namun, mengonsumsi kafein berlebihan memiliki efek negatif terhadap tubuh, antara lain:

- Mengganggu tidur.
Bagi orang-orang yang sensitif terhadap efek kafein, maka dapat mengalami sulit tidur.

- Menyebabkan kecemasan dan kegelisahan.
Jika dikonsumsi dalam batas yang normal, kafein dapat memberikan energi yang cepat. Namun, dapat menyebabkan perasaan cemas ketika dikonsumsi berlebihan.

- Memicu gangguan perut.
Jika terlalu banyak kafein yang dikonsumsi, terutama pada perut kosong, dapat menyebabkan sakit perut dan masalah pencernaan.

- Mengakibatkan sakit kepala dan sulit berkonsentrasi.
Sementara itu, penelitian telah menunjukkan, sedikit kafein sangat membantu untuk fokus dan berkonsentrasi. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kafein justru dapat menyebabkan efek sebaliknya.

- Membuat detak jantung tidak teratur.
Ketika Anda mengonsumsi kafein (seperti di pil diet), maka dapat menyebabkan jantung berdetak sangat kencang atau detak jantung tidak teratur.

Seberapa banyak kafein yang disebut berlebihan?
Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, bagi kebanyakan orang, 200 sampai 300 mikrogram kafein sehari (dua atau tiga cangkir kopi) tidak akan menyebabkan efek negatif. Seperti makanan pada umumnya, asupan kafein yang dianjurkan adalah dalam jumlah moderat. Jika Anda ketergantungan pada kafein pada pagi hari, coba hal-hal berikut ini untuk mengurangi konsumsi Anda:

1. Kurangi asupan kafein setengahnya dengan mencampur kopi decaf dan reguler.
2. Ganti kopi dengan teh decaf dan herbal.
3. Kurangi sumber kafein lainnya seperti soda, cokelat, dan beberapa obat yang mengandung kafein. (art)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Wed Aug 21, 2013 2:09 pm

ALASAN KAFEIN TAK BAIK UNTUK IBU HAMIL
Penulis : Nadia Felicia | Sabtu, 15 Januari 2011 | 22:01 WIB
KOMPAS.com Sebelum hamil, setiap pagi Anda minum kopi atau teh supaya tubuh lebih bersemangat. Tak ada masalah apa pun, tidak pula merasa ada ketergantungan. Anda hanya suka rasanya, kok, bukan adiksinya. Namun, ternyata kandungan kafein dalam teh, kopi, cokelat, minuman ringan (soft drink) serta beberapa obat untuk sakit kepala, flu, dan alergi disarankan untuk dihindari saat hamil. Menurut dr Suririnah dalam bukunya, Buku Pintar Kehamilan dan Persalinan, konsumsi 300 miligram kafein atau lebih dalam sehari oleh ibu hamil bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Memang belum ada penelitian mengenai batasan aman konsumsi kafein selama kehamilan. Namun, saran dari National Institutes of Health, 1993, sebaiknya tidak lebih dari dua gelas per hari dengan kandungan kafein kurang dari 300 mg. Dr Suririnah mengungkapkan pengaruh kafein pada kehamilan, antara lain;

* Memengaruhi pernapasan dan detak jantung bayi dalam kandungan lewat plasenta.
* Meningkatkan detak jantung dan metabolisme ibu hamil.
* Ibu hamil jadi sulit beristirahat.
* Bisa memicu cemas atau stres akibat meningkatnya hormon epinephrine dan norepinephrine.
* Banyak buang air kecil akibat sifat diuretik.
* Membuat cairan asam lambung meningkat dan bikin perih.
* Kehilangan kalsium tubuh.
* Mengandung fenol, membuat tubuh sulit menyerap zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh saat kehamilan.
* Saat hamil, tubuh butuh waktu lebih lama untuk mengeluarkan kafein. Efek kafein akan lebih lama bagi ibu dan janin.

Intinya, karena tidak ada nutrisi apa pun dari kafein saat kehamilan, sebaiknya hindari saja.
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 35 of 37Go to page : Previous  1 ... 19 ... 34, 35, 36, 37  Next
 Similar topics
-
» minuman keras halal di surga
» Kenapa Minuman Keras itu Saya Halalkan dan tidak Berdosa?
» bahaya judi dan minuman keras
» info bermanfaat
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: