Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 18 ... 33, 34, 35, 36, 37  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue Jun 04, 2013 9:52 pm

KAFEIN PADA MINUMAN RINGAN MEMBUAT ANAK TIDAK BISA TIDUR
TRIBUNnews.com – Jum, 1 Jul 2011 22:14 WIB
TRIBUNNEWS.COM - Menurut sebuah penelitian yang dilakukan University of Nebraska Medical Center di Omaha, minuman ringan sarat akan gula, kafein dan mengandung nol gizi. Sayangnya, banyak anak terutama usia sekolah dasar yang gemar sekali mengonsumsi minuman ringan. Sedangkan orangtua tidak bisa mengawasi langaung atau menolak keinginan anak saat merengek memintanya. Kafein dalam minuman ringan inilah yang menyebabkan anak menjadi gelisah saat tidur di malam hari. Bukan semata-mata faktor kelelahan atau terlalu banyak bergerak, seperti yang sering kita dengar. Berikut ada tiga cara orangtua mengurangi konsumsi kafein pada anak.

1. Hindari rumah makan siap saji
Di tempat ini minuman yang ditawarkan sudah pasti ada adalah minuman ringan berkarbonasi. Dengan tidak membawa anak ke restoran siap saji, anak juga semakin sedikit peluangnya.

2. Waspadalah kafein tersembunyi
Kafein tersembunyi ini bisa ditemukan dalam minuman jeruk bersoda. Minuman ini mengandung banyak kafein,tapi Anda tidak alan menyadari darimana rasa itu datang.

3. Tidak semua minuman berkafein berwarna cokelat
Perhatikanlah indikasi ini. Jangan pernah menganggap semua yang mengandung kafein itu berwarna cokelat layaknya kopi atau teh. Minuman bersoda yang dijual di pasaran bahkan bisa mengandung kafein hingga 200 miligram.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Wed Jun 05, 2013 3:43 pm

PERHATIKAN 6 HAL INI SEBELUM MEMBERIKAN MINUMAN BERKAFEIN PADA ANAK
Linda Mayasari - detikHealth Jumat, 01/02/2013 18:38 WIB
Jakarta, Kafein diketahui kaya akan kandungan antioksidan yang merupakan sifat anti kanker dan menyehatkan organ jantung orang dewasa. Akan tetapi apakah konsumsi kafein juga memiliki manfaat yang sama bagi anak-anak, atau malah lebih banyak efek negatifnya? Konsumsi minuman berkafein umumnya aman bagi orang dewasa atau anak-anak, asalkan kadar kafein tersebut tidak terlalu tinggi. Kandungan kafein dalam kopi atau teh masih dalam porsi yang aman, jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedang dan tidak berlebihan. Sedangkan kadar kafein yang tinggi biasanya ditemukan dalam soda atau minuman energi. Kadar kafein yang terlalu tinggi diketahui dapat menyebabkan kecanduan, obesitas, insomnia, dan gangguan pencernaan pada orang dewasa. Seperti dilansir Health, Jumat (1/2/2013), orangtua perlu mengetahui keenam hal tentang kafein dan efeknya terhadap kesehatan anak berikut ini:

1. Tidak memiliki nilai gizi makanan
Kafein tidak mengandung gizi makanan, seperti protein atau lemak, yang tidak akan membantu memenuhi kebutuhan gizi anak. Sebaliknya, kafein mengandung sebuah stimulan psikoaktif yang mempengaruhi zat kimiawi dalam otak. Hal ini dapat mengganggu perkembangan saraf dan dapat menyebabkan kelainan dalam perilaku dan sosialisasi.

2. Kafein dapat menyebabkan ketergantungan fisik
Jika anak Anda telah ketagihan mengonsumsi kafein dan mencoba menghentikan kebiasaan tersebut, anak mungkin akan mengalami gejala penarikan hingga 10 hari. Gejala penarikan kafein tersebut termasuk sakit kepala, mengantuk atau insomnia, lekas marah, lesu, sembelit, atau depresi.

3. Produk minuman berkafein sering mengandung gula dalam jumlah besar
Kafein alami memiliki rasa yang pahit, sehingga kebanyakan produk minuman berkafein ditambahkan dengan gula agar cocok dengan selera anak-anak. Gula juga merupakan sumber kalori yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas. Kombinasi antara kafein dan gula tingkat tinggi juga dapat memicu kecanduan atau ketergantungan melalui jalur yang berbeda.

4. Kafein tidak meningkatkan energi pada anak-anak
Kafein mungkin dapat menjadi pilihan sehat bagi orang dewasa untuk meningkatkan energi, akan tetapi efek tersebut tidak terjadi pada anak-anak. Hal tersebut justru dapat menghambat persepsi kelelahan dengan merangsang gairah dan kewaspadaan otak, yang dapat menyebabkan perilaku anak yang tidak terkontrol seperti mengamuk. Anak belum mampu mengendalikan kondisi di mana tubuh terlalu lelah tetapi otak masih tetap waspada, sehingga hal ini membuatnya frustasi dan mudah marah.

5. Tidak ada ketentuan jumlah kafein yang aman dikonsumsi oleh anak-anak
Menurut American Academy of Pediatrics, minuman energi yang mengandung kafein dalam kadar tinggi, harus benar-benar dihindari oleh anak-anak. Sampai sekarang belum ada ketentuan mengenai kadar kafein yang direkomendasikan aman dikonsumsi oleh anak. Konsumsi kafein dalam kadar rendah atau kurang dari 100 mg per hari kemungkinan aman dikonsumsi oleh anak-anak, tetapi hal ini juga tergantung pada ukuran dan berat badan anak.

6. Kafein dapat memicu insomnia
Minum minuman berenergi yang mengandung kafein tinggi mungkin dapat meningkatkan kewaspadaan anak selama berada di sekolah dan di lapangan olahraga. Akan tetapi, suatu studi menunjukkan bahwa sekitar 90 persen dari siswa sekolah menengah melaporkan mengalami kesulitan tidur di malam hari setelah mengonsumsi minuman berkafein.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Wed Jun 05, 2013 3:47 pm

EFEK KAFEIN PADA ANAK
Penulis : Lusia Kus Anna | Selasa, 5 Februari 2013 | 14:07 WIB
Kompas.com - Kafein merupakan unsur terpenting dalam kopi yang berfungsi sebagai perangsang. Selain pada kopi, kafein juga bisa diperoleh dari minuman lain seperti cola, teh, juga minuman energi. Pengaruh kafein pada sistem saraf pusat antara lain mencegah kantuk, menaikkan daya tangkap pancaindera, mempercepat daya pikir, serta mengurangi rasa lelah dan bosan. Pengaruh kafein pada seseorang sangat tergantung pada tingkat sensitivitasnya. Beberapa orang tidak tahan sama sekali, tetapi ada juga yang sanggup mengonsumsi lebih dari 5 cangkir setiap harinya tanpa keluhan. Pada anak-anak, risiko dari konsumsi kafein bagi kesehatan sangat berbeda. Ada beberapa hal yang perlu diketahui orangtua.

- Kafein tidak memiliki nilai nutrisi.
Karena berpengaruh pada sistem saraf, kafein bisa mengganggu perkembangan saraf yang akan memicu kelainan perilaku dan sosialiasi anak.

- Kafein bisa menyebabkan kecanduan.
Jika anak Anda sering mengonsumsi minuman mengandung kafein waspadai gejala ketagihan seperti, seperti susah tidur atau banyak tidur, sakit kepala, mudah marah, dan sembelit.

- Minuman berkafein umumnya mengandung banyak gula karena kafein aslinya berasa pahit.
Kelebihan konsumsi gula bisa menyebabkan obesitas.

- Berbeda dengan orang dewasa, kafein tidak meningkatkan level energi pada anak-anak.
Zat ini akan mengubah persepsi lelah dengan merangsang otak sehingga anak cenderung lebih agresif.

- Tidak ada level aman konsumsi kafein untuk anak.
Malah, minuman energi seharusnya dilarang dikonsumsi anak. Konsumsi minuman berkafein 150-250 mg sehari dianggap aman untuk anak praremaja.

- Kafein bisa memicu insomnia.
Banyak remaja yang menilai minuman berkafein akan meningkatkan energi mereka. Padahal, kafein justru menyebabkan kelelahan karena mereka menderita insomnia.

- Jumlah anak dan remaja yang dirawat di rumah sakit akibat kelebihan konsumsi minuman energi terus meningkat di Amerika.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sat Jun 08, 2013 6:12 am

KAFEIN MINUMAN SODA LEBIH AMAN DARIPADA KOPI DAN TEH
Mona Indriyani, Stella Maris Jum'at, 15 Februari 2013, 11:32 WIB
VIVAlife - Membahas minuman kopi dan teh tak lepas dari kata kafein. Meski dapat merangsang stimulan saraf dalam peningkatan kerja dan aktivitas, kafein juga dinilai negatif dalam dunia medis. Kafein yang berlebih dalam tubuh dapat berkontribusi pada kesehatan jantung. Begitu juga dengan minuman berkarbonasi. Jika dilihat dari kadar kafein, banyak orang beranggapan minuman karbonasi lebih 'jahat' dibandingkan kopi dan teh. Namun faktanya, justru kebalikannya. Minuman bergelembung memiliki kandungan kafein lebih rendah. Seorang Ahli Gizi dan Pakar Teknologi Pangan, Made Atawan menjelaskan, jika dibandingkan dengan volume yang sama, kafein pada minuman soda adalah setengah dari teh. Sedangkan untuk kopi, minuman soda seperempat lebih rendah. Inilah yang menjadi alasan mengapa para atlet banyak mengkonsumsi minuman soda saat pertandingan. Minuman yang dikenal dengan efek menyegarkan itu, dipercaya dapat mengembalikan kalori dan energi yang telah habis. "Bisa dibilang ini adalah minuman pendongkrak stamina saat energi menurun," kata mantan atlet renang olimpik asal Indonesia, Richard Sambera saat ditemui di kawasan Sudirman. Made menambahkan, menumpas dehidrasi tak harus melulu dengan air putih. Pasalnya, sebanyak 80 persen dapat diambil dari cairan atau air, seperti minuman soda dan sisanya 20 persen dari makanan. Satu lagi anggapan salah tentang kafein. Banyak orang menilai kafein mengakibatkan rasa nyeri di lambung. Faktanya, menurut sebuah penelitian di 2010, minuman dengan kafein baik berkarbonasi atau tidak, tak berpengaruh pada naiknya asam lambung ke kerongkongan, yang mengakibatkan rasa mual. (eh)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jun 10, 2013 9:06 pm

KAFEIN BANTU BAKAR KALORI LEBIH BANYAK
Penulis : Lusia Kus Anna | Jumat, 30 November 2012 | 16:20 WIB
Kompas.com- Cara utama untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak tentunya adalah dengan berolahraga. Tetapi ada hal lain yang bisa membantu Anda, salah satunya adalah kafein. Kafein adalah stimulan, dan stimulan cenderung meningkatkan kalori yang dibakar. Selain itu konsumsi kafein juga akan meningkatkan pasokan energi sehingga kita jadi lebih banyak bergerak. Kafein juga menyebabkan perubahan metabolik di tubuh yang memicu pembakaran kalori. "Penelitian lampau juga menunjukkan 250 miligram kafein yang dikonsumsi dengan makanan akan meningkatkan kalori yang dimetabolisme sampai 10 persen," kata Jamie Pope, pengajar bidang nutrisi dari Vanderbilt University School of Nursing. Meski jumlahnya tampak kecil, tetapi jika dilakukan terus efeknya bisa lumayan. Misalnya saja 75 kalori setiap hari dalam sebulan berarti lebih dari 2.100 kalori. Manfaat pembakar kalori itu sebaiknya didapatkan dari sumber yang baik seperti teh hijau atau teh hitam yang kandungan lainnya melebihi efek buruk dari kafein. Sebuah penelitian menunjukkan polifenol yang terdapat dalam teh hijau memiliki kandungan pembakar kalori lebih tinggi daripada yang bisa dilakukan kafein. Selain itu teh juga mengandung zat-zat yang akan menghambat penyerapan karbohidrat. Dengan sederet manfaat tersebut, tentu lebih bijak jika kita memilih teh untuk membantu meningkatkan pembakaran kalori ketimbang minuman lain.


Last edited by gitahafas on Thu Jun 27, 2013 2:03 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Thu Jun 13, 2013 10:43 pm

KONSUMSI KAFEIN PERPANJANG MASA KEHAMILAN?
Niken Anggun Nurani - Okezone RABU, 20 FEBRUARI 2013 10:39 wib
GIZI ibu pada saat kehamilan penting untuk embrio yang berkembang di perut serta kesehatan calon anak di kemudian hari. Melengkapi diet dengan vitamin dapat meningkatkan kesehatan janin. Namun, ibu hamil juga harus waspada terhadap asupan makanan yang bisa menggangu kesehatan janin. Pasalnya, tidak semua yang dikonsumsi orang dewasa mungkin bermanfaat bagi bayi yang sedang berkembang. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kafein dikaitkan dengan bayi dengan berat lahir rendah serta kafein dari kopi dikaitkan dengan peningkatan panjangnya waktu kehamilan, demikian yang dilansir Health24. Seiring dengan nutrisi dan oksigen yang ada dalam tubuh, kafein bebas melewati penghalang plasenta. WHO saat ini menunjukkan batasan kafein bagi ibu hamil sekira 300mg per hari selama kehamilan, tetapi beberapa negara merekomendasikan batas 200mg dimana setara kurang dari satu cangkir kopi. Untuk menyelidiki dampak kafein selama kehamilan ibu pada bayi, sebuah tim peneliti dari Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia menggunakan informasi tentang diet ibu dan rincian kelahiran yang dikumpulkan lebih dari sepuluh tahun. Semua sumber kafein dipantau dalam penelitian ini, seperti dari kopi, teh, minuman bersoda, serta makanan yang mengandung kakao termasuk kue dan coklat. Dr Verena Sengpiel, dari Sahlgrenska University Hospital, Swedia, yang memimpin penelitian ini mengatakan, "Meskipun konsumsi kafein sangat berkorelasi dengan merokok yang diketahui meningkatkan risiko untuk kelahiran prematur dan bayi dengan berat badan rendah untuk saat kelahiran, dalam studi ini kami tidak menemukan hubungan antara kafein, baik total atau kafein dalam kopi dan kelahiran premature. Tetapi kami menemukan hubungan antara kafein dan berat badan bayi.” Bahkan mereka menemukan bahwa kafein dari semua sumber mengurangi berat badan bayi saat lahir. Untuk berat anak rata-rata yang diharapkan ialah 3.6 kg. Sementara mengonsumsi kafein 100mg per hari akan menghilangkan 21-28 gram berat badan bayi. Tapi itu bukan hanya kafein, tetapi sumber kafein yang memengaruhi hasil kehamilan dimana kafein dari semua sumber akan meningkatkan waktu kehamilan menjadi lebih panjang. Bahkan, waktu kehamilan kehamilan bisa bertambah 8 jam lebih lama untuk setiap konsumsi kafein 100mg per hari. (ind)


Last edited by gitahafas on Thu Jun 27, 2013 2:05 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue Jun 18, 2013 9:33 pm

KAFEIN BIKIN KECANDUAN?
Penulis : Lusia Kus Anna | Rabu, 23 Maret 2011 | 17:27 WIB
Kompas.com — Memulai hari dengan secangkir kopi atau teh bagi banyak orang bagaikan sebuah rutinitas penting. Meneguk minuman kafein memang bisa menyegarkan tubuh dan membantu kita menghadapi bermacam persoalan di tempat kerja. Tetapi apakah kafein bisa digolongkan sebagai zat adiktif? Para pakar menggolongkan kafein sebagai zat yang aman. Memang ia bersifat stimulan atau merangsang sistem saraf pusat. Namun, tidak seperti stimulan lainnya, seperti nikotin, kafein tidak akan menimbulkan rasa kecanduan jika dikonsumsi secukupnya. Takaran kafein yang normal adalah sekitar 200 miligram per hari. Jumlah itu kira-kira setara dengan dua mangkuk kopi ukuran 150 gram atau empat kaleng minuman cola, tiga cangkir teh atau satu setengah kilogram cokelat susu. Ini biasanya tidak akan mengundang masalah. Beberapa penelitian juga mengaitkan konsumsi kafein dengan penurunan risiko diabetes, parkinson, dan penyakit liver. Meskipun demikian, dokter tidak menganjurkan Anda untuk mengonsumsi kafein sebagai cara mengurangi risiko penyakit.


Last edited by gitahafas on Thu Jun 27, 2013 2:08 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Thu Jun 20, 2013 4:10 pm

MINUMAN KHUSUS PRIA, BENARKAH BERKHASIAT?
Thursday, 20 June 2013, 02:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Iklan minuman suplemen yang mengiming-imingi mampu membangkitkan vitalitas pria berseliweran. Namun, apa sebenarnya kelebihannya dibandingkan dengan produk-produk lain yang sudah ada? ''Oh, itu cuma minuman suplemen kesehatan biasa,'' ungkap dr. Boyke Dian Nugraha, seksolog. ''Kalaupun ada bedanya, pasti tidak banyak, mungkin hanya dalam beberapa komposisinya saja yang ditambah atau diperbanyak untuk mendapatkan efek yang lebih kuat,'' tambahnya. Semakin banyak bermunculannya berbagai minuman yang mengklaim sebagai minuman khusus pria, untuk menambah stamina yang seringkali dikaitkan dengan aktifitas seksual. 'Untuk menambah vitalitas' mungkin itulah alasannya. Meski begitu, dokter yang akrab dengan anak muda ini, mengatakan tidak apa-apa meminum minuman-minuman suplemen tersebut untuk sekadar mempertahankan kebugaran. ''Menurut saya nggak masalah mengkonsumsi minuman seperti itu, karena banyak yang mengandung zat-zat yang sudah dibuktikan secara ilmiah baik untuk stamina tubuh. Nggak masalah kok,'' tutur dr. Boyke. Hanya saja, sambungnya, minuman seperti itu sama sekali tidak bisa disamakan dengan obat. ''Komposisi obat berbeda,'' ujar dokter yang biasa berpraktek di Klinik Pasutri itu. Iapun menegaskan suplemen itu bukan obat.  Lain kata, ia tidak ingin menyamakan minuman-minuman semacam itu dengan Viagra, yang sempat populer lantaran dianggap mampu menambah atau bahkan mengobati 'kejantanan'. ''Viagra itu memang untuk pengobatan jadi harus dengan resep dokter tidak untuk di jual bebas. Viagra itu ada efek sampingnya tidak bisa sembarangan diminum, berbeda dengan minuman suplemen lainnya yang hanya berfungsi sebagai penambah tenaga, bukan untuk pengobatan,'' urai dr Boyke. ''Kalau ada pria yang menderita impotensi lalu bisa sembuh setelah minum-minuman suplemen tersebut, itu mungkin hanya karena faktor sugesti, kan biasanya orang kalau sudah minum atau makan sesuatu yang katanya berkhasiat rasa percaya dirinya jadi meningkat,'' jelasnya. Perihal efek sampingnya jenis minuman tersebut memang bisa dikatakan sangat kecil. Dikonsumsi setiap hari atau seminggu sekali tak masalah selama masih mengikuti aturan pakai di labelnya. Ia hanya menyarankan bagi yang punya penyakit jantung dan ginjal sebaiknya sebisa mungkin dihindari mengkonsumsinya. 
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Mon Jul 01, 2013 4:34 pm

KAFEIN SEBABKAN VOLUME PAYUDARA MENYUSUT
Mona Indriyani Rabu, 17 April 2013, 05:39 WIB
VIVAlife - Kopi ternyata tak hanya musuh jantung, tapi juga kaum hawa. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Lund Swedia percaya bahwa perempuan, yang secara teratur minum kopi dan makanan yang mengandung kafein, memiliki risiko kehilangan volume payudara. Hasil ini diperoleh dari eksperimen yang dilakukan pada 300 wanita. Di mana sebagian wanita mengkonsumsi kopi secara teratur, dan sisanya sama sekali tidak meminum kopi sama sekali. Hasilnya, para wanita yang mengkonsumsi kopi tiga cangkir sehari, kehilangan hampir 18 persen ukuran volume payudaranya. Para ilmuwan percaya, kondisi ini menjadi alasan bahwa beberapa gen telah bermutasi. Melansir Genius beauty, gen yang berinteraksi dengan minuman (kopi) akan mengarah pada perubahan payudara. Dan gen yang bermutasi di payudara, banyak ditemukan pada lima puluh persen wanita yang mengkonsumsi kopi. Reaksi ini hanya terjadi pada kefein. Untuk alasan tersebut, para ilmuwan menyarankan para wanita untuk menjaga payudara dengan mengurangi konsumsi kafein.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Tue Jul 02, 2013 2:21 pm

4 CANGKIR CAFEIN SEHARI TURUNKAN TEKANAN DARAH
SELASA, 02 JULI 2013 | 11:03 WIB
TEMPO.CO, Paris – Minum empat cangkir kopi atau teh ternyata lebih baik daripada tidak minum sama sekali. Sebuah studi menemukan bahwa pecinta kopi dan teh ternyata memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak pernah mengkonsumsinya. Selama ini, mengkonsumsi kafein baik dalam teh maupun kopi, dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, temuan dari Preventive and Clinical Investigations Centre di Paris memiliki pendapat yang bertentangan dengan hal itu. “Konsumsi kafein sebanyak empat cangkir per hari justru dapat mengurangi tekanan darah,” tulis Daily Mail, Senin, 1 Juli 2013. Dalam survei ini, peneliti memantau tekanan darah pria dan wanita berusia 16-95 tahun selama 10 tahun terakhir. Peneliti membagi mereka dalam tiga kategori, yakni responden yang tidak mengkonsumsi kafein, responden yang mengkonsumsi kafein antara 1-4 cangkir sehari, dan responden yang mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir sehari. Hasilnya, peminum 1-4 cangkir kafein sehari ternyata memiliki tekanan nadi, denyut jantung, dan tekanan darah terendah. Sementara, peminum lebih dari 4 cangkir kafein sehari memiliki tekanan darah yang sedikit lebih tinggi. Dan yang mengejutkan adalah hasil yang menunjukkan bahwa responden yang sama sekali tidak mengkonsumsi kafein justru memiliki tekanan darah tertinggi. Dr. Bruno Pannier, yang mempresentasikan temuannya ini pada European Society of Hypertension di Milan, mengatakan ada kemungkinan bahwa flavonoid dalam teh dapat membantu pembuluh darah menjadi rileks sehingga mengurangi tekanan darah. “Senyawa vasorelaxing ini berperan penting dalam menurunkan tekanan darah,” tuturnya. Kafein, telah menjadi perdebatan panjang para ahli kesehatan. Beberapa berpendapat bahwa kafein dapat menaikkan tekanan darah yang akan berujung pada masalah jantung dan stroke. Sementara ahli lain, termasuk temuan ini, menentang anggapan tersebut. Mereka mengklaim bahwa kafein justru bisa menurunkan tekanan darah. Meskipun studi ini tidak membuktikan bahwa kopi dan teh adalah penyebab tekanan darah rendah, para ahli sependapat, bahwa konsumsi kafein harus dihindari oleh penderita hipertensi.
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 34 of 37Go to page : Previous  1 ... 18 ... 33, 34, 35, 36, 37  Next
 Similar topics
-
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: