Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 20 ... 37  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:56 pm

MENGAPA MINUMAN SODA WAJIB DIHINDARI
Minggu, 18 April 2010, 13:51 WIB Irina Damayanti, Lutfi Dwi Puji Astuti
VIVAnews - Minuman bersoda memang menjadi minuman favorit banyak orang. Siapapun pasti akan sulit untuk menghindari minuman ini. Namun, banyak orang bertanya-tanya, apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan hidup sehat dan umur yang panjang, jawaban yang tepat adalah, berhenti minum
soda dan perbanyak minum air putih.

Seperti dikutip dari laman shineyahoo.com, beberapa blog diet menyatakan 8 alasan mengapa Anda harus segera menghentikan kebiasaan minum air soda terlalu banyak, berikut alasannya :
1. Soda menyebabkan risiko tinggi penyebab osteoporosis
2. Soda bisa mengakibatkan batu ginjal
3. Soda bisa menyebabkan orang ketagihan
4. Soda adalah limbah ratusan dollar setiap tahun
5. Bisa menyebabkan gigi rusak dan membusuk
6. Studi terakhir telah menunjukkan bahwa diet soda dapat menyebabkan Anda mengalami kelaparan palsu
7. Soda mungkin mengandung kotoran, karena diolah dari air yang tidak layak konsumsi
8. Soda bisa menyebabkan Anda kekurangan kalsium

Tak hanya itu, air soda terlalu banyak mengandung gula, sehingga berisiko buruk untuk kesehatan Anda, terutama sebagai penyebab diabetes.
Jika Anda sulit menghentikan kebiasaan mengonsumsi soda, coba secara perlahan ganti dengan minuman yang diolah dari bahan alami seperti jus, atau lebih baik ganti dengan mengonsumsi air mineral yang sehat. Atau ganti minuman Anda dengan air jeruk.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:45 pm; edited 9 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:59 pm

10 EFEK BURUK MINUMAN BERSODA
Minggu, 29 Agustus 2010, 17:41 WIB Irina Damayanti, Anda Nurlaila
VIVAnews - Ketika merasa haus, banyak di antara kita melepas dahaga dengan sebotol soda dingin. Apalagi saat ramadan, soda dingin ketika berbuka puasa terasa sangat menyegarkan tenggorokan yang kering. Rayuan iklan pun acapkali membuat kita tergiur dengan minuman berkarbonasi itu. Tapi tahukah Anda, bahwa soda adalah salah satu minuman terburuk selain alkohol? Anda bisa terkena candu kafein dalam soda. Belum lagi kandungan gulanya yang sangat tinggi. Kenali 10 efek berbahaya minuman bersoda bagi tubuh seperti dikutip dari Method of Healing.

1. Menaikkan berat badan
Minum satu kaleng soda tiap hari dalam sebulan akan menaikkan berat badan sebanyak setengah kilogram.

2. Tidak ada nilai gizi dalam soda
Saat kehausan atau setelah berpuasa, tubuh membutuhkan cairan yang bernutrisi. Sedangkan soda tak memiliki nilai gizi di dalamnya. Minuman ini hanya akan menjadi 'limbah' dalam tubuh.

3. Meningkatkan risiko diabetes
Tingginya kadar gula dalam soda mampu meningkatkan risiko Anda terkena diabetes.

4. Soda dapat menyebabkan osteoporosis
Bila meminum soda dengan kandungan kalsium rendah, Anda bisa terkena keropos tulang atau osteoporosis.

5. Soda bisa merusak gigi
Kandungan senyawa soda mampu mengikis dan merusak lapisan enamel gigi. Sehingga gigi jadi mudah berlubang dan rusak.

6. Soda berefek terhadap kerusakan ginjal
Orang yang gemar minum soda berisiko lebih besar terkena batu ginjal serta kerusakan pada ginjal.

7. Memicu penyakit maag
Soda menjadikan peminumnya berpeluang lebih besar terkena dan memperparah penyakit maag.

8. Soda menimbulkan dehidrasi
Kadar kafein dan gula dalam soda dapat menyebabkan tubuh dehidrasi.

9. Soda mengacaukan sistem pencernaan
Ketahuilah, asam dalam soda tidak bereaksi dengan baik dalam sistem pencernaan.

10. Diet soda berbahaya
Soda diet mengandung pemanis buatan aspartam yang diakitkan dengan beberapa gangguan seperti fenilketonuria.

Alternatif Sehat Pengganti Soda?
Lantas apa yang bisa membantu Anda untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap soda? Jika menilik nilai gizinya, jus merupakan pilihan minuman terbaik. Sedangkan air putih merupakan minuman terbaik agar tubuh tetap terhidrasi. Satu hingga dua gelas jus buah setiap hari, ditambah enam gelas air putih serta minuman yang diperkaya kalsium adalah paduan terbaik untuk kesehatan. (adi)


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:45 pm; edited 7 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:00 pm

5 ALASAN HARUS TENDANG KEBIASAAN MINUM SODA
Vera Farah Bararah - detikHealth Rabu, 14/03/2012 10:33 WIB
Jakarta - Minuman soda memang terasa segar jika dikonsumsi saat udara panas. Tapi beberapa orang memiliki kebiasaan minum soda yang bahkan hampir tiap hari. Sebaiknya hentikan kebiasaan ini, karena ada akibat yang bisa ditimbulkan. Sebagian besar orang tahu bahwa minuman soda tidak baik untuk kesehatan karena ia sama sekali tidak memiliki nilai gizi. Tapi banyak orang yang sulit menghentikan kebiasaannya minum soda. Berikut ini 5 hal yang bisa menjadi alasan seseorang untuk menendang kebiasaannya minum soda, seperti dikutip dari MSNBC, Rabu (14/3/2012) yaitu:

1. Mempercepat penuaan
Semua minuman soda baik yang diet atau regular mengandung fosfat atau asam fosfat, karena senyawa ini bisa memberikan rasa tajam pada minuman cola. Tapi jika seseorang terlalu banyak konsumsi asam fosfat bisa menyebabkan masalah jantung, ginjal, kehilangan otot, osteoporosis dan mempercepat penuaan. Studi yang diterbitkan FASEB Journal menemukan beberapa produsen soda telah meningkatkan kadar asam fosdat dalam produknya selama beberapa dekade terakhir.

2. Penyebab kanker
Pewarna karamel dalam soda yaitu 2-methylimidazole dan 4-methylimidazole telah diketahui menyebabkan kanker pada hewan, karena itu bahan ini diduga juga bisa membahayakan kesehatan manusia. Berdasarkan daftar proporsi yang ketat di California diketahui 16 mikrogram 4-methylimidazole sudah bisa menimbulkan ancaman kanker, sedangkan pada minuman soda bisa terkandung hingga 200 mikrogram per 0,6 liter soda.

3. Kegemukan dan memicu diabetes
Orang yang sering mengonsumsi minuman soda akan memiliki kenaikan berat badan yang signifikan, diperkirakan sekitar 10 Kg dalam 4 tahun. Kegemukan yang terjadi tentu saja menyebabkan peningkatan risiko diaebtes. Terlebih orang yang gemuk cenderung menjadi tidak aktif dan memiliki gaya hidup tidak sehat lainnya yang bisa berkontribusi besar terhadap munculnya diabetes.

4. Racun dari kaleng soda
Hampir semua kaleng soda alumunium dilapisi oleh resin epoxy yang disebut bisphenol A (BPA) yang berfungsi menjaga asam dalam soda agar tidak bereaksi dengan logam. BPA diketahui bisa mengganggu hormon, menyebabkan obesitas dan beberapa bentuk kanker reproduksi.

5. Polusi air
Pemanis buatan yang digunakan dalam minuman soda diet tidak larut atau termetabolisme dalam tubuh dan juga di air limbah. Ilmuwan Swiss menemukan Acesulfame K, Sukrosa dan Sakarin dalam sungai dan danau di Swiss. Studi terakhir menemukan sukrosa bisa mengganggu kebiasaan makan beberapa organisme.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:46 pm; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:00 pm

4 KEJAHATAN SODA BAGI KESEHATAN MANUSIA
Minggu, 22 Juli 2012 10:15 WIB Penulis : Prita Daneswari - Media Indonesia
DI Amerika, rata-rata warganya mengonsumsi 45 galon soda setiap tahun. Jumlah itu cukup untuk mengisi kolam renang anak-anak. Minum soda merupakan kebiasaan yang berasal dari Amerika dan perlahan-lahan tapi pasti menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak mengapa sesekali Anda mencoba minum soda, asal tidak berlebihan. Kandungan gula dalam soda bisa sangat membahayakan kesehatan. Menurut penelitian, minum soda sudah terbukti menyebabkan epidemi obesitas di Amerika. Berikut empat hal paling merugikan bila meminum soda:

1. Soda tidak hanya menggemukkan tubuh, tapi juga organ Anda
Para peneliti dari Denmark melakukan penelitian dan menemukan bahwa minum soda nondiet meningkatkan kadar lemak dan itu bisa dilacak di dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian, peserta diminta untuk minum soda, susu, diet cola, atau air putih setiap hari selama enam bulan. Setelah enam bulan, hasilnya menunjukkan bahwa orang yang minum soda mengalami peningkatan dramatis dalam lemak tersembunyi yang berbahaya (hati dan lemak tulang). Tingkat kolesterol juga meningkat sebesar 11 persen jika dibandingkan dengan kelompok lain. Menurut penelitian, minum diet soda juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Semua varietas soda mengandung pemanis dan pewarna makanan. Bahan-bahannya terkait dengan hiperaktif dan kerusakan sel otak. Orang yang secara teratur minum soda memiliki risiko lebih besar terkena diabetes.

2. Salah satu unsur yang ditemukan dalam soda adalah flame retardant
Flame retardant terbuat dari bahan kimia dan digunakan dalam termoset, termoplastik, tekstil, pelapisan, dan beberapa minuman soda yang Anda suka minum. Flame retardant terdaftar sebagai BVO, bahan ini dapat menyebabkan keracunan bromida yang menyebabkan hilangnya memori, gangguan syaraf, dan lesi kulit.

3. Minum soda terlalu banyak akan mengubah Anda menjadi tikus laboratorium
Sirup jagung digunakan untuk mempermanis banyak merek soda Amerika. Bahan buatan manusia ini berbahaya karena berasal dari jagung rekayasa genetik. Karena telah kurang dari satu dekade sejak rekayasa genetika ditemukan, kita tidak tahu apa efek jangka panjang yang akan terjadi pada manusia. Penelitian baru mendukung bahwa rekayasa genetik menyebabkan peningkatan proses penuaan, kerusakan saluran pencernaan, dan infertilitas.

4. Minum soda menyebabkan pengeroposan tulang dan kerusakan gigi
Sebuah metaanalisis dari sekitar 90 studi menunjukkan bahwa banyak orang yang hobi minum soda berhenti mengonsumsi susu. Penurunan konsumsi susu bukanlah tanda yang baik. Tahun 1950-an, untuk setiap satu gelas minuman bergula, seorang anak harus mengimbanginya dengan minum 3 cangkir susu. Sekarang justru sebaliknya. Akibatnya, 44 juta orang Amerika kini didiagnosis menderita osteoporosis. Minum soda terlalu banyak juga tidak baik untuk gigi. Konsentrasi glukosa, sukrosa, fruktosa, dan gula yang tinggi menyebabkan pembusukan gigi.

Singkatnya, minum soda berbahaya untuk kesehatan Anda! Hal yang menakutkan adalah bahwa minuman bersoda bisa ditemukan dalam berbagai jenis dan merek. Jadi, ada banyak minuman kemasan lain yang mengandung gula dan kalori yang tidak baik untuk Anda. Berhenti sebelum Anda menyesal! (Quickeasyfit.com/Pri/OL-06)


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:46 pm; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:01 pm

KENAPA MINUM SODA BIKIN GEMUK?
Merry Wahyuningsih - detikHealth Sabtu, 19/03/2011 12:05 WIB
Jakarta, Banyak dokter dan kalangan medis mengingatkan bahwa minum minuman bersoda atau soft drink bisa menaikkan berat badan dan membuat orang gemuk. Mengapa demikian? Minum soda sesekali saja memang tidak masalah, namun yang terjadi efek kecanduan pada soda membuat orang ketagihan meminumnya hingga akhirnya dampak buruk yang didapatkan. Orang yang sudah kecanduan hampir tiap hari minum soda bahkan sehari bisa beberapa kali. Hal ini karena soda mengandung kadar gula yang tinggi. Gula membuat orang merasa baik karena secara instan memberi energi dan membuat tubuh melepaskan serotonin (neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati sehingga membuat orang merasa bahagia). Itulah mengapa minum soda membuat orang kecanduan, seperti dilansir Healthmad, Sabtu (19/3/2011). Jadi tidak heran jika kebanyakan penyuka soda akan mengalami kenaikan berat badan dan cenderung obesitas (kegemukan). Peneliti di University of Texas menemukan bahwa soda meningkatkan risiko obesitas rata-rata 32,8 persen, sedangkan diet coke (soda bebas gula) justru meningkatkan risiko hingga 54,5. Maka soda bebas gula tak selalu sehat. Sebagian besar minuman soda mengandung 250 kalori per 600 ml. Tak ada kandungan nutrisi atau mineral di dalamnya, melainkan hanya gula dan kafein. Selain itu, minuman bersoda sendiri telah memainkan peran terhadap perkembangan hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan hiperinsulemia (kadar insulin dalam darah melebihi jumlah normal).

Insulin ini dihasilkan oleh pankreas untuk membantu mengatur kadar gula darah. Kandungan gula yang tinggi dalam minuman soda mempengaruhi kadar insulin, sehingga orang yang suka minum soda juga memiliki risiko tinggi menderita diabetes tipe 2 (karena gaya hidup). Tak hanya meningkatkan gula darah dan menyebabkan kegemukan, orang yang suka minum soda juga lebih berisiko mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang terutama saat usianya semakin bertambah tua. Meskipun hampir sebagian besar orang sudah tahu, tapi banyak yang belum menyadari. Mengonsumsi minuman soda bisa mempercepat datangnya suatu penyakit. Kandungan asam fosfor dalam minuman soda yang menimbulkan sensasi kesegaran atau gelembung-gelembung udara ternyata dapat mengerogoti tulang. Jika minuman soda terus menerus dikonsumsi, maka semakin lama tulang akan makin rapuh dan berbentuk seperti pori-pori yang bolong-bolong. Selain bisa membuat tulang menjadi rapuh, konsumsi minuman soda juga dapat melemahkan otot serta tulang. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian yang dilaporkan dalam International Journal of Clinical Practice. Minuman soda yang dikonsumsi secara terus menerus juga bisa menimbulkan risiko kesehatan lain seperti merusak gigi akibat kandungan asam fosfor dan gula, memberikan efek dari kafein yang dikandung seperti insomnia, tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak beraturan.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:47 pm; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:01 pm

JIKA SERING MINUM SODA
Vera Farah Bararah - detikHealth Sabtu, 11/08/2012 12:21 WIB
Jakarta, Bisa dibilang hampir semua orang suka minum soda karena rasanya yang menyegarkan. Tapi jika Anda termasuk orang yang sering minum soda, maka waspadai bagian-bagian tubuh berikut ini. Laporan terbaru dari ilmuwan di Bangor University menunjukkan terlalu sering minum soda bisa mengubah cara kerja metabolisme tubuh sehingga berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu penyakit lain seperti jantung, gagal hati atau hipertensi juga mengintai. "Jika tahu apa yang dilakukan soft drink terhadap tubuh kita, maka Anda akan berpikir mungkin air putih bisa menjadi pilihan yang lebih baik," ujar pemimpin studi Dr Hans Peter Kubis, seperti dikutip dari The Sun, Sabtu (11/8/2012). Berikut ini bagian-bagian tubuh yang bisa menerima efek buruk dari minum soda, yaitu:

1. Kulit
Konsumsi minuman soda terlalu banyak bisa membuat seseorang terlihat lebih tua sebelum waktunya. Studi Harvard University pada tahun 2010 menemukan mineral fosfat dalam minuman soda bisa memprcepat proses penuaan pada tikus. Meski belum ada bukti langsung pada manusia, tapi para ahli menyarankan untuk menghindari toksisitas fosfat ini.

2. Tulang
Penelitian dari Tufts University di Amerika Serikat menemukan terlalu sering konsumsi minuman soda bisa meningkatkan risiko osteoporosis. Asam fosfat yang ada dalam minuman soda bisa mengganggu keseimbangan kalsium yang penting untuk membangun tulang yang kuat.

3. Jari kaki
University of British Columbia menemukan sekitar 85 persen kondisi jari kaki yang menyakitkan lebih sering terjadi pada laki-laki yang sering minum soda. Kandungan gula fruktosa yang ada dalam minuman soda meningkatkan kadar asam urat dalam darah yang menjadi pemicu utama asam urat.

4. Otak
Terlalu sering mengonsumsi minuman soda bisa mempengaruhi senyawa kimia yang dihasilkan di otak sehingga berdampak pada perilaku seseorang. Penelitian di Amerika Serikat menemukan remaja laki-laki cenderung lebih agresif dan terlihat dalam kekerasan.

5. Gigi
Studi dalam Journal British Dental menemukan konsumsi 4 kaleng soda sehari bisa meningkatkan bahaya erosi gigi, bahkan pada minuman soda diet. Penyebabnya adalah asam sitrat yang menyebabkan rasa sakit dan gigi jadi sensitif.

6. Jantung
Para ahli dari University of Miami mengungkapkan orang yang minum 1 kaleng soda sehari itu 61 persen lebih mungkin memiliki masalah kardiovaskular, karenanya itu ia berisiko lebih tinggi mengalami serangan jantung dan stroke.

7. Paru-paru
Peneliti dari University of Adelaide menuturkan minuman bersoda kemungkinan mempengaruhi paru-paru dengan meningkatkan risiko terkena asma dan penyakit paru obstruktif kronik (kondisi paru-paru yang tidak dapat disembuhkan).

8. Pankreas
Konsumsi 2 kaleng soda perhari bisa membuat seseorang memiliki risiko 2 kali lipat terkena kanker pankreas, yaitu salah satu jenis kanker sulit disembuhkan. Pankreas berfungsi mengeluarkan insulin yang membantu sel otot membakar gula untuk menghasilkan bahan bakar.

9. Rahim
Minuman manis bisa meningkatkan risiko terkena pre-eklampsia, ibu hamil memiliki risiko 27 persen terkena kondisi ini jika ia minum soda setiap hari. Pre-eklampsia terjadi ketika pembuluh darah di plasenta tidak berkembang dengan baik sehingga mengurangi asupan oksigen dan transfer nutrisi ke bayi.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:50 pm; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:02 pm

SODA PICU OSTEOPOROSIS
Kamis, 03 Desember 2009 10:46 WIB Media Indonesia - Penulis : Ikarowina Tarigan
ADA baiknya Anda mulai membatasi minuman bersoda. Pasalnya, kandungan berbagai zat tambahan di dalamnya, termasuk penambah rasa, zat pewarna, zat tambahan asam, agen pembentuk busa, serta zat pengawet di dalamnya tidak baik bagi kesehatan. Minum sekaleng soda saja sehari dinyatakan bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik hingga 48 persen. Sindrom metabolik merupakan serangkaian faktor risiko penyakit jantung dan diabetes. Berikut beberapa efek negatif lain dari soda:

Picu osteoporosis.
Saat minum soda, gigi dan tulang akan melepaskan kalsium ke aliran darah untuk membantu menyeimbangkan asam fosfor yang dikandung soda. Selanjutnya, asam fosfor ini akan dikeluarkan dari dalam tubuh bersamaan dengan kalsium yang telah dilepaskan tulang dan gigi. Proses ini akan terus berlangsung setiap kali Anda minum soda, sehingga merampas persediaan kalsium tubuh dan memicu osteoporosis. Selain itu, kandungan gula dan asam dalam minuman ringan sangat mudah merusak lapisan email gigi. Asam fosfor juga dikenal bisa menetralkan asam hidroklorik di lambung. Hal ini sangat merugikan karena tubuh memerlukan asam hidroklorik untuk membantu mencerna makanan dan penyerapan nutrisi.

Tingkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.
Soda, bahkan soda diet sekali pun, berisiko memicu penyakit jantung dan diabetes. Orang dewasa yang minum satu minuman soda atau lebih sehari berisiko 50% lebih besar mengalami sindrom metabolik (serangkaian faktor risiko, seperti kelebihan lemak di area pinggang, kadar kolesterol baih HDL rendah, tekanan darah tinggi dan gejala lainnya)."Anda berisiko ganda mengalami penyakit jantung dan stroke jika memiliki gejala-gejala sindrom metabolik," terang Dr. Ramachandran Vasan dari Boston University School of Medicine, seperti dikutip situs womenfitness.

Obesitas.
Mereka yang minum satu minuman soda atau lebih sehari berisiko 31 persen lebih besar mengalami obesitas. Hubungan antara konsumsi minuman ringan dan berat badan sangat kuat. Menurut perkiraan para ahli, setiap konsumsi soda ekstra meningkatkan risiko obesitas hingga 1.6 kali lipat.

Rusak sel darah putih.
Dalam sebuah percobaan ditemukan, gula dari minuman ringan bisa merusak kemampuan sel darah putih dalam mencerna dan membunuh bakteri gonokokal selama 7 jam.

Picu sakit ginjal.
Dalam studi yang melibatkan 3000 perempuan ditemukan, mereka yang minum paling tidak 2 soda diet sehari berisiko ganda mengalami penurunan fungsi ginjal.

Timbun kafein.
Soda merupakan salah satu sumber utama kafein. Sekaleng soda ukuran 12 ounce mengandung hingga 45 miligram kafein. Tapi dalam soda yang lebih kuat, jumlahnya bisa melebihi 100 miligram (mendekati kandungan kafein di dalam kopi). Minuman berkafein dikaitkan dengan berbagai gangguan termasuk insomnia, hipertensi, detak jantung yang tidak normal, peningkatan kolesterol darah, pengurangan vitamin dan mineral, gumpalan pada payudara, cacat lahir, bahkan dikaitkan juga dengan beberapa jenis kanker.

Ganggu sistem imun.
Kandungan pemanis di dalam soda tetap saja gula. Dan Anda tentunya sudah tahu efek negatif gula. Gula merusak gigi, mengganggu sistem imun, dan bisa memicu penyakit degeneratif.

Perburuk PMS (premenstrual syndrome).
Dengan memilih soda diet untuk menghindari gula, Anda mengonsumsi aspartame (lebih dikenal dengan NutraSweet), gula pengganti yang saat ini digunakan dalam minuman ringan. Banyak pakar kesehatan meragukan keamanan aspartame, salah satunya adalah penulis buku Natural Health, Natural Medicine, Andrew Weil, M.D."Karena saya telah melihat sejumlah pasien, khususnya perempuan, yang melaporkan menderita sakit kepala akibat substansi ini, saya tidak bisa menyatakan kalau komponen ini bebas racun," tutur Weil. Selain itu, lanjut Weil, perempuan juga telah melaporkan bahwa aspartame memperburuk PMS.(OL-O8)


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:51 pm; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:04 pm

SODA DAN RISIKO DM
Jumat, 18 Juli 2008 17:00 WIB Media Indonesia - Penulis : Purwanti
Apakah Anda termasuk ke dalam kelompok soda addict (penggila soda)?, betapa soda sudah menjadi bagian dari hidup Anda. Rembesan soda yang melewati tenggorokan Anda ketika Anda terasa haus, membuat Anda tak rela melepaskan kaleng dan botol soda di dalam kulkas Anda. Perlu Anda ketahui bahaya yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda. Seperti yang sudah diteliti sebelumnya : Penelitian oleh perkumpulan Asosiasi Diabetes Amerika seperti yang dikutip situs webMD, menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi soda lebih dari satu kaleng perhari memiliki risiko dua kali terkena diabetes tipe dua dalam jangka waktu 4 tahun kedepan, dari pada mereka yang mengonsumsi kurang dari satu kaleng perhari. Selain itu, wanita yang rutin mengonsumsi soda, berat badannya akan meningkat. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyarankan bahwa kandungan fruktosa, pemanis yang ditemukan pada jus buah, terdapat dalam jumlah yang banyak di dalam minuman bersoda. Bisa jadi inilah yang memicu respons hormonal pada tubuh yang menyebabkan meningkatnya berat badan. Berdasarkan tes laboratorium yang dipublikasikan oleh General Dentistry, minuman ringan, khususnya minuman ringan yang berwarna dan teh kalengan akan mengikis lapisan gigi, meskipun minuman tersebut merupakan minuman diet atau bukan. Carilah Alternatif minuman pengganti minuman bersoda yang lebih memiliki manfaat, seperti :

Jus buah.
Anda bisa membuatnya sendiri, sengan demikian Anda mengetahui dan bisa menakar kandungan gulanya. Meskipun sudah banyak dijual di pasaran, jus buah 100% namun Anda tidak mengetahui kadar gula yang ada di dalamnya.

Susu tanpa lemak.
Selain memberi nutrisi tubuh, susu juga memberikan Anda kalsium untuk tulang.

Teh
Anda bisa mulai dengan mengonsumsi green tea (teh hijau) yang mengandung phytonutrient, sebagai antioksidan pencegah kanker.

Lemonade buatan sendiri.
Minuman kaya vitamin C ini bisa Anda buat sendir dirumah. minuman ini terbuat dari lemon, air, dan sedikit gula atau pemanis rendah kalori.

Kopi.
Baik kopi hitam atau dicampur dengan susu skim dan pemanis rendah kalori. Anda bisa menyajikan dingin maupun panas.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:51 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:05 pm

KENALI PENYEBAB KERANJINGAN SODA
Rabu, 14 Juli 2010 14:01 WIB Media Indonesia - Penulis : Ikarowina Tarigan
KECANDUAN minuman bersoda? Banyak orang melaporkan hal yang sama. Masalahnya, beberapa produk mengandung hingga delapan sendok teh gula. Karena itu, minuman ini seringkai dikaitkan dengan masalah obesitas. Apa yang membuat Anda keranjingan soda? Saat Anda mengonsumsi soda bergula, terang Sian Porter dari British Dietetic Association, terjadi peningkatan kadar gula yang Anda terjemahkan sebagai peningkatan energi. "Tapi karena gula sederhana seperti sukrosa dan glukosa dalam minuman ini digunakan tubuh dengan cepat, peningkatan tersebut akan diikuti dengan penurunan energi, yang akan membuat orang merasakan kelelahan dan perlu minum lagi," tutur Porter, seperti dikutip situs dailymail.co.uk. Kandungan gula dalam minuman bersoda juga bisa memicu ketergantungan. Tikus yang diberikan gula dosis tinggi dalam diet mereka, terang Bart Hoebel dari Princeton University, menunjukkan perubahan di area otak, sama seperti efek yang dtimbulkan kokain, morfin dan nikotin. Selain itu, minuman bersoda seperti kola juga tinggi kafein. Satu kaleng kola bisa mengandung sekitar 34,5 mg kafein. Jumlah ini setara dengan setengah cangkir kopi instan. Kandungan kafein ini bisa menyebabkan ketergantungan dan jika tidak dikonsumsi beberapa hari saja bisa memicu gejala, seperti sakit kepala, insomnia dan keletihan.

Minuman bersoda juga seringkali mengandung asam fosfat, kandungan yang memberikan rasa tajam dan menggelitik lidah. Dalam jumlah besar, menurut studi dari Harvard University, asam fosfat bisa mengganggu kulit dan otot serta merusak hati dan ginjal dalam jangka panjang. "Keseimbanagn fosfat dalam tubuh memengaruhi proses penuaan. Jadi, jangan mengonsumsi mineral ini dalam jumlah berlebih," terang peneliti Dr Shawkat Razzaque. Fosfat yang dilepaskan dari dua minuman bersoda saja seminggu bisa membuat kalsium larut dari tulang. Kola khususnya sangat merusak. Penelti dari Tufts University di Boston menemukan, perempuan yang secara teratur minum tiga kaleng atau lebih soda sehari memiliki kepadatan mineral tulang empat persen lebih rendah di pinggul dibandingkan perempuan yang mengonsumsi tipe minuman ringan lainnya. Selain itu, ada bukti yang menunjukkan bahwa orang-orang yang secara teratur mengonsumsi minuman ringan tidak bisa mengontrol asupan kalori seefektif orang-orang yang minum air putih. Otak mereka gagal mengenali kalori gula dalam cairan. Karena itu, otak mengirim sinyal bahwa mereka masih lapar."Akibatnya, mereka mengonsumsi kalori lebih banyak dibandingkan jumlah seharusnya," terang Porter. Hal ini,bisa menjelaskan mengapa minuman ringan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Efek pada gigi
Dan jangan lupa gigi Anda. "Meskipun produk ini berasa manis, kandungan asam fosfat di dalamnya menurunkan tingkat PH, sehingga membuat produk ini asam," terang Laura Wyness dari British Nutrition Foundation. Hal ini, terang dia, sangat buruk untuk gigi. Menurut laporan di British Dental Journal, minuman berkarbonasi merupakan faktor terbesar penyebab erosi email gigi pada anak-anak. "Cobalah menahan diri. Dikonsumsi dalam jumlah kecil sekalipun tetap tidak bermanfaat untuk Anda," terang Porter. (IK/OL-06)


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:51 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 7:06 pm

SODA BERGULA PENYEBAB KANKER PANKREAS
Kamis, 11 Februari 2010 11:30 WIB Penulis : Ikarowina Tarigan Media Indonesia
SUKA minuman soda bergula? Ada baiknya mulai membatasi jumlah konsumsi. Pasalnya, peneliti menyatakan bahwa mereka yang mengonsumsi paling tidak dua minuman soda bergula tiap minggu berisiko 87 persen lebih besar mengalami kanker pankreas yang mematikan dibandingkan mereka yang menghindari soda. Peneliti belum yakin apakah minuman bersoda merupakan penyebab tunggal atau karena gaya hidup tidak sehat pengguna soda. Akan tetapi, beberapa studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa minuman ringan memicu peningkatan gula darah. Hal ini membuat pankreas mengalami stres tambahan. Kanker pankreas merupakan salah satu dari 11 jenis kanker yang paling umum dijumpai di Inggris. Kanker ini juga merupakan salah satu jenis kanker yang mematikan. Kanker ini diklaim merenggut 7.700 nyawa setiap tahunnya. Aktor hollywood Patrick Swayze merupakan salah satu pasien yang meninggal tahun lalu.

Peningkatan gula darah
Dalam studi yang berlangsung selama 14 tahun ini, peneliti dari University of Minnesota melibatkan 16.000 laki-laki dan perempuan yang hidup di Singapura. Selama masa studi, ditemukan 140 kasus kanker pankreas. Peneliti menemukan, partisipan yang mengonsumsi dua atau lebih minuman ringan bergula selama seminggu berisiko 87 persen lebih besar mengalami penyakit dibandingkan mereka yang tidak minum. Menurut peneliti Dr Mark Pereira, orang-orang yang mengonsumsi minuman soda bergula secara teratur cenderung mengikuti pola diet yang lebih buruk dan gaya hidup yang tidak sehat. Pereira juga menyatakan bahwa tidak ditemukan adanya hubungan antara kanker pankreas dengan jus buah. Akan tetapi, Pereira meyakini bahwa peningkatan kadar gula dari minuman kalengan bisa memicu penyakit pankreas."Kadar gula tinggi dalam minuman ringan bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang diyakini menjadi pemicu pertumbuhan sel kanker pankreas," tutur Pereira , seperti dikutip situs dailymail.com. Bukti mengenai efek soda ini masih belum konsisten. Beberapa studi sebelumnya menemukan bahwa soda tidak sehat. Tapi ada juga temuan yang menyatakan sebaliknya. Meskipun begitu, Anda akan mengalami obesitas jika kelebihan asupan gula dan minuman bersoda. Dan kelebihan berat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus dan kanker payudara. Para peneliti juga mengingatkan bahwa makanan bergula bisa meningkatkan kadar gula darah yang mempengaruhi kerja pankreas. Peningkatan kadar gula darah bisa menstimulasi pertumbuhan pankreas dan hal ini bisa memicu kanker. (IK/OL-08)


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 1:52 pm; edited 5 times in total
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 4 of 37Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 20 ... 37  Next
 Similar topics
-
» minuman keras halal di surga
» Kenapa Minuman Keras itu Saya Halalkan dan tidak Berdosa?
» bahaya judi dan minuman keras
» info bermanfaat
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: