Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4 ... 20 ... 37  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:50 pm

MINUMAN MANIS JADI PENYEBAB EPIDEMI KEGEMUKAN
Penulis : Lusia Kus Anna | Sabtu, 22 September 2012 | 12:14 WIB
Kompas.com - Prosentase orang yang mengalami kegemukan di Amerika Serikat terus meningkat, bahkan sudah digolongkan sebagai epidemi atau wabah yang meluas. Minuman yang mengandung gula tinggi, termasuk soda, diduga menjadi penyebabnya. Sebuah penelitian berskala besar dan jangka panjang yang melibatkan lebih dari 33.000 orang AS menunjukkan bukti nyata bahwa minuman manis yang berinteraksi dengan gen yang memengaruhi berat badan akan meningkatkan risiko obesitas. Pengaruh minuman manis bahkan lebih besar dibanding faktor keturunan. Ini berarti minuman tersebut berbahaya bagi orang-orang dengan gen yang rentan kegemukan. Celakanya, hampir sebagian besar orang memiliki gen tersebut. Kabar baiknya, dua penelitian menunjukkan memberikan minuman alternatif yang bebas kalori kepada anak-anak dan remaja cukup efektif untuk mencegah kenaikan berat badan. Para peneliti menyimpulkan, minuman manis merupakan faktor penyebab kegemukan yang tidak terkait dengan makan berlebih atau kurang berolahraga. Konsumsi minuman manis, termasuk soda, jus buah, dan sport drink yang ditambah gula, di AS meningkat dua kali lipat dibanding dengan tahun 1970-an. Jumlah orang yang obesitas juga meningkat dua kali lipat. Selain faktor hobi mengasup minuman manis, faktor lain yang juga berpengaruh pada kegemukan adalah kurang bergerak dan mengonsumsi makanan tinggi kalori.


Last edited by gitahafas on Sun Jan 20, 2013 1:06 pm; edited 7 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:53 pm

WASPADA, PENYAKIT MEMATIKAN BERAWAL DARI MINUMAN MANIS
Niken Anggun Nurani - Okezone RABU, 20 MARET 2013 13:31 wib
GULA atau pemanis buatan yang ada dalam berbagai minuman ringan seperti soda memang dapat memicu berbagai penyakit degeneratif. Diabetes, dan obesitas adalah sebagian kecil penyakit yang dapat dipicu dari konsumsi minuman tersebut. Pemanis dalam soda, minuman olahraga, dan minuman buah ternyata sudah menyebabkan sekira 180.000 kematian di seluruh dunia setiap tahun. Ini didasarkan pada efek metabolik negatif dari minuman manis yang dapat memicu berbagai penyakit dalam tubuh, demikian yang dilansir Everydayhealth. Para peneliti melihat efek dari konsumsi minuman manis ini pada obesitas dan diabetes tipe 2, dan dampak dari obesitas dan diabetes yang terkait kematian. Dengan menggunakan data ini, mereka memperkirakan bahwa minuman bergula terkait dengan 133.000 kematian diabetes, 44.000 kematian akibat penyakit jantung, dan kematian akibat kanker yang mencapai 6.000 setiap tahun. Meskipun penelitian mengenai efek buruk dari minuman manis ini masih berlangsung, para peneliti menyarankan agar Anda mengontrol asupan minuman dengan kadar gula tinggi seperti soda, sirup dan minuman sejenis sebagai langkah preventif. (ind)


Last edited by gitahafas on Wed Mar 20, 2013 7:59 pm; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:53 pm

MINUMAN MANIS BUNUH RATUSAN RIBU MANUSIA
Rabu, 20 Maret 2013, 16:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, NEW ORLEANS -- Kematian 180 ribu orang di dunia serta 25 ribu orang di Amerika Serikat tiap tahunnya ternyata imbas dari penggunaan gula yang berlebihan dalam minuman ringan. Peneliti Harvards meneliti efek buruk konsumsi minuman ringan berbahan gula tersebut sejak lima tahun lalu. "Minuman berbahan gula berkaitan dengan obesitas dan banyak kematian disebabkan penyakit terkait obesitas, jelas peneliti di Harvard School of Public Health, Gitanjali Singh pada ABC News, Rabu (20/3). Singh dan rekanannya menggunakan data dunia. Kemudian tim menemukan penyebab kematian 133 ribu orang akibat diabetes, 44 ribu orang karena serangan jantung, serta 6 ribu orang lainnya meninggal karena kanker medio 2010. Hasil studi menemukan bukti jika mereka mengonsumsi minuman berbahan gula. Lantaran kandungan nutrisi di dalamnya sangat kecil dan hanya dipadati kalori semata. "Temuan kita bisa mempengaruhi para pemegang kebijakan untuk membuat kebijakan yang efektif mengurangi konsumsi minuman berbahan gula yang berakibat pada jumlah keamtian yang signifikan, cetus Singh.


Last edited by gitahafas on Wed Mar 20, 2013 7:51 pm; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:54 pm

7 KHASIAT DIBALIK MANISNYA SARI TEBU
Mona Indriyani Kamis, 10 Januari 2013, 12:55 WIB
VIVAlife - Minuman sari tebu belakangan ini telah meramaikan ranah kuliner. Kelezatan rasanya pun semakin terasa di kala dinikmati saat dingin. Dahulu, semua orang hanya bisa menikmati tebu lewat batangnya, batang tebu yang telah dipotong digigit-gigit hingga keluar sarinya. Melansir Boldsky, ternyata kebiasaan yang dilakukan orang zaman dulu bukan tanpa alasan. Di balik rasanya yang manis sari tebu menyimpan banyak khasiat kesehatan.

Pencegah penyakit kuning
Jus tebu adalah obat alami untuk penyakit kuning. Penyakit ini diakibatkan karena bilirubin yang berlebihan dalam darah, sehingga kulit berubah menjadi kuning. Di samping itu, penyakit ini juga berujung serangan pada liver atau hati. Untuk mempercepat kesembuhan, Anda dapat mengkonsumsi dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan garam.

Infeksi
Minuman manis ini juga dipercaya dapat meredakan rasa nyeri infeksi pada saluran kemih, penyakit seksual, dan peradangan perut. Cukup dengan satu gelas sari tebu, rasa nyeri hilang dalam sekejap.

Batu ginjal
Salah satu penyakit lainnya yang dapat disembuhkan dengan jus tebu adalah batu ginjal. Penyakit ini juga dikenal dengan infeksi saluran kemih. Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi membentuk batu dalam ginjal, sehingga hadirkan rasa sakit dan pendarahan saat buang air seni. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan sari tebu untuk meluruhkan batu yang bersarang di ginjal.

Aman untuk diabetes
Meski memiliki rasa manis, sari tebu aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Pasalnya, gula yang terkandung dalam sari tebu adalah gula alami bukan pemanis buatan. Jus tebu juga dapat menjaga kadar glukosa untuk tetap seimbang.

Demam
Tebu memiliki bank vitamin yang baik untuk tubuh. Sari tebu kaya fosfor, zat besi, kalium dan magnesium. Penelitian menunjukkan, jus tebu juga dapat dijadikan obat ampuh menurunkan demam.

Cegah kanker
Sari tebu memiliki sifat alkali, yang berarti dapat mencegah kanker. Untuk lebih spesifik, sifat ini sangat berpengaruh pada jenis kanker usus, paru-paru dan payudara.

Rehidrasi
Menyalahi aturan minum 8 gelas sehari kerap buat dehidrasi. Untuk mempertahankan cairan tubuh, sari tebu dapat menjadi solusi. Bahkan saat musim panas, sari tebu juga bisa dimanfaatkan untuk mendinginkan panas tubuh. (eh)


Last edited by gitahafas on Wed Mar 20, 2013 7:51 pm; edited 10 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:54 pm

BOSAN DENGAN JUS BUAH? COBA 3 MINUMAN INI
Mutia Nugraheni, Tasya Paramitha Senin, 14 Januari 2013, 16:22 WIB
VIVAlife - Minum jus buah memang pilihan praktis dan nikmat untuk mendapatkan nutrisi dari buah. Tak heran kalau jus identik dengan minuman sehat. Lagipula sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan secara utuh karena seratnya tidak terbuang begitu saja. Keuntungan lain dari mengkonsumsi buah langsung adalah melatih pencernaan dan membuat Anda merasa lebih kenyang. Sebenarnya ada minuman lain yang bisa Anda andalkan untuk menjaga kondisi tubuh selain jus. Cobalah tiga minuman berikut, jika Anda bosan dengan jus.

Teh hijau
Terdapat sederet manfaat mengkonsumsi teh hijau, terutama di musim hujan ketika cuaca sedang dingin. Teh hijau, seperti dilansir dari Fit Sugar, membantu meningkatkan metabolisme, mencegah penyakit flu, dan menenangkan saraf yang tegang. Teh hijau juga merupakan minuman ideal pengganti kopi jika Anda sedang mencoba menurunkan asupan kafein.

Cuka apel
Jika lidah dan lambung cukup kuat dengan rasa asam maka cuka apel adalah minuman yang wajib Anda konsumsi. Cukup campurkan dengan segelas air putih dingin atau hangat. Hasil fermentasi apel ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tingkat energi. Tak hanya itu, cuka apel juga dapat menurunkan gejala infeksi sinus yang sering terjadi di cuaca dingin.

Air putih hangat
Untuk minuman satu ini, banyak orang yang menyepelekannya. Biasanya air putih selalu kalah dengan minuman dingin yang manis. Padahal, air putih sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu mengeluarkan racun. Untuk menyiasati agar air putih memiliki tambahan rasa serta manfaat, Anda dapat mencampurnya dengan irisan lemon, mentimun, daun mint, atau jahe.


Last edited by gitahafas on Tue Jan 15, 2013 9:17 am; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:55 pm

6 MINUMAN BERKHASIAT BANTU TURUNKAN TENSI
Senin, 14 Januari 2013 | 20:21 WIB
KOMPAS.com - Ada dua faktor risiko terkait munculnya tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak dapat dikendalikan yakni usia dan riwayat penyakit di keluarga (genetika). Tetapi, Anda masih bisa melakukan intervensi terhadap faktor risiko lain dengan cara membuat pilihan lebih cerdas, seperti aktif secara fisik, mengurangi asupan natrium, dan makan dengan menu sehat dan seimbang. Selain itu, Anda juga dapat menurunkan risiko hipertensi dengan cara berbeda yakni mengonsumsi minuman alami. Berikut ini adalah 6 (enam) seduhan yang enak dan dapat berkontribusi terhadap penurunan tekanan darah, terutama dalam kombinasi dengan diet sehat dan olahraga teratur.

1. Teh bunga rosella
Cara kerja : Seperti halnya jus delima, bunga rosella (hibiscus) mengandung phytochemical bioaktif yang bertindak sebagai inhibitor ACE alami. Satu studi menunjukkan bahwa seduhan teh rosella sangat efektif menurunkan tekanan darah seperti halnya kaptopril - obat yang biasa digunakan untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung. Saran: Dalam satu penelitian dipublikasikan secara luas, tiga porsi teh hibiscus dapat menurunkan tekanan darah sistolik prehipertensi subyek secara signifikan. Minumlah tiga cangkir sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Jus delima
Cara kerja: ACE adalah enzim yang meningkatkan tekanan darah dengan menciptakan protein yang disebut angiotensin II, yang menyebabkan pembuluh darah mengkerut. Jus buah delima bertindak sebagai inhibitor ACE alami, mirip dengan jenis obat yang biasa diresepkan untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung. Dalam sebuah kasus disebutkan, jus buah delima dapat mengurangi ACE sebesar 36 persen dan menurunkan tekanan darah sistolik juga. Bahkan beberapa penelitian belakangan secara signifikan menunjukkan, manfaat delima untuk mengurangi plak arteri (sampai 30 persen) dan meningkatkan aliran darah ke jantung.
Saran : Jonny Bowden, salah seorang ahli nutrisi merekomendasikan untuk meminum enam ounce (177 mililiter) jus delima setiap hari tanpa pemanis.

3. Jus cranberry
Cara kerja: Cranberry dan jus cranberry memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang membantu mencegah dan mengurangi kerusakan dalam pembuluh darah, sehingga mencegah peningkatan tekanan darah yang tidak diinginkan. Selain itu, jus cranberry dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.
Saran: Tidak ada rekomendasi standar untuk mengonsumsi jus cranberry sebagai bagian dari rejimen sehari-hari.

4. Susu rendah lemak
Cara kerja : Kekurangan kalsium telah lama dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Asupan tinggi kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi perlu diingat, sangat penting untuk memilih jenis susu yang tepat untuk hasil terbaik. Susu rendah lemak sangat kaya akan kalsium ketimbang susu penuh lemak. Jumlah lemak sederhana dapat membantu Anda menyerap kalsium lebih mudah.
Saran: Sebagai bagian dari ritual menyehatkan, tiga porsi susu rendah lemak terbukti mampu mengurangi tekanan darah sistolik.

5. Jus Bit
Cara kerja : Buah bit adalah sumber yang baik dari potassium dan folat, dua zat yang penting untuk mengatur tekanan darah. Selian itu, buah bit juga mengadung nitrat, yang diubah menjadi nitrit ketika diserap oleh tubuh. Nitrit berkhasiat membuat jaringan otot menjadi rileks dan menurunkan aliran darah. Buah bit secara alami dapat membantu kesehatan fungsi pembuluh darah dan melawan homosistein, yang dapat merusak pembuluh darah. Saran : Beberapa riset mengindikasikan, konsumsi satu atau dua cangkir jus bit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan dalam waktu cukup singkat yakni sekitar satu jam setelah konsumsi. Penelitian di Inggris juga menyatakan bahwa jus buah bit sama efektifnya dengan tablet nitrat dalam mengendalikan hipertensi.

6. Air putih
Cara kerja: Minum air putih adalah cara sederhana, murah, sehat dan paling efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah. Dehidrasi kronis menyebabkan pembuluh darah mengkerut sehingga membuat jantung bekerja lebih keras, dan pada akhirnya mengakibatkan lonjakan tekanan darah. Saran: Kebanyakan orang mungkin telah sering mendengar anjuran yang mengatakan untuk minum delapan gelas per hari. Tetapi untuk pendekatan yang lebih personal, bisa disesuaikan dengan berat badan Anda. Caranya: berat badan dibagi dua (namun dalam bentuk ounce). Misalnya, orang dengan bobot 150-pound atau sekitar 68 kg harus memenuhi kebutuhan asupan air setidaknya 75 ounce atau sekitar 2 liter setiap hari.


Last edited by gitahafas on Tue Jan 15, 2013 9:20 am; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:55 pm

HANGATKAN TUBUH DENGAN 4 MINUMAN SEHAT INI
Maya Sofia, Tasya Paramitha Kamis, 17 Januari 2013, 14:06 WIB
VIVAlife - Di tengah cuaca dingin dan hujan yang terus mengguyur, hal yang harus dilakukan adalah tetap menjaga kesehatan. Untungnya, terdapat beberapa minuman lezat yang tak hanya dapat membantu menghangatkan Anda, namun juga dapat menjaga sistem ketahanan tubuh dan mencegah tubuh terserang penyakit seperti asma, flu, demam, batuk dan penyakit-penyakit lain yang umum datang di musim hujan atau cuaca dingin. Untuk itu, simak beberapa minuman hangat yang dapat Anda konsumsi di tengah guyuran hujan ini.

Teh hijau
Teh hijau memang dikenal sebagai minuman yang kaya antioksidan. Khasiat dari kandungan ini adalah mampu memerangi radikal bebas, mencegah kanker, penyakit jantung dan kerusakan pada DNA. Teh hijau memiliki cita rasa yang ringan dan sangat tepat diminum di tengah cuaca dingin. Selain nikmat dan menyehatkan, teh hijau juga memiliki manfaat kecantikan. Bagi Anda yang malas mencuci muka di cuaca yang dingin, mengkonsumsi teh hijau dapat mencegah dan mengobati jerawat serta mengurangi gejala eksim.

Cuka apel
Cuka apel adalah minuman yang sangat lezat bagaimana pun cara meminumnya, dingin atau panas. Apel dikenal mengandung zat yang mampu meningkatkan kadar estrogen. Seperti diketahui, estrogen rendah menjadi penyebab umum osteoporosis. Sedangkan kandungan pektin dalam apel akan meningkatkan keasaman lambung yang pada gilirannya meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang. Selain itu, udara dingin yang dapat memicu gejala-gejala asma seperti batuk dan sesak napas terjadi akibat peradangan dan gangguan saluran udara juga dapat diobati dengan mengkonsumsi cuka apel. Untuk tambahan rasa dan aroma, Anda dapat menambahkan kayu manis pada minuman ini.

Jahe
Jahe hangat tentu saja salah satu minuman yang terkenal di cuaca dingin. Jahe juga dapat membantu menenangkan saraf. Untuk resep jahe hangat yang lebih bermanfat, Anda dapat mencampurkan jahe dengan madu dan air perasan buah lemon. Seperti diketahui, buah lemon kaya akan kandungan vitamin C dan mengandung phytochemicals. Hal tersebut lah yang membuat lemon dapat membantu meningkatkan sistem ketahanan tubuh Anda. Selain itu, jahe dan madu juga dikenal bermanfaat bagi sistem imun tubuh. Selain menghangatkan tubuh, minuman ini mampu menjaga tubuh Anda tetap sehat di cuaca dingin yang rawan penyakit.

Cokelat
Minuman cokelat hangat biasanya dibuat dari bubuk cocoa yang dicampur susu hangat dan gula. Menurut studi yang dilakukan di Cornell University, konsentrasi antioksidan yang terdapat di minuman cokelat hangat lebih kuat dari red wine, teh hijau dan bahkan teh hitam. Hal ini dikarenakan lebih banyak zat antioksidan yang keluar ketika cocoa dicampur dengan air hangat. Flavonoid membantu tubuh memproses oksida nitrat yang dapat meningkatkan aliran darah, membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, flavonoid juga membantu mencegah darah mengumpal. Menurut American Association for the Advancement of Science, mengkonsumsi cokelat hangat juga dapat membantu Anda berpikir lebih baik karena flavonoid meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. (umi)


Last edited by gitahafas on Thu Jan 17, 2013 2:58 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:56 pm

4 ALTERNATIF MINUMAN SEHAT PEMBANGKIT ENERGI PAGI
Wuri Handayani, Shalli Syartiqa Senin, 17 Desember 2012, 08:16 WIB
VIVAlife - Konsumsi makanan atau minuman sehat selalu dikaitkan dengan pemenuhan nutrisi untuk tubuh. Termasuk kebutuhan serat, vitamin, dan air. Sayangnya, banyak yang justru memilih makanan instan yang tidak memiliki gizi cukup. Terlebih untuk pagi hari, pilihan menu makanan mungkin akan menjadi sulit, mengingat terbatasnya waktu untuk menyiapkan semuanya. Untuk menyiasati kebutuhan ini, Anda dapat memilih jus buah yang banyak mengandung nutrisi sebagai pembentuk energi, seperti berikut:

Apel
Molly Kimball, pakar olahraga dari Ochsner Elmwood, New Orlens, mengatakan jika buah berwana merah ini memiliki zat yang disebut quercetin. Zat ini disebut sebagai peningkat metabolisme dan energi tubuh, serta menjaga kekebalan tubuh.

Tomat
Alternatif pilihan untuk menemani sarapan adalah jus tomat yang kaya akan kandungan licopen. Para alhi bahkan menyarankan agar jus ini dikonsumsi selama tujuh hari berturut-turut untuk mengurangi kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Sayuran hijau
Sebagai peningkat energi, metabolisme jelas memegang peranan. Dan sayuran hijau merupakan jawaban tepat, serat dan berbagai nutrisinya mendukung proses metabolisme ini. Anda dapat mencampurkan beberapa jenis sayuran hijau seperti brokoli dan bayam dalam segelas jus. Sayuran ini juga dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh dari racun.

Pisang
Buah penuh karbohidrat ini dapat diandalkan sebagai cadangan energi untuk menyiapkan aktivitas sepanjang hari. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang merupakan kunci pembakaran energi saat beraktivitas. (eh)


Last edited by gitahafas on Sun Jan 20, 2013 1:07 pm; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:56 pm

4 MINUMAN SEGAR PENGHILANG RACUN TUBUH
Wuri Handayani, Shalli Syartiqa Kamis, 3 Januari 2013, 08:50 WIB
VIVAlife Banyak cara yang dapat digunakan untuk menjaga fungsi organ tubuh, salah satunya dengan melakukan detoks yang membersihkan tubuh dari kontaminasi racun. Namun cara ini justru sering kita abaikan. Padahal paparan racun ini hampir setiap hari ada. Entah itu dari makanan, obat-obatan yang di konsumsi, atau radikal bebas dari udara yang kita hirup, termasuk asap rokok. Semakin banyak racun yang menghampiri tubuh, semakin berat pula kerja organ tubuh, terutama hati. Untuk meringankan fungsi hati, Anda dapat "membersihkan" dengan cara alami, melalui konsumsi minuman berikut.

Teh Hijau, peppermint dan jahe
Teh merupakan antioksidan alami yang melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dan penuaan. Khasiat teh ini pun dapat meningkatkan metabolisme. Sedangkan peppermint dan jahe sendiri memiliki manfaat yang sangat baik untuk pencernaan dan penyerapan makanan.

Air lemon
Untuk membersihkan tubuh, Anda cukup menyediakan segelas air yang dicampur dengan perasan lemon. Buah ini mengandung asam sitrat, kalsium, kalium, magnesium dan fosfor. Kandungannya membantu proses detoksifikasi tubuh, melancarkan pencernaan, merangsang fungsi hati lebih maksimal, dan membersihkan racun dalam aliran darah.

Jus buah
Jus ini memang sedikit terasa pahit, tapi khasiat detoks-nya bekerja sangat maksimal. Membersihkan zat kimia dalam tubuh. Campurkan potongan jeruk bali merah, satu buah pisang, dan anggur hijau secukupnya. Blender hingga lembut, dan tambahkan empat cangkir teh dandelion. Anda juga dapat menambahkan stroberi jika rasanya masih terlalu pahit.

Jus sayuran
Anda juga bisa memilih ramuan ini. Mencampurkan satu cangkir zucchini cincang, satu cangkir kubis, dua cangkir seledri, satu cangkir kale, dan tiga buah wortel. Warna yang dihasilkan dari jus ini agak kurang menarik, namun rasanya cukup menyegarkan.


Last edited by gitahafas on Thu Feb 21, 2013 8:47 am; edited 7 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:56 pm

4 MINUMAN PENGHANGAT YANG TAK LEKANG OLEH WAKTU
Mona Indriyani Rabu, 12 Desember 2012, 11:10 WIB
VIVAlife - Bajigur, bandrek dan wedang ronde, tiga minuman sepanjang masa. Meski semua orang mengenalnya, namun keberadaannya saat ini cukup dipertanyakan. Kehidupan masyarakat urban, membuat semua orang lari ke budaya barat dan meninggalkan tradisi lokal. Setiap mendengar nama bajigur, pasti yang terlintas adalah gerobak dorong berhiaskan makanan rebusan, seperti ubi, kacang dan pisang. Begitu juga, dengan wedang ronde. Kehangatan jahe dan bola-bola kenyal isi kacang, menjadi label yang terus melekat hingga saat ini. Yuk, kita lihat minuman tempo dulu yang masih tetap berjaya hingga saat ini:

Sekoteng
Ting..ting..ting...! Bunyi dentingannya hangatkan suasana malam. Konon, penamaan sekoteng didapat dari para pelaut Belanda yang merapat di Pelabuhan Sunda Kelapa tahun 1596. Kuah sekoteng ini terbuat dari irisan jahe, gula pasir dan gula merah, yang dimasak bersamaan. Mangkuk kecil bertatakan piring mungil menjadi ciri khas penampilan sekoteng. Tak ketinggalan sendok bebek, ukurannya yang besar memudahkan penikmatnya untuk mengambil campuran isi sekoteng. Untuk membahas urusan rasa, minuman asli Jakarta ini punya cita rasa sendiri. Campuran kacang tanah, kacang hijau, pacar cina, dan susu kental manis, membuat minuman hangat semakin kaya rasa.

Bandrek
Minuman asli Jawa Barat ini juga sudah mulai jarang ditemui. Untuk penjualannya, bandrek juga tersedia dengan kemasan instan, sehingga menjadi praktis dan tinggal seduh. Bahan utamanya tak jauh beda dengan sekoteng, sama-sama menggunakan jahe dan gula merah. Namun untuk menambah cita rasa dan kehangatan, minuman ini dikombinasikan dengan beberapa jenis rempah, seperti serai dan merica.

Bajigur
Meski berasal di Jawa Barat, bajigur juga sempat populer di warga perkotaan. Cita rasa bajigur cenderung manis karena terbuat dari campuran santan, gula merah dan daun pandan. Bajigur juga memiliki pedamping setia, yaitu makanan rebus-rebusan.

Wedang ronde
Untuk urusan kuah, wedang ronde dengan sekoteng tak ada bedanya. Yang membedakan sajian ini adalah isi minuman. Wedang ronde memiliki isian yang minimalis, tapi bewarna, seperti merah, hijau dan putih. Bola-bola isiannya juga memiliki tekstur yang unik. Terbuat dari tepung ketan membuat bola-bola menjadi kenyal. Semakin lama mengunyah, semakin lama menikmati kehangatan wedang ronde. Isian kacang tanah di dalam ronde, juga menambah kenikmatan minuman ini. (eh)


Last edited by gitahafas on Wed Mar 20, 2013 7:52 pm; edited 9 times in total
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 3 of 37Go to page : Previous  1, 2, 3, 4 ... 20 ... 37  Next
 Similar topics
-
» minuman keras halal di surga
» Kenapa Minuman Keras itu Saya Halalkan dan tidak Berdosa?
» bahaya judi dan minuman keras
» info bermanfaat
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: