Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3 ... 19 ... 37  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:39 pm

BIJAK KONSUMSI ISOTONIK SAAT BERPUASA
Lusia Kus Anna | Senin, 8 Agustus 2011 | 11:07 WIB
Kompas.com - Minuman isotonik dicitrakan sebagai minuman yang mampu mengganti cairan tubuh yang hilang dalam waktu singkat. Namun minuman ini sebenarnya tidak bisa dikonsumsi sembarangan karena kandungan natriumnya cukup tinggi. Sebuah iklan minuman isotonik di televisi mengatakan saat tidur tubuh kehilangan banyak cairan sehingga saat sahur seharusnya kita mengasup minuman isotonik untuk mengganti ion yang hilang. Staf pengajar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr.Ari Fahrial Syam, Sp.PD, mengungkapkan iklan tersebut sebenarnya menyesatkan. "Tanpa aktivitas atau jika tidur, cairan hanya keluar melalui kulit dan pernapasan sekitar 350 cc. Sedangkan elektrolit, khususnya natrium dan klorida hanya dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat. Rasanya kalau kita tidur tidak banyak keringat yang keluar kecuali ruangannya sangat panas seperti sauna," paparnya dalam surat elektronik. Ia menambahkan, minuman isotonik pada dasarnya adalah larutan garam yang kemudian ditambahkan oleh beberapa zat lain, seperti vitamin dan gula karena itu harus dikonsumsi secara tepat.

"Harus diwaspadi konsumsi minuman isotonik terutama pada orang dengan gangguan pencernaan, pasien hipertensi, juga pasien diabetes melitus yang kadar gulanya akan terganggu jika tidak memperhitungkan asupan gula dalam larutan isotonik tersebut," imbuh ketua advokasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia ini. Senada dengan dr.Ari, ahli diet dan nutrisi, dr.Phaidon L.Toruan mengungkapkan, sahur dengan minuman elektrolit sintetis yang ditambahkan gula pasir bukanlah pilihan yang tepat. Ia menjelaskan, pada prinsipnya manusia memang memerlukan elektrolit karena proses kehidupan tubuh manusia semua menggunakan prinsip biokimiawi listrik. "Tetapi, yang kita perlukan adalah listrik yang "hidup" yang berasal dari materi hidup seperti air kelapa dan buah-buahan," katanya. Elektrolit di alam seperti yg terkandung di dalam buah-buahan, unsur kaliumnya lebih banyak dari unsur natriumnya dan bersifat basa. Konsumsi elektrolit alami ini membuat suasana tubuh sehat dan optimal. Sementara elektrolit sintetis, kadar Na lebih banyak dari kalium sehingga rasanya asin. "Elektrolit seperti itu malah menyebabkan tekanan darah agak naik. Tubuh kita membutuhkan makanan dan minuman dengan komposisi seperti yang ada di alam," paparnya. Kecukupan tubuh akan cairan, ditegaskan oleh Ari bisa dipenuhi dari air minum. "Tetap usahakan minum dengan jumlah total 8-10 gelas per hari. Bila aktivitas meningkat dan keringat lebih banyak, kita bisa mendapatkan sumber cairan dan mineral dari buah-buahan," katanya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:42 pm

MINUMAN OLAHRAGA MERUSAK GIGI
Vera Farah Bararah - detikHealth - Selasa, 15/09/2009 17:32 WIB
Jakarta, Minuman olahraga yang banyak dijual memang terlihat lebih menyehatkan dibandingkan dengan minuman bersoda. Tapi penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa minuman olahraga yang mengandung asam sitrat bisa merusak gigi. Penelitian ini dilakukan dengan merendam gigi selama 90 menit, sebagai simulasi bagi orang yang suka meminum minuman olahraga sepanjang hari. Ternyata lapisan enamel gigi sebagian sudah hilang. Hal ini karena minuman olahraga tersebut bocor hingga ke lapisan bawah enamel, sehingga menyebabkan gigi menjadi lunak dan lemah. Kondisi ini disebut dengan erosi gigi yang bisa mengakibatkan kerusakan dan mudah lepasnya gigi jika tidak segera diobati. "Ini adalah pertama kalinya asam sitrat yang terkandung dalam minuman olahraga dikaitkan dengan erosi gigi," ujar Dr Mark Wolff, Ketua Cariology dan Perawatan Lengkap di NYU College of Dentistry, seperti dikutip dari Health24, Selasa (15/9/2009). Wolff menambahkan menggosok gigi sesudah mengonsumsi minuman olahraga tidak akan membantu, tapi kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan semakin parah. Hal ini karena lapisan enamel gigi menjadi lunak setelah mengonsumsi minuman olahraga, sehingga lebih mudah mengalami abrasi oleh pasta gigi. "Untuk mencegah erosi pada gigi, sebaiknya mengonsumsi minuman olahraga secara wajar dan tidak berlebihan. Serta tunggu minimal 30 menit sebelum menggosok gigi, agar lapisan enamel gigi sudah lebih keras," ujarnya. Jika Anda termasuk orang yang sering mengonsumsi minuman olahraga, mintalah dokter untuk memberikan penetral asam dan menggunakan pasta gigi yang bisa membantu menguatkan kembali enamel yang lunak tersebut.


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 3:07 pm; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:43 pm

APA UNTUNGNYA MINUM ROYAL JELLY?
Vera Farah Bararah - detikHealth Rabu, 07/07/2010 17:15 WIB
Jakarta, Selama ini banyak sekali dijumpai berbagai minuman yang dilengkapi dengan royal jelly. Tapi apa sebenarnya manfaat dari royal jelly murni ini untuk tubuh? Royal jelly disekresikan dari kelenjar pharyngeal lebah pekerja pada hari ke-6 dan ke-12 hidupnya. Hasil sekresi ini diketahui kaya akan vitamin dan mineral yang bisa bermanfat untuk kesehatan seseorang. Mengonsumsi setengah sendok teh royal jelly setiap harinya bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (7/7/2010) ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsi royal jelly murni, yaitu:

Membantu peremajaan
Royal jelly merupakan zat gizi yang dikenal sebagai sumber pembangkit tenaga yang berguna meremajakan tubuh bila dikonsumsi. Royal jelly diketahui mengandung vitamin B5 dan vitamin B lainnya dalam jumlah besar, hal ini sangat membantu dalam memberikan tambahan energi yang optimal. Selain itu mengacu pada penelitian Dr HW Schmidt dari German Medical Association, royal jelly juga mengandung asam amino, kalium, magnesium, kalsium, seng, besi dan juga mangan. Substansi inilah yang berguna dalam proses peremajaan tubuh.

Meningkatkan kemampuan untuk berpikir jernih
Berdasarkan buku 'Prescription for Nutritional Healing' karangan Phyllis A. Balch, royal jelly adalah satu-satunya sumber alami dari asetilkolin, yaitu suatu neurotransmitter yang membantu mengatur impuls saraf antara serat saraf. Asetilkolin ini bisa meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir jernih. Selain itu juga mengandung fosfolipid yang diperlukan untuk fungsi otak.

Keseimbangan hormon
Royal jelly mengandung sumber alami hormon termasuk DHEA (dehydroepiandrosterone), yaitu hormon steroid yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, progesteron dan estrogen. Hal ini juga bisa membantu meringankan gejala menopause, kista ovarium dan endometriosis.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Salah satu zat yang dimiliki oleh royal jelly adalah 10-HDA, asam hidroksi ini diperkirakan bisa membantu sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan studi dari peneliti Jerman dan Perancis menunjukkan bahwa 10-HDA di royal jelly sangat ideal untuk merangsang sel-sel darah putih dalam menyerang virus.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 2:15 pm; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:43 pm

6 MINUMAN YANG BIKIN AWET MUDA
Lutfi Dwi Puji Astuti Sabtu, 28 Juli 2012, 13:09 WIB
VIVALife - Bukan hanya sayur dan buah yang bisa memberikan keajaiban untuk kulit agar senantiasa awet muda. Minuman yang Anda konsumsi sehari-hari, juga bisa bermanfaat meremajakan kulit. Bukan hanya air putih, minuman seperti kopi, teh, susu, juga cokelat panas mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Seperti dikutip laman Shine, Sabtu, 28 Juli 2012, seorang dermatolog di Mount Kisco, New York, David E. Bank, MD mengungkapkan bahwa minum air putih bukan hanya bermanfaat mengusir rasa haus. Konsumsi air putih secara teratur juga mampu melembabkan dan mempercantik kulit. "Menjaga kadar hidrasi dalam tubuh dengan mengkonsumsi banyak air putih bisa membuat kulit Anda tampak lebih berkilau. Air putih sangat baik diminum saat alarm berbunyi, saat bangun tidur, dan sebelum tidur," katanya. Ingin tahu lebih jauh soal manfaat minuman lainnya yang bisa membuat kulit awet muda, simak yang berikut ini:

KOPI
Berbicara mengenai kopi, banyak orang yang masih berpendapat bahwa kopi buruk bagi kesehatan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Kopi, asalkan dikonsumsi secara bijak, sebenarnya justru bermanfaat bagi kesehatan. Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak. Menikmati secangkir kopi, akan lebih baik jika dilakukan pada saat sarapan.

GREEN TEA
Penuaan dini bisa disebabkan oleh radikal bebas. Pemicu datangnya radikal bebas ini masuk ke dalam tubuh kita karena sering merokok, radiasi sinar matahari, dan polusi. Antioksidan merupakan zat yang dikenal sebagai musuh penuaan. Ia diibaratkan senjata yang mampu melawan musuh tubuh sehingga melindungi kita dari kerusakan sel dan jaringan tubuh. Sebenarnya tubuh kita telah memiliki antioksidan alami yang melumpuhkan radikal bebas tersebut yang dikenal dengan enzim SOD (Super Oksida Dismutase) dan glutathione. Namun sayangnya, seiring bertambahnya usia, tubuh memerlukan antioksidan dari luar tubuh, yang dapat kita peroleh melalui makanan yang mengandung vitamin E, Vitamin C, dan beta karoten (prekursor Vitamin A). Selain vitamin-vitamin tersebut, antioksidan lain yang terbukti ampuh melawan radikal bebas yaitu polyphenol, yang bisa kita dapatkan dari secangkir teh hijau. Hasil studi di Jepang terhadap 8.500 orang telah membuktikan bahwa konsumsi teh hijau jangka panjang dapat meningkatkan usia hingga 82 tahun pada wanita dan 76 tahun pada pria.

COKELAT PANAS
Secangkir cokelat panas tak hanya nikmat tapi juga bikin awet muda. Sebab cokelat merupakan sumber antioksidan yang populer saat ini, yaitu flavonoid. Flavonoid juga dapat ditemukan dalam teh dan anggur merah. Flavonoid berfungsi sebagai pelindung kulit terhadap sinar matahari dan peradangan. Zat ini juga menghambat penuaan kulit serta dapat menjaga kesehatan jantung.

RED WINE
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Harvard Medical School membuktikan bahwa anggur merah atau red wine berkhasiat membuat kulit dan otot tetap awet muda. Selama ini, mengkonsumsi red wine memang dipercaya ampuh menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Namun ternyata red wine memiliki khasiat yang lain, yaitu membuat peminumnya tetap awet muda. Sebuah senyawa yang disebut pada resveratrol (yang juga terdapat pada buah anggur merah) terbukti ampuh dalam memberi stimulasi pada gen dan membuat sel-sel tubuh bertahan lebih lama. Para ahli medis pun menyimpulkan bahwa mengonsumsi red wine secara teratur mampu membuat kulit dan otot menjadi tampak lebih muda dan segar.

SUSU
Susu, bukan hanya baik diminum sebelum Anda tidur. Dan, selain alasan kesehatan, susu menjadi salah satu sumber kecantikan bagi wanita. Ratu Mesir, Cleopatra, adalah salah satu wanita cantik yang menggunakan susu sebagai bahan kencantikannya. Para wanita Yunani juga telah lama dikenal menggunakan yoghurt sebagai bahan kecantikan. Tak heran, berbagai jenis perawatan wajah dan tubuh menawarkan kandungan susu untuk mempertahankan awet muda dan kecantikan alami. Susu dapat digunakan untuk mengobati luka bakar karena adanya sifat anti-inflamasi. Susu juga mengandung vitamin A, D, E yang merupakan vitamin yang diperlukan untuk membuat kulit awet muda.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 2:30 pm; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:44 pm

8 MINUMAN KALENG YANG MENDUNIA
Rabu, 21 November 2012 16:00 WIB Media Indonesia
UDARA yang terik tidak sedikit membuat orang berlomba untuk mencari keberadaan minuman berkarbonasi dengan rasa yang dingin. Kesegaran dan rasa yang ditawarkan telah berhasil membuat banyak restoran cepat saji menggangdengnya sebagai minuman resmi yang cocok disajikan sebagai teman menyantap junk food. Yuk, intip apa saja minuman kemasan yang terkenal di dunia.

1. Coca-Cola.
Bukan tidak mungkin jika orang langsung menganggap bahwa Coca-Cola merupakan minuman berkarbonasi yang populer di dunia. Sejak 1886, perusahan ini telah menawarkan kesegaran minuman soda dengan harga yang terjangkau.

2. Pepsi.
Salah satu pesaing Coca-Cola adalah minuman Pepsi. Minuman berkarbonasi yang satu ini dikenal dengan warna biru yang sudah menjadi cirri khasnya.

3. Sunkist.
Minuman kaleng berperisa jeruk ini diluncurkan sejak 1979. Sunkist, merupakan kombinasi dari lemon dan rasa jeruk manis. Minuman ini merupakan buah ide dari Mark Stevens yang menjadi minuman kaleng terfavorit dalam sejarah. Sunkist diproduksi oleh Coca-Cola Company.

4. Meskipun tidak memiliki warna dibanding dengan minuman lainnya. Sprite juga menjadi minuman yang banyak diburu di beberapa negara.
Terbuat dari lemon dan jeruk nipis yang bebas kadein meskipun berkarbonasi. Sprite pada awalnya diperkenalkan di Amerika Serikat pada 1961.

5. IBC Root Beer. sejak 1919, minuman yang satu ini sudah berhasil mendunia.
Namun, akibat mengalami kebangkrutan, akhirnya pada tahun 2008, IBC Root Beer dibeli oleh Independent Brewerist Company.

6. Barq’s famous Olde Thyme Root Beer.
Ini adalah salah satu minuman ringan tertua dalam sejarah yang terkenal sebagai minuman soda Amerika. Selain mengandung soda, minuman yang satu ini memiliki perisa vanili dengan warna mirip Coca-Cola.

7. 7-Up.
Diproduksi oleh St Louis oleh Charles Leiper Grigg pada tahun 1929. Minuman ini memiliki rasa lemon dengan campuran soda.

8. Squirt.
Mengandung air berkarbonasi, jus jeruk, minyak nabati, asam sitrat, sirup jagung, dan ester gliserol dari kayu dammar. Diperkenalkan di pasar pada tahun 1938 oleh Herb Uskup yang merumuskan dan menciptakan soda ini. (Berbagai sumber/*/OL-06)


Last edited by gitahafas on Thu Nov 29, 2012 9:09 am; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:44 pm

KURANGI MINUMAN MANIS MULAI SEKARANG
Wednesday, 26 May 2010 Seputar Indonesia
MINUMAN bersoda,jus buah atau energy drink bisa jadi salah satu minuman favorit Anda.Namun, minuman ini bisa meningkatkan risiko diabetes, obesitas,meningkatkan tekanan darah. Siapa yang tidak suka minuman berasa manis? Apalagi saat dahaga menjelang.Namun, dampak kesehatan masyarakat jika terlampau berlebihan mengonsumsi minuman manis telah lama didengungkan. Selain meningkatkan risiko menderita diabetes,minuman manis juga menambah risiko terhadap berat badan yang berlebihan. Meningkatnya konsumsi minuman manis antara tahun 1990 dan 2000 berkontribusi pada meningkatnya 130.000 kasus baru diabetes,14.000 kasus baru penyakit jantung koroner dan 50.000 orang yang kehilangan tahun-tahun hidupnya akibat penyakit jantung koroner selama sepuluh tahun terakhir. Gula pemanis dalam soda, minuman pembangkit energi (energy drink) dan minuman buah (tidak 100% jus buah) mengandung kalori yang setara dengan 120–200 kalori per porsi. Dengan kadar seperti itu, tentu saja memainkan peran penting dalam peningkatan obesitas masyarakat.Begitu besarnya efek yang ditimbulkan minuman manis, tidak berlebihan jika Anda diminta untuk mengurangi konsumsinya setiap hari. Bahkan, pengurangan sedikit takaran per hari dalam asupan minuman manis dapat berpengaruh pada tekanan darah Anda.

Dalam sebuah studi terbaru selama 18 bulan,para peneliti menemukan penurunan 1,8 poin pada tekanan darah tinggi dalam tekanan sistolik,semakin menuju tekanan ideal 120/80 yang diinginkan dan 1,1 poin dalam tekanan diastolik ketika asupan minuman manis berkurang satu harinya. Laporan terbaru ini telah dipublikasikan pada 24 Mei lalu di jurnal kesehatan Circulation. ”Kami menemukan hubungan antara dosis (minuman manis) dan respons langsung,” kata pemimpin utama studi Dr Liwei Chen,asisten profesor epidemiologi di Louisiana State University Health Science Center School of Public Health,New Orleans, Amerika Serikat seperti dikutip laman HealthdayNews.com. ”Kalau pengurangan (gula) secara individual memang tidak banyak berpengaruh.Tetapi jika terjadi dalam populasi yang besar, mengurangi konsumsi total gula bisa memiliki dampak yang signifikan,” terangnya. Chen mencatat, peningkatan kadar minuman manis tercatat dalam kelompok orang tua yang mengonsumsinya jauh di bawah rata-rata konsumsi Amerika, yaitu 2,3 porsi minuman manis per hari. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk terjadinya penyakit serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

The American Heart Association (AHA) telah lama memperingatkan tentang bahaya kesehatan yang mungkin timbul dari penggunaan gula yang ditambahkan dalam produk seperti minuman ringan, terutama dalam laporan yang dikeluarkan tahun lalu. ”Penelitian baru ini berupaya memperkuat bukti yang mengaitkan hubungan menurunnya ketahanan tubuh dengan penambahan kadar gula, dalam kasus ini di minuman. Dan risiko peningkatan tekanan darah di dalamnya,” kata Rachel K. Johnson, penulis utama laporan asosiasi jantung dan profesor gizi di University of Vermont, Amerika Serikat. Laporan AHA sendiri hanya berfokus pada gula yang ditambahkan ke dalam makanan olahan, bukan pada gula yang ditemukan dalam makanan alami, seperti buah. Rekomendasi dari lembaga itu, laki-laki harus membatasi asupan gula ditambahkan maksimal 150 kalori hari, sekitar sembilan sendok teh. Sedangkan perempuan hanya 100 kalori, atau enam sendok teh. Dalam studi terbaru ini, definisi minuman manis termasuk minuman ringan bersoda, jus buah, fruit punch atau limun. Sekitar 12 ons dalam minuman bersoda memiliki 130 kalori gula, atau delapan sendok teh. Tim peneliti mencatat. orang dewasa Amerika rata-rata mengonsumsi 28 ons minuman manis per hari.

Chen mengemukakan, orang muda lebih banyak minum soda dibanding orang tua. Para partisipan yang berjumlah 810 orang, yang rata-rata berusia 50 tahun mengaku minum 10,5 ons minuman manis per hari,hanya di bawah satu porsi rata-rata saat penelitian baru dimulai.Tekanan darah mereka rata-rata di atas 120/80.Beberapa orang telah divonis menuju hipertensi antara 120/80 dan 139/89,dan lainnya jelas menderita hipertensi karena tekanan darahnya di atas 140/90,yang terus menjadi perhatian medis. Pada akhir studi,konsumsi minuman soda sehari-hari para partisipan turun rata-rata sekitar setengah porsi, dan sangat bermanfaat bagitekanandarahmereka.Bahkan ketika berat badan adalah faktor yang memengaruhinya, dampak pengurangan konsumsi gula dengan tekanan darah tetap signifikan. ”Mereka dikontrol untuk semua jenis variabel dan masih ditemukan hubungan itu,”kata Johnson. Minuman manis terutama yang bersoda terus menimbulkan kontroversi politik. Bahkan, di Washington DC dan kota-kota lainnya di Amerika Serikat, para pejabatnya mengusulkan adanya pajak yang tinggi untuk minuman bersoda. AHA sendiri tidak berkompeten memutuskan soal ini. ”Saya umumnya mendukung konsep ini,”tegas Johnson. ”Ketika Anda melihat biaya penanganan obesitas pada sistem perawatan kesehatan dengan minuman bersoda dianggap memainkan peran penting dalam epidemi itu, bisa masuk akal apabila panda patan lain yang dapatdigunakanuntuk mengurangi biaya kesehatan,” lanjutnya.(rendra hanggara)


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:44 am; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:44 pm

9 EFEK BURUK MINUMAN MANIS BAGI KESEHATAN
Linda Mayasari - detikHealth Selasa, 16/10/2012 08:29 WIB
Jakarta, Konsumsi minuman manis seperti soda dan minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan atau gula dalam jumlah besar bukan hanya terkait dengan berbagai risiko penyakit seperti diabetes dan obesitas, tetapi masih ada sederet daftar efek buruk lain bagi kesehatan. Berikut adalah 9 dampak negatif konsumsi minuman manis bagi kesehatan, seperti dilansir empowher, Senin (15/10/2012) antara lain:

1. Menambah berat badan
Sebuah studi yang dilakukan selama 20 tahun terhadap 120.000 pria dan wanita, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, menemukan bahwa orang yang meningkatkan konsumsi minuman manis meski hanya satu porsi per harinya dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan dari waktu ke waktu. Penambahan berat badan secara signifikan dapat tampak setelah 4 tahun, dibandingkan orang yang tidak mengubah atau menambah asupan minuman manis. Studi-studi lain telah menemukan hubungan yang signifikan antara konsumsi minuman manis dan penambahan berat badan pada anak-anak. Satu studi menemukan bahwa untuk setiap 12 ons soda yang dikonsumsi setiap hari, akan menambah berat badan anak hingga sebesar 60 persen selama 18 bulan.

2. Menghambat rasa kenyang
Minuman manis seperti soda mengandung sekitar 240 kalori, sayangnya minuman manis tidak menghasilkan rasa kenyang yang sama dengan makanan padat lainnya meski mengandung jumlah kalori yang sama. Sehingga Anda akan makan lebih banyak makanan padat agar merasa kenyang dan hal ini justru akan memperbanyak asupan kalori.

3. Meningkatkan risiko serangan jantung
Sebuah studi yang dilakukan di Harvard terhadap 40.000 peserta selama dua dekade menemukan bahwa pria yang minum rata-rata satu kaleng minuman manis per hari memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena serangan jantung daripada pria yang jarang mengonsumsi minuman manis.

4. Meningkatkan risiko kanker pankreas
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 oleh University of Minnesota menemukan bahwa minum minuman manis seperti soda sedikitnya dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan risiko kanker pankreas hingga 2 kali lipat. Studi tersebut dilakukan selama 14 tahun terhadap 60.524 peserta.

6. Lebih berisiko diabetes tipe-2
Orang yang mengonsumsi minuman manis secara teratur sebanyak 1 sampai 2 kaleng sehari memiliki risiko 26 persen lebih besar terkena diabetes tipe-2 dibandingkan orang yang jarang minum minuman manis. Penelitian tersebut dilakukan oleh Harvard School of Public Health bekerjasama dengan Brigham and Women's Hospital pada tahun 2010.

7. Melemahkan otot
Sebuah studi yang dilakukan tahun 2000 dan diterbitkan dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menemukan hubungan yang signifikan antara minum minuman ringan berkarbonasi dengan patah tulang di kalangan remaja. Hal ini disebabkan karena kerusakan otot yang terjadi setelah mengonsumsi minuman bergula secara teratur bahkan hanya dalam waktu 4 minggu.

8. Memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap asam urat
Sebuah studi yang dijalankan selama 22 tahun terhadap 80.000 wanita menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi hanya satu kaleng minuman manis setiap hari memiliki risiko 75 persen lebih tinggi terhadap asam urat, dibandingkan wanita yang jarang minum minuman manis. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, risiko tersebut dapat meningkat seiring dengan jumlah asupan minuman manis. Asam urat adalah kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam darah yang tersimpan dalam sendi. Para peneliti juga menemukan risiko yang sama tinggi pada pria.

9. Menyebabkan kerusakan gigi
Semua minuman ringan dan beberapa minuman olahraga umumnya mengandung pemanis yang dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan kerusakan gigi. Minuman manis dapat menyebabkan keasaman pada mulut yang merupakan faktor utama dalam pengembangan kerusakan gigi.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:47 am; edited 7 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:45 pm

SUSAH KONSENTRASI DAN TAK BERSEMANGAT? SEGERA CICIPI MINUMAN MANIS
Putro Agus Harnowo - detikHealth Kamis, 11/10/2012 15:27 WIB
Jakarta, Lemas, lesu dan capek ataupun kurang bersemangat di kantor membuat kerjaan jadi tidak beres. Padahal tugas masih menumpuk dan perlu segera diselesaikan. Tak perlu khawatir, untuk mengatasinya, segera ambil minuman manis untuk mendongkrak semangat. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengunyah permen dapat memicu kerja otak dan memperkuat pengendalian diri. Kini, sebuah penelitian baru menemukan bahwa manfaat gula tak hanya itu saja. Tanpa ditelan pun, gula sudah dapat meningkatkan semangat. Dalam laporan yang dimuat jurnal Personality and Social Psychology Bulletin, peneliti menjelaskan bahwa cukup dengan mencicip minuman manis di mulut dan meludahkannya saja sudah dapat meningkatkan konsentrasi dan semangat untuk melakukan tugas yang membutuhkan kemampuan berpikir. "Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi terhadap glukosa saja sudah berguna dalam menangkal efek buruk penurunan kemampuan pengendalian diri dibandingkan metabolisme tubuh," kata peneliti, Martin Hagger, psikolog di Curtin University di Australia Barat seperti dilansir Live Science, Kamis (11/10/2012).

Peneliti melakukan serangkaian percobaan di mana peserta menyelesaikan tugas seperti membaca sesuatu yang membosankan atau menyelesaikan teka-teki kata. Awalnya peserta diminta mengerahkan kemampuannya secara fisik, yaitu meremas pegangan. Sambil melakukannya, peserta diminta menahan diri dari godaan untuk memakan sepiring kue, namun disuruh memakan lobak sebagai gantinya. Tujuannya adalah membuat peserta lelah dan kehilangan fokus. Setelah itu, peserta diminta minum sebanyak mungkin minuman kesehatan yang sebenarnya hanyalah campuran jus jeruk dan cuka. Kemudian para peserta diberikan minuman glukosa atau minuman yang mengandung pemanis buatan. Namun minuman itu hanya dicicip di mulut saja tanpa ditelan. Terakhir, peserta diberikan tugas yang membosankan, yaitu membaca sesuatu yang membosankan atau menyelesaikan teka-teki kata. Hasilnya, para peserta yang mendapat minuman gluokosa lebih banyak yang berhasil menyelesaikan tugas dibanding yang mendapat minuman pemanis buatan. "Jadi ketika orang berpikir bahwa mereka akan melakukan tugas yang memerlukan pengendalian diri dan kemampuan berpikir untuk jangka waktu tertentu, mereka sebaiknya meletakkan gula ke dalam mulut dengan cara praktis," kata Hagger. Karena minuman gula tidak selalu praktis, permen karet atau permen biasa yang mengandung gula mungkin juga dapat menggantikannya. Bedanya, gula yang terkandung akan ikut dikonsumsi tubuh sehingga dapat memicu kenaikan gula darah. Bagi penderita diabetes, cara ini mungkin berisiko.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:48 am; edited 8 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:46 pm

INI ALASAN ORANG SULIT MENGHINDARI MINUMAN MANIS
Jumat, 06/07/2012 18:00 WIB Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jakarta, Di sebuah kelas nutrisi, seorang pakar diet bernama Andrea Giancoli meminta beberapa partisipan untuk membawa kaleng dan botol minuman yang sering diminum partisipan setiap hari, mulai dari soda, jus buah hingga teh manis. Kemudian pakar yang berdomisili di New York ini meminta partisipan membaca label di balik kaleng atau botol yang berisi keterangan tentang ukuran, jumlah kalori dan gulanya lalu Giancoli menggunakan tumpukan gula batu untuk memberi gambaran seberapa besar gula yang dikonsumsi partisipan. "Mereka tak tahu apa yang baik dan buruk bagi kesehatannya. Mereka memang membaca kemasan luarnya tetapi tidak pada labelnya," ungkap pakar diet lainnya, Angela Ginn yang juga menjadi anggota The Academy of Nutrition bersama Giancoli. Meski penjualan minuman ringan telah menurun selama beberapa tahun belakangan, penjualan minuman olahraga, jus dan minuman non-karbonasi lainnya justru meningkat.

Padahal pada tahun 2011 saja, orang Amerika tercatat rata-rata minum 2400 mL minuman ringan berkarbonasi atau menurut buletin industri minuman terkemuka di AS, Beverage Digest sekitar 9 milyar kasus sedangkan penjualan minuman non-karbonasi lainnya, termasuk air botolan mencapai 15 milyar kasus. Giancoli pun mengungkapkan bahwa beberapa partisipan yang melihat gambar buah pada label berasumsi bahwa minuman berpemanis itu baik bagi kesehatannya. Bahkan ada partisipan lain yang kesulitan untuk mengatakan berapa jumlah porsi yang dikonsumsinya, namun para pakar mengatakan hampir setiap orang mengonsumsi sekitar tiga porsi dengan ukuran kalori 6000 mL perbotol. Oleh karena itu Giancoli menciptakan trik untuk membantu partisipan memahami asupan gula dan kalorinya yaitu dengan menunjukkan jumlah gula yang sebenarnya pada sejumlah minuman yang sering dikonsumsi partisipan. Giancoli juga mengemukakan bahwa minum 6000 mL botol soda setiap hari dapat menambah 12 kg berat badan pertahunnya.

Masalahnya adalah otak manusia tidak melihat kalori dari minuman sebagaimana pada makanan. Tak heran jika banyak orang yang kesulitan untuk memahami dampak dari ukuran botol atau kaleng yang lebih besar, ungkap para pakar. Peneliti Pierre Chandon yang baru-baru ini telah mempelajari 21 studi menemukan bahwa meskipun cangkir atau kemasannya berukuran ganda namun konsumen tak bisa mengatakan jika dirinya mendapatkan porsi dua kali lipat. "Hal ini menunjukkan bahwa otak kita sangat buruk dalam geometri," kata Chandon yang juga seorang profesor di sekolah bisnis INSEAD di Paris seperti dilansir dari huffingtonpost, Jumat (6/7/2012) Menurutnya, produsen harus mencantumkan gambar di bagian depan yang menunjukkan jumlah porsi minuman tersebut. Justru dengan menambahkan kata 'medium' atau 'besar' pada label tak ada artinya bagi konsumen.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:51 am; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:47 pm

MINUMAN MANIS MEMICU DEPRESI
RABU, 09 JANUARI 2013 | 14:26 WIB
TEMPO.Co - Ternyata anggapan minum cokelat panas atau minuman manis lain dapat menjadi sahabat di saat sedih atau depresi tidak lagi tepat. Sebab, sebuah penelitian terbaru dari Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat menemukan bahwa minuman manis justru memiliki efek sebaliknya, yaitu memicu depresi. Dalam penelitian itu disebutkan, minum lebih dari empat kaleng soda sehari ternyata tidak akan membantu meningkatkan mood, meskipun soda yang dikonsumsi adalah soda diet. Bahkan, penelitian yang dilakukan terhadap 200 ribu orang dewasa peminum soda ini menemukan bahwa minum soda lebih dari empat kaleng sehari memicu risiko depresi 30 persen lebih besar. Selain minuman bersoda, jenis minuman manis lainnya juga tidak akan membuat mood menjadi baik. Salah satunya adalah fruit punch. Dalam penelitian itu disebutkan, orang yang minum fruit punch lebih dari empat gelas sehari memiliki risiko depresi 38 persen lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak meminumnya. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Academy of Neurology ini bahkan menyebutkan, risiko menderita depresi akan lebih besar diderita orang yang mengkonsumsi minuman manis, meskipun jenis minuman itu adalah minuman diet kesehatan, apakah soda, punch, atau es teh. Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang meneliti tentang makanan atau minuman manis terhadap resiko depresi. "Meskipun dalam penelitian tersebut, para peneliti belum bisa menjelaskan hubungan langsung antara makanan atau minuman manis dan kesehatan mental," ujar salah satu satu peneliti, Honglei Chen, kepada situ berita Bloomberg, Rabu, 9 Januari 2013. Teori kesehatan sebelumnyanya menyebutkan, minuman manis memiliki kaitan erat dengan penyebab obesitas dan diabetes. "Kedua penyakit ini sudah pasti memiliki permasalahan mood," ujar Chen. Menurut Chen, masih harus ada penelitian lanjutan mengenai temuan ini. "Meskipun penelitian kami masih mentah, konsumsi dari makanan dan minuman manis harus dikurangi guna menghindari risiko penyakit lain yang dapat timbul," ujar Chen, yang juga investigator di bagian Epidemiologi, Institut Nasional Ilmu Kesehatan dan Lingkungan di Research Triangle Park, Carolina Utara. Penelitian ini melibatkan 263 ribu responden dewasa berusia 51-70 tahun. Mereka mengisi kuisioner dan memberikan penilaian terhadap berbagai macam makanan dan minuman yang mereka konsumsi dalam rentang 1995-1996. Sekitar 10 tahun kemudian, mereka diberi pertanyaan, apakah ada di antara mereka yang terdiagnosis memiliki depresi. Menurut data kesehatan WHO, hampir 350 juta orang di dunia terdiagnosis memiliki depresi. Bahkan di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat, 10 remaja terdeteksi memiliki gangguan mental dan depresi. Meski begitu, Chen menyebutkan, penelitian ini tidak meneliti kandungan kimiawi lain, seperti gula tambahan dalam minuman dan makanan manis maupun bersoda, untuk menentukan bahan mana yang menyebabkan depresi. Sebab, ada bahan yang justru memiliki kandungan baik yang dapat melawan depresi. Misalnya minuman kopi instan, yang mengandung banyak gula, tapi tetap mengandung kopi, yang malah dapat meningkatkan mood.


Last edited by gitahafas on Thu Jan 10, 2013 9:53 am; edited 6 times in total
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 2 of 37Go to page : Previous  1, 2, 3 ... 19 ... 37  Next
 Similar topics
-
» minuman keras halal di surga
» Kenapa Minuman Keras itu Saya Halalkan dan tidak Berdosa?
» bahaya judi dan minuman keras
» info bermanfaat
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: