Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Minuman Bermanfaat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2, 3 ... 19 ... 37  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 11:59 am

MENGAPA KITA HARUS BANYAK MINUM?
Selasa, 29 Juni 2010, 15:45 WIB
Pipiet Tri Noorastuti, Mutia Nugraheni
VIVAnews - Air merupakan elemen penting bagi tubuh. Lebih dari 2/3 berat tubuh manusia adalah air. Tanpa air, sistem biokimia dan elektrikal dalam tubuh tidak akan berjalan dengan baik dan memicu gangguan kesehatan. Kecukupan air dalam tubuh diperoleh melalui minum. Rata-rata, manusia hanya mampu bertahan hidup tanpa minum selama 3-5 hari. Itulah mengapa minum menjadi hal penting bagi kesehatan. Tengok lima fakta berikut supaya Anda rajin minum air putih.

1. Darah
Sebesar 80 persen darah Anda terdiri dari air. Air tersebut dibutuhkan untuk pembentukan sel darah baru. Jadi, air bukan hanya soal kesehatan pencernaan tetapi juga kesehatan darah Anda.

2. Tulang
Meskipun tulang adalah bagian tubuh yang keras tetapi 50 persen pembentuknya adalah air. Karena, air dibutuhkan untuk membentuk sel-sel tulang yang baru untuk menggantikan sel yang rusak.

3. Sistem limfatik
Minum lebih banyak air sebenarnya membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh dengan memaksimalkan pergerakan sistem limfatik Anda. Sistem limfatik adalah sistem sirkulasi sekunder yang mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Agar sistem ini bisa berjalan dengan baik, kebutuhan air harus terpenuhi.

4. Membuang racun
Air membantu tubuh membuang racun melalui sistem limpa, ginjal dan usus halus. Jadi dengan minum air, Anda sebenarnya sedang melakukan detoksifikasi.

5. Kesehatan sendi
Air membantu melumasi sendi dan mengurangi nyeri serta melindungi dari keausan. Jika sering merasa nyeri pada sendi bisa jadi Anda kurang banyak minum air putih. (adi)


Last edited by gitahafas on Mon Sep 10, 2012 10:24 am; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:32 pm

MINUM 8 GELAS, APA SELALU HARUS AIR PUTIH?
Sabtu, 4/12/2010 | 10:30 WIB
KOMPAS.com - Karena takut diet bakal terganggu, maka setiap kali Anda masuk ke sebuah resto, minuman yang Anda pesan adalah air putih atau mineral water. Padahal, ada alternatif minuman sehat yang bisa memanjakan lidah sekaligus teman yang pas untuk menemani waktu santai Anda di kafe. Lihat daftar menunya, lalu pilih salah satu dari minuman ini.

Tea, Please
Terdengar biasa, tetapi khasiatnya luar biasa. Segera dapatkan manfaatnya dengan memilih jenis teh yang tepat. Segelas teh manis memang terasa pas dipadukan dengan segala jenis makanan, tapi kombinasi teh dan gula berlebih malah akan berdampak buruk bagi kesehatan dan juga bentuk tubuh. Sebagai alternatif yang baik, pilihlah teh-teheh ini, boleh hangat atau dingin, sesuai selera.

* Teh hijau
Satu gelas penuh teh hijau dijamin mampu membuat berat badan stabil. Biar lebih semangat meminumnya, ada baiknya kita mengingat-ingat hasil penelitian dalam Jurnal Internasional Obesitas. Dikatakan, kandungan polyphenol yang terdapat di dalamnya bisa mempercepat metabolisme dalam tubuh, sehingga lemak mudah terbakar. Dibanding mereka yang meminum teh biasa, Anda memiliki kemungkinan kenaikan berat badan 22 persen lebih rendah jika meminum teh ini. Belum termasuk kandungan antioksidan yang bisa mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung.

* Teh hitam
Sebagai variasi, cobalah mengganti kebiasaan menyeduh kopi di pagi hari dengan menyeduh teh hitam. Kandungan kafein yang dimilikinya ternyata mampu membuat Anda "melek" dan bersemangat layaknya minum kopi. Bedanya, teh hitam memiliki manfaat yang jauh lebih hebat, khususnya untuk Anda. Pasalnya, mengkonsumsi teh ini secara rutin bisa menurunkan risiko kanker kulit sampai dengan 30 persen. Itu berkat kandungan flavonoid dan antioksidannya yang tinggi, disamping bisa menjaga keindahan kulit. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan tubuh sehat serta kulit halus.

* Teh bunga kamomil
Kealamian teh kamomil akan Anda rasakan dalam secangkir air hangat dan tanpa gula. Jika ada, pilihlah teh yang disuguhkan bersama dengan bunga aslinya, sungguh nikmat. Hirup keharumannya sesaat sebelum diminum. Aromanya bisa sedikit mengurangi keinginan untuk makan banyak, disamping bisa menurunkan tingkat stres. Seperti yang dilaporkan dari University of Pennsylvania, satu cangkir tehini bisa memperbaiki mood mellow pada malam hari. Cocok, kan, untuk diminum sepulang kantor sambil sedikit bersantai?

Fresh Juice Looks Yummy...
Sehat juga, tentunya. Tapi jangan asal pesan jus ini atau itu, walau semua buah sehat, tak semua buah bisa dijadikan alternatif pengganti air putih. Anda bisa memesan beberapa jenis jus ini dengan sedikit permintaan, "gulanya satu sendok saja, ya!"

* Jus jeruk atau perasan jeruk asli?
Kalau memilih untuk menyantap seporsi burger atau pizza, ada baiknya memilih jus jeruk. Ini berkaitan dengan hasil studi yang terdapat dalam The American Journal on Clinical Nutrition. Hasilnya menunjukkan kalau makanan cepat saji yang dipadukan dengan segelas jus jeruk murni bisa menurunkan risiko perusakan arteri dalam darah akibat radikal bebas dibandingkan dengan air putih. Rahasianya ada pada tingginya kandungan antioksidan pada buah jeruk yang mampu melindungi jantung dari peradangan.

* Jus cranberry
Cuaca yang tak menentu seakan memaksa tubuh untuk memiliki daya tahan lebih. Mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup bisa menjadi salah satu solusi. Anda bisa mendapatkannya dalam segelas jus cranberry. Minuman ini menyediakan 39 persen dari kebutuhan harian vitamin C dan mampu mencegah penyakit gusu dan infeksi saluran kemih. Senyawa alaminya berfungsi mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Karena buah cranberry masih terbilang jarang, Anda bisa menggantinya dengan stroberi segar.

* Jus tomat
Bukan tanpa alasan jika banyak restoran yang menghidangkan tomat sebagai minuman, lalapan, atau campuran makanan. Selain harganya yang murah, tomat kaya akan vitamin dan lycopene yang melindungi tubuh dari kanker. Jadikan teman saat menyantap makanan yang sedikit berlemak atau menu bakar-bakaran.

Bagaimana dengan Susu Cokelat?
Susu cokelat memiliki karbohidrat dan protein yang bisa memberikan banyak asupan energi. Jika aktivitas di kantor mengharuskan Anda melakukan banyak gerak dan berpotensi membuat tubuh lelah, minumlah satu gelas susu cokelat rendah gula. Kandungannya mampu memperbaiki jaringan otot yang rusak akibat kelelahan dan mengurangi rasa sakit pada persendian. Selain itu, bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini merupakan hasil penelitian yang diungkapkan oleh American College of Sport Medicine.


Last edited by gitahafas on Mon Sep 10, 2012 10:07 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:33 pm

MINUMAN SEHAT DAN BERKHASIAT
Minggu, 28 Juni 2009, 17:40 WIB Indra Darmawan
VIVAnews - Tiap reguk minuman bisa memberi efek yang berbeda bagi tubuh. Oleh karenanya, jangan menenggak sembarang minuman. Walau banyak minuman sehat yang bisa Anda konsumsi, namun, berikut ini urut-urutan minuman yang paling bermanfaat untuk dihidangkan secara teratur setiap hari.

8. Jus Jeruk
Jus ini menduduki urutan ke-8. Jus jeruk mengandung vitamin C, yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dari berbagai penyakit, seperti katarak, kanker, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, jus jeruk juga merupakan sumber yang baik bagi asam folat, yang sangat diperlukan bagi pembentukan janin di dalam perut.

7. Jus Cranberry
Jangan sepelekan jus bubah cranberry. Sebab jus ini bisa mencegah penyakit gusi, infeksi saluran kencing. Jus ini juga dijual di toko-toko, kadang sudah dicampur dengan gula. Namun, disarankan untuk memilih jus cranberry yang murni (tidak ditambahi gula), atau meminumnya tak lebih dari satu gelas.

6. Jus Tomat
Jus tomat yang tidak ditambahi dengan campuran lain, sangat efektif untuk melindungi dari beberapa jenis kanker. Ia memiliki konsentrasi lycopene yang tinggi. Lycopene biasanya diasosiasikan sebagai pengurang resiko kanker di bagian mulut, paru-paru, perut, hati, kelenjar payudara, leher saluran kandungan, usus besar, dan dubur. Selain itu, Lycopene juga melindungi jantung dari radikal bebas, dan mengurangi resiko serangan jantung.

5. Hot Chocolate
Minuman ini banyak disukai oleh anak-anak, karena lezat dan manis. Tak hanya itu, hot chocolate ternyata juga dapat meningkatkan mood dan mencegah peningkatan resiko penyakit jantung. Apalagi, kakao juga mengandung banyak polyfenol yang dapat juga melindungi sel-sel dari aksi radikal bebas. Mengkonsumsi hot chocolate juga bisa merangsang hormon serotonin, yang dapat berpengaruh pada mood seseorang.

4. Susu Kedelai
Konsumsi susu kedelai secara teratur juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Sebab kedelai mengandung serat-serat diet dan protein yang mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida. Bahkan kedelai juga mengandung phytoestrogen yang bisa mencegah kanker payudara. Namun, Anda tidak bisa menggantikan secara total, konsumsi susu sapi dengan susu kedelai. Karena, ia tak memiliki kalsium dan Vitamin A maupun Vitamin D seperti halnya susu sapi.

3. Fat Milk
Susu lemak menempati urutan ketiga karena ia mengandung karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Oleh karenanya susu ini akan dicerna lama oleh pencernaan, sehingga membuat peminumnya akan merasa kenyang. Ia dapat menyetabilkan gula darah. Susu ini juga mengandung kalsium, dan Vitamin D yang diperlukan oleh tubuh.

2. Teh Mint
Teh mint (dengan daun mint), dapat memerangi perut yang bermasalah, mengobati penyakit kolik, dan membantu pencernaan.

1. Teh Hijau
Teh hijau adalah minuman yang sangat dianjurkan. Ia mengandung flavanoid yang akan mengurangi resiko osteoporosis, kanker, dan penyakit jantung. Teh hijau juga mengandung polyfenol dan antioksidan yang akan melindungi sel dari kerusakan dan menetralisir radikal bebas.

sumber:geniusbeauty.com


Last edited by gitahafas on Mon Sep 10, 2012 10:12 am; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:33 pm

5 MINUMAN KESEHATAN YANG KHASIATNYA DIBESAR BESARKAN
Putro Agus Harnowo - detikHealth Selasa, 06/11/2012 08:35 WIB
Jakarta, Saat ini ada berbagai jenis minuman kesehatan yang beredar di pasaran. Klaimnya juga bermacam-macam, mulai mencegah penyakit kanker dan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga memperlancar pencernaan. Benarkah efeknya sebegitu hebat? Memang tampaknya khasiat minuman-minuman ini terlalu baik untuk dapat dipercayai. Khasiatnya juga seringkali didasarkan pada ramuan tradisional yang dipercaya secara turun temurun, sehingga bisa jadi efeknya memang nyata, atau hanya karena efek plasebo. Seperti dikutip dari Care2.com, Selasa (6/11/2012), berikut adalah minuman-minuman kesehatan yang diklaim berkhasiat bagi kesehatan:

1. Juice Pomegranate
Minuman ini sebenarnya adalah jus buah delima dan diklaim dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, mencegah beberapa jenis kanker, dan menurunkan kolesterol. Walau diklaim mengandung antioksidan yang diperkirakan dapat menurunkan kolesterol, ternyata klaim kesehatan buah delima tidak terbukti. Penelitian awal memang menyarankan delima bisa mencegah penyakit jantung dan kanker prostat. Tetapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

2. Jus Acai Berry
Acai berry adalah buah asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Minuman jus acai berry diklaim dapat menurunkan berat badan, menyehatkan kulit, memperlambat penuaan dan meningkatkan energi. Minuman ini juga diklaim dapat mencegah kanker, penyakit jantung dan menjaga sistem pencernaan. Layaknya buah delima dan beberapa buah-buahan lainnya, acai berry juga sarat dengan antioksidan. Namun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa acai berry lebih berkhasiat dibanding buah-buahan lain yang serupa.

3. Air Kelapa
Air kelapa diklaim dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan sangat bagus diminum setelah berolahraga. Penelitian juga membuktikan bahwa air kelapa sarat akan kalium yang telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem tubuh lainnya. Namun, ada banyak makanan lain yang juga mengandung kalium, bahkan kandungan nutrisinya mungkin lebih banyak dibanding yang dimliki air kelapa. Klaim mengenai kandungan elektrolit bisa jadi dilebih-lebihkan. Air kelapa belum tentu lebih baik ketimbang air putih biasa untuk diminum setelah berolahraga.

4. Jus Lidah Buaya
Tanaman berdaging tebal ini diklaim dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan, serta mempercepat penurunan berat badan. Nyatanya, tidak ada satupun dari klaim tersebut yang benar-benar terbukti. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman ini bisa menjadi racun bagi manusia. Beberapa pasien yang menderita penyakit tertentu seharusnya tidak diperbolehkan minum minuman ini.

5. Kombucha
Kombucha adalah teh yang difermentasi dengan cara ditambahkan ragi dan bakteri di dalamnya. Minuman ini konon dapat mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan organ pencernaan dan menurunkan tekanan darah. Nyatanya, belum ada penelitian laboratorium yang membuktikan khasiatnya. Beberapa penelitian memang ada yang berupaya menyingkap khasiat kesehatannya, tapi hasilnya belum begitu memuaskan. Minuman ini memang mengandung probiotik, bakteri yang terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 2:07 pm; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:33 pm

PILIH MINUMAN SESUAI KONDISI TUBUH
Penulis : Lusia Kus Anna | Jumat, 12 Oktober 2012 | 10:54 WIB
Kompas.com - Tahukah Anda bahwa minuman tak hanya berfungsi menghilangkan haus tapi juga bisa menjaga kesehatan. Ketahui jenis minuman yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Minuman kebugaran

- Untuk membangun otot: Susu
Susu mengandung protein whey dan kasein, keduanya adalah asam amino esensial, yang membantu upaya Anda membangun otot.

- Untuk melangsingkan badan: Teh hijau atau jus grapefruit
Teh hijau dipercaya membantu menjaga berat badan karena kandungan di dalamnya meningkatkan metabolisme tubuh. Sementara itu jus grapefruit juga diketahui membantu menjaga berat badan. Mengonsumsi buah sejenis jeruk ini diketahui lebih efektif dibanding jus buahnya.

- Mengusir kantuk : kopi atau air
Selain mengusir kantuk, secangkir kopi juga akan meningkatkan konsenstrasi dan energi. Alternatif lain adalah minum air yang diberi sedikit bubuk spirulina, terbuat dari alga biru hijau yang mengandung banyak nutrisi.

Mempercepat kesembuhan

- Untuk influenza : teh lemon dan madu
Mengonsumsi cukup cairan, terutama yang hangat seperti teh lemon dan madu, sebenarnya bisa membantu menyembuhkan hidung tersumbat. Saat sedang pilek, sebaiknya Anda mengurangi asupan susu karena bisa membuat lendir di hidung atau tenggorokan menjadi lebih kental.

- Untuk batuk: Madu
Madu bisa menyingkirkan batuk yang disebabkan oleh infeksi saluran napas. Anda bisa menambahkannya dalam teh atau air hangat untuk membantu menipiskan lendir di tenggorokan sehingga batuk reda.

- Untuk dehidrasi: air kelapa
Kemampuan air kelapa dalam merehidrasi tubuh jauh lebih baik daripada air. Kandungan elektrolit alami dalam air kelapa juga baik untuk dikonsumsi setelah olahraga.

- Saat lapar: susu
Waktu makan belum tiba namun perut sudah keroncongan? Dibandingkan dengan buah, segelas air atau susu rendah lemak ternyata diketahui mampu meningkatkan rasa kenyang.

- Untuk hangover atau pusing setelah minum alkohol : air, jus orange atau pisang blender
Minum banyak air adalah kunci untuk menghilangkan rasa pusing di pagi hari setelah sebelumnya Anda menenggak alkohol. Buah pisang yang diblender juga bisa menjadi pilihan karena kandungan potasiumnya akan meningkatkan elektrolit yang hilang. Sedangkan jus orange akan membantu meningkatkan kembali gula darah.


Last edited by gitahafas on Wed Dec 05, 2012 8:28 am; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:34 pm

JANGAN TUNGGU HAUS UNTUK MINUM
Rabu, 08/12/2010 16:04 WIB Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jakarta, Kebanyakan orang akan minum air saat merasa haus. Namun, sebaiknya jangan lagi menunggu rasa haus datang untuk meminum air karena jika sudah merasa haus itu sinyal tubuh mengalami dehirasi atau kekurangan air. Peranan air sangat penting bagi manusia, bahkan bisa disetarakan dengan kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi lain. Hal ini karena air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Selama satu hari, jumlah air yang dikeluarkan oleh tubuh dengan kondisi normal melalui air seni, buang air besar, keringat, dan saluran napas sekitar 2 liter atau 8 gelas. Oleh karena itu, air yang dibutuhkan untuk mengganti cairan dalam tubuh jumlahnya harus sama atau bahkan lebih. "Jangan pernah malas minum air dan jangan tunggu haus dulu baru minum," kata Dr Samuel Oentoro, M.S.,SpGK., ahli gizi klinik FKUI-RSCM, dalam acara Anugerah Abikarya Syandana 'Air adalah kebaikan alam dan manfaatnya bagi tubuh' di Rumah Imam Bondjol, Menteng, Jakarta, Rabu (8/12/2010). Dr Samuel menjelaskan, saat merasa haus sebenarnya tubuh sudah mulai kekurangan air sebanyak 1 persen. Kekurangan air 1-2 persen saja bisa membuat tubuh merasa letih, lemah, mengganggu konsentrasi dan kemampuan berpikir.

"Asal tahu saja, kandungan air terbanyak dalam tubuh ada di otak, karena 80-85 persen sel otak terdiri dari air. Jadi ketika Anda kekurangan air 1 persen saja saat haus, daya pikir di otak mulai terganggu. Bukan sulit, tetapi menjadi lebih berat untuk berpikir," jelas Dr Samuel yang juga berpraktik di Semanggi Spesialist Clinic. Selanjutnya ketika kekurangan 4-6 persen air, tubuh akan mengalami kelemahan yang berat, pucat, selaput lendir di mulut benar-benar kering, buang air kecil berkurang dan kesadaran menjadi gelisah.

Dan apabila mencapai 10 persen, kesadaran tubuh sudah tidak merespons (unresponsive), buang air kecil tidak ada (anuria), muka terlihat kelabu, tekanan darah menurun, nadi sangat cepat dan pelan, yang semuanya bisa berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal. "Kurang minum air bisa berakibat fatal untuk tubuh, jadi banyak-banyaklah minum air. Kelebihan air juga bisa berakibat fatal, tapi selama Anda masih minum melalui mulut dan bukan infus, saya yakin tubuh Anda tidak akan kelebihan air, karena belum apa-apa Anda sudah merasa begah (perut terasa penuh)," jelas Dr Samuel. Menurut Dr Samuel, sangat mudah untuk mendeteksi bahwa tubuh mulai kekurangan air, yaitu ketika tubuh memberikan sinyal untuk segera minum. Sinyal tubuh untuk minum berbeda dengan rasa haus, kondisi ini biasanya terjadi sebelum Anda merasa haus. Selain itu, Dr Samuel juga mengingatkan untuk selalu memperhatikan warna urine setiap kali buang air kecil. "Kalau ke toilet, selalu perhatikan warna urine Anda, kalau warnanya bening atau kuning muda maka status air di tubuh masih bagus. Tapi kalau warnanya kuning pekat atau kecoklatan, tandanya tubuh mengalami dehidrasi. Segeralah minum untuk mengimbanginya," kata Dr Samuel.


Last edited by gitahafas on Tue Nov 06, 2012 2:30 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:34 pm

JIKA DARAH RENDAH MINUMLAH TEH ATAU KOPI
Kamis, 8 Maret 2012 | 10:30 WIB
T:
Salam hangat. Saya wanita karier dengan umur 31 tahun, menikah dan punya anak umur 2 tahun, dan saya mengidap sakit darah rendah. Bagaimana pola makan untuk diet yang sehat? Karena kalo diet terlalu ketat saya pusing seperti berputar dan gemetaran. Terima kasih... (Bunda Een, 31)
J:
Salam hangat kembali Bunda Een, Pola makan untuk diet sehat tentunya berpedoman pada diet dengan gizi lengkap dan seimbang. Lengkap artinya dalam setiap makanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air. Seimbang artinya jumlah yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Saya tidak dapat menghitung dan memberikan contoh diet yang Bunda Een perlukan, karena tidak ada data mengenai berat dan tinggi badan, juga aktivitas sehari hari yang biasa dilakukan. Mengenai diet yang terlalu ketat tentu saja tidak baik untuk tubuh. Gejala yang timbul seperti pusing atau gemetaran akibat diet yang terlalu ketat bisa disebabkan oleh turunnya kadar gula dalam darah, atau tekanan darah rendah. Oleh karena itu sangat perlu mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh. Mengenai keluhan darah rendah ada beberapa saran diet yang dapat diterapkan:

* Minumlah air atau cairan dalam jumlah yang cukup. Air dapat mencegah dehidrasi sehingga membantu menambah volume darah yang akan meningkatkan tekanan darah.

* Ikuti menu yang berdasarkan pada diet gizi lengkap dan seimbang, sehingga tubuh mendapat berbagai zat gizi yang akan bermanfaat bagi metabolisme tubuh.

* Makan dalam porsi kecil, dan hindari konsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebihan.

* Kafein yang terdapat dalam kopi, teh, cokelat, maupun minuman berkafein lainnya dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Namun konsumsi kafein harus didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter keluarga, karena bagaimana pun kafein dapat memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

* Demikian juga dengan peningkatan asupan garam yang juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah, sebaiknya didiskusikan dahulu dengan dokter keluarga.


Last edited by gitahafas on Wed Dec 05, 2012 8:27 am; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:34 pm

KOPI VS TEH: MANA YANG LEBIH SEHAT DAN KAPAN HARUS MEMILIH?
Minggu, 08/04/2012 07:35 WIB AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta, Saat harus memilih kopi atau teh, biasanya yang menjadi pertimbangan adalah selera karena keduanya sudah terbukti sama-sama menyehatkan. Namun pada saat-saat tertentu, manfaat teh maupun kopi bisa saling mengungguli satu sama lain. Bagaimanapun kandungan dalam teh dan kopi tidak 100 persen sama, sehingga pilihan yang tepat di antara keduanya harus didasarkan pada banyak pertimbangan di luar urusan selera. Salah satunya adalah tujuan yang pada saat itu ingin didapat dari minuman tersebut. Kelebihan teh dan kopi pada saat-saat tertentu berdasarkan manfaat yang ingin diperoleh adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Menshealth.com, Minggu (8/4/2012).

1. Saat butuh mendongkrak stamina
Kafein di dalam kopi maupun teh sama-sama bisa mendongkrak stamina dengan cara meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Yang membedakan hanya kadarnya, dalam tiap 200 mL teh terkandung rata-rata 14-16 mg kafein sementara dalam 200 mL kopi kandungan kafeinnya bisa mencapai rata-rata 95 mL.

Pilihan: Kopi, karena kadar kafeinnya lebih tinggi sehingga efeknya lebih kuat dan lebih cepat.

2. Saat butuh selalu sehat
Sebuah penelitian tahun 2009 menunjukkan bahwa minum 4 cangkir kopi tiap hari bisa mengurangi risiko diabetes tipe-2 sebesar 30 persen. Penelitian lain menunjukkan. minum kopi minimal 3 cangkir setiap hari juga bisa menurunkan risiko kanker kulit sebanyak 9 persen.

Meski demikian, manfaat jangka panjang dari kebiasaan minum teh setiap hari juga telah banyak dibuktikan terutama pada teh hijau. Kandungan antioksidan dalam minuman ini bisa memperkuat daya tahan tubuh, serta pada laki-laki sangat efektif mencegah kanker prostat.

Pilihan: Keduanya sama-sama menyehatkan untuk dikonsumsi setiap hari.

3. Saat butuh menurunkan berat badan
Secara umum, kafein sudah terbukti bisa menurunkan berat badan serta lingkar pinggang. Namun secara khusus, sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa minum teh hijau setiap hari efektif mengecilkan perut sebanyak 3,4 cm dalam 12 pekan saja.

Pilihan: Teh, karena efeknya lebih cepat dalam membakar lemak dan membuat metabolisme sel menjadi lebih efisien.

4. Saat butuh badan berotot
Jika teh lebih efektif membakar lemak, maka kopi paling efektif membentuk massa otot karena kadar kafein yang lebih tinggi membuat efek stimulansianya makin kuat. Ketika seseorang, terutama laki-laki minum 2,5 cangkir kopi sebelum olahraga maka ia sanggup melakukan sprint atau lari cepat 9 persen lebih jauh.

Pilihan: Kopi, karena otot butuh stimulasi untuk bisa bekerja lebih berat. Makin sering dipakai untuk kerja berat, massa otot akan semakin berkembang.

5. Saat butuh memperbaiki suasana hati
Berbeda dengan kopi yang sering membuat jantung berdebar-debar karena kadar kafeinnya cukup tinggi, teh lebih cocok untuk meredakan ketegangan pada urat saraf. Bahkan menurut European Journal of Applied Physiology, beberapa jenis teh seperti teh melati dan teh lavender bisa meredakan stres dan perasaan gelisah hanya dengan dicium baunya saja.

Pilihan: Teh, sebab tradisi di banyak negara seperti Jepang dan China juga telah membuktikan bahwa minuman ini paling cocok untuk melengkapi waktu bersantai.


Last edited by gitahafas on Mon Sep 10, 2012 9:17 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:35 pm

MINUM TEH 8 GELAS ATAU KOPI 4 GELAS MASIH AMAN
Senin, 09/11/2009 08:19 WIB Nurul Ulfah - detikHealth
Jakarta, Teh dan kopi adalah salah satu minuman berkafein yang jika dikonsumsi kebanyakan berbahaya bagi kesehatan. Namun pakar nutrisi sepakat minum teh 8 gelas sehari atau minum kopi 4 gelas sehari masih aman. Pakar nutrisi dari Inggris, Dr Carrie Ruxton mengatakan bahwa selama ini orang menganggap bahwa teh, kopi dan minuman berkafein lainnya berbahaya. "Mitos selama ini mengatakan bahwa kafein tidak baik untuk jantung, terutama jika kebanyakan. Hal itu memang benar, tapi sebanyak apa konsumsinya, itulah yang perlu dicari tahu," ujar Ruxton seperti dilansir dari Reuters, Senin (9/11/2009). Ruxton dan rekannya pun akhirnya mencoba mencari tahu jumlah yang aman untuk mengonsumsi teh. Ia membandingkan 47 jenis studi tentang kafein, terutama teh. Sebuah kesimpulan akhirnya didapatkan Ruxton. Ia mengatakan, kafein bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Jumlah maksimal mengonsumsi kafein adalah 400 mg sehari, dan jika dikonversi dengan jumlah kafein pada secangkir teh, artinya 8 gelas teh sehari. Sedangkan untuk kopi adalah 4 cangkir. "Kafein yang terlalu banyak memang tidak baik untuk tubuh, tapi 8 gelas teh sehari tidak akan menyebabkan efek samping yang buruk," jelas Ruxton.Jumlah itu adalah jumlah optimum yang memberikan efek terbaik untuk kesehatan. Kandungan flavonoid dan antioksidan pada kafein membuat tubuh tetap terjaga, terhindar dari penyakit dan meningkatkan kemampuan otak. Anak-anak pun tidak dilarang untuk minum teh atau kopi, tapi jumlahnya sebaiknya tidak lebih dari 95 mg sehari atau sekitar 2 cangkir teh atau 1 cangkir kopi sehari.


Last edited by gitahafas on Mon Sep 10, 2012 10:28 am; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Minuman Bermanfaat   Sun Jul 08, 2012 6:38 pm

KOPI DAN TEH, MANA LEBIH BAIK?
Wuri Handayani, Stella Maris Kamis, 22 November 2012, 07:58 WIB
VIVAlife - Melewati pagi rasanya kurang lengkap tanpa secangkir kopi atau teh. Selain menyehatkan, kedua minuman ini juga dapat memberikan ekstra semangat. Dua-duanya pun memiliki kandungan antioksidan dan kafein. Namun, kopi sering dianggap tidak aman, karena kafeinnya yang tinggi. Dan banyak yang kemudian memilih teh. Sebenarnya, mana yang lebih baik, dan apa manfaat kedua minuman ini untuk tubuh.

Antioksidan
Baik teh atau kopi memang memiiki kandungan antioksidan, hanya saja jenisnya berbeda. Teh mengandung flavanoid yang berbahan dasar photochemicals, sedangkan kopi mengandung quinines dan asam klorogenat. Akan tetapi, kedua jenis antioksidan itu menjalankan fungsi yang sama, yaitu menangkal radikal bebas.

Kafein
Faktanya, kopi memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dari teh. Yakni dua kali lipat. Akan tetapi, jika Anda terlalu lama menyeduh teh, ini akan membuat kafein di dalam teh semakin meningkat.

Melawan kanker
Walau mengandung kafein yang tinggi, namun konsumsi kopi dalam batas wajar akan bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Baik teh atau kopi, mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap berbagai jenis kanker, terutama kanker ovarium dan kanker payudara.

Racun
Patut diketahui bahwa konsumsi kopi atau teh secara berlebih dapat menyebabkan keracunan zat kafein. Ini akan mengganggu sistem saraf pusat, yang menyebabkan insomnia, gelisah, dan sakit kepala.


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 3:07 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
 
Minuman Bermanfaat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 37Go to page : 1, 2, 3 ... 19 ... 37  Next
 Similar topics
-
» bahaya judi dan minuman keras

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: