Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Bayi Tabung

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 17 ... 30, 31, 32  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Wed Nov 20, 2013 7:46 pm

INSEMINASI & BAYI TABUNG SOLUSI MASALAH INFERTILITAS
Helmi Ade Saputra - Okezone RABU, 20 NOVEMBER 2013 16:30 wib
BANYAK pasangan suami-istri yang kesulitan memeroleh keturunan, meskipun sudah lama menikah. Lantas, bagaimana mengatasi permasalahan ini? Salah satu cara dalam mengatasi permasalahan infertilitas melalui program reproduksi dengan teknologi berbantu atau inseminasi dan IVF/bayi tabung. Morula IVF Indonesia adalah rantai klinik bayi tabung pertama di Indonesia yang terbukti telah sukses mengembangkan program reproduksi dengan teknologi berbantu. Direktur Morula IVF Indonesia sekaligus Komisaris Utama PT. Bundamedik, dr. Ivan R. Sini, SpOG mengatakan bahwa penanganan infertilitas modern telah berkembang pesat. Selain itu, menurutnya, teknologi kedokteran dan laboratorium sangat berperan dalam peningkatan hasil program. "Ada beberapa program teknologi reproduksi berbantu, termasuk inseminasi Intra Uterina dan Fertilisasi InVitro (IVF/bayi tabung). Program seperti ini merupakan gold standard pelayanan infertilitas di luar negeri," jelasnya di RSU Bunda Jakarta, Menteng, (20/11/2013). Sementara itu selama 2013, Morula IVF Indonesia telah melakukan sekira 843 program inseminasi. Hal ini menambah total sebanyak 3.328 program bayi tabung/IFV yang telah dilakukan mereka. "Kesehatan dan tingkat kecerdasan anak-anak bayi tabung juga terbukti tidak berbeda dengan anak-anak yang datang dari kehamilan natural," terangnya.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 1:53 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Wed Nov 20, 2013 7:47 pm

PENYEBAB INFERTILITAS WAJIB DIKETAHUI PRIA
Qalbinur Nawawi - Okezone - SABTU, 2 NOVEMBER 2013 17:21 wib
KENDATI penyebab infertilitas merupakan kondisi yang kompleks, tapi kita tetap bisa memahaminya dengan mudah. Seperti apa?  
Secara umum, penyebab infertilitas pada pria ada empat. Di mana hal itu bisa membuat kehidupan seksual pria sangat buruk dan sulit mendapat keturunan. Pertama karena produksi sperma yang abnormal, pria yang memiliki gangguan struktural, terpapar suatu lingkungan tertentu, dan kerusakan karena efek penyakit kanker dan pengobatannya. Bila Anda masih bingung atas empat penyebab infertilitas dan butuh penjelasan tambahan, di bawah ini penjelasan lengkapnya, dilansir Mayoclinic.

- Produksi sperma yang abnormal di mana kondisi itu dikarenakan berbagai masalah, seperti testis tak turun (undescended testicles), cacat genetik, diabetes, atau infeksi seperti gondok. Pembuluh darah pada testis yang diperbesar bisa meningkatkan aliran darah, sehingga memengaruhi jumlah dan bentuk sperma.

-Air mani yang memasuki kandung kemih bukannya muncul melalui penis saat orgasme, penyakit genetik tertentu, seperti cystic fibrosis, masalah struktural seperti penyumbatan pada bagian testis yang berisi sperma atau kerusakan atau cedera pada organ reproduksi.

- Terpapar suatu lingkungan tertentu, seperti pestisida dan bahan kimia lainnya, radiasi atau obat-obat tertentu, seperti steroid anabolik atau ganja. Selain itu, sering terpapar panas, seperti di sauna atau bak air panas dapat meningkatkan suhu inti tubuh dan merusak produksi sperma.

- Kerusakan karena efek penyakit kanker dan pengobatannya, termasuk radiasi atau kemoterapi. Pengobatan untuk kanker bisa mengganggu produksi sperma, terkadang malah sangat parah. Di mana penghapusan satu testis akibat kanker juga bisa memengaruhi kesuburan pria.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 5:04 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Fri Nov 22, 2013 10:58 am

PENYEBAB INFERTILITAS PADA WANITA
Qalbinur Nawawi - Okezone - SABTU, 2 NOVEMBER 2013 15:26 wib
MENGETAHUI penyebab infertilitas pada wanita sangat penting. Saat mengalaminya, informasi itu memberikan kekuatan bagi Anda mengambil penanganan tepat. Alhasil, Anda bisa cepat sembuh dari keluhan.   Infertilitas pada wanita, umumnya terjadi karena ada gangguan ovulasi. Namun tak hanya itu, masih banyak penyebab ketidaksuburan pada wanita. Berikut ulasan menariknya, seperti dilansir Mayoclinic.

Gangguan ovulasi
Gangguan ovulasi merupakan kondisi yang menghambat atau mencegah indung telur melepas sel telur. Contohnya, termasuk gangguan hormonal seperti sindrom ovarium polikistik, suatu kondisi yang mungkin berhubungan dengan ovarium Anda dan menghasilkan terlalu banyak hormon testosteron pria dan hiperprolaktinemia bila Anda memiliki terlalu banyak prolaktin -hormon yang merangsang produksi ASI. Penyebab lain mungkin termasuk olahraga berlebihan, gangguan makan, cedera, atau tumor.

Kelainan uterine atau serviks
Kondisi ini termasuk masalah dengan pembukaan serviks atau lendir serviks, kelainan pada bentuk atau rongga rahim. Tumor jinak pada dinding rahim yang sering terjadi pada wanita (fibroid rahim ) jarang bisa menyebabkan infertilitas dengan menghalangi saluran tuba. Lebih sering, fibroid dapat mendistorsi rongga rahim hingga mengganggu proses pembuahan.

Kerusakan atau penyumbatan pada tuba falopii
Kerusakan atau penyumbatan pada tuba falopii bisa diakibatkan karena penyakit radang panggul. Selain itu juga disebabkan oleh infeksi menular seksual dan endometriosis.

Endometriosis
Kondisi ini terjadi saat jaringan implan endometrium tumbuh di luar rahim, di mana sering memengaruhi fungsi indung telur, rahim dan saluran tuba.

Insufisiensi ovarium primer
Insufisiensi ovarium primer juga disebut menopause dini, di mana ovarium berhenti bekerja dan bisa membuat menstruasi di bawah umur 40 tahun. Meskipun penyebabnya seringkali tak diketahui, kondisi tertentu yang berhubungan dengan penyakit sistem kekebalan tubuh, akibat radiasi atau kemoterapi pengobatan dan merokok.

Adhesi pelvis.
Kondisi yang membuat pita jaringan parut yang mengikat organ setelah infeksi panggul, usus buntu, atau operasi perut atau panggul.

Gangguan tiroid.
Gangguan kelenjar tiroid atau terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme) atau terlalu sedikit (hypothyroidism) bisa mengganggu siklus menstruasi atau menyebabkan wanita mengalami infertilitas.

Kanker dan pengobatannya.
Beberapa kanker -terutama kanker reproduksi pada wanita - sangat sering mengganggu kesuburan wanita. Kedua radiasi dan kemoterapi bisa memengaruhi kemampuan wanita untuk bereproduksi.

Kondisi-kondisi lain.
Kondisi medis yang terkait dengan pubertas yang tertunda atau tak adanya menstruasi (amenorrhea) karena penyakit celiac, penyakit cushing, penyakit sel sabit, penyakit ginjal atau diabetes bisa memengaruhi kesuburan seorang wanita. Di samping itu, kelainan genetik bisa membuat menurunkan kemungkinan wanita mendapat hamil.

Obat-obatan tertentu.
Sementara infertilitas bisa terjadi dengan penggunaan obat tertentu. Dalam kebanyakan kasus, kesuburan akan kembali normal jika obat dihentikan.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 5:04 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Fri Nov 22, 2013 10:59 am

TAK KUNJUNG HAMIL, WANITA 35 TAHUN WAJIB KONSULTASI
Qalbinur Nawawi - Okezone - SENIN, 4 NOVEMBER 2013 18:11 wib
MENGETAHUI ketentuan untuk mencoba hamil sebelum konsultasi ke dokter perlu diketahui para pasangan. Pasalnya, Anda dan teman pasangan sudah di luar masa mencoba untuk hamil dan bisa langsung mengambil langkah berkonsultasi dengan dokter. Alhasil, masalah bisa cepat diselesaikan dan kemungkinan untuk mendapat kehamilan kian besar. Setiap wanita tak memiliki waktu toleransi menunggu kehamilan yang sama, hal itu tergantung pada umur berapa wanita itu menikah. Umumnya, kebanyakan para ahli menyarankan bahwa wanita harus mencoba untuk hamil, setidaknya satu tahun. Bila hasilnya nihil, barulah memikirkan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Sementara wanita berumur 35 tahun atau lebih, harus langsung berkonsultasi ke dokter setelah mereka mencoba untuk hamil selama enam bulan, tapi belum ada hasilnya. Penting diketahui, peluang seorang wanita mengalami penurunan memiliki bayi sangat cepat ialah setiap tahun setelah usia 30. Tak sebatas itu, beberapa masalah kesehatan juga meningkatkan risiko ketidaksuburan. Karena itu, para wanita harus berkonsultasi dengan dokter jika mereka memiliki masalah tersebut. Berikut masalah yang harus diwaspadai, seperti dilansir Medicinenet.

- Wanita yang mengalami menstruasi yang tak teratur atau tak mengalami menstruasi

- Siklus menstruasi yang sangat menyakitkan

- Wanita yang mengalami endometriosis (radang yang terkait dengan hormon estradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium sehingga menonjol keluar dari rahim dan menyebabkan rasa sakit luar biasa pada wanita)

- Memiliki penyakit radang panggul

- Memiliki pengalaman keguguran yanag sudah lebih dari sekali


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 5:03 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Fri Nov 22, 2013 11:08 am

USIA PENGARUHI KEMAMPUAN WANITA MILIKI ANAK?
Qalbinur Nawawi - Okezone - SENIN, 4 NOVEMBER 2013 17:18 wib
MENIKAH pada usia lebih dari 30 dan 40-an sangat berisiko bagi wanita. Pasalnya, kondisi itu bisa membuatnya kesulitan mendapatkan momongan. Usia merupakan faktor yang bisa meningkatkan masalah kesuburan pada wanita. Pasalnya, wanita yang baru menikah di atas usia 30-an akan mengalami kesulitan untuk hamil. Kendati demikian, sebenarnya seberapa berpengaruh faktor usia mengurangi kemungkinan wanita mendapatkan momongan? Untuk mengetahuinya, berikut ciri wanita yang mengalami kesulitan memiliki anak, seperti dilansir Medicinenet.

- Ovariumnya menjadi kurang mampu melepaskan sel telur dengan optimal

- Dia sangat sedikit memiliki sel telur yang tersisa

- Sel telurnya tak sehat

- Dia lebih cenderung memiliki kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan masalah kesuburan

- Dia lebih cenderung mengalami keguguran


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 5:02 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Fri Nov 22, 2013 11:08 am

YANG BERISIKO KESULITAN DAPATKAN MOMONGAN
Qalbinur Nawawi - Okezone - SENIN, 4 NOVEMBER 2013 20:20 wib
ANDA beserta istri sudah siap memiliki momongan, tetapi kehamilan tak kunjung tiba? Bila iya, barangkali Anda atau sang istri termasuk orang yang berisiko mengalami kesulitan mendapatkan buah hati. Pasalnya, ada beberapa faktor risiko yang memicu seseorang atau pasangan mengalami infertilitas, sehingga membuatnya mengalami kesulitan mengalami momongan. Sayangnya, banyak orang yang melakukannya, tapi cenderung abai dan tak menyadari bahwa dia memiliki faktor risiko tersebut. Tidak percaya? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dilansir Mayoclinic.

Umur
Kesuburan seorang wanita secara bertahap menurun seiring dengan bertambahnya usia dan penurunan kesuburan ini menjadi lebih jelas dalam dirinya pada pertengahan umur 30-an. Kondisi itu bisa terjadi karena jumlah dan kualitas sel telur menurun saat bertambahnya usia atau efek dari masalah kesehatan yang bisa mengganggu kesuburan. Sementara itu, pria di atas usia 40 mungkin kurang subur dibandingkan pria berusia muda.

Merokok
Kesempatan sebuah pasangan untuk mendapatkan kehamilan berkurang jika salah satu pasangan pecandu rokok. Merokok juga mengurangi manfaat dari upaya perawatan kesuburan pada wanita. Lebih dalam, keguguran lebih sering terjadi pada wanita yang merokok dan bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi, serta jumlah sperma yang sedikit pada pria.

Peminum alkohol
Bagi wanita, tak ada level aman dari meminum alkohol selama pembuahan ataupun selama masa kehamilan. Hindari minum alkohol jika berencana mendapatkan momongan karena Anda mungkin tak sadar sedang hamil selama beberapa pekan pertama. Meminum alkohol bisa meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi dan bisa membuat seseorang lebih sulit mendapatkan kehamilan. Untuk pria, efek meminum alkhol dalam batas berlebihan bisa menurunkan jumlah sperma dan motilitasnya.

Kelebihan berat badan
Wanita yang memiliki berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko infertilitas. Sementara pada pria, obesitas bisa mungkin akan memengaruhi jumlah sperma mereka.

Bertubuh kurus
Wanita yang berisiko dengan masalah kesuburan, termasuk orang yang memiliki gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia, dan wanita yang memiliki pola makan berkalori sangat rendah atau diet ketat.

Kurang berolahraga
Kurangnya berolahraga memberikan kontribusi seseorang mengalami obesitas yang meningkatkan risiko infertilitas. Kadang-kadang, masalah ovulasi bisa juga memicu peningkatan berat badan dan wanita kurus yang berlebihan berat badan juga potensi mengalami infertilitas.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 5:08 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Fri Nov 22, 2013 11:08 am

YANG BIKIN ANDA CEPAT HAMIL
Dwi Indah Nurcahyani - Okezone - SENIN, 4 NOVEMBER 2013 00:32 wib
SUDAH menikah lama namun tak kunjung hamil? Jangan dulu murung menghadapinya. Mulailah mengubah gaya hidup Anda sejak dini. Pola hidup sehat membuat kemungkinan hamil lebih besar. Karenanya, selektiflah pilih makanan dalam diet yang Anda lakukan. Berikut panduannya, seperti dilansir Sofeminine.

Diet sehat
Mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Meski demikian, Anda harus konsisten melakukannya karena hal ini meningkatkan peluang Anda mendapatkan kehamilan. Olahraga teratur dan diet seimbang membantu menjaga tubuh proporsional. Hal ini pun menjadi jalan terbaik untuk mendapatkan kehamilan. Anda perlu memastikan bahwa Anda mengonsumsi sayur dan buah dengan kelompok warna yang berbeda setiap hari. Hal ini menjadi cara mudah untuk memastikan Anda mendapat kecukupan vitamin dan mineral penting dalam diet Anda. Untuk itu, stok makanan seperti blueberry, raspberry, paprika merah, tomat dan sayuran hijau lainnya. Makanan lain yang bisa meningkatkan peluang Anda hamil ialah makanan yang kaya zinc, seperti tiram. Asam folat juga menjadi kunci untuk mendapatkan kehamilan, sehingga sangat penting Anda mencukupi kebutuhan tersebut. Anda bisa mendapatinya dari makanan yang kaya kandungan asam folat seperti brokoli dan bayam. Konsumsi pula susu, buah-buahan, dan daging untuk memenuhi protein dan meningkatkan kesehatan Anda.

Konsumsi vitamin
Ada beberapa nutrisi penting bahwa tubuh memerlukan asupan penunjang untuk cepat hamil. Vitamin berikut ini diperlukan jika Anda ingin mendapatkan kehamilan, seperti vitamin E, zinc, tembata, asam panthothenic, kalium, vitamin A, C, D, thiamin B6, riboflavin, niacin.

Bobot tubuh yang proporsional
Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan dapat mengurangi peluang Anda untuk hamil secara signifikan. Jadi, ketika Anda mencoba untuk hamil, pikirkan tentang hal tersebut. Idealnya, indeks massa tubuh Anda berada di posisi 20-25. Jika di bawah ini kemungkinan Anda sulit untuk berjuang hamil cepat. Kelebihan berat badan juga meningkatkan kemungkinan tekanan darah tinggi diabetes selama kehamilan dimana dapat memberikan kontribusi komplikasi pada kehamilan Anda. Periksakan ke dokter Anda dan periksalah apakah berat Anda bisa menjadi penghalang untuk hamil. (ind)


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 5:07 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Fri Nov 22, 2013 11:09 am

POSISI SEKS TAK BENAR BIKIN SUSAH HAMIL
Niken Anggun Nurani - Okezone JUM'AT, 29 MARET 2013 00:04 wib
ADA banyak faktor yang membuat pasangan kesulitan mendapatkan anak. Mulai dari gangguan kesehatan fisik maupun mental, hingga asupan makanan yang dikonsumsi. Semua faktor tersebut dapat membuat Anda dan pasangan kesulitan untuk mendapatkan momongan. Proses kehamilan memang membutuhkan waktu, namun jika terlalu lama, ini bisa jadi merupakan tanda bahwa ada gangguan kesehatan yang patut untuk dilakukan pemeriksaan. “Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan Anda kesulitan mendapatkan anak. Misalnya, hal yang sederhana seperti posisi seks yang tidak benar, siklus haid pada wanita yang terganggu, atau gaya hidup tidak sehat pada pria,” ungkap Dr. Budi Wiweko SpOG (K), Sekjen PERFITRI (Perkumpulan Fertilitasi in Vitro Indonesia), dalam sebuah acara bertema PERFITRI dan Merck Konsisten Lanjutkan Edukasi Infertilitas dan Bayi Tabung, Hotel Menara Peninsula, Jakarta, belum lama ini. Untuk mengatasi hal tersebut, Dr. Budi memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasangan yang ingin melakukan program kehamilan. “Yang pertama, hubungan seksual harus benar, misalnya posisi seks yang memungkinkan penis bisa mengeluarkan sperma ke dalam rahim, kemudian lakukan hubungan seks secara teratur, baiknya satu hingga tiga kali dalam sepekan,” jelas Dr. Budi. Selain itu, faktor lain seperti merubah gaya hidup tidak sehat, mengontrol siklus haid, dan menambahkan asam folat dalam menu harian akan membantu Anda untuk mempercepat kehamilan. (tty)


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 4:48 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Fri Nov 22, 2013 11:10 am

TUNDA KEHAMILAN TURUNKAN KESEMPATAN PUNYA ANAK
Niken Anggun Nurani - Okezone SELASA, 26 MARET 2013 19:16 wib
BANYAK pasangan yang menunda untuk memiliki momongan. Padahal, semakin bertambahnya usia, maka risiko memiliki keturunan akan semakin kecil dan berisiko bagi kesehatan Anda. Jika Anda termasuk pasangan yang ingin menunda memiliki anak, ada baiknya mempertimbangkan untuk tidak terlalu lama menunda memiliki anak. Karena makin bertambah usia Anda, maka akan banyak risiko yang mungkin terjadi saat Anda ingin menjalankan program kehamilan. “Umur merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan dan kehamilan. Umur dapat menyebabkan penurunan jumlah kualitas sel telur dan memicu adanya kelainan yang mencegah pembuahan normal,” ungkap Dr. Indra C Anwar, SpOG, dokter kandungan dan kebidanan dari RS Gading Pluit dan RSIA Bunda, pada sebuah acara bertema PERFITRI dan Merck Konsisten Lanjutkan Edukasi Infertilitas dan Bayi Tabung, Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (26/3/2013). Faktor usia juga akan menurunkan tingkat kesuburan Anda. “Peluang hamil untuk mereka yang sudah berusia 30 tahun adalah 20 persen, sementara mereka yang berusia 40 tahun, hanya memiliki peluang sebesar lima persen. Inilah alasan penting untuk tidak menunda momongan hingga usia Anda terus bertambah,” ungkap Dr. Indra.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 5:01 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Bayi Tabung   Fri Nov 22, 2013 11:11 am

SETAHUN MENIKAH BELUM PUNYA ANAK, MUNGKIN INI PENYEBABNYA
Minggu, 13 Oktober 2013, 10:02 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Kebahagiaan sebuah rumah tangga akan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran anak. Namun, tidak sedikit pasangan suami istri yang belum memperoleh momongan karena berbagai faktor. Dalam kasus kemandulan, pasangan suami istri dikatakan mengalami infertilitas (kemandulan), bila melakukan hubungan suami istri secara teratur selama lebih dari 1 tahun tanpa kontrasepsi, namun belum memiliki keturunan. “Sekitar 15 persen kemandulan itu disebabkan kelainan yang diderita pria, “ kata ahli urologi dari Asri Urology Center di Rumah Sakit Asri Jakarta, Nur Rasyid. Jumlah tersebut diperkirakan lebih banyak lagi. Namun banyak pria yang tak mau memeriksakan dirinya, dan tak mau menerima diagnosis bahwa dirinyalah penyebab kemandulan. Padahal, jika melakukan pemeriksaan penyebab kemandulan pada pria, itu jauh lebih mudah dam murah. “Kalau memeriksa pria, justru lebih sederhana dan tidak serumit wanita,” katanya. Menurut ahli urologi, Akmal Taher, yang menentukan kesuburan pria adalah faktor spermatozoa yang diproduksi dari testis Karena testis 85 persennya adalah pabrik spermatozoa. Jadi, jika terjadi kelainan pada testis, akan mempengaruhi produksi spermatozoa, dan bisa menyebabkan kemandulan. Selain testisnya, kualitas spermatozoa juga berpengaruh. Menurutnya, gaya hidup yang kurang baik juga bisa mempengaruhi kualitas sperma. Sperma paling baik diproduksi dalam suhu dua hingga empat derajat celsius lebih rendah dari suhu tubuh. Jika sering melakukan gaya hidup yang membuat testis justru lebih panas dari suhu tubuh, akan membuat produksi spermatozoa menurun. Misalnya adalah berendam di air panas, sauna, memangku laptop saat bekerja, atau pun memakai celana yang terlalu ketat. Merokok dan minum alkohol juga bisa menyebabkan kelainan pada spermatozoa. Penggunaan steroid atau obat-obatan hormonal juga mempe ngaruhinya spermatozoa. Kelainan spermatozoa bisa berupa kelainan jumlah (oligo), gerakan (astheno), ataupun bentuknya (terato). Paling parah adalah keadaan tidak ditemukannya spermatozoa sama sekali, atau yang disebut dengan azoospermia. Kelainan spermatozoa ini bisa disebabkan varikokel (pelebaran pembuluh vena di kantung Testis), idiopatik, faktor genetik, sumbatan saluran spermatozoa (obstruksi), kelainan bawaan sejak lahir, infeksi menular seksual, atau juga karena gangguan hormon.


Last edited by gitahafas on Sun Apr 06, 2014 4:53 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
 
Bayi Tabung
View previous topic View next topic Back to top 
Page 31 of 32Go to page : Previous  1 ... 17 ... 30, 31, 32  Next
 Similar topics
-
» Nama Bayi Islami Untuk Perempuan
» obat campak bagi anak bayi
» adab menyambut kelahiran bayi
» Nama bayi Islami untuk Laki-Laki
» BLOG REPORT: "Little hands" (Down's syndrome)

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: