Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Susu dan A S I

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 16 ... 27, 28, 29
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Tue Sep 24, 2013 10:18 am

KEUNGGULAN SUSU UNTUK KESEHATAN
Qalbinur Nawawi - Okezone - MINGGU, 22 SEPTEMBER 2013 11:24 wib
MANFAAT dari meminum susu sangat banyak. Oleh karenanya, susu disebut pangan fungsional yang baik untuk meningkatkan atau memertahankan kesehatan tubuh seseorang. Hal itu seperti dijelaskan Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp. GK, ahli spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dia menjelaskan, susu memiliki manfaat tambahan di samping memiliki fungsi gizi dasar pangan kepada seseorang yang meminumnya. Terlebih karena susu merupakan asupan relatif lengkap untuk membantu menyediakan segala kandungan yang dibutuhkan manusia setiap hari. Untuk mengetahui apa saja keunggulan dari susu, berikut penjelasan dr. Fiastuti.

- Susu mengandung protein, termasuk asam amino esensial yang bermanfaat untuk pembentukan protein tubuh.

- Susu mengandung asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan ini sangat penting karena tubuh tak bisa membentuknya secara alami.

- Mengandung kalsium, fosfor, magnesium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

- Mengandung vitamin larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.

- Susu mengandung vitamin larut dalam air, seperti vitamin B1, B2, B6, B12, Vit C, dan asam folat. Hal itu sangat penting karena tubuh tak bisa memproduksi sendiri. Sehingga tubuh membutuhkan asupan yang berasal dari makanan atau minuman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

- Praktis untuk dikonsumsi bila susu ada dalam kemasan.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Wed Jun 03, 2015 5:36 am

ORANG INDONESIA BARU MINUM 11 LITER SUSU PER TAHUN
Selasa, 02 Juni 2015, 10:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap jam tiap hari, masyarakat di seluruh dunia menikmati nitrisi susu sebanyak 117 juta gelas susu. Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia, Paul Richards, mengatakan, susu memainkan peran yang semakin penting dalam menu makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. “Masyarakat Indonesia mengkonsumsi sekitar 2,3 miliar liter susu ditahun 2014 atau meningkat sebanyak 113 juta liter susu dari tahun sebelumnya," ujar dia, Senin (1/6) dalam perayaan hari susu internasional. Richards mengatakan gaya hidup dan tren menu makanan setempat telah mendorong pertumbuhan konsumsi susu. Di Indonesia, kata dia, orang-orang baru mengonsumsi sekitar 11 liter susu per orang per tahun. Jumlah ini jauh di bawah negara tetangga di ASEAN." Senior Nutrition Manager Fonterra Brands Indonesia, Ines Y Gulardi, mengatakan, Hari Susu Dunia merupakan kesempatan baik untuk menyoroti berbagai manfaat dari susu. Menurut dia, susu adalah salah satu makanan super di dunia. Mengkonsumsi susu yang tidak difortifikasi sekali (200ml) per hari menyumbang sekitar 30 persen dari kebutuhan kalsium dan fosfor harian. "Serta memberikan lebih dari 10 persen kebutuhan zinc, selenium, vitamin A, B12 dan protein untuk dewasa. Kebanyakan susu yang ada di pasaran sudah difortifikasi paling tidak dengan vitamin D yang dikenal dapat membantu penyerapan kalsium. Susu dianggap sebagai salah satu ‘kendaraan’ terbaik untuk fortifikasi nutrisi,” jelasnya. Dia mengatakan, konsumsi susu di Indonesia cenderung menurun pada saat anak-anak memasuki usia remaja. Padahal susu dapat memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan tulang sehingga dapat mendukung mobilitas, tumbuh kembang pada anak dan kesehatan pada umumnya, tidak terbatas pada usia. "Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memahami manfaat dan dihimbau untuk menambahkan susu ke dalam menu sehari-hari," tambahnya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Fri Jun 12, 2015 10:22 am

BOLEHKAH ANAK KONSUMSI YOGHURT?
Senin, 1 Juni 2015 | 11:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Yogurt merupakan hasil fermentasi susu dengan bakteri asam laktat Lactobacillus bulgarius dan Streptococcus thermophilles. Dengan rasa sedikit asam, yogurt mengandung bakteri baik atau probiotik yang membantu fungsi saluran cerna. Namun, apakah yogurt juga baik dikosumsi oleh anak-anak? Ahli nutrisi dokter Grace Judio- Kahl mengatakan, anak-anak boleh saja mengosumsi yogurt. Karena, yogurt juga mengadung kalsium sama seperti susu. Selain itu, yogurt juga dapat berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan anak. “Setelah berusia 1 tahun boleh saja konsumsi yogurt,” ujar Grace dalam perayaan World Digestive Health Day bersama Heavenly Blush di Jakarta, Minggu (31/5/2015). Yogurt lebih mudah dicerna dalam sistem pencernaan. Ini disebabkan karena laktosa telah dipecah menjadi sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa dengan bantuan bakteri asam laktat. Bahkan menurut Grace, setelah ASI 6 bulan, bayi juga boleh menyicip yogurt. Ini hanya untuk mengenalkan rasa pada bayi. Meski demikian, bukan berarti yogurt bisa dijadikan sebagai pengganti susu pada anak-anak, khususnya di bawah satu tahun. Di bawah usia satu tahun, sistem pencernaan anak masih sensitif. Yogurt juga bisa dikosumsi oleh orang yang mengalami intoleransi laktosa ketika minum susu. Susu butuh bantuan enzim laktase untuk menyerap laktosa atau karbohidrat susu di dalam usus. Sementara yogurt tidak,karena laktosa sudah dipecah terlebih dahulu. Penyajian yogurt bisa ditambah denga buah-buahan. Biasanya, produk yogurt memiliki banyak varian rasa buah, sehingga anak-anak menyukainya. Konsumsi yogurt pun bisa dilakukan secara rutin.
Back to top Go down
 
Susu dan A S I
View previous topic View next topic Back to top 
Page 29 of 29Go to page : Previous  1 ... 16 ... 27, 28, 29
 Similar topics
-
» Susu Yang Cocok Untuk Pertumbuhan Umur 19 Tahun Ke Atas
» MENYUSUI LELAKI DEWASA MENURUT ISLAM
» kristen mempertanyakan silsilah lengkap jalur keturunan muhammad dari nabi ismail
» Siswa SMP di Aceh Harus Sebutkan Ukuran Kelamin
» .Geledah Rumah Ibrahim, Densus 88 Ngembat Susu Kambing

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: