Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Susu dan A S I

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 14 ... 25, 26, 27, 28, 29  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Tue Feb 05, 2013 10:32 am

MANFAAT SARAPAN SUSU BAGI ANAK ANDA
SENIN, 19 NOVEMBER 2012 11:06 wib Niken Anggun Nurani - Okezone
MENGONSUMSI susu setiap hari semenjak dini ternyata dapat membawa manfaat bagi kesehatan Anda. manfaat tersebut bisa Anda rasakan seumur hidup Anda. Menurut penelitian baru, susu yang Anda konsumsi setiap hari dapat meningkatkan kemampuan fisik Anda dan keseimbangan tubuh saat usia Anda sudah lanjut. Dalam studi yang membahas tentang anti -aging ditemukan peningkatan kesehatan bagi mereka yang mengonsumsi satu gelas susu setiap hari semenjak kanak-kanak, demikian yang dilansir Health24. Susu adalah sumber makanan bagi tulang karena kandungan vitamin D dan kalsium di dalamnya membantu membangun kekuatan tulang. Sarapan susu di pagi hari dapat membantu anak-anak mendapatkan nutrisi yang mereka perlukan untuk melewati berbagai kegiatan setiap hari. Para peneliti menilai, anak-anak yang terbiasa mengonsumsi susu semenjak dini akan membawa kebiasaan sehatnya ini sampai usia tua. Orang-orang usia lanjut yang sering mengonsumsi susu sejak dini juga memiliki mobilitas yang lebih baik, seperti adanya keseimbangan dalam tubuh. The 2010 Dietery Guidlines merekomendasikan dua gelas susu untuk balita usia dua sampai tiga tahun, 2 1/2 gelas untuk anak-anak usia empat sampai delapan tahun, dan 3 gelas susu setiap hari untuk usia remaja dan dewasa. Konsumsi susu setiap hari saat sarapan adalah kesempatan ideal untuk membantu anak-anak Anda dalam memulai hari. (ina)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Tue Feb 05, 2013 11:01 am

TIDAK SEMUA PRODUK SUSU BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN TULANG
Vera Farah Bararah - detikHealth Selasa, 05/02/2013 08:43 WIB
Jakarta, Ada banyak produk susu yang dijual di masyarakat. Tapi meski sama-sama mengandung susu di dalamnya, tidak berarti semua produk susu bisa meningkatkan kesehatan tulang. Tim peneliti menemukan konsumsi produk susu khususnya susu dan yoghurt berhubungan dengan kepadatan mineral tulang (bone mineral density/BMD) yang lebih tinggi di pinggul, tapi tidak di tulang belakang. Temuan lain dalam studi ini juga menunjukkan tidak semua produk susu bisa memberikan keuntungan dalam mempromosikan kekuatan tulang. Di sisi lain produk krim secara keseluruhan memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih rendah. "Susu memberikan nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Namun krim dan produknya seperti es krim memiliki lebih tinggi lemak dan gula," ujar Shivani Sahni, PhD, Musculoskeletal Research Team, Institute for Aging Research (IFAR), seperti dikutip dari MedIndia, Selasa (5/2/2013). Dalam studi ini pemberian 2,5-3 porsi susu dan asupan yoghurt per hari dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih baik. Sedangkan untuk keju diperlukan penelitian lebih lanjut karena beberapa diantaranya mengandung kadar natrium dan lemak yang tinggi. Penelitian ini berdasarkan data yang dikumpulkan dari 3.212 peserta yang membandingkan asupan susu dengan pengukuran kepadatan mineral tulang, serta melihat manfaatnya. Diketahui komposisi gizi bervariasi diantara produk susu ini. Namun jika seseorang memilih susu rendah lemak atau yoghurt dapat meningkatkan asupan protein, kalsium dan vitamin D, serta membatasi asupan lemak jenuh. Hasil penelitian seperti ini mendukung gagasan bahwa nutrisi yang tepat dapat membantu memerangi osteoporosis dan juga patah tulang. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Archives of Osteoporosis. Osteoporosis dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan bagi masyarakat. Jika kepadatan tulang rendah maka risiko osteoporosis dan patah tulang terutama tulang belakang, pinggul dan pergelangan tangan makin tinggi. Untuk kondisi ini perempuan berada pada risiko yang lebih tinggi daripada laki-laki.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Tue Feb 05, 2013 5:12 pm

SUSU PENUHI KEBUTUHAN PROTEIN & KALSIUM TUBUH
KAMIS, 24 MEI 2012 14:58 wib K. Wahyu Utami - Okezone
SETIAP orang bisa mendapatkan tubuh sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang menjadi solusi tepat. Dosen dari Departemen Gizi Masyarakat Sumber Daya dan Keluarga, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan MS, mengatakan rata-rata konsumsi protein dari beragam jenis pangan diketahui bahwa lauk-pauk merupakan sumber protein utama. Namun, sebenarnya kontributor protein yang pertama ada pada padi-padian yang dikonsumsi tubuh manusia setiap hari. “Padi memberikan 21,57 gram protein pada tubuh. Itu membuktikan bahwa masyarakat suka makan nasi, sehingga memberikan kontribusi yang signifikan untuk keperluan protein tubuh kita,” tuturnya saat ditemui Okezone di Jatim Expo, Surabaya, belum lama ini. Meski padi memiliki peran penting, sumber gizi lain yang juga dibutuhkan tubuh ialah susu. Sayangnya, kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi susu masih terbilang sedikit. Konsumsi susu per kapita di Indonesia pada 2010 hanya 11.84 liter, di mana rata-rata konsumsi orang Indonesia hanya 42.44 ml atau dua sendok makan per hari. Prof. Ali menambahkan, “Hal ini sangat berbeda dengan rata-rata konsumsi di Amerika yang mencapai 743 mg, di mana 440 mg yang terdapat dari susu dan es krim lainnya. Sedangkan di Indonesia hanya mengontribusi susu sebanyak 23 mg, seharusnya konsumsi tersebut idealnya harus mencapai 700-800 mg sehari.” Kontribusi susu untuk sumbangan kalsium Indonesia menempati posisi terakhir dari enam negara berkembang di Asia pada 2011, posisi pertama ditempati negara India. “Kalau kita minum susu, tubuh kita akan mendapatkan kalsium. Sekitar 40-50 persen kalsium terpenuhi untuk kebutuhan tubuh oleh susu. Masyarakat Indonesia harus tahu itu,” tutupnya. (ina)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Tue Feb 05, 2013 5:17 pm

MENGAPA ANDA HARUS MINUM SUSU?
SELASA, 5 JUNI 2012 16:55 wib Gustia Martha Putri - Okezone
SIAPA yang tak suka minum susu? Selain lezat, susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. "Susu merupakan sumber nutrisi yang sangat baik. Sejak bayi dilahirkan, langsung membutuhkan air susu ibunya, ada yang disebut kolostrum. Selama enam bulan pertama usianya, bayi membutuhkan susu berupa ASI tanpa tambahan apapun. Hingga usia dua tahun pertama, ASI adalah susu terbaik. Jadi, manusia perlu susu," tutur Dr. Soedjatmiko, SpA(K), dalam dalam acara Peluncuran Modul Raising a Life Ready Generation Dancow Parenting Center di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (5/5/2012).

Selepas ASI, manusia tetap perlu minum susu. Mengapa?
"Setelah ASI dua tahun, anak tetap perlu susu karena umumnya perihal makan, sukanya mereka pilih-pilih. Dari sekian banyak ragam makanan, pasti ada beberapa yang paling disukai oleh mereka. Kalau suka, biasanya maunya ya itu-itu saja. Tapi, mereka kan perlu beragam nutrisi dalam hidupnya. Di situlah perlunya minum susu," jelas dokter yang berpraktik di RSCM, Eka Hospital, dan Rumah Sakit Permata Pamulang ini. Dalam masa pertumbuhan, lanjutnya, anak-anak memerlukan beragam nutrisi guna mengotimalisasi kebutuhan tumbuh kembangnya. Susu berfungsi sebagai penyempurna kekurangan nutrisi. "Susu bersifat mudah dicerna, misalnya kalau anak sakit gigi. Kalau dia minum susu, bisa banyak membantu melengkapi kebutuhan nutrisinya. Karena di dalam susu, terdapat banyak beragam nutrisi. Ada protein, lemak, kalsium, mineral, karbohidrat, dan beragam vitamin yang semuanya dibutuhkan tubuh," paparnya.

Lantas, bagaimana yang tak suka susu mengoptimalkan kebutuhan nutrisinya?
"Bagi yang tak suka atau tak bisa meminum susu hewani, bisa mengonsumsi susu kedelai. Kalau memang tak bisa juga, bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan keberagaman asupan. Jika butuh protein, ya makanlah tahu, daging ayam, atau daging sapi. Usungkan keberagaman makanan agar seluruhan kebutuhan nutrisi dapat tercukupi," tutupnya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Tue Feb 05, 2013 5:22 pm

AYO, BUDAYAKAN MINUM SUSU
SELASA, 12 JUNI 2012 09:11 wib SINDO
SUSU memiliki kandungan nutrisi lengkap dan mudah diserap oleh tubuh. Namun, sayang konsumsi susu di Tanah Air masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil Survei Euromonitor & Internal Tetra Park 2011, konsumsi susu Indonesia hanya 12,8 liter per kapita per tahun. Jumlah ini jauh di bawah Malaysia yang mencapai 50,8 liter per kapita per tahun, India 47,1 liter, bahkan Vietnam 14,3 liter. “Jika dirata-ratakan, orang Indonesia hanya minum susu sembilan hari sekali. Konsumsinya masih rendah, padahal kandungan gizinya sangat banyak,” ujar dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc MS SpGK saat media outing Ultra Milk Low Fat High Calcium bertajuk Be Smart & Healthy - the Natural Way di Jadul Village, Bandung, Jawa Barat. Fiastuti memaparkan, susu mengandung semua zat gizi bahan pembangun tubuh. Karbohidrat misalnya, berbentuk laktosa yang tidak terlampau manis. Selain sebagai sumber tenaga, laktosa susu tidak merusak gigi. Ada protein, yang penting untuk pertumbuhan anak, mengganti bagian sel yang rusak, serta memproduksi hormon dan enzim dalam tubuh.

Susu juga mengandung lemak.
Lemak susu adalah sumber vitamin larut lemak, seperti vitamin E, A, D, dan sumber asam lemak esensial serta hormon. Minuman berwarna putih ini kaya vitamin B1, B2, B6, dan niacin. Susu juga mengandung vitamin C yang penting untuk mencegah kerusakan pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan tulang. Masih banyak kandungan gizi lain yang penting dalam susu. Sebutlah kalsium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Magnesium yang penting untuk pembentukan tulang, protein, dan fungsi syaraf. Zinc mineral penting untuk pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka. Dengan begitu ”membeludaknya” zat gizi penting dalam susu, dia menuturkan, tidak benar jika mengonsumsi susu membuat gemuk. ”Dalam 100 gram susu, kalorinya hanya 65 kkal. Sementara, tempe bisa sampai 200 kkal. Tidak tepat jika susu memicu kegemukan, mungkin makanan lain yang membuat naiknya berat badan,” ucap Fiastuti. Intinya, kata Fiastuti, susu diperlukan semua kelompok umur atau life cycle, mulai bayi hingga kakek-nenek. Bayi yang baru lahir misalnya, minum susu penting untuk pembentukan dan perkembangan fisik dan otak. Bagi anak-anak, remaja, orang dewasa, dan lanjut usia, susu menjadi sumber protein, kalsium, dan vitamin B12. Dia mengungkapkan, susu bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis karena kandungan kalsiumnya. Diketahui, kepadatan tulang manusia akan berangsur memudar seiring usia. Setelah mengalami puncak pada usia 30 tahun, tubuh tidak cukup mampu lagi membentuk tulang baru. Bisa juga karena penyerapan tulang yang sudah berusia tua terlalu banyak, maka terjadilah osteoporosis.

Meski terlihat super, susu juga punya kelemahan. Minuman sehat ini mudah mengalami kerusakan karena paparan bakteri. Pada suhu kamar, susu hanya bertahan maksimal empat jam setelah pemerahan. Karena itu, untuk memperpanjang daya simpan dan keamanan pangan, susu perlu perlakuan khusus. Misalnya didinginkan, dipanaskan, dipasteurisasi atau disterilkan, serta pengemasan yang tidak mudah rusak. Ada juga proses UHT (ultra high temperature). Ini adalah proses pemanasan susu hingga 135–140 derajat Celsius selama 2–4 detik saja. Tindakan pemanasan ini efektif untuk mensterilkan susu dengan membunuh semua bakteri, baik patogen maupun pembusuk, tanpa merusak kandungan gizi susu tersebut. ”Susu UHT yang disimpan secara aseptik dapat bertahan lama di suhu ruangan selama enam sampai sepuluh bulan selama kemasan belum dibuka. Jika sudah kemasan sudah dibuka, harus di simpan di lemari pendingin,” imbuh Fiastuti. Ultra Milk Low Fat High Calcium adalah satu contoh produk susu UHT produksi PT Ultrajaya Milk Industry Tbk yang bercita rasa murni dan alami tanpa bahan pengawet. “Ultra Milk Low Fat High Calcium adalah solusi tepat bagi pribadi modern karena merupakan susu cair murni hasil proses UHT dengan kandungan nutrisi dari alam tanpa penambahan zat artifisial untuk tubuh yang sehat dan kuat, tanpa takut gemuk. Masyarakat harus tahu bagaimana cara untuk hidup yang lebih sehat dengan teliti dalam menentukan pilihan yang tepat,” kata Siska Susryaman, Head of Marketing PT Ultrajaya Milk Industry Tbk.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Wed Feb 13, 2013 8:03 am

PERLUKAH SUSU "KHUSUS" PENUNJANG GIZI?
Penulis : Unoviana Kartika | Selasa, 12 Februari 2013 | 19:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Susu sapi saat ini dikemas, diolah dan difortifikasi untuk berbagai kebutuhan. Di pasaran, kita dapat dengan mudah menemukan produk susu untuk ibu hamil, ibu menyusui, susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun, usia remaja, bahkan orang berusia lanjut. Perlukah sebenarnya mengonsumsi produk susu 'khusus' yang dibedakan ini? Yang jelas, jangan susu kental manis yang dijadikan sumber gizi. Susu kental manis mengandung banyak gula. Menurut Ketua Pergizi Pangan Indonesia Prof. Hardinsyah, pengelompokan susu sebenarnya disesuaikan dengan fortifikasi, yakni penambahan satu atau beberapa zat gizi (nutrien) dalam susu yang telah diolah. Perbedaan didasarkan atas zat-zat gizi yang ditambahkan dan paling dibutuhkan oleh konsumen bersangkutan. Penambahan zat-zat gizi ke dalam susu, kata Hardinsyah, ditujukan untuk mengantisipasi kekurangan zat gizi tertentu yang tidak tercukupi kebutuhannya dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. "Budaya di masyarakat kita masih paling banyak mengonsumsi karbohidrat, sedangkan unsur gizi lainnya seperti protein yang didapat dari daging, ikan, telur masih kurang. Terlebih vitamin dan mineral yang didapat dari sayur dan buah," ujar Hardinsyah yang juga menjabat Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Selasa (12/2/2013) di Jakarta. Menyoal pengelompokan susu, Hardinsyah menilai hal itu sebagai strategi industri semata. "Ini hanya industri yang jeli melihat kebutuhan pasar. Sebenarnya semua susu boleh, asalkan masih memiliki zat gizi yang utuh. Yang jelas, jangan susu kental manis yang dijadikan sumber gizi. Susu kental manis mengandung banyak gula dan hanya baik untuk campuran makanan seperti kue, martabak, atau es campur," ujarnya Oleh karenanya, kata Hardinsyah, sah-sah saja untuk mengonsumsi susu dengan pengelompokan apabila merasa belum cukup mendapati semua zat gizi dari makanan. Kendati demikian, Hardinsyah menekankan pentingnya untuk tetap memenuhi kebutuhan zat gizi melalui menu makanan yang sehat dan seimbang, dan tidak hanya bergantung kepada susu.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Thu Feb 28, 2013 7:52 am

1001 MANFAAT MINUM SUSU
Niken Anggun Nurani - Okezone RABU, 27 FEBRUARI 2013 20:13 wib
SUSU dikenal sebagai salah satu makanan pelengkap yang bergizi tinggi. Namun beberapa orang mungkin kurang menyukai konsumsi susu dalam menu hariannya. Padahal selain memperkuat tulang, susu juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Sumber kalsium terbaik memang ada pada susu.
Semua manfaat kalsium bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi susu. Nutrisi susu penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kalsium juga mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis. Susu melindungi permukaan enamel gigi dan membantu dalam menjaga kesehatan gigi yang baik, demikian yang dilansir Magforwoman.

Kehadiran asam laktat dalam susu membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dari tubuh Anda dan meremajakan kulit Anda.
Ini adalah alasan mengapa beberapa produk kosmetik mengandung padatan susu sebagai komponen penting karena mereka membantu dalam membersihkan kulit. Menggunakan susu selama mandi secara teratur akan membantu dalam menjaga kulit lembut dan halus.

Susu membantu Anda tetap terhidrasi karena mengandung sejumlah besar molekul air.
Oleh karena itu, minum susu membantu dalam memertahankan cairan tubuh yang membantu mencegah dehidrasi. Karena anak-anak membutuhkan lebih banyak cairan dalam tubuh mereka, minum susu secara teratur adalah penting untuk kesehatan yang baik. (ind
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Thu Mar 14, 2013 1:16 pm

PIAWAI MENGOLAH SUSU
KAMIS, 14 MARET 2013 | 05:15 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:Novita Angie, 37 tahun, percaya diri dengan dua resep andalannya dalam mengolah susu. "Pertama dibuat panas, kedua dibuat dingin," ujar pemain sinetron dan pembawa Acara ini dalam pembukaan Yummy Bar, 3 Maret 2013. Jawaban spontan Ibu dua anak ini langsung disambut tawa pengunjung. Sebab kepiawaian mengolah susu ternyata hanya sebatas mengaduknya dengan air. Untungnya dua buah hati Novita tak rewel soal konsumsi susu. "Nutrisi dan rasa bahan makanan itu memang terkadang tidak sejalan," ujar Ahli Gizi Emilia A. Achmadi dalam kesempatan yang sama. Menurut perempuan yang memiliki praktik di Klinik Kardiovaskular ini, kreativitas mengolah makanan perlu untuk membuat makanan tak belaka terasa enak. "Tapi nutrisi juga tercukupi," kata dia. Seperti susu, memang diketahui baik bagi anak-anak. Namun supaya meningkatkan konsumsinya perlu ditambah aneka bahan yang menyehatkan sekaligus enak. Kandungan yang baik bagi pertumbuhan, menurut Emilia, bukan berarti harus memberikan konsumsi berlebihan bagi anak. Ia memberikan angka sekitar 500-750 liter per hari untuk anak dari satu hingga 12 tahun dalam mengkonsumsi susu. Untuk melengkapi kegemaran tersebut, Emilia menyarankan tambahkan sejumlah bahan yang sehat, segar, dan menarik. Contohnya adalah buah segar, kacang-kacangan, hingga coklat. Agar kandungan proteinnya tidak lekas hilang, Emilia menganjurkan untuk mencampur susu dan air hangat bersuhu 80 derajat celcius. "Kalau pakai dispenser itu enggak apa-apa, karena rata-rata 70 derajat celcius," kata dia. Selain dengan suhu panas, susu tidak baik terpapar suhu ruang atau susu normal. Menurut Emilia, susu yang sudah dibuat ada baiknya segera diminum. Karena kandungan protein tersebut, susu mudah dihinggapi bakteri yang suka dengan zat kaya protein. "Jangan pernah biarkan susu terlalu lama," kata Emilia. Dengan takaran konsumsi 500-750 ml, menurut Emilia, belum cukup untuk memenuhi kebutuhan protein anak yang berkisar 30-40 persen dari total kandungan gizi dalam porsi makan sehari. Maka selain susu, anak di bawah usia 12 tahun, ada baiknya mendapat tambahan konsumsi protein lain dari lauk. Jadi jangan gantungkan asupan protein dari susu semata.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Thu Mar 14, 2013 4:32 pm

MENGAPA BANYAK IBU PILIH SUSU FORMULA UNTUK BAYI?
Penulis : Christina Andhika Setyanti | Kamis, 14 Maret 2013 | 14:42 WIB
KOMPAS.com - Tak ada makanan yang paling tepat untuk bayi selain Air Susu Ibu (ASI). Berbagai penelitian sudah menunjukkan bahwa ASI mengandung berbagai nutrisi yang sangat diperlukan bayi, sehingga bayi tak butuh makanan tambahan lain sampai usianya satu tahun. Setelah itu, bayi baru membutuhkan tambahan energi dan nutrisi dari makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, sampai saat ini masih banyak ibu muda yang sepertinya tidak puas jika hanya memberikan ASI pada bayinya. "Mereka justru berpikir untuk memberikan susu formula pada bayinya. Dalam pemahaman mereka, susu formula jauh lebih baik daripada ASI karena adanya banyak tambahan nutrisi di dalamnya. Padahal ini adalah pemikiran yang sangat salah," ungkap Inna Banani dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) kepada Kompas Female. Salah kaprah akan fungsi susu formula ini sangat disayangkan Inna. Susu formula bukanlah makanan tambahan atau pendamping ASI, karena ASI saja sudah sangat cukup untuk memenuhi nutrisi bayi. Susu formula sebenarnya adalah "obat" yang harus diresepkan oleh dokter. Penggunaan susu formula pun hanya diberikan pada bayi-bayi yang bermasalah karena tidak bisa minum ASI. Dalam kasus bayi prematur pun, ASI terbukti bisa membantu bayi meningkatkan bobot tubuh, status gizi, dan juga menutrisi tubuhnya dibandingkan dengan susu formula. Inna menambahkan, kebaikan ASI tidak mengandung bahan kimia seperti bahan penyusun susu formula. "Sayangnya, pemerintah belum sepenuhnya fokus pada masalah peredaran bebas susu formula ini. Padahal sebenarnya, Indonesia sudah memiliki UU sendiri yang mengatur hal ini. Namun belum ada tindakan tegas atas pelanggaran hak bayi untuk mendapat ASI ini," sesalnya.

Status sosial
Selain adanya salah paham akan manfaat susu formula (yang sebenarnya tidak lebih bagus daripada ASI), banyak ibu yang memilih menggunakan susu formula karena terbayang akan status sosial yang didapat. Dalam lingkungan sosial tertentu, ibu yang memberi susu formula untuk bayi dianggap sebagai orang yang berstatus ekonomi menengah ke atas. Maklum, harga sekaleng susu formula cukup mahal. Inna mengungkapkan bahwa AIMI pernah membandingkan pengeluaran rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan susu formula selama dua tahun (sama dengan ASI eksklusif) per satu anak bisa menghabiskan Rp 25 juta lebih. "Bandingkan saja dengan saat Anda memberikan ASI, semuanya gratis dengan nutrisi yang paling lengkap daripada semua susu formula merek apapun," katanya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Susu dan A S I   Fri Mar 15, 2013 8:45 pm

SUSU PUNYA NUTRISI LENGKAP TAPI JANGAN BERLEBIHAN
Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth Jumat, 15/03/2013 13:06 WIB
Jakarta, Susu sudah diminum manusia sejak ribuan tahun lalu. Meski ada orang yang alergi dengan susu hewan, namun secara umum susu memiliki nutrisi lengkap. Namun jangan pernah mengonsumsi susu secara berlebihan ya. "Pada yang tidak bermasalah atau tidak alergi, susu merupakan pelengkap nutrisi yang simpel namun lengkap. Tepatnya 200-500 ml per hari. Tetapi jangan pernah menganggap susu merupakan superfood. Ini juga tidak benar," terang Sekretaris I (Bidang Organisasi) Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Piprim B. Yanuarso, Dr.,Sp.A, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (15/3/2013). Bahkan menurut dr Piprim, ada orang tua yang sampai memberikan 15 botol susu dalam sehari kepada anaknya. Jika diberikan secara berlebihan maka bisa mengganggu keseimbangan gizi dan pola makan. "Yang kita anut sekarang adalah gizi seimbang, kalau alergi dengan susu ya bisa diganti dengan yang lain," imbuhnya. Susu dan produk-produknya mengandung kalsium yang akan membuat postur tulang anak lebih baik daripada yang kekurangan kalsium. Selain itu masih ada nutrisi lain yang lengkap dan simpel untuk dikonsumsi. "Yang paling baik itu fresh milk dan jangan termakan sama iklan-iklan susu sekarang. Susu UHT atau fresh milk langsung itu lebih banyak nutrisinya dan nutrisi susu itu harus terus dikonsumsi. Tetapi bisa dengan cara lain, dairy product kan banyak, jadi tidak mesti minum susu," paparnya. Nah bagi orang yang sudah berhenti masa pertumbuhannya, minum susu bukan lagi sebuah kewajiban. "Tetapi jangan sampai karena isu miring akhirnya jadi melarang orang mengonsumsi susu karena susu memberikan dampak yang baik dan memiliki nutrisi yang lengkap seperti tadi saya jelaskan," terang dr Piprim. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Karena itu konsumsilah susu atau produk susu dalam jumlah yang wajar agar manfaat sehatnya bisa dirasakan.
Back to top Go down
 
Susu dan A S I
View previous topic View next topic Back to top 
Page 26 of 29Go to page : Previous  1 ... 14 ... 25, 26, 27, 28, 29  Next
 Similar topics
-
» Susu Yang Cocok Untuk Pertumbuhan Umur 19 Tahun Ke Atas
» MENYUSUI LELAKI DEWASA MENURUT ISLAM
» kristen mempertanyakan silsilah lengkap jalur keturunan muhammad dari nabi ismail
» Siswa SMP di Aceh Harus Sebutkan Ukuran Kelamin
» .Geledah Rumah Ibrahim, Densus 88 Ngembat Susu Kambing

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: