Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Air Untuk Kehidupan

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 10 ... 15  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:19 am

AKIBAT MALAS MINUM AIR PUTIH
Kamis, 02/12/2010 08:04 WIB Irna Gustia - detikHealth
Jakarta, Tidak sedikit orang yang malas minum air putih terutama di ruangan atau daerah dingin karena merasa tidak haus. Sebaiknya jangan turuti perasaan malas minum air putih karena tubuh yang akan menanggung akibatnya. Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen. Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit. Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya. Meski kebutuhan air tiap orang berbeda menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, usahakan tubuh untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa. Berikut akibat jika malas minum air putih seperti dilansir American College of Sports Medicine, Kamis (2/12/2010):

1. Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.

2. Komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.

3. Dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.

4. Rentan terkena infeksi kandung kemih karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum. Gejala infeksi kandung kemih ini bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.

5. Perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak minum air akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

6. Kulit jadi kusam karena kurang minum membuat aliran darah kapiler di kulit juga tidak maksimal.

7. Kurang minum air putih bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup air maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil.


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 8:50 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:20 am

SUSAH MEMBIASAKAN MINUM AIR PUTIH?
Rabu, 8/4/2009 | 13:57 WIB
KOMPAS.com - Barangkali sudah sejak duduk di bangku SD kita tahu bahwa kita harus minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Minum banyak air putih memberikan banyak manfaat: dari mencegah dehidrasi, memberikan energi, hingga membuat kulit wajah segar dan halus. Namun banyak dari kita yang belum membiasakan diri memenuhi kebutuhan air minum sebanyak yang dianjurkan. Memang kita minum 8 gelas, tetapi bukan air putih, melainkan air teh, air kopi, air soda, dan lain sebagainya. Banyak alasan yang kita lontarkan mengenai kebiasaan minum air putih ini. Dari rasa mual jika terlalu banyak minum, perut kembung, tidak sempat, hingga tidak suka. Namun sebelum berbagai penyakit datang menghampiri Anda, sebaiknya segera ubah kebiasaan buruk ini. Mulailah minum air putih sebagai kebiasaan baru Anda. Ini yang dapat Anda lakukan:

1. Buat hal ini sebagai ritual pagi hari. Banyak di antara kita yang terbangun dalam keadaan dehidrasi. Karena itu hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan hal lain adalah minum dua gelas air putih. Jika Anda sudah biasa melakukannya di pagi hari, hal ini akan terus berlanjut hingga sisa hari.

2. Tambahkan lemon, bila Anda merasa mual minum dua gelas air berturutan. Peras air lemon ke dalam air minum. Bila Anda sedang makan restoran, minta pelayan untuk menyediakan air minum dengan potongan jeruk nipis. Jangan khawatir, kebanyakan restoran punya persediaan jeruk nipis, kok.

3. Lihat air seni Anda. Jika bening, artinya Anda sudah cukup minum air putih. Jika warnanya kuning gelap, itu tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi.

4. Pikirkan betapa segarnya wajah Anda jika minum cukup air. Tidak peduli berapa jauh korelasi antara minum banyak air putih dengan kulit yang halus berkilau, anggap saja memang demikian pengaruhnya. Kalau tidak percaya, coba lihat bagaimana penampilan teman-teman Anda yang dikenal rajin minum air putih.

5. Jika Anda merasa ingin minum sesuatu yang panas, seperti teh atau kopi panas, coba minum air hangat (atau yang cenderung sedikit panas). Awalnya Anda mungkin merasa aneh, namun jika sudah terbiasa, Anda bahkan akan lebih nyaman dengan air hangat daripada air dingin. Lagipula, teh dan kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Imbangi dengan minum lebih banyak air putih.

6. Saat Anda tak tahan untuk ngemil, segera minum air putih. Kadang-kadang rasa lapar adalah rasa haus yang diterjemahkan sebagai lapar. Minum secangkir atau dua cangkir air putih akan membuat Anda cukup kenyang.

7. Lakukan perlahan-lahan. Jangan berharap mengubah kebiasaan Anda, dari minum satu gelas saja sehari menjadi delapan gelas dalam sehari. Mulailah dengan segelas air di pagi hari, dan segelas lagi di malam hari. Tambahkan jumlah tersebut setiap hari.

8. Pikirkan bahwa memilih air putih di restoran jauh lebih murah daripada kopi, jus, atau teh tarik. Di warung, Anda bahkan akan diberikan air putih gratis.

9. Selalu letakkan segelas air putih di dekat tempat Anda bekerja. Hal ini akan memberikan Anda kebiasaan untuk menyeruputnya ketika Anda butuh melakukan sesuatu dengan tangan Anda, atau sedang berpikir keras.


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 8:51 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:21 am

MINUM 8 GELAS AIR PER HARI BERBAHAYA?
KAMIS, 14 JULI 2011, 12:07 WIB Mutia Nugraheni, Febry Abbdinnah
VIVAnews - Banyak orang yang menyarankan minum delapan gelas air putih setiap hari demi kesehatan. Cara ini dianggap dapat mencegah kerusakan ginjal, menurunkan berat badan, dan meningkatkan konsentrasi. Tetapi, baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bahwa minum delapan gelas air tidak memiliki dampak positif bagi tubuh dan dapat membahayakan. Mereka mengatakan bahwa klaim ilmiah di balik fungsi minum banyak air adalah sebuah omong kosong. Bahkan peneliti mengungkap bahaya dehidrasi hanya mitos. Tidak ada bukti yang mengatakan bahwa air dapat mencegah berbagai macam penyakit. "Saran untuk meminum air sebanyak enam sampai delapan gelas perhari adalah omong kosong. Manfaat minum air pun telah dibesar-besarkan dengan maksud sebagai promosi merek air kemasan," ujar peneliti Margaret McCartney, dikutip Daily Mail.

Penelitian yang dipublikasi dalam British Medical Journal ini menunjukkan bahwa ketika minum banyak air saat tidak haus, justru dapat mengganggu konsentrasi. McCartney juga menunjukkan dalam bukti-bukti terpisah yang mengungkap kalau bahan kimia dalam botol air kemasan dapat berbahaya bagi kesehatan. Menurutnya, minum dalam jumlah yang berlebihan, juga dapat menyebabkan sulit tidur. Itu karena orang akan mudah terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Penelitian lain bahkan menunjukkan bahwa minum air berlebihan dapat merusak ginjal, bukan mencegah kerusakan ginjal. Secara mengkhawatirkan, Dr. McCartney juga memperingatkan bahwa asupan air berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang jarang terjadi namun fatal. Yaitu hyponatraemia, menurunnyaa level garam dalam tubuh yang dapat menyebabkan pembengkakan otak.

Sebagai contoh, aktor Anthony Andrews terkena penyakit setelah minum terlalu banyak air selama latihan untuk perannya di film West End pada tahun 2003. Dokter lainnya juga mengatakan bahwa tidak ada dasar medis di balik klaim yang mengatakan minum banyak air dapat membantu penurunan berat badan karena dapat menekan nafsu makan. "Bukti saat ini adalah memang tidak ada bukti," kata professor Stanley Goldfarb, ahli metabolisme dari Universitas Pennsylvania. Menurutnya, jika anak-anak minum lebih banyak air daripada minuman bersoda memang bagus. Tapi, tidak ada bukti yang mengatakan air putih dapat menekan nafsu makan. (umi)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:21 am

BAHAYA MINUM AIR PUTIH BERLEBIHAN
RABU, 16 MARET 2011, 14:45 WIB Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
VIVAnews - Minum air putih 8 gelas sehari dianjurkan bagi Anda yang memiliki aktivitas rutin. Tapi kini, banyak orang yang melakukan terapi air putih, namun dengan cara salah. Alih-alih berharap bisa menyehatkan tubuh, namun efeknya justru membahayakan kesehatan. “Banyak orang salah mengerti, mereka melakukan terapi air putih tapi dengan mengonsumsi 2 liter sekaligus saat bangun tidur. Ini berbahaya untuk kesehatan jantung dan ginjal,” kata Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK saat ditemui di acara Kampanye Nasional Danone Aqua, 'Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang' di XXI Ballroom,Djakarta Theatre, Rabu 16 Maret 2011.

Seharusnya, khasiat air putih akan lebih terasa bisa dikonsumsi secara bertahap, bukan secara berlebihan atau sekaligus. Samuel menjelaskan, konsumsi air berlebih bukan bermanfaat untuk tubuh tapi justru membahayakan. Air yang dikonsumsi akan diserap ke saluran cerna dan masuk ke pembuluh darah yang akhirnya bisa menyebabkan volume darah jadi bertambah. Hal ini bisa membebani kerja jantung dan ginjal. Jantung seolah didesak untuk memompa darah lebih cepat, sementara ginjal di desak untuk mengeluarkan cairan lebih cepat. “Ini bisa mengganggu fungsi jantung dan ginjal. Jangan minum sekaligus berlebihan, karena air mudah diserap. Jika setiap hari hal ini dilakukan, bisa membebani jantung dan ginjal serta menyebabkan bagian tubuh tersebut mudah 'jebol',” jelas Samuel.

Untuk itu, katanya, perlu diketahui cara mengonsumsi air yang sesuai dengan kebutuhan. Samuel menyarankan, agar khasiatnya bisa dirasakan, konsumsi air sebelum Anda merasa haus. Setelah bangun tidur juga dianjurkan untuk mengonsumsi air putih satu gelas. Sebelum dan setelah sarapan juga dianjurkan minum segelas air putih. Begitu pula saat ingin beraktivitas serta sebelum dan setelah berolahraga. Bahkan sebelum tidur pun dianjurkan untuk mengonsumsi segelas air putih. “Cukup minum air 1-2 gelas secara bertahap, jangan lakukan minum sebanyak 1,5 liter- 2 liter sekaligus,” katanya.

Mengonsumsi ar putih secara bertahap akan lebih bermanfaat, dan menjadikan hal itu kebiasaan akan menjadi investasi kesehatan Anda di masa depan. Mulai melakukan kebiasaan minum air putih sesering mungkin secara bertahap akan menjadi kebiasaan yang sehat untuk Anda dan keluarga. “Jika ingin menerapkannya di keluarga Anda, cobalah melakukan kebiasaan minum air putih setiap kali melakukan aktivitas 6-8 minggu secara ketat, otomatis pada minggu ke 9, akan menjadi kebiasaan yang sehat.”
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:22 am

AGAR TIDAK TERJEBAK BAHAYA MINUM BERLEBIH
RABU, 20 JULI 2011, 08:25 WIB Pipiet Tri Noorastuti, Febry Abbdinnah
VIVAnews - Pekan lalu, seorang peneliti asal Skotlandia bernama Margaret McCartney membuat klaim mengejutkan. Ia mengatakan bahwa kampanye minum delapan gelas per hari hanya omong kosong, yang sengaja dibuat untuk promosi minuman kemasan. Dalam British Medical Journal, dia mengatakan bahwa minum terlalu banyak air justru dapat berbahaya bagi tubuh. Minum secara berlebiham dapat menyebabkan hyponatraemia, menurunnya level garam dalam tubuh yang dapat menyebabkan pembengkakan otak. Menurutnya, tidak ada klaim ilmiah yang mengharuskan setiap orang meminum delapan gelas air per hari. Lalu, bagaimana kita menyikapinya agar kebutuhan air dalam tubuh dapat terpenuhi secara sehat?

1. Perhatikan aktivitas dan lingkungan
Rumus delapan gelas air perhari tidak cocok untuk setiap orang. Banyak faktor yang melatarbelakangi kebutuhan air pada tubuh seseorang seperti jenis kelamin, ukuran tubuh, dan tingkatan aktivitas. Institute of Medicine menyatakan bahwa pria dewasa dapat minum hingga 13 gelas air atau setara dengan tiga liter air. Sedangkan wanita dapat minum hingga delapan gelas air atau 2,2 liter. Namun, hal ini bukan ukuran yang saklek. Jumlah kebutuhan air pada tubuh sesuai dengan gaya hidup masing-masing. Semakin aktif seseorang, semakin banyak air yang dibutuhkan untuk menggantikan cairan yang hilang. Orang yang memiliki tubuh lebih besar pun memerlukan air lebih banyak dibanding orang yang memiliki tubuh kecil. Sama halnya dengan wanita hamil dan menyusui. Penting juga untuk memperhitungkan lingkungan Anda. Jika Anda berolahraga di tempat yang sangat panas atau sangat dingin atau di dataran tinggi, Anda mungkin memerlukan asupan air yang lebih banyak.

2. Jangan berlebihan
Perdebatan berapa banyak air yang dibutuhkan manusia ini berkisar pada efek samping meminum air berlebihan seperti hyponatraemia. Ini adalah kondisi yang sangat serius di mana tubuh tidak memiliki cukup natrium (garam) pada cairan tubuh di samping pada sel. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan, termasuk di area otak. Hyponatremia terjadi ketika seseorang berkeringat berlebihan namun tidak makan, tidak buang air kecil cukup, dan minum terlalu banyak air. Gejala termasuk kebingungan, sakit kepala, kejang otot, muntah, dan kelelahan. Dalam kasus terburuk, kondisi ini dapat menyebabkan kejang, koma bahkan kematian. Para ahi menyarankan Anda untuk mengonsumsi minuman elektrolit pengganti cairan tubuh selain air ketika menjalankan aktivitas berat seperti berolahraga. Namun, Anda pun hanya membutuhkannya dalam jumlah yang tidak banyak. Misalnya, dalam 30 menit hingga satu jam berlari, Anda memerlukan tiga hingga enam ons cairan setiap 15 atau 20 menit termasuk satu ons minuman olahraga.

3. Jangan terjebak iklan pengganti cairan tubuh
Memang ketika aktif, cairan tubuh akan kekurangan kadar garam. Namun, bukan berarti Anda harus mengonsumsi minuman pengganti cairan secara berlebihan. Beberapa ahli justru mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak memerlukan minuman pengganti cairan. Pada bulan Mei, American Academy of Pediatrics memperingatkan bahwa anak-anak tidak boleh mengonsumsi minuman pengganti cairan kecuali ketika berolahraga berat. Karenanya, ada cara yang lebih sehat mengganti cairan tubuh selain dengan mengonsumsi minuman pengganti cairan tubuh, yaitu dengan mengonsumsi susu coklat, air kelapa, atau jus buah bit. Susu coklat mengalahkan air biasa, minuman pengganti cairan tubuh, atau susu biasa. Selain kaya akan nutrisi, susu coklat rendah lemak adalah makanan bergizi untuk otot-otot yang telah dipekerjakan. Air kelapa adalah minuman tanpa lemak yang memiliki setengah kalori dari minuman pengganti cairan tubuh dan tinggi kalium serta anti oksidan. Sedangkan jus buah bit, baru-baru ini diperkenalkan sebagai minuman super bagi para atlet.

4. Pertimbangkan jenis minuman
Bukan sebuah masalah jika Anda ingin mengganti air dengan minuman lain. Namun, Anda tidak dapat mengganti air dengan soda, kopi, atau minuman beralkohol. Jika Anda mengonsumsi minuman tersebut, tambahkan konsusmi air putih untuk tetap menjaga cairan dalam tubuh apalagi jika Anda mengonsumsi alkohol. Alkohol dapat menguras cairan tubuh Anda. Minum segelas air sebelum dan setelah alkohol agar tidak mengurangi asupan cairan atau kemungkinan menghindari sakit kepala esok hari.

5. Pemenuhan cairan tak hanya dari minuman
Siapa bilang Anda tidak dapat mendapatkan asupan cairan dari makanan. Para ahli mengatakan bahwa 20 persen asupan air berasal dari makanan yang Anda makan. Pilihlah buah dan sayuran kaya air dan nutrisi seperti stroberi, melon, dan buah persik. Selain kaya kan air, buah-buah tersebut kaya akan kalium yang merupakan gudang elektrolit bagi tubuh.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:24 am

MUDAH BERSIHKAN DISPENSER
Kamis, 04 Desember 2008 04:29 WIB
Memiliki dispenser saat ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan di rumah ataupun di perkantoran. Dengan alat tersebut, Anda dapat menikmati air mineral segar dengan dua pilhan panas atau dingin. Untuk dapat memperpanjang masa pakai dispenser, Anda dapat membersihkannya dalam jangka waktu yang dapat disesuaikan. Tentu saja semakin sering anda membersihkan dispenser Anda, maka akan semakin panjang usianya. Untuk membersihkan dispenser Anda hanya perlu air bersih dan cuka dapur. Hanya dalam hitungan menit, dispenser bersih dan siap dipakai. Berikut ini tips untuk membersihkan dispenser di rumah : Pastikan dispenser Anda sudah dimatikan. Bersihkan terlebih dahulu bagian luar dispenser dengan kain dan air. Setelah itu, kuras isi tabung dalam dispenser dengan membuka kran. Apabila dispenser Anda memiliki dua saluran kran yakni panas dan dingin, pastikan hanya saluran kran panasnya saja yang Anda tutup dengan meggunakan sepotong karet. Kemudian, isi kembali tabung dispenser dengan air yang telah dicampur dengan 2 sendok teh cuka dapur. Setelah terisi air campuran, Anda bersihkan permukaan tabung dengan menggunakan kain bersih. Lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu, keringkan tabung dispenser melalui kran dingin. Bila dirasa sudah kering, lap kembali tabung dengan kain bersih. Kemudian isi kembali dengan air tanpa campuran dan kuras kembali. Apabila tangki sudah dibersihkan di kuras dengan air, kini tempatkan botol baru diatasnya. (ri)


Last edited by gitahafas on Sun Jul 22, 2012 12:31 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:25 am

AGAR DISPENSER LEBIH AWET
Senin, 20 September 2010 | 16:54 WIB
Kompas.com- Seringkali kita tak peduli terhadap keberadaan dispenser di rumah, hingga suatu saat bisa timbul masalah, seperti air minum tidak kunjung panas atau kurang dingin. Kondisi itu bisa disebabkan kita tidak memperlakukan dispenser secara benar. Supaya dispenser elektrik di rumah Anda awet dan berfungsi dengan baik, serta air minum yang dialirkannya tetap sehat dan aman, cobalah kiat dari Aqua ini:

- Letakkan dispenser di tempat yang kering dan sejuk. Jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

- Matikan dispenser ketika mengganti galon.

- Hati-hati saat mengganti galon, dan jika air tertumpah meski sedikit, lap bagian dispenser yang terkena tumpahan air tersebut sampai benar-benar kering.

- Setelah mengganti galon dengan yang baru, tekan kedua kran pada dispenser satu persatu sampai airnya keluar untuk memastikan dispenser tersebut sudah terisi air galon dan berfungsi dengan baik. Lakukan hal ini sebelum Anda menyalakan dispenser.

- Jika perlu pasang stabilizer untuk menghindari tekanan listrik yang naik turun. Tegangan listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan masalah pada dispenser sehingga peralatan ini tidak tahan lama.

- Jangan mengoperasikan dispenser dalam kondisi galon air kosong karena akan menimbulkan kerusakan serius pada dispenser.

- Jika Anda keluar kota, sehingga dispenser tidak digunakan dalam waktu tertentu, lebih baik dimatikan dan lepaskan steker dari stop kontak. (GHS/rin)


Last edited by gitahafas on Sun Jul 22, 2012 12:32 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:27 am

INILAH 11 MEREK AIR MINUM KEMASAN BERMASALAH
Rabu, 27 Oktober 2010 | 17:38 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Rabu (27/10/2010), merilis nama-nama merek air minum dalam kemasan yang bermasalah. Dari hasil pengujian terhadap 21 merek air minum dalam kemasan (AMDK) gelas yang beredar di pasaran, 11 merek di antaranya terbukti bermasalah. Dari 11 produk tersebut, sembilan produk mengandung koloni bakteri mendekati ambang batas yang telah ditentukan, yaitu 100.000 mikro bakteri per mililiter. Sementara dua produk lainnya memiliki bakteri di atas ambang batas.

Dua produk AMDK gelas yang melebihi ambang batas adalah merek Sega, yang diproduksi PT Indotirta Jaya Abadi, dan AMDK bermerek Ron 88, yang diproduksi PT Panfila Indosari.

Sementara sembilan produk air minum kemasan yang dinyatakan mendekati ambang batas adalah:
1. Prestige (PT Tanahmas Tirta Lestari, Jabar)
2. Top Qua (PT Sumber Warih Sejahtera, Depok)
3. Airmax (PT Jitu, Tangerang)
4. Caspian (PT Cisalada Jaya Tirtamarta Indonesia, Sukabumi)
5. Club (PT Tirta Tama Bahagia, Bogor)
6. Pasti Air (PT Tang Mas Indonesia untuk PT Sumber Alfaria Tridjaya)
7. Vit (PT Sumber Sukses Sentosa, Bogor untuk PT Tirta Investasi, Jakarta)
8. Prim-A (PT Sinar Sosro Indonesia) 9. De As (PT Ravindo Rezeki, Bogor)

Catatan: Air minum yang diteliti YLKI adalah air minum kemasan dalam gelas
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:28 am

KELUAR PABRIK, KUALITAS AIR MINUM KEMASAN BERUBAH
Rabu, 3 November 2010 | 15:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat diharapkan kritis terhadap produk air minum, terutama air minum kemasan dalam gelas yang dikonsumsi. Ini disebabkan karena kualitas air minum dalam kemasan (AMDK) yang keluar dari pabrik bisa sangat berbeda dengan kualitas yang ada di pasar.
"Jumlah mikroba dalam air itu bisa bertambah sesuai handlingnya. Kalau ditaruh di bawah sinar matahari atau kemasannya bocor atau terkoyak- koyak itu bisa memacu perkembangan mikroba". Menurut Deputi Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Roy Sparringga, kualitas AMDK dapat berubah sesuai kondisi di sekitarnya. BPOM pun mengaku sulit mengawasi kualitas air minum saat sudah beredar dipasaran.

"Jumlah mikroba dalam air itu bisa bertambah sesuai handlingnya. Kalau ditaruh di bawah sinar matahari atau kemasannya bocor atau terkoyak- koyak itu bisa memacu perkembangan mikroba. Masyarakat harus mengawasi ini saat di pasar karena kami atau Asperindo pasti sulit," jelasnya saat konferesi pers Asosiasi Pengusaha Air Minum Dalam Kemasan (Asperindo) di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (3/11/2010). Roy menghimbau agar masyarakat peka terhadap air minum yang dikonsumsi. Jika AMDK yang dikonsumsi terasa berbeda dari biasanya, masyarakat diminta segera melaporkan kepada BPOM.

"Masyarakat harus peduli dengan dirinya sendiri. Kalau ada rasa yang aneh, airnya berwarna, atau ada sesuatu di dalamnya saya harap jangan diminum, komplain kepada kami. Kami pasti akan respon itu," himbaunya. BPOM, menurut Roy telah memberikan batas-batas jumlah mikroba dalam AMDK yang diproduksi. Standar mikroba saat dipabrik adalah 100 mikroba per mililiter, sedangkan saat AMDK sudah beredar di pasar standarnya adalah 100 ribu mikroba per mililiter. "Biasanya kalau mikrobanya sudah mencapai 100 ribu itu ada sesuatu yang mengambang di dalam airnya, rasanya juga sudah beda," jelas Roy.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:28 am

AIR MINUM KEMASAN TERCEMAR KARENA PEDAGANG?
Rabu, 3 November 2010 | 16:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Para pedagang Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), terutama AMDK gelas dihimbau untuk tidak menempatkan AMDK secara sembarangan. Hal ini dapat menyebabkan jumlah mikroba dalam air minum kemasan berkembang pesat. Hendro Baruno, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) menyatakan, banyak pedagang eceran yang memperlakukan dagangannya secara sembarangan sehingga dapat menurunkan kualitas suatu produk.

"Contohnya ada pedagang memasukkan AMDK ke kulkas hari ini, besoknya karena tidak terjual dikeluarkan dari kulkas, atau memajang AMDK dagangannya di tempat yang mempunyai kontak langsung dengan matahari, ini berbahaya bagi kualitas AMDK tersebut," ujarnya saat konferensi pers mengenai kualitas AMDK Rabu (3/11/2010) di Hotel Sultan, Jakarta. Aspindo sendiri mengaku kesulitan untuk mengedukasi para pedagang karena luasnya penyebaran AMDK di masyarakat. "Sekarang ini ada sekitar 500 perusahaan air minum dan hampir 1.000 merek, bagaimana kita bisa edukasi agen-agen sampai pedagang kaki lima, ini sulit sekali," ujarnya.

Deputy Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Roy Sparingga juga menghimbau hal yang sama. Menurutnya, kualitas AMDK dapat berubah sesuai kondisi di sekitarnya. "Jumlah mikroba dalam air itu bisa bertambah sesuai handlingnya. Walaupun saat keluar pabrik airnya bersih, tapi kalau handlingnya salah saat di tangan konsumen bisa jadi kotor. Misalnya, kalau ditaruh di bawah sinar matahari atau kemasannya bocor atau terkoyak- koyak karena dilempar itu bisa memacu perkembangan mikroba di dalamnya," ujar Roy.

Seperti diberitakan sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendapati 11 merek air minum yang bermasalah. Di antara 11 merek tersebut, 9 merek memiliki jumlah mikroba yang hampir melewati batas aman, yaitu 100 ribu mikroba per mililiter. Sedangkan 2 merek didapati memiliki jumlah mikroba melebihi batas aman. Namun saat BPOM meneliti kembali soal temuan ini, BPOM menyatakan kesebelas merek tersebut aman. Disinyalir kualitas AMDK yang diteliti YLKI telah rusak karena proses distribusi dan penanganan produk yang salah
Back to top Go down
 
Air Untuk Kehidupan
View previous topic View next topic Back to top 
Page 5 of 15Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 10 ... 15  Next
 Similar topics
-
» Fakta Menarik Kehidupan Islam di Israel
» 31 alam kehidupan dalam agama buddha
» Yesus diutus hanya untuk orang israel, bukan untuk bangsa lain
» Diskusi 4 orang saksi Zina
» Hantu dan Roh/Arwah orang yang sudah meninggal

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: