Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Air Untuk Kehidupan

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 9 ... 15  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 8:33 pm

SEHAT DENGAN AIR PUTIH
24 Desember 2011 15:15 WIB Media Indonesia
AIR putih sepertinya belum mendapatkan perhatian utama. Padahal, air putih memainkan bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sesuai impian. Tubuh manusia terdiri dari kandungan air sekitar 60%, dan setiap sistem dari tubuh manusia itu bergantung pada air. Selain itu, air juga memegang peranan yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, dan kuku, serta mengontrol suhu tubuh, denyut jantung, dan juga tekanan darah. Menurut Jim White, ahli diet di Virginia Beach American Dietetic Assosiation, seperti dikutip Times of India, konsumsi air di dalam tubuh sangatlah penting. Namun terdapat begitu banyak orang yang mengalami kekurangan air di dalam tubuhnya, sehingga terlihat penurunan besar dalam kinerja atletik dan kelelahan yang disebabkan oleh kurangnya air yang menyebabkan dehidrasi. Anda dapat mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung air, salah satunya adalah beragam jenis buah. Semangka memiliki kandungan air sebanyak 90%, sehingga menjadi peringkat tertinggi dalam daftar makanan. Jeruk, dan melon seperti jenis Cantaloupe dan Honeydew juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Tidak hanya beragam jenis buah, varian sayuran meski tidak sebanyak kandungan air pada buah, juga dapat menyediakan sumber air yang kaya akan nutrisi. Seperti seledri, mentimun, tomat, paprika hijau, dan jenis selada romaine. Bagi Anda yang sedang melaksanakan program diet, White menambahkan jenis makanan yang aman dikonsumsi, antara lain yoghurt, sup, ataupun smoothie yang juga memiliki banyak kandungan air. Selain jenis buah dan sayuran, susu juga menjadi primadona untuk mengisi bahan bakar di dalam tubuh. Minuman yang kaya akan kalsium ini menjadi pilihan salah satu minuman yang menyehatkan. Namun di balik itu semua, air putih menjadi peringkat teratas untuk minuman yang menyehatkan. Jika Anda tidak suka rasa air mineral, dapat ditambahkan perasan lemon atau raspberry yang disertai dengan daun mint.(*/X-13)


Last edited by gitahafas on Mon Dec 24, 2012 3:35 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 8:34 pm

KEKUATAN TERSEMBUNYI DIBALIK SEGELAS AIR PUTIH
Linda Mayasari - detikHealth Rabu, 17/10/2012 07:03 WIB
Jakarta, Jangan meremehkan kekuatan yang tersembunyi di balik segelas air putih. Asupan air putih yang cukup setiap harinya dapat menjaga tubuh dari dehidrasi dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Seperti dilansir mom.me, Rabu (17/10/2012) berikut 5 manfaat yang ditawarkan air putih terhadap berbagai masalah kesehatan:

1. Meningkatkan metabolisme dan cegah obesitas
Minum air dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak. Tubuh yang mengalami dehidrasi ringan saja dapat menghambat metabolisme hingga sebanyak 3 persen. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa minum air dapat meningkatkan metabolisme hingga sebesar 30 persen pada orang yang sehat. Setelah Anda minum, metabolisme tubuh akan menunjukkan perubahan hanya dalam waktu 10 menit saja, tetapi akan mencapai maksimum 30 sampai 40 menit setelah minum. Studi juga menunjukkan bahwa minum satu atau dua gelas air sebelum makan dapat mengisi perut dan mencegah makan berlebihan.

2. Melindungi jantung dan mengurangi risiko penyakit kanker
Cukup minum air setiap hari dapat menurunkan risiko serangan jantung. Sebuah studi yang dilakukan selama 6 tahun yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang minum lebih dari lima gelas air sehari memiliki risiko kematian akibat serangan jantung sekitar 41 persen lebih rendah dibandingkan orang yang minum kurang dari dua gelas sehari. Minum air juga dapat mengurangi risiko kanker. Penelitian menunjukkan bahwa dengan tetap terhidrasi dapat mengurangi risiko kanker usus sebesar 45 persen, kanker kandung kemih sebesar 50 persen dan mungkin mengurangi risiko kanker payudara juga.

3. Mencegah sakit kepala
Dalam satu studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology, para ilmuwan mengelompokkan pasien migrain menjadi dua. Kelompok pertama diminta mengambil plasebo, sedangkan yang lain disuruh minum 1,5 liter air atau sekitar enam gelas tambahan di samping asupan hariannya. Setelah 2 minggu masa studi, kelompok pasien yang minum air lebih banyak mengalami penurunan rasa sakit hingga 21 jam lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok plasebo.

4. Meningkatkan kekuatan otak
Otak membutuhkan lebih banyak oksigen agar dapat berfungsi dengan optimal. Bahkan, minum 8 sampai 10 gelas air per hari dapat meningkatkan kinerja kognitif otak sebanyak 30 persen. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat mengurangi fungsi berpikir, jadi jagalah tubuh agar tetap terhidrasi untuk meningkatkan kekuatan otak.

5. Menjaga agar Anda tetap waspada di tempat kerja
Dehidrasi adalah penyebab paling umum dari kelelahan di siang hari, sehingga semakin sore, Anda akan mengalami kemerosotan kinerja di kantor. Terlalu lama menatap layar komputer juga dapat menyebabkan dehidrasi hingga 2 persen dan dapat memicu masalah memori jangka pendek serta kesulitan fokus. Minum segelas air dapat membuat Anda kembali waspada dan mencegah dehidrasi. Sediakan sebotol air putih di samping komputer Anda agar lebih mudah dijangkau dan Anda dapat minum lebih banyak.


Last edited by gitahafas on Mon Dec 24, 2012 3:36 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 8:36 pm

MINUM AIR BERMANFAAT UNTUK MEMPERTAJAM DAYA PIKIR
Linda Mayasari - detikHealth Selasa, 03/07/2012 12:00 WIB
Jakarta, Sekitar 60 persen tubuh seseorang terdiri dari air atau sebanyak 11 galon. Air sangat penting untuk setiap sel tubuh, sehingga tidak mengherankan jika penelitian terbaru menemukan bahwa air mampu membuat daya pikir Anda lebih tajam. Para ilmuwan mengemukakan penemuannya tersebut dalam British Psychological Society Annual Conference di London, bahwa mahasiswa yang membawa air dan meminumnya ketika ujian dapat memperoleh nilai ujian yang lebih tinggi dibanding rekan-rekannya yang tidak membawa air minum. Peneliti berhipotesis bahwa air minum dapat meningkatkan pemikiran siswa, membantu agar tetap tenang dan meredam kecemasan yang dapat menghambat kinerja ketika mengerjakan ujian. Penelitian lain juga menyatakan bahwa tubuh yang terhidrasi atau mendapatkan asupan air yang cukup dapat membuat memori lebih tajam, suasana hati yang stabil dan motivasi yang kuat, sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan mudah. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi tidak hanya mempengaruhi otak Anda tetapi juga memberikan keuntungan lain. Berikut manfaat tubuh yang terhidrasi, seperti dikutip dari eatingwell, Selasa (3/7/2012) antara lain:

1. Mencegah mulut kering
Minum cukup air dapat mencegah mulut Anda dari perasaan kering. Mulut kering dapat menyebabkan bau mulut, bahkan dapat mempromosikan gigi berlubang.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Dehidrasi menurunkan volume darah Anda, sehingga jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa darah yang jumlahnya sedikit agar dapat mencukupi kebutuhan oksigen pada sel-sel tubuh. Dengan minum air yang cukup, jantung dapat bekerja sebagaimana mestinya.

3. Menjaga suhu tubuh
Tubuh Anda melepaskan panas dengan memperluas pembuluh darah dekat permukaan kulit. Sehingga aliran darah yang lebih banyak dapat menghamburkan panas yang lebih banyak juga ke udara. Oleh karena itu, agar suhu tubuh tidak menjadi panas karena aktivitas pembuluh darah dekat permukaan kulit tersebut, Anda perlu memenuhi kebutuhan tubuh akan air.

4. Otot dan sendi dapat bekerja lebih baik
Bila Anda terhidrasi dengan baik, air yang berada di dalam dan di luar sel-sel otot berkontraksi untuk memberikan nutrisi dan membuang limbah pada otot. Air juga penting untuk pelumas sendi.

5. Membuat kulit lebih lentur
Ketika seseorang menderita dehidrasi parah, kulitnya cenderung kurang elastis. Kondisi ini berbeda dengan kekeringan kulit karena sabun, air panas dan paparan kering udara.

6. Membersihkan racun dari tubuh Anda
Ginjal Anda membutuhkan air untuk menyaring limbah dalam darah dan mengeluarkannya dalam bentuk urin. Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Jika Anda menderita dehidrasi parah, ginjal mungkin akan berhenti bekerja dan menyebabkan racun berkembang dalam tubuh Anda.


Last edited by gitahafas on Mon Dec 24, 2012 3:37 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 9:01 pm

AIR PUTIH AMPUH HALAU KEPIKUNAN
Selasa, 23 Oktober 2012 11:20 WIB Media Indonesia
LEBIH dari sekedar menghilangkan dahaga, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga akanmenjaga seseorang dari kepikunan. Demikian seperti yang dikutip dar Dailymail Senin (15/10). Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan, jika konsumsi air mineral yang mengandung silikon sebanyak satu liter per hari dapat mencegah penurunan kognitif. Terutama bagi orang-orang dengan gangguan kognitif Alzheimer atau demensia. peneliti menyebutkan, air mineral mampu menghilangkan atau paling tidak mengurangi alumunium neurotoksin dalam tubuh. Sebagai informasi, alumunium neurotoksim merupakan zat yang terkait dengan Alzheimer atau demensia. Suatu penyakit yang menyebabkan kepikunan. Diketahui, mengonsumsi air mineral cukup setiap harinya akan membuat zat alumunium neurotoksin akan mengumpul dalam darah, dan selanjutnya akan diekskresikan dalam urin. Profesor Christopher Exley, dari Keele University, yang memimpin penelitian tersebut mengatakan, “Penelitian tersebut memberikan hasil yang mengejutkan sekaligus menjanjikan untuk memerangi penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel tubuh.” Untuk menguji bagaimana manfaat dari air putih dalam menghalau kepikunan, Exley dan tim peneliti lainnya menguji konsumsi satu liter air mineral selama 13 minggu. Dari hasilnya, dilihat bahwa responden tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan kognitif. Selain itu, mereka juga menunjukkan adanya peningkatan kesehatan mental dan amunium dalam tubuh berkurang bahkan hingga 70 persen. Seperti diketahui sebelumnya, alumunium dan plak merupakan dua jenis kerusakan mikroskopis yang ditemukan pada pasien alzheimer. Sebagai tips, jika Anda kurang menyukai air putih, Anda bisa menambahkan sedikit perasan jeruk lemon untuk memberi aroma dan rasa. Konsumsi air putih paling tidak sebanyak 7-8 gelas per hari. (Dailymail, Healthmeup/*/OL-06)


Last edited by gitahafas on Mon Dec 24, 2012 3:38 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 9:02 pm

SEGELAS AIR PUTIH DI PAGI HARI BAIK UNTUK KESEHATAN, ASAL...
Selasa, 06 November 2012, 04:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,Dokter cenderung tidak sependapat dengan kepercayaan tradisional bahwa minum segelas air putih di pagi hari adalah cara efektif untuk mengatasi sembelit. Sebagian orang percaya segelas air dingin yang segera diminum habis saat bangun pagi efektif memberikan kejutan kepada sistem tubuh. Sebagian orang lainnya percaya manfaat itu ada jika air yang diminum agak hangat, sebagian lainnya menganggap air dingin atau air hangat untuk tujuan itu hanya sebuah dongeng. "Beberapa orang yang mengalami sembelit, berhasil mengatasi dengan meminum segelas air putih setelah bangun pagi dan mereka terus melakukannya untuk waktu yang lama. Namun pasien lain tidak mendapat hasil apa-apa dari cara tersebut," kata dokter di Pusan National University Hospital, Lee Bong-eun seperti dikutip oleh Chosun Ilbo. "Teorinya, pencernaan belum aktif sesaat setelah bangun tidur dan dalam keadaan perut kosong, jadi segelas air putih bisa menstimulasi sistem pencernaan dan melembutkan isi pencernaan," katanya. Namun, Lee mengatakan bahwa cara ini bisa meberikan efek yang berbeda di setiap orang. Dia juga menyarankan untuk orang-orang yang sudah menggunakan cara ini agar mengganti air dingin dengan air hangat. "Meneguk air dingin dalam keadaan perut kosong lebih banyak memberikan efek jelek dibandingkan efek baik untuk pencernaan," katanya.


Last edited by gitahafas on Mon Dec 24, 2012 3:39 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 9:13 pm

TERLALU BANYAK MINUM AIR PUTIH TAK BAGUS UNTUK KULIT
Jumat, 09 November 2012, 06:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jika anda mendambakan kulit halus yang bersinar dan muda, seringkali anda mendengar saran agar banyak meminum air putih. Seberapa banyak air putih yang bagus untuk diminum? Jawabannya pun bervariasi. Di Amerika Serika (AS), pakar kesehatan cenderung merekomendasikan minum air putih minimal delapan gelas sehari. Di daerah iklim panas, orang disarankan minum lebih dari delapan gelas sehari. Itu demi mengimbangi banyaknya keringat yang keluar. Bagaimana jika seseorang meminum air berlebihan? sebuah studi yang dilakukan ahli dermatologis dari the Kaplan Medical Centre Israel, Ronni Wolf, meneliti efek jangka panjang asupan air untuk kulit. "Hasilnya ternyata menunjukkan orang yang terlalu berlebihan meminum air putih ternyata mengalami penurunan kepadatan kulit," kata Wolf, dikutip dari BBC, Jumat (8/11). Cara seseorang meminum air juga bisa memengaruhi kepadatan kulit. Jika anda meminum beberapa gelas air sekaligus dalam waktu 15 menit, itu hanya akan memberi dampak anda sering buang air. Dampak sehatnya ke kulit secara langsung tak ada. Tetapi jika anda menghabiskan air dalam jumlah sama dalam waktu dua jam, maka kepadatan dan kelembaban kulit tetap dipertahankan. Studi lain menunjukkan meminum 500 ml air meningkatkan aliran darah melalui kapiler kulit. Jumlah itu setara dengan delapan gelas air. Kulit normal membutuhkan 30 persen air. Makanan yang kita makan juga memengaruhi jumlah air yang kita minum. Jika anda suka makan pizza, maka anda membutuhkan 40 - 49 persen air lebih banyak dari kulit normal. Di Amerika Serikat dan Yunani, yang penduduknya lebih banyak, makan buah dan sayur hanya membutuhkan air ekstra 22 persen untuk kesehatan kulitnya.


Last edited by gitahafas on Mon Dec 24, 2012 3:40 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:16 am

CEGAH GANGGUAN KESEHATAN DENGAN MINUM AIR
Minggu, 21/03/2010 14:46 WIB Vera Farah Bararah - detikHealth
Jakarta, Air memiliki manfaat penting bagi kesehatan seperti meningkatkan kemampuan kognitif, pencegahan batu dan infeksi kandung kemih hingga mencegah obesitas. Cegah gangguan kesehatan dengan minur air yang cukup. Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia, misalnya pada bayi terdapat 80 persen air, pada orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen. "Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit," ujar Prof Dr Hardiansyah, MS dalam acara KPPIK (Kursus Penyegar dan Penambah Ilmu Kedokteran) FKUI di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (20/3/2010). Prof Hardiansyah menambahkan kekurangan air 1 persen dari berat badan disebut dengan dehidrasi. Kondisi ini menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh yang ditandai dengan pusing, lelah, penurunan kemampuan fisik dan kognitif serta gangguan kesehatan. Sedangkan dehidrasi pada tingkat penurunan 2 persen cairan tubuh yang terjadi karena cuaca panas dan olahraga dapat menurunkan konsentrasi, daya ingat sesaat (short-term memory) dan daya tangkap visual bergerak (visual motor tracking).

"Minum air yang cukup dan aman akan mengoptimalkan kesehatan berbagai organ tubuh sehingga dapat menghasilkan urine sebanyak 2 liter sehari yang terbukti mencegah batu ginjal, ungkap ketua umum Pergizi Pangan Indonesia. Berdasarkan kajian epidemiologi menunjukkan bahwa tubuh membuang air paling tidak 2 liter. Untuk itu setiap orang dewasa harus mengonsumsi air minum 2-3 liter sehari tergantung suhu dan aktivitas fisik. Minum soft drink, bir dan jus apel meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal, sedangkan minum air putih, air jeruk nipis, teh dan kopi menurunkan risiko batu ginjal. "Selain itu minum air yang cukup dan aman tanpa disertai dengan menahan kencing juga turut menurunkan risiko infeksi kandung kemih," tambahnya. Sebuah penelitian di Indonesia yang dilakukan oleh THRIST (The Indonesian Regional Hydration Study) terhadap status hidrasi pada remaja dan dewasa di dua wilayah ekologis berbeda menunjukkan hasil sebanyak 46,1 persen subyek remaja dan dewasa mengalami dehidrasi. Didapatkan dehidrasi lebih banyak terjadi pada kelompok usia remaja (15-18 tahun) yaitu sebesar 49,5 persen dibandingkan dengan kelompok usia dewasa (25-55 tahun) yang hanya sekitar 42,5 persen. "Hasil ini mengungkapkan salah satu penyebab timbulnya masalah dehidrasi adalah rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai air minum termasuk fungsi air, tanda-tanda dehidrasi serta akibat yang ditimbulkan oleh dehidrasi," ujar dokter dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB. Sementara itu Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH mengungkapkan dehidrasi sangat berkaitan dengan infeksi kandung kemih. Karena volume dan aliran air yang rendah akan meningkatkan pertumbuhan bakteri di saluran kemih atas maupun bawah. "Karena itu jangan menahan dorongan berkemih dan mengonsumsi air yang banyak merupakan kombinasi yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih," ujar dokter dari divisi ginjal hipertensi FKUI.

Dr Parlindungan menambahkan untuk kelompok usia lanjut (di atas 65 tahun) sangat rentan terhadap asupan air yang tinggi, hal ini dikarenakan mudah terjadinya hiponatremia (kadar hatrium darah yang rendah). Karena itu masyarakat usia lanjut sebaiknya mengonsumsi air sebanyak 1,5 liter. "Konsumsi air sebanyak 2-3 liter per hari serta tak lebih dari 1,5 liter untuk usia lanjut ditambah tidak menahan diri untuk berkemih sangat dianjurkan dalam mencegah terjadinya batu dan infeksi saluran kemih serta gangguan kesehatan lainnya," ungkap Dr Parlindungan.


Last edited by gitahafas on Sun Jul 22, 2012 12:05 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:17 am

6 ALASAN HARUS CUKUP MINUM AIR PUTIH
Rabu, 14 Mei 2008 | 11:18 WIB
Kompas.com - KEBIASAAN membawa botol air minum dalam perjalanan atau saat pergi ke mana pun mungkin belum menjadi tren di masyarakat. Bila haus di tengah jalan, kebanyakan dari kita lebih suka membeli sebotol minuman ringan beraroma teh atau soda atau pun air mineral. Kebutuhan tubuh akan cairan memang tak bisa dibantah. Cairan penting dalam memelihara keseimbangan serta proses metabolisme tubuh. Bila asupan cairan ke dalam tubuh tak seimbang dengan pengeluaran, maka dipastikan Anda akan mengalami gangguan atau pun dehidrasi. Dalam memenuhi kebutuhan cairan, sebaiknya pilihlah minuman yang baik dan tak menimbulkan risiko bagi kesehatan. Salah satu yang terbaik tentunya adalah air putih, meski faktanya cairan ini kalah populer ketimbang minuman beraroma dan beranekarasa yang beredar di pasaran. Nah supaya Anda tidak meremehkan khasiat air putih, berikut adalah enam fakta ilmiah betapa kebiasaan minum cukup air putih setiap hari penting bagi tubuh.

1. Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh.
Fakta medis menunjukkan tubuh manusia 60% terdiri dari cairan. Fungsi-fungsi cairan ini adalah untukproses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi dan mempertahankan suhu tubuh.

2. Membantu mengendalikan kalori.
Sejak lama, orang yang sedang menjalani program diet melakukan kebiasaan banyak minum air putih sebagai strategi menurunkan berat badan. Meskipun air tidak menghasilkan efek magis, menggunakannya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu saja akan sangat membantu. "Program diet akan berhasil jika Anda memilih air atau minuman non- kalori sebagai pengganti minuman yang kalori. Lalu diet dengan makanan yang kaya cairan yang lebih menyehatkan, berisi dan membantu Anda memangkas kalori,"ungkap peneliti dari University State of Pennsylvania Barbara Rolls, PhD, penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan.

3. Membantu membangkitkan otot.
Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit, akan berakibat pada kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang. Minum air saat berolahraga juga sangat penting. American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa dua jam sebelum berolahraga sebaiknya seseorang meminum 17 ons cairan.

4. Membuat kulit tetap bercahaya.
Kulit Anda sebenarnya mengandung banyak air dan berfungsi sebagai benteng dalam mencegah ekses hilangnya cairan tubuh. Namun begitu, jangan harap bahwa kelebihan cairan dapat dijadikan sebagai cara ampuh menghilangkan kerutan dari garis pada kulit .

5. Memelihara fungsi ginjal
Cairan tubuh merupakan media yang juga mentransportasikan sisa atau limbah untuk keluar dan masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diprose dan dieksresikan dalam bentuk urin. Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urin akan mengalir bebas, jernih dan bebas bau. Ketika tubuh tidak punya cuku cairan, konsentrasi urin, warna dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila Anda minum sedikit air, risiko Anda mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas.

6. Mempertahankan fungsi normal usus.
Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya kosntipasi. Ketika Anda tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Alhasil, tentu saja buang air besar Anda akan bermasalah.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:18 am

MANFAAT MINUM AIR PUTIH SETELAH BANGUN TIDUR
RABU, 16 MARET 2011, 17:16 WIB Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
VIVAnews - Tak hanya bisa mempercantik kulit, mengonsumsi air putih secara teratur juga bermanfaat membersihkan tubuh dari racun. Namun, banyak orang sering melupakan salah satu bagian dari nutrisi penting untuk tubuh ini. Banyak orang mengabaikan konsumsi air putih, termasuk saat bangun tidur. Padahal konsumsi air putih setelah bangun tidur di pagi hari sangat dianjurkan. Apa manfaatnya? Menurut Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK, saat tidur, tubuh mengeluarkan banyak air dengan kata lain terjadi penguapan. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang. Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk konsumsi air setelah bangun tidur di pagi hari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, katanya saat ditemui di XXI Ballroom,Djakarta Theatre, Rabu 16 Maret 2011.

Jika tidak mengonsumsi air setelah bangun tidur, tubuh juga bisa kekurangan mineral yang bisa mengganggu kesehatan. Cukup satu gelas setelah bangun tidur, akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya setelah bangun tidur, Samuel pun juga menyarankan agar melakukan hal yang sama sebelum tidur. Tak perlu berlebihan karena konsumsi air putih berlebih justru bisa membebani Anda karena memicu lebih sering pergi ke kamar kecil termasuk juga berefek buruk pada fungsi jantung dan ginjal. Dan ingat, jangan pernah mengabaikan dan menyepelekan manfaat air putih. Meski demikian, Anda pun perlu selektif memilih air untuk dikonsumsi. Air yang diminum harus memenuhi aspek kesehatan, umumnya air terdiri dari H2O, tapi tubuh juga butuh air yang mengandung mineral (Natrium, Kalium, Klor) agar otot bisa bergerak. Berapapun air yang terbuang, harus segara diisi kembali,termasuk saat bangun tidur untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Air dalam tubuh digunakan oleh organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja saat tidur, termasuk otak, jantung dan ginjal. Maka setelah bangun tidur, dianjurkan minum air putih, katanya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed Jun 13, 2012 6:18 am

TIDAK CUKUP MINUM AIR SETIAP HARINYA?
Senin, 16/07/2012 07:46 WIB Linda Mayasari - detikHealth
Jakarta, Anda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Tetapi beberapa orang merasa kesulitan untuk memenuhi anjuran tersebut. Berikut 8 hal yang dapat Anda lakukan agar minum lebih banyak air, seperti dilansir ivillage, Senin (16/7/2012) antara lain:

1. Tetapkan jadwal
JIka Anda kesulitan untuk minum lebih banyak air, bangunlah rutinitas dengan menetapkan jadwal untuk minum. Minumlah satu hingga dua gelas air ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Segelas lagi ketika menjelang siang, di saat makan siang, di sore hari dan seterusnya hingga malam hari. Jika diperlukan, Anda dapat mengatur alarm pada handphone atau komputer untuk mengingatkan Anda agar tetap terhidrasi dengan minum lebih banyak air.

2. Beri rasa pada minuman Anda
Rasa air putih yang tawar mungkin kurang menarik bagi Anda, sehingga Anda hanya minum sedikit air setiap harinya. Anda dapat menambahkan perasan air jeruk, daun mint, atau irisan buah lemon untuk memberikan rasa pada air putih. Minum air putih dengan perasa alami ini lebih sehat daripada minum minuman yang mengandung pemanis buatan seperti soda dan minuman kemasan lainnya. Pertimbangkan juga untuk memilih air dingin atau hangat. Beberapa orang menyatakan lebih mudah minum air yang dingin, sementara lainnya lebih suka minum air pada suhu kamar.

3. Pertimbangkan minum minuman sehat lainnya
Jika Anda tetap kesulitan untuk minum air putih hingga 8 gelas per hari, Anda dapat memilih minuman lain seperti teh herbal, susu rendah lemak dan jus buah atau sayuran.

4. Bawalah botol minum portabel kemanapun Anda pergi
Bawalah botol air minum ke tempat kerja atau jika Anda sedang berada di perjalanan. Dengan menyediakan air minum, Anda dapat menghindarkan diri dari dehidrasi.

5. Pilih makanan yang mengandung banyak air
Sebagian besar makanan mengandung air dan Anda mendapatkan asupan air sebanyak 20 persen dari makanan. Meskipun tidak ada cara untuk mengukur seberapa banyak cairan yang Anda dapatkan dari makanan, Anda dapat meningkatkan asupan cairan dengan makan lebih banyak buah dan sayur. Buah dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi. Cobalah melon, jeruk, tomat, dan seledri, serta makanan yang mengandung air seperti sup, oatmeal, dan yogurt.

6. Minumlah ketika Anda sedang lapar atau lelah
Seseorang akan merasa benar-benar lapar ketika dirinya sedang kehausan. Anda juga dapat mengambil manfaat dari minum ketika Anda sedang lelah, karena kelelahan bisa menjadi tanda dehidrasi ringan.

7. Tetap terhidrasi ketika Anda sedang olahraga
Dalam satu jam latihan, Anda bisa kehilangan lebih dari satu liter air tergantung pada suhu dan intensitas latihan. Selalu sediakan air putih ketika akan berolahraga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

8. Periksa kemajuan Anda
Cara paling mudah untuk mengetahui apakah Anda cukup terhidrasi adalah dengan melihat warna air seni Anda. Jika warna air seni Anda gelap atau Anda tidak akan ke kamar mandi setiap beberapa jam, artinya Anda tidak mendapatkan cukup air. Selain itu, jika Anda mengalami tanda-tanda umum dari dehidrasi seperti mulut kering, lengket, urin sedikit, mual, pusing atau kelemahan, segeralah minum air untuk mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang karena aktivitas.


Last edited by gitahafas on Mon Dec 24, 2012 3:42 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
 
Air Untuk Kehidupan
View previous topic View next topic Back to top 
Page 4 of 15Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 9 ... 15  Next
 Similar topics
-
» Hindu dan Kehidupan setelah mati
» BAGAIMANAKAH KEHIDUPAN DAN KEADAAN SURGA KRISTEN?????
» Inilah Khasiat Ajaib Dari Alam Untuk Kita !!!
» Presiden & Wakil Presiden yang pantas untuk Indonesia
» Fakta Menarik Kehidupan Islam di Israel

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: