Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Air Untuk Kehidupan

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 9 ... 13, 14, 15
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Fri May 08, 2015 6:31 am

LAKUKAN INI JIKA KELEBIHAN CAIRAN TUBUH
Kamis, 7 Mei 2015 | 10:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Overhidrasi merupakan kondisi kelebihan cairan pada tubuh yang bisa berakibat fatal. Overhidrasi bisa terjadi ketika terlalu banyak minum dalam waktu singkat. Pada overhidrasi ringan, gejala yang muncul, yaitu mual, muntah, dan kram. Overhidrasi ringan pada dasarnya masih bisa diatasi oleh diri sendiri. "Untuk hidrasi ringan, hanya dikurangi minumnya. Ditunggu, nanti akan kembali normal," ujar dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Gastro Enterologi Hepatologi Murdani Abdullah dalam diskusi "Kenali dan Pahami Overhidrasi di RSCM, Jakarta, Selasa (5/5/2015). Hal senada dikatakan pakar fisiologi olahraga Departemen Fisiologi FKUI, dokter Ermita Ilyas dalam diskusi yang sama. Menurut Ermita, saat overhidrasi bisa dengan konsumsi makanan ringan yang asin atau yang mengandung natrium cukup tinggi. Hal ini dapat membantu mengurangi cairan dalam tubuh. "Garam masuk ke dalam tubuh membuat kepekatan cairan yang tadinya encer jadi lebih pekat," terang anggota Indonesian Hydration Working Group (IHWG) itu. Jika kondisinya cukup berat, hentikan asupan cairan dan bawalah ke rumah sakit. Dokter akan memeriksa kadar natrium plasma darah dan suhu rektal. Seperti diketahui, overhidrasi menyebabkan konsentrasi natrium dalam plasma darah menjadi sangat rendah. Ketika kelebihan cairan, keseimbangan antara elektrolit atau cairan luar sel dan dalam sel akan berubah. Sementara tubuh akan selalu mempertahankan keseimbangan sehingga membuat cairan di luar sel akan berpindah ke dalam sel yang lebih pekat, termasuk berpindah ke dalam sel otak. Hal itulah yang menyebabkan sakit kepala atau pusing, perut terasa penuh, kedua tangan dan kaki juga bengkak, mengalami gangguan kesadaran, kejang-kejang, koma, hingga meninggal dunia. Untuk itu, lebih baik mencegah terjadinya overhidrasi dengan minum air yang cukup atau tidak berlebihan.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Fri May 08, 2015 7:00 am

WANITA LEBIH RENTAN TERKENA OVERHIDRASI
Diana Rafikasari Kamis, 7 Mei 2015 − 19:06 WIB Sindonews
JAKARTA - Wanita disebut lebih rentan mengalami overhidrasi atau kelebihan cairan. Hal ini disebabkan karena wanita memiliki tubuh yang lebih kecil, sehingga pelepasan panas dan cairan tubuh melalui penguapan dan keringat lebih sedikit. "Pada perempuan, cairan lebih banyak tertahan di dalam tubuh. Faktor perubahan hormonal seperti saat menstruasi juga membuat tubuh perempuan mempunyai kecenderungan menahan air," papar pakar fisiologi olahraga dari Departemen Fisiologi FKUI Ermita Ilyas di RSCM Jakarta. Overhidrasi kerap terjadi di berbagai keadaan, seperti saat pertandingan olahraga, pasien gagal ginjal dan gangguan hormonal. Pencegahan overhidrasi dapat dilakukan dengan mengatur asupan cairan. "Pencegahan overhidrasi dapat dilakukan dengan mengatur asupan cairan secukupnya sesuai acuan yang ada, tergantung pada cuaca, suhu dan kelembaban, serta ukuran tubuh. Upayakan minum secara bertahap, tidak minum berlebihan atau sekaligus dalam waktu singkat," pungkas dia.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Wed May 13, 2015 8:17 pm

GANGGUAN TUBUH AKIBAT DEHIDRASI
Rabu, 13 Mei 2015 | 16:21 WIB Oleh : Ricky Anderson, Dhea Amanda Rustam
VIVA.co.id - Bagi penderita hipertensi, sebagian ada yang rajin meminum obat pereda. Namun efeknya, mereka jadi sering buang air kecil. Lalu, apakah hal ini dapat menyebabkan dehidrasi? Menjawab masalah itu, dokter Nina Amalia dari Meetdoctor menjelaskan obat hipertensi golongan diuretik, yang bekerja dengan cara meningkatkan pengeluaran cairan dalam tubuh, memang dapat menimbulkan dehidrasi bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih. “Oleh sebab itu, tetap konsultasikan anjuran pemakaian obatnya kepada dokter,” katanya. Dijelaskan pula, bagi sebagian orang yang kurang konsumsi air sering merasa pusing. Ini wajar karena beberapa pertanda awal dehidrasi yang umum dijumpai, antara lain bibir kering, mudah lelah, mengantuk, rasa haus, penurunan volume urine, kulit kering, pusing, serta konstipasi. “Keluhan yang dialami mungkin menunjukkan adanya dehidrasi namun masih derajat ringan. Penanganan untuk dehidrasi ringan cukup dengan mengonsumsi lebih banyak air, untuk menggantikan kekurangan cairan,” katanya. Anda juga dapat memantau kecukupan konsumsi cairan harian dengan menilai warna dan kepekatan urine. Jika berwarna jernih dan tidak pekat menunjukkan bahwa Anda telah mengonsumsi cukup cairan.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Fri Jun 12, 2015 10:36 am

BAGAIMANA SUHU TINGGI SEBABKAN DEHIDRASI YANG MEMATIKAN?
Jumat, 29 Mei 2015 | 20:00 WIB
KOMPAS.com – Gelombang panas di India telah memakan korban lebih dari 1000 jiwa. Banyak warga mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan karena suhu tinggi, yaitu mencapai 45-48 derajat celcius setiap hari belakangan ini. Bahkan, di beberapa wilayah di India, suhu mencapai 50 derajat celsius. Untuk menekan angka korban jiwa, pemerintah India telah mengeluarkan imbauan agar warganya keluar rumah menggunakan penutup atau pelindung kepala. Warga juga diminta selalu membawa air minum untuk menghindari dehidrasi.

Lantas, bagaimana suhu tinggi dapat menyebabkan dehidrasi parah yang mematikan?
Pakar Fisiologi yang juga anggota Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dokter Ermita Ilyas mengungkapkan, udara yang sangat panas akan membuat kelembaban tubuh menjadi rendah. Cairan dalam tubuh pun menguap dan mengeluarkan panas. Sementara itu, cuaca sangat panas akan membuat kelembaban suhu udara menjadi tinggi. “Kelembaban tinggi, udara penuh air. Jadi enggak menguap cairan di tubuh kita. Malah jadi cairan yang menetes, yaitu keringat. Banyak keluar cairan, jadi dehidrasi. Makin panas, makin banyak keringat,” terang Ermita saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/5/2015). Dehidrasi ringan ditandai dengan rasa haus, mulut kering, dan tubuh lemas. Pada tingkat yang cukup parah, dapat menyebabkan penderitanya pingsan dan suhu tubuh tinggi. Kekurangan cairan pun tak hanya terjadi pada tubuh, tetapi juga pada otak. “Kalau dehidrasi berat bahkan bisa mengigau, enggak sadar kan diri karena otak kurang cairan hingga kematian itu,” jelasnya. Untuk itu, hindari tubuh kekurangan cairan dengan cukup minum air, apalagi ketika cuaca begitu panas. Dehidrasi ringan dapat diatasi dengan pemberian minum. Sedangkan pada kasus berat, pasien akan diberi cairan melalui infus.
Back to top Go down
 
Air Untuk Kehidupan
View previous topic View next topic Back to top 
Page 15 of 15Go to page : Previous  1 ... 9 ... 13, 14, 15
 Similar topics
-
» Hindu dan Kehidupan setelah mati
» BAGAIMANAKAH KEHIDUPAN DAN KEADAAN SURGA KRISTEN?????
» Inilah Khasiat Ajaib Dari Alam Untuk Kita !!!
» Presiden & Wakil Presiden yang pantas untuk Indonesia
» Fakta Menarik Kehidupan Islam di Israel

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: