Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Air Untuk Kehidupan

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 8 ... 12, 13, 14, 15  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Thu Apr 25, 2013 7:53 pm

CERDAS MEMILIH DEPOT AIR ISI ULANG
Senin, 25 Maret 2013 | 10:23 WIBANTARA/Muhammad Deffa/bbTERKAIT
Metrotvnews.com: Ketika memilih depot air isi ulang, Anda sebaiknya selektif. Tidak semua depot higienis dan memiliki izin yang jelas. "Ketergantungan masyarakat akan air isi ulang cukup tinggi. Masyarakat diminta agar selektif melihat mana depot yang higienis dan memiliki izin yang jelas sehingga tidak menimbulkan penyakit," kata Sekretaris Asosiasi Pengelola Depot Air Minum Pasaman Barat Elvi Sukaisih. Menurutnya, depot air isi ulang harus memiliki izin yang jelas dari Dinas Kesehatan dan memiliki uji kebersihan. Ia mencontohkan di Pasaman Barat, Sumatra Barat, dari 93 depot air minum di sana tidak semuanya memiliki izin resmi yang jelas.  Elvi menyarankan pula agar pemerintah menindaklanjutinya dalam rangka pembinaan usaha kecil dan memberikan pelayanan kesehatan melalui depot air minum. (Ant)


Last edited by gitahafas on Thu Aug 01, 2013 10:12 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Apr 30, 2013 9:08 am

UPAYA PENINGKATAN KUALITAS DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI INDONESIA
Jakarta, 21 februari 2013
Upaya Kementerian Kesehatan RI dalam upaya peningkatan kualitas air minum isi ulang di Indonesia, yaitu akan membuat edaran kembali ke semua Kepala Dinas Kesehatan Provinsi tentang pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes), serta menyempurnakan pedoman penyelenggaraan Higiene Sanitasi yang sudah ada sejak 2006. Kemudian terus menjaga mutu Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL), yang kini sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), dan memasukkan kegiatan ini dalam pilar 3 Sanitasi Total Berbasis Masyarakat  (STBM). Demikian informasi yang di sampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, melalui pesan elektronik kepada Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenkes RI (21/2). Ada beberapa aturan yang sudah ada mengenai depot air minum isi ulang. yaitu mengenai persyaratan kualitas air minum yang sudah diatur di Permenkes nomor 492 tahun 2010 tentang  ambang batas parameter wajib, misalnya mengenai mikrobiologi seperti (bakteri e-coli), mengenai kimia seperti (unsur-unsur kimia  argon, fluor, crom, dll), dan yang tidak berhubungan langsung seperti bau, suhu, dll), serta parameter tambahan yang jarang ditemukan. Selanjutnya, persyaratan kualitas air bersih sudah diatur di Permenkes nomor 416 tahun 1990 tentang ambang batas yang dibolehkan, jelas Prof. Tjandra.

Sementara itu, mengenai izin untuk membuka usaha "Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) " atau kini banyak disebut sebagai "Depot Air Minum (DAM) ", di berbagai provinsi dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat, biasanya melalui badan perijinan terpadu yang akan meminta rekomendasi dari Dinas Kesehatan setempat, berdasar inspeksi sanitasi dan hasil pemeriksaan laboratorium termasuk Balai POM, Balai Teknik Kesehatan Linkungan (BTKL), kata Prof. Tjandra. Tata laksana pengawasan kualitas air minum diatur oleh  Permenkes nomor 736 tahun 2010, secara internal pengawasan kualitas air minum isi ulang dilakukan oleh pengusaha. Secara eksternal pengawasan dilakukan oleh Dinas Kesehatan, dengan melakukan pemeriksaan laboratorium (di Balai POM, BTKL, dll), dalam Permenkes ini diatur ttg sanksi oleh Pemda, berupa peringatan sampai dengan pelarangan distribusi di wilayah, tambah Prof. Tajandra. Menurut Prof. Tjandra Proses kegiatan di usaha Depot Air Minum antara lain, harus mendapatkan air bersih dari berbagai sumber (PDAM, mata air, mobil tangki air, dll), dilakukan fitrasi, bisa dengan karbon aktif, juga mungkin ada proses dengan ozon, proses akhir a.l dengan sinar UV, pengemasan ke galon air.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline <kode lokal> 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.depkes.go.id dan alamat e-mail kontak@depkes.go.id.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 01, 2013 10:10 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Thu May 23, 2013 10:37 am

4 MANFAAT BANYAK MINUM AIR PUTIH
KAMIS, 23 MEI 2013 | 03:05 WIB
TEMPO.CO, New York - Adakah hubungan antara kekurangan serat dan cairan dengan kesehatan seseorang? Tentu saja ada. Sebuah penelitian National Health and Nutrition Examination Survey di Amerika menganalisa sekitar 9.000 orang dewasa pada 2005 - 2008. Dari survei itu, peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara kekurangan serat dan cairan dengan kesehatan seseorang. Ternyata, baik pria maupun wanita yang memiliki sumber makanan rendah cairan lebih cenderung memiliki masalah pencernaan. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi serat dan cairan (terutama air putih). Air membantu Anda mengatur suhu tubuh, membuat sendi tidak kaku, melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya, serta mengeluarkan limbah tubuh melalui keringat dan urin. Selain manfaat itu, berikut ini 4 kegunaan lain dari mengkonsumsi air putih yang ditulis Alison Goldman, editor Women’s Health magazine.

1. Menurunkan berat badan
Pelaku diet dewasa yang meminum sebotol air sebelum makan selama 12 minggu akan kehilangan berat badan lebih banyak daripada diet yang tidak minum air terlebih dahulu sebelum makan.

2. Mencegah penyakit ginjal
Orang yang mengkonsumsi paling banyak cairan memiliki risiko penyakit ginjal kronis lebih rendah dibanding yang sedikit minum air.

3. Lari jadi cepat dan aman
Dalam sebuah penelitian 2011, 14 pelari menyelesaikan dua set putaran. Salah satu pelari meminum air yang cukup selama istirahat. Satu pelari lainnya tidak minum selama istirahat. Ternyata, pelari yang minum air selama istirahat, dapat berlari lebih cepat. Selain itu, ia memiliki suhu tubuh yang lebih rendah dan jantung yang berdetak sehat.

4. Menjaga mood
Wanita dehidrasi akan mengalami sakit kepala, kelelahan, suasana hati yang memburuk, dan kesulitan berkonsentrasi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue May 28, 2013 11:16 am

MANULA HANYA BOLEH KONSUMSI AIR 1,5 L/HARI
Niken Anggun Nurani - Okezone RABU, 6 MARET 2013 17:12 wib
KITA sering disarankan untuk minum banyak air. Namun berapa banyak konsumsi air yang dibutuhkan oleh tubuh dan apakah semua usia bisa mengonsumsi jumlah air yang disarankan tersebut? Ternyata, jumlah air yang harus dikonsumsi rata-rata adalah sekira 1,5 hingga 2 liter air setiap hari. Tubuh akan mengontrol asupan air agar tetap menjaga fungsi organ dalam tubuh. Namun, ternyata kita bisa mengonsumsi asupan air lebih dari 2 liter sepanjang hari. “Jumlah asupan air tergantung dari kegiatan yang dilakukan setiap individu. Jika Anda bekerja di tempat dengan cuaca panas atau gemar berolahraga, Anda bisa mengonsumsi asupan cairan sebanyak empat liter. Tapi tentu tidak dalam satu waktu. Empat liter bisa Anda bagi ke dalam beberapa waktu, misalnya setiap dua jam sekali, atau tergantung kebutuhan Anda,” ungkap Dr.dr Parlindungan Siregar, SpPD, dokter penyakit dalam FKUI RSCMm, dalam sebuah acara bertema Jaga Pola Hidup demi Ginjal yang Sehat, di hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (06/03/2013). Namun, kemampuan tubuh untuk menyerap hingga empat liter air ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang berusia masih muda. “Empat liter air ini masih bisa dikontrol oleh tubuh, dan tidak boleh lebih dari empat liter bagi anak muda sekalipun. Bagi mereka yang berusia lanjut, 60 tahun ke atas, disarankan hanya mengonsumsi asupan air sekira 1,5 liter setiap hari. Terlalu banyak asupan air bagi orangtua, bisa menyebabkan kekurangan natrium yang bisa menggangu kesehatan,” tutup dr. Parlin. (ind)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Sat Jun 01, 2013 3:22 pm

BERAPA GELAS AIR PERLU DIMINUM DALAM SEHARI?
Penulis : Unoviana Kartika | Sabtu, 1 Juni 2013 | 06:40 WIB
KOMPAS.com - Tubuh manusia 70 persennya terdiri dari cairan. Itulah mengapa kita harus cukup minum demi menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap optimal. Cukup minum bukan berarti kita harus minum delapan gelas air per hari, melainkan cairan yang kita minum mencukupi cairan yang hilang dari tubuh. Cairan hilang dari tubuh melalui keringat, urin, napas, dan eksresi cairan lainnya. Dalam sehari, mungkin tubuh kita kehilangan sekitar delapan hingga sepuluh gelas cairan. Sehingga sejumlah itulah tubuh kita harus mendapat cairan pengganti. Cairan pengganti tak terbatas yang berasal dari minuman saja. Makanan yang mengandung banyak air seperti buah, sayur, dan makanan lain dapat membantu kita mencukupi kebutuhan cairan. Sehingga mungkin kita hanya butuh menambah sekitar empat hingga enam gelas per hari. Untuk mengetahui kebutuhan air yang harus diminum, kita perlu mengetahui tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh. Satu tanda yang cukup jelas adalah dari urin. Urin yang berwarna kuning terang dan tidak terlalu berbau menunjukkan tanda-tanda tubuh cukup cairan. Semakin pekat warna dan semakin kuat bau dari urin, semakin menunjukkan tubuh kekurangan cairan. Namun warna dan bau urin ditentukan pula oleh makanan yang kita makan, maka jika berwarna pekat dan berbau tajam, tidak perlu khawatir. Urin akan kembali normal beberapa jam kemudian. Selain kebutuhan dasar akan cairan, konsumsi air juga berdasarkan aktivitas tubuh. Semakin sering kita berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat, maka semakin banyak pula cairan yang harus digantikan. Ada baiknya dua jam sebelum berolahraga, kita meminum dua hingga tiga gelas air. Ini membantu tubuh untuk terhidrasi dengan baik selama olahraga. Air juga dapat mempercepat metabolisme tubuh, sehingga baik bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan. Penelitian menunjukkan, penambahan konsumsi air hingga 1,5 liter perhari dapat membakar 17.400 kalori lebih banyak dalam satu tahun. Ini berarti Anda mampu mengurangi 2,25 kg berat badan.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Mon Jun 24, 2013 4:12 pm

KONSUMSI AIR BERLEBIH RUSAK GINJAL DAN OTAK
Wuri Handayani, Stella Maris Kamis, 25 April 2013, 08:03 WIB
VIVAlife - Para ahli menyarankan kita untuk mengonsumsi air putih setidaknya dua liter per hari. Ini karena air putih dipercaya mampu membersihkan racun dalam rubuh. Apakah Anda sudah memenuhi standar ini? Jika belum, ada baiknya Anda menyediakan sebotol air di meja kerja. Tapi jangan juga berlebih. Karena konsumsi air terlalu banyak ternyata juga dapat merusak ginjal. Air putih dengan volume lebih dapat menghancurkan keseimbangan cairan. Di luar sel ginjal ada natrium yang membantu menjaga keseimbangan cairan. Ketika mengonsumsi air putih berlebihan, maka kadar natrium tidak akan tercukupi, kemudian air mulai merembes masuk ke dalam sel. Dengan demikian, sel dengan mudah meregang untuk batas tertentu, atau bahkan pecah. Selain masalah ginjal, asupan air berlebihan juga dapat meningkatkan volume darah. Memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras lagi, guna mengurangi kadar air. Dilansir laman Boldsky berikut masalah lain yang ditimbulkan karena kelebihan konsumsi air.

Pembengkakan otak
Pada dasarnya seluruh bagian tubuh manusia mengandung air. Di otak misalnya, terdapat sekitar 70 persen bagian yang lebih 'berair'. Ketika air masuk ke otak melebihi kapasitasnya, dapat berpengaruh pada pembengkakan selaput otak.

Kejang
Saat otak mengandung jumlah air berlebihan, seseorang dapat berisiko kejang dan pingsan. Hal ini dikarenakan telah terjadinya pembengkakakn sel dalam tubuh.

Pendarahan Otak
Ini terjadi karena sel-sel otak sudah tak mampu menampung air yang berlebih. Dipastikan hal ini dapat menyebabkan pendarahan internal. Kalau tak segera ditangani dapat menyebabkan koma bahkan kematian. Terkait hal tersebut, agaknya dapat menjadi fokus perhatian. Terutama bagi penggemar olahraga yang kerap mengkonsumsi air sebagai pengganti cairan tubuh. Agar tak terjadi overhidrasi atau kelebihan air, sebaiknya jangan minum air dalam jumlah banyak sekaligus. Harus bertahap.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 01, 2013 10:13 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Thu Aug 01, 2013 9:54 am

1001 MANFAAT AIR PUTIH
Niken Anggun Nurani - Okezone JUM'AT, 19 APRIL 2013 14:10 wib
MENGONSUMSI air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sayangnya banyak orang tidak menyadari akan hal itu. Padahal hanya mengonsumsi air putih, kondisi kesehatan bisa terus terjaga. Adapun hal ini dikarenakan air merupakan 80 persen tubuh Anda, hingga membuat asupan air sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, mengonsumsi air yang cukup sangat dianjurkan agar kesehatan tubuh terjaga. Sementara, banyak orang yang mengonsumsi air, tapi mereka juga kurang mengetahui manfaat dari air. Untuk itu, berikut ini pengingat beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi air, sebagaimana dilansir Boldsky, diantaranya sebagai berikut:

Memberikan Anda energi
Air sangat penting untuk membawa nutrisi ke seluruh bagian tubuh dan menghapus kotoran beracun. Itu sebabnya, menjaga diri tetap terhidrasi ialah cara terbaik untuk menyehatkan tubuh dan tetap energik.

Mengeluarkan racun dalam tubuh
Anda semua pasti terkena jutaan racun setiap hari, entah dari polusi, kebiasaan yang tidak sehat dll. Namun, dengan Anda mengonsumsi air, serangan racun ditubuh bisa hilang, hingga menjaga sistem kesehatan tubuh Anda,

Mengatur Suhu Tubuh
Air sangat penting untuk membantu Anda mengusir panas tubuh. Jika Anda tidak minum cukup air, suhu tubuh Anda dapat naik ke tingkat berbahaya.

Meningkatkan Metabolisme tubuh
Air adalah bagian penting dari proses metabolisme. Oleh karena itu, seseorang mengonsumsi air yang cukup bisa membuat tingkat metabolisme Anda tinggi. Kondisi ini penting agar stamina tubuh tetap terjaga seharian penuh.

Membuat kulit lebih cerah
Jerawat, jerawat dan jerawat ialah akumulasi kotoran dan minyak dalam tubuh. Namun, tidak usah bingung bila kondisi terjadi pada Anda. Minum saja saja air putih secukupnya. Hal ini karena air bisa membuang racun dari kulit Anda dan juga menjaga pergerakan usus secara teratur. Sehingga menghasilkan kulit yang bersih dan cerah.

Menjaga otak tetap bekerja
Otak Anda terdiri dari 90 persen air. Tanpa air yang cukup, Anda mungkin mengalami sakit kepala. Untuk, itu konsumsilah air secukupnya., minimal delapan gelas sehari.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Sun Aug 04, 2013 8:19 pm

MINUM 8 GELAS AIR SEHARI CUKUPKAH?
MINGGU, 04 AGUSTUS 2013 | 05:40 WIB
TEMPO.CO, Jakarta--Minum air putih delapan gelas sehari ternyata tidak menjamin kebugaran tubuh. Delapan gelas pun kadang-kadang tidak cukup untuk menghindari dehidrasi pada kondisi tertentu. Jams M Rippe, kardiolog dari AS mengatakan kebutuhan cairan pada tiap manusia berbeda, bergantung tingkat aktivitas, cuaca, kondisi lingkungan, bahkan pengobatan yang sedang kita lakukan. "Tidak ada gunanya minum lebih banyak air hanya karena kita diharuskan begitu. Bisa-bisa, Anda malah terganggu karena setiap 10 menit harus ke toilet," kata Rippe. Rippe menegaskan, pada dasarnya untuk mengetahui kebutuhan air pada tubuh, kita bisa mendengarkan sinyal dari tubuh, seperti rasa haus. Kekurangan cairan dalam kadar ringan bisa dirasakan melalui mulut dan bibir yang kering, mulut seperti bergetah, susah konsentrasi, kelelahan, sakit kepala, atau detak jantung yang meningkat. Dehidrasi ringan juga bisa dilihat dari warna urin yang gelap dan baunya sangat tajam. Memang ada hal lain yang menyebabkan perubahan urine, seperti obat-obatan, makanan, atau minuman (contohnya asparagus, atau bir). Volume urine yang sangat sedikit sepanjang hari juga sering disebabkan oleh kekurangan cairan. Kondisi seperti ini jangan diabaikan, apalagi jika sampai mengalami dua atau lebih gejalanya. Meskipun kadarnya ringan, bila sering terjadi, bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti mulas, sembelit, batu ginjal, bahkan gagal ginjal. "Untuk memulihkan diri dari dehidrasi ringan, minumlah air secara perlahan atau bertahap. Atau, konsumsi jus buah murni sampai rasa hausnya hilang. Tidak mesti bergantung pada air saja untuk mengatasi dehidrasi, tapi juga dari buah atau sayuran," kata Rippe.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Mon Aug 19, 2013 1:44 pm

9 TANDA TUBUH PERLU LEBIH BANYAK CAIRAN
Maya Sofia, Tasya Paramitha Senin, 19 Agustus 2013, 13:08 WIB
VIVAlife - Mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya adalah hal yang sangat penting. Tujuannya, untuk menjaga fungsi organ-organ dalam tubuh agar tetap sehat. Minum air diketahui bermanfaat dalam mengalirkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh, meningkatkan proses metabolisme, melindungi organ-organ vital, mengeluarkan kotoran serta racun, serta mengatur suhu tubuh. Bayangkan jika tubuh mengalami dehidrasi karena kurang mengkonsumsi air putih. Begitu banyak hal yang terhambat dalam tubuh. Berikut tanda-tanda tubuh membutuhkan konsumsi air lebih banyak seperti dilansir laman Boldsky.

Haus
Rasa haus merupakan cara yang dilakukan tubuh untuk memberi tanda bahwa tubuh kekurangan cairan sehingga Anda diharuskan mengonsumsi air lebih banyak.

Mulut kering
Jika mulut terasa kering, biasanya hal tersebut dikarenakan Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Urin berwarna gelap
Untuk melihat apakah asupan air bagi tubuh telah tercukupi, Anda cukup memperhatikan urin Anda. Jika urin berwarna kuning pucat hingga bening, berarti kebutuhan air Anda telah tercukupi. Sebaliknya, jika urin berwarna kuning gelap dan memiliki aroma yang kuat, hal tersebut merupakan tanda Anda harus mengonsumsi air lebih banyak.

Air mata
Saat menangis, jika Anda tidak mampu memproduksi air mata, maka hal tersebut menandakan Anda mengalami dehidrasi dan butuh asupan air.

Kelelahan
Karena air merupakan sumber energi, merasa lelah dan lemas adalah tanda umum mereka yang mengalami dehidrasi.

Lapar
Rasa haus seringkali disangka sebagai rasa lapar. Banyak orang mengira mereka lapar, padahal tubuh memberi tahu bahwa mereka butuh minum air lebih banyak. Untuk itu, jika Anda merasa lapar, coba minum segelas air terlebih dahulu. Jika beberapa menit kemudian Anda masih merasa lapar, baru Anda dapat mengkonsumsi makanan.

Kulit kering
Kulit adalah organ tubuh terbesar dan kulit membutuhkan air agar tetap terhidrasi dengan baik. Kulit kering yang pecah-pecah adalah tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi air lebih banyak.

Kurang berkeringat
Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh tidak memproduksi keringat. Hal ini tentu saja tidak baik bagi kesehatan karena keringat mampu membawa kotoran keluar dari pori-pori kulit. Untuk itu, konsumsi air lebih banyak.

Sakit kepala
Dehidrasi juga dapat menyebabkan sakit kepala yang dalam kasus terparah mampu menyebabkan pingsan.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Mon Sep 16, 2013 5:05 pm

HARUS MINUM 8 GELAS AIR SEHARI?
Helmi Ade Saputra - Okezone - MINGGU, 15 SEPTEMBER 2013 13:53 wib
MEMILIKI tubuh yang sehat adalah impian dari semua orang. Untuk mencapai itu semua, hidrasi merupakan salah satu faktor kunci menjadikan tubuh sehat. Tetapi, tentu saja setiap permasalahan kesehatan hampir selalu ada mitos yang mengiringinya. Berikut mitos-mitos hidrasi yang perlu Anda ketahui, karena mungkin sering Anda lakukan sehari-hari seperti dilansir Femalefirst.

Mitos: Setiap Orang Harus Minum 8 Gelas Air Putih Sehari
Banyak orang yang memperingatkan kepada kita untuk lebih banyak minum air. Kebenarannya adalah tidak semua orang membutuhkan delapan gelas air sehari untuk menjaga hidrasi yang memadai. Jumlah cairan yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda, tergantung tingkat aktivitas, jenis kelamin, dan ukuran tubuh.

Mitos: Hanya Air Putih Yang Menjaga Hidrasi
Hal itu tidak benar, banyak minuman dengan kadar air tinggi yang dapat menyokong hidrasi tubuh. Sumber-sumber lain dari cairan yang berkontribusi terhadap hidrasi di antaranya adalah minuman berkarbonasi, jus susu, kopi, teh. Selain itu, 20 % hidrasi Anda juga bisa terpenuhi secara teratur dari makanan yang dikonsumsi, misalnya buah-buahan, sayuran dan makanan lain dengan kandungan air lebih tinggi.

Mitos: Musim Dingin Tidak Akan Dehidrasi
Hal itu tidak benar. Baik panas dan pendingin udara dalam ruangan bisa menyebabkan kelembaban kulit menjadi kering dan sulit bernapas, sehingga tubuh akan terhidrasi. Bibir pecah-pecah, mata kering, dan kulit teriritasi adalah tanda-tanda dari dehidrasi. Disarankan untuk lebih aktif bergerak di luar ruangan dan pastikan banyak minum air untuk menghindari efek dehidrasi.

Mitos: Haus Adalah Indikator Pertanda Dehidrasi
Banyak orang menggunakan rasa haus sebagai indikator untuk rehidrasi, tetapi hal tersebut tidak bisa selalu diandalkan. Misalnya, sinyal haus mudah diabaikan ketika kondisinya merepotkan untuk minum, dan itu sering terjadi. Oleh karena itum sulit mengandalkan rasa haus sebagai sinyal untuk minum. Selain itu, aktivitas fisik, suhu tinggi, stres dan kelelahan dapat meningkatkan hilangnya cairan dari tubuh. Oleh sebab itu, perlu untuk menkonsumsi lebih banyak air dari yang biasa Anda butuhkan.
Back to top Go down
 
Air Untuk Kehidupan
View previous topic View next topic Back to top 
Page 13 of 15Go to page : Previous  1 ... 8 ... 12, 13, 14, 15  Next
 Similar topics
-
» Hindu dan Kehidupan setelah mati
» BAGAIMANAKAH KEHIDUPAN DAN KEADAAN SURGA KRISTEN?????
» Inilah Khasiat Ajaib Dari Alam Untuk Kita !!!
» Presiden & Wakil Presiden yang pantas untuk Indonesia
» Fakta Menarik Kehidupan Islam di Israel

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: