Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Air Untuk Kehidupan

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 7 ... 11, 12, 13, 14, 15  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Feb 26, 2013 7:55 pm

TANDA ANDA BELUM CUKUP MINUM AIR
Felicitas Harmandini | Dini | Jumat, 15 Juli 2011 | 11:59 WIB
KOMPAS.com — Kebalikan dari apa yang diyakini selama ini, beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa minum air putih delapan gelas sehari tidak selalu membuat kita lebih sehat. Namun, tidak berarti kita harus minum kurang dari delapan gelas karena delapan gelas pun kadang-kadang tidak cukup untuk menghindari dehidrasi pada kondisi tertentu. Lalu bagaimana cara memastikan berapa banyak air yang harus kita minum? Apakah hanya minum saat kita merasa haus, ataukah tetap bertahan dengan aturan delapan gelas? Sebenarnya, kebutuhan cairan pada tiap manusia berbeda, bergantung tingkat aktivitas, cuaca, kondisi lingkungan, bahkan pengobatan yang sedang kita lakukan. Mengetahui bagaimana situasi yang memengaruhi kebutuhan cairan bisa membantu Anda tetap terhidrasi. Tidak ada gunanya juga minum lebih banyak air hanya karena kita diharuskan begitu. Bisa-bisa, Anda malah terganggu karena setiap 10 menit harus ke toilet. Pada dasarnya, untuk mengetahui apakah sudah cukup minum atau belum, Anda bisa mendengarkan sinyal dari tubuh, seperti rasa haus. Kekurangan cairan dalam kadar ringan bisa dirasakan melalui mulut dan bibir yang kering, mulut seperti bergetah, susah konsentrasi, kelelahan, sakit kepala, atau detak jantung yang meningkat. Dehidrasi ringan juga bisa dilihat dari warna urin yang gelap dan baunya sangat tajam. Memang ada hal lain yang menyebabkan perubahan urine, seperti obat-obatan, makanan, atau minuman (contohnya asparagus, atau bir). Volume urine yang sangat sedikit sepanjang hari juga sering disebabkan oleh kekurangan cairan.

Kondisi seperti ini jangan diabaikan, apalagi jika Anda mengalami dua atau lebih gejalanya. Meskipun kadarnya ringan, bila sering terjadi, bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti mulas, sembelit, batu ginjal, bahkan gagal ginjal. Untuk memulihkan diri dari dehidrasi ringan, minumlah air secara perlahan atau bertahap. Atau, konsumsi jus buah murni sampai rasa hausnya hilang. Anda memang tidak harus bergantung pada air saja untuk mengatasi dehidrasi, tapi juga dari buah atau sayuran. Buah-buahan seperti semangka, stroberi, tomat, seledri, bayam, mentimun, dan brokoli, 90 persennya terdiri atas air. Sementara wortel, jeruk, apel, anggur, dan kentang mengandung sekitar 80 persen air. Sesisir pisang atau dua porsi buah lainnya akan membantu menyimpan kembali mineral yang hilang dari tubuh Anda. Saat kondisi tubuh sehat, minum delapan gelas air putih tidak akan memberikan pengaruh buruk apa pun. Meskipun demikian, tetaplah mengingat bahwa kebutuhan cairan pada setiap orang bisa berbeda. Minumlah sebanyak Anda mampu, dan perhatikan asupan cairan saat cuaca sedang panas, berolahraga yang berat, atau sakit. Memberi perhatian pada kondisi tubuh bisa membantu Anda menentukan apakah Anda perlu menambah asupan cairan atau tidak.


Last edited by gitahafas on Thu Feb 28, 2013 9:22 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Feb 26, 2013 7:56 pm

MAU MINUM, JANGAN TUNGGU HAUS
KAMIS, 11 OKTOBER 2012 | 14:32 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Kebanyakan manusia akan menenggak segelas air saat merasa haus. Namun itu ternyata tidak disarankan oleh Ketua Hydration Working Group, dr Saptawati Bardosono. Menurut Tati, sapaan Saptawati, sebaiknya seseorang minum sebelum merasa haus. "Minum itu jangan tunggu haus dulu," katanya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Kamis, 11 Oktober 2012. Tati mengatakan, ketika orang minum saat merasa haus, artinya orang itu sudah mengalami dehidrasi. Ia menyarankan setiap orang agar minum segelas air setiap minimal satu jam sekali, atau maksimal segelas air setiap dua jam sekali. "Kalau setiap jam kita minum satu gelas air, pasti bisa kok, target minum delapan gelas air tercapai," katanya. Penghitungannya, dalam satu hari, yaitu 24 jam, orang istirahat selama delapan jam. Artinya, dengan meminum segelas air selama beraktivitas 16 jam, orang itu dapat menenggak sebanyak 16 gelas air. Jadi ia akan terhindar dari dehidrasi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Thu Feb 28, 2013 11:25 am

SEHAT MURAH MERIAH? PERBANYAK MINUM AIR PUTIH
Niken Anggun Nurani - Okezone RABU, 27 FEBRUARI 2013 21:31 wib
KITA seringkali diberitahu agar mengonsumsi setidaknya delapan gelas air dalam sehari. Namun apa manfaat sebenarnya dari mengonsumsi delapan gelas air setiap hari? Berikut ini ulasannya. Tubuh manusia terdiri dari 75 persen air. Ini menyebabkan Anda membutuhkan pasokan air yang mencukupi setiap hari. Dan delapan gelas sehari merupakan jumlah yang tepat untuk memenuhi asupan air dalam tubuh Anda. Air juga berfungsi sebagai pengangkut nutrisi ke sel-sel dan organ dalam tubuh Anda. Ini akan membantu menyehatkan tubuh Anda. Air juga akan membersihkan tubuh dan menyingkirkan sisa metabolisme yang tidak diperlukan oleh tubuh, demikian yang dilansir Magforwoman. Beberapa kondisi gangguan kesehatan juga dapat dicegah dengan mengonsumsi cukup air. Misalnya, Anda bisa menurunkan risiko terkena batu ginjal, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah dehidrasi, mengurangi rasa sakit kepala, menyehatkan kulit dan mencegah kekeringan, juga menurunkan risiko kanker. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi cukup air setiap hari. (ind)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Thu Feb 28, 2013 4:45 pm

TERNYATA KURANG MINUM BISA SEBABKAN SEMBELIT
Niken Anggun Nurani - Okezone KAMIS, 28 FEBRUARI 2013 12:34 wib
KONSTIPASI adalah salah satu gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kurangnya serat dalam tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan konstipasi? Gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit memang identik dengan kekurangan gizi dalam tubuh. Tapi bukan hanya kekurangan serat yang bisa menyebabkan konstipasi, kekurangan cairan atau dehidrasi juga bisa mengakibatkan sembelit. "Yang tidak diketahui oleh masyarakat adalah air juga berperan untuk menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Saluran cerna kering dan membuat kotoran menjadi keras, ini menyebabkan sembelit," ungkap Dr. dr Luciana B Susanto, MS, SpGK, ahli gizi, dalam sebuah acara Air Bisa Cegah Dehidrasi (ABCD) Harus Dimulai dari Sekolah di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (28/02/2013). Dr. Luciana juga menambahkan, jika Anda mengalami konstipasi, kemudian memperbanyak makan serat namun kurang minum air, ini akan membuat kotoran dalam saluran cerna semakin keras dan memperburuk kondisi kesehatan. "Perbanyak serat dan seimbangkan dengan minum air yang cukup, karena air akan membantu melancarkan saluran cerna dan membuat kotoran menjadi lebih mudah dikeluarkan," tambah Dr. Luci.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Thu Feb 28, 2013 10:15 pm

KENALI TANDA BAHAYA KURANG MINUM
Pipiet Tri Noorastuti Minggu, 16 Desember 2012, 10:31 WIB
VIVAlife - Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh berpotensi memicu gangguan kesehatan. Mulai dari gangguan ringan seperti mudah mengantuk, hingga penyakit berat seperti penurunan fungsi ginjal. Idealnya, tubuh manusia mengandung cairan sebanyak 55-75 persen dari berat tubuh. Artinya, seseorang yang memiliki berat 50 kilogram, setidaknya mengandung 27-33 kilogram air di dalam tubuhnya. Berdasar penelitian Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan Indonesia, kekurangan cairan tubuh sekitar dua persen sudah memicu gangguan kesehatan ringan seperti sulit konsentrasi dan mudah mengantuk. Jika keluhan meningkat, seperti sakit kepala, menandakan cairan tubuh yang hilang semakin tinggi mencapai 4-5 persen.  Kekurangan cairan tubuh sebanyak 12 persen memicu gangguan kesehatan yang lebih serius seperti mulut sulit mengunyah. Dalam kondisi ini, perlu penanganan medis. Dan, kematian menjadi ancaman saat kekurangan cairan tubuh mencapai 15-25 persen. Manusia diperkirakan hanya mampu bertahan hidup air selama sepekan. Ada tiga tanda dan gejala dehidrasi.

- Dehidrasi ringan: terasa haus, bibir kering, tenggorokan kering, kulit kering, dan sakit kepala.
- Dehidrasi sedang: pusing, denyut nadi meningkat, tekanan darah menurun, lemah, urine kental (warna kuning), volume urine sedikit.
- Dehidrasi berat: kram otot, lidah bengkak, sirkulasi darah memburuk, fisik sangat lemah, penurunan fungsi ginjal, dan pingsan

Waspada dehidrasi di musim hujan
Atmosfer dingin yang tercipta kadang melenakan. Tak hanya memancing hasrat makan yang lebih besar, tapi tanpa sadar juga membuat diri lupa minum. Udara dingin memang membuat rasa haus jarang muncul. Ini bukan berarti tubuh tak membutuhkan asupan air. Dalam kondisi dingin, tubuh justru membutuhkan lebih banyak cairan untuk melembabkan udara yang terhirup. Robert Kenefick, profesor kinesiologi dari Universitas New Hampshire, mengatakan, dehidrasi lebih cepat terjadi di tengah cuaca dingin. Dalam kondisi dingin, tubuh bekerja lebih keras untuk melembabkan udara yang terhirup. Ini artinya, Anda perlu minum lebih banyak, terutama jika beraktivitas di luar ruangan. Lebih banyak lagi minum, jika air seni Anda berwarna kuning terang. Jangan meremehkan dehidrasi, karena kekurangan cairan dalam tubuh memicu gangguan kesehatan. Mulai dari gangguan ringan seperti mudah mengantuk, hingga penyakit berat seperti penurunan fungsi ginjal. Ingin hidup lebih sehat? Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari!


Last edited by gitahafas on Thu Aug 01, 2013 10:09 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Sun Mar 10, 2013 6:03 pm

MINUM AIR TERLALU BANYAK TERNYATA BAHAYA
Rabu, 06 Maret 2013, 23:23 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda termasuk orang yang seringkali meneguk air putih? Hati-hati, terlalu banyak minum ternyata berbahaya bagi kondisi tubuh. "Minum terlalu banyak air bisa memicu hiponatremia, yaitu menurunnya kadar natrium dalam tubuh. Ini bisa berakibat fatal," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam FKUI-RSCM Parlindungan Siregar di Jakarta, Rabu (6/3). Parlindungan mengungkapkan, kekurangan natrium dalam tubuh yang terjadi secara lambat bisa menyebabkan penderita mudah mengantuk. Bila terjadi secara cepat, kekurangan natrium bisa menyebabkan kematian. Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah. Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun sehingga tekanan darah menurun, namun denyut jantung meningkat tajam. Natrium juga penting untuk penyerapan glukosa di dalam usus dan ginjal. "Maka sebaiknya jangan meminum air lebih dari empat liter per 24 jam, karena kadar natrium bisa menurun. Selanjutnya, pada manula jangan konsumsi air lebih dari 1,5 liter per 24 jam," saran Parlindungan. Parlindungan menambahkan kadar natrium dalam tubuh manula sudah mengalami pengurangan sehingga konsumsi air yang terlalu banyak bisa memperburuk kadar natrium dalam tubuh.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Mon Mar 25, 2013 7:57 pm

5 TANDA DEHIDRASI PERLU ANDA KETAHUI
Qalbinur Nawawi - Okezone SENIN, 24 JUNI 2013 14:59 wib
TUBUH yang terdehidrasi bisa menggangu aktivitas harian yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Pasalnya, dehidrasi bisa membuat tubuh langsung lesu, performa otot dalam tubuh menurun dan mendadak pusing. Karena itu, penting untuk selalu membawa air minum guna saat dehidrasi Anda bisa cepat mengganti keringat yang keluar. Sayangnya, masyarakat cenderung hanya tahu bahwa berkeringat ialah satu-satunya tanda dehidrasi. Padahal tak hanya sebatas itu tanda seorang terdehidrasi, masih banyak tanda lain yang dimaknai sebagai tanda dehidrasi. Mau tahu? Berikut, paparannya seperti dilansir Mensfitness.

Anda merasa sangat haus sekali
Mulut terasa kering tak merupakan tanda bahaya. Tetapi bila Anda merasakan tenggorokan haus dan kering, hal itu merupakan cara lain tubuh mengingatkan Anda untuk segera meminum air yang banyak. Menurut Institute of Medicine, lelaki harus meminum sekira tiga liter (sekira 13 gelas) air utnuk aktivitasnya seharian penuh, namun hal itu merupakan sebenarnya panduan dasar saja. Bila Anda berolahraga dalam cuaca panas dan lembab, Anda harus meminum banyak lagi air putih.

Mendadak pusing atau lelah
Pusing bisa terjadi dikarenakan penurunan aliran darah ke otak. Dan ketika tak ada cukup air dalam darah, volume darah akan membuat tubuh jadi drop.

Detak jantung tak teratur
Ketika dehidrasi menurunkan volume darah Anda, jantung akan mempercepat untuk memompa keluar darah agar tetap seimbang, proses ini yang pada akhirnya membuat tubuh jadi terhidrasi. Atau dengan kata lain, ketika jantung berdetak sangat kencang Anda sedang mengalami dehidrasi.

Otot tertentu tubuh suka kram
Saat Anda mengeluarkan banyak keringat saat berolahraga, Anda tak hanya memaksa air keluar dari pori-pori tubuh Anda. Tetapi mengeluarkan elektrolit dengan natriuim dan kalium. Kondisi tentu tak baik untuk kesehatan otot dalam tubuh Anda, dimana membuat keseimbangan otot dalam tubuh hilang, alhasil otot pun jadi kram.

Urin Anda hampir berwarna orange
Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah Anda mengalami dehidrasi ialah mengintip air kencing Anda sebelum membersihkannya. Pasalnya, dikatakan seseorang mengalami dehidrasi ialah bila warna urinnya sudah jelas atau kuning.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 01, 2013 10:12 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Sun Apr 14, 2013 6:56 pm

MANFAAT UNIK MINUM AIR
Niken Anggun Nurani - OkezoneSabtu, 13 April 2013 06:15 wib
SIAPA bilang minum air hanya bermanfaat untuk menghilangkan dahaga? Air ternyata memiliki seribu manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda belum yakin, berikut ulasannya. Seperti yang kita ketahui, tubuh terdiri dari hampir 80 persen air. Tentu ini jumlah yang sangat banyak dan harus terus dicukupi agar tubuh tetap fit dan terhindar dari dehidrasi. Minum air pun tidak sekadar menenggak segelas air karena jika berlebihan atau terlalu sedikit akan mempengaruhi tubuh Anda. Mengetahui fakta tentang air akan membuat Anda mampu memanfaatkan kebaikan air untuk tubuh. Berikut ini manfaat air seperti yang dikutip dari buku Smart Eating, karangan Dr. Samuel Oetoero, Erwin dan Jana Parengkuan.

1. Minumlah 1-2 gelas air saat bangun tidur di pagi hari.
Mengonsumsi air 30 hingga satu jam sebelum makan memang tidak diwajibkan, namun jika Anda ingin mencoba, cara ini akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan.

2. Bagi Anda yang kelebihan berat badan, minumlah banyak air.
Biasanya 30 menit setelah minum air, tingkat metabolisme tubuh akan mencapai puncaknya, sehingga pembakaran kalori akan membantu Anda mengurangi berat badan.

3. Sebaiknya minum air yang sejuk, yaitu yang bersuhu lebih rendah dari suhu tubuh Anda, namun tidak sedingin es.
Menurut hasil studi, air sejuk sangat bagus karena tubuh akan menghabiskan cukup banyak energi untuk menghangatkan air tersebut dalam tubuh, sehingga pembakaran kalori juga lebih banyak.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Sat Apr 20, 2013 9:00 am

DAMPAK BURUK JIKA ANDA DEHIDRASI
Helmi Ade Saputra - Okezone KAMIS, 25 JULI 2013 00:31 wib
HUJAN mungkin sudah mulai sering turun, namun suhu yang panas terkadang masih suka tetap kita rasakan. Hal ini tersebut membuat Anda masih perlu memastikan bahwa tubuh tetap terhidrasi. Seorang Independent consultant to the Natural Hydration Council, Dr Emma Derbyshire PhD mengatakan, kebanyakan orang rata-rata kehilangan lebih dari setengah liter keringat dalam sehari dan hal tersebut akan meningkat saat cuaca panas atau saat berolahraga. “Jadi, penting untuk minum air yang cukup untuk menutupi kekurangan cairan Anda tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan cairan, sesuai dengan panduan Food Standards Agency adalah 6 hingga 8 gelas cairan dalam sehari,”kata Dr. Emma, dikutip Femalefirst. Lebih lanjut ia menjelaskan, banyaknya keringat yang menguap dari kulit dapat menentukan bagaimana kita menjadi dehidrasi. Minimnya kelembapan menyebabkan kelembaban tubuh kita menguap pada tingkat yang lebih cepat dari biasanya.Perlu diketahui, air membentuk 60 % dari berat tubuh kita dan bahkan dehidrasi ringan (sekira 2 % hilang dari tubuh) dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan mengurangi kinerja fisik, serta mental. Selain itu, tubuh yang lebih dari 40 derajat celcius (suhu tubuh normal adalah 37 derajat celcius) bisa menyebabkan serangan penyakit stroke. Meskipun ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap serangan stroke, termasuk penyakit yang sudah ada sebelumnya, usia yang lebih tua dan kurangnya aklimatisasi (penyesuaian diri) tubuh terhadap panas, dehidrasi mungkin juga merupakan salah satu faktor penyebabnya. Untuk itu, air harus dikonsumsi secara teratur sepanjang hari, begitu juga ketika malam hari saat musim panas. Selain itu, sebaiknya juga membatasi diri terkena paparan panas sinar matahari, terutama di siang hari.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 01, 2013 10:14 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Sat Apr 20, 2013 7:57 pm

4 KONDISI INI RAWAN DEHIDRASI
Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth Sabtu, 20/04/2013 11:22 WIB
Jakarta, Faktanya sekitar 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Nah, jika memiliki aktivitas yang berat serta berada di luar ruangan sudah tentu cairan tersebut akan berkurang. Tapi, tahukah Anda ada beberapa kondisi 'unik' tubuh yang rentan terhadap dehidrasi? Berikut ini adalah kondisi tubuh yang rawan dehidrasi menurut dr Michael Triangto, SpKO. seorang dokter olahraga. Perbincangan dengan detikhealth ini bertempat di Din Tai Fung Resto lt.3 Plaza Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakarta, dan ditulis pada Sabtu (20/4/2013). Dr Michael menyatakan terdapat 4 kondisi yang rawan dehidrasi:

1. Ibu yang sudah melahirkan
Kondisi panggul ibu yang sudah melahirkan pasti akan berbeda dengan sebelumnya. Kondisi ini menyebabkan ibu akan lebih sering pipis. "Kondisi ibu yang sudah memiliki anak apalagi dalam jumlah yang banyak panggulnya akan turun dan menekan kandung kemih akhirnya jadi lebih sering pipis. Kondisi ini akan membuat ibu malas minum untuk menghindari sering ke belakang," ucap dr Michael.

2. Pembesaran Prostat Pada Pria
Pria berusia diatas 50 tahun biasanya akan mengalami pembesaran prostat. Di mana keadaan ini akan menekan kandung kemih pria sehingga menjadi lebih sering pipis. "Sudah hal wajar untuk pria, apalagi dalam usia lanjut. Keadaan ini hampir sama dengan kondisi tubuh wanita setelah melahirkan. Akhirnya menghindari banyak minum dan jadi rawan dehidrasi," katanya.

3. Diet
Ternyata, diet termasuk salah satu kondisi yang sangat rawan akan dehidrasi. Hal ini disebabkan karena menghindari makanan . "Karena tidak mau makan akhirnya jadi kurang minum juga. Dengan demikian jadi mudah dehidrasi dan dapat menyebabkan hal lain seperti nafas kurang sedap," kata dokter yang berpraktik di RS. Mitra Kemayoran dan Mall Taman Anggrek ini. Padahal jika orang tersebut tetap minum air tersebut akan keluar lagi melalui kencing. Sedangkan tujuan diet adalah untuk mengurangi lemak, bukan air. "Jika demikian sebenarnya hanya airnya saja yang dikurangi. Jadi, walaupun berat badan turun, begitu makan lagi berat badan akan naik lagi," jelasnya.

4. Tidur
Tidur dalam keadaan ruangan berpendingin atau tidak tetap akan mengurangi cairan di dalam tubuh. "Ketika tidur manusia bernafas sehingga mengeluarkan uap air terus menerus. Tetapi, kehilangan cairan saat tidur tergantung berapa banyak orang tersebut minum sebelum tidur," kata dr Michael.
Back to top Go down
 
Air Untuk Kehidupan
View previous topic View next topic Back to top 
Page 12 of 15Go to page : Previous  1 ... 7 ... 11, 12, 13, 14, 15  Next
 Similar topics
-
» Hindu dan Kehidupan setelah mati
» BAGAIMANAKAH KEHIDUPAN DAN KEADAAN SURGA KRISTEN?????
» Inilah Khasiat Ajaib Dari Alam Untuk Kita !!!
» Presiden & Wakil Presiden yang pantas untuk Indonesia
» Fakta Menarik Kehidupan Islam di Israel

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: