Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Air Untuk Kehidupan

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : 1, 2, 3 ... 8 ... 15  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 4:55 pm

A I R
Air merupakan zat gizi essensial bagi kehidupan, untuk hidup sehat dan aktif. Air sudah memenuhi persyaratan sebagai zat gizi karena merupakan ikatan kimia yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsinya, terutama untuk mengatur fungsi kebutuhan. Air merupakan zat gizi penting bagi tubuh karena hampir semua proses metabolisme dan sistim di dalam tubuh membutuhkan air. Kekurangan asupan air dalam tubuh dapat menimbulkan masalah negatif terhadap kesehatan. Salah satu masalah yang sering timbul akibat kekurangan air adalah dehidrasi, yaitu suatu kondisi dimana air di dalam tubuh tidak mencukupi untuk melakukan fungsi kerja tubuh secara normal. Jika kekurangan air 1% saja, sudah menimbulkan rasa haus dan gangguan mood. Kekurangan air tubuh 2-3% akan meningkatkan suhu tubuh, rasa haus dan gangguan stamina. Sedangkan kekurangan 4% air tubuh dapat menurunkan kemampuan baik 25% dan bisa pingsan bila kadar air tubuh berkurang sampai 7%. Sehari harinya air dibutuhkan oleh tubuh mencapai 2 liter, bila kurang dari itu akan timbul dehidrasi, yang dapat dibagi dalam 2 kategori:

1. Dehidrasi ringan - sedang.
Ditandai dengan mulut kering dan lengket, mengantuk dan lelah, haus, volume urine sedikit, air mata kurang / kering, otot lemah, sakit kepala serta pusing / silau jika melihat sinar.

2. Dehidrasi berat.
Ditandai dengan haus berat, sangat mengantuk dan kebingungan, tidak berkeringat, urine sedikit dan berwarna kuning gelap atau bahkan tidak ada, mata cekung, menggigil dan kulit kering, elastisitas hilang, tekanan darah rendah, nadi cepat, panas dan kesadaran menurun.

Fungsi air bagi tubuh:
1. Air sebagai pelarut dan alat angkut.
Air sebagai pelarut zat zat gizi berupa monosakarida, asam amino, lemak, vitamin, mineral serta bahan bahan lain yang diperlukan seperti oksigen dan hormon.

2. Air sebagai katalisator atau komponen yang mempermudah dan mempercepat berbagai reaksi biologis didalam tubuh, termasuk didalam saluran pencernaan. Air juga diperlukan untuk memecah dan menghidrolisis zat gizi kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana.

3. Air sebagai pelumas dalam cairan sendi sendi tubuh sehingga tidak saling bergesekan dan dapat bergerak dengan bebas tanpa menimbulkan rasa sakit.

4. Air sebagai pengatur suhu tubuh.
Karena air mempunyai kemampuan untuk menyalurkan panas sehingga memegang peranan penting dalam mendistribusikan panas didalam tubuh.
Sebagian panas yang dihasilkan dari metabolisme energi, diperlukan untuk mempertahankan suhu tubuh sekitar 37 derajat Celcius.

5. Air sebagai peredam benturan.
Terdapat pada permukaan organ organ tubuh tertentu yang bersifat lunak untuk menghindari dan meredam benturan yang dapat menyebabkan kerusakan. Diantaranya adalah air di dalam bola mata, jaringan syaraf tulang belakang dan air ketuban untuk menghindari benturan pada janin.

Sumber Seputar Indonesia Selasa 30 Maret 2010


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 9:05 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 4:56 pm

YANG MENAKJUBKAN DARI MINUM AIR
Rabu, 22/12/2010 08:03 WIB Vera Farah Bararah - detikHealth
Jakarta, Sudah banyak orang yang paham manfaat minur air dan fungsi air bagi tubuh. Tapi ada hal-hal yang menakjubkan dari air terhadap tubuh manusia yang belum banyak orang tahu. Apa saja? Air memiliki kontribusi penting bagi tubuh dan hampir setiap sel memerlukannya agar bisa berfungsi dengan baik. Sekitar 55-80 persen tubuh manusia terdiri dari air dan air ini bisa hilang dari tubuh saat istirahat, bernapas, berkeringat dan aktivitas fisik lainnnya. Untuk itu seseorang harus mengetahui berapa dosis yang cukup dalam mengonsumsi air agar tidak dehidrasi atau berlebihan. Ada empat hal yang sebagian besar masyarakat tidak ketahui tentang fungsi air dan manfaat minum air bagi tubuh seperti dikutip dari Askmen, Rabu (22/12/2010) yaitu:

1. Air bisa meningkatkan kinerja mental
Jika seseorang tidak bisa mengingat suatu barang atau apa yang ingin ia tulis, ada kemungkinan otak mengalami kekeringan. Sekitar 80 persen jaringan otak terdiri dari air, karenanya jika mengalami dehidrasi bisa mengurangi kinerja memori jangka pendek dan mengganggu konsentrasi. Untuk itu penting menjaga asupan air di otak. Di otak, air membawa protein dan enzim yang membantunya memberikan nutrisi. Ketika terjadi dehidrasi, maka cairan ini akan menjadi lebih lambat sehingga performa mental secara langsung akan terpengaruh.

2. Air bisa mencegah penyakit kritis
Air diketahui bisa membantu mengurangi jumlah radikal bebas dan racun di dalam tubuh. Meskipun sering membuat orang bolak balik kamar mandi, tapi akan menjaga usus besar dan kandung kemih tetap sehat dan membuatnya terhindar dari penyakit kanker. Air juga membantu mengurangi jumlah garam berlebih di dalam tubuh, padahal diketahui garam berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi yang bisa berujung serangan jantung atau stroke. Selain itu, air merupakan konstituen utama dari tulang rawan. Karena ketika air di dalam tubuh berlebih atau mencukupi, maka gesekan di sekitar sendi akan berkurang yang membuat seseorang terhindar dari artritis.

3. Air bisa membantu menurunkan berat badan
Air diketahui bisa menjadi penekan nafsu makan serta mempercepat metabolisme tubuh, sehingga kalori yang dibakar juga semakin banyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah menelan dua cangkir, akan membantu membakar kalori 30 persen lebih cepat.

4. Air mencegah gigi berlubang
Kerusakan gigi umumnya berasal dari penumpulan asam yang menggerogoti enamel. Asam ini bisa dinetralkan dengan ludah atau air liur dan mengandung mineral khusus yang membantu memperbaiki gigi. Selama tubuh terhidrasi, tubuh akan memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga gigi dan menghindari gigi berlubang.

Seseorang biasanya kehilangan sekitar 2-3 gelas air melalui pernapasan teratur dan satu gelas melalui keringat. Jika ditambah dengan air yang keluar saat di kamar mandi dan latihan fisik, maka diperkirakan tubuh butuh 8 gelas air per hari. Karenanya usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup.


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 9:12 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 4:59 pm

MENGAPA KITA HARUS BANYAK MINUM?
Selasa, 29 Juni 2010, 15:45 WIB
Pipiet Tri Noorastuti, Mutia Nugraheni
VIVAnews - Air merupakan elemen penting bagi tubuh. Lebih dari 2/3 berat tubuh manusia adalah air. Tanpa air, sistem biokimia dan elektrikal dalam tubuh tidak akan berjalan dengan baik dan memicu gangguan kesehatan. Kecukupan air dalam tubuh diperoleh melalui minum. Rata-rata, manusia hanya mampu bertahan hidup tanpa minum selama 3-5 hari. Itulah mengapa minum menjadi hal penting bagi kesehatan. Tengok lima fakta berikut supaya Anda rajin minum air putih.

1. Darah
Sebesar 80 persen darah Anda terdiri dari air. Air tersebut dibutuhkan untuk pembentukan sel darah baru. Jadi, air bukan hanya soal kesehatan pencernaan tetapi juga kesehatan darah Anda.

2. Tulang
Meskipun tulang adalah bagian tubuh yang keras tetapi 50 persen pembentuknya adalah air. Karena, air dibutuhkan untuk membentuk sel-sel tulang yang baru untuk menggantikan sel yang rusak.

3. Sistem limfatik
Minum lebih banyak air sebenarnya membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh dengan memaksimalkan pergerakan sistem limfatik Anda. Sistem limfatik adalah sistem sirkulasi sekunder yang mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Agar sistem ini bisa berjalan dengan baik, kebutuhan air harus terpenuhi.

4. Membuang racun
Air membantu tubuh membuang racun melalui sistem limpa, ginjal dan usus halus. Jadi dengan minum air, Anda sebenarnya sedang melakukan detoksifikasi.

5. Kesehatan sendi
Air membantu melumasi sendi dan mengurangi nyeri serta melindungi dari keausan. Jika sering merasa nyeri pada sendi bisa jadi Anda kurang banyak minum air putih. (adi)


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 9:16 am; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 5:02 pm

ANJURAN MINUM AIR 8 GELAS SEHARI TAK MENYESATKAN
Asep Candra | Selasa, 19 Juli 2011 | 11:39 WIB
Kompas.com - Ini merupakan fakta ilmiah dari kajian di Indonesia yang membuktikan bahwa keputusan bijak para pakar gizi dan kesehatan serta pengambil keputusan di Depkes pada tahun 1995 tentang anjuran minum air 2 Liter sehari adalah benar. Tulisan yang dimuat di Kompas.com,14 Juli 2011 berjudul "Anjuran Minum 8 Gelas Sehari Menyesatkan?" menarik untuk saya jawab dan diketahui pembaca. Artikel ini diturunkan dari sumber telegraph.co.uk yang ditulis Margaret McCartney—seorang dokter umum—dalam majalah online kedokteran di Inggris yang memuat bahwa minum 8 gelas air sehari adalah pepatah keliru bahkan mungkin bisa membahayakan dan anjuran tersebut adalah omong kosong. Kritikan dr Margaret didasarkan pada anjuran National Health Services (NHS) di Inggris yang telah lama menyarankan masyarakat Inggris agar minum sekitar 1,2 liter air per hari untuk menjaga kesehatan. Anjuran ini berdasarkan konsensus para pakar gizi dan kesehatan puluhan tahun lalu dan dalam konteks budaya minum orang dewasa Inggris, yang mengonsumsi susu, jus, dan alkohol sampai 4 gelas sehari. Jumlah asupan dari tiga jenis minuman ini tidak termasuk dalam anjuran minum 1,2 liter. Warga Inggris biasa makan buah dan sayur yang banyak yang juga merupakan sumber air. Bagaimana faktanya di Indonesia? Untuk pertama kali, pada tahun 2009 Indonesia mempunyai data hasil penelitian, yang kami sebut THIRST (The Indonesian Regional Hydration Study) tentang permasalahan dehidrasi, pengetahuan dan asupan air pada remaja dan orang dewasa Indonesia, khususnya. Penelitian ini dilakukan di enam kota dengan jumlah subyek terbesar dibanding penelitian serupa, yaitu 1.200 subyek pria dan wanita remaja dan dewasa (tidak termasuk lansia). Fakta berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa 46,1 persen subyek remaja dan dewasa mengalami dehidarasi ringan, yang setara dengan kekurangan air tubuh sekitar 2 persen. Pengukuran dehidrasi dilakukan berdasarkan pemeriksaan urin di laboratorium dengan kriteria urine spesific gravity>=1.02.

Pada penelitian ini juga dianalisis total asupan air dari semua sumber yaitu air dari minuman, air dari makanan, dan air hasil metabolisme. Rata-rata total asupan air harian subyek yang tidak mengalami dehidrasi dari semua sumber air tersebut adalah 2,9 liter, yang 1,8 liter di antaranya berasal dari air putih dan 0,5 liter dari air minum lainnya. Ini berarti bahwa subyek yang normal atau tidak dehidrasi minum air sekitar 2,3 liter sehari. Asupan air dari susu, jus, dan alkohol pada penelitian ini amat rendah, tidak seperti di Inggris. Kebutuhan air tentu berbeda menurut kelompok umur, aktivitas, suhu tubuh, dan suhu lingkungan. Kebutuhan air bagi anak dan lansia lebih rendah dibanding kebutuhan air remaja dan dewasa. Kebutuhan air ibu hamil dan menyusui lebih banyak dibanding kebutuhan air wanita ketika tidak hamil dan tidak menyusui. Kebutuhan air bayi usia sebelum enam bulan adalah dari ASI yang dari penelitian kami di Bogor adalah sekitar 0,65 liter per hari. Penelitian ahli ginjal Siregar, P dkk (2009) di Jakarta menunjukkan bahwa kebutuhan air pada lansia lebih rendah dari orang dewasa yaitu 1-1,5 liter sehari. Ini merupakan fakta ilmiah dari kajian di Indonesia yang membuktikan bahwa keputusan bijak para pakar gizi dan kesehatan serta pengambil keputusan di Depkes pada tahun 1995 tentang anjuran minum air 2 liter sehari adalah benar. Pesan minum air minimal 2 liter dalam pedoman gizi seimbang adalah bagi remaja dan dewasa secara umum, bukan bagi anak-anak dan lansia yang kebutuhan airnya lebih rendah, yaitu 3-6 gelas sehari bergantung umur dan aktivitas fisiknya. Oleh karena itu, anjuran Departemen Kesehatan dalam buku Pedoman Umum Gizi Seimbang (Depkes, 1995) untuk minum minuman yang aman dan cukup, yaitu 2 liter atau 8 gelas sehari bagi penduduk Indonesia usia remaja dan dewasa mempunyai dasar ilmiah yang dapat dipertangungjawabkan, bukan omong kosong dan tidak menyesatkan. Demikian pula dengan visualisasi anjuran delapan gelas air dalam Tumpeng Gizi Seimbang yang terkini.

* Prof Dr Hardinsyah, MS, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 9:13 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 8:08 pm

MINUM 8 GELAS SEHARI CUMA MITOS
L Sastra Wijaya | Asep Candra | Kamis, 7 Juni 2012 | 07:48 WIB
MELBOURNE, KOMPAS.com — Keharusan minum delapan gelas air putih sehari agar bisa mengurangi berat badan dan tetap sehat adalah mitos. Demikian pendapat seorang dosen La Trobe University di Melbourne, Australia. Di Australia, memang direkomendasikan agar setiap hari seorang pria dewasa minum 3,4 liter air putih, sedangkan wanita 2,8 liter. Namun, tidak semuanya harus air putih. Menurut Spero Tsindos dari La Trobe University, kebutuhan air bagi tubuh manusia bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, jus, dan bahkan dari minum teh dan kopi. "Bila Anda haus, maka minum apa saja. Tidak harus air putih," kata Tsindos seperti dikutip berbagai media Australia, Rabu (6/6/2012). "Saya juga tidak mengatakan Anda tidak harus minum air putih. Namun, keperluan minum air putih 2 liter secara teratur tidak memiliki dasar sama sekali, alias mitos belaka." "Kita harus mengatakan kepada masyarakat awam bahwa teh dan kopi juga menjadi bagian dari kebutuhan cairan tubuh seseorang, dan meskipun ada kandungan kafein, teh dan kopi tidak membuat dehidrasi." tambah Tsindos. Ia juga mengatakan, minum air putih sekaligus dalam jumlah banyak juga tidak ada gunanya karena akan keluar lagi sebagai air kencing. Minum air putih sebagai bagian dari diet untuk mengurangi berat badan juga tidak ada gunanya bila tidak disertai dengan latihan fisik ataupun diet rendah kalori. "Dan, semakin banyak bukti menunjukkan air putih dan diet yang seimbang lebih berguna dibandingkan sekadar minum air putih saja," tulis Tsindos dalam Jurnal Kesehatan Publik Australian dan Selandia Baru. "Air putih penting bagi kesehatan, tetapi rekomendasi delapan gelas sehari tidaklah memiliki dasar ilmiah yang jelas," kata Tsindos. Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, pakem delapan gelas air sehari ini tampaknya berasal dari petunjuk yang diterbitkan di Amerika Serikat pertama kalinya pada tahun 1945. Akademi Sains Australia sendiri merekomendasikan agar setiap orang minum 2,5 liter air sehari.


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 9:12 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 8:09 pm

ATURAN 8 GELAS AIR, BENARKAH HANYA AIR PUTIH?
Selasa, 20 April 2010 | 16:05 WIB
KOMPAS.com — Kita sudah sering mendengar bahwa jika ingin sehat, maka kita harus menerapkan pola makan dengan gizi seimbang. Selain itu, kita harus banyak minum air putih setiap hari. Ukuran yang disarankan adalah 2 liter atau 8 gelas air putih sehari. Namun, benarkah 2 liter atau 8 gelas yang dimaksud semuanya adalah air putih? "Setiap orang tahu bahwa kita memang harus minum sekitar dua liter cairan setiap hari," ujar Catherine Collins, Kepala Ahli Diet di St George’s Hospital, London. Namun di luar apa yang disarankan tersebut, sebenarnya yang dimaksud dengan cairan atau air minum juga termasuk sup, teh, kopi, bahkan bir; apa pun! Bentuk cairan yang lain ini akan membuat Anda buang air lebih banyak daripada yang Anda konsumsi. Menurut Collins, kita juga bisa mengonsumsi 400 ml cairan dari lima porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari, yang kadar airnya bisa mencapai 95 persen. Bahkan, roti pun sepertiganya adalah air, sedangkan protein atau lemak dimetabolisasikan menjadi karbondioksida dan air. "Saya sendiri minum teh dan kopi sepanjang hari di kantor, bersama dengan segelas anggur di rumah," lanjutnya.Teh atau kopi memang memiliki manfaat kesehatan masing-masing. Namun, bila Anda tak yakin apakah cairan yang Anda minum akan menyehatkan, seperti bir misalnya, maka sebaiknya tak usah sering-sering mengonsumsinya. Bagaimanapun juga, air putih tetaplah pilihan yang paling baik.


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 8:47 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 8:09 pm

PEREMPUAN HARUS LEBIH BANYAK MINUM AIR DARIPADA LAKI LAKI
Rabu, 13/01/2010 15:30 WIB Nurul Ulfah - detikHealth
Jakarta, Perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air minum ketimbang laki-laki karena risiko infeksi saluran kemih lebih banyak mengintai perempuan. Laki-laki beruntung karena punya anatomi saluran kemih yang lebih panjang daripada perempuan sehingga risiko bakteri masuk ke saluran kemih menjadi berkurang. "Semakin pendek saluran kemih, semakin mudah pula bakteri masuk dan menempel pada daerah tersebut," kata Dr Regina Karim, Health Marketing Direktur Danone Aqua dalam acara 'Danone Aqua Siap Hadapi Tantangan 2010' di Hotel Crown, Jakarta, Rabu (13//1/2010). Menurutnya, perempuan memang harus lebih banyak mengonsumsi air karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. "Jadi kalau rata-rata konsumsi air yang disarankan adalah 2 liter sehari, maka perempuan harus minum lebih banyak dari itu. Banyak minum air akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi," jelas Regina. Yang dimaksud saluran kemih adalah daerah yang meliputi ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E coli. Namun, dapat juga disebabkan oleh bakteri stafilokokus aureus, basilus proteus, dan pseudomonas. Infeksi dapat menjalar dari bagian saluran kemih terbawah ke bagian atas. Bahkan dapat menjalar ke ginjal. Gejala infeksi saluran kemih bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan tiga perguruan tinggi ternama di Indonesia (FEMA IPB, FKM UNAIR dan UNHAS) diketahui bahwa 46,1 persen dari 1.200 penduduk Indonesia mengalami dehidrasi ringan, dan salah satu penyebabnya adalah rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya minum air. Padahal menurut riset yang dipimpin oleh Prof Dr Ir Hardinsyah, MS dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian BOgor, kekurangan 1-2 persen air saja bisa menyebabkan gangguan fungsi otak seperti kurangnya konsentrasi dan kemampuan berpikir. Di atas 2 persen, tubuh bisa mengalami sakit kepala, letih, lemah, pergerakan dan otot terganggu, infeksi kemih dan batu ginjal hingga kematian.

Hasil studi juga menunjukkan remaja lebih banyak mengalami dehidrasi ringan dibanding orang dewasa, yakni 49,5 persen dibanding 42,5 persen. "Remaja perempuan terutama, lebih banyak mengalami dehidrasi. Dan alasan utamanya hanya karena malas ke kamar mandi apalagi kalau kamar mandinya kotor dan bau. Padahal faktor yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih salah satunya adalah menahan kencing. Harusnya kalau pengen kencing, langsung ke belakang," kata Regina. Pada perempuan, kurang minum air juga bisa menimbulkan keputihan karena bakteri dan jamur akan menempel pada bagian kemaluannya. Meski demikian, pemakaian obat pembersih vagina sebenarnya tidak diperlukan. "Tidak perlu pakai pembersih-pembersih seperti itu karena bukannya bakteri jahat saja yang akan mati, tapi bakteri baiknya pun bisa mati. Cukup minum air yang banyak dan bersihkan daerah kemaluan dengan baik setelah kencing," tutur Regina. Regina juga menambahkan, mulut yang terasa kering merupakan pertanda awal dehidrasi. "Jika sudah begitu, sebaiknya langsung minum dan kencinglah jika memang ingin kencing," katanya


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 9:37 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 8:15 pm

MINUM 8 GELAS SEHARI, MITOS BELAKA?
Kamis, 3 April 2008 | 16:39 WIB
KEBIASAAN meminum air putih delapan gelas setiap hari mungkin sudah sejak lama dianjurkan dan bahkan telah berkembang menjadi sebuah mitos yang sangat kuat di kalangan masyarakat. Betapa tidak, menenggak air putih secara teratur memang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun begitu, para ahli ginjal dari Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat belum lama ini menyatakan ketidaksetujuannya dengan anggapan tersebut. Menurut mereka, bukti medis akan manfaat meminum delapan gelas air putih atau lebih setiap hari tidaklah kuat alias masih meragukan. Untuk membuktikan pendapatnya, Dr. Stanley Goldfarb serta Dr. Dan Negoianu dari Divisi Renal, Elektrolit dan Hypertensi Universitas Pennsylvania Philadelphia melakukan tinjauan literatur ilmiah tentang manfaat meminum delapan gelas air setiap hari.

Tinjauan ini menganalisa berbagai sampel penelitian yang berkaitan dengan manfaat air putih seperti memperbaiki kulit , menurunkan berat badan serta detoksifikasi. Hasil kajian Dr. Stanley Goldfarb cs menunjukkan, tak ada satu hasil riset pun berkaitan langsung dengan manfaat air putih, atau dengan kata lain tak ada satu pun riset yang menganjurkan bahwa orang sehat memang membutuhkan rata-rata delapan gelas air minum per hari. ¨Bahkan, masih belum jelas dari mana rekomendasi ini berasal,¨ ungkap peneliti yang memuat hasil temuannya dalam Journal of the American Society of Nephrology. Para peneliti mengakui jika pihaknya menemukan bukti bahwa orang yang dalam kondisi cuaca panas, iklim kering atau para atlet membutuhkan asupan air minum lebih banyak. Selain itu, ada beberapa riset yang menunjukkan meminum banyak air putih dapat membantu tubuh menguras garam dan urea. Namun begitu, kata peneliti, hingga sat ini belum ada satu pun penelitian yang menunjukkan manfaat signifikan terhadap organ tubuh dengan menambah jumlah asupan air minum .

Dr. Negoianu dan Goldfarb juga melakukan investigasi pada teori yang menyebutkan meminum banyak air membuat Anda kenyang dan sehingga mengekang selera makan. Para pendukung pendapat ini mengatakan cara ini dapat mambantu menjaga berat badan yang sehat dan melawan obesitas. Namun begitu, bukti untuk klaim yang satu ini tetap bersifat meragukan. Sejauh ini belum ada uji coba klinis yang didesain khusus yang dapat mengukur dampak asupan air minum terhadap perawatan berat badan. Sakit kepala juga seringkali diakibatkan oleh kekurangan atau kehilangan cairan, namun masih sedikit data yang bisa mendukung teori ini, menurut para peneliti. Peneliti menegaskan bahwa meminum banyak air secara sederhaa aka membuat Anda membuang lebih banyak melalui ginjjal, namun bukan berati Anda sedang membuang lebih banyak racun. ¨Tugas ginjal adalah membersihkan racun, itulah apa yang ginjal lakukan. mereka melakukanya sangat efektif dan mereka melakukannya secara independen tanpa tergantung seberapa banyak air yang Anda minum. Ketika Anda minum banyak, yang anda lakukan hanyalah mengeluarkan banyak urin tetapi tidak banyak racun dalam urin,¨ terang Goldfarb.


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 8:51 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 8:16 pm

JANGAN HANYA MINUM SAAT HAUS
Monday, 29 November 2010 Seputar Indonesia
Jangan hanya mengonsumsi air di saat haus saja karena manusia membutuhkan hampir 2 liter air setiap harinya. Saat manusia bernapas, berkeringat,buang air seni, dan membuang kotoran, secara otomatis manusia juga mengeluarkan air dari dalam tubuh sehingga setiap hari manusia pun akan kehilangan air dari dalam tubuhnya. “Itu sebabnya, tubuh membutuhkan 1,5 sampai 2 liter air atau 8 gelas per harinya,”tutur pakar air dari Balai Besar Industri Argo (BBIA) Ir Maman Rohaman MSc. Dampak jika tubuh kekurangan air, di antaranya dehidrasi, gagal ginjal, gagal jantung, serta serangan epilepsi. Adapun gejalagejala dehidrasi,di antaranya adalah sakit kepala atau pusing, lesu dan murung,daya respons rendah, bibir kering dan pecah-pecah, tubuh lemah dan letih, serta urine berwarna terlalu kuning atau gelap. “Apabila tubuh kekurangan air putih bisa ditunjukkan dengan warna urine seperti pada dehidrasi ekstrem warna urine kuning pekat, dehidrasi ringan dengan urine yang berwarna kuning, dan tidak dehidrasi dengan urine yang berwarna jernih,” kata pria lulusan Fakultas Food Technology, UNSW,Australia. Banyak orang menyangka bahwa kita perlu mengonsumsi air hanya ketika merasa haus. Padahal, ketika rasa haus muncul sesungguhnya tubuh sudah sangat kekurangan air. Jadi,biasakan minum sebelum datang haus.“Mengonsumsi air secara cukup dapat meningkatkan fungsi hormon, memperbaiki kemampuan hati untuk memecah dan melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar,” ujar dia. Ketika tubuh mengeluarkan cairan dan kemudian otak mendeteksinya sebagai keadaan dehidrasi, maka tubuh akan merespons dengan mengatakan: saya haus. Sebenarnya rasa haus dipicu oleh sel-sel yang mulai kekurangan air, bahkan ada yang menyebutkan bila rasa haus muncul sebenarnya kita sudah kehilangan 1% air tubuh. “Mengingat begitu pentingnya peran air di dalam tubuh, maka minumlah air secara cukup.Dalam kondisi-kondisi tertentu, dianjurkan minum air lebih banyak.”kata Maman.(inggrid)


Last edited by gitahafas on Thu Sep 06, 2012 8:52 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Air Untuk Kehidupan   Tue Jun 12, 2012 8:17 pm

NASIHAT "KUNO" TAPI CESPLENG: MINUMLAH 2 LITER SEHARI
Rabu, 08 Desember 2010, 15:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Setiap orang dewasa setidaknya harus minum air minimal dua liter sehari untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh agar tidak mengalami dehidrasi dan mengganggu kesehatan, kata ahli gizi, Dr Samuel Oetoro. "Setidaknya kita harus minum air delapan gelas atau dua liter sehari untuk mengganti cairan kita yang hilang karena aktivitas," kata Samuel dalam diskusi Air Adalah Kebaikan Alam dan Manfaatnya Bagi Tubuh yang diadakan oleh Danone Aqua, di Jakarta, Rabu.

Menurut Samuel, manfaat air sangat penting bagi kehidupan manusia bahkan dapat disamakan dengan kebutuhan tubuh terhadap zat gizi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Dia mengatakan, perlunya manusia mengonsumsi air dua liter sehari adalah untuk menggantikan cairan di tubuh yang hilang sebanyak dua liter melalui air seni, keringat dan saluran pernapasan. "Oleh sebab itu, karena air yang hilang per hari sebanyak dua liter karena aktivitas sehari-hari, maka cairan tersebut juga harus diisi dengan cara minum air sebanyak dua liter sehari," kata Samuel. Diingatkan, dampak manusia kekurangan cairan sangat fatal dan bisa membahayakan kesehatan manusia jika tidak mengonsumsi air sebanyak dua liter per hari. Apabila manusia kekurangan dua persen air, katanya, akan menimbulkan rasa haus, letih, lemah, mengganggu konsentrasi dan kemampuan berpikir.

Jika kehilangan air sebanyak empat persen hingga enam persen maka tubuh akan alami kelemahan yang berat, pucat, selaput lendir kering, buang air kecil berkurang dan kesadaran menjadi gelisah. "Namun jika kekurangan air mencapai 12 persen maka kesadaran sudah tidak merespon, buang air kecil tidak ada, muka terlihat kelabu, tekanan darah menurun, nadi sangat cepat dan pelan yang semuanya bisa berakibat fatal seperti kematian," katanya. Diingatkan pula bukan hanya konsumsi dua liter per hari yang penting tapi juga kualitas air yang diminum perlu memiliki karakteristik yang sesuai dengan standar kesehatan, seperti tidak berwarna, tidak bau, tidak berasa serta bebas dari bahan kimia berbahaya dan bakteri.
Back to top Go down
 
Air Untuk Kehidupan
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 15Go to page : 1, 2, 3 ... 8 ... 15  Next
 Similar topics
-
» Hindu dan Kehidupan setelah mati
» BAGAIMANAKAH KEHIDUPAN DAN KEADAAN SURGA KRISTEN?????
» Inilah Khasiat Ajaib Dari Alam Untuk Kita !!!
» Presiden & Wakil Presiden yang pantas untuk Indonesia
» Fakta Menarik Kehidupan Islam di Israel

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: