Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 L a n g s i n g

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 28 ... 51  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Wed Jun 20, 2012 6:32 am

9 KONDISI YANG MENYEBABKAN RASA LAPAR
Linda Mayasari - detikHealth Kamis, 27/09/2012 07:47 WIB
Jakarta, Orang yang tidak dapat mengontrol berat badannya, kebanyakan beralasan bahwa dirinya kerap merasa lapar dan tidak sanggup menahan keinginan untuk makan. Beberapa kondisi kesehatan tertentu mungkin melatarbelakangi rasa lapar yang tidak tertahankan dan menggagalkan diet Anda. Berikut 9 kondisi yang menyebabkan rasa lapar, seperti dilansir womansday, Kamis (27/09/2012) antara lain:

1. Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur semalam
Kurangnya istirahat merangsang dua pemicu kelaparan, yaitu kekurangan energi dan ketidakstabilan hormon. Ketika tubuh terlalu lemah, kadar hormon leptin yang diproduksi oleh sel-sel lemak akan berkurang. Padahal hormon leptin sangat penting keberadaannya untuk mengontrol nafsu makan. Selain itu kadar hormon gherlin yang diproduksi oleh perut untuk merangsang nafsu makan akan meningkat. Dua hormon tersebut bekerja berlawanan dan harus dijaga keseimbangannya. Tidurlah sebanyak 8 jam setiap malam untuk mencegah makan berlebihan. Pastikan untuk makan makanan yang bergizi dan menawarkan energi alami seperti buah segar, karbohidrat kompleks dan protein untuk membantu tubuh tetap merasa kenyang sepanjang hari.

2. Anda minum obat dengan efek samping lapar
Antibiotik tertentu yang digunakan untuk mengatasi reaksi alergi, peradangan sendi, jerawat atau obat-obatan lain terkadang memiliki efek samping menyebabkan rasa lapar. Rasa lapar tetap menyerang meski Anda telah makan dalam porsi normal. Cobalah untuk makan permen karet, menyeruput kopi hangat atau menyikat gigi untuk mengalihkan perhatian terhadap rasa lapar tersebut. Jika Anda harus mengambil obat tersebut dalam jangka waktu yang panjang, konsultasikan dengan ahli gizi untuk merancang rencana makan yang dapat membantu mengendalikan rasa lapar selama perawatan.

3. Anda haus atau dehidrasi
Gejala-gejala dehidrasi seperti ngantuk, lemas dan tidak berenergi dapat membuat seseorang merasa terlalu lapar. Hal ini memaksa Anda makan lebih banyak untuk meningkatkan energi. Ketika seseorang kehausan, mulut menjadi kering dan gejala tersebut akan berkurang ketika Anda makan. Para ahli menyarankan untuk minum segelas air putih atau secangkir teh herbal sebelum makan dan menunggu sinyal lapar dari tubuh hingga sekitar 10 menit. Hal ini dapat menghemat ratusan kalori dan mencegah kegemukan.

4. Anda baru saja berolahraga
Setelah sesi olahraga yang cukup berat, seseorang cenderung merasa lapar. Tetapi hal ini bukan berarti Anda harus mengambil makanan dengan kalori ekstra, cukup dengan memilih makanan tertentu yang dapat memulihkan energi. Daging tanpa lemak, beras merah atau biji-bijian lain dapat membantu memulihkan energi dengan lebih cepat dan menjaga perut tetap merasa kenyang lebih lama karena tubuh juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna protein.

5. Anda makan terlalu cepat
Anda mungkin masih merasa lapar meski baru saja menghabiskan makan siang. Jangan tergesa-gesa menambah makanan kembali, mungkin hal ini disebabkan karena Anda makan terlalu cepat. Hormon pengatur nafsu makan membutuhkan waktu untuk memberitahu otak bahwa Anda telah kenyang. Untuk mencegah rasa lapar setelah makan, makanlah perlahan-lahan, letakkan sendok antara suapan, dan pilihlah makanan yang beraroma dan mengandung kombinasi nutrisi lemak, protein dan karbohidrat yang seimbang. Jika Anda tetap merasa lapar, hisaplah permen sengan rasa mint setelah makan.

6. Anda melihat seseorang sedang di sebelah Anda
Sebuah studi yang dilakukan di Duke University dan Arizona State University menemukan bahwa wanita cenderung mencerminkan kebiasaan wanita lain ketika makan. Ketika seseorang di sebelahnya sedang makan, wanita akan merasa lapar dan juga menginginkan sesuatu untuk dimakan.

7. Anda minum alkohol
Alkohol telah lama diketahui dapat mememberikan kontribusi terhadap peningkatan nafsu makan. Meskipun mekanisme yang mendasarinya belum diketahui, tetapi sebuah hipotesis umum menyatakan bahwa setelah mengonsumsi alkohol, seseorang akan merasa lapar dan semua makanan kelihatan lebih lezat.

8. Anda mencium bau makanan yang lezat
Ketika seseorang mencium bau makanan yang lezat atau bahkan hanya melihat makanan dalam sebuah iklan, foto atau Acara TV dapat meningkatkan produksi air liur, yang merangsang nafsu makan. Hal ini terjadi karena masing-masing indra memiliki hubungan yang erat.

9. Anda stres
Studi menunjukkan bahwa ketika orang menyadari bahwa dirinya stres, lebih cenderung beralih ke makanan tinggi lemak, asin atau manis. Reaksi kimia tubuh terhadap stres juga dapat menyebabkan rasa lapar. Peningkatan kadar hormon stres kortisol dan insulin mungkin berhubungan dengan meningkatnya nafsu makan. Atasi stres dengan cara yang lebih positif seperti olahraga atau relaksasi agar terhindar dari makan makanan yang tidak sehat dan berlebihan.


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 1:58 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Wed Jun 20, 2012 6:26 pm

MAU NGEMIL SAAT DIET? BOLEH KOK, ASAL....
Rabu, 23 Mei 2012, 12:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Mungkin saja, ketika sedang diet, Anda menahan diri untuk tidak ngemil. Boleh jadi Anda beranggapan ngemil akan membuat diet Anda berantakan. Benarkah? Salah ternyata. Berbeda dengan keyakinan itu, ngemil di antara jadwal makan justru dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda. Artinya, dengan ngemil, Anda justru dapat membakar lebih banyak kalori dan menghindarkan dari kemungkinan makan berlebihan. Ngemil juga membuat tubuh Anda mendapatkan suplai energi secara teratur sepanjang hari. Namun, ada syaratnya nih... Anda harus memastikan bahwa camilan yang Anda santap adalah makanan yang sehat. Anda bisa mengganti gorengan yang biasa disantap dengan biskuit rendah kalori. Minumlah susu rendah lemak. Atau, lebih baik lagi pilih yogurt rendah lemak. Masih kurang puas? Silakan santap buah-buahan yang tak terlalu manis seperti jeruk, apel, atau pir. Kalau sudah begini, tubuh langsing dan sehat bukan sekadar impian...


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 1:58 pm; edited 7 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Thu Jun 21, 2012 10:04 am

KIAT MENANGKIS KEINGINAN NGEMIL
Rabu, 09 November 2011 16:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang tahu, menjaga berat badan tetap stabil itu susah, tak semudah bicara 'makan sedikit, banyak berolahraga. (Bila sesederhana itu, tentu anda tak menengok artikel ini). Satu hal yang harus diatasi adalah bagaimana menghadapi perasaan lapar tiba-tiba padahal jam makan belum lama berselang, keinginan ngemil dan godaan untuk mengunyah ini itu. Nah lho! Bagaimana membuat menghindari serangan godaan yang datang sering tak kenal waktu. Berikut ini ada lima tips yang diberikan oleh Real Age.

Praktekan meditasi pikiran.
Coba habiskan waktu paling tidak 7 menit saja untuk fokus dan mengenali, menerima bahkan menerima godaan mengemil anda ketimbang mengabaikan atau menekannya agar hilang. Mereka yang melakukan meditasi dan mengenali hasrat ingin ngemil biasanya mudah meredakan dorongan tersebut lebih baik. Berikut ini trik lain untuk menikmati makanan juga dengan pikiran sehingga anda tidak makan berlebih.

Berdiri dan bergeraklah.
Ini disarankan terutama bagi anda yang doyan ngemil coklat. Berjalan akan dengan cepat menurunkan hasrat mengudap coklat meski dorongan sangat besar. Pasalnya aktivitas ini menstimulasi zat kimia otak yang menimbulkan perasaan nyaman sehingga meninggikan semangat anda.

Jangan diam, lakukan sesuatu jika perlu sit up.
Saat terbaik adalah ketika iklan di TV sedang tayang. Anda akan mengubah hasrat mengudap anda saat itu juga. Orang dewasan dan anak-anak menyantap kudapan lebih banyak justru setelah melihat pertunjukkan TV yang dipenuhi iklan makanan.

Cobalah yoga.
Selain membuat anda lebih kuat, lentur dan tenang, yoga membantu anda mengenali hasrat makan anda, membuat anda mengetahui apakah anda benar-benar lapar atau hanya bosan. Lakukan seri gerak sederhana untuk latihan ringan menyenangkan.

Kunyah saja kudapan yang sulit untuk tidak anda pikirkan.
Kadang upaya melunakan dorongan mengudap justru membuat hasrat itu kian besar. Begitu anda lepas, anda bisa-bisa menghabiskan seluruh kantong kue. Jadi, ambil saja beberapa keping kecil kudapan yang sejak tadi anda pikirkan. Santai dan nikmati setiap gigitannya dan rasakan nikmatnya secara keseluruhan. Setelah itu selesai.


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 11:32 am; edited 7 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sun Jun 24, 2012 8:18 am

MELAWAN KEINGINAN MENGEMIL
Sabtu, 8/1/2011 | 16:58 WIB
KOMPAS.com - Mengemil menjadi penyebab sulitnya tubuh sehat dan menurunkan berat badan. Lawan hasrat mengemil dengan cara sehat ala ahli kesehatan. Berikut di antaranya:

Berencana menyerah
Orang yang gemar makanan manis, tetapi diharuskan menghentikan kebiasaan mengudap makanan manis bisa kebingungan dan merasa panik. Jangan sampai Anda memaksa diri untuk berhenti makanan manis, lalu tanpa sadar Anda malah makan makanan manis dalam jumlah banyak di kemudian hari. Coba hitung kalori Anda dalam sehari dan coba masukkan makanan manis rendah lemak dan kalori dalam asupan Anda sehari. Ini penting supaya tubuh Anda juga tidak kaget dan otak Anda tidak merasa harus mencari makanan ini dan balas dendam di hari esoknya. (Tips dari Jillian Michaels, pengarang Master Your Metabolism).

Gorengan yang tidak digoreng
Ada beberapa makanan renyah dan gurih yang tidak digoreng, caranya, dengan menggunakan oven. tips dari Rocco DiSpirito, pengarang Now Eat This!, Anda bisa gunakan putih telur dan campuran keju Parmesan, tepung gandum ptuih, dan tepung roti, campurkan pada ayam atau onion ring, semprotkan cooking spray, lalu bakar dalam oven bersuhu 450 derajat selama 10-15 menit. Rasanya sama seperti digoreng, tetapi lebih sehat. Cara lebih mudahnya? Kunjungi Kenny Roger's Roasters dan beli Crispy Wonton mereka yang tidak digoreng.

Simpan bungkus permen
Anda tipe pengulum permen? Jangan buang bungkus permen yang Anda buka. Kumpulkan dalam toples bening, dan lihat seberapa banyak permen yang pernah Anda kunyah. Ini akan memberi Anda gambaran akan seberapa banyak makanan manis yang sudah Anda konsumsi. (Tips dari Susan Albers, pengarang 50 Ways to Soothe Yourself Without Food)

Makanan enak
Menurut Janis Jibrin, ahli nutrisi di TheBestLife.com mengatakan, ada kalanya kita terus-terusan makan karena kita tidak mendapatkan cita rasa yang kita inginkan. Umumnya makanan seperti kue rasa hambar, susu cokelat encer, dan makanan instan adalah penyebabnya. Coba ganti makanan yang benar-benar enak, seperti kue yang mahal dan enak, minuman dark chocolate, atau keripik kentang yang digoreng dengan minyak zaitun. Dengan begini, selain Anda tahu makanannya mahal, rasanya enak, maka Anda pun akan berusaha mengurangi jumlah asupannya, serta merasa cukup puas.

Bayangkan imbalannya
Chris Downie, pemilik SparkPeople.com menyarankan agar Anda membuat kolase gambar-gambar Anda jika berhasil mencapai gol Anda. Lihat gambar-gambar tersebut saat rasa ingin mengemil muncul. Lalu tanyakan pada diri Anda, apakah camilan yang sudah ada di hadapan Anda itu bisa mendekatkan Anda dengan gol itu? Jika jawabannya tidak, langsung ke dapur dan minum air putih.

Hentikan pengalih perhatian
Saat Anda makan di jam makan, perhatikan benar-benar makanan yang Anda telan supaya bisa benar-benar bisa menikmati rasa dan tekstur makanan itu. Hindari pengalih perhatian saat Anda makan. (Tips dari Lillian Cheung, pengarang Savor: Mindful Eating, Mindful Life).

Masukkan nutrisi
Jangan melawan mati-matian keinginan Anda untuk makan. Cobalah berteman dengan keinginan itu, begitu saran Jennifer Iserloh, pengarang Secrets of a Skinny Chef: 100 Decadent. Makanlah apa yang Anda suka, tetapi pastikan Anda memasukkan sesuatu yang bernutrisi di dalamnya. Misal, cokelat panas Anda dicampur dengan jus wortel supaya lebih sehat.

Buat cek untuk diri sendiri
Siapkan potongan-potongan kertas untuk diri Anda sendiri. Untuk setiap keberhasilan Anda menolak keinginan mengemil, tuliskan keberhasilan Anda melawan keinginan untuk makan apa, di balik kartu itu, tuliskan kata-kata atau apa yang menguatkan Anda untuk menolak nafsu mengemil tersebut. (Tips Judith Beck, pimpinan Beck Institute of Cognitive Therapy and Research)


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 1:52 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sun Jun 24, 2012 10:38 am

CARA MENAHAN KEINGINAN NGEMIL
Penulis : Hesti Pratiwi | Rabu, 10 Oktober 2012 | 12:36 WIB
KOMPAS.com – Kesulitan menahan diri dari mengudap bukan hanya milik Anda seorang. Rasanya sulit melewatkan hari tanpa mengunyah, jika Anda salah satunya inilah solusinya. Sebab keinginan terus ngemil itu ada pemicunya. Bila Anda berhasil mengenali pemicunya, akan lebih mudah mengendalikannya. Nah, berikut sebab yang menyebabkan Anda tak kuasa menahan keinginan mengunyah terus.

Pemicu: stres
Mungkin bukan hal yang baru bagi Anda. Sebagian dari kita cenderung melarikan diri pada makanan jika sedang stres. Tapi tahukah Anda kenapa begitu? Saat stres tubuh menguras habis glukosa yang merupakan bahan bakar otak. Nah, dengan begitu tubuh memberikan sinyal kelaparan. “Otak Anda perlu bahan bakar untuk berpikir serta mengambil keputusan,”jelas Ken Cheng, Ph.D., profesor ilmu biologi di Universitas Macquarie. Artinya, saat stres otak Anda akan terus bekerja memikirkan masalah dan mencari jalan keluarnya. Tak heran jika sambil melakukannya Anda akan terus mengasup makanan. Tetaplah kuat! Caranya, tutup mata Anda dan ambil napas dalam-dalam. Tak berhasil juga, coba pose . Yoga dapat memangkas tingkat hormon stres, sehingga Anda akan merasa lebih tenang.

Pemicu: lelah
American Journal of Clinical Nutrition melaporkan ketika orang hanya tidur empat jam, mereka cenderung melahap 500 kalori lebih banyak pada hari berikutnya daripada ketika mereka tidur cukup selama delapan jam. Jika ingin melawan keinginan ngemil, cobalah tidur tujuh hingga delapan jam semalam secara rutin. “Jika kebetulan Anda akan terjebak pada minggu yang sibuk. Cobalah tidur yang cukup sebelum memasuki hari sibuk beberapa hari sebelumnya,” saran Kelly McGonigal, Ph.D., penulis buku The Willpower Instinct. Menurutnya, dengan begitu meski Anda kurang tidur selama minggu berlangsung, Anda masih akan lebih mudah menahan cobaan ngemil.

Pemicu : kontrol diri berlebihan
"Saat Anda memaksakan kontrol diri terlepas itu mengemil atau belanja, tekad Anda akan melemah sehingga lebih rentan godaan," kata Roy F. Baumeister, Ph D., penulis buku, Willpower. Mungkin ini sebabnya diet sering gagal. Jika Anda makin memaksakan mengontrol diri justru makin gampang runtuh tekadnya. Buatlah rencana bertahap terlebih dahulu. Kontrol diri yang keras, akan membuat kekuatan otak Anda terkuras. Jadi buatlah antisipasi pagi hari. Misalnya, “Nanti aka nada acara makan malam bersama kolega. Mungkin saya akan menyantap steak tapi melewatkan dessert-nya.” Akan lebih mudah untuk pertahankan sikap Anda karena Anda sudah tahu pesanan Anda.

Pemicu : pelit
Apa hubungannya sifat dermawan dengan disiplin? Oh, menjadi orang yang suka amal bukan hanya mendapat pahala. Ternyata tindakan kebaikan dapat memperkuat tekad diet serta resolusi pola makan Anda. Menurut penelitian University of Maryland, orang beramal 1 US dolar (9. 600 rupiah) memiliki stamina lebih kuat. Mereka mampu menahan beban 20 menit lebih lama ketimbang yang kurang atau tidak beramal. “Kebanyakan orang yang senang beramal memiliki kemauan lebih dari kita semua,” kata penulis studi Kurt Gray, Ph.D. Bahkan perbuatan kecil, seperti memberikan kursi bus kepada orang tua atau menyumbangkan darah, dapat membantu Andamemberikan kekuatan lebih mengatakan tidak pada keinginan mengemil.


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 1:56 pm; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sun Jun 24, 2012 10:44 am

TAK SELAMANYA MENGEMIL ITU BURUK
Rabu, 13/10/2010 | 15:48 WIB
KOMPAS.com - Sebuah studi terkini yang dipublikasikan di Journal of Nutrition mengatakan, kebiasaan mengemil memang meningkat, khususnya di kalangan orang dewasa di Amerika Serikat. Bisa jadi, kebiasaan mengemil ini merupakan penyebab masalah jantung, obesitas, dan intoleransi glukosa. Tanpa disadari, banyak dari kita mengemil untuk menambah kalori per hari. Cemilan mengisi 24 persen asupan kalori kita per hari. Padahal, menurut Barry M. Popkin, PhD, pemimpin penelitian ini, cemilan seharusnya hanya mengisi asupan kalori kita sebanyak 2-15 persen per hari. Permasalahannya, kita cenderung mengemil dan menambah kalori dari makanan besar. "Jika total kalori dari makanan kita sehari-hari (sarapan, makan siang, dan makan malam) sama dan kita membaginya menjadi 6 kali, tak masalah. Tetapi jika cemilan merupakan makanan tambahan dari makanan utama, maka yang tersisa adalah tambahan kalori yang tak diperlukan. Solusinya, lakukan trik untuk mengkontrol keinginan mengemil, dan masukkan cemilan sehat. Berikut adalah cara mengemil sehat yang disarankan:

* Buat cemilan berstruktur.
Ciptakan menu mengemil untuk dipilih dan rencanakan waktu spesifik untuk mengemil di antara waktu makan ketimbang mengunyah makanan apa pun karena bosan.

* Ingin mengemil?
Berjalanlah! Ketika Anda memiliki keinginan untuk mengemil, coba lepaskan tekanan itu dengan melakukan kegiatan fisik. Bangkit dari tempat duduk, berjalan kakilah untuk mengurangi stres, sekaligus bakar beberapa kalori saat proses itu.

* Minum banyak air putih.
Kadang, kita merasa lapar, padahal pada kenyataannya, kita bisa mengisi rasa itu dengan meneguk segelas air putih untuk menahan rasa lapar.

* Gerakkan mulut.
Salah satu penyebab keinginan untuk mengemil adalah kebutuhan untuk mengenyahkan kebutuhan untuk mengunyah. Coba simpan permen karet bebas gula, wortel kecil, atau apapun yang rendah kalori untuk memuaskan hasrat mengunyah rahang Anda.

* Simpan cemilan dalam satu lemari.
Jika cemilan Anda tersebar di sana-sini, Anda akan lebih mudah untuk menemukannya dan lebih mudah tergoda.

* Pilih cemilan yang tepat.
Ya, ada kalanya keinginan untuk mengemil bisa terpenuhi dengan makanan yang asin, berlemak, atau manis. Namun, masih banyak pilihan sehat lainnya. Coba ganti biskuit asin dengan buah kering atau yoghurt. Namun hati-hati, bahkan cemilan sehat pun bisa menimbun kalori di dalam tubuh jika Anda makan terlalu banyak. Jadi, pastikan Anda mengkonsumsi cemilan sehat dalam jumlah yang cukup.


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 2:08 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sun Jun 24, 2012 11:07 am

MAKANLAH 6 SENDOK MAKAN SAJA!
Senin, 11/10/2010 | 10:55 WIB
KOMPAS.com - Banyak cara yang ditempuh orang untuk menjadi langsing. Dari mengatur pola makan, olahraga, hingga akupunktur. Bila segala cara yang dilakukan tidak memberikan hasil, sebagian orang lalu melakukan prosedur operasi gastric bypass (mengikat lambung). Namun setelah operasi, Anda tetap harus mengontrol porsi makan, makan secara perlahan, dan mengunyah dalam hitungan tertentu untuk mengurangi kapasitas perut. Ribet, ya? Namun kini ada prosedur baru yang bisa diterapkan oleh pasien obesitas. Pasangan suami-istri ahli hipnoterapi klinis Martin dan Marion Shirran dari Elite Clinic, Spanyol, memiliki metode yang mereka sebut sebagai Gastric mind Band (GmB). Metode yang sudah dijalankan selama tiga tahun ini mengombinasikan hipnotisme dengan program edukasi, yang memungkinkan pasien untuk menurunkan berat badan seefektif jika mereka melakukan operasi gastric bypass. Pasangan ini menguraikan berbagai tips dan trik metode ini dalam buku berjudul Shirran's Solution: The Gastric mind Band. Kunci untuk menjalankan GmB adalah mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, dengan sangat perlahan, seperti jika Anda menjalani operasi pengikatan lambung. Setelah operasi, lambung yang diikat akan berkurang kapasitasnya dari 1 liter menjadi hanya 20 ml. Paling banyak, Anda hanya bisa makan enam sendok makan (apapun makanannya) setiap kali makan. Bandingkan dengan porsi rata-rata berukuran dua kepalan tangan, yang akan memenuhi kapasitas normal lambung.

Dengan menghipnosis diri telah melakukan pengikatan lambung (dalam GmB), Anda tidak perlu terlalu ketat dengan diet, namun membatasi porsi makan saja. Daging tidak boleh lebih besar dari seukuran sekotak kartu remi (85 gr), sedangkan ikan tak boleh lebih besar dari buku cek (113-141 gr). Suka makan pasta? Anda boleh tetap makan, tetapi ukurannya tidak boleh lebih besar dari kepalan tangan Anda (sesudah dimasak). Potong kecil-kecil, kunyah lebih perlahan, dan konsentrasilah pada apa yang Anda makan. Makan dengan sumpit bisa membantu Anda untuk mencegah Anda makan terlalu banyak dan cepat. Jika makan dengan cepat, Anda akan cenderung makan lebih banyak. Sebab, saat otak mendapat pesan bahwa Anda kenyang, Anda akan menelan lebih banyak daripada yang Anda perlukan.

Pasien gastric band juga didorong untuk mengonsumsi makanan mereka dalam cara tertentu. Misalnya, daging lebih dulu, karena daging akan menetap lebih lama di dalam lambung Anda. Jika Anda sudah merasa kenyang sebelum sempat makan kentang (atau karbohidratnya), berhenti saja. Jika Anda operasi gastric, potongan daging tak boleh lebih dari seukuran kuku jari tangan, dan harus dikunyah 10 kali untuk memastikan daging dicerna dengan baik. Dengan GmB, Anda tidak perlu seketat itu, tapi pastikan setiap suapan harus dihitung. Pelajari warna dan tekstur makanan Anda, dan analisa rasanya. Indera pengecap ada dalam mulut Anda, bukan perut Anda. Jadi, semakin lama makanan itu ada di dalam mulut, semakin banyak kenikmatan yang Anda dapatkan dari situ. Anda juga didorong untuk tidak memedulikan makanan yang tersisa. Makanan yang berlebih pasti akan dibuang, entah itu dibuang ke perut atau dibuang ke tempat sampah. Prinsipnya, jangan memperlakukan perut Anda seperti tempat sampah. Berat badan pasien gastric band biasanya akan turun secara perlahan, hanya sekitar 900 gr setiap minggu. Dengan meniru cara makan mereka, maka Anda pun bisa mendapatkan hasil yang sama. Untuk menurunkan berat sekitar 450 gr seminggu, Anda perlu mengurangi asupan makanan hingga 500 kalori sehari. Nah, meskipun Anda tidak melakukan operasi pengikatan lambung, Anda bisa mencoba menerapkan trik yang disarankan oleh pasangan Shirran ini. Tidak terlalu susah, kan?


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 10:57 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sun Jun 24, 2012 11:09 am

BERAPA PORSI MAKAN YANG ANDA BUTUHKAN?
Rabu, 06/07/2011 13:48 WIB Vera Farah Bararah - detikHealth
Jakarta, Setiap orang memiliki porsi makan yang berbeda-beda tergantung dari banyak faktor. Penting untuk mengetahui porsi makan yang dibutuhkan agar kalori yang masuk tidak berlebih karena nantinya bisa memicu obesitas. Satu hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang adalah jumlah atau porsi makanan yang dibutuhkannya. Hal ini untuk mengatur agar jumlah kalori yang masuk dan keluar seimbang sehingga tidak ada penumpukan kalori di dalam tubuh. Studi jangka pendek menemukan bahwa orang akan makan lebih banyak jika dihadapkan pada ukuran porsi makan yang lebih besar. Porsi makan yang lebih besar bisa memicu terjadinya pelebaran ukuran pinggang atau penumpukan lemak di perut. Secara teknis porsi adalah sejumlah makanan yang harus dikonsumsi seseorang, dan setiap porsi menunjukkan jumlah kalori dan nutrisi tertentu yang terkandung dalam makanan tersebut, seperti dikutip dari Indiatoday, Rabu (6/7/2011). Misalnya satu porsi roti sama dengan satu lembar, jadi jika makan 2 lembar roti berarti sudah mengonsumsi 2 porsi, porsi standar untuk daging sama dengan ukuran satu kartu atau telapak tangan sedangkan untuk sayuran atau biji-bijian biasanya satu telapak tangan. Tapi ada beberapa makanan yang satu potongnya tidak menunjukkan satu porsi. Untuk itu cobalah mengenali ukuran porsi standar suatu makanan sehingga bisa membantu menilai seberapa banyak makanan yang sudah dikonsumsi dan bisa menghindari kelebihan asupan kalori yang memicu kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas. Selain itu secara umum laki-laki memang membutuhkan energi yang lebih banyak karena secara fisik ia lebih banyak bergerak dibandingkan dengan perempuan. Semakin tinggi aktivitas fisiknya maka kebutuhan kalorinya akan semakin besar. Jumlah kalori yang dikonsumsi tergantung dari faktor usia, jenis kelamin, berat badan dan aktivitas fisik. Berikut ini jumlah kalori yang dibutuhkan berdasarkan aktivitas fisik dan usia adalah:

Usia 18-49 tahun
Aktivitas rendah: laki-laki sebesar 2.420 kilo kalori dan perempuan sebesar 1.955 kilo kalori
Aktivitas sedang: laki-laki sebesar 2.779 kilo kalori dan perempuan sebesar 2.055 kilo kalori
Aktivitas berat: laki-laki sebesar 3.278 kilo kalori dan perempuan sebesar 2.280 kilo kalori

Usia 50-59 tahun
Aktivitas rendah: laki-laki sebesar 2.404 kilo kalori dan perempuan sebesar 1.976 kilo kalori
Aktivitas sedang: laki-laki sebesar 2.761 kilo kalori dan perempuan sebesar 2.079 kilo kalori
Aktivitas berat: laki-laki sebesar 3.257 kilo kalori dan perempuan sebesar 2.306 kilo kalori

Berikut kategori aktivitas fisik berdasarkan profesi:
Aktivitas fisik rendah itu termasuk pekerja kantoran, dosen dan petugas hotel.
Aktivitas fisik sedang: pekerja sekolah, petugas listrik dan pengemudi profesional
Aktivitas fisik berat: atlet, penari dan pekerja konstruksi.


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 1:56 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sun Jun 24, 2012 11:11 am

TIPS MAKAN SESUAI KEBUTUHAN
Minggu, 8 Agustus 2010, 15:30 WIB Indra Darmawan, Lutfi Dwi Puji Astuti
VIVAnews - Mengendalikan bobot tubuh memang susah-susah gampang. Bagi sebagian orang, sepertinya kurang praktis bila musti hitung-hitungan kalori setiap kali hendak mengunyah makanan. Mereka biasanya menjadikan celana sebagai patokan. Jika celana sudah terasa sesak, maka asupan kalori makanan sudah mulai harus diatur. Tapi, ada juga orang-orang yang menginginkan pengurangan berat badan dengan menghitung kalori. Banyak yang bisa menurunkan berat badan dengan diet harian dengan makan makanan yang mengandung 1.500 kalori. Tapi, bila ingin mendapat pengurangan berat badan yang lebih presisi, ada cara sederhana untuk menghitung jumlah kalori.

Rumusnya: Berat badan Anda (kg) x 2,2 (pound/kg) x 12 = kalori yang dibutuhkan (kal)
Misalnya berat badan Anda 50 kg. Maka kalori yang dibutuhkan tubuh Anda adalah 50 x 2,2 x 12 = 1320 kalori

Nah, untuk menurunkan berat badan Anda sebesar 1 pound atau 0,453 kg setiap pekan, maka Anda perlu mengurangi 500 kalori per hari. Sementara untuk menurunkan berat badan sebesar 2 pound atau 0,9 kg setiap pekan, maka Anda musti mengurangi 1000 kalori per hari. Tapi menurut ahli diet dari Nutrition Communication from the Friedman School of Nutrition Science and Policy at Tufts University, Wright Brierley, M.S., R.D pengurangan berat badan sebaiknya tidak lebih dari target pengurangan 1200 kalori per hari atau 2 kg per minggu. Sebab, dengan target itu akan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan target juga agak sulit untuk bisa dipenuhi secara konsisten. Nah tentunya perlu kreativitas dan kepandaian untuk mencampur dan mencocokkan pilihan menu sarapan, snack, makan siang, dan makan malam, agar mencapai jumlah kalori yang pas. Berikut ini contoh pengaturan kalori yang bisa diikuti:

• sarapan untuk 300 - 350-kalori, misalnya sepotong Banana-Bran Muffins yang mengandung 320 kalori.

• Kue untuk 250 kalori atau kurang, misalnya popcorn keju

• makan siang 325 sampai 400 kalori, misalnya Broccoli-Cheese Pie yang mengandung 365 kalori

• 500 kalori makan malam, misalnya pizza jagung asap dan kacang hitam
Orang-orang kadang meremehkan kelebihan asupan kalori sebesar 20 hingga 40 persen. Untuk itu, penting juga mengikuti tips untuk membantu mengurangi “distorsi porsi” sehingga berhasil mencapai jumlah kebutuhan kalori yang pas. Caranya:

• Atur jumlah porsi makanan di piring Anda
Dari pada mengonsumsi 1 porsi makan malam penuh, lebih baik kurangi 1 porsi makanan di piring menjadi ˝ porsi. Ganti setengahnya dengan sayuran, seperempat dengan protein (ikan, unggas tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, kacang atau tahu). Isi seperempat lainnya dengan kacang-kacangan atau makanan bertepung (beras merah atau gandum utuh seperti roti gandum).

• Pandai-pandai menakar ukuran
Tak perlu menggunakan gelas ukur setiap kali Anda ingin mendapatkan ukuran menu yang sempurna. Tapi kira-kira saja takaran sendok yang pas, atau seberapa jauh mangkuk bisa diisi oleh porsi sereal Anda.

• Pilih gelas tinggi atau kurus
Orang biasanya minum 34 persen lebih banyak dari gelas pendek dan lebih lebar daripada gelas yang tinggi dan lebih kurus. Jadi lebih baik pilih gelas yang tinggi dan kurus saat meminum minuman seperti segelas jus, sebab jumlah asupan minuman ini sudah pasti akan lebih banyak mengandung kalori.

• Pesan porsi yang lebih kecil.
Jelas, pilihan ukuran yang lebih kecil akan memiliki lebih sedikit kalori, dan penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung untuk makan, rata-rata, 22 persen lebih banyak ketika mereka ditawarkan makanan yang berporsi lebih besar.

• Berhati-hatilah dengan nama menu menarik.
Memberikan daftar nama menyenangkan bisa membuat orang lebih tertarik untuk makan. Nama "Black Forest Cake Double Chocolate" biasanya akan lebih menggiurkan daripada sekadar "Chocolate Cake"?

• Makan lezat, makanan memuaskan.
Studi menunjukkan bahwa orang lebih suka dessert setelah makan biasa-biasa saja daripada setelah satu kali makan makanan pokok yang mengenyangkan.


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 1:53 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sun Jun 24, 2012 11:11 am

TIPS KONSUMSI MAKANAN SEHAT
MINGGU, 21 AGUSTUS 2011, 13:29 WIB Finalia Kodrati
VIVAnews - Tampil cantik dan memiliki tubuh langsing merupakan suatu keharusan bagi kaum perempuan. Tak jarang, mereka melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Tetapi, bagi yang tidak berdiet tetap perlu mengetahui aturan gizi dan nutrisi yang sehat. Secara umum, mungkin Anda mengkonsumsi makanan apapun yang disukai saat Anda makan. Tetapi, mulailah memperhatikan makanan yang akan dimakan demi mempertahankan kesehatan dan juga bisa menjaga berat badan Anda agar stabil. Tetapi, untuk berhasil menjalankah hidup sehat dengan makanan yang bergizi perlu dilakukan strategi khusus. Berikut tips untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat seperti dikutip dari GeniusBeauty.

- Ganti produk makanan yang tidak sehat dengan yang sehat. Misalnya, gula diganti dengan madu atau sosis dengan daging.

- Jangan makan terlalu banyak. Perut jangan terisi makanan penuh. Makanlah ketika Anda merasa lapar.

- Proporsi gizi yang ideal setiap hari adalah, 3/5 dari seluruh ransum harus karbohidrat, 1/5 lemak dan 1/5 protein.

- Mengkonsumsi buah secara terpisah dari makanan

- Gunakan minyak sayur untuk hidangan utama dan jangan lupa dengan salad

- Hindari menggoreng makanan, lebih baik untuk memanggang di atas kompor atau merebusnya.

- Cobalah untuk tidak mencampur protein dengan pati, pati dengan lemak, lemak dengan protein dan sebagainya.


Last edited by gitahafas on Sat Nov 24, 2012 2:09 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
 
L a n g s i n g
View previous topic View next topic Back to top 
Page 6 of 51Go to page : Previous  1 ... 5, 6, 7 ... 28 ... 51  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: