Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 L a n g s i n g

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4 ... 27 ... 51  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Thu Jun 14, 2012 8:57 am

PILATES DAN CARDIO BIKIN LANGSING 2x LEBIH CEPAT
SABTU, 16 JUNI 2012 11:13 wib Gustia Martha Putri - Okezone
LANGSING dalam waktu singkat kini bukan lagi impian. Tak perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu atau sibuk melakukan diet. Melakukan pilates yang dibarengi dengan kardio menjadi solusinya. Penurunan berat badan dengan latihan pilates akan lebih sukses bila diiringi latihan kardio yang teratur. Dua jenis latihan tersebut akan menyempurnakan latihan saat Anda melakukan program penurunan berat badan. "Dengan manfaat pilates yang mengencangkan otot dan menjaga kestabilan tubuh, ditambah latihan kardio secara konsisten secara efektif memberikan hasil langsing dua kali lebih cepat pada tubuh. Tak hanya itu, latihan tersebut pun juga bermanfaat mengencangkan tubuh jauh lebih cepat," kata Ana Cabán, pelatih senior pilates, sebagaimana dilansir Life.Gaiam.com. Dipaparkan Ana, latihan kardio tidak selalu diartikan berlari di atas treadmill. Sebagai pengganti, Anda bisa memilih berbagai jenis olahraga kardio, seperti renang, lari, atau berjalan cepat. "Setelah pilates, saya lebih memilih berjalan-jalan di sekitar pekarangan rumah yang merupakan daerah pegunungan. Ini merupakan latihan menyenangkan karena dapat melatih otot dan kekuatan jantung secara bersamaan," tutup Ana. (ind) (tty)


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 7:59 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Fri Jun 15, 2012 5:46 pm

4 OLAHRAGA YANG BIKIN LANGSING
Oleh Innes | ghiboo.com – Rab, 28 Mar 2012 03:30 WIB
Ghiboo.com - Rutin berolahraga merupakan kunci penting untuk mendapatkan kesehatan dan kebugaran. Olahraga juga menjadi penting dalam program penurunan berat badan. Terkadang, banyak orang asal-asalan melakukan olahraga. Akibatnya, berat badan tak juga menurun dan malah menjadi stres. Berikut jenis olahraga yang paling efektif untuk menurunkan beberapa kilogram berat badan Anda, dilansir melalui Boldsky, Selasa (27/3).

Renang
Bagi Anda yang tidak suka berkeringat, berenang menjadi pilihannya. Olahraga ini dengan cepat dapat menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena olahraga ini memerlukan energi yang ekstra, sehingga mengharuskan Anda untuk tetap melenturkan setiap otot dalam tubuh. Dalam membakar kalori, berenang bisa membakar 350 kalori per 30 menit. Jika Anda berenang hingga satu jam, maka kalori bisa terbakar 400-700 kalori.

Sepakbola
Bermain sepak bola selama 90 menit dipercaya bisa menurunkan berat badan. Tidak seperti olahraga lain, para pemain sepakbola dituntut untuk terus bergerak dan menguji refleksnya, seperti berlari, menendang, menggiring dan berputar. Bahkan, bermain sepakbola selama 45 menit bisa membakar sekitar 350 kalori serta meningkatkan metabolisme, sehingga bisa tetap membakar kalori selama 48 jam setelah bermain.

Olahraga pantai
Memang menyenangkan berjemur sekaligus membakar kalori di pantai. Voli pantai atau bola pantai dapat membakar lemak yang menumpuk di bawah kulit Anda. Bahkan, berjalan di tepi pantai juga bisa membantu melangsingkan tubuh karena pasir pantai lebih berat dibandingkan tanah lainnya. Sehingga Anda memerlukan upaya ekstra untuk menarik kaki Anda keluar dari pasir. Menikmati indahnya pantai yang segar juga membantu Anda lebih rileks.

Tenis
Tenis memerlukan tenaga yang prima untuk berlari, mengangkat raket dan membungkuk. Anda harus memiliki refleks yang cepat dalam mengejar bola, sehingga lebih aktif bergerak. Selain itu, raket tenis yang cukup berat juga menguji kekuatan otot Anda.


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 8:01 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sat Jun 16, 2012 10:18 am

INGIN LANGSING LEBIH CEPAT?
SENIN, 25 JUNI 2012, 03:41 WIB Pipiet Tri Noorastuti, Rizky Sekar Afrisia
VIVAlife - Kalau dulu yoga identik dengan ritual dan meditasi, kini tidak lagi. Yoga telah menjadi salah satu olahraga alternatif untuk melatih fisik. Tujuan yoga tidak semata menenangkan diri, tetapi juga mencapai beberapa tujuan seperti memperbaiki postur tubuh dan melangsingkan badan. “Ya, sekarang yoga menjadi salah satu olahraga, karena yoga banyak sekali jenisnya. Yang sekarang populer, adalah yoga for fitness,” kata Diana Embran, Group Fitness Country Manager Indonesia. Manfaat yoga, kata Diana, memang sangat banyak. Dari dalam, yoga bermanfaat untuk menenangkan dan mengontrol. Secara fisik, juga berguna untuk fleksibilitas tubuh, menguatkan badan dan otot. “Terutama struktur tulang punggung, pokoknya semua yang berhubungan dengan kerja tubuh, bisa ditunjang oleh yoga,” ucapnya. Yang terpenting dari yoga, adalah melatih core muscle. Menurutnya, itu bagian tubuh terpenting yang dibentuk yoga, karena mendukung tulang punggung. Core muscle juga sangat berperan penting dalam melangsingkan tubuh. “Yoga bisa juga untuk pelangsingan, karena core muscle dirangsang untuk bekerja melangsingkan dari dalam, sehingga prosesnya lebih cepat. Dalam yoga, otot-otot ditarik, sehingga lebih ramping dan bagus. Terutama untuk yang setelah melahirkan, otot-ototnya dilatih dan dikembalikan perlahan, tidak secara drastis,” ujarnya.

Diana melanjutkan, apabila setelah melahirkan langsung fitness untuk melangsingkan tubuh, latihannya perlu penyesuaian. Tidak bisa dilakukan secara drastis, karena ada hormon yang berbeda. Itu berbeda dengan yoga, yang melakukan latihan otot secara perlahan. “Dan itu lebih cepat, kalau tanpa yoga waktu langsingnya mungkin bisa lebih lama,” ujarnya. Apabila rutin melakukan yoga, manfaatnya bisa dirasakan dalam waktu dua sampai empat minggu. “Tergantung orangnya, tapi kalau rutin, 2-4 minggu akan terasa enak di badan. Dan kalau orang yang mendalami yoga, meskipun tujuan yoganya sudah tercapai, akan terus merasa butuh yoga, karena sudah merasa enak di badan,” katanya. Untuk pemula, Diana menyarankan, tidak melakukan yoga dengan panduan CD. Lebih baik ikut kelas dengan instruktur, agar ada yang mengontrol dan membenarkan gerakan. Durasinya, bisa sekitar satu sampai dua jam. “Satu jam pertama, tubuh mulai menyesuaikan. Jadi sebaiknya jangan hanya satu jam, tapi lebih. Satu jam baik, tapi lebih baik lagi jika dilakukan sekitar dua jam,” ujar Diana. “Jangan cuma sekali seminggu, benefitnya kurang terasa. Normalnya tiga kali lah.


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 8:02 am; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sat Jun 16, 2012 10:34 am

CERMAT BERHITUNG KUNCI CEPAT LANGSING
Rabu, 16 Juni 2010 14:19 WIB Media Indonesia - Penulis : Ikarowina Tarigan
SAAT berupaya menurunkan berat badan, orang-orang sering fokus pada diet ketat dan olahraga tanpa memperhatikan hal-hal kecil, seperti jumlah jam tidur dan frekuensi mengukur berat badan. Padahal, menurut Dietz MD PhD dari CDC (Centers for Disease Control), hal-hal kecil yang bisa dihitung akan menghasilkan perubahan besar. "Jika bisa menghitungnya, Anda bisa mengubahnya," tutur Dietz, seperti dikutip situs prevention.com. Langkah apa saja yang bisa dihitung? Berikut 10 langkah yang bisa menjadi panduan Anda:

1. Ukur berat badan sekali sehari
Sebagian besar program penurunan berat badan menganjurkan aktivitas mengukur berat badan sekali seminggu. Tapi, beberapa studi menunjukkan bahwa mengukur berat badan sekali sehari merupakan kunci sukses menurunkan berat badan yang tahan lama. Peneliti dari University of Minnesota memonitor skala kebiasaan dari 1.800 pelaku diet dewasa. Mereka menemukan, partisipan yang mengukur berat badan setiap hari berhasil menurunkan berat badan rata-rata enam kilogram setelah dua tahun (partisipan yang mengukur setiap minggu hanya menurunkan tiga kilogram) dan berisiko lebih kecil mengalami penambahan berat badan kembali. "Semakin sering memonitor hasil, semakin cepat Anda menemukan kesalahan perilaku yang menyebabkan pertambahan berat badan," terang John Jakicic PhD, direktur the Physical Activity and Weight Management Research Center di the University of Pittsburgh.

2. Nonton TV kurang dari dua jam sehari
Pecandu TV cenderung melwatkan aktivitas membakar kalori, seperti bermain dengan anak. Mereka lebih sering duduk ditemani makanan cepat saji. Sebuah studi menemukan, orang dewasa yang menonton lebih dari dua jam sehari mengonsumsi kalori tujuh persen lebih banyak dan mengonsumsi lebih banyak kudapan bergula dibandingkan orang-orang yang menonton kurang dari satu jam sehari.

3. Telpon teman tiga kali seminggu
"Penurunan berat badan jangka panjang memerlukan dukungan," tutur Marion Franz RD, seorang konsultan nutrisi di Minneapolis. Hasil tinjauan studinya menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur bertemu dengan pakar diet atau menghadiri pertemuan penguatan cenderung bisa mempertahankan penurunan berat badan dibandingkan orang-orang yang tidak.

4. Konsumsi empat gram serat setiap kali makan
Diet tinggi serat bisa menurunkan asupan kalori tanpa membuat Anda merasa kekurangan. Sebuah studi dari Tufts University menemukan, perempuan yang makan 13 gram serat atau kurang per hari berisiko lima kali lipat lebih besar menjadi kelebihan berat badan dibandingkan perempuan yang mengonsumsi lebih banyak serat. Serat bisa memperlambat makan karena perlu dikunyah lebih lama, mempercepat gerakan makanan melalui saluran pencernaan dan meningkatkan hormon-hormon kepuasan.

5. Tambah 5.000 langkah lagi setiap hari
Rata-rata orang jalan ekitar 5.000 langkah per hari untuk pergi ke tempat kerja, membeli keperluan dan melakukan pekerjaan di sekitar rumah. Menggandakan jumlah tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, menurunkan tekanan darah, memperbaiki kontrol glukosa dan tentunya membantu merampingkan pinggang.

6. Tidur tujuh jam semalam
Sebuah studi dari University of Chicago menemukan, orang-orang yang kekurangan tidur memiliki kadar hormon pengontrol selera makan yang lebih rendah."Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur merupakan faktor risiko obesitas," terang James Gangwisch PhD dari Columbia University Medical Center. Studinya yang mengikuti 9.588 waga Amerika menemukan, perempuan yang tidur empat jam atau kurang per malam berisiko 234 persen lebih besar mengalami obesitas. (IK/OL-06)


Last edited by gitahafas on Fri Oct 19, 2012 2:54 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sat Jun 16, 2012 10:38 am

SST, JATUH CINTA BISA BIKIN LANGSING
Rabu, 27 Juni 2012, 16:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Anda jatuh cinta? Jatuh cinta itu tidak sekadar menyenangkan, tetapi juga dapat menurunkan berat badan, tanpa mesti mengikuti program diet. Ini hasil penelitian yang dipublikasikan majalah kesehatan Italia, Dimagrire. Apa kaitan cinta dengan bobot badan? Amleto D'Amicis, ahli gizi pada penelitian itu, mengungkapkan bahwa seperti cokelat dan permen yang mengandung kalori serta karbohidrat dapat memberikan stimulus kepada neurotransmitter dan secara umum menciptakan rasa senang dalam diri seseorang kendati membentuk penumpukan kalori. 'Namun, kala seseorang sedang jatuh cinta, maka asupan makanan itu tidak diperlukan lagi. Karena kebahagiaan saat mengonsumsi cokelat maupun permen serta jenis makanan yang mengandung karbohidrat tergantikan dengan kebahagiaan karena cinta,'' jelas D'Amicis.

D'Amicis mengakui bahwa berat badan akibat kebahagiaan karena cinta itu tidak berlangsung selamanya. Ia mengungkapkan bahwa sepertiga relawan dalam penelitian itu mengalami penurunan berat badan hingga mereka memasuki gerbang pernikahan. Ketua Program Studi Boga, Ir Mahdiyah MKes, mengaku dapat menerima logika atas penelitian tersebut. Kendati tidak mengetahui secara rinci penelitian itu, ia mengatakan wajar jika seseorang yang mendapatkan rasa senang karena jatuh cinta itu tidak memerlukan makanan, seperti cokelat, yang menstimulasi rasa senang ke otak. ''Ini karena rasa senang yang diperoleh dari cokelat itu sudah digantikan oleh perasaan senang saat jatuh cinta,'' ujarnya seraya mengungkapkan logika pada penelitian itu, yaitu seseorang yang jatuh cinta tentu akan selalu memikirkan pasangannya.

Mahdiyah mengungkapkan bahwa kegiatan seseorang berkaitan dengan kebutuhan kalori yang berpengaruh pada bobot tubuh. Secara teoretis, menurutnya, kebutuhan itu dikategorikan pada kelompok ringan, sedang, dan berat. Dengan demikian, menurut alumnus S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia itu tidak mustahil intensitas kegiatan memikirkan pasangan pada mereka yang sedang jatuh cinta turut menyita kalori pada tubuhnya sehingga menyusutkan bobot tubuh. Berkaitan dengan penelitian itu, Mahdiyah berasumsi bahwa semestinya hasil penelitian itu tidak sebatas pada kasus jatuh cinta. Hal ini lantaran faktor rasa senang yang menstimulasi otak tidak semata dipicu jatuh cinta. Faktor lain pun dapat memicu rasa senang berlebihan. ''Ada baiknya kalangan akademisi di sini mengembangkannya dengan meneliti pada faktor-faktor lain,'' kata dia.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 23, 2012 5:49 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sat Jun 16, 2012 10:43 am

LANGSING BERKAT TERAPI SENGAT LEBAH
KAMIS, 28 JUNI 2012, 09:07 WIB Anda Nurlaila, Rieke Saraswati
VIValife - Demi memperoleh penampilan ideal, termasuk tubuh langsing, banyak cara yang bisa dijalani. Salahsatu caranya adalah merangsang titik akupunktur, namun bukan dengan jarum seperti pada umumnya, melainkan sengatan lebah. Metode pelangsingan ini, menurut Agus Sumanto, penulis buku "Tetap Langsing dan Sehat dengan Terapi Diet", sengatan lebah lebih kuat dan mampu bertahan hingga empat hari. “Sengatan lebah mampu membakar lemak sehingga mudah dimanfaatkan sebagai sumber tenaga,” ungkap Drs. Wima Mulaji Harsono, Akp., terapis di Klinik Terapi Sengat Lebah, saat dihubungi VIVAlife. Terapi ini memiliki efek samping seperti gatal, bentol, bengkak, nyeri, dan merah merah. Hanya saja, efeknya tergantung pada individu masing-masing dan genetik. Bagi pasien yang hipersensitif terhadap racun sengatan lebah, dapat memanfaatkan tusukan jarum sebagai gantinya. “Ada yang baru satu jam sudah terkena dampak, ada yang tidak. Namun efek-efek tersebut bisa berakhir setelah tiga hari karena sudah netral,” ujar Wima. Bagi yang ingin langsing, ada 18 titik, mulai dari tulang ekor hingga kepala yang harus diterapi menggunakan sengatan lebah. Jika Anda bisa tahan hingga tiga sengatan sekaligus, berarti cukup datang ke tempat terapi sebanyak enam kali. Sehabis terapi, pasien dianjurkan tidak minum obat obatan apotek pada hari itu. Sebaiknya pasien minum madu untuk menangkal racun sengat lebah. Jika badan demam karena sengatan lebah, minum air kelapa hijau sebagai penawarnya. Terapi ini terbilang cukup manjur. Wima mengatakan, hasilnya dapat langsung terlihat dalam seminggu. “Pernah ada pasien yang turun dua kilo dalam tiga hari, tapi itu terlalu bahaya.” Wima juga menganjurkan para pasien untuk disiplin dengan dietnya. Menurut Wima, orang biasa akan makan pukul 7, 12, dan 17. Namun, siapa saja yang niat mengikuti terapi sengat lebah harus makan siang pukul setengah 11 dengan nasi secukupnya, lalu lanjut makan pukul 14.30 sore dengan santapan sehat. “Yang pasti, mereka harus menghindari makan malam. Jika tidak kuat menahan lapar, mereka bisa mengonsumsi buah-buahan seperti pisang atau apel.”


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 8:28 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sat Jun 16, 2012 10:44 am

MAU LANGSING? BANGUNLAH LEBIH PAGI
TRIBUNnews.com – Sen, 19 Sep 2011 07.46 WIB
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anda merasa badan gemuk dan ingin menjadi lebih langsing? Ada cara yang cukup mudah dan sederhana yang dapat dilakukan. Para ahli di Inggris menganjurkan, mulailah membiasakan diri untuk bangun dan beraktivitas lebih pagi setiap hari. Percaya atau tidak, menurut sebuah studi terbaru dari London, mereka yang terbiasa bangun lebih pagi akan memiliki bentuk tubuh lebih ramping, lebih bahagia, dan sehat ketimbang mereka yang terbiasa bangun di siang hari. Para peneliti di Universitas Roehampton Inggris menyimpulkan, bangun pagi juga memberikan manfaat lain seperti misalnya tiba di tempat kerja tepat waktu, menyiapkan segala keperluan sekolah anak lebih awal, dan menyelesaikan pekerjaan rumah lebih cepat. Peneliti menambahkan, pada orang yang mempunyai kebiasaan begadang hingga larut malam, biasanya akan cenderung memiliki perasaan tertekan atau stres lebih tinggi dan berpotensi mengalami kelebihan berat badan. Dalam pengamatannya, peneliti telah mewawancarai 1.068 orang dewasa terkait kesehatan dan kebiasaan tidur mereka. Hasilnya diketahui bahwa mereka yang terbiasa bangun pagi umumnya rata-rata mengawali aktivitas lebih awal, lebih bahagia dan bobot yang lebih ideal. "Ada orang pagi dan orang malam. Mereka yang biasa bangun pagi cenderung lebih sehat dan bahagia serta memiliki indeks massa tubuh lebih rendah," ucap salah seorang peneliti, Dr Joerg Huber. Dalam konferensi British Psychological Society, Huber menjelaskan alasan mengapa yang rutin bangun pagi lebih beruntung dan punya kualitas hidup lebih baik. Hal itu merujuk pada fakta bahwa melakukan tugas-tugas rutin di pagi hari dan mengurus anak di saat yang tepat justru membantu membuat tubuh menjadi lebih bugar di tengah ketatnya kehidupan modern. "Mungkin tipe orang yang rutin bangun pagi lebih cocok untuk dunia industri seperti saat ini, ketimbang mereka yang bangun kesiangan," tegasnya.


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 8:26 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sat Jun 16, 2012 1:18 pm

YANG PERLU DILAKUKAN AGAR BERAT BADAN TURUN MAKSIMAL SAAT TIDUR
Sabtu, 10/09/2011 16:06 WIB Vera Farah Bararah - detikHealth
Jakarta, Tidur memang diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi jika seseorang melakukan hal-hal berikut ini, maka ia bisa memaksimalkan manfaat tidur dalam menurunkan berat badan. Memiliki berat badan berlebih memang bisa membuat orang tidak percaya diri dan menjadi risiko penyakit tertentu. Karenanya beberapa orang kadang menghabiskan banyak uang agar bisa menurunkan berat badannya, padahal ada cara yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur agar maksimal menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (10/9/2011) yaitu:

1. Menghindari makan secara emosional
Malam hari adalah saat yang sulit bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, karena kegiatan sudah berakhir dan mudah mengalami kebosanan. Tapi sebaiknya jangan melampiaskan rasa bosan atau stres makan makanan untuk mendapatkan kenikmatan atau kenyamanan. Andrea Wenger-Hess, seorang ahli gizi dari University of Maryland Medical Center menuturkan bahwa makan secara emosional adalah faktor utama naiknya berat badan. Untuk mengatasinya beralihlah ke kegiatan lain seperti membaca buku atau berendam di air hangat untuk hilangkan stres.

2. Konsumsi makan rendah kalori
Meskipun harus berhati-hati, tapi bukan berarti tidak boleh makan sama sekali sebelum tidur. Pilihlah makanan sehat yang rendah kalori untuk menjaga proses metabolisme dan menghindari terbangun di tengah malam akibat lapar. Para ahli merekomendasikan kombinasi protein dan karbohidrat kompleks seperti semangkuk sereal gandum dengan susu rendah lemak atau buah-buahan dengan keju. Serta hindari makanan berat atau sangat berbumbu karena membuat orang sulit tidur.

3. Melakukan peregangan
Melakukan peregangan sebelum tidur seperti melakukan beberapa gerakan dasar yoga bisa membuat otot menjadi rileks dan membantu tubuh mendapatkan waktu tidur sesuai kebutuhan.

4. Mengurangi cahaya
Lingkungan tidur yang gelap atau tidak terang adalah kunci untuk mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga keseimbangan hormon di dalam tubuh terjaga dan membantu menurunkan berat badan. Untuk itu gunakan lampu dengan watt rendah dan menghindari paparan cahaya dari luar.


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 8:20 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sat Jun 16, 2012 1:51 pm

CARA MURAH LANGSINGKAN TUBUH: TIDUR NYENYAK
JUM'AT, 15 JUNI 2012, 14:45 WIB Pipiet Tri Noorastuti, Tasya Paramitha
VIVAlife - Tidur tak hanya terapi yang menyegarkan tubuh, tapi juga menjadi cara terbaik yang mendukung penurunan berat badan. Tidur yang cukup membuat hormon ghrelin dalam tubuh berkurang. Hormon yang merangsang nafsu makan. Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami waktu tidur kurang, mengalami peningkatan jumlah kalori yang signifikan akibat ngemil. Dibanding dengan orang-orang yang memiliki waktu tidur cukup. Penelitian membuktikan bahwa kekurangan waktu tidur merangsang hasrat ngemil. Di mana kebiasaan ini mendorong konsumsi karbohidrat lebih banyak, protein lebih sedikit, dan cenderung tidak banyak mengonsumsi sayur-sayuran. Terlepas temuan itu, pakar kebugaran dan gaya hidup, Christine Fee, sudah berulang kali mengingatkan pentingnya kualitas tidur terhadap penurunan berat badan. "Tidur benar-benar dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Selama tidur, tubuh memetabolisme karbohidrat secara efisien untuk digunakan sebagai sumber energi," katanya. Sementara kebiasaan tidur yang buruk menciptakan ketidakseimbangan hormon yang memainkan malapetaka terhadap metabolisme tubuh. "Kurang tidur mengganggu proses metabolisme dan menyebabkan timbunan lemak meningkat, dan efeknya berat badan bertambah. Kurang tidur memicu rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan. Bahkan, tak jarang memancing kelaparan emosional." Melihat manfaat positif tidur cukup setiap malam, simak beberapa tips agar sukses melakukan beauty rest.

1. Luangkan waktu tidur cukup.
Cobalah untuk melakukan tugas di malam hari seperti mengirimkan email ke teman atau rekan kerja anda lebih awal agar anda memiliki waktu tidur yang lebih lama. Jika Anda menyediakan waktu tidur lebih lama dari biasanya, misalnya tujuh sampai delapan jam setiap malam, Anda bisa menurunkan berat badan sekitar tujuh kilogram setahun.

2. Disiplin dengan waktu tidur.
Anda tidak dapat selalu mengontrol kapan Anda bangun, namun Anda dapat memastikan untuk pergi tidur pada jam tertentu agar waktu istirahat teratur. Jangan cuma untuk bangun pagi, pasang juga alarm untuk mengingatkan Anda waktu tidur.

3. Tidur dalam ruang redup.
Suasana terbaik yang dapat membantu Anda untuk lebih cepat tertidur dan tidur pulas adalah temaram, sunyi, dan dingin atau sejuk. Jika perlu pakai masker mata untuk menghindari paparan cahaya dengan sempurna. Usahakan juga untuk mematikan semua cahaya dari alat-alat elektronik seperti televisi dan komputer. Kondisi temaram atau gelap dapat menstimulasi produksi zat melatonin dalam tubuh, yaitu hormon yang merangsang timbulnya rasa kantuk.

4. Lakukan ritual relaksasi.
Stres dapat mengganggu tidur atau waktu istirahat. Cobalah redakan dengan melakukan relaksasi seperti teknis bernapas, meditasi atau olahraga yang menenangkan otot. Anda juga dapat mencoba mendengarkan musik lembut di telinga atau mandi air hangat sebelum tidur. Saat tubuh relaks, detak jantung dan pernapasan melemah, pertanda Anda siap beristirahat.


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 8:01 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Sat Jun 16, 2012 2:13 pm

BENARKAH TIDUR BIKIN LANGSING?
Senin, 6 Desember 2010, 15:23 WIB Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
VIVAnews - Untuk memiliki berat badan ideal, banyak wanita rela melakukan diet mati-matian. Namun ternyata, menjaga berat badan ideal tak perlu repot dan tak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan mendapatkan porsi tidur cukup, juga bisa menurunkan berat badan berlebih. Selama ini banyak orang menyepelekan waktu tidur ideal selama 7-8 jam. Padahal, durasi tidur yang cukup bisa membantu tubuh melakukan proses metabolisme dengan baik. Seperti dikutip dari laman thatsfit.com memelihara berat badan ideal berdasarkan hasil studi University of Chicago, AS, baru-baru ini menemukan, mengurangi porsi tidur ideal bisa merusak program diet yang Anda rencanakan. Meskipun menjalani diet, seseorang tetap harus mendapatkan waktu istirahat cukup.

Ketika sedang berdiet Anda mendapat istirahat cukup di malam hari, menurut penelitian, kebiasaan ini bisa mengikis lemak dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan diet tanpa waktu tidur cukup. Tidur yang memadai juga dapat mengusir rasa lapar. Berdasarkan penelitian, bagi mereka yang mendapatkan waktu tidur cukup, lebih mudah merencanakan diet yang sehat. Selain itu, banyak penelitian lain mulai menunjukkan hubungan yang jelas antara berat badan dan kurang tidur. Awal tahun ini studi di Australia menemukan sebab dan akibat antara pola tidur dan obesitas di kalangan remaja. Dan pada 2004, studi yang dilakukan di Columbia University di New York juga sangat menarik. Di sana, para peneliti mempelajari kebiasaan tidur lebih dari 18.000 orang dan menemukan, mereka yang tidur kurang dari empat jam setiap malam, 73 persen lebih cenderung menjadi gemuk daripada orang yang tidur selama 7-9 jam per malam. Namun, waktu tidur sebaiknya jangan berlebihan juga. Hasil studi juga mengungkapkan, tidur lebih dari 10 jam dapat membuat berat badan melambung.


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 8:04 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
 
L a n g s i n g
View previous topic View next topic Back to top 
Page 3 of 51Go to page : Previous  1, 2, 3, 4 ... 27 ... 51  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: