Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 L a n g s i n g

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3 ... 26 ... 51  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Tue Jun 12, 2012 2:25 pm

INGIN LANGSING TANPA HARUS DIET?
Jumat, 03/08/2012 12:30 WIB Linda Mayasari - detikHealth
Jakarta, Banyak orang ingin menurunkan berat badan tetapi malas mengikuti program diet teratur yang menyiksa. Anda hanya perlu mengubah strategi dalam kehidupan Anda sehari-hari agar mendapatkan tubuh yang langsing tanpa perlu bersusah payah melakukan diet. Berikut 5 strategi penurunan berat badan yang dapat Anda lakukan tanpa harus diet, seperti dilansir foxnews, Jumat (3/8/12) antara lain:

1. Sarapan pagi
Melewatkan sarapan adalah langkah yang salah untuk menurunkan berat badan. Sarapan sangat penting untuk mencegah kondisi yang terlalu lapar di siang hari sehingga Anda tidak makan siang dengan porsi berlebihan. Berbagai studi juga menunjukkan bahwa sarapan adalah cara yang tepat untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tetap ramping.

2. Makan makanan yang rendah kalori terlebih dahulu
Ketika banyak makanan yang tersaji di piring Anda, mulailah makan makanan yang rendah kalori terlebih dahulu, seperti brokoli, wortel, apel dan pisang. Ketika Anda sampai ke makanan lain yang berkalori tinggi, Anda tidak akan begitu lapar. Cara ini dapat mengurangi total asupan kalori yang berlebihan dan masih tetap berenergi untuk menjalani aktivitas.

3. Mulailah dengan sup
Mulailah makan siang atau makan malam dengan makan semangkuk sup kaldu yang mengandung sayuran terlebih dahulu sebelum makan makanan utama Anda. Hal ini dapat mengganjal perut dan membuat Anda tidak tergoda untuk makan makanan berkalori tinggi secara berlebihan.

4. Bagilah makan siang Anda menjadi dua bagian
Seseorang kadang akan merasa lapar ketika sore hari sebelum memasuki waktu makan malam. Makan makanan berkalori tinggi pada jam-jam tersebut dapat membuat berat badan meningkat drastis. Cara yang tepat untuk mengatasinya dalah dengan memotong makan siang Anda menjadi dua bagian. Bagian pertama dimakan pada saat makan siang dan setengah lainnya dimakan kemudian di sore hari.

5. Hindari makan makanan yang mengandung mayones
Makanan sehat seperti salad dapat membuat berat badan bertambah tanpa Anda sadari. Mayones dalam salad mengandung kalori yang tinggi, dimana satu sendoknya saja mengandung 100 kalori. Jika Anda ingin menikmati sehatnya salad, gunakan minyak zaitun sebagai topingnya untuk menggantikan mayones.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 23, 2012 5:20 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Tue Jun 12, 2012 4:43 pm

TIPS ATUR JAM MAKAN UNTUK TUBUH LANGSING
Wuri Handayani, Tasya Paramitha Selasa, 7 Agustus 2012, 16:36 WIB
VIVAlife - Kunci kesehatan tubuh selain menu makanan, keteraturan jadwal makan. Ini sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan. Banyak orang yang terkadang hanya memilih menu makanan tertentu untuk program dietnya, tanpa memperhatikan waktu makan yang tepat. Berikut siasat untuk memilih jenis makanan dan waktu yang tepat demi keberhasilan mendapat tubuh langsing.

1. Sarapan
Saat sarapan, jangan membatasi porsi makanan Anda. Konsumsi makanan yang membuat kenyang dan bersemangat melakukan aktivitas di pagi hari. Namun Anda harus tetap mengawasi kalori yang dikonsumsi. Usahakan memilih makanan yang mengandung protein tinggi.

2. Makan siang
Nah, saat makan siang Anda harus pintar-pintar menyiasati porsi makan. Pastikan komposisi karbohidrat, protein, dan sayur-sayuran yang seimbang. Jika Anda gemar mengkonsumsi salad, jangan pernah menyandingkannya dengan saus berkalori yang terbuat dari minyak dan telur. Sebagai pengganti, pilih saus dari yoghurt atau minyak zaitun. Cara ini akan memaksimalkan manfaat buah dan sayur untuk kesehatan.

3. Snack
Hidup sehat bukan berarti dilarang ngemil. Namun Anda tetap harus waspada terhadap kandungan bahan-bahan yang ada di dalam makanan ringan ini. Hindari jenis keripik, permen dan pastry. Anda dapat mengkonsumsi yogurt atau sorbet yang terbuat dari buah-buahan.

4. Makan malam
Jangan pernah mencoret rutinitas makan malam. Melewatkan makan malam tidak lantas membuat tubuh menyusut. Siasati jadwal makan, minimal lima jam sebelum Anda tidur agar kalori tidak menumpuk. (eh)


Last edited by gitahafas on Thu Aug 23, 2012 5:23 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Wed Jun 13, 2012 6:10 pm

TIPS LANGSING DENGAN MENYESUAIKAN WAKTU BIOLOGIS
Selasa, 19 Juni 2012 12:20 WIB
MEMANGKAS bobot tubuh bukan hanya memilih atau bahkan mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi. Ada tiga hal penting yang jika dilakukan dengan tepat sesuai waktu biologis akan membantu mempermudah proses pelangsingan.

1. Kurangnya waktu tidur:
Sebuah studi yang dilakukan di Finlandia mengungkapkan, seseorang yang mengalami kesulitan tidur cenderung lebih mudah mengalami peningkatan berat badan. Kurang tidur berpengaruh terhadap pembentukan ghrelin, sebuah hormon yang mengirim sinyal lapar dari organ pencernaan ke dalam otak.

2. Hindari makan sebelum tidur:
Pastikan untuk tidak lagi menyentuh makanan paling tidak tiga jam sebelum tidur. Makan sebelum tidur dapat meningkatkan temperatur tubuh, naiknya kadar gula darah dan insulin, dan juga menghambat pelepasan melatonin, serta menurunkan pelepasan hormon pertumbuhan.

3. Sarapan satu jam setelah bangun tidur:
Nah, ini dia yang juga tak kalah penting. Sarapan bukanlah hal yang sepele. Justru sarapan merupakan metode ampuh untuk membatasi diri melahap makanan yan berlebihan saat makan siang. Di samping itu, sarapan sebenarnya merupakan sumber energi awal yang digunakan tubuh untuk beraktivitas. (Dailymail/*/OL-06)


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 8:05 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Thu Jun 14, 2012 5:31 am

INGIN CEPAT LANGSING? COBA POLA DIET INI
Pipiet Tri Noorastuti, Stella Maris Senin, 23 Juli 2012, 16:01 WIB
VIVAlife - Banyak wanita diet mati-matian demi memiliki tubuh langsing ideal. Yang jamak mereka lakukan adalah membatasi asupan makanan, demi meminimalisir asupan kalori dan timbunan lemak dalam tubuh. Logika yang mereka pakai: semakin intens melakukan diet, semakin cepat meraih tubuh impian. Studi University Hospital of South Manchester meruntuhkan logika itu. Tak perlu melakukan diet ketat setiap hari. Mereka yang membatasi asupan makanan selama dua kali dalam seminggu justru memperoleh hasil lebih efektif dibandingkan mereka yang diet mati-matian setiap hari. Dikutip Telegraph, studi melibatkan 100 wanita dengan obesitas yang terbagi dalam tiga kelompok:

Kelompok pertama
Menjalani program penurunan berat badan dengan diet karbohidrat setiap hari. Mereka sama sekali tidak boleh mengonsumsi karbohidrat, seperti kentang dan roti. Nilai gizinya pun hanya boleh mencapai angka maksimal yaitu 650 kalori per hari.

Kelompok kedua
Menjalani program diet yang sama dengan kelompok satu. Bedanya, mereka tidak menjalaninya setiap hari melainkan hanya dua kali dalam seminggu. Mereka juga tidak perlu melakukan pembatasan kalori setiap hari.

Kelompok ketiga
Mereka yang masuk dalam kelompok terakhir ini diminta meninggalkan semua makanan mengandung lemak dan alkohol. Diet berlaku ketat setiap hari.

Hasil penelitian
Seluruh partisipan menjalani diet sesuai kelompoknya selama tiga bulan. Hasilnya, mereka yang menjalani diet karbohidrat dua kali seminggu mengalami penurunan berat badan rata-rata empat kilogram. Mereka yang tergabung dalam kelompok ketiga hanya turun sekitar dua kilogram. Sementara mereka yang ada di kelompok pertama tak mengalami perubahan berat tubuh signifikan. Mereka yang tergabung dalam kelompok kedua tak hanya mengalami penurunan berat badan paling signifikan, tapi juga penurunan tingkat risiko kanker payudara sebesar 40 persen. Ini terkait perubahan leptin atau hormon yang berhubungan dengan kanker payudara. Pamela Goldberg, Kepala Organisasi Anti Kanker, mengatakan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan pola diet terbaik yang bisa menjadi alternatif pencegahan kanker payudara. Ia merekomendasikan pola diet tersebut sembari memperbanyak asupan buah dan sayur. (umi)


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 9:06 am; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Thu Jun 14, 2012 6:34 am

RUMUS BARU AGAR BADAN SELALU LANGSING
Jumat, 26/11/2010 08:12 WIB Merry Wahyuningsih - detikHealth
Copenhagen, Ada banyak cara mudah untuk menurunkan berat badan, tapi yang sering menjadi masalah sebenarnya adalah menjaga berat badan agar selalu dalam kondisi ideal. Hasil studi terbesar dunia telah menemukan formula baru untuk membuat tubuh selalu langsing. Apakah itu? Sebuah studi internasional terbesar dunia yang dilakukan pada lebih dari 900 orang dewasa dan 800 anak-anak dari 8 negara Eropa, menemukan formula baru yang paling efektif untuk dapat menurunkan berat badan dan membuat tubuh selalu langsing, yaitu dengan makan makanan tinggi protein atau diet rendah indeks glikemik (GI). Dengan formula ini artinya orang bisa makan banyak daging tanpa lemak (lean meat), kacang-kacangan, produk susu rendah lemak dan sedikit makanan pati olahan, seperti roti dan nasi putih. Indeks glikemik (GI) berlaku untuk karbohidrat dan merupakan ukuran seberapa cepat karbohidrat tersebut diubah menjadi glukosa. Semakin rendah GI, semakin lambat proses pencernaan dan semakin besar rasa kenyang yang diperoleh. Diet rendah GI memungkinkan orang untuk makan sampai kenyang tanpa memperhitungkan kalori dan tanpa menaikkan berat badan. "Temuan ini sebenarnya menyarankan tentang cara diet yang sudah ketinggalam zaman. Saya sendiri sebenarnya bermusuhan dengan GI, tapi saya sangat terkejut karena ternyata GI sama pentingnya dengan protein dalam menjaga berat badan," jelas Profesor Arne Astrup dari University of Copenhagen, yang memimpin penelitian, dilansir Independent, Jumat (26/11/2010). Menurut Prof Astrup, diet tinggi protein telah dikenal sebagai cara untuk menurunkan berat badan, karena protein menunda pengosongan perut dan meningkatkan produksi insulin. Dan dengan menambahkan karbohidrat dengan indeks glikemik rendah yang dicerna secara perlahan, maka orang akan merasa kenyang untuk jangka waktu yang lama. "Motivasi adalah kunci utama dalam menjaga berat badan dan diet protein tinggi dan rendah GI memudahkannya untuk menurunkan berat badan dan menbua tubuh tetap langsing", jelas Prof Astrup lebih lanjut.

Contoh makanan yang rendah GI adalah sebagai berikut:
1. Roti dan sereal gandum
2. Hampir semua sayuran
3. Buah-buahan seperti apel, pir dan jeruk rendah GI. Tapi anggur, buah kiwi dan melon tinggi GI karena mengandung banyak gula.
4. Dark chocolate rendah GI, karena memperlambat penyerapan gula.
5. Kentang panggang yang panas sebenarnya tinggi GI, tetapi ketika kentang panggang didinginkan maka akan membuat pati dicerna lebih lama sehingga rendah GI.

Dan contoh menu harian yang sesuai dengan diet rendah GI dan tinggi protein adalah sebagai berikut:
Menu sarapan
Susu rendah lemak, roti gandum dengan keju rendah lemak dan buah jeruk.

Menu makan siang
Roti gandum dengan daging tanpa lemak (lean meat) atau ayam, steak tuna dengan saus tomat dan sayuran.

Menu makan malam
Kalkun tumis, sayuran, pasta gandum, salad alpukat dengan keju feta (keju Yunani yang biasanya dibuat dari susu kambing atau domba).


Last edited by gitahafas on Thu Aug 23, 2012 5:33 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Thu Jun 14, 2012 6:34 am

BEGINILAH CARA LANGSING YANG SEHAT
Sabtu, 14 Juli 2012, 09:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Anda berniat melakukan program penurunan berat badan? Jangan terpikir melakukan ini dengan cara pintas, pilihlah cara yang aman. Untuk itu, simak beberapa tips penurunan berat badan dari dr Endang Darmoutomo MS SpGK berikut ini:

* Mulailah dengan tekad.
Pengetahuan bahwa kegemukan merupakan pemicu dari berbagai masalah kesehatan, bisa menjadi motivasi yang kuat untuk memulai program penurunan BB.

* Pengaturan makan (diet) dibarengi gaya hidup aktif dan berolahraga teratur (bila perlu menggunakan obat dengan indikasi IMT di atas 30 atau ada penyakit) merupakan jalan terbaik. Kesinambungan merupakan kemutlakan. Jangan berhenti bila tujuan sudah dicapai. Pertahankan seumur hidup.

* Buat target jangka pendek.
Target jangka pendek adalah penurunan BB sebanyak 0,5 kg/minggu. Sedangkan target jangka panjang berupa penurunan BB sebanyak 10 persen dan mengecilkan lingkar perut.

* Buat rencana yang masuk akal dan dapat dilakukan untuk jangka waktu lama, seperti makan teratur namun rendah kalori, bukannya berpuasa.

* Luangkan waktu untuk mempelajari variasi makanan yang rendah kalori namun cukup enak dan mudah dibuat.

* Jangan lupa olahraga.


Last edited by gitahafas on Tue Aug 28, 2012 7:53 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Thu Jun 14, 2012 8:12 am

JOGGING TAK BIKIN LANGSING
Selasa, 27/07/2010 13:15 WIB AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
London, Untuk kesehatan jantung, manfaat jogging tidak perlu diragukan lagi. Namun untuk mengurangi lemak dan berat badan, ternyata cara ini tidak efektif. Kenapa jogging susah bikin langsing? Berikut ini adalah penjelasan mengapa tubuh tetap gemuk meski sudah jogging setiap hari. Gerakan yang konstan selama jogging termasuk aktivitas aerobik yang dapat memperkuat otot jantung dan pernapasan. Dampaknya bagi kesehatan, pernapasan menjadi makin sehat dan tekanan jantung lama-lama turun sehingga risiko hipertensi berkurang. Namun untuk membakar lemak, jogging kurang efektif. Tubuh hanya akan mengolah lemak menjadi energi jika kebutuhan kalori yang diperoleh dari gula dan karbohidrat sudah tidak mencukupi. Salah satu cara untuk mengurangi lemak adalah dengan berolahraga. Jogging merupakan olahraga yang membutuhkan banyak energi, sehingga banyak yang melakukannya dengan harapan cadangan energi berupa lemak akan terbakar dengan
lebih efisien.

Kenyataannya, beberapa orang gagal mengurangi berat badan meski rajin jogging setiap hari. Diameter lingkar pinggang juga tidak berkurang, justru betis yang malah ikut membesar. "Tubuh ibarat mesin terbaik yang selalu beradaptasi dengan apapun. Semakin sering Anda jogging, tubuh akan semakin siap untuk menghadapi jogging berikutnya," ungkap Greg Brokes, seorang instruktur kebugaran di London, dikutip dari Dailymail, Selasa (27/7/2010).

Seringnya jogging dilakukan, menurut Greg hanya akan menyebabkan metabolime energi menjadi semakin efisien. Adaptasi yang dilakukan oleh tubuh membuat energi yang dibutuhkan makin lama makin sedikit sehingga kalori yang terbakar tidak banyak. Jelasnya seperti ini, ketika pertama kali jogging energi yang diperlukan untuk jogging cukup dengan yang sudah dimakan. Tapi lama-kelamaan tubuh akan menyesuaikan diri. Makanan yang dimakan dengan porsi sama ternyata hanya sedikit yang diperlukan untuk jogging. Ini artinya kalori yang terbakar juga makin sedikit karena tubuh sudah menyesuaikan diri.

Selain tidak efektif menurunkan berat badan, jogging juga tidak baik untuk persendian. Saat berlari, persendian yang digunakan sebagai tumpuan akan menahan beban 2,5 kali lipat dari berat badan sehingga rentan cedera. Ditambahkan oleh Greg, sendi yang paling rawan terserang nyeri akut akibat jogging adalah pergelangan kaki (angkle) serta lutut. Semakin sering mengalami tekanan secara berulang, sendi tersebut akan semakin cepat aus. Pendapat Greg tentu saja berlawanan dengan pandangan umum yang diyakini banyak orang. Selama ini, jogging dianggap sebagai olahraga yang dapat meningkatkan metabolisme sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.(up/ir)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Thu Jun 14, 2012 8:43 am

WUJUDKAN LANGSING DALAM 1 JAM
Rabu, 17 Oktober 2012 16:40 WIB Media Indonesia
PENYUSUTAN berat badan memerlukan suatu bentuk aktivitas fisik yang membantu Anda dalam membakar kalori secara lebih efektif bahkan dalam waktu satu jam. Program penurunan berat badan bisa jadi terasa sulit meskipun Anda sudah berusaha keras berolahraga. Sebenarnya, bukan tidak mungkin jika olahraga yang Anda jalani itu kurang tepat. Idealnya, latihan fisik maksimum adalah kombinasi dari kardio dan toning. keduanya akan membuat Anda langsing, sementara pada saat yang sama latihan tersebut juga dapat membangun otot dengan benar Lalu, latihan fisik seperti apa yang dapat menurunkan berat badan secara tepat? Yuk, ikuti informasinya seperti yang berikut ini.

1. Salah satu latihan kardio yang efektif untuk memangkas berat tubuh adalah dengan jogging.
Selain membakar kalori sebanyak 800 kalori dalam latihan selama 1 jam, jogging juga bisa membentu paha dan kaki Anda untuk terlihat lebih kecil.

2. Bersepeda bukan hanya menyenangkan.
Terlepas dari seberapa cepat Anda mengayuh sepeda, olahraga yang stau ini merupakan pilihan lainnya untuk memangkas kalori dengan cara lebih cepat. Melalui latihan selama 1 jam setiap harinya, bersepeda mampu membakar kalori sebanyak 500-1000 kalori.

3. Aerobik bisa menjadi pilihan.
Latihan ini merupakan pilihan yang tepat untuk membentuk otot kaki, pinggul, dan juga paha. Aerobik diketahui mampu membakar kalori sebesar 800 kalori per jam. Untuk hasil maksimal, lakukan aerobik setiap pagi dan sore selama 1 jam.

4. Pilihan lainnya jatuh pada berenang.
Olahraga yang satu ini mampu membakar kalori sebanyak 800 kalori dalam latihan selama 1 jam. Anda dapat melanjutkan dengan sauna untuk memaksimalkan pembakaran sekaligus relaksasi tubuh setelah latihan. Dijamin badan terasa lebih segar. (Medicmagic, Allwomenstalk/*/OL-06)


Last edited by gitahafas on Fri Oct 19, 2012 2:40 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Thu Jun 14, 2012 8:52 am

OLAHRAGA SAJA TAK BISA MELANGSINGKAN
Senin, 7 Februari 2011 | 15:50 WIB
Kompas.com - Apakah olahraga merupakan elemen penting untuk mengurangi berat badan? Tentu saja. Namun, mengapa kebanyakan orang yang sudah rajin berolahraga tapi badannya tetap melar? Orang yang rutin berolahraga terbukti cadangan lemaknya lebih sedikit dibanding orang yang malas bergerak. Ini terjadi karena aktivitas fisik akan membakar kalori. Misalnya satu jam berlari di atas treadmill akan memangkas 300-500 kalori. Jika dilakukan secara teratur, minimal 3 kali dalam seminggu, tentu berat badan ideal bisa tercapai.

Akan tetapi, olahraga saja tidak cukup. Anda juga perlu menjaga pola makan. "Anda tidak akan bisa langsing kalau cuma mengandalkan olahraga, apalagi jika pola makan Anda buruk. Yang perlu diingat, olahraga bukanlah jaminan untuk bisa makan semaunya," kata Dr.Timothy Church, direktur riset pencegahan dari Pennington Biomedical Research Center, Louisiana. Hal senada diungkapkan Susan Robert, Ph.D, profesor nutrisi dari Tufts University. "Olahraga sampai berkeringat tidak akan menjamin Anda akan langsing jika pola makan Anda tidak dijaga," katanya.

Penelitian yang dilakukan The National Weight Control Registry, kelompok yang mengikuti bagaimana 6000 orang berhasil menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, menemukan bahwa para partisipan yang sukses langsing berolahraga sedikitnya 30 menit setiap hari. Bukan hanya itu, mereka juga mengombinasikannya dengan diet sehat. Para ahli kebugaran menyebutkan, jenis olahraga yang efektif untuk membuang lemak adalah jenis latihan interval. Ini adalah jenis latihan intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu pendek lalu disambung dengan latihan kekuatan.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: L a n g s i n g   Thu Jun 14, 2012 8:56 am

LANGSING TANPA DIET
Selasa, 30 Juni 2009 15:00 WIB Media Indonesia - Penulis : Ikarowina Tarigan
APAKAH Anda terus berputar-putar dalam siklus mengikuti pola makan dan menurunkan berat badan (yang tentunya baik) dan kembali meninggalkan pola tersebut dan mengalami penambahan berat badan (tentunya buruk)? Ini merupakan siklus yang bisa menimbulkan depresi namun paling sering dialami oleh siapa saja. Menurut pakar nutrisi Ellie Zografakis, RD, dan Dale Huff, RD, CSCS, dari St. Louis, strategi modifikasi tingkah laku merupakan pilihan yang lebih tepat dibandingkan dengan diet untuk membantu Anda memutus rantai siklus ini dan menerapkan perubahan gaya hidup yang tahan lama. Untuk membantu Anda menghindari siklus ini, berikut bebrapa prinsip perubahan gaya hidup dari kedua pakar ini yang bisa menjadi panduan Anda.

1. Berhenti diet.
Bagaimana mungkin bisa menurunkan berat badan tanpa diet? Mengurangi 500 kalori sehari selama satu minggu bisa menurunkan berat badan sebanyak 1/2 kg. Sebagian besar orang bisa mendapatkan hasil yang sama dengan pengurangan 500 kalori ini dengan cara olahraga dan sedikit mengubah asupan makanan. Dengan metode ini, Anda bisa terhindar dari efek negatif diet yang terlalu ketat.

2. Kenali gejala fisik.
Tanda-tanda internal seperti perut bunyi, sakit kepala ringan, kelelahan, mudah marah serta penurunan konsentrasi merupakan pertanda kalau Anda memerlukan asupan energi untuk mempertahankan berat badan alami Anda. Dengan mengenali isyarat ini dan terhubung dengan sinyal fisik dari rasa lapar dan kenyang, Anda akan lebih mampu dalam mengatur asupan makanan dan terhindar dari makan berlebih.

3. Gunakan skala untuk mengukur tingkat lapar Anda.
Dengan menggunakan skala ini, Anda akan lebih peka terhadap sinyal rasa lapar dan kenyang dari dalam tubuh. Gunakan 0 untuk menunjukkan tingkat lapar yang ekstrim dan 10 sebagai sinyal menyatakan tingkat kekenyangan yang ekstrim. Dengan menerapkan skala ini di pikiran, mulailah membaca sinyal dari badan Anda. Target Anda sebainya berada pada rentang angka 3 dan 8. Jika membiarkan sampai 0, Anda akan makan terlalu banyak dan terlalu cepat, padahal otak memerlukan waktu 15-20 menit untuk menangkap pesan kalau tubuh sudah kenyang. Sebaiknya mulailah makan saat lapar berada pada skala 3 dan berhentilah pada skala 7 atau 8, saat Anda mulai merasa kenyang dan puas.

4. Bedakan lapar emosi dengan lapar fisik.
Lapar fisik merupakan proses lapar yang muncul setiap 3-4 jam sekali. Jika tidak mendengarkan sinyal lapar tersebut, rasa lapar akan memudar dan tubuh mulai melambat untuk menghemat energi. Sedang lapar karena emosi terjadi saat Anda melampiaskan kesedihan, kegembiraan, kecemasan atau kebosanan Anda pada makanan. Memahami kapan Anda memuaskan emosi dengan makanan bisa membantu Anda menemukan cara yang lebih tepat dalam menangani kebutuhan-kebutuhan Anda.

5. Netralkan makanan.
Tidak ada makanan yang bagus dan makanan yang buruk. Semua makanan baik jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Menghindari satu makanan tertentu akan membuat Anda semakin ingin mengonsumsi makanan tersebut. Jika Anda selalu kesulitan mengontrol porsi makanan tertentu, cobalah dengan strategi lain, misalnya dengan mengukur satu takar keripik kentang kemudian langsung mengembalikan kantung besarnya ke tempat penyimpanan makanan.


Last edited by gitahafas on Fri Oct 19, 2012 2:53 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
 
L a n g s i n g
View previous topic View next topic Back to top 
Page 2 of 51Go to page : Previous  1, 2, 3 ... 26 ... 51  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: