Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 O l a h r a g a

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 26 ... 48, 49, 50
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Fri Jun 12, 2015 9:45 am

PUNYA ASMA,OLAHRAGA APA YANG AMAN?
Jumat, 12 Juni 2015 | 07:30 WIB
KOMPAS.com – Orang yang memiliki asma sering kali khawatir untuk berolahraga, karena takut memicu gejala asma. Padahal, orang yang memiliki asma baik ringan maupun berat tak perlu takut untuk berolahraga. Menurut peneliti dari University of Sao Paulo di Brazil, penderita asma justru bisa mendapatkan manfaat jika melakukan olahraga yang bersifat aerobik. Penelitian ini melibatkan 58 orang berusia 20-59 yang memiliki asma sedang maupun berat. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang hanya melakukan latihan pernapasan dengan yoga dan kelompok yang melakukan latihan yoga dan aerobik. Latihan aerobik meliputi treadmill dalam ruangan, rutin dua kali seminggu selama 12 minggu. Setiap sesi berlangsung 35 menit dan dibagi menjadi 5 menit pemanasan, 25 menit latihan aerobik, dan 5 menit pendinginan. Hasil yang diamati para peneliti di antaranya hyperresponsiveness bronkial atau bagaimana reaksi paru-paru ketika dihadapkan dengan stimulus kimia, yang dapat menyempitkan saluran udara. Zat kimia tersebut biasa disebut histamin yang dapat memicu alergi. Para peneliti juga mengukur zat dalam darah yang berhubungan dengan peradangan dan berapa hari mereka dapat bebas dari gejala asma. Pada akhir studi, yakni setelah 3 bulan hanya beberapa orang yang berhasil dianalisis, yaitu 18 orang untuk masing-masing kelompok. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan Thorax pun menunjukkan, bahwa latihan aerobik secara signifikan mengurangi hyperresponsiveness bronkial dibandingkan dengan mereka yang hanya latihan pernapasan dengan yoga. Latihan aerobik juga mengurangi protein dalam darah,yang berkaitan dengan masalah peradangan pada saluran napas.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Fri Jun 12, 2015 10:26 am

USIA DIBAWAH 20 TAHUN TAK DISARANKAN LARI MARATON
Minggu, 31 Mei 2015 | 21:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga lari bisa dilakukan oleh anak-anak hingga orangtua. Lari merupakan olahraga yang mudah, murah, dan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan, lari kini mulai menjadi gaya hidup. Namun, olahraga lari pun ada batasnya jika dilihat dari usia seseorang. Misalnya, pada olahraga lari maraton sejauh 42 kilometer (km). Menurut dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Hario Tilarso, lari maraton seharusnya tidak dilakukan oleh mereka yang berusia di bawah 20 tahun. Mengapa demikian? "Di bawah 20 tahun masih tulang muda. Pertumbuhan tulang belum sempurna. Jadi, bisa memengaruhi pertumbuhan tulangnya," terang Hario di Jakarta, Minggu (31/5/2015). Hario menjelaskan, lari maraton memiliki jarak tempuh yang lebih panjang dan tentunya waktu yang lebih lama. Ketika lari, terjadi singgungan terus menerus dalam waktu lama pada persendian di lutut yang bisa menganggu pertumbuhan tulang muda. Mereka yang masih berusia di bawah 20 tahun, sebaiknya mengikuti lari 10 km ataupun 5 km terlebih dahulu. Untuk anak-anak pun demikian. Biarkanlah anak-anak berlari semampunya, karena tulangnya belum kuat dan masih dalam masa pertumbuhan. Sementara itu, bagi usia lanjut perlu memerhatikan kesehatan persendian, apakah masih kuat untuk berlari jarak jauh. Hario menambahkan, olahraga apapun lakukanlah sesuai kemampuan. Untuk pemula atau yang baru ingin mencoba olahraga lari, tak perlu langsung lari jarak jauh. "Untuk pemula yang mau mulai lari, coba semampunya dulu. Misalnya, satu kilo dulu. Hari berikutnya tambah jadi 2 kilo. Kemudian, tambah jarak lagi secara bertahap. Tambah kecepatan juga. Lama-lama akan biasa," imbuh dokter yang juga hobi lari ini.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Fri Jun 12, 2015 10:28 am

PENTINGNYA SARAPAN SEHAT SEBELUM OLAHRAGA
Minggu, 31 Mei 2015 | 14:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Biasakan sarapan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk sebelum berolahraga. Tak sekedar makan dan minum, tapi juga memerhatikan asupan gizi saat sarapan. Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Hario Tilarso mengatakan, dalam waktu sekitar 60 menit berolahraga, cadangan gula dalam tubuh akan menurun. Untuk itu, sarapan sehat dapat menjadi sumber energi sebelum berolahraga, seperti lari. “Misalnya berlari jauh akan membakar sekitar 800 sampai 1000 kalori, jadi kita harus konsumsi makanan dulu. Konsumsi buah yang kaya antioksidan pada pagi hari, bisa meningkatkan kesegaran tubuh yang baik untuk peforma saat berlari,” terang Hario dalam talkshow Breakfast Movement oleh Nestle Milo di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (31/5/2015). Ahli nutrisi dari Nestle Indonesia Chairunita menambahkan, sarapan sebelum berolahraga sebaiknya bergizi seimbang dengan rendah lemak dan tinggi protein. Kemudian, setelah berolahraga dilanjutkan dengan makanan dan minuman ringan terlebih dahulu untuk mengembalikan energi, seperti susu dan pisang. “Minum susu dan pisang bisa cepat mengembalikan energi setelah berolahraga. Kasih jeda dulu, baru kemudian makan berat seperti nasi,” kata Nita. Sarapan sehat sebelum beraktivitas tak hanya membuat tubuh lebih berenergi, tetapi juga meningkatkan peforma otak karena ikut diberi nutrisi. Sarapan sebelum berolahraga pun sebaiknya dilakukan satu sampai dua jam sebelum. Biarkan makanan dicerna terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga. “Misalnya mau olahraga pukul 16.00, jadi pukul 15.00 sudah tidak makan berat lagi. Sebelum start boleh cemilan,” lanjut Hario.
Back to top Go down
 
O l a h r a g a
View previous topic View next topic Back to top 
Page 50 of 50Go to page : Previous  1 ... 26 ... 48, 49, 50

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: