Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 O l a h r a g a

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 27 ... 50  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:30 am

SEGARNYA SUSU COKLAT, PULIHKAN OTOT YANG PENAT
Sabtu, 05 Juni 2010 02:36 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Susu coklat memiliki manfaat lebih baik untuk proses pemulihan setelah latihan fisik yang berat, dibandingkan minuman olahraga lain. Demikian disebutkan sebuah penelitian. Dalam empat studi yang dilakukan secara berurutan, peneliti mengungkap, susu coklat dapat memperbaiki dan membangun kembali otot-otot, jauh lebih efektif dibandingkan minuman karbohidrat yang didesain khusus. Hasil penelitian itu kemudian dipresentasikan oleh James Madison University ke hadapan konferensi American College of Sports Medicine di Seattle, AS. Para peneliti meyakini, minum susu coklat rendah lemak setelah latihan fisik yang berat sekaligus untuk menyiapkan otot-otot agar berfungsi lebih baik pada pertandingan selanjutnya untuk para atlit. Manfaat dari kombinasi karbohidrat dan protein yang tersedia dalam susu coklat sangat sesuai bagi pemulihan. Penelitian juga mengungkap, susu coklat yang memiliki perbandingan sesuai dari karbohidrat dan protein dapat menambah tenaga bagi otot yang lelah dan protein dalam susu dapat membantu otot yang ideal. Susu juga menyediakan cairan untuk rehidrasi dan elektrolit, termasuk potasium, kalsium dan magnesium yang hilang karena latihan fisik, termasuk untuk olahraga rekreasi atau atlet profesional setelah aktivitas yang berat.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 23, 2012 8:26 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:30 am

PILIH MINUMAN BERENERGI ATAU AIR PUTIH? LIHAT DULU OLAHRAGANYA
Minggu, 15/04/2012 13:59 WIB Linda Mayasari - detikHealth
Jakarta, Ketika berolahraga, cairan dalam tubuh akan keluar melalui keringat dan menimbulkan rasa haus dan dehidrasi. Anda perlu mengganti cairan tubuh dengan meminum minuman berion yang dapat memulihkan energi Anda atau air putih. Tetapi apakah minum minuman berenergi saat berolahraga lebih baik dari air putih biasa? "Manfaat dari mengonsumsi minuman berenergi tergantung aktivitas olahraga yang Anda lakukan," kata Profesor Louise Burke dari Australian Institute of Sport seperti dilansir dari ABC, Minggu (15/4/2012). Minuman olahraga biasanya mengandung air dan elektrolit, seperti natrium dan kalium untuk menghilangkan dehidrasi dan karbohidrat, seperti gula untuk energi. Minuman ini mampu mengisi cairan tubuh dan menyediakan bahan bakar ekstra untuk kegiatan olahraga dengan durasi yang panjang atau sekitar 90 menit. "Jika Anda berjalan di atas treadmill dengan tujuan menurunkan berat badan sambil membaca majalah, maka Anda tidak perlu minum minuman berenergi dan cukup minum air putih biasa," kata Burke. Profesor Clare Collins, juru bicara Dietitians Association of Australia menyetujui bahwa penggunaan minuman olahraga hanya diperlukan oleh atlet yang melakukan olahraga yang berat saja. "Atlet memerlukan asupan karbohidrat dalam jumlah besar selama latihan, seperti minuman berenergi yang menyediakan sumber energi alternatif atau tambahan bahan bakar," "jelas Burke. Burke dan Collins memperingatkan bahwa, seperti semua minuman berasa asam dan manis, minuman berenergi juga berkontribusi terhadap kerusakan gigi. Jadi penting untuk mempertimbangkan memilih minuman berenergi ketika Anda berolahraga. Ketika Anda berolahraga hanya untuk menurunkan berat badan atau hanya berolahraga kurang dari satu jam, air putih biasa lebih baik bagi Anda. Sedangkan jika Anda berolahraga berat dan dalam waktu lebih dari satu jam, Anda dapat memilih meminum minuman berenergi agar Anda tidak mudah lelah.


Last edited by gitahafas on Fri Oct 19, 2012 2:13 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:31 am

AIR PUTIH DAN OLAH RAGA
Selasa, 13 Mei 2008 | 11:25 WIB
Kompas.com - Agar tidak dehidrasi ketika berolahraga, ikuti aturan minum air putih berikut. Dua jam sebelum olahraga, minum 3 gelas (600 cc) air putih, dan 1 gelas (300 cc) 15-20 menit sebelum memulai berolahraga. Selama berolahraga, usahakan minum 1 gelas (200 cc) air putih setiap 20 menit. Setelah berolahraga, minumlah air putih sebanyaknya (semampu Anda). Suhu air yang Anda minum sebaiknya berkisar 10-15 derajat Celcius agar mudah diserap tubuh.


Last edited by gitahafas on Fri Oct 19, 2012 2:15 pm; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:31 am

KONSUMSI MINUMAN OLAHRAGA JUSTRU GAGALKAN MANFAAT OLAHRAGA
Jumat, 20/07/2012 16:00 WIB Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jakarta, Dalam berbagai iklan minuman olahraga (sport drink) di televisi atau media massa lainnya, seringkali konsumen disuguhi gambar-gambar aktivitas sejumlah orang yang berolahraga dan saat kelelahan si bintang iklan akan meminum minuman olahraga tersebut. Namun sekelompok peneliti dari Oxford University kurang sepakat dengan jargon iklan minuman olahraga yang banyak bertebaran di berbagai media tersebut. Setelah berolahraga, lebih baik minum air putih saja, kata peneliti. "Mengonsumsi produk-produk semacam itu justru akan membuat Anda harus berolahraga lebih banyak, bermain sepakbola lebih banyak lagi atau ke gym lebih sering karena kandungan kalorinya yang cukup besar," ujar Dr. Matthew Thompson dari Oxford Centre for Evidence Based Medicine seperti dilansir dari telegraph, Jumat (20/7/2012). Sejumlah produk minuman olahraga terkemuka di Inggris seperti Lucozade Energy (380 ml) mengandung 266 kalori atau produk lain yang memakai pemanis buatan, Lucozade Body Fuel (500 ml) dengan kandungan 135 kalori. Kesimpulan ini didapatkan Dr. Thompson dan koleganya setelah mengamati 431 klaim pemasaran terkait peningkatan performa fisik dalam penggunaan 104 produk olahraga, termasuk minuman olahraga dan protein shakes.

Nyatanya, banyak produsen minuman olahraga yang tidak dapat menunjukkan bukti untuk klaimnya, meskipun GlaxoSmithKline mampu menyediakan 174 berkas bukti untuk salah satu produknya yaitu Lucozade. Namun dari sekian banyak klaim tersebut, peneliti hanya dapat menemukan tiga studi berkualitas tinggi dengan risiko bias yang rendah terkait efektivitas minuman olahraga terhadap peningkatan daya tahan atau pemulihan energi pasca berolahraga. Studi ini juga menunjukkan bahwa minuman olahraga merupakan produk yang paling sering dipasarkan dengan klaim mampu meningkatkan daya tahan, namun di balik itu peneliti bersikeras bahwa bukti ini tak bisa direlevansikan pada semua orang karena ujicobanya hanya dilakukan pada para atlit, bukan orang biasa. Menanggapi studi ini, jubir British Soft Drinks Association menyatakan, "Produk minuman olahraga telah mencantumkan informasi nutrisi pada labelnya, termasuk kandungan kalorinya. Keberadaan produk ini pun untuk membantu orang-orang yang rutin berolahraga agar performanya lebih baik dan pulih lebih cepat, selain mendorong orang-orang untuk lebih banyak berolahraga." "Namun tak bisa dipungkiri jika salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan performa olahraga adalah mengonsumsi minuman yang tepat dalam jumlah yang tepat," tambahnya. Studi ini telah dipublikasikan dalam British Medical Journal.


Last edited by gitahafas on Thu Aug 23, 2012 8:42 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:32 am

SEDINGIN APA AIR YANG BOLEH DIMINUM SETELAH OLAHRAGA?
Vera Farah Bararah - detikHealth - Rabu, 23/06/2010 09:47 WIB
Jakarta, Selama ini beredar mitos yang menyebutkan kalau orang habis olahraga tidak boleh minum air dingin karena bisa berbahaya. Sebenarnya minum air dingin malah dianjurkan tapi ada batas suhunya. Bagaimana pun air dingin yang dikonsumsi akan diserap lebih cepat oleh tubuh dibandingkan dengan air biasa atau air yang hangat. American College of Sport Medicine juga merekomendasikan untuk mengonsumsi air atau minuman lainnya yang dingin saat olahraga atau setelah olahraga. Seperti dikutip dari Walking.about.com, Rabu (23/6/2010) penelitian telah menunjukkan bahwa air dingin bisa melewati perut lebih cepat. Karena itu air akan segera dikirim ke usus dan penyerapannya di tubuh juga menjadi lebih cepat.

Selama dan setelah berolahraga, seseorang pasti ingin segera menggantikan cairan tubuhnya yang hilang akibat keringat. Karena itu mengonsumsi air dingin atau minuman yang dingin memang diperbolehkan. Alasan lainnya boleh mengonsumsi air dingin adalah sebagian besar masyarakat akan merasa lebih baik dan memungkinkan orang tersebut untuk minum lebih banyak dan lebih sering.

Tapi ada batasan suhu dingin tersebut. Jangan sampai terlalu dingin. Seberapa dingin suhu air minum yang disarankan?
Air dingin yang dimaksud disini adalah air yang sejuk dan ideal untuk dikonsumsi, selain itu memiliki suhu sekitar 15 derajat Celsius. Kondisi ini sama dengan segelas air putih yang ditambahkan 2-3 batu es. Jadi air dingin yang dimaksud disini bukanlah air yang sangat dingin dan berasal dari freezer. Kebutuhan untuk mengonsumsi air saat berolahraga memang penting dan sangat diperlukan. Karena saat melakukan aktivitas tersebut, tubuh mengeluarkan cairan yang lebih banyak dari biasanya melalui keringat. Untuk itu agar tidak terjadi dehidrasi, seseorang perlu mengonsumsi air yang cukup. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat berolahraga adalah jika di tengah-tengah aktivitas merasa haus, maka segera minum. Sebelum berolahraga seseorang juga mengonsumsi air putih dan setelah berolahraga. Namun hendaknya tidak mengonsumsi air putih sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit sehingga menghindari tersedak. (ver/ir)


Last edited by gitahafas on Thu Aug 23, 2012 8:40 am; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:37 am

BOLEHKAH OLAHRAGA DENGAN PERUT KOSONG?
Selasa, 21 September 2010, 15:46 WIB Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti
VIVAnews - Jangan mudah terjebak mitos tentang latihan pelangsingan tubuh. Jika ingin memiliki tubuh bugar, lakukan olahraga dengan baik tanpa mengabaikan aturan yang ada. Perbanyak informasi agar tak menjadi korban kesalahpahaman manfaat kebugaran. Memahami mitos seputar kebugaran menjadi penting demi meraih manfaat maksimal dan kesehatan jangka panjang. Salah satu yang sering menjadi perdebatan adalah, bolehkah berolahraga dalam kondisi perut kosong? Ahli kebugaran Nawaz Modi Singhania, mengatakan bahwa olahraga cukup menguras energi. Itu artinya sangat tak disarankan melakukan olahraga tanpa makan terlebih dahulu. "Melakukan olahraga saat perut kosong akan mempercepat rasa lelah, bahkan sebelum tubuh membakar lemak," ujarnya. Tapi, melakukan olahraga saat perut penuh juga tak dianjurkan. Yang terbaik adalah mengasup makanan sekitar satu jam sebelum memulai latihan. Pilih makanan sehat yang ringan, seperti buah-buahan atau biskuit. Berikut beberapa mitos seputar kebugaran lainnya yang cukup populer, seperti dikutip dari laman Times of India.

Olahraga di pusat kebugaran lebih sehat
Alat kebugaran mahal bukan jaminan. Segala bentuk kegiatan yang menguras tenaga seperti bersepeda, menari, jogging, dan berenang, sama baiknya dengan olahraga di pusat kebugaran. Yang penting adalah komitmen untuk melakukannya secara rutin dan fokus pada kebutuhan.

Bisa langsing instan seperti iklan
Instruktur kebugaran yang menjanjikan penurunan berat badan dalam beberapa minggu bisa jadi benar. Namun, itu mustahil jika tak disertai dengan disiplin dari diri sendiri. Perlu kesabaran, disiplin diet atau pola makan, serta komitmen dengan jadwal olahraga rutin jika ingin mendapat tubuh ideal.

Banyak keringat makin sehat
Keringat hanya sebuah sarana melepaskan panas tubuh demi menjaga suhu tubuh dalam kondisi normal. Olahraga terlalu keras demi memperbanyak keringat justru bisa menyebabkan cedera. Yang penting adalah mengistirahatkan otot saat merasa lelah. (pet)


Last edited by gitahafas on Fri Oct 19, 2012 2:06 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:38 am

INI AKIBATNYA BILA OLAHRAGA PAGI DENGAN PERUT KOSONG
Selasa, 27/03/2012 07:43 WIB Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jakarta, Olahraga memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun bila melakukan olahraga di pagi hari dengan perut kosong, maka dapat menempatkan bahaya pada tubuh Anda. Ada beberapa bahaya yang mengintai bila Anda berolahraga dengan perut kosong. Ibarat mobil, tubuh membutuhkan makanan sebagai bahan bakar. Saat melakukan olahraga di pagi hari, Anda harus makan untuk menggantikan nutrisi dari malam yang sudah habis saat tidur dan memberikan energi yang optimal untuk berolahraga. Berikut akibatnya bila Anda melakukan olahraga pagi hari dengan perut kosong, seperti dilansir Livestrong, Selasa (27/3/2012):

1. Pingsan
Berolahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat menimbulkan risiko kesehatan. Kadar gula darah rendah di pagi hari dapat terjadi jika seseorang tidak makan untuk waktu yang lama. Jika Anda berolahraga dengan perut kosong, hal ini dapat menyebabkan Anda pingsan. Orang dengan diabetes atau hipoglikemia berada pada risiko tertinggi mengalami pingsan. Pingsan juga dapat terjadi ketika tubuh tidak terhidrasi dengan benar sebelum berolahraga.

2. Hilangnya massa otot
Berolahraga dengan perut kosong dapat menyebabkan hilangnya massa otot. Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk membakar lemak. Ketika Anda bangun di pagi hari dari istirahat malam, tubuh telah kehabisan stok karbohidrat di hati. Jika karbohidrat tidak tersedia, tubuh menggunakan massa otot untuk bahan bakar untuk membantu memecah lemak. Berolahraga 30 menit setelah konsumsi makanan memungkinkan tubuh untuk menggunakan karbohidrat yang dikonsumsi untuk bahan bakar untuk membakar lemak dan mempertahankan massa otot.

3. Ketosis
Jika Anda melewatkan sarapan dan melakukan olahraga, energi yang digunakan selama latihan menambah defisit energi. Pada titik ini, tubuh telah cenderung bergeser ke ketosis, yaitu proses di mana metabolisme melambat untuk menyimpan energi lebih lama. Kelaparan mungkin menghilang untuk waktu yang singkat, tapi akhirnya menyebabkan sensasi rasa lapar terasa lebih berat. Sensasi lapar ini berkontribusi pada makanan berlebihan.

4. Kram
Ketika Anda bangun di pagi hari, tubuh mengalami dehidrasi. Anda harus mengonsumsi cairan sebelum berolahraga untuk mencegah dehidrasi lebih lanjut, yang dapat menyebabkan kram otot. Ketika membuat makanan atau snack sebelum latihan pagi, siapkan protein shake atau yogurt. Makanan dalam bentuk cair atau semi-cair akan lebih mudah dicerna oleh tubuh dan dapat membantu mencegah kram selama latihan, menurut Health Services di Columbia University. Berolahraga setelah makan juga dapat menyebabkan kram perut, mual dan muntah. Biarkan sarapan Anda dicerna dengan menunggu 30 menit sampai 1 jam setelah makan sebelum berolahraga.


Last edited by gitahafas on Fri Oct 19, 2012 2:07 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:39 am

AMANKAH OLAHRAGA SAAT PERUT KOSONG?
Rabu, 7/7/2010 | 09:56 WIB
KOMPAS.com - Niat hati ingin membakar lemak lebih banyak, maka kita pun memilih untuk tidak mengisi perut saat ingin berolahraga. Sehatkah ini? Menurut Michele Stanten, Prevention Fitness Director, hal ini sah-sah saja dilakukan. Hanya saja jangan berharap kita akan melunturkan lemak lebih banyak. Sebuah penelitian membuktikan, orang yang berolahraga dengan perut kosong justru membakar lemak lebih sedikit dibanding yang mengisi perutnya 1-2 jam sebelum berolahraga. Stanten yang juga instruktur fitness bersertifikat ini kemudian menjelaskan, jika kita melakukan olahraga jalan dengan perut kosong, kita hanya mampu 30-40 menit berjalan. “Tapi setiap orang punya kadarnya masing-masing,” katanya. Untuk menemukan ukuran yang tepat, Stanten meminta kita untuk melakukan uji coba kecil-kecilan. Caranya, cobalah mengonsumsi camilan yang kandungan kalorinya adalah 200 kalori. Bisa berupa cracker roti gandum, pisang dengan satu sendok makan selai kacang, atau keju rendah lemak. Setelah itu amati seberapa kuat kita melakukan olahraga. Lalu bandingkan apa yang terjadi ketika kita tidak makan sama sekali sebelum olahraga. “Biasanya saat kita tidak mengisi perut sebelum berolahraga, kita akan makan lebih banyak pasca olahraga. Alhasil kalori yang masuk lebih banyak dari yang terbakar,” tukasnya. Kita tentu tidak mau ini terjadi kan?


Last edited by gitahafas on Fri Oct 19, 2012 2:08 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:40 am

BOLEHKAH OLAHRAGA SEBELUM SARAPAN?
Lusia Kus Anna | Jumat, 9 September 2011 | 11:56 WIB
Kompas.com - Banyak orang mengatakan adalah ide buruk untuk berolah raga sebelum sarapan. Namun, tidak demikian menurut sebuah penelitian. Justru olahraga sebelum sarapan adalah salah satu trik untuk menghilangkan lemak perut dengan cepat. Biasa terjadi, kan, Anda tiba-tiba ingin menyantap makanan tidak sehat atau sedang melakukan perjalanan, sehingga pola makan pun tidak terkendali. Dalam kondisi seperti itu, Anda tidak perlu takut mengalami kenaikan berat badan kalau Anda bisa berolah raga sebelum makan pagi. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Physiology, fasted training atau olahraga dengan perut kosong mencegah kenaikan berat badan. Jika Anda memutuskan untuk berolah raga sebelum sarapan, jangan lupa untuk banyak minum dan segera istirahat jika mulai merasa berkunang-kunang. Sebab, tidak semua orang dapat melakukan kerja berat begitu bangun tidur dan tanpa sarapan terlebih dahulu. Selesai olah raga, segera makan atau minum snack berprotein tinggi yang mengandung gula alami, misalnya protein shake dan susu cokelat. Dan selalu diingat, olah raga bagus untuk dilakukan kapan saja. Setiap kali Anda punya waktu dan sedang in the mood, berolahragalah. Pilih latihan yang sesuai dengan tingkat kebugaran Anda dan sesuaikan dengan kemampuan. Dengan demikian, olahraga akan memperkuat jantung, dan membakar kalori serta lemak. Jika Anda memutuskan untuk berolahraga sebelum sarapan, mungkin bisa dilakukan pada akhir pekan, saat Anda relatif tidak terburu-buru mempersiapkan diri untuk kegiatan rutin harian. Lalu, porsi latihan juga tidak perlu sebanyak dan lama. Lakukan saja sesuai kemampuan. (GHS/Dian Savitri)


Last edited by gitahafas on Fri Oct 19, 2012 2:09 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: O l a h r a g a   Thu Jun 14, 2012 8:42 am

OLAHRAGA SEBELUM SARAPAN CEPAT KIKIS LEMAK
Penulis : Lusia Kus Anna | Selasa, 30 Oktober 2012 | 10:58 WIB
Kompas.com - Bila motivasi Anda rutin berlatih di gym, bersepeda, atau pun yoga, adalah untuk melangsingkan badan, sebaiknya Anda mulai melakukannya di pagi hari sebelum waktu sarapan. Berolahraga sebelum makan pagi terbukti lebih efektif untuk mengikis lemak dibandingkan dengan olahraga pada waktu lainnya. Selain membakar lebih banyak lemak, berolahraga dengan perut kosong disebutkan lebih efektif mengurangi lemak darah penyebab penyumbatan pembuluh darah. Menurut Dr.Jason Gill dari Universitas Glasgow, olahraga sebenarnya bisa dilakukan kapan saja dan mendatangkan manfaat positif bagi kesehatan. Tetapi, olahraga di pagi hari sebelum sarapan akan mendorong tubuh membakar simpanan lemak menjadi energi. "Bila tujuannya untuk menurunkan berat badan berarti harus mengurangi banyak lemak," katanya. Gill dan timnya melakukan penelitian terhadap 10 orang pria yang diminta datang tiga kali ke laboratorium studi kardiovaskular. Setiap kedatangan mereka diberikan menu sarapan. Pada kedatangan yang pertama, para pria itu tidak disuruh olahraga. Di hari lain, mereka diminta melakukan jalan cepat sebelum sarapan, dan pada kali ketiga mereka berolahraga setelah sarapan. Mereka yang berolahraga sudah tentu membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sarapan saja. Tetapi, mereka yang berolahraga jalan cepat sebelum sarapan membakar lemaknya 33 persen lebih banyak dibanding yang olahraga setelah sarapan. Hasil pengujian juga menunjukkan para responden mengalami penurunan kadar lemak darah, salah satu faktor risiko penyakit jantung. Gill menjelaskan bahwa kita tak perlu khawatir berolahraga dengan perut kosong karena tubuh memiliki cadangan energi untuk dipakai berolahraga sekitar 90 menit sampai 2 jam. Meski begitu jika Anda merasa tak mampu olahraga dengan perut kosong, menurut Gill itu pun lebih baik daripada tidak melakukan aktivitas fisik apa pun. Hanya saja, proses penurunan berat badan mungkin berjalan lebih lama.


Last edited by gitahafas on Mon Nov 12, 2012 9:15 am; edited 4 times in total
Back to top Go down
 
O l a h r a g a
View previous topic View next topic Back to top 
Page 5 of 50Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 27 ... 50  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: