Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Numpang Lewat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 26 ... 49, 50, 51  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Mon Jun 24, 2013 3:49 pm

8 Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Manusia

Senin, 24 Juni 2013, 06:29 WIB

Komentar : 0






mongabay



Kabut asap di Riau
A+ | Reset | A-


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, Prof dr Tjandra Yoga Aditama mengatakan, kabut asap dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan, lingkungan, dan kelestarian hayati. 

''Secara umum kabut asap dapat mengganggu kesehatan semua orang, baik yang dalam kondisi sehat maupun sakit,' ujar Tjandra.

Pada kondisi kesehatan tertentu, kata dia, orang akan menjadi lebih mudah mengalami gannguan kesehatan akibat kabut asap dibandingkan orang lain, khususnya pada orang dengan gangguan paru dan jantung, lansia, dan anak-anak.
 
Berikut 8 gangguan gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat kabut asap.

1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungki juga infeksi.

2. Kabut asap dapat memperburuk asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, PPOK dll. 

3. Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.

4. Mereka yang berusia lanjut dan anak-anak (juga mereka yang punya penyakir kronik) dengan daya tahan tubuh rendah akan lebih rentan untuk mendapat gangguan kesehatan

5. Kemampuan paru dan saluran pernapasan mengatasi infeksi berkurang , sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi.

6. Secara umum maka berbagai penyakit kronik juga dapat memburuk

7. Bahan polutan di asap kebakaran hutan yang jatuh ke permukaan bumi juga mungkin dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi

8. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jadi lebih mudah terjadi, utamanya karena ketidak seimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus dll penyebab penyakit (agent) dan buruknya lingkungan (environment).
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Mon Jul 15, 2013 5:37 pm

POLUSI ASIA SEBABKAN KEMATIAN TERTINGGI
Senin, 15 Juli 2013 | 07:00 WIBReuters/Jason Lee/vg
Metrotvnews.com: Lebih dari dua juta orang tewas akibat tingkat polusi udara yang tinggi di seluruh dunia setiap tahunnya. Demikian kesimpulan peneliti Universitas North Carolina, Amerika Serikat (AS). "Kami memperkirakan polusi udara di antara faktor penting yang berisiko terhadap kesehatan," tukas sang peneliti Jason West. Dalam penelitiannya, West dan tim menemukan tingkat kematian paling tinggi terjadi di Asia Timur dan Asia Selatan. "Dimana tingkat penduduk yang tinggi dan polusi udara yang parah." West dkk melakukan 14 simulasi model konsentrasi ozon dan partikel udara saat revolusi industri dimulai pada 1850 dan tahun 2000. Dari empat belas simulasi model perubahan iklim itu, enam di antaranya dipengaruhi faktor manusia. Perubahan iklim terkait kondisi ozon telah mengakibatkan 1500 kematian, sedangkan penyakit-penyakit akibat polusi udara telah menyebabkan hingga 2200 kematian setiap tahunnya. West dkk memublikasikan hasil penelitiannya itu dalam jurnal Environmental Research Letters yang terbit akhir pekan lalu.(WebMD/MI/Dika Dania Kardi)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Thu Aug 01, 2013 9:37 am

GENERASI GADGET, GENERASI TANPA ISTIRAHAT?
Penulis : Unoviana Kartika | Senin, 18 Februari 2013 | 18:14 WIB
KOMPAS.com - Ponsel seharusnya menjadi alat yang dapat membantu berkomunikasi ketika sedang berada jauh dari rumah. Namun saat ini, hampir setengah dari kita yang menggunakan ponsel dan komputer untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga meski sedang berada dalam satu rumah. Meningkatnya penggunaan alat-alat elektronik telah menciptakan sebuah generasi yang tidak dapat beristirahat. Sebuah studi di Inggris melakukan survei untuk mengetahui penggunaan alat-alat elektronik saat ini. Sekitar 22 juta orang atau sekitar 45 persen mengakui mereka menggunakan ponsel untuk menelepon, mengirim SMS, menggunakan sosial media dan email lebih sering daripada harus pergi ke ruang sebelah untuk mengobrol dengan anggota keluarga lainnya. Seperlimanya atau sekitar 22 persen lebih memilih untuk berbicara lewat telepon atau sosial media seperti Facebook dan Twitter daripada harus berbicara langsung.

Riset bertajuk The Halifax Insurance Digital Home Index itu menemukan bahwa tiga perempatnya atau sekitar 73 persen warga Inggris merasa kesulitan jika mereka harus mengalami hari tanpa "gadget", seperti ponsel, laptop, ataupun pemutar musik. Meningkatnya penggunaan alat-alat elektronik telah menciptakan sebuah generasi yang tidak dapat beristirahat, dengan 25 persen dari populasi mengakui bahwa mereka selalu memeriksa email atau pesan mereka di tempat tidur. Sepersepuluh dari mereka bahkan melakukan hal itu di kamar mandi. Survei lainnya terhadap 2.500 orang dewasa yang tinggal di Inggris juga menemukan, orang lebih memilih untuk kehilangan cincin kawin atau pertunangan daripada harus kehilangan ponsel mereka.

Psikolog Aric Sigman memperingatkan bahwa ketergantungan yang berlebihan kepada teknologi dapat menjadi masalah bagi seluruh kelompok usia dan menyebabkan kehancuran hubungan antarmanusia. "Ketika frekuensi dan durasi melihat layar meningkat, jumlah waktu yang dihabiskan untuk kontak langsung dengan 'kehidupan nyata' yaitu hubungan langsung dengan orang lain akan berkurang," ujarnya. "Ketika berusia tujuh tahun, rata-rata anak yang lahir saat ini akan menghabiskan satu tahun usianya untuk menonton teknologi layar, dan ketika mereka berusia 80 tahun, mereka menghabiskan 18 tahun dalam hidupnya untuk melihat teknologi yang bahkan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan," tambahnya. "Penggunaan teknologi yang berlebihan merupakan isu yang berdampak pada semua kelompok usia, dari dewasa muda, yang menganggap teknologi merupakan pusat dari hidupnya, sampai ke orang tua yang akan merasakan bagaimana penggunaan teknologi yang berlebihan dapat membangun penghalang bagi interaksi keluarga," tutur Sigman. Oleh karenanya, kita harus dapat mengingatkan diri sendiri bahwa teknologi seharusnya menjadi alat, bukan pengganggu atau bahkan perusak.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Wed Sep 04, 2013 10:17 am

KETAHUI KESALAHAN DAN CARA TERBAIK UNTUK KEROKAN
Selasa, 03 2013 | 21:04 WIBIlustrasi
Metrotvnews.com: Kerokan masih dipercaya sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masuk angin. Cara ini bisa berhasil asalkan memperhatikan beberapa hal. Penanggung jawab pelatihan Martha Tilaar Salon and Day Spa, Mien Rogi mengatakan kesalahan yang sering terjadi saat kerokan adalah mengerok tepat di posisi tulang berada. Hal itulah yang menimbulkan sakit pada pasien. Cara yang tepat adalah mengerok di sela-sela tulang belakang, seperti sela-sela skapula, trapesius, otot longisius, dan di sisi tulang belakang. “Bantu oleh jari tangan untuk meraba posisi tulang. Hindari mengerok pada bagian itu karena tentunya akan menimbulkan sakit pada orang yang dikerok. Lagi pula, angin masuk ke tubuh lewat sela-sela antara tulang,” ujar Mien ketika ditemui di pembukaan outlet baru di Jakarta, akhir pekan lalu. Mien menambahkan bentuk koin yang disarankan adalah yang bersisi tipis dengan permukaan halus. Contohnya adalah koin Rp1000 baru. Posisi koin saat mengerok tidak boleh berdiri, tetapi setengah tidur dengan ditahan oleh ruas jari telunjuk bagian atas. “Orang yang sudah dikerok tidak boleh langsung mandi. Setidaknya tunda hingga esok hari. Setelah dikerok, cukup dibalurkan dengan minyak kayu putih dan minum air jahe hangat. Setelah itu tidur, biasanya besoknya sudah membaik,” tandasnya. (Dinny Mutiah)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Wed Sep 04, 2013 10:59 am

LANGKAH BENAR UNTUK KEROKAN
Penulis : K. Wahyu Utami | Senin, 2 September 2013 | 17:13 WIB
KOMPAS.com — Di tengah invasi pengobatan modern sekarang ini, pengobatan tradisional khas Indonesia, kerokan, belum kehilangan pamornya. Bahkan, sebagian orang masih menjadikannya alternatif awal saat kondisi tubuh tengah menurun. Kerokan merupakan salah satu pengobatan tradisional yang dilakukan dengan cara menggosok tubuh dengan minyak dan koin logam sebagai alat pengeroknya, yang selanjutnya menghasilkan guratan merah pada kulit. Pengobatan ini masih sering diterapkan oleh orang Indonesia hingga sekarang, baik anak kecil maupun orang dewasa. Namun, efek kerokan kulit yang memerah dan pori-pori kulit yang terbuka setelah tentunya menjadi hal yang menakutkan bagi mereka yang belum pernah melakukan pengobatan ini. Sebaliknya, bila teknik yang diterapkan benar, setelah kerokan, tubuh pun akan terasa segar dan fit. "Kerokan itu masih digunakan sampai sekarang karena mau tak mau ada beberapa penyakit ringan yang memang bisa disembuhkan hanya dengan pengobatan tradisional," ujar Mien Rogi, Treatment Developer Martha Tilaar Day Spa, saat berbincang dengan KompasFemale beberapa waktu lalu. Namun, tahukah Anda bahwa kerokan ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan? Ada cara dan teknik tersendiri. Hal ini berbeda dengan kerokan pada umumnya. Berikut langkahnya:

1. Siapkan koin logam yang ujungnya tidak tajam, seperti uang koin seribu.
2. Sediakan minyak zaitun sebagai dasar untuk pengerokan di tubuh.
3. Kemudian, mulai langkah kerokan dengan meraba bagian samping di dekat tulang. Tidak dianjurkan mengerok di atas tulang.
4. Oleh karenanya, lakukan hal itu di sendi-sendi dekat tulang.
5. Arah kerokan juga dilakukan dari atas ke bawah.
6. Setelah itu, jangan pernah mengerok bagian tulang punggung karena bisa membahayakan kesehatan Anda.
7. Setelah selesai, usapkan bagian punggung menggunakan minyak angin agar badan lebih terasa hangat.
8. Yang terakhir, jangan langsung mandi setelah kerokan. Usahakan Anda mandi keesokkan harinya, setelah suhu badan normal.

Bagaimana, apakah teknik yang Anda gunakan untuk kerokan selama ini sudah benar? Jika belum, segera perbaiki langkahnya ya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Wed Sep 04, 2013 11:01 am

KEROKAN BERBAHAYA?
Selasa, 2 Juni 2009 | 16:15 WIB
KOMPAS.com — Orangtua selalu menyarankan, jika kita masuk angin, maka kita harus kerokan agar angin di tubuh kita segera keluar. Lalu dengan bermodalkan sekeping uang logam plus balsem, punggung kita dikerok hingga menimbulkan guratan merah. Semakin merah guratan, artinya banyak angin yang telah masuk dan diusir dengan kerokan tadi. Benarkah prinsip tersebut Kerokan tak hanya populer di Indonesia. Vietnam menyebut kerokan sebagai cao giodi, Kamboja menjulukinya goh kyol, sementara di China dikenal dengan sebutan gua sua. Bedanya, orang China memakai batu giok sebagai alat pengerok, bukan kepingan uang logam. Faktanya, warna merah yang dihasilkan dari kerokan merupakan pertanda pembuluh darah halus (kapiler) di bawah permukaan kulit pecah sehingga terlihat sebagai jejak merah di tempat yang dikerok. Efeknya, pembuluh darah kulit yang semula menguncup akibat terpapar dingin atau kurang gerak menjadi melebar sehingga darah kembali mengalir deras. Penambahan arus darah ke permukaan kulit ini meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan virus. Selain itu, kerokan akan membuat penderita masuk angin merasa nyaman karena saat kerokan tubuh telah melepas hormon endorfin yang mengurangi salah satu gejala masuk angin, yaitu nyeri otot. Asalkan tidak menjadi kebutuhan primer, kerokan tidak berbahaya. Namun, jika terus-terusan kerokan, itu bisa mengakibatkan banyak pembuluh darah kecil dan halus pecah. Tak hanya itu, kerokan juga bisa menimbulkan kecanduan karena efek hormon endorfin yang dikeluarkan tadi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Wed Sep 04, 2013 11:05 am

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN BAYI KEMBAR?
Dwi Indah Nurcahyani - Okezone SELASA, 3 SEPTEMBER 2013 21:23 wib
MEMILIKI bayi kembar memang menggiurkan banyak wanita. Selain menggemaskan, kehamilan kembar menjadi sebuah keunikan tersendiri bagi sang ibu. Meski keinginan untuk memiliki anak kembar menggebu, Anda harus sadar diri bahwa tidak semua wanita berpeluang mendapatkan kehamilan tersebut. Namun jika Anda menginginkan memiliki kehamilan kembar, simak dulu ulasan berikut, seperti dilansir About.

Diet
Suku Yoruba di Afrika Barat memiliki tingkat tertinggi kelahiran kembar di dunia. Sebuah studi menyimpulkan bahwa diet para ibu menjadi penyebabnya. Diet tinggi singkong, ubi jalar, dan jenis-jenis ubi lainnya menjadi penyebabnya. Makanan tersebut diduga mengandung bahan kimia yang menyebabkan hyperovulation. Selain itu, sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi susu lima kali lebih mungkin untuk memiliki anak kembar.

Carilah bantuan kesuburan
Teknologi reproduksi secara dramatis meningkatkan tingkat kelahiran kembar. Obat yang bisa menstimulasi ovulasi dapat menyebabkan kehamilan kembar, tapi kehamilan kembar juga bisa terjadi karena kehamilan secara in vitro.

Memiliki keluarga besar
Semakin banyak anak-anak yang dimiliki, semakin besar kemungkinan Anda hamil kembar pada kehamilan berikutnya.

Bayangkan saat Anda menyusui
Kebanyakan orang berpikir bahwa Anda tidak bisa hamil saat menyusui. Pasalnya, proses menyusui membuat wanita tak bisa berovulasi. Namun, banyak ibu kembar tak setuju dengan gagasan itu. Beberapa penelitian mendukung teori bahwa kemungkinan kembar meningkat jika wanita mengalami pembuahan saat menyusui. Sebagai contoh, dr Gary Steinman mengklaim bahwa wanita yang menjadi hamil saat menyusui adalah sembilan kali lebih mungkin hamil kembar dibanding tidak menyusui saat pembuahan.

Dapatkan kehamilan dengan pil
Pil KB biasanya dianggap 99,9 persen efektif mencegah kehamilan. Namun, 0,1 persen mungkin menghasilkan kehamilan kembar. Terkadang, kehamilan terjadi ketika pil tak diminum secara konsisten.

Keberuntungan
Banyak orangtua mengharapkan memiliki anak kembar, namun tak semuanya beruntung mendapatkan keinginannya tersebut. Kembar sangatlah misterius di mana tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan telur membagi setelah pembuahan dan menghasilkan kembar identik. Intinya, hal ini benar-benar tak bisa banyak dilakukan seseorang untuk mendapatkan peluang tersebut. Terkadang, semuanya hanyalah sebuah keberuntungan. (ind)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Wed Sep 04, 2013 11:07 am

WANITA WANITA INI BERPELUANG MILIKI BAYI KEMBAR
Dwi Indah Nurcahyani - Okezone SELASA, 3 SEPTEMBER 2013 20:30 wib
BANYAK orang mengimpikan memiliki bayi kembar dalam kehidupannya. Namun, tak semua orang berhasil mewujudkan impiannya mengingat prosesnya tidak mudah, serta beberapa risiko perlu diwaspadai. Perlu diingat jika memiliki anak kembar, Anda juga harus sadar dengan risiko dan komplikasi terkait kehamilan kembar, termasuk preeklampsia dan kelahiran prematur. Lantas, siapa sajakah yang berpeluang memiliki anak kembar? Berikut ulasannya, seperti dilansir About.

Memiliki riwayat kembar
Apakah Anda memiliki riwayat bayi kembar dalam keluarga? Jika memiliki ibu, kakak, adik, paman atau sepupu yang kembar, Anda mungkin berpotensi memilikinya. Terkadang, riwayat kembar itu turun-temurun merupakan sebuah kebenaran.

Bertubuh gemuk
Sebuah studi yang diterbitkan American College of Obstetrics and Gynecology berkorelasi bahwa kelahiran kembar dikaitkan dengan peningkatan obesitas. Penelitian menemukan bahwa ibu dengan BMI (Body Mass Index) 30 atau lebih akan berpeluang besar memiliki anak kembar. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan tinggi di atas rata-rata juga lebih mungkin memiliki bayi kembar.

Ibu yang lebih tua
Wanita ini lebih mungkin hamil anak kembar daripada yang lebih muda. Hampir 20 persen dari ibu yang melahirkan di atas usia 45 tahun berpeluang memiliki bayi kembar. Namun, risiko juga meningkat bahwa ibu yang tua memiliki tingkat lebih tinggi mengalami keguguran dan lebih mungkin menderita masalah diabetes gestasional selama kehamilan, serta bayi mereka berisiko tinggi menderita kelainan kromosom.

Sudah memiliki anak kembar
Ibu yang memiliki anak kembar secara signifikan lebih mungkin untik hamil kembar lagi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu kembar empat kali lebih mungkin memiliki anak kembar lagi dibanding seorang wanita yang belum pernah hamil atau hanya memiliki anak tunggal. (ind)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Fri Nov 01, 2013 6:41 am

STANDAR KEBUTUHAN HIDUP LAYAK (KHL)
Sebelumnya menetapkan Upah Minimum Propinsi, Dewan Pengupahan yang terdiri dari perwakilan serikat pekerja, pengusaha, pemerintah, dan pihak netral dari akademisi akan melakukan survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Tetapi apa yang dimaksud survey KHL, komponen kebutuhan hidup apa yang disurvey dan mekanisme standarisasi KHL hingga menjadi penetapan Upah Minimum. Mari kita bahas bersama!

Apa yang dimaksud dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL)?
Kebutuhan Hidup Layak yang selanjutnya disingkat KHL adalah standar kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seorang pekerja/buruh lajang untuk dapat hidup layak baik secara fisik, non fisik dan sosial, untuk kebutuhan 1 (satu) bulan. Sejak diluncurkannya UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Pemerintah menetapkan standar KHL sebagai dasar dalam penetapan Upah Minimum seperti yang diatur dalam pasal 88 ayat 4.

Adakah Peraturan yang mengatur mengenai Kebutuhan Hidup Layak?
Peraturan mengenai KHL, diatur dalam UU No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pembahasan lebih dalam mengenai ketentuan KHL, diatur dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 17 tahun 2005 tentang Komponen dan Pentahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak. Namun, Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 17 tahun 2005 direvisi oleh Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 13 tahun 2012 tentang Perubahan Penghitungan KHL. Jumlah jenis kebutuhan yang semula 46 jenis dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 17 tahun 2005 menjadi 60 jenis KHL dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 13 tahun 2012. Penambahan baru sebagai berikut :
1) Ikat pinggang
2) Kaos kaki
3) Deodorant 100 ml/g
4) Seterika 250 watt
5) Rice cooker ukuran 1/2 liter
6) Celana pendek
7) Pisau dapur
Cool Semir dan sikat sepatu
9) Rak piring portable plastic
10) Sabun cuci piring (colek) 500 gr per bulan
11) Gayung plastik ukuran sedang
12) Sisir
13) Ballpoint/pensil
14) Cermin 30 x 50 cm
Selain penambahan 14 jenis baru KHL tersebut, juga terdapat penyesuaian/ penambahan Jenis kualitas dan kuantitas KHL serta perubahan jenis kebutuhan.

Komponen apa saja yang termasuk dalam standar KHL?
Standar KHL terdiri dari beberapa komponen yaitu :
Makanan & Minuman (11 items)
Sandang (13 items)
Perumahan (26 items)
Pendidikan (2 item)
Kesehatan (5 items)
Transportasi (1 item)
Rekreasi dan Tabungan (2 item)

Selengkapnya mengenai komponen-komponen standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL) berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 13 tahun 2012 :
No Komponen Kualitas/Kriteria Jumlah Kebutuhan

I MAKANAN DAN MINUMAN

1 Beras  Sedang Sedang 10 kg
2 Sumber Protein :

   a. Daging Sedang 0.75 kg
   b. Ikan Segar Baik 1.2 kg
   c. Telur Ayam  Telur ayam ras 1 kg

3 Kacang-kacangan : tempe/tahu Baik 4.5 kg
4 Susu bubuk Sedang 0.9 kg
5 Gula pasir Sedang 3 kg
6 Minyak goreng Curah 2 kg
7 Sayuran Baik 7.2 kg
8 Buah-buahan (setara pisang/pepaya) Baik 7.5 kg
9 Karbohidrat lain (setara tepung terigu) Sedang 3 kg
10 Teh atau Kopi Celup/Sachet 2 Dus isi 25 = 75 gr
11 Bumbu-bumbuan

Nilai 1 s/d 10 15%
JUMLAH

II SANDANG

12 Celana panjang/ Rok/Pakaian muslim Katun/sedang 6/12 potong
13 Celana pendek Katun/sedang 2/12 potong
14 Ikat Pinggang Kulit sintetis, polos, tidak branded 1/12 buah
15 Kemeja lengan pendek/blouse Setara katun 6/12 potong
16 Kaos oblong/ BH Sedang 6/12 potong
17 Celana dalam Sedang 6/12 potong
18 Sarung/kain panjang Sedang 1/12 helai
19 Sepatu Kulit sintetis 2/12 pasang
20 Kaos Kaki Katun, Polyester, Polos, Sedang 4/12 pasang
21 Perlengkapan pembersih sepatu

  a. Semir sepatu Sedang 6/12 buah
  b. Sikat sepatu Sedang 1/12 buah

22 Sandal jepit Karet 2/12 pasang
23 Handuk mandi 100cm x 60 cm 2/12 potong
24 Perlengkapan ibadah

  a. Sajadah Sedang 1/12 potong
  b. Mukena Sedang 1/12 potong
  c. Peci,dll Sedang 1/12 potong

JUMLAH

III PERUMAHAN

25 Sewa kamar dapat menampung jenis KHL lainnya 1 bulan
26 Dipan/ tempat tidur No.3, polos 1/48 buah
27 Perlengkapan tidur

  a. Kasur busa Busa 1/48 buah
  b. Bantal busa Busa 2/36 buah

28 Sprei dan sarung bantal Katun 2/12 set
29 Meja dan kursi 1 meja/4 kursi 1/48 set
30 Lemari pakaian Kayu sedang 1/48 buah
31 Sapu Ijuk sedang 2/12 buah
32 Perlengkapan makan

a. Piring makan Polos 3/12 buah
b. Gelas minum Polos 3/12 buah
 c. Sendok garpu Sedang 3/12 pasang

33 Ceret aluminium Ukuran 25 cm 1/24 buah
34 Wajan aluminium Ukuran 32 cm 1/24 buah
35 Panci aluminium Ukuran 32 cm 2/12 buah
36 Sendok masak Alumunium 1/12 buah
37 Rice Cooker ukuran 1/2 liter 350 watt 1/48 buah
38 Kompor dan perlengkapannya
   
a. Kompor 1 tungku SNI 1/24 buah
b. Selang dan regulator SNI 10 liter
c. Tabung Gas 3 kg Pertamina 1/60 buah

39 Gas Elpiji masing-masing 3 kg 2 tabung
40 Ember plastik  Isi 20 liter 2/12 buah
41 Gayung plastik Sedang 1/12 buah
42 Listrik 900 watt 1 bulan
43 Bola lampu hemat energi 14 watt 3/12 buah
44 Air Bersih Standar PAM 2 meter kubik
45 Sabun cuci pakaian Cream/deterjen 1.5 kg
46 Sabun cuci piring (colek) 500 gr 1 buah
47 Setrika 250 watt 1/48 buah
48 Rak portable plastik Sedang 1/24 buah
49 Pisau dapur Sedang 1/36 buah
50 Cermin 30 x 50 cm 1/36 buah

JUMLAH

IV PENDIDIKAN
51 Bacaan/radio Tabloid/4 band 4 buah/ (1/48)
52 Ballpoint/pensil Sedang 6/12 buah

JUMLAH

V KESEHATAN
53 Sarana Kesehatan

      a. Pasta gigi  80 gram 1 tube
      b. Sabun mandi  80 gram 2 buah
      c. Sikat gigi Produk lokal 3/12 buah
      d. Shampo  Produk lokal 1 botol 100 ml
      e. Pembalut atau alat cukur Isi 10 1 dus/set

54 Deodorant 100ml/g 6/12 botol
55 Obat anti nyamuk Bakar 3 dus
56 Potong rambut Di tukang cukur/salon 6/12 kali
57 Sisir Biasa 2/12 buah

JUMLAH

VI TRANSPORTASI
58 Transportasi kerja dan lainnya
Angkutan umum 30 hari (PP)

JUMLAH

VII REKREASI DAN TABUNGAN
59 Rekreasi Daerah sekitar 2/12 kali
60 Tabungan (2% dari nilai 1 s/d 59) 2%

JUMLAH
JUMLAH (I + II + III + IV + V + VI + VII)

Bagaimana mekanisme proses penetapan Upah Minimum berdasarkan standar KHL?
Ketua Dewan Pengupahan Provinsi dan/atau Kabupaten/Kota membentuk tim survey yang anggotanya terdiri dari unsur tripartit:  perwakilan serikat pekerja, pengusaha, pemerintah, dan pihak netral dari akademisi. Standar KHL ditetapkan dalam Kepmen No. 13 tahun 2012, berdasarkan standar tersebut, tim  survey Dewan Pengupahan melakukan survey harga untuk menentukan nilai harga KHL yang nantinya akan diserahkan kepada Gubernur Provinsi masing-masing. Survey dilakukan setiap satu bulan sekali dari bulan Januari s/d September , sedang untuk bulan Oktober s/d Desember dilakukan prediksi dengan membuat metode least square. Hasil survey tiap bulan tersebut kemudian diambil rata-ratanya untuk mendapat nilai KHL. Nilai KHL ini akan digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam penetapan upah minimum yang berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun. Upah bagi pekerja dengan masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih dirundingkan secara bipartit antara pekerja atau serikat pekerja dengan pengusaha di perusahaan yang bersangkutan. Berdasarkan nilai harga survey tersebut, Dewan Pengupahan juga mempertimbangkan factor lain : produktivitas, pertumbuhan ekonomi, usaha yang paling tidak mampu, kondisi pasar kerja dan saran/pertimbangan dari Dewan Pengupahan Provinsi/Kabupaten/Kotamadya. Gubernur nantinya akan menetapkan besaran nilai upah minimum. Penetapan Upah Minimum ini dilakukan 60 hari sebelum tanggal berlakunya yaitu setiap tanggal 1 Januari.

Sumber :
Indonesia. Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 17 tahun 2005 tentang Komponen dan Pentahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak.
Indonesia. Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 13 tahun 2012 tentang Perubahan Penghitungan Kehidupan Hidup Layak
Sidauruk, Markus (2011). Kebijakan Pengupahan di Indonesia. Jakarta


Last edited by gitahafas on Fri Nov 01, 2013 7:09 am; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Fri Nov 01, 2013 6:55 am

UPAH MINIMUM SESUAI HUKUM DI INDONESIA
http://www.gajimu.com/main/gaji/Gaji-Minimum/faq
Adakah sebuah legislasi yang terpisah bagi upah minimum di negara anda? Kita hanya memiliki satu legislasi tentang Upah Minimum (UM) sebagaimana diatur dalam UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, pasal 88, 89 dan 90. Sementara, peraturan khusus tentang Upah minimum sendiri sebagai aturan pelaksana dari UU tersebut belum di keluarkan. Tetapi mengacu kepada peraturan Menteri sebelumnya No 226/2000 tentang Upah Minimum dijelaskan bahwa upah minimum dapat ditetapkan baik di tingkat Propinsi dan Kabupaten. Kedua UM tersebut ditetapkan oleh Gubernur berdasarkan masukkan Dewan pengupahan Propinsi untuk Upah Minimum Propinsi (UMP) dan berdasarkan masukan Dewan Pengupahan Kabupaten/Kotamadya dan atau Bupati/Walikota untuk Upah Minimum Kabupaten/kota (UMKab/Kota). Biasaya Gubernur menetapkan UM ini setiap setahunnya melalui Surat Keputusan Gubernur.

Apakah hanya ada satu atau beberapa upah minimum yang ditetapkan melalui Undang-undang?
Ya, berdasarkan peraturan upah minimum yang ada terdapat beberapa jenis Upah Minimum baik ditingkat propinisi maupun kabupaten/kotamadya. Pada Tingkat Propinsi di mungkinkan nya Upah Minimum Propinsi (UMP) dan Upah Minimum Sectoral Propinsi (UMSP), sedang ditingkat Kabupaten/Kotamadya di mungkinkan adanya Upah Minimum Kabupaten/Kotamadya (UMK) dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kotamadya (UMSK). Tetapi pada prinsipnya, hanya satu jenis ketentuan upah minimum yang berlaku bagi seorang pekerja dan hal itu tergantung dari jenis sektor dan kabupaten/kotamadya di mana mereka bekerja. Sebagai contoh, Jika seorang bekerja dalam suatu kabupaten di suatu propinsi, tetapi di kabupaten tersebut belum menetapkan UMK maka yang berlaku padanya adalah UMP. Jika seandainya UMK sudah ada di kapubaten di mana mereka bekerja, maka upah minimum yang berlaku adalah UMK. Seandainya lagi jika pekerja tersebut bekerja di sektor garment dan di kabupaten tersebut telah di tetapkan UM Sektoral Kabupaten (UMSK) maka Upah Minimum yang digunakan adalah Upah Minimum Sektoral Kabupaten didaerah tersebut.

Jika Ya, di tingkat mana upah minimum tersebut ditetapkan?
Di Indonesia, upah minimum ditetapkan di tingkat Propinsi (di Indonesia sebagai pengganti wilayah adalah propinsi). Berdasarkan Pasal 89 UU 13/2003, setiap wilayah diberikan hak untuk menetapkan kebijakan Upah minimum mereka sendiri baik di tingkat propinsi dan tingkat Kabupaten/kotamadya. Upah Minimum Sektoral/Propinsi ditetapkan di beberapa propinsi atas dasar kesepakatan antara organisasi pengusaha dan organisasi sektoral pekerja. Upah Minimum sektoral di tingkat Propinsi dan kabupaten/kotamadya adalah hasil perundingan antara pengusaha dan serikat pekerja dan ditetapkan oleh Gubernur . Di beberapa kota tertentu terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Medan; Upah minimum juga ditetapkan berdasarkan jenis pekerjaan.

Atas dasar apa Upah Minimum dihitung?
Upah Minimum dihitung berdasarkan bulan, namun bagi para pekerja harian upah minimum dapat dibayar berdasarkan hitungan harian atau mingguan Jika upah minimum di dasarkan mingguan/bulanan, apakah hal itu didasarkan jumlah jam kerja yang tetap ? Upah minimum di hitung dengan ketentuan 40 jam/minggu. Hal ini di dasarkan pada UU 13/2003 Pasal 77 ayat (2) yang menjelaskan sbb: a). 7 jam per hari and 40 jam perminggu untuk selama 6 hari kerja dalam 1 minggu atau b). 8 jam per hari dan 40 jam per minggu untuk selama 5 hari kerja dalam 1 minggu.

Apakah perwakilan lembaga pemerintah, pengusaha dan atas Serikat Buruh/Pekerja terlibat dalam penetapan upah minimum (jika mungkin diterapkan per provinsi)
Gubernur setiap propinsi menetapkan tingkat upah minimum berdasarkan rekomendasi dan usulan dari Dewan Pengupahan Propinsi untuk penetapan Upah Minimum Propinsi dan dari Bupati/Walikota dan atau Dewan Pengupahan Kabupaten/Kota untuk penetapan upah Minimum Kabupaten/kota. Rekomendasi dan usulan upah minimum tersebut di dasarkan hasil survey dan rapat dewan pengupahan. Dewan pengupahan ini terdiri dari Perwakilan organisasi pemerintah, pengusaha dan buruh/pekerja. Badan Pusat Statistik, Badan Perencanaan Daerah, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Pertanian, Kehutanan dan Dinas Perhubungan di tingkat wilayah, APINDO (Assosiasi Pengusaha Indoensia) dan 3 Konfederasi Serikat Pekerja yang dilibatkan adalah K-SBSI, K-SPSI and KSPI (termasuk di dalamnya federasi/serikat pekerja yang beraffiliasi ke salah satu dari 3 konfederasi tadi). Akademisi dan Ahli juga dilibatkan dalam dewan pengupahan di Indonesia

Bagaimana penyesuaian Upah Minimum diputuskan?
Penyesuaian di lakukan oleh Gubernur setalah mendapatkan masukkan dari Dewan Pengupahan (Perwakilan Serikat Buruh, pengusaha dan Pemerintah) baik di tingkat propinsi untuk Upah Minimum Propinsi (UMP) dan Dewan Pengupahan kabupaten/Kotamadya untuk Upah Minimum Kabupaten/Kota Madya (UMK)

Apa saja komponen-komponen Upah Minimum di Indonesia?
Semua komponen adalah komponen tetap sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri No 17/MEN/VIII/2005 . Komponen-komponen ini meliputi; Makanan & Minuman, Perumahan, Sandang, Pendidikan, Kessehatan, Transportasi, Rekreasi & Tabungan
Seberapa sering komponen tetap Upah Minimum diperbaharui? Berdasarkan sejarahnya, Komponen Upah Minimum telah diperbaharui sebanyak 2 jali. Biasanya diperbaharui setiap 10 tahun sekali. Komponen Tetap tersebut diperbaharui berdasarkan masukan yang diterima dari Dewan Pengupahan Nasional dan kemudian di putuskan/ditetapkan oleh Presiden/Menteri Tenaga Kerja

Apa yang menjadi patokan dasar perhitungan Upah minimum?
Terdapat 6 faktor yang menjadi penentu tingkat upah minimum
1).Kebutuhan hidup minimum pekerja
2). Indeks harga konsumen
3). Kemampuan, perkembangan dan kelangsungan perusahaan
4). Tingkat Upah yg berlaku di masyarakat
5). Tingkat perkembangan perekonomian dan pendapatan perkapita
6). Tingkat/Kondisi Pasar kerja. Informasi terhadap standar kebutuhan hidup di peroleh melalui survey yang dilaksanakan setiap bulan oleh dewan pengupahan.

Berapa batas kemiskinan nasional? (dalam Rp) Rp 259,520

Seberapa sering batas kemiskinan di perbaharui? Setiap tahun

Kapan batas kemiskinan terakhir di perbaharui? (tahun, bulan) Maret - September 2012

Berapa persentase besaran Upah Minimum terhadap batas garis kemiskinan saat ini?
Upah Minimum Nasional/Garis Kemiskinan
Berapa besar pelaksanaan Upah Minimum dalam angkatan kerja national (hanya yang mendapatkan upah)?
30% pelaksanaan Upah minimum dalam angkatan kerja adalah sebagai berikut :
a). Dibawah 30% - biasanya mereka yang bekerja dengan status tidak tetap (pekerja harian, kontrak);
b). 35% dari mereka bekerja di sektor swasta;
c). Diatas 35% - sebagian dari mereka adalah pekerja di sektor pemerintah dengan status pekerja tetap

Bagaimana pengaduan Upah Minimum diatur?
Pengaduan Upah minimum diatur melalui pengawas ketenagakerjaan atau Serikat Pekerja. Berdasarkan ketentuan Pasal 176 pengawas ketenagakerjaan mengawasi pelaksanaan upah minimum . Serikat Buruh juga bisa memastikan pelaksanaan upah minimum.

Sanksi hukum apa yang diterapkan berkenaan dengan pengaduan?
Berdasarkan UU 13/2003 pasal 185 ayat 1)
Barang siapa melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal Pasal 90 ayat (1) dikenakan sanksi denda paling sedikit Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dan paling banyak Rp 400.000.000,00 (empat ratus juta rupiah). Berdasarkan UU 13/2003 pasal 185 ayat 1) . Barang siapa melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal Pasal 90 ayat (1) dikenakan sanksi
pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun.

Berdasarkan pasal 90 ayat (2)
Bagi pengusaha yang tidak mampu membayar upah minimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 89 (tentang upah minimum) idapat dilakukan penangguhan. Penangguhan pelaksanaan upah minimum bagi perusahaan yang tidak mampu dimaksudkan untuk membebaskan perusahaan yang bersangkutan melaksanakan upah minimum yang berlaku dalam kurun waktu tertentu. Apabila penangguhan tersebut berakhir maka perusahaan yang bersangkutan wajib melaksanakan upah minimum yang berlaku pada saat itu tetapi tidak wajib membayar pemenuhan ketentuan upah minimum yang berlaku pada waktu diberikan penangguhan.

Apa sanksi sering di terapkan?
Hal ini tergantung atas laporan pengaduan yang dikirimkan ke pihak pemerintah

Apakah perwakilan Serikat Buruh dan/atau Pengusaha terlibat dalam Prosedur Pengaduan?
Tidak, perwakilan Pengusaha dan/atau Serikat Buruh tidak terlibat dalam prosedur penanganan pengaduan sebab upah minimum ditetapkan oleh pemerintah (gubernur)

Kepada Siapa/Dimana pekerja dapat mengadu Jika mereka merasa mendapatkan upah dibawah Upah Minimum?
Pekerja bisa mengadu kepada Pengusaha atau Managemen perusahaan atau Lembaga Swadaya Masyarakat. Berdasarkan pasal 136 ayat (1) mereka perlu duduk bersama mencari kesepakatan. Terdapat sebuah penyelesaian melalui penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan pengadilan perburuhan terkait dengan pengaduan. Pasal 136 Ayat (2) atau mengadu kepada LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)

Back to top Go down
 
Numpang Lewat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 50 of 51Go to page : Previous  1 ... 26 ... 49, 50, 51  Next
 Similar topics
-
» Menjawab Fitnah:Apakah Nabi Muhammad bersenggama dengan sepupunya (Umi Hani)?
» Seorang Dosen Guru Besar Tafsir al-quran masuk Kristen
» numpang tanya

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: OASE :: SERBA-SERBI-
Jump to: