Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Numpang Lewat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 26 ... 48, 49, 50, 51  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Mon May 27, 2013 8:47 am

WASPADA BAHAYA EKSTENSI BULU MATA
Mutia Nugraheni Kamis, 9 Mei 2013, 11:26 WIB
VIVAlife - Banyak cara untuk membuat bulu mata lebih lebat, panjang dan lentik. Bukan hanya dengan aplikasi maskara atau mengenakan bulu mata palsu tapi juga eyelash extensions. Metode satu ini dengan singkat membuat bulu mata lebih tebal dari biasanya. Tapi hati-hati jika Anda sering melakukannya. Melakukan ekstensi pada bulu mata memiliki sederet risiko kesehatan, antara lain infeksi dan alergi. Beberapa salon menggunakan formula yang mengandung formaldehida, yang pada beberapa orang memicu alergi. "Paparan zat kimia pada area mata bisa masuk ke dalam kornea yang berisiko menimbulkan iritasi dan infeksi berbahaya," kata dr. Neda Shamie, professor optamologi di Doheny Eye Institute, dikutip dari ABC News. Ekstensi bulu mata bisa menimbulkan gangguan infeksi serius yang dinamakan Madarosis. Itu karena lem yang digunakan untuk menempel tiap helai bulu sintetis pada bulu mata asli akan dengan mudah masuk ke area mata dalam. Metode eyelash extensions ini memang cukup digemari karena bertahan lebih lama. Menggunakan lem khusus, bulu mata sintetis ditempel satu demi satu pada bulu mata asli, menggunakan penjepit berujung runcing. Bulu mata pun jadi tampak lebih lebat dan bisa bertahan dua hingga empat minggu.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Thu May 30, 2013 9:58 am

ANCAMAN BAKTERI DARI KOLAM RENANG UMUM
RABU, 22 MEI 2013 | 06:21 WIB
TEMPO.CO , Washington:Kolam renang umum yang dilengkapi dengan fasilitas bersantai lainnya tentu akan menjadi tempat berenang yang menyenangkan. Akan tetapi, kesenangan tersebut tidak sebanding dengan akibat yang timbul dari sejumlah bakteri dan berbagai jenis kuman dari kolam yang masuk ke dalam tubuh sebagaimana yang ditemukan peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat. Lembaga tersebut mengumpulkan sampel air kolam penyaringan dari kolam-kolam renang umum di Amerika Serikat dan mengujinya terhadap materi genetika untuk beberapa mikroba. Sampel air tersebut tidak termasuk air dari taman air, kolam renang pribadi atau dari tempat rekreasi air. Secara keseluruhan, peneliti menemukan sebanyak 58 persen bakteri E.coli terdapat dalam sampel air kolam renang umum, yang menunjukkan dengan jelas adanya kontaminasi tinja di dalam air. Adanya kontaminasi tinja ini kemungkinan karena perenang yang tidak bersih membilas kotorannya sebelum berenang atau meninggalkan kotoran dalam kolam sebelum sampai di toilet. Sebanyak 59 persen bakteri Pseudomonas aeruginosa juga ditemukan pada sampel air kolam yang dapat menyebabkan gangguan kulit dan infeksi telinga. Hal ini menunjukkan adanya pencemaran air yang dilakukan oleh perenang. Selain itu, sebanyak dua persen bakteri Cryptosporidium dan Giardia juga ditemukan. Kedua bakteri ini menyebar melalui tinja dan dapat menyebabkan diare. Beruntungnya, pada sample air kolam renang umum tersebut tidak ditemukan bakteri E.coli 0157:H7, penghasil racun yang menyebabkan penyakit. Penelitian mengenai bakteri di dalam kolam renang umum ini akan dipresentasikan dalam acara penghargaan Recreational Water Illness and Injury Prevention Week yang berlangsung antara tanggal 20 dan 26 Mei 2013 di Atlanta, Amerika Serikat. "Kolam renang merupakan salah satu tempat terbaik untuk melakukan aktivitas fisik yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, penggunan kolam renang harus menyadari dan mengetahui cara mencegah infeksi saat berenang" kata Michele Hiavsa, kepala Program Kolam Sehat CDC. Hiavsa mengingatkan bahwa klorin dan desinfektan lain tidak membunuh kuman secara langsung. Oleh karenanya penting bagi perenang untuk melindungi diri dengan tidak menelan air saat berenang dan melindungi orang lain dengan tidak membawa kotoran atau kuman ke dalam kolam dengan cara membersihkan diri sebelum berenang dan tidak berenang ketika sakit atau diare.


Last edited by gitahafas on Thu May 30, 2013 3:54 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Thu May 30, 2013 9:58 am

TEHNIK KHITAN
SELASA, 21 MEI 2013 | 09:05 WIB
Tempo.Co, Jakarta - Teknik khitan terus berkembang sehingga orang tua bisa memilihkan teknik yang cocok untuk anaknya. Di antara teknik itu, yang cukup diminati pasien adalah klem (clamp) dengan berbagai jenisnya, electric cauter–yang sering disebut orang awam sebagai teknik laser, dan dorsumsisi–penyempurnaan dari teknik klasik tradisional. Tulisan tentang sunat diungkap majalah Tempo edisi terbaru, yang terbit Senin kemarin, bertajuk Membebaskan 'Saluran Air'. Inilah di antara teknik khitan itu, silakan pilih yang mana untuk jagoan Anda?

1. Klem
Pasien dikhitan dengan alat bantu berupa klem sekali pakai. Klem terbuat dari plastik khusus yang bisa dipilih sesuai dengan ukuran penis. Pisau bedah untuk memotong kulup sekali pakai, tanpa jahitan, tanpa perban, dan pasien dapat beraktivitas seperti biasa pasca-khitan. Bius lokal suntik, perdarahan minimal, dan luka khitan tak ada masalah jika kena air. Klem dipakai dan baru copot setelah luka kering sekitar 3-6 hari setelah khitan. Pencopotan dilakukan dokter saat kontrol. Menurut dokter Santoso, operator Rumah Sunatan Depok, Jawa Barat, teknik ini cocok untuk anak sampai usia 14 tahun. Anak berkebutuhan khusus, seperti hiperaktif dan autis, bisa ditangani, yang penting ada tenaga untuk menjaga agar si anak tidak banyak gerak. Pasien dengan penis kecil dan obesitas juga tak masalah.

2. Electric Cauter
Operator menggunakan alat khusus dengan gagang dan elemen logam pada ujungnya. Saat dialiri listrik, elemen akan panas dan memerah sehingga siap dipakai untuk memotong kulup. Bius lokal suntik, perdarahan minimal, jahitan minimal–bisa tanpa jahit pada bayi, dan pasien bisa beraktivitas seperti biasa. Cocok untuk semua umur anak. Pada pasien dewasa, jahitan sesuai keperluan. Anak berkebutuhan khusus, seperti hiperaktif dan autis, tidak masalah, begitu juga pasien dengan penis kecil. Luka khitan tak boleh kena air minimal beberapa hari agar luka cepat kering. Tanpa alat yang menggantung pada penis seperti metode klem, menurut dokter Lukman Nurdin, operator Pusat Khitan Paramadina, Pengadegan Timur Raya, Jakarta, teknik ini tak membuat pasien ribet.

3. Dorsumsisi
Pemotongan kulit dilakukan dengan gunting atau pisau bedah medis, bukan welat atau sembilu dari bambu tajam laiknya teknik klasik. Bius semprot, pendarahan diusahakan seminimal mungkin, jahitan dan perban dibutuhkan. Luka khitan tak boleh kena air beberapa hari. Pasca-khitan, seperti diungkap Bardo Djumeno, operator sunat di Juru Supit Bogem, Yogyakarta, pasien dipakaikan cawat dari kain mori katun sebagai penyangga penis agar tak banyak bergerak. Cocok untuk anak dan dewasa. Anak dengan penis kecil, hiperaktif, atau autis bisa ditangani.


Last edited by gitahafas on Thu May 30, 2013 3:53 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Thu May 30, 2013 1:58 pm

BIOFISIKA KEDOKTERAN JAWAB MASALAH PENYAKIT
Rabu, 7 Juli 2010 | 03:45 WIB
Manado, Kompas - Fisika kedokteran, lebih khusus bidang ilmu biofisika kedokteran, kini dapat menjawab permasalahan berbagai penyakit sampai pada tingkat seluler molekuler, antara lain penyakit saraf, jantung, dan infeksi HIV serta AIDS. Hal tersebut diungkapkan Dr Vennetia Danes (48) dalam pidato pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Selasa (6/7) di Manado. Selain Danes, Unsrat juga mendapatkan guru besar baru dalam bidang biologi laut, yakni Dr Georis Fontje Kaligis. Menurut Danes, biofisika kedokteran merupakan domain studi yang menggunakan fisika untuk menerangkan proses biologi untuk aplikasi kedokteran. Seperti halnya kebanyakan studi yang berkembang, biofisika kedokteran sangat bergantung pada kolaborasi antardisiplin, yakni antara fisika tradisional, biokimia, dan fisiologi. Ia mengatakan, sampai abad ke-19 kolaborasi antardisiplin sudah biasa dilakukan bagi peneliti fisika untuk menyumbangkan pengetahuannya pada berbagai bidang. Seorang dokter tidak hanya belajar histologi mata dan telinga, tetapi juga dapat menelaah teori penglihatan dan pendengaran.

Juga fisikawan
Ilmuwan terkenal Herman von Helmholtz, selain sebagai dokter andal, juga seorang fisikawan terkemuka yang mengembangkan frekuensi bicara dan musik. Karya Helmholtz tentang termodinamika yang ditekankan pada energi bebas ternyata dapat digunakan untuk pengaturan suhu tubuh manusia baik dalam keadaan normal maupun sakit. Danes menambahkan, sel merupakan unit dasar dalam kehidupan yang menempati titik tengah antara skala molekul dan mikroskopis. Jadi, untuk memahami bagaimana berbagai organisme dibentuk dan bagaimana mereka berfungsi, harus memahami mekanisme molekuler dan prinsip fisika yang menyebabkan pengorganisasian seluler maupun pengorganisasian secara fungsional. Menurut Danes, yang selama ini dikenal sebagai ahli jantung di Manado, biofisika pada subdivisi fisiologi berperan penting untuk menjawab berbagai permasalahan penyakit. Sebagai contoh, penyakit jantung iskemia/infarktus dan mekanisme terjadinya pecahan membran sel jantung ”miosit” lazimnya diterangkan secara biofisika membran. Riset jantung seluler molekuler kini bisa dilakukan dengan menggunakan teknik khusus yang dapat memperkaya pengetahuan keilmuwanan tentang perjalanan penyakit jantung dan mekanisme yang bertanggung jawab terhadap penyakit ini. Saat ini riset pada biofisika kedokteran kontemporer menyangkut pencitraan kesehatan antara lain berupa riset tentang proses molekuler, sementara terjadinya kanker oleh radiasi sampai pada diagnosis kanker bisa dengan menggunakan radiolabeling. Beberapa tahun terakhir kontribusi biofisika sangatlah berarti, misalnya pada penemuan-penemuan protein membran yang berubah akibat serangan virus influenza. ”Semua hal kini dapat diterangkan oleh biofisika,” katanya. (ZAL)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Thu May 30, 2013 3:52 pm

UANG PENGARUHI HUBUNGAN SOSIAL
KAMIS, 30 MEI 2013 | 04:04 WIB
TEMPO.CO , Washington:Sekelompok peneliti membahas hasil investigasi yang sedang berlangsung tentang bagaimana uang mempengaruhi hubungan sosial pada pertemuan tahunan ke-25 Association for Psychological Science (APS) pada Ahad 26 Mei 2013 di Washington DC, Amerika Serikat seperti dilaporkan Live Science pada 28 Mei 2013. "Uang memegang banyak asosiasi yang berbeda untuk orang yang berbeda," kata Kathleen Vohs, seorang profesor pemasaran di Carlson School of Management di Universitas Minnesota di Minneapolis dalam pertemuan itu. "Ada dapat manfaat sosial ketika mengingat uang." Untuk mempelajari apakah uang dapat mempengaruhi hubungan sosial, Nicole Mead, asisten profesor di Rotterdam School of Management di Belanda, merancang percobaan untuk mengukur apakah pengingat langsung pada uang bisa memengaruhi bagaimana individu memandang orang lain. Dari hasil percobaan itu, individu yang telah diingatkan, uang dirasa menjadi kurang menyenangkan selama interaksi ini. Hal ini menunjukkan bahwa isyarat uang secara halus pun bahkan berdampak pada keharmonisan interpersonal. “Uang memang tidak membuat orang lain tampak "jahat, mengerikan atau benar-benar tidak disukai”, tetapi ini membuat perubahan pada interpersonal mereka," kata Mead. Karena uang telah mendarah daging sebagai cara bertukar barang atau jasa untuk saling menguntungkan, "Orang cenderung untuk berinvestasi emosi pribadi ke dalam jenis interaksi sosial." "Ketika Anda memiliki banyak uang, uang akan mempengaruhi interaksi sosial Anda dengan cara yang berbeda secara fundamental dari biasanya," kata Nathan DeWall, seorang profesor psikologi di Universitas Kentucky di Lexington, yang telah melakukan penelitian serupa pada psikologi uang. “Padahal ketika seseorang dihadapkan pada interaksi dengan orang yang memiliki banyak uang, ia akan kurang terlibat dalam hubungan sosial itu dan kurang memberi manfaat pada orang yang memiliki uang tersebut,” papar DeWall
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Sat Jun 01, 2013 10:34 am

WASPADA, KONDISI DARURAT MEDIS DALAM PENERBANGAN
JUM'AT, 31 MEI 2013 | 09:36 WIB
TEMPO.CO, Jakarta - Secara umum, penumpang akan baik-baik saja dalam penerbangan. Jarang sekali ditemukan kasus yang mengalami darurat medis. Namun, dari 11.920 orang dalam penelitian yang mengalami keadaan darurat medis dalam penerbangan, 25,8 persen di antaranya dilarikan ke rumah sakit dan 8,6 persen dirawat. Dari 36 orang yang meninggal, 30 kematian terjadi selama penerbangan (yang lain meninggal setelah mendarat). Penelitian ini dilakukan pada lima penerbangan selama periode hampir tiga tahun (Januari 2008 sampai Oktober 2011) di Amerika Serikat. “Keadaan darurat yang paling sering muncul dalam penerbangan adalah sinkop/blackout (perasaan melayang, pusing, hingga pingsan) yang diikuti oleh masalah pernapasan, mual, dan muntah,” tulis Live Science, Rabu, 29 Mei 2013. "Sebagian besar kasus yang ditangani oleh peralatan dan obat-obatan tersedia di dalam pesawat," kata Dr Christian Martin-Gill, asisten profesor pengobatan darurat di Universitas Pittsburgh, Amerika Serikat. Berdasarkan data mereka, para peneliti memperkirakan bahwa 44.000 darurat medis dalam penerbangan terjadi di seluruh dunia setiap tahun. Dalam sampel penelitian, sebagian besar kasus yang menyebabkan kematian adalah karena serangan jantung. Para peneliti mengimbau penumpang yang berprofesi sebagai dokter dan penyedia layanan kesehatan lain untuk membantu jika terjadi keadaan darurat medis dalam penerbangan. "Ada peralatan di dalam pesawat yang bisa mereka gunakan dan ada ahli di darat yang siap berkomunikasi dengan mereka," kata Martin-Gill. Jadi, amankah perjalanan udara? Para peneliti menyimpulkan bahwa perjalanan udara umumnya aman, dalam hal kedaruratan medis. Namun, bagi penumpang yang menderita paru-paru kronis, penyakit jantung, diabetes, dan kondisi kesehatan kronis lainnya harus menyiapkan hal yang mungkin perlu mereka bawa selama penerbangan. "Mereka harus selalu membawa obat-obatan pribadi mereka dan mendiskusikan dengan dokter apakah mereka perlu membawa oksigen tambahan. Dan mereka juga harusmengkoordinasikan kondisi mereka dengan maskapai penerbangan," kata Martin-Gill.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Sat Jun 01, 2013 10:51 am

5 KEBIASAAN INI BIKIN TUBUH MERANA
Sabtu, 01 Juni 2013, 08:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Stres pekerjaan, pengaruh lingkungan, dan minimnya kesadaran diri akan pentingnya hidup sehat merupakan beberapa faktor pemicu seseorang melakukan gaya hidup tidak sehat. Setidaknya itulah kesimpulan yang disampaikan oleh Dove Live Right seperti dilansir situs duniafitnes.com.
Berikut ini 5 gaya hidup tidak sehat yang berisiko membuat tubuh sakit-sakitan.

Tidak Sarapan
Membiasakan diri sarapan penting untuk menjaga tingkat energi saat beraktivitas di siang hari. Jika Anda melewatkan sarapan, Anda akan berpotensi makan rakus dan cenderung mengonsumsi makanan yang manis-manis. Akibatnya gula darah Anda melonjak dan berisiko terkena penyakit diabetes. Biasakan sarapan dengan menu yang menyehatkan. Jika tidak sempat sarapan di rumah, bawalah bekal untuk dikonsumsi di perjalanan atau di kantor.

Kecanduan Minuman Bersoda
Mengonsumsi minuman bersoda dan berpemanis buatan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Hasil ini didapat setelah tim peneliti dari Brigham and Women’s Hospital, Boston, AS, mensurvei lebih dari 190 ribu partisipan. Setiap partisipan diberi pertanyaan seputar riwayat medis, gaya hidup serta bagaimana mereka mengonsumsi obat-obatan. Peneliti menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi minuman bersoda lebih dari satu porsi/hari berpotensi mengalami pembentukan batu ginjal sebesar 23 persen daripada partisipan yang hanya mengonsumsi minuman bersoda seminggu sekali. Cara mengatasinya, batasi konsumsi minuman bersoda secara berkalan dan ganti dengan mengonsumsi air putih biasa. Berkumurlah dengan air setelah mengonsumsi minuman bersoda untuk mencegah pengikisan gigi.

Mengonsumsi Pil Tidur
Pil tidur seringkali dianggap sebagai penyelamat bagi orang yang sulit tidur. Konsumsi pil tidur dalam jangka panjang dapat merusak hati (liver) dan metabolisme tubuh karena biasanya pil tersebut merupakan kombinasi dari obat penghilang rasa sakit dan antihistamin. Salah satu penyebab seseorang sulit tidur adalah kurang berolahraga. So, jadwalkan untuk berolahraga setidaknya 15-30 menit setiap hari agar Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas.

Kecanduan Alkohol
Dalam riset yang dilakukan Dr. Barbara Flannery dari RTI Internasional, diketahui bahwa otak pecandu alkohol lebih banyak mengalami kerusakan, terutama pada fungsi saraf kognitifnya. Selain merusak saraf otak, alkohol juga merusak liver. Bahkan penyalahgunaan alkohol juga dapat menyebabkan kekurangan gizi, menurunkan daya tahan tubuh, hingga kematian.

Merokok
Mengisap satu atau dua batang rokok dapat merusak kesehatan Anda. Bahkan satu isapan Asap rokok saja dapat mengancam kesehatan paru-paru, dampaknya baru akan terasa dalam jangka panjang. Merokok dapat meningkatkan kerja jantung, membuat irama jantung menjadi tidak teratur, serta dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga seorang perokok berpotensi besar mengalami serangan jantung dan kematian mendadak.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Sat Jun 01, 2013 3:26 pm

CARA MENIMBANG BADAN YANG BENAR
Penulis : Felicitas Harmandini | Jumat, 24 Mei 2013 | 15:38 WIB
KOMPAS.com — Kadang-kadang, berat badan kita sering terlihat naik turun dalam semalam. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ternyata, perubahan berat badan termasuk normal karena merupakan bagian dari kondisi ketidaktetapan berat tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh penambahan berat air di dalam tubuh, yang dipicu oleh makanan, minuman, buang air kecil, aktivitas gerakan usus, dan olahraga. Meskipun berat badan Anda cenderung naik turun, Anda tetap dapat rutin menimbang badan untuk melacak dan mengontrol berat badan yang ideal. Jika hanya ingin turun beberapa kilogram, coba timbang berat badan Anda setiap hari. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan cukup banyak, tak usah menimbang setiap hari. Agar tidak stres dengan target berat badan yang ingin dicapai, timbang saja berat badan seminggu sekali. Sementara itu, tetaplah menjaga asupan makanan. Sesering apa pun Anda menimbang badan tetaplah konsisten dengan caranya. Menurut Anita Petruzzelli, MD, dokter untuk BodyLogicMD, sebaiknya Anda menimbang badan pada pagi hari sesudah buang air besar. Bukalah pakaian Anda saat menimbang badan dan gunakan timbangan yang sama setiap hari. Cara Anda berpakaian juga bisa menentukan penambahan berat badan, lho. Menurut Petruzzelli, kalau pakaian Anda pas di badan atau terlalu longgar tetapi timbangan menunjukkan bahwa berat badan Anda bertambah, bisa saja yang bertambah adalah berat otot pada tubuh Anda. Gunakan metode lain sebagai pengukuran, khususnya jika target penurunan berat badan Anda lebih dari 2 kilogram. Sebab, tidak semua perubahan positif dapat direkam oleh timbangan. Secara rutin, ukur juga komposisi tubuh Anda untuk menentukan kadar lemak pada tubuh Anda, juga kandungan air dan otot Anda.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Mon Jun 03, 2013 8:53 pm

BUTUH KAMAR RUMAH SAKIT? TELEPON 119
Penulis : Rosmha Widiyani | Senin, 3 Juni 2013 | 16:44 WIB
Kompas.com — Kementerian Kesehatan meluncurkan nomor layanan kesehatan 119. Nomor ini merupakan bagian dari SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu), yang meliputi pelayanan pra-rumah sakit, selama di rumah sakit, dan antarrumah sakit. "Nantinya masyarakat tidak perlu lagi muter Jakarta cari kamar inap kosong. Cukup telepon maka operator akan menunjukkan rumah sakit terdekat, dengan layanan rawat inap yang masih tersedia," kata Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan (BUK) Kementerian Kesehatan RI, Prof Dr dr Akmal Taher, SpU (K) pada Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI dan 10 provider telekomunikasi. Kesepuluh provider tersebut adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Telekomunikasi Selular, PT Indosat Tbk, PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom, PT Bakrie Telecom Tbk, PT Axis Telekom Indonesia, PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, PT Smart Telecom, dan PT Hutchison 3 Indonesia. Layanan darurat ini tersedia secara gratis hanya untuk pelanggan PT Telekomunikasi Indonesia, sedangkan untuk 9 Lainnya dikenakan tarif normal. Untuk sementara layanan ini hanya terbatas pada pencarian kamar kosong di rumah sakit terdekat. Nomor ini juga hanya melayani penduduk di area Jakarta. Untuk menghubungi 119, pengguna harus memencet kode area terlebih dulu. "Sistem gawat darurat terpadu sangat dibutuhkan untuk kesiapan kita menghadapi situasi apa pun. Kalau sudah mampu teraplikasi dengan baik, maka jika terjadi bencana tentu bisa ditanggulangi dengan baik," kata Akmal. Sistem ini berada dalam tanggung jawab Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan akan terus mengalami pengembangan. Ke depan, layanan ini diharapkan bisa memberikan penjelasan tentang penyakit. Selain itu, diharapkan daerah-daerah lain bisa terlayani. "Saat ini sepuluh provider sudah bersedia memberikan layanannya. Ke depannya kami ingin sistem ini berlaku secara nasional, namun hal ini bergantung pada kesiapan tiap daerah," kata Direktur Upaya Kesehatan Rujukan Kemenkes RI dr Chaerul Rajab Nasution SpPD.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Mon Jun 03, 2013 8:55 pm

KUALITAS DOKTER PENENTU TARIF RUMAH SAKIT DI JAKARTA
Senin, 3 Juni 2013 | 12:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana penghapusan kelas-kelas pada rumah sakit di Jakarta dapat diimbangi dengan penentuan tarif sesuai kualitas dokter. Dengan demikian, penentuan tarif itu akan dirasa adil bagi masyarakat, dan kesejahteraan dokter pun dapat meningkat. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan, rencana penghapusan kelas di rumah sakit di Jakarta itu berkaitan dengan rencana untuk menyamaratakan tarif rumah sakit. Jika kelas-kelas di rumah sakit sudah disamakan, maka penentuan tarif akan didasarkan pada kualitas para dokternya. "Bisa diarahkan ke sana, kalau rumah sakit tipe C punya kualitas (tipe) A, maka (angkanya) bisa masuk tipe A. Tapi itu regulasinya di Kemenkes (Kementerian Kesehatan)," kata Dien di Balaikota Jakarta, Senin (3/6/2013). Perubahan regulasi untuk rumah sakit di Jakarta mencuat berbarengan dengan evaluasi Kartu Jakarta Sehat (KJS). Program KJS merupakan program unggulan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Evaluasi KJS berlangsung sejak akhir Mei 2013 dan dilakukan karena ada sejumlah rumah sakit yang keberatan dengan tarif yang ditentukan. Evaluasi itu akan memakan waktu sekitar tiga pekan dan fokus pada sistem pembayaran berdasarkan tarif Indonesia-Case Based Group (INA-CBG) atau sistem pembayaran kepada pemberi pelayanan kesehatan yang dikelompokkan berdasarkan ciri klinis dan pemakaian sumber daya yang sama. Rumus penghitungan telah disediakan oleh Kementerian Kesehatan, tetapi penentuan tarif menjadi kewenangan daerah karena disesuaikan dengan kemampuan daerah. Kecilnya tarif INA-CBG disebabkan belum semua rumah sakit di Jakarta masuk dalam basis data National Center for Case Mix (NCC), yaitu baru 20 persen.
Back to top Go down
 
Numpang Lewat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 49 of 51Go to page : Previous  1 ... 26 ... 48, 49, 50, 51  Next
 Similar topics
-
» Menjawab Fitnah:Apakah Nabi Muhammad bersenggama dengan sepupunya (Umi Hani)?
» Seorang Dosen Guru Besar Tafsir al-quran masuk Kristen
» numpang tanya

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: OASE :: SERBA-SERBI-
Jump to: