Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Numpang Lewat

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 25 ... 47, 48, 49, 50, 51  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Wed Feb 06, 2013 9:41 pm

10 PEKERJAAN YANG TAK PERLU IJAZAH SARJANA
Oleh Plasadana | Yahoo! SHE – 6 Februari 2013 - 29 menit yang lalu Oleh: Marmi Panti Hidayah
Dalam dunia kerja, masih banyak perusahaan yang mempertimbangkan latar belakang pendidikan calon karyawan. Dalam syarat penerimaan pegawai baru, sejumlah perusahaan mencantumkan syarat untuk melampirkan ijazah perguruan tinggi. Fakta ini menggelisahkan pencari kerja, terutama yang tak berijazah. Tak heran Nick Corcodilos dari Ask The Headhunter mendapat banyak pertanyaan dari komunitasnya. Misal, seorang pencari kerja bertanya,”Saya memiliki pengalaman kerja selama 20 tahun di bidang akuntansi tapi tak memiliki gelar kesarjanaan. Bagaimana saya menulis lamaran pekerjaan kepada pemimpin perusahaan tanpa gelar yang dibutuhkan?” Menanggapi itu, Nick Corcodilos mengatakan, untuk profesi tersebut banyak lulusan perguruan tinggi jurusan akuntansi punya pengalaman kerja. Namun pengalaman kerja selama 20 tahun dapat dengan mudah menggantikan gelar. Oleh karena itu, suka atau tidak suka kandidat harus bersaing. Corcodilos menyarankan, tenaga kerja bisa mengambil program khusus tanpa harus kuliah di perguruan tinggi demi memperoleh gelar. Sekarang banyak “program pembelajaran jarak jauh”. Ini adalah perguruan tinggi yang akan memberikan kursus melalui internet. Namun ia menyarankan agar tenaga kerja memeriksa program pendidikan online secara detail sebelum mendaftar. Pastikan lembaga tersebut terakreditasi. Sebenarnya banyak orang bisa sukses tanpa gelar kesarjanaan. Bill Gates, pendiri Microsoft, tidak pernah lulus kuliah. Begitu pula Michael Dell atau Steve Jobs. Di luar dunia teknologi, ada Richard Branson. Tanpa ijazah perguruan tinggi, mereka memulai usaha sendiri dan kemudian sukses. Anda tentu saja bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai mencari ide untuk mendirikan sebuah usaha, kemudian belajar secara otodidak untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Namun jika Anda masih ingin bekerja pada orang lain di sebuah perusahaan, berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa Anda raih tanpa perlu gelar sarjana.

1. Jurnalis
Media massa biasanya mensyaratkan ijazah perguruan tinggi bagi semua pelamarnya. Namun jika Anda memulai sejak dini terjun sebagai wartawan di majalah sekolah, buletin kampus, atau surat kabar lokal di kota Anda, biasanya perusahaan akan memperhitungkan pengalaman Anda. Kemudian, jurnalis baru biasanya akan mendapat pelatihan di tempat kerjanya.

2. Sales/marketing
Banyak perusahaan mempekerjakan kandidat sales dengan melihat pengalaman kerja dan tidak mempertimbangkan gelar.

3. Pengembang web
Prospek kerja dan potensi penghasilan bagi para pengembang web (termasuk pengembang aplikasi) diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pekerjaan lain.

4. Sekretaris
Sekretaris ataupun petugas administrasi melakukan tugas seperti penyusunan pesan, penjadwalan rapat, dan memberikan dukungan untuk staf kantor lainnya.

5. Asisten paralegal
Paralegal dan asisten hukum melakukan berbagai pekerjaan untuk mendukung pengacara, termasuk memelihara dan mengatur file, melakukan penelitian hukum, dan penyusunan dokumen. Gelar sarjana atau sertifikat dalam studi paralegal biasanya diperlukan untuk calon entry level.

6. Desainer
Untuk menjadi desainer, baik itu desainer mode ataupun atau desainer artistik di media, baik web maupun media cetak, yang dibutuhkan adalah keahlian dan portofolio karya. Cukup kursus agar mengerti lebih baik tentang teknis yang lebih rumit. Dan yang lebih diutamakan: bakat.

7. Teknisi
Dalam hal ini, mekanik atau teknisi bekerja mengontrol kualitas dari sistem permesinan yang tak rumit. Misalnya, sistem pendinginan di berbagai gedung, atau mekanik pada sistem perbengkelan kendaraan.

8. Tenaga survei
Tenaga survei bekerja untuk membuat pengukuran yang tepat, melakukan survei dan pemetaan, serta mengumpulkan data.

9. Asisten eksekutif
Asisten Eksekutif memberikan dukungan administrasi termasuk melakukan penelitian, pembuatan laporan, penanganan permintaan informasi, dan juga dapat mengatur panggilan rapat serta acara perusahaan.

10. Agen asuransi
Agen asuransi menjual produk perlindungan kesehatan, properti, otomotif. Menjadi agen asuransi menjanjikan penghasilan yang baik dan memungkinkan pengembangan karir.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Fri Feb 22, 2013 4:57 am

HINDARILAH, 5 HAL SEPELE INI TAK BAIK UNTUK KESEHATAN
Nurvita Indarini - detikHealth Kamis, 21/02/2013 19:56 WIB
Jakarta, Terkadang hal-hal kecil diabaikan sama sekali. Padahal bisa jadi hal-hal sepele yang selalu dilakukan tidak baik untuk kesehatan. Nah, berikut ini hal-hal sepele yang tidak baik untuk kesehatan namun kerap dilakukan sebagian orang, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (21/2/2013):

1. Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur
Telepon seluler sudah jadi bagian kehidupan sehari-hari. Kemanapun melangkah ponsel seolah tak pernah lepas dari genggaman. Bahkan hingga menjelang tidur pun terkadang banyak yang enggan jauh-jauh dari ponselnya. Padahal radiasi dari ponsel dapat menyebabkan insomnia dan sakit kepala. Demikian hasil penelitian para ilmuwan Swedia. Menurut penelitian, orang-orang yang menggunakan ponselnya sebelum tidur butuh waktu lebih lama untuk mencapai tahap tidur lelap. Padahal saat tidur lelap, sel dalam tubuh melakukan perbaikan dan peremajaan. Solusi untuk menjauhkan ponsel sehingga tidak mengganggu waktu tidur Anda cukup mudah. Direktur Edinburgh Sleep Centre, Dr Chris Idzikowski, menyarankan saat menjelang tidur, jangan letakkan ponsel di dekat Anda.

2. Menggosok Gigi Setiap Usai Makan
Menggosok gigi itu baik, tapi jangan lakukan langsung setelah makan. Kepala British Dental Health Foundation, Dr Nigel Carter, mengatakan jika Anda sudah menggosok gigi dua kali sehari selama dua menit maka Anda tidak perlu menggosok gigi setiap usai makan. "Gula dalam makanan bereaksi dengan plak untuk membuat asam yang melembutkan enamel gigi, sehingga menyikat langsung setelah makan sebenarnya lebih berbahaya," ujar Dr Carter. Cara yang benar adalah tunggu satu jam setelah makan dan gosok gigi Anda sebelum sarapan. Kegiatan ini akan mencegah erosi gigi karena gigi akan terlapisi dengan fluoride. Agar napas terasa segar, kunyahlah permen karet seusai makan.

3. Mengkhawatirkan Berat Badan
Menjaga berat badan tetap di level yang sehat merupakan hal yang baik, tapi terobsesi untuk menjadi lebih kurus sama sekali tidak baik. Menurut Dr David Haslam, Direktur Klinis National Obesity Forum, Indeks Massa Tubuh tidak memperhitungkan jumlah otot atau di mana lemak berada. "Banyak atlet yang digolongkan kelebihan berat badan padahal sebenarnya mereka memiliki jumlah lemak tubuh yang rendah. Beberapa orang mungkin memiliki IMT yang sehat tetapi memiliki banyak lemak perut dan memiliki risiko kesehatan yang serius," kata Dr Haslam. Dr Haslam menyarankan lebih baik Anda berkonsentrasi pada ukuran pinggang. Bagi pria, panjang lingkar pinggangnya jangan lebih dari 90 cm, sedangkan pada perempuan jangan lebih dari 80 cm. Dengan lingkar pinggang yang tidak melebihi angka itu maka akan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.

4. Membawa Tas Berat
Bagi Anda yang kerap membawa tas berat, sebaiknya hilangkan kebiasan itu. Sebab membawa beban di satu sisi tubuh akan menyebabkan ketidakseimbangan struktur otot, dan memicu munculnya masalah di leher, lengan dan dan punggung. Anggota British Osteopathic Association, Danny Williams, menyarankan ketimbang Anda membawa beban dengan satu tas di satu lengan, lebih baik Anda membagi beban dalam dua tas. Lalu bawalah beban dengan berat yang seimbang itu di lengan kanan dan kiri. Saat membeli tas, lebih baik membeli tas kecil daripada tas besar. Ini perlu dilakukan agar Anda tidak tergiur untuk memasukkan banyak barang.

5. Memulai Hari dengan Air Hangat dan Jeruk Lemon
Mungkin paduan air hangat dan lemon adalah detok yang baik, namun menurut dokter gigi hal itu merupakan kesalahan. Sebab air hangat dan lemon bersifat korosif pada gigi. Dr Mervyn Druian dari The London Centre for Cosmetic Surgery memberikan saran lebih baik minum teh peppermint di pagi hari. Sebab teh peppermint bisa memperkuat enamel gigi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Fri Feb 22, 2013 8:57 pm

YANG PALING DISESALI ORANG KETIKA TUA
Penulis : Felicitas Harmandini | Jumat, 22 Februari 2013 | 17:08 WIB
KOMPAS.com - Apa yang paling disesalkan orangtua Anda saat ini? Apakah kegagalan menyekolahkan Anda ke luar negeri, belum juga menimang cucu, atau tidak menjalani hidup lebih sehat? Ternyata, ada hal yang lebih menyesalkan bagi orang yang sudah menginjak usia 50-an: tidak cukup travelling ketika masih muda! Travelling saat ini memang sudah sangat terjangkau, dan Anda bisa mencapai negara-negara lain dengan biaya yang murah, tergantung metode yang Anda pilih. Oleh karena itu, tidak cukup sering melihat-lihat dunia lain saat usia masih produktif dirasakan sebagai penyesalan oleh 91 persen orang dewasa yang mengikuti survei dari Sunshine.co.uk. Survei yang melibatkan 2.107 orang Inggris ini mengungkapkan bahwa rata-rata orang berusia 50-an ternyata hanya berlibur kurang dari satu kali setahun sepanjang hidup mereka. "Menurut saya travelling itu sesuatu yang perlu dijadikan prioritas dalam kehidupan setiap orang. Soalnya, seperti yang ditunjukkan oleh survei ini, kita akan menyesal ketika tidak melakukannya," papar Chris Clarkson, pendiri Sunshine.co.uk. Ia mengatakan bahwa orang memahami konsep yang salah mengenai travelling. Dalam anggapan banyak orang, yang dimaksud travelling haruslah liburan selama enam bulan di negara-negara eksotis. "Tetapi melihat-lihat dunia jauh lebih dapat dicapai daripada anggapan tersebut, dan Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang dan berhenti bekerja," tambahnya. Agar "jam terbang" Anda bertambah, Clarkson menyarankan untuk mencari tempat-tempat baru setiap akan berlibur. Ibaratnya, jangan ke Bali lagi, ke Bali lagi. Coba singgah lebih ke timur atau ke barat, dan seterusnya. "Sedikit demi sedikit, akhirnya Anda sudah menjelajah banyak tempat di dunia, tetapi tabungan Anda tidak akan terkuras seperti jika Anda travelling ke Thailand selama tiga bulan. Coba saja!" ujarnya. Situs agensi travel ini juga mengungkapkan, Australia (78 persen), Amerika (71 persen), dan Afrika Selatan (65 persen) adalah negara-negara yang paling ingin dikunjungi responden, namun belum berhasil dikunjungi. Kemudian, 63 persen responden berencana mengunjungi lebih banyak negara di dunia ini jika mereka pensiun. 10 hal yang paling disesali orang berusia 50-an:

1. Tidak cukup travelling – 91%
2. PIlihan karier – 72%
3. Salah pilih pasangan – 64%
4. Tidak hidup sehat – 55%
5. Kehilangan kontak dengan teman-teman tertentu – 53%
6. Tidak mengelola uang dengan baik – 46%
7. Terlalu cepat punya anak – 27%
8. Terlalu sering khawatir – 25%
9. Tidak menjadi "yes person" – 19%
10. Terlalu lambat punya anak – 8%
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Mon Feb 25, 2013 9:47 pm

8 PROSEDUR MEDIS YANG SEBENARNYA TAK PERLU TAPI SERING DILAKUKAN
Putro Agus Harnowo - detikHealth Senin, 25/02/2013 12:17 WIB
Jakarta - Tidak semua dokter bijaksana dalam memberikan layanan kesehatan kepada pasien. Ada dokter-dokter yang nakal dan memberikan pemeriksaan dan perawatan yang sebenarnya tidak diperlukan sehingga malah membuat biaya yang dibayar jadi membengkak. Prihatin dengan kondisi ini, 25 organisasi profesi medis yang beranggotakan sekitar 725.000 dokter di AS menyusun daftar prosedur yang sebenarnya tidak perlu dilakukan, tapi masih sering diberikan. Ada lebih dari 130 prosedur yang berhasil dihimpun, tapi ada 8 yang paling sering dilakukan. Seperti dikutip dari Forbes, Senin (25/2/2013), pemeriksaan itu adalah sebagai berikut

1. Merangsang persalinan sebelum kehamilan 39 minggu
Melakukan induksi untuk persalinan normal atau bedah caesar sebelum kehamilan berusia 39 minggu dianggap tidak perlu. Menurut American College of Obstetricians dan Gynecologists, persalinan sebelum kehamilan berusia 39 minggu berisiko membuat bayi mengalami kesulitan belajar, gangguan pernafasan dan risiko lainnya. Induksi sebelum kehamilan berusia 39 minggu terkadang diperlukan, tapi hanya direkomendasikan untuk mengetes kematangan paru-paru janin, bukan digunakan untuk mempermudah persalinan.

2. Memberi makan pasien demensia lewat infus
Dari berbagai penelitian yang dilakukan, American Geriatrics Society menegaskan bahwa pemakaian tabung makan tidak memberikan hasil yang lebih baik bagi pasien demensia atau pikun. Organisasi ini merekomendasikan untuk membantu pasien makan langsung lewat mulut saja.

3. Pap smear tahunan pada usia 30 - 65 tahun
American College of Obstetricians dan Gynecologists menegaskan bahwa secara rata-rata, tes pap smear rutin tahunan untuk mengetahui keberadaan kanker serviks tidak lebih bermanfaat ketimbang pemeriksaan dengan rentang waktu 3 tahun sekali.

4. Pemeriksaan CT scan untuk anak-anak
Sekitar 50 persen anak-anak yang mengunjungi unit gawat darurat di rumah sakit karena mengalami cedera kepala menjalani pemeriksaan CT scan. Pemeriksaan ini akan membuat anak terpapar radiasi yang dapat meningkatkan risikonya terserang kanker di masa depan. American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk melakukan pengamatan klinis terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan pemeriksaan CT scan.

5. Tes echocardiographic stress untuk pasien tanpa gejala
American Society of Echocardiography menghimbau untuk menghindari stress test menggunakan echocardiographic guna menilai risiko penyakit kardiovaskular pada orang yang tidak memiliki gejala dan risiko penyakit jantung koroner. Rekomendasi menyatakan bahwa echocardiography stress hanya sedikit sekali memberikan informasi tentang penilaian risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

6. Obat pengontrol gula darah untuk pasien 65 tahun ke atas
Pada pasien diabetes tipe 2 berusia 65 dan lebih tua lagi, penggunaan obat pengontrol gula darah tidak diperlukan. Rekomendasi dari American Geriatrics Society menyatakan bahwa tidak ada bukti obat pengontrol gula darah dapat bermanfaat pada penderita diabetes yang lebih tua. Bahkan penggunaan obat untuk menekan kadar gula darah secara ekstrim bisa berisiko bahaya.

7. Melakukan EEG pada pasien sakit kepala berulang
Sakit kepala berulang adalah keluhan nyeri yang paling umum terjadi. Diperkirakan sekitar 20 persen orang mengalami gangguan ini. Rekomendasi dari American Academy of Neurology menyatakan bahwa EEG (electroencephalography) tidak lebih bermanfaat ketimbang evaluasi klinis biasa untuk mendiagnosis sakit kepala.

8. Mengobati refluks asam lambung pada bayi
Muntah atau gumoh pada bayi disebabkan karena refluks asam. Kondisi ini lumrah ditemui pada bayi yang bersendawa, batuk atau menangis setelah minum susu. Penyebabnya karena katup antara kerongkongan dan perut belum mampu bekerja dengan sempurna. Terapi anti refluks yang sering diresepkan pada orang dewasa dengan gastroesophageal reflux (GERD) tidak akan berefek sama pada bayi. Bahkan Society of Hospital Medicine menemukan bukti terapi tersebut sebenarnya berbahaya pada situasi tertentu.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Thu Feb 28, 2013 10:10 pm

HINDARILAH, BAHAN BAHAN BERBAHAYA INI ADA DISEKITAR KITA
Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth Kamis, 28/02/2013 19:24 WIB
Jakarta, Ada berbagai sampah di sekitar kita. Nah, disadari atau tidak, di antara sampah-sampah yang ada terdapat sampah bahan berbahaya dan beracun (B3). "Ada 3 jenis racun yang terdapat pada sampah B3 di sekitar kita," kata ahli bank sampah Kementerian Pekerjaan Umum, Dra. Endang Setianingrum, dalam kegiatan pengolahan sampah rumah tangga sebagai bagian dari HUT Prodia Widyahusada ke-40 di Kantor Kecamatan Senen, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2013). Berikut ini jenis sampah B3, kandungan di dalamnya, serta dampak bagi kesehatan:

1. Mercury
Mercury tidak hanya terdapat pada beberapa kosmetik, tapi pada beberapa barang di sekitar kita kandungan itu dapat ditemukan, seperti di bola lampu. Berhati-hatilah pada bola lampu yang sudah tidak dipakai lagi. Karena ketika bola lampu itu pecah maka kandungan mercury yang terkandung dalam pecahan bola lampu tersebut dapat terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh zat mercury adalah minamata.

2. Dioxin
Jenis zat ini terdapat di dalam plastik, kresek, atau styrofoam yang banyak digunakan sebagai wadah makanan panas. "Seringkali kita menemukan pembakaran sampah plastik atau pun kertas dan dengan aroma yang tidak sedap racun itu perlahan-lahan masuk dan mengendap di paru-paru kita," kata Endang. Dampak zat ini adalah kerusakan pada kulit. Bagi ibu hamil yang janinnya terkena zat ini maka besar kemungkinan janin tersebut lahir cacat.

3. Cadmium
Waspadalah jika anak Anda atau keluarga Anda bermain-main dengan baterai bekas. Khususnya baterai yang bersifat isi ulang atau rechargeable, karena dalam baterai ini terkandung zat cadmium yang dapat berpengaruh pada tulang. "Selain itu diketahui bahwa dampak dari zat ini baru terlihat setelah 10 tahun dari saat Anda terkena zat berbahaya ini. Zat ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut penyakit itai-itai," papar Endang. Selain itu ada zat lainnya yaitu SLS atau Sodium Lauryl Sulfate. SLS yang banyak terdapat pada shampo atau sabun merupakan zat penambah busa yang juga digunakan untuk pembersih lantai.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Mon Mar 11, 2013 4:02 pm

3 NEGARA TERSEHAT DIDUNIA
Senin, 11 Maret 2013 | 11:09 WIBgeniusbeauty
Metrotvnews.com, Jakarta: Sehat menjadi kata yang wajib ditaati setiap manusia. Mengapa? Karena sehat menjadi modal utama bagi manusia untuk melakukan segala aktivitasnya. Sehat secara pribadi mungkin sudah sangat umum, tapi bagaimana jika itu dibicarakan dalam skala yang lebih besar, yakni negara? Banyak negara yang masih abai akan penyakit, virus, dan wabah yang membahayakan. Bisa dibayangkan bagaimana kondisi suatu negara jika masyarakatnya banyak yang terserang penyakit kronis. Kita tak banyak tahu negara mana kah yang bisa dikatakan sebagai negara sehat. Namun, perwakilan American Foreign Policy journal mencatat tiga negara tersehat di dunia. Berikut negara-negara tersehat itu.

1. Jepang
Orang Jepang bisa hidup lebih lama dibandingkan orang-orang di negara lain. Rahasia kesehatan orang Jepang adalah olahraga dan makanan rendah kolesetrol. Menu makanan normal orang-orang di sana adalah nahis, ikan, dan rumput laut yang mampu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Di Jepang, gym menjadi sangat terkenal karena setiap generasinya sudah menjalankan pola hidup sehat seperti yang dideklarasikan pemerintahan setempat. Kebijakan untuk melakukan aktivitas fisik sepanjang jam kerja dan sebelum jam kerja pun dilakukan dengan disiplin.

2. Prancis
Prancis merupakan negara dengan tingkat serangan jantung yang rendah. Seorag ahli menjelaskan, itu semua terjadi akibat kebiasaan makan yang dilakukan secara perlahan dan mengonsumsi wine setiap hari. Secara tradisional, menu makanan orang Prancis adalah makanan yang kaya akan karbohidrat dan lemak, namun, mereka mengonsumsinya dalam porsi yang kecil ditambah mengonsumsi sedikit wine. Pada 2002, ahli dari World Health Organization (WHO) mengakui Prancis sebagai negara tersehat di Eropa.

3. Islandia
Negara ini memiliki angka kematian bayi terendah di dunia. Di negara ini, perempuan hamil dirawat dengan sangat baik. Hanya ada dua kasus kematian balita per seribu kelahiran. Tapi, tetap ada masalah kesehatan yang dihadapi negara ini, yakni obesitas. Setiap tahun, sejumlah besar gula dikonsumsi di negara ini. Obesitas juga terjadi karena masyarakatnya terlalu sering mengonsumsi minuman berkarbonasi.(geniusbeauty/Gta)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Tue May 21, 2013 10:35 am

PEREMPUAN PERLU CEK 5 SINYAL TUBUH BERIKUT
Penulis : Rosmha Widiyani | Jumat, 17 Mei 2013 | 13:20 WIB
KOMPAS.com - Tanda kecil yang ditampakkan tubuh seringkali diremehkan. Padahal, tidak jarang parameter ini bermakna besar, yang mengindikasikan adanya kelainan atau bahaya dalam tubuh. Tanda-tanda kecil tersebut mulai dari tumbuhnya area dengan warna berbeda pada kuku, sampai benjolan pada kelopak mata menandakan adanya ancaman pada tubuh. “Tidak ada yang lebih tahu tubuh selain tuannya. Kitalah yang paling tahu apabila ada sesuatu yang tidak beres, " kata chief medical editor situs kesehatan WebMD, Michael Smith. Ia menyarankan agar setiap orang dapat mengenal baik tubuhnya. Berikut 5 tanda yang harus diperiksa untuk mengetahui keadaan tubuh khususnya bagi seorang wanita :

- Cek siklus menstruasi, terutama bila mengalami pendarahan sepanjang bulan

Indikasi : Kebanyakan wanita mengindikasikan menstruasi (pendarahan) yang tidak teratur berhubungan dengan stres. Sekalipun benar, wanita juga sebaiknya waspada terhadap kemungkinan kanker rahim dan mulut rahim. Ketika kanker memasuki tahap lanjut dan menyerang jaringan terdekat, wanita bisa mengalami pendarahan yang terjadi di antara masa menstruasi, setelah berhubungan seksual, atau setelah menopause.

Tindakan lanjutan : Segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Kanker mulut Rahim menjadi penyebab utama kematian wanita. Pemeriksaan pap smear menjadi deteksi dini dan langkahpencegahan terjadinya kanker pembunuh wanita ini.

- Periksa kuku, terutama bila ada area gelap pada penampang kuku

Indikasi : Bukan cuma tahi lalat bermutasi yang mengindikasikan terjadinya kanker kulit. Penyakit ini juga bisa berkembang di bawah kuku. Area kekuningan, coklat, atau hitam bisa menjadi tanda bahaya. “Kanker kulit melanoma menjadi salah satu yang mematikan,” kata Smith. Menurut American Cancer Society, setiap jam ada satu nyawa melayang karena melanoma. Beberapa tahun terakhir penderita melanoma semakin banyak, terutama pada wanita muda.

Tindak lanjut : Segera pergi ke dokter kulit (dermatologis). Menurut American Cancer Society, kanker yang cepat diketahui dan dilokalisasi berpeluang 98 persen disembuhkan. Lamanya terpapar dan terbakar sinar matahari saat kecil bisa menjadi faktor risiko. “Butuh 10 tahun bagi kanker kulit untuk berkembang. Sekalipun saat ini rutin menggunakan sunblock, pengalaman saat kecil bisa menjadi faktor risiko,” kata Smith.

- Periksa kulit, bila ada tumbuh jerawat atau bulu tebal

Indikasi : Kondisi ini merupakan tanda resistensi insulin dan produksi berlebihan hormon seks pria. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi berminyak dan tumbuh rambut tebal pada wajah, dada, perut, punggung, jempol dan jari kaki. "Tandanya hampir sama dengan pubertas pada pria, " kata Smith. Smith menyarankan jangan malu bila menderita gejala ini. Namun pada wanita hal ini mungkin membutuhkan tes kesuburan.

Tindak lanjut : Segera ke dokter. Bila terjadi pada wanita, dokter mungkin akan menyarankan tes panggul, darah dan USG untuk memeriksa kondisi ini. Sebaiknya, aturlah pola hidup dan minum obat untuk mengendalikan produksi hormone androgen.

- Periksa ketiak, terutama bila ada kulit gelap yang kasar

Indikasi : Kemungkinan adalah diabetes. Kelebihan insulin dalam aliran darah, menyebabkan sel kulit mengganda dalam waktu yang cepat. Hal ini menyebabkan terbangunnya jaringan yang mengandung pigmen lebih gelap. Akibatnya kulit di bawah lengan lebih gelap dan tebal.

Tindak lanjut : Tes urine menjadi cara jitu untuk mengetahui adakah diabetes dalam tubuh penderita. Menurut American Diabetes Association, cara ini menyelamatkan 12,6 juta wanita Amerika berusia 20-an dari diabetes. Langkah ini juga disarankan bagi yang berusia 45 tahun ke atas, terutama yang memiliki kelebihan berat badan.

- Periksa kelopak mata, terutama bila ada benjolan kecil dan lembut. Banyaknya riasan tidak mampu menutupi pembengkakan ini

Indikasi : Ada kelebihan kolesterol di bawah kulit. "Kalau bengkak ini menghilang berarti kadar kolesterol bertambah, sekitar 300 atau lebih," kata Smith. Kelebihan kolesterol merupakan faktor risiko gagal jantung, yang membunuh satu dari 4 wanita di Amerika

Tidak lanjut : Segera cek kandungan kolesterol dan tanyakan pada dokter bagaimana menguranginya. Pengurangan 10 persen kandungan kolesterol, akan mengurangi peluang diabetes hingga tiga kali lipat. Pola makan sehat kaya serat dan rajin olahraga menjadi jalan keluar.


Last edited by gitahafas on Tue May 21, 2013 10:42 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Tue May 21, 2013 10:39 am

KETIKA SEDANG TELANJANG, AMATI TANDA TANDA INI!
Penulis : Felicitas Harmandini | Jumat, 17 Mei 2013 | 12:19 WIB
KOMPAS.com - Saking seringnya menatap tubuh telanjang saat sedang mandi, kita mungkin sudah hafal dengan segala lekuk tubuh kita. Apalagi, kalau ada tambahan lemak di sana-sini. Namun, ada baiknya Anda tidak hanya mengamati bertambah atau berkurangnya timbunan lemak ketika sedang telanjang. Tanda-tanda lain yang Anda temukan pada tubuh ternyata bisa menyelamatkan nyawa Anda, lho. Satu hal yang perlu dilakukan kaum perempuan ketika sedang telanjang adalah memeriksa payudaranya. Kenali ketika Anda menemukan benjolan di area tersebut, kulit yang mengerut, atau puting payudara yang berubah. Bisa jadi, itu merupakan tanda hadirnya tumor payudara. Selain itu, ada beberapa tanda lain yang perlu Anda perhatikan:

Bintil pada lipatan kulit
Saat ini makin banyak masalah resistensi insulin, yang terjadi ketika tubuh berhenti mendengarkan sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh hormon yang menurunkan kadar gula darah tersebut. Hal ini bisa menimbulkan penambahan berat badan dan meningkatnya risiko diabetes. Dalam bukunya, The Skinny, Dr Louis Aronne mengatakan bahwa salah satu gejala resistensi insulin adalah adanya bintil atau benjolan kulit pada leher, ketiak, atau di payudara dan area selangkangan. Kulit di sekitar leher, lipatan jari (ketika menggenggam), dan siku juga terlihat gelap. Jika gejala ini terlihat, dan Anda memang kesulitan menurunkan berat badan, ubahlah pola makan Anda dengan menu yang indeks glikemiknya rendah (yang kadar tepung pati dan gulanya rendah), dan kaya protein.

Hitung tahi lalat Anda
"Orang yang punya lebih dari 100 tahi lalat memiliki risiko melanoma 700 persen lebih tinggi daripada yang normal," ungkap Dr David Duffy dari Queensland Institute of Medical Research. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling serius, terjadi pada sel yang menghasilkan melanin –pigmen yang memberikan warna pada kulit. Jika Anda memiliki banyak tahi lalat, sebaiknya lakukan pemeriksaan kulit secara teratur pada dokter kulit. Selain itu, tetap perhatikan saat Anda sedang mandi atau berganti pakaian, kalau-kalau terjadi perubahan pada jumlah atau ukuran tahi lalat Anda. Memang akan sulit membedakan jika ada begitu banyak tahi lalat. Karena itu ahli dermatologi Dr Jonathan Bowling menyarankan untuk memeriksa yang paling besar, lalu membandingkannya dengan yang lain.

Amati tumbuhnya rambut kemaluan
Siapa menyangka bentuk rambut kemaluan saja bisa menimbulkan masalah? Normalnya, rambut kemaluan akan tumbuh membentuk segitiga, dengan bagian yang runcing ke arah kemaluan. Jika rambut kemaluan Anda bentuknya persegi, dan arah tumbuhnya ke atas menuju pusar, lalu menurun pada paha, hal itu bisa menjadi tanda problem sindroma ovarium polikistik. Ini suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai adanya sejumlah kista pada indung telur (ovarium). "Rambut pada tubuh juga bisa tumbuh di sekitar dada, punggung, wajah, dan dagu," jelas Profesor Helena Teededari The Jean Hailes Foundation.

Penebalan kulit di area vagina
Kesehatan di area vagina sangat penting. Karena itu amati kondisinya secara teratur untuk memeriksa adanya gejala-gejala kanker vulva, yang terjadi di bagian luar permukaan vagina.Dr Elizabeth Farrell dari The Jean Hailes Foundation menyarankan Anda untuk menggunakan cermin untuk mengamatinya sendiri. Lihat apakah ada bercak-bercak putih atau sangat gelap, penebalan kulit, kutil, benjolan, nanah, melepuh, atau pedih di area tersebut.

Gumpalan putih pada lipatan siku, jari, atau lutut
Gumpalan putih atau kekuningan pada kelopak mata yang disebut xanthomata, bisa merupakan tanda kolesterol tinggi. Namun Profesor James Tatoulis, kepala penasihat medis untuk Heart Foundation, mengatakan bahwa gumpalan lemak seperti ini juga bisa tampak pada bagian tubuh lain. "Xanthomata bisa tumbuh di punggung, bokong, dan paha, dengan ukuran diameter beberapa milimeter. Bagian tengahnya kuning, dan sekitarnya pink muda," katanya. Xanthomata juga bisa tumbuh lebih besar, 5 - 15 milimeter, dan terbentuk pada tendon yang ditemukan di dekat permukaan luar siku, lipatan jari, atau lutut depan. Inilah tandanya kolesterol Anda sangat tinggi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Thu May 23, 2013 9:07 pm

FAKTA KEDOKTERAN
Rabu, 15 Mei 2013 | 17:27 WIBIstTERKAIT
Metrotvnews.com: Orang-orang Indonesia kerap menghubungkan kesehatan dengan kebiasaan, bukan fakta-fakta medikal. Namun ada pula kondisi yang memang sesuai dengan fakta kedokteran. Dalam Wide Shot Metro TV, Rabu (15/5), Dokter Sonia Wibisono, mengungkapkan fakta-fakta itu sebagai berikut:

* Mandi malam akibatkan Rematik?
FAKTA. Kalau mandinya menggunakan air dingin bisa mengakibatkan rematik. Di luar negeri, tepatnya di Amerika, ada penelitian yang mengatakan bila orang-orang yang memiliki riwayat gangguan rematik merasakan pegal linu, itu menandakan cuaca akan hujan atau memasuki musim dingin. Rematik berbeda dengan flu tulang. Flu tulang terjadi akibat infeksi pada tulang. Sedangkan rematik akibat berbagai faktor, seperti radang atau imun. Infeksi menyerang persendian di musim dingin. Sendi mengerut. Saraf-saraf menjadi sakit. Jadi bila ingin mandi malam, gunakanlah air hangat.

* Membaca sambil berbaring dapat merusak mata?
FAKTA. Kerusakan pada mata terjadi bila membaca di tempat yang bergoyang, atau sambil berjalan, dan di tempat gelap. Pada saat membaca, kondisi itu mengakibatkan mata terus fokus. Mata menjadi lelah. Itulah yang mengakibatkan kerusakan pada mata.

* Makan daun singkong, bayam, dan melinjo akibatkan asam urat?
FAKTA. Ada beberapa macam makanan yang mengandung purin tinggi sehingga meningkatkan kadar asam urat. Kandungan tersebut memiliki tingkat gradasi. Makanan yang mengandung purin paling tinggi yaitu jeroan. Golongan kedua yaitu bayam, melinjo, dan daun singkong. Jadi ada beberapa tingkatan yang harus dihindari oleh orang-orang dengan kadar asam urat tinggi. Bila bahu atau leher menegang setelah melahap makanan tersebut, itu bukanlah gejala asam urat. Itu lantaran kadar kolesterol meningkat atau tekanan darah tinggi alias hipertensi. Bila ibu jari membengkak, bisa jadi itu tanda kadar asam urat mulai parah.

* Membunyikan ruas jari atau leher bisa menyebabkan radang sendi?
FAKTA. Ada cairan pada rongga sendi. Bila ditekan, akan mengeluarkan bunyi. Bila itu dilakukan terus menerus, maka berakibat peradangan pada sendi. Ada empat ciri peradangan yaitu sendi memerah, bengkak, sakit, dan akhirnya mengalami fungsioleisa alias tak lagi bisa berfungsi. Fungsinya menurun. Sendi tak lagi dapat digerakkan. Radang bisa terjadi di setiap bagian tubuh. Bila sering membunyikan ruas jari atau leher, radang akan lebih cepat terjadi.

* Memakai sepatu berhak tinggi membuat kaki varises?
FAKTA. Varises adalah pelebaran pembuluh vena, yaitu pembuluh balik yang menjadi saluran darah dari jantung ke seluruh tubuh kemudian balik lagi ke jantung. Lalu, jantung akan mengubah darah kotor dari seluruh tubuh menjadi bersih dengan mengeluarkan karbondioksidanya. Bila mengenakan sepatu hak tinggi, aliran darah ke jantung terhambat. Darah akan berkumpul di tubuh bagian bawah. Itulah yang menimbulkan varises. Kondisi serupa pun terjadi pada perempuan hamil atau melakukan penerbangan terlalu lama.

* Pusing saat menundukkan kepala akibat kurang darah?
FAKTA. Pusing tak hanya saat menunduk. Gangguan itu terjadi saat berganti posisi, seperti duduk ke berdiri. Bila pusing, bisa jadi tekanan darah rendah. Sebaiknya, lakukan olahraga secara teratur. Jangan terlalu sering berada di satu posisi. Harus lebih banyak bergerak untuk meningkatkan tensi darah.

* Kebanyakan makan bawang putih membuat gigi rusak?
FAKTA. Makan bawang putih tak masalah bila hanya untuk tumisan atau bumbu. Tapi jangan meminumnya. Kandungan dalam bawang putih itu sangat keras sehingga dapat mengikis gigi. Bila perut kosong, kebiasaan itu dapat berujung penyakit maag.

* Radiasi HP memicu kanker otak?
FAKTA. Menurut penelitian ada beberapa perbedaan watt dari GSM, CDMA, dan juga jenis ponsel lain. Hasil penelitian menunjukkan CDMA memiliki watt paling kecil. Bila ditempelkan pada telinga, watt akan merangsang jaringan otak. Jadi saat tidur, jauhkan ponsel atau dinonaktifkan saat mengisi ulang baterainya.

* Stres dapat menyebabkan rambut beruban?
FAKTA. Sebenarnya uban lebih karena faktor genetik. Namun sebuah penelitian mengatakan stres bisa menurunkan melanin dalam rambut sehingga menjadi lebih banyak yang beruban.

* Minum jeruk nipis menurunkan kolesterol?
FAKTA. Jeruk nipis dapat melarutkan kolesterol. Namun Anda harus berhati-hati karena dapat mendatangkan penyakit maag. Bila ingin menurunkan kadar kolesterol dengan diet lemak dan berolahraga teratur.

* Terlalu sering minum obat pereda nyeri bisa membuat badan kebal?
FAKTA. Tubuh jadi lebih kebal terhadap efek obat pereda nyeri bila mengonsumsinya dalam waktu jangka panjang. Itu juga berlaku pada obat-obatan lain. (Lesi Setiawati)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Numpang Lewat   Mon May 27, 2013 8:46 am

MENGOBATI MASUK ANGIN PADA ANAK
Salah satu penyakit yang banyak terjadi di musim pancaroba ialah masuk angin. Di dunia medis, istilah masuk angin sebetulnya tidak ada. Orang awam menyebut masuk angin untuk merujuk pada kondisi tubuh yang dilanda perut kembung, demam, pusing, mual bahkan sampai muntah. Masuk angin sejatinya merupakan suatu gejala awal dari infeksi virus. Masuk angin tidak hanya menyasar pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Saat anak-anak terkena masuk angin, orangtua hendaknya berhati-hati dalam memberikan obat. "Anak rentan menderita efek samping dari obat jika diberi obat masuk angin berbahan kimia. Efek samping itu bisa berbentuk rasa mual atau gangguan pencernaan," ujar dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Siloam Lippo Village Karawaci dr Djokomuljanto SpA, dalam diskusi kesehatan di Jakarta, beberapa waktu lalu. Menurutnya, mengatasi masuk angin pada anak bisa dengan bahan herbal sederhana yang ada di dapur. Contohnya, untuk anak di bawah usia 6 bulan cukup dibaluri minyak telon di bagian punggung dan perut, disertai pijatan lembut di tubuh agar aliran darah lancar. Untuk anak di atas usia 6 bulan, pengobatan bisa dilakukan dengan menggosokkan minyak kelapa, minyak kayu putih, atau bawang merah. "Tentu saja, kalau gejala masuk angin terus berlanjut, sebaiknya orangtua segera memeriksakan anak ke dokter." Pada kesempatan sama, Business Development Manager PT Deltomed Laboratories Abrijanto SB mengatakan saat ini ramuan herbal untuk masuk angin lebih mudah diperoleh masyarakat. Pasalnya, banyak ramuan herbal telah dikemas dalam bentuk obat-obatan alami yang dijual bebas. (Tlc/Din/H-3)
Back to top Go down
 
Numpang Lewat
View previous topic View next topic Back to top 
Page 48 of 51Go to page : Previous  1 ... 25 ... 47, 48, 49, 50, 51  Next
 Similar topics
-
» Menjawab Fitnah:Apakah Nabi Muhammad bersenggama dengan sepupunya (Umi Hani)?
» Seorang Dosen Guru Besar Tafsir al-quran masuk Kristen
» numpang tanya

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: OASE :: SERBA-SERBI-
Jump to: