Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Kesehatan Kulit

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1 ... 25 ... 46, 47, 48
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Wed Oct 30, 2013 1:24 pm

6 JURUS PENTING PENGGUNAAN TABIR SURYA
Rizky Sekar Afrisia, Marlina Irdayanti Rabu, 30 Oktober 2013, 08:24 WIB
VIVAlife - Saat harus berada di luar ruangan, tak ada yang lebih bisa diandalkan selain tabir surya. Ia akan melindungi kulit dari terpaan sinar matahari yang berlebihan. Pakar dermatologis menyebutkan, penggunaan tabir surya merupakan cara efektif menghindari efek negatif sinar UV. Bahkan, tabir surya bisa dijadikan solusi atas kanker. Jika digunakan secara rutin sejak masa kanak-kanak, risiko kanker kulit menurun jadi 78 persen. Namun, ia tidak akan bekerja dengan baik jika tidak digunakan dengan benar. Seperti dilansir laman All Womens Talk, berikut cara menggunakan tabir surya dengan tepat.

Gunakan ke seluruh tubuh
Gunakan tabir surya hingga melindungi seluruh kulit. Jangan khawatir tabir surya cepat habis. Menurut American Academy of Dermatology, jumlah ideal untuk mengaplikasikan tabir surya ke seluruh tubuh adalah satu ons.

Ulangi sesering mungkin
Tabir surya tidak akan melindungi kulit sepanjang hari. Agar kulit terus terlindung dari sinar matahari, gunakan tabir surya berulang kali. Terutama sehabis melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat atau sehabis berenang.

Gunakan pelindung lain
Banyak orang merasa kulitnya sudah cukup terlindung karena telah menggunakan tabir surya. Padahal, bahaya sinar UV masih mengintai. Tetap lindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Gunakan topi atau payung untuk membantu tabir surya bekerja dengan baik.

Jangan hanya di bagian tubuh terbuka
Kebanyakan orang hanya menggunakan tabir surya di area kulit yang terbuka. Padahal, daerah yang tertutup seperti belakang telinga, tengkuk leher, dan telapak kaki juga membutuhkan perlindungan.

Gunakan setiap hari
Kesalahpahaman yang sering terjadi: hanya menggunakan tabir surya saat sedang bermain di pantai atau saat cuaca sedang panas. Padahal, meskipun berada di dalam ruangan atau cuaca mendung, kulit tetap membutuhkan perlindungan.

Gunakan 15 menit sebelum beraktivitas
Jangan gunakan tabir surya saat sudah berada di luar ruangan. Penggunaan tabir surya setelah kulit terbakar sinar matahari, adalah sesuatu yang terlambat. Tabir surya sudah harus digunakan setidaknya 15 hingga 20 menit sebelum keluar rumah.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Fri May 29, 2015 7:09 am

TATO SEBABKAN MASALAH KESEHATAN JANGKA PANJANG
Alviana Harmayani Masrifah Kamis, 28 Mei 2015 − 18:33 WIB
WASHINGTON - Saat ini, banyak orang yang suka menato tubuhnya dan keberadaan mereka sudah lebih bisa diterima. Sejumlah survei di Amerika Serikat (AS) menyebut, sekitar 1 dari 5 orang dewasa di Negara Paman Sam itu punya tato. Sebagian besar bahkan punya lebih dari satu. Tapi, peningkatan jumlah orang yang memiliki tato ini juga memicu lebih banyak komplikasi. Sebuah kajian terbaru terhadap orang bertato di New York City menemukan, sekitar 6% mengalami masalah signifikan seperti ruam, gatal-gatal atau pembengkakan yang berlangsung selama lebih dari empat bulan. Dalam sejumlah kasus, persoalan ini bahkan bisa bertahan selama bertahun-tahun. “Kami mewaspadai tingginya angka komplikasi kronis yang dilaporkan terkait tato,” ujar Marie Leger, periset utama dalam kajian itu dan seorang asisten dosen di NYU Langone Medical Center, yang dikutip CBS News. Leger mengaku kaget dengan sejumlah penemuannya, yang dipublikasikan di jurnal Contact Dermatitis. Sekitar 10% dari 300 orang yang disurvei menderita komplikasi jangka pendek dengan tato mereka. “Banyak yang kami lihat tidak terkait sterilisasi atau yang seperti itu. Mereka lebih berkaitan dengan komponen di dalam tinta dan reaksi tubuh orang terhadapnya,” papar Leger. Bagi reaksi kulit ringan, perawatan dengan steroid antiperadangan sering kali dipakai. Tapi, untuk reaksi yang lebih berat, Leger menyatakan operasi laser untuk menghilangkan sejumlah lapisan kulit mungkin dibutuhkan. Efek sampingnya bisa beragam dari parut hingga gatal dan tekanan emosional. Tinta merah dan hitam, yang merupakan dua warna tinta tato paling umum, adalah pelanggar terbesar. Tapi, apa yang memicu reaksi tinta itu masih sulit diketahui. “Belum diketahui apakah reaksi yang terjadi itu karena bahan kimia di dalam tinta itu atau bahan kimia lain, seperti pengawet atau pencerah, yang ditambahkan ke dalamnya, atau pemecahan kimia yang terjadi,” ujar Leger. Leger mengatakan ingin melihat database nasional mengenai laporan komplikasi akibat tato sehingga masalah ini bisa ditelusuri dan diselesaikan.

source: http://lifestyle.sindonews.com/read/1006447/155/tato-sebabkan-masalah-kesehatan-jangka-panjang-1432807008
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Fri Jun 12, 2015 10:29 am

RISIKO BISA TERJADI SAAT TATO TUBUH
Minggu, 31 Mei 2015 | 15:00 WIB
KOMPAS.com - Saat ini, tato tubuh menjadi hal yang digemari. Tato yang sebelumnya identik dengan pria, sudah tak lagi seperti itu. Karena, tak sedikit perempuan yang juga senang tubuhnya ditato. Tidak hanya tato kecil, melainkan tato berukuran besar (dan juga banyak) untuk menghiasi tubuhnya. Sebelum menambah tato (atau mulai menato), ada baiknya memerhatikan risiko kulit yang mungkin terjadi. Hasil studi di Amerika Serikat yang dipublikasikan dalam jurnal Contact Dermatitis menunjukkan, bahwa reaksi kulit yang menganggu setelah membuat tato, relatif umum terjadi. Hal ini diperoleh setelah periset menanyakan adanya efek samping yang tidak diinginkan setelah ditato terhadap 300 orang. Kepada responden yang melalui Central Park, New York, ditanyakan pengalaman atas simtom berbeda dari yang mereka pertimbangkan sebagai bagian normal dari tato. Contohnya mencakup kemerahan, infeksi kulit, alergi, sensitif terhadap sinar matahari, dan keropeng yang berkepanjangan. Disebutkan para peneliti, sekitar 10 persen dari responden melaporkan simtom seperti gatal, nyeri, dan jaringan parut yang beberapa bertahan lebih dari 4 bulan. "Saya bukan menentang tato. Kebanyakan orang bisa saja tidak bermasalah, tetapi penting untuk menyadari masalah ini juga bisa terjadi," ujar Prof. Marie Leger, periset dari New York University. Ada banyak hal berbeda yang bisa salah, mulai dari kandungan tinta hingga tingkat higienitas dari tempat untuk melakukan tato tersebut. Itu sebabnya, National Health Service (NHS) merekomendasikan mereka yang akan melakukan tato tubuh, agar mengecek lisensi pada studio tato dan tempatnya harus bersih serta terawat dengan baik. Selain itu, tempat untuk melakukan tato sebaiknya juga memastikan penggunaan sarung tangan dan alat-alat yang steril. Mengingat jarum yang terkontaminasi, sebagai contoh, bisa membawa risiko penyebaran infeksi seperti hepatitis B.
Back to top Go down
 
Kesehatan Kulit
View previous topic View next topic Back to top 
Page 48 of 48Go to page : Previous  1 ... 25 ... 46, 47, 48
 Similar topics
-
» kulit hitam masuk neraka ???
» Hikmah Diharamkannya Menikahi Saudara Sesusuan
» Manfaat Shalat Bagi Kesehatan
» 5 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: