Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Kesehatan Kulit

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 26 ... 48  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Sun May 02, 2010 5:33 pm

IMPETIGO
Impetigo adalah infeksi kulit yang menyebabkan terbentuknya lepuhan-lepuhan kecil berisi nanah (pustula).
Impetigo paling sering menyerang anak-anak, terutama yang kebersihan badannya kurang dan bisa muncul di bagian tubuh manapun, tetapi paling sering ditemukan di wajah, lengan dan tungkai. Pada dewasa, impetigo bisa terjadi setelah penyakit kulit lainnya.
Impetigo bisa juga terjadi setelah suatu infeksi saluran pernafasan atas (misalnya flu atau infeksi virus lainnya).

PENYEBAB
Bakteri Staphylococcus atau Streptococcus.
Impetigo bisa terjadi setelah suatu cedera atau suatu keadaan yang menyebabkan robekan di kulit (misalnya infeksi jamur, luka bakar karena matahari atau gigitan serangga). Impetigo juga bisa menyerang kulit yang normal, terutama pada tungkai anak-anak.

GEJALA
Impetigo berawal sebagai luka terbuka yang menimbulkan gatal, kemudian melepuh, mengeluarkan isi lepuhannya lalu mengering dan akhirnya membentuk keropeng. Impetigo merupakan penyakit menular, yang ditularkan melalui cairan yang berasal dari lepuhannya.
Besarnya lepuhan bervariasi, mulai dari seukuran kacang polong sampai seukuran cincin yang besar.
Lepuhan ini berisi carian kekuningan disertai rasa gatal. Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar daerah yang terinfeksi.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya.
Untuk memastikan bahwa penyebabnya adalah stafilokokus atau streptokokus, bisa dilakukan pembiakan contoh jaringan yang terinfeksi di laboratorium.

PENGOBATAN
Untuk infeksi ringan, diberikan salep antibiotik (misalnya erythromycin atau dicloxacillin).
Antibiotik per-oral (ditelan) bisa mempercepat penyembuhan.
Untuk melepaskan keropeng, kulit sebaiknya dicuci dengan sabun anti-bakteri beberapa kali/hari.

PENCEGAHAN
Infeksi bisa dicegah dengan memelihara kebersihan dan kesehatan badan.
Goresan ringan atau luka lecet sebaiknya dicuci bersih dengan sabun dan air, bila perlu olesi dengan zat anti-bakteri.

# Untuk mencegah penularan: Hindari kontak dengan cairan yang berasal dari lepuhan di kulit
# Hindari pemakaian bersama handuk, pisau cukur atau pakaian dengan penderita
# Selalu mencuci tangan setelah menangani lesi kulit.

Sumber: Medicastore


Last edited by gitahafas on Tue Dec 18, 2012 5:30 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Sun May 02, 2010 6:11 pm

MIRIP DISUNDUT ROKOK, MUNGKIN CACAR API
Sabtu, 22 Mei 2010 | 11:16 WIB
KOMPAS.com Bila di kulit anak Anda muncul bintik kemerahan seperti disundut rokok, mungkin itu cacar api. Penyakit cacar api (impetigo) memang belum sepopuler cacar air. Ada yang menyebutnya cacar monyet. Cacar ini disebabkan kuman atau bakteri dan datangnya bisa tiba-tiba. Faktor kebersihan diri sangat berperan dalam berjangkitnya cacar api. Walaupun seseorang pernah terkena cacar sebelumnya, menurut dr Ratna Komala Dewi SpKK MKes, tak tertutup kemungkinan terkena cacar lagi dengan jenis cacar api. Sebenarnya jika daya tahan tubuh baik dan jumlah kuman tak berlebihan, kulit aman-aman saja karena di kulit dan lubang-lubang alamiah, seperti mulut, hidung, dan dubur, terdapat berbagai jenis kuman yang hidup dan berkembang biak (multiplikasi), yang dikenal sebagai kolonisasi. "Pada keadaan tertentu, misal daya tahan tubuh menurun, seperti pada bayi, apalagi yang prematur, kolonisasi ini dapat menimbulkan penyakit dan terjadilah infeksi," kata dr Ratna. Cacar api disebabkan oleh kuman gram positif Staphlyllococcus, terutama Staphlycoccus aureus dan streptococcus. Faktor predisposisi atau yang memudahkan munculnya cacar api adalah higienitas yang kurang, menurunnya daya tahan tubuh, misal menderita penyakit menahun, kurang gizi, atau ada penyakit lain di kulit yang menyebabkan fungsi perlindungan kulit terganggu. "Penyakit cacar api hanya terjadi pada lapisan kulit jangat," ujarnya. Biasanya tidak disertai gejala infeksi pada tubuh manusia, seperti demam, nyeri, dan lesu.

Seperti disundut rokok
Cacar api memiliki ciri khas, yaitu kemerahan di kulit dan muncul gelembung-gelembung mirip kulit yang tersundut rokok. Mungkin ini sebabnya disebut cacar api. Gelembung di kulit ini berisi cairan putih kekuningan atau nanah dan mudah pecah. Selain mudah pecah, cacar api juga mudah menular. Penularannya tidak seperti pada cacar air yang melalui saluran pernapasan. Bila si anak yang terkena cacar api menggaruk cacarnya dan kemudian menggaruk bagian tubuh lain yang sehat, dengan cepat bagian tubuh tersebut akan terinfeksi. Karena itu, anak yang menderita cacar api dilarang menggaruk bagian badan yang terinfeksi. Bagian tubuh yang digaruk tadi akan mengalami luka. Kalau luka tidak diobati, akan membuat kulit terinfeksi dan membusuk. "Jika terjadi pada bayi baru lahir, infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Kelainan ini disertai demam dan menimbulkan infeksi serius," tutur dokter spesialis kulit dan kelamin di Rumah Sakit Haji Pondok Gede ini. Karena penyebabnya berbeda, pengobatan cacar air dan cacar api juga berbeda. Namun, ada pula kesamaan di antara keduanya, yakni menimbulkan bekas kalau sampai pecah. Jenis cacar air lebih berat bekasnya. Mengingat cacar api disebabkan bakteri, penanganannya dengan antibiotik. Yang juga perlu diperhatikan adalah senantiasa menjaga self hygiene atau kebersihan diri dengan baik agar tidak terjangkit cacar api. (GHS/putri)


Last edited by gitahafas on Tue Dec 18, 2012 5:30 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Sun May 02, 2010 6:34 pm

VITILIGO
Vitiligo adalah suatu keadaan dimana terjadi kehilangan sejumlah melanosit yang menyebabkan timbulnya bercak-bercak halus berwarna putih di kulit.

PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui, tetapi diduga melibatkan sistem kekebalan (reaksi autoimun).
# Vitiligo bisa terjadi setelah trauma fisik yang tidak biasa, terutama cedera kepala dan cenderung timbul bersamaan dengan penyakit tertentu, seperti: penyakit Addison
# diabetes
# anemia pernisiosa
# penyakit tiroid.
Secara psikis, vitiligo bisa mengganggu penderitanya karena perubahan pigmentasi pada kulitnya tidak enak dipandang mata.

GEJALA
Pada beberapa penderita tampak 1-2 bercak berbatas tegas; pada penderita lainnya bercak vitiligo menutupi suatu bagian tubuh yang luas.
Perubahan ini tampak sangat jelas pada orang yang berkulit gelap. Bercaknya datar, berbatas tegas dengan bentuk yang tidak beraturan.
Sering ditemukan di wajah, sikut, lutut, tangan, kaki dan alat kelamin. Kulit yang tidak memiliki pigmen ini sangat peka terhadap luka bakar karena matahari.
Rambut yang tumbuh di atas kulit yang terkena vitiligo juga berwarna putih karena melanosit juga hilang dari selubung akar rambut (folikel).

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN
Belum ada pengobatan yang memuaskan.
Bercak yang kecil bisa disamarkan dengan kosmetika.
Psoralen dan sinar ultraviolet A (PUVA) kadang efektif, tetapi harus terus dipakai sampai waktu yang tidak dapat ditentukan.
Untuk mencegah terjadinya luka bakar karena matahari bisa digunakan tabir surya sebagai pelindung terhadap sinar matahari.
Sumber: Medicastore


Last edited by gitahafas on Thu Jul 22, 2010 7:47 am; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Sun May 02, 2010 7:26 pm

TRANSPLANTASI SEL BANTU OBATI VITILIGO
KILAS - Edisi April 2010 (Vol.9 No.9) Farmacia
Vitiligo merupakan penyakit munculnya bercak-bercak putih atau hipopigmentasi yang dapat muncul pada kulit. Kasus yang popular adalah yang menimpa penyanyi Michael Jackson. Vitiligo adalah sebuah kondisi dimana kulit kehilangan melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut dan mata.

Vitiligo bisa terjadi ketika sel yang memproduksi melanin mati atau menjadi inaktif, tidak memproduksi melanin lagi. Hal ini menyebabkan munculnya bercak putih yang semakin lama akan semakin membesar pada kulit. Perawatan umum yang dilakukan selama ini adalah dengan terapi cahaya dan perawatan kulit dengan obat-obatan. Namun, perawatan ini tidak selalu bekerja.

Kini, harapan baru muncul dengan suksesnya sebuah operasi transplantasi kulit untuk mengobati vitiligo. Operasi ini juga disinyalir aman. Dalam penelitian baru yang mereka lakukan, para peneliti di Henry Ford Hospital di Detroit mengatakan bahwa mereka mengikuti 23 pasien selama enam bulan setelah operasi, yang melibatkan transplantasi sel-sel kulit dari satu bagian pasien ke bagian lain.

Pasien yang dapat kembali rata-rata sekitar 52 persen dari mereka yang kehilangan warna kulit alami di area yang diobati. Delapan pasien dengan satu jenis vitiligo khusus dapat kembali kurang lebih 74 persen.

Selain itu, operasi tersebut berlangsung antara 30 menit dan dua jam di mana pasien berada di bawah anestesi local. Bahkan dalam catatanya, para peneliti mengatakan, pasien ini sudah diperbolehkan pulang keesokan harinya.

"Pasien warna dan orang-orang dengan vitiligo di salah satu bagian tubuh mereka ataupun di di satu area tubuh dapat memperoleh manfaat paling banyak dari prosedur ini," ujar Dr Iltefat Hamzavi, penulis senior studi pada penelitian ini. Temuan ini telah dipresentasikan 9 Maret di American Academy of Dermatology Annual Meeting di Miami.


Last edited by gitahafas on Thu Jul 22, 2010 7:47 am; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Sun May 02, 2010 7:32 pm

ULKUS DEKUBITUS
Ulkus Dekubitus (Luka akibat penekanan, Ulkus kulit, Bedsores) adalah kerusakan kulit yang terjadi akibat kekurangan aliran darah dan iritasi pada kulit yang menutupi tulang yang menonjol, dimana kulit tersebut mendapatkan tekanan dari tempat tidur, kursi roda, gips, pembidaian atau benda keras lainnya dalam jangka panjang. Bagian tubuh yang sering mengalami ulkus dekubitus adalah bagian dimana terdapat penonjolan tulang, yaitu sikut, tumit, pinggul, pergelangan kaki, bahu, punggung dan kepala bagian belakang.

PENYEBAB
Kulit kaya akan pembuluh darah yang mengangkut oksigen ke seluruh lapisannya. Jika aliran darah terputus lebih dari 2-3 jam, maka kulit akan mati, yang dimulai pada lapisan kulit paling atas (epidermis). Penyebab dari berkurangnya aliran darah ke kulit adalah tekanan. Jika tekanan menyebabkan terputusnya aliran darah, maka kulit yang mengalami kekurangan oksigen pada mulanya akan tampak merah dan meradang lalu membentuk luka terbuka (ulkus).
Gerakan yang normal akan mengurangi tekanan sehingga darah akan terus mengalir. Kulit juga memiliki lapisan lemak yang berfungsi sebagai bantalan pelindung terhadap tekanan dari luar.

Resiko tinggi terjadinya ulkus dekubitus ditemukan pada:
1. Orang-orang yang tidak dapat bergerak (misalnya lumpuh, sangat lemah, dipasung)
2. Orang-orang yang tidak mampu merasakan nyeri, karena nyeri merupakan suatu tanda yang secara normal mendorong seseorang untuk bergerak.
Kerusakan saraf (misalnya akibat cedera, stroke, diabetes) dan koma bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan untuk merasakan nyeri.
3. Orang-orang yang mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) tidak memiliki lapisan lemak sebagai pelindung dan kulitnya tidak mengalami pemulihan sempurna karena kekurangan zat-zat gizi yang penting.
Karena itu penderita malnutrisi juga memiliki resiko tinggi menderita ulkus dekubitus.
4. Gesekan dan kerusakan lainnya pada lapisan kulit paling luar bisa menyebabkan terbentuknya ulkus.
Baju yang terlalu besar atau terlalu kecil, kerutan pada seprei atau sepatu yang bergesekan dengan kulit bisa menyebabkan cedera pada kulit.
Pemaparan oleh kelembaban dalam jangka panjang (karena berkeringat, air kemih atau tinja) bisa merusak permukaan kulit dan memungkinkan terbentuknya ulkus.

GEJALA
Ulkus dekubitus kebanyakan menyebabkan nyeri dan gatal-gatal; tetapi jika terdapat gangguan pada indera perasa, ulkus yang dalampun tidak menimbulkan nyeri.
Ulkus dekubitus dikelompokkan ke dalam beberapa stadium:
#Stadium 1 : ulkus belum terbentuk seutuhnya
# Stadium 2 : kulit merah dan membengkak, seringkali disertai oleh pembentukan lepuhan, lapisan kulit paling atas mulai mati
# Stadium 3 : ulkus mulai timbul di kulit, menyusup ke lapisan kulit yang lebih dalam
# Stadium 4 : ulkus menembus kulit dan lemak, sampai ke otot
# Stadium 5 : terjadi kerusakan otot
# Stadium 6 : merupakan stadium ulkus yang paling dalam, dimana terjadi kerusakan tulang dan kadang terjadi infeksi tulang.

Jika kulit terluka atau robek maka akan timbul masalah baru, yaitu infeksi.
Infeksi memperlambat penyembuhan ulkus yang dangkal dan bisa berakibat fatal terhadap ulkus yang lebih dalam.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN
Mengobati ulkus dekubitus lebih sulit daripada mencegahnya. Pada stadium awal, ulkus biasanya membaik dengan sendirinya setelah tekanan dihilangkan. Menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi protein dan kalori tambahan bisa mempercepat penyembuhan.
Jika kulit terluka sebaiknya ditutup dengan perban. Agar tidak melekat pada luka, gunakan perban yang dilapisi teflon atau mengandung jeli minyak.
Untuk ulkus yang lebih dalam, digunakan perban yang mengandung bahan yang menyerupai gelatin, yang bisa membantu pertumbuhan kulit yang baru.
Jika luka mengalami infeksi atau mengeluarkan nanah, sebaiknya dibersihkan dengan sabun atau gunakan cairan desinfektan (misalnya povidon-iodin).

Kadang dokter membuang bagian kulit yang mati dengan bantuan pisau bedah (debridemen).
Ulkus yang dalam sulit untuk diobati. Kadang perlu dilakukan pencangkokan kulit sehat pada daerah yang mengalami kerusakan. Tetapi pencangkokan ini tidak selalu dapat dilakukan, terutama pda usia lanjut yang menderita malnutrisi. Jika terjadi infeksi, diberikan antibiotik. Jika tulang dibawahnya terinfeksi (osteomielitis) diberikan antibiotik jangkan panjang karena osteomielitis sulit disembuhkan dan bisa menyebar melalui aliran darah.

PENCEGAHAN
Ulkus dekubitus menyebabkan nyeri dan bisa berakibat fatal. Ulkus juga menyebabkan masa perawatan di rumah sakit menjadi lebih panjang dan menghabiskan biaya lebih banyak. Untuk mencegah terbentuknya ulkus bisa dilakukan beberapa tindakan berikut:
#Merubah posisi pasien yang tidak dapat bergerak sendiri, minimal setiap 2 jam sekali untuk mengurangi tekanan
# Melindungi bagian tubuh yang tulangnya menonjol dengan bahan-bahan yang lembut (misalnya bantal, bantalan busa)
# Mengkonsumsi makanan sehat dengan zat gizi yang seimbang
# Menjaga kebersihan kulit dan mengusahakan agar kulit tetap kering.

Jika pasen harus menjalani tirah baring dalam waktu yang lama, bisa digunakan kasur khusus, yaitu kasur yang diisi dengan air atau udara.

Sumber: Medicastore
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Sun May 02, 2010 7:36 pm

ROSASEA
Rosasea adalah suatu kelainan kulit yang menetap, yang menyebabkan timbulnya jerawat-jerawat kecil yang berwarna kemerahan dan pecahnya pembuluh darah, biasanya di tengah-tengah wajah. Rosasea biasanya muncul selama atau setelah usia pertengahan.

PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui. Penyakit ini disertai dengan pelebaran pembuluh darah yang berada tepat di bawah kulit.
Paling sering ditemukan pada orang-orang yang mudah mengalami memar.
Rosasea bisa ditemukan bersama penyakit kulit lainnya (jerawat, seborea) atau penyakit mata (blefaritis, keratitis).

GEJALA
Wajah tampak kemerahan, bisa hanya pada bagian wajah tertentu atau pada seluruh bagian wajah.
Pada wajah juga ditemukan telangiektasi (pelebaran pembuluh darah kecil). Terjadi penebalan kulit, terutama di sekitar hidung sehingga hidung tampak merah disertai banyaknya kelenjar minyak dan membengkak . Keadaan ini disebut rinofima. Bentuk hidung tampak seperti bola lampu dan kulitnya berminyak.
Kadang rosasea timbul di batang tubuh, lengan dan tungkai.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN
Penderita sebaiknya menghindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah di kulit, seperti makanan yang pedas, alkohol, kopi dan soda yang mengandung caffeine. Antibiotik per-oral (melalui mulut) bisa mengatasi rosasea; yang paling efektif dan menimbulkan paling sedikit efek samping adalah tetracycline. Antibiotik salep/krim (misalnya gel metronidazole) juga efektif. Untuk mengembalikan bentuk hidung seperti semula pada rinofima, biasanya dilakukan pembedahan, bisa dengan sinar laser atau dermabrasi.

Medicastore >


Last edited by gitahafas on Tue Dec 18, 2012 6:20 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Wed May 05, 2010 5:49 am

WAJAH MERAH KARENA ROSACEA
Senin, 20/12/2010 10:01 WIB Vera Farah Bararah - detikHealth
Jakarta, Mantan Presiden AS Bill Clinton dan Pangeran Charles memang memiliki kewarganegaraan dan wajah yang berbeda. Tapi keduanya memiliki persamaan yaitu sama-sama punya rosacea, kulit kemerahan pada wajahnya. Rosacea adalah suatu penyakit yang menyebabkan muka memerah karena adanya pelebaran pembuluh darah, kondisi ini seringkali keliru dan diartikan sebagai blushing (wajah memerah) atau terbakar matahari (sunburn). Penyakit rosacea adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi karena kondisi ini bisa melemahkan lapisan kulit. Sebagian besar orang belum mengerti tentang rosacea dan menganggapnya sebagai bagian dari proses penuaan atau akibat luapan emosi marah, stres dan malu. Beberapa artis dan tokoh dunia diketahui memiliki penyakit rosacea, seperti Bill Clinton, Pangeran Charles, Pangeran Harry, Putri Diana, Cameron Diaz, Renee Zellweger, Alex Ferguson dan Mariah Carey.

Seperti dikutip dari Dailymail, Senin (20/12/2010) tanda-tanda dari rosacea adalah memerah di wajah dan paling sering terjadi pada hidung dan pipi, bintik seperti jerawat, bengkak dan kulit terasa lembut, sangat sensitif terhadap perubahan suhu, wajah terlihat seperti merona serta pecahnya pembuluh darah di hidung dan pipi. Jika kondisi ini tidak terdiagnosis, maka bisa memperburuk gejala yang muncul. Komplikasi masalah yang mungkin timbul adalah, rasa yang menyakitkan, peradangan, bengkak dan kulit terasa sangat sensitif yang bahkan kadang tidak bisa mentolerir air. Hingga saat ini belum dapat diketahui dengan pasti apa penyebab rosacea, tapi kemungkinan faktor keturunan sangat mempengaruhi. Dan perempuan dilaporkan lebih banyak mengalaminya, terutama setelah berusia di atas 30 tahun.

Banyak faktor yang bisa memicu rosacea, yaitu temperatur yang ektrem, stres, makanan pedas, alkohol bisa memperburuk gejala yang muncul, minuman atau makanan panas yang bisa mengiritasi kulit, serta beberapa makanan seperti tomat, keju, bayam, yogurt, kismis, cuka, cokelat dan makanan yang diasinkan. Pengobatan untuk rosacea biasanya menggunakan gel, krim atau lotion yang dioleskan ke kulit serta mengonsumsi obat antibiotik. Rosacea dapat diobati secara efektif pada sebagian besar orang, tapi prosesnya tidak ada yang cepat. Tapi jika tidak bisa disembuhkan, penting untuk menemukan cara agar bisa mengontrol gejala yang muncul.


Last edited by gitahafas on Tue Dec 18, 2012 6:21 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Wed May 05, 2010 5:52 am

PITIRIASIS ROSEA
Pitiriasis Rosea adalah suatu penyakit ringan yang menyebabkan peradangan kulit disertai pembentukan sisik berwarna kemerahan.
Bisa terjadi pada berbagai usia tetapi paling sering timbul pada dewasa muda.
Biasanya muncul selama musim semi dan musim dingin.

PENYEBAB
Diduga penyebabnya adalah sejenis virus.

GEJALA
Suatu serangan biasanya berlangsung selama 4-8 minggu.
Biasanya pitiriasis rosea berawal sebagai suatu bercak tunggal dengan ukuran yang lebih besar, yang disebut herald patch atau mother patch.
Beberapa hari kemudian akan muncul bercak lainnya yang lebih kecil.
Bercak sekunder ini paling banyak ditemukan di batang tubuh, terutama di sepanjang tulang belakang.

Ruam memiliki batas yang tegas, bisa menyebar, kelainan kulitnya tampak seperti sisik yang tengahnya lepas tetapi pinggirannya menempel.
Kulit tampak merah dan meradang, disertai gatal-gatal yang sifarnya ringan sampai berat.
Daerah berbentuk bulat atau oval ini biasanya timbul di batang tubuh.
Bisa timbul kelelahan, sakit kepala dan kadang rasa gatal yang sangat mengganggu

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN
Biasanya tanpa pengobatan, ruam akan menghilang dalam waktu 4-5 minggu, meskipun kadang bisa menetap sampai 2 bulan atau lebih.
Sinar matahari buatan maupun sinar matahari alami bisa meredakan pitiriasis lebih cepat dan mengurangi rasa gatal.
Krim yang mengandung mentol bisa mengurangi gatal.
Meskipun jarang, bisa diberikan corticosteroid per-oral (melalui mulut) untuk gatal-gatal yang hebat.Medicastore


Last edited by gitahafas on Tue Dec 18, 2012 6:21 pm; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Wed May 05, 2010 5:55 am

PARASIT YANG BERKEMBANG BIAK DI KULIT
Vera Farah Bararah - detikHealth - Selasa, 22/06/2010 07:55 WIB
Jakarta, Terdapat puluhan parasit yang bisa membuat hidup seseorang menderita atau sengsara, tapi beberapa jenis parasit ini bisa berkembang biak di kulit manusia. Parasit apa sajakah itu? Parasit-parasit ini bisa masuk atau menembus kulit dan berkembang biak serta bertelur di dalam kulit manusia. Di beberapa wilayah, parasit ini sudah bisa diberantas, tapi di wilayah lain masih menjadi ancaman yang sangat nyata. Seperti dikutip dari Howstuffworks, Selasa (22/6/2010) ada lima jenis parasit yang bisa berkembang biak di kulit manusia, yaitu:

Kutu
Kutu merupakan parasit yang sulit ditemukan, tapi telurnya tidak. Terdapat tiga kategori kutu yang bisa mengganggu manusia yaitu kutu kepala, badan dan kutu kemaluan. Cara makan kutu adalah dengan menggigit dan minum darah dari inangnya. Kutu hanya pindah ke kulit saat ia akan makan, tapi untuk kutu kemaluan memang hidup secara langsung di kulit. Parasit ini tidak bisa terbang atau melompat, tapi hanya bisa merangkak. Selain itu larva dari telur kutu ini akan menetas setelah beberapa hari dan seminggu kemudian telah menjadi dewasa serta mampu mereproduksi. Sebagian besar pengobatan untuk parasit kutu dalam bentuk obat cair seperti shampoo.

Kutu tuma
Kutu tuma dikenal dengan banyak nama termasuk kutu belatung dan kutu pasir, parasit ini akan hidup di kulit inangnya untuk makan. Kutu ini akan bernapas, buang air besar dan juga bertelur melalui sepasang kakinya di belakang. Kutu perempuan akan menembus kulit dan bertelur di sana, periodenya dapat berlangsung hingga tiga minggu. Setelah itu kutu perempuan ini akan mati dan setelah telur menetas, kutu-kutu ini akan menggigit inangnya dan melanjutkan siklus hidupnya. Bintil (nodul) di kulit yang dibentuk oleh kutu ini akan membuat zat-zat lain mudah masuk sehingga berisiko infeksi. Infeksi dari kutu ini disebut dengan tungiasis. Selain itu kutu ini juga bisa menyebabkan necrosis (kematian jaringan) yang harus dihilangkan dengan cara pembedahan.

Tungau kudis, kurap
Makhluk mikroskopik ini bisa menjadi masalah yang besar dan penyebarannya melalui kontak kulit. Saat pertama kali terinfeksi, seseorang mungkin tidak memiliki gejala sampai dua bulan tapi tetap bisa menular. Kondisi yang parah menimbulkan kerak di kulit dan menjadi rumah bagi jutaan tungau untuk bertelur. Salah satu gejala yang timbul adalah gatal, sehingga memicu seseorang untuk membuat luka di kulit akibat menggaruk. Luka ini bisa menjadi terinfeksi dan memperburuk kondisi seseorang. Biasanya dokter akan memberikan resep obat berupa lotion atau krim.

Screwworm
Parasit ini disebut juga dengan Cochliomyia hominivorax, bentuk dewasa dari serangga ini mirip dengan lalat. Serangga dewasa akan terbang mencari luka terbuka, lalu meletakkan ratusan telur di sekitar tepi luka. Setelah beberapa jam telur akan menetas dan larva mulai muncul. Larva ini akan bersembunyi masuk ke dalam daging melalui luka.

Cacing filarial
Siklus hidup cacing filarial cukup menarik. Sebuah serangga seperti nyamuk akan menggigit dan memakan darah dari inang yang terinfeksi, larva dari filarial ini akan masuk ke serangga. Larva berkembang biak di dalam usus serangga dan setelah matang akan masuk ke korban lain melalui gigitan serangga. Setelah masuk ke inang maka akan melanjutkan siklusnya. Parasit ini bisa menyebabkan penyakit kaki gajah yaitu pembengkakan ekstrim pada tungkai dan bagian tubuh lainnya. (ver/ir)


Last edited by gitahafas on Wed Dec 19, 2012 9:44 am; edited 7 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Wed May 05, 2010 5:58 am

TUBUH MEMBUSUK DISERANG KUTU PENGHISAP DARAH
Minggu, 24/10/2010 07:47 WIB AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kampala, Serangan kutu penghisap darah menyebabkan 20 orang di Uganda mengalami pembusukan di beberapa bagian tubuh hingga akhirnya tewas. Begitu mengenaskan sampai-sampai banyak yang menyangka sebagai ulah penyihir. Seperti dalam film-film tentang zombie, pembusukan jaringan akibat kutu penghisap darah yang dalam istilah medis disebut Tungiasis itu terjadi ketika sejak para pasien masih hidup. Perlahan-lahan, bagian tubuh yang membusuk makin meluas hingga akhirnya pasien tewas mengenaskan. Penyebabnya adalah sejenis kutu yang disebut jigger atau dalam Bahasa Latin dikenal sebagai Tunga Penetrans. Kutu penghisap darah ini hidup di daerah kotor atau berdebu dan ditularkan oleh lalat pasir (sand fly) betina. Pada manusia, parasit ini dapat masuk menembus kulit kaki lalu tumbuh dengan menghisap darah korban. Setelah beranak pinak hingga berjumlah ribuan, kutu ini akan menghabiskan suplai darah sehingga jaringan yang ditempati mulai mengalami pembusukan. Menteri kesehatan Uganda, James Kakooza mengatakan anak-anak bisa langsung tewas ketika darahnya dihisap dalam jumlah banyak oleh jigger. Kutu ini juga bisa menewaskan remaja yang mengidap penyakit lain, sementara pada orang tua akan menyebabkan kelumpuhan.

Dalam 2 bulan terakhir, Kakooza mencatat sedikitnya 20 orang tewas akibat Tungiasis di negara yang terletak di Afrika Timur tersebut. Sementara yang menjalani perawatan mencapai 20.000 orang, sebagian besar berasal dari wilayah Busoga yang berjarak 150 km dari Kampala, ibukota Uganda. Keyakinan bahwa penyakit ini merupakan kutukan penyihir turut memicu banyaknya korban tewas terutama di daerah pedesaan seperti Dakaba Kaala. Alih-alih mencari pengobatan atau mengeluarkan kutu yang menyerang, beberapa pasien seringkali hanya pasrah menanti ajal. "Ini merupakan epidemi yang sedang kami perangi dan saya yakin seiring waktu berjalan jigger bisa kami lenyapkan," ungkap Kakooza seperti dikutip dari Canadian Press, Minggu (24/10/2010). Menurutnya jiggger hanya hidup di daerah yang kurang higienis, sehingga cara membasmi sebenarnya sangat mudah. Selain dengan menggunakan sabun antiseptik, jigger juga bisa dibunuh dengan menyiramkan minyak dan parafin di tempat-tempat yang menjadi sarangnya. Selain di Uganda, penyakit Tungiasis juga ditemukan di sebagian wilayah Afrika sub-Sahara, Amerika Latin dan Karibia. Penyebarannya di Uganda diduga dibawa oleh buruh migran asal India yang mengerjakan rel kereta api jurusan Kenya-Uganda pada abad ke-19.


Last edited by gitahafas on Tue Dec 18, 2012 6:18 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
 
Kesehatan Kulit
View previous topic View next topic Back to top 
Page 5 of 48Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 26 ... 48  Next
 Similar topics
-
» kulit hitam masuk neraka ???
» Manfaat Shalat Bagi Kesehatan

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: