Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Kesehatan Kulit

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 26 ... 48  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Thu Apr 22, 2010 10:45 am

KULIT KERING
Kulit Kering (Xerosis, Asteatosis) adalah suatu keadaan dimana kulit kehilangan kelembabannya sehingga tampak pecah-pecah.
Kulit kering sering terjadi, terutama pada usia diatas setengah baya.

PENYEBAB
# Faktor-faktor yang berperan dalam terjadinya kulit kering adalah: Faktor keturunan
Kadang kulit kering yang parah (iktiosis) merupakan akibat dari penyakit keturunan, seperti iktiosis vulgaris atau hiperkeratosis epidermolitik.
# Faktor metabolisme
Kulit kering lebih banyak ditemukan pada tiroid yang kurang aktif atau penurunan berat badan yang berlebihan.
# Penuaan
Penambahan umur menyebabkan berkurangnya pelumasan kulit secara alami.
# Cuaca dingin dengan tingkat kelembaban yang rendah
# Penyejuk ruangan, pemanas ruangan atau duduk dekat perapian atau kipas pemanas
# Terlalu sering mandi atau berenang (terutama jika airnya terlalu banyak mengandung klorin)
# Kontak dengan sabun, deterjen atau bahan pelarut
# Gesekan yang menyebabkan iritasi atau kulit pecah-pecah.

Iktiosis juga bisa merupakan akibat dari kelainan yang tidak diturunkan, yaitu:
# Lepra
# Tiroid yang kurang aktif
# Limfoma
# AIDS
# Sarkoidosis.

GEJALA
Kulit kering bisa mengalami iritasi dan sering menimbulkan gatal, kadang kulit terkelupas dalam serpihan-serpihan kecil dan sisik-sisik kecil.
Pembentukan sisik paling sering terjadi pada tungkai bawah. Penderita iktiosis vulgaris kulitnya bersisik tanpa disertai lepuhan.
Penderita hiperkeratosis epidermolitik memiliki lepuhan yang tebal dan berbau busuk, dengan kutil yang bersisik dan terasa nyeri.
Menggosok atau menggaruk kulit yang kering bisa menyebabkan infeksi dan pembentukan jaringan parut.
Kulit kering juga bisa menyebabkan dermatitis, dimana kulit tampak merah dan gatal.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejala dan hasil pemeriksaan fisik

PENGOBATAN
Untuk mengobati kulit kering kuncinya adalah menjaga kelembaban kulit.
Jangan terlalu sering mandi atau berenang; gunakan air hangat suam-suam kuku. Lebih jarang mandi memungkinkan minyak pelindung tetap berada di kulit.
Salep atau krim seperti jeli minyak (vaselin), minyak mineral atau pelembab tanpa wewangian, juga bisa menahan air dalam kulit.
Sabun yang keras, detergen dan wewangian dalam beberapa pelembab bisa mengiritasi kulit dan membuat kulit kering.
Untuk membuang sisik pada kulit, bisa digunakan larutan atau krim yang mengandung asam salisilat.
Setelah pengolesan obat tersebut, pada dewasa bisa dilakukan pembungkusan kulit dengan perban yang terbuat dari filem plastik atau selofan; tetapi pada anak-anak tidak dilakukan hal seperti ini.

Untuk iktiosis berat, bisa digunakan krim yang mengandung vitamin A (tretinoin).
Campuran vitamin A membantu merontokkan sisik-sisik di kulit.
Etretinat merupakan obat yang berhubungan dengan vitamin A dan digunakan pada beberapa bentuk iktiosis.
Antibiotik dan beberapa sabun desinfektan yang kuat bisa digunakan pada hiperkeratosis epidermolitik.

PENCEGAHAN
Pencegahan bisa dilakukan dengan mengoleskan pelembab secara teratur pada kulit seluruh tubuh.
Kurangi penurunan kelembaban kulit dengan mengubah kebiasaan mandi; mandi lebih singkat dan menggunakan air hangat.
Kurangi pemakaian sabun, batasi penggunaannya di daerah wajah, ketiak maupun alat kelamin; keringkan kulit secara perlahan.

Sumber: Medicastore
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Thu Apr 22, 2010 10:47 am

INI DIA 5 LANGKAH RAWAT KULIT KERING
Minggu, 13 Maret 2011 - 12:11 wib Chaerunnisa - Okezone
KULIT kering biasanya disebabkan berkurangnya produksi minyak di kulit. Padahal, minyak ini penting sebagai pelumas dan menghidrasi kulit. Ada beberapa langkah jitu yang dapat ditempuh untuk memperbaikinya. Apa saja? Hindari cuci muka dengan air panas, dan jangan gunakan sabun biasa. Pilih sabun dan pembersih wajah untuk kulit kering, gosok lembut dengan ujung jari dengan gerakan memutar. Keringkan dengan cara ditepuk-tepuk, dan biarkan wajah sedikit lembap. Langkah selanjutnya, selalu gunakan pelembap khusus untuk kulit kering, dan oleskan segera setiap kali selesai mandi atau mencuci. Pakai pula pada wajah dan leher dengan arah ke atas. Lalu, oleskan pelembap sebelum tidur. Tahap lebih lanjut yang dapat dilakukan untuk kulit kering ialah, rawat dengan masker seminggu sekali. Ini akan membantu mengurangi kulit kering dan mati yang telah berakumulasi di wajah. Jika seluruh kulit tubuh terasa kering (misalnya saat hari panas), maka gunakan garam scrub untuk luluran, yang akan membantu meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga sel-sel baru yang segar bisa muncul. Kurangi atau hentikan kebiasaan merokok. Pasalnya, nikotin dalam rokok mempersempit pembuluh darah, sehingga menyulitkan kulit mendapat nutrisi yang dibutuhkannya. Tahap akhir, sebaiknya hindari paparan sinar matahari. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup dan bubuhkan kembali secara berkala sesuai ketentuan.


Last edited by gitahafas on Thu Jul 05, 2012 11:09 am; edited 4 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Thu Apr 22, 2010 10:49 am

PORSI TEPAT CAHAYA MATAHARI UNTUK KULIT
Kamis, 14 Juni 2012 15:05 WIB Media Indonesia - Penulis : Prita Daneswari
JANGAN takut terpapar sinar matahari sebab cahayanya ternyata menurunkan risiko terkena alergi kulit dan melindungi terhadap infeksi bakteri. Para ahli yang melakukan penelitian tersebut juga menyarankan agar kulit kita senantiasa mendapatkan sinar matahari secara teratur. "Saya menganjurkan sedikit kadar sinar matahari, jangan terlalu banyak karena menyebabkan risiko penuaan kulit dan kanker," kata Profesor John Hawk, yang telah mempelajari manfaat sinar matahari. "Terlalu banyak paparan sinar matahari juga dapat menjadi kontraproduktif untuk mekanisme perlindungan tersebut." "Tingkat kasus kanker kulit masih meningkat pesat di Eropa utara karena penduduknya terlalu banyak mendapat sinar matahari dari berjemur. Maka itu, penting untuk menggunakan tabir surya untuk mendapatkan perlindungan sinar matahari tengah hari," katanya. Pada studi sebelumnya, ditemukan bahwa beberapa orang Inggris mengalami kekurangan vitamin D. Padahal vitamin D dalam sinar matahari sangat penting untuk kesehatan tulang dan otot. Hanya 5 hingga 30 menit terpapar sinar matahari setiap hari sudah cukup bagi sebagian besar orang mendapatkan vitamin D yang mereka butuhkan. Tetapi, paparan jangka panjang diyakini akan meningkatkan risiko kanker kulit. "Sejumlah kecil cahaya matahari dapat melindungi kita dari beberapa kondisi kulit, termasuk reaksi alergi seperti biang keringat, psoriasis, dan alergi kulit untuk kosmetik, logam, parfum dan bahkan bunga-bunga taman," kata Profesor Hawk. "Ada juga baru-bukti yang menunjukkan sinar matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi bakteri," tambahnya. (DailyExpress/Pri/OL-06)


Last edited by gitahafas on Thu Jul 05, 2012 10:07 am; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Thu Apr 22, 2010 10:52 am

BERJEMUR, BERBAHAYAKAH BAGI KULIT?
Oleh Gembira Putra Agam | Yahoo! Style Factor di OMG! Kam, 22 Mar 2012 15:21 WIB
Bagi orang-orang yang tinggal di wilayah yang dingin, mendapatkan suhu tropis seperti di Indonesia merupakan kesenangan tersendiri. Berjemur merupakan cara menikmatinya. Selain merasakan iklim tropis Indonesia, mereka pun banyak yang ingin tampil eksotis dengan menggelapkan kulit secara alami. Tak heran kalau pantai-pantai di sini sering diisi oleh bule yang berjemur. Tapi di tengah kenikmatan berjemur, sebenarnya risiko kanker kulit mengintai mereka dan siapa pun yang menganggap mandi matahari akan menyenangkan. Cancer Research UK pada The Telegraph menyatakan, jangan pernah berjemur dari pukul 11 siang sampai 3 sore karena pada waktu-waktu tersebut, intensitas ultraviolet matahari ada pada titik paling tinggi dan akan merusak kulit dalam jangka pendek dan kanker kulit pada jangka panjang. Dikutip dari Directgov Inggris, orang-orang dengan tipe kulit putih dan memiliki banyak tahi lalat/mole dan bintik-bintik adalah yang mesti waspada dengan risiko kanker sehabis berjemur. Secara genetis, mereka yang anggota keluarganya memiliki riwayat kanker kulit juga dapat terkena penyakit tersebut. Website Out of Stress malah mencatat bahwa orang-orang dengan level vitamin D yang rendah sangat mudah terkena kanker kulit. Jadi pada hakikatnya, semua orang, termasuk Anda, bisa terkena kanker kulit karena berjemur. Walaupun risiko ini mengintai mereka yang sering berjemur, tidak sulit untuk mencegahnya. Tips di bawah ini akan membantu Anda.

Pilih waktu yang tepat
Berjemurlah di bawah matahari pagi sebelum pukul 11, atau matahari sore setelah pukul 3 sore. Kualitas ultravioletnya ada pada titik seimbang dan malah baik untuk kulit.

Pelindung kulit
Gunakan lotion pelindung kulit dari matahari yang sesuai dengan kulit Anda. Semakin putih kulit Anda, angka tan-nya semakin tinggi.

Pelindung mata
Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari cahaya yang sangat terang.

Pelindung rambut
Topi pun berguna untuk melindungi rambut dan kesehatan kulit kepala.

Vitamin D
Makanlah makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi. Fungsi vitamin ini adalah membantu penyerapan kalsium dan zat besi. Medical News Today malah menyatakan, orang yang setiap harinya mendapat pasokan sinar matahari yang cukup dan aman pada jam-jam yang disebutkan di atas tidak perlu tambahan vitamin D karena sinar tersebut merangsang pembentukan vitamin secara independen dan alami di dalam tubuh.


Last edited by gitahafas on Thu Jul 05, 2012 11:15 am; edited 6 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Thu Apr 22, 2010 11:08 am

5 HAL SEPELE YANG BISA MERUSAK KULIT
Selasa, 21 September 2010, 13:48 WIB Petti Lubis, Mutia Nugraheni
VIVAnews - Selama ini Anda mungkin selalu merawat kulit secara teratur agar selalu dalam keadaan cantik dan sehat. Tetapi, ada beberapa hal yang tidak banyak diketahui wanita, dan bisa membuat kulit justru menjadi tidak sehat. Ketahui lima hal tersebut agar Anda bisa menghindarinya. Tentunya agar kulit tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya. Berikut lima hal mengejutkan yang bisa merusak kulit seperti dikutip dari Marie Claire

1. Tidak memperbarui kacamata atau lensa kontak
Sebenarnya hal yang bisa membuat keriput muncul lebih cepat adalah memicingkan mata. Hal ini sering terjadi ketika Anda tidak memperbarui kacamata atau lensa kontak. Pastikan Anda memeriksakan mata secara teratur untuk mengetahui kondisi minus mata, apakah berubah atau tidak. Bukan hanya lebih sehat untuk mata, tetapi juga untuk menghindari munculnya keriput lebih cepat di sekitar mata.

2. Sauna
Mengeluarkan racun dengan sauna memang sangat efektif dan menyehatkan. Tetapi, jangan terlalu sering melakukan sauna, karena menurut, dr. Gross, seorang ahli kecantikan, sauna bisa mengurangi elastisitas kulit.

3. Berlari (latihan high-impact)
Olahraga seperti berlari memang sangat bagus untuk kesehatan jantung, tetapi ada efeknya terhadap kulit. Lari atau olahraga dengan aktivitas tinggi dapat membuat bantalan lemak turun dan meruntuhkan kolagen dan elastin yang sangat penting bagi kekenyalan kulit. Untuk itu, sesekali cobalah olahraga dengan berjalan kaki.

4. Kurang tidur
Kurang tidur yang kronis bisa membuat masalah kulit jangka panjang. Tidak cukup tidur membuat tubuh seseorang merasa stres dan memproduksi zat radikal bebas pemicu kulit terlihat kusam dan keriput tumbuh lebih cepat.

5. Air ledeng
Kandungan klorin dalam air ledeng dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Hal itu memicu kuit kering dan bisa mengalami iritasi. Untuk menghindarinya, menggunakan filter air adalah cara yang paling mudah.


Last edited by gitahafas on Thu Jul 05, 2012 11:10 am; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Thu Apr 22, 2010 11:13 am

6 KEBIASAAN YANG DIAM DIAM MERUSAK KULIT KITA
By Lika Aprilia Samiadi Friday August 12, 2011 04:42 pm WIT
Siapa sangka sering berlama-lama menelepon pacar atau meninggalkan kacamata saat mata minus ternyata bisa merusak kulit kita? Agar tak menyesal di kemudian hari, hentikan enam kebiasaan buruk berikut ini.

1. Bertelepon terlalu lama
Ponsel kita biasa ditaruh di dalam tas (yang bagian dalamnya pasti penuh debu), di atas meja, atau di tempat-tempat lain yang tidak steril. Menelepon berlama-lama menyebabkan kulit pipi bersentuhan dengan ponsel yang penuh bakteri tersebut. Pastikan Anda menyimpan tissue basah antibakteri untuk mengelap ponsel sebelum Anda menggunakannya.

2. Mengabaikan kacamata
Tulisan di kejauhan sudah mulai tak terbaca, tapi Anda masih saja tak mau memakai kacamata? Atau softlens yang biasa Anda pakai mungkin sudah tak akurat lagi karena minus mata sudah bertambah? Jika diabaikan, secara tak sadar Anda akan sering menyipitkan mata saat membaca. Efeknya, kulit cepat berkerut dan terlihat tua.

3. Hairspray
Banyak yang menganggap melindungi wajah dengan tangan saat menyemprot rambut dengan hairspray sudah cukup. Padahal partikel dari hairspray tetap bisa melewati celah-celah tangan dan menempel di wajah. Lain kali, tutupi wajah Anda dengan sehelai handuk bersih saat menyemprotkan hairspray.

4. Malas mengganti sarung bantal
Saat kita tidur, sel kulit mati di wajah akan luluh dan menempel di sarung bantal. Sel mati yang menumpuk itu lama-lama akan berubah menjadi bakteri dan racun. Jadi jika Anda malas mengganti sarung bantal, setiap malam Anda akan tidur di tumpukan bakteri. Hiiii...

5. Terlalu sering mandi air panas
Mandi air panas memang nikmat. Tapi jika dilakukan terlalu sering dan dengan durasi terlalu lama, lapisan luar epidermis akan terkikis dan kulit Anda akan jadi sangat kering.

6. Kacamata hitam berukuran besar
Kacamata hitam model ini adalah favorit para wanita. Tapi mereka seringkali lupa membersihkan kacamata tersebut sebelum memakainya. Padahal kacamata pastilah tidak steril, sementara ia akan menyentuh ujung hidung dan pipi kita selama kita memakainya.


Last edited by gitahafas on Thu Jul 05, 2012 11:15 am; edited 7 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Thu Apr 22, 2010 11:14 am

TRIK ATASI BEKAS GIGITAN SERANGGA
Kamis, 24 Juni 2010, 17:14 WIB Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
VIVAnews - Tak hanya membuat kulit gatal, gigitan serangga juga bisa menyebabkan kulit bengkak atau bentol. Jika terlanjur digigit serangga, seperti nyamuk, lebah atau semut merah, tangani masalah dengan ramuan dari dapur Anda. Praktekkan cara mempersiapkan ramuan untuk mengatasi bekas gigitan serangga dalam sekejap:

1. Cuka apel
Segera setelah disengat serangga, rendam daerah gigitan dengan sari cuka apel selama beberapa menit. Atau, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam cuka apel, lalu tempelkan kapas pada daerah sengatan. Cara ini bisa membantu mengurangi bengkak atau kemerahan akibat gigitan serangga.

2. Aspirin
Gunakan bagian belakang sendok untuk menghaluskan satu atau dua tablet aspirin di piring kecil. Tambahkan air secukupnya, lalu aduk hingga menyerupai pasta. Lalu, oleskan ramuan di lokasi kulit yang tersengat serangga. Dijamin kemerahan atau bengkak dikulit akan berkurang, karena aspirin membantu menetralkan racun.

3. Es
Masukkan es ke dalam kantung plastik. Lalu, tempelkan kantung berisi es itu pada bekas gigitan. Es bisa membantu memperlambat pembengkakan. Anda juga bisa menggunakan handuk kecil yang diisi es batu, lalu tempelkan pada bekas gigitan selama 20 menit.

4. Pepaya
Pepaya mengandung enzim yang dapat menetralkan racun serangga. Jika Anda kebetulan memiliki pepaya, cukup gunakan pepaya iris untuk ditempelkan pada kulit yang tersengat serangga selama kurang lebih satu jam.

5. Baking Soda
Baking soda atau soda kue dapat meredakan peradangan dan bengkak. Caranya, campur soda kue dengan body lotion, kemudian oleskan pada daerah sensitif. Atau, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh dengan soda kue dalam segelas air, biarkan larut. Kemudian, celupkan kain atau kapas pada larutan, dan tempelkan pada kulit selama 20 menit.

6. Bawang putih
Potong atau gerus satu siung bawang putih, lalu aplikasikan pada daerah bekas disengat. Bawang putih mengandung enzim yang mampu memecah inflamasi senyawa, sehingga bisa meredakan bekas gigitan serangga. VIVAnews


Last edited by gitahafas on Wed Jul 21, 2010 2:25 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Fri Apr 23, 2010 2:41 pm

SELULITIS
Selulitis adalah infeksi pada lapisan kulit yang lebih dalam.

PENYEBAB
Bakteri streptokokus atau stafilokokus atau bakteri lainnya. Dalam keadaan normal kulit memiliki berbagai jenis bakteri, tetapi kulit yang utuh merupakan penghalang yang efektif untuk mencegah masuknya bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.
Jika kulit robek, bakteri bisa masuk dan berkembangbiak, menyebabkan infeksi dan peradangan.
Faktor resiko terjadinya selulitis:
#Gigitan dan sengatan serangga, gigitan hewan, gigitan manusia
# Luka di kulit
# Riwayat penyakit pembuluh darah perifer, diabetes
# Baru menjalani prosedur jantung, paru-paru atau gigi
# Pemakaian obat imunosupresan atau kortikosteroid.

GEJALA
Infeksi paling sering ditemukan di tungkai dan seringkali berawal dari:
- kerusakan kulit akibat cedera ringan
- luka terbuka di kulit
- infeksi jamur diantara jari-jari kaki.

Selulitis menyebabkan kemerahan atau peradangan yang terlokalisasi.
Kulit tampak merah, bengkak, licin disertai nyeri tekan dan teraba hangat.
Ruam kulit muncul secara tiba-tiba dan memiliki batas yang tegas.
Bisa disertai memar dan lepuhan-lepuhan kecil.

Gejala lainnya adalah:
- demam
- menggigil
- sakit kepala
- nyeri otot
- tidak enak badan.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya.
Untuk menentukan penyebabnya, dilakukan pembiakan terhadap contoh darah atau jaringan kulit yang terinfeksi.

PENGOBATAN
Pengobatan yang tepat dapat mencegah penyebaran infeksi ke darah dan organ lainnya.

Diberikan penicillin atau obat sejenis penicillin (misalnya cloxacillin).
Jika infeksinya ringan, diberikan sediaan per-oral (ditelan).
Biasanya sebelum diberikan sediaan per-oral, terlebih dahulu diberikan suntikan antibiotik jika:
- penderita berusia lanjut
- selulitis menyebar dengan segera ke bagian tubuh lainnya
- demam tinggi.

Jika selulitis menyerang tungkai, sebaiknya tungkai dibiarkan dalam posisi terangkat dan dikompres dingin untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan.

PENCEGAHAN
Hindari kerusakan kulit pada saat bekerja atau berolah raga dengan menggunakan perlengkapan yang tepat.
Bersihkan setiap luka di kulit. Menjaga kesehatan tubuh dan mengendalikan penyakit menahun.
Tubuh yang sehat lebih mudah melawan bakteri sebelum mereka berkembangbiak dan menyebabkan infeksi.Medicastore


Last edited by gitahafas on Wed Jul 21, 2010 2:29 pm; edited 5 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Sun Apr 25, 2010 11:10 am

LYMPHANGITIS
Lymphangitis adalah peradangan pada satu atau lebih pembuluh darah lymphatic, biasanya disebabkan oleh infeksi streptococcal.

PENYEBAB
Bakteri streptococci biasanya memasuki pembuluh darah lymphatic (bagian dari sistem kekebalan tubuh) dari goresan atau luka pada lengan atau kaki. Seringkali, infeksi streptococcal pada kulit dan jaringan hanya di bawah kulit (cellulitis) menyebar menuju pembuluh getah bening. Kadangkala, staphylococci atau bakteri lain adalah penyebab tersebut.

GEJALA
Merah, tidak teratur, hangat, lapisan lembut terbentuk di atas kulit pada lengan atau kaki yang terkena. Lapisan tersebut biasanya merenggang dari daerah yang terinfeksi menuju kelompok kelenjar getah bening, seperti pada lipatan paha atau ketiak. Kelenjar getah bening menjadi membesar dan terasa lunak.
Gejala umum termasuk demam, panas-dingin, detak jantung cepat, dan sakit kepala. Kadangkala gejala-gejala ini terjadi sebelum goresan merah timbul. Penyebaran pada infeksi yang berasal dari sistem getah bening ke dalam aliran darah bisa menyebabkan infeksi seluruh tubuh, seringkali dengan kecepatan mengejutkan. Kulit atau jaringan sepanjang pembuluh getah bening menjadi meradang. Jarang, borok kulit terbentuk. Kadangkala, bakteri memasuki aliran darah (bakteremia).

DIAGNOSA
Diagnosa pada lymphangitis didasarkan pada penampakan khas itu sendiri. Tes darah biasanya menunjukkan bahwa jumlah sel darah putih telah meningkat untuk melawan infeksi. Dokter mengalami kesulitan mengidentifikasikan organisme yang menyebabkan infeksi sampai organisme tersebut telah menyebar melalui aliran darah atau nanah bisa diambil dari luka pada daerah yang terkena.

PENGOBATAN
Kebanyakan orang cepat sembuh dengan antibiotik yang membunuh staphylococci dan streptococci, seperti dicloxacilin, nafcillin, atau oxacillin.Medicastore


Last edited by gitahafas on Wed Jul 21, 2010 2:30 pm; edited 3 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 58
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Kesehatan Kulit   Wed Apr 28, 2010 6:18 am

LIPEDEMA
Lipedema adalah pengumpulan lemak yang abnormal dibawah kulit, paling sering pada bagian bawah tungkai, yaitu diantara betis dan pergelangan kaki.
Walaupun tampak menyerupai limfedema, tetapi keduanya merupakan penyakit yang berbeda.

PENYEBAB
Lipedema lebih sering terjadi pada wanita dan merupakan kelainan bawaan.

GEJALA
Bisa mengenai kedua tungkai.
Tungkai bagian bawah dan pergelangan kaki kehilangan konturnya yang normal, tetapi pembengkakan hanya sebatas pada tulang pergelangan kaki dan tidak mengenai kaki. Tungkai tampak membengkak dan bisa timbul nyeri. Penekanan pada tungkai dengan jari tangan tidak meninggalkan lekukan. Kulit tungkai tampak normal tetapi teraba lunak, mungkin karena menumpuknya lemak dibawah kulit.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN
Untuk memperbaiki bentuk tungkai bisa dilakukan pengisapan lemak.Medicastore


Last edited by gitahafas on Wed Jul 21, 2010 2:30 pm; edited 5 times in total
Back to top Go down
 
Kesehatan Kulit
View previous topic View next topic Back to top 
Page 4 of 48Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 26 ... 48  Next
 Similar topics
-
» Dupa Berbahaya Bagi Kesehatan
» kulit hitam masuk neraka ???
» kulit hitam, siapa takut
» Hikmah Diharamkannya Menikahi Saudara Sesusuan
» Mari Berpikir: Kisah Kulit Berganti di Neraka

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN :: KESEHATAN dan ILMU KEDOKTERAN-
Jump to: