Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Dokter PTT Tertembak

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
Ali Alkatiri
Administrator
Administrator
avatar

Number of posts : 1088
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-08-27

PostSubject: Dokter PTT Tertembak   Thu Aug 13, 2009 5:42 pm

Seorang Dokter PTT Tertembak

Kamis, 13 Agustus 2009 | 04:43 WIB
Ternate, Kompas - Seorang dokter pegawai tidak tetap (PTT), Lydia Olivia Pieter (24), yang bertugas di Puskesmas Taniwel, Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, tewas tertembak senjata milik seorang anggota TNI, Rabu (12 Agustus) siang. Lydia tertembak di rumah dinasnya saat seorang anggota TNI yang bertamu sedang mengosongkan senjatanya. Senjata itu meletus dan mengenai bagian kiri tubuh Lydia.

Lydia sempat dilarikan ke unit gawat darurat Puskesmas Taniwel, tetapi sudah tidak tertolong lagi. Dokter PTT lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada Agustus 2008 ini hingga Rabu malam masih berada di Taniwel dan ditunggui oleh Yunus Pieter, ayahanda Lydia, dan dr Jerry, teman baik korban.

Marcel, sepupu korban saat dihubungi Kompas, membenarkan bahwa Lydia tewas tertembak oleh senjata seorang anggota TNI. Berdasarkan informasi yang diperoleh Marcel dari dr Jaya yang bertugas di Taniwel, anggota tentara itu sering main ke puskesmas ataupun ke rumah dinas. Ia juga sering memperlihatkan senjatanya ke dokter dan perawat yang bertugas di Puskesmas Taniwel.

”Saat kejadian, anggota tentara itu sedang mengosongkan senjatanya dan tidak sengaja meletus hingga mengenai dada kiri dokter Lydia,” ujar Marcel.

Informasi itu dibenarkan oleh dr Yassin Yanuar Muhammad, rekan satu almamater Lydia. Ia memperoleh informasi dari rekan-rekan dokter PTT di Taniwel bahwa Lydia tewas tertembak peluru anggota TNI. Lydia bertugas sebagai dokter PTT di Taniwel sejak April 2009.

”Informasi ini sudah diteruskan ke UI (Universitas Indonesia) dan rencananya akan diteruskan ke Menteri Kesehatan,” ujar Yassin.

Letkol (Arm) R Gigi Geovani, Kepala Penerangan Kodam XVI Pattimura, mengaku belum menerima laporan resmi tentang kejadian itu. ”Saya belum menerima berita resminya,” ujar Geovani. (ANG)
Back to top Go down
http://www.ilunifk83.com
Ali Alkatiri
Administrator
Administrator
avatar

Number of posts : 1088
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-08-27

PostSubject: Re: Dokter PTT Tertembak   Fri Aug 14, 2009 10:23 am

Jenazah Dokter PTT Tertembak di SBB Dibawa ke Bekasi


Kamis, 13 Agustus 2009 - 16:21 wib

AMBON - JenazahOlivia Pietersz, dokter PTT yang tewas tertembak akibat keteledoran Lettu Donny, anggota Satgas 4 yang bertugas BKO (bawah kendali operasi) di Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, Rabu kemarin sudah diterbangkan ke Jakarta.

Jenazah dibawa dari Pulau Seram menuju Ambon pukul 05.00 WIT untuk diterbangkan ke Jakarta dan dibawa ke rumah duka di Bekasi.

Insiden yang menewaskan dokter PTT yang bertugas di Puskesmas Nuniary Seram Bagian Barat itu terjadi Rabu pagi.

Saat itu Lettu Donny yang merupakan komandan pleton (danton) dari Batalion Infanteri (Yonif) 411/ Kostrad itu sedang berkunjung ke puskesmas tersebut.

Keduanya bertemu, dan dr Olivia secara iseng meminjam pistol jenis FN yang dibawa Lettu Donny, hanya untuk melihatnya.

Setelah dikembalikan, Lettu Donny memutar-mutar pistol tersebut karena menyangka tidak ada peluru. Saat itulah terdengar tembakan dan dr Olivia jatuh bersimbah darah. Peluru menembus dada bagian kanan dokter yang baru empat bulan bertugas itu.
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI M Noer Muis mengakui kematian dokter PTT Olivia Pietersz adalah akibat keteledoran anak buahnya. Pengakuan itu disampaikan dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Malalayang, Manado, Rabu (12/Cool malam.

Pangdam Muis yang berada di Manado untuk kegiatan Sail Bunaken 2009 menyatakan setelah mendapat laporan dari stafnya di Ambon, ia kemudian menggelar konferensi pers secara mendadak di sebuah restoran di pantai Malalayang, Manado.

Menurut Pangdam, kini tersangka berada di Markas Pomdam/Pattimura di Ambon. Donny akan diperiksa dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Kita bertanggung jawab mengurus pemakaman. Seluruh biaya menjadi tanggung jawab kami," ungkapnya.

Pangdam pada kesempatan itu memerintahkan seluruh anggota TNI berhati-hati menggunakan senjata api. Kejadian yang menimpa dokter lulusan Universitas Indonesia itu diharapnya menjadi bahan pelajaran bagi setiap anggota TNI.

"Semua harus hati-hati menggunakan senjata api. Penggunaannya harus sesuai prosedur," katanya.

Sementara itu, Departemen Kesehatan yang langsung diwakili Menteri Kesehatan Fadillah Supari rencananya akan langsung melakukan prosesi serah terima almarhum kepada pihak keluarga di Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten pukul 18.30 WIB. (Rudi Fofid/Koran SI/fit)
Back to top Go down
http://www.ilunifk83.com
Ali Alkatiri
Administrator
Administrator
avatar

Number of posts : 1088
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-08-27

PostSubject: Re: Dokter PTT Tertembak   Fri Aug 14, 2009 10:25 am

Kedatangan Jenazah Dokter PTT Diiringi Tangis

Jum'at, 14 Agustus 2009 - 07:48 wib

BEKASI - Jenazah dokter PTT Lydia Olivia Pieter (24) tiba di rumahnya, Kompleks TVRI Blok C50, Pondok Gede, Kota Bekasi dengan diiringi isak tangis dan histeris keluarga.

Rasa duka tak terbendung saat keluarga melihat jasad Olivia yang terbujur kaku di dalam peti mati, Kamis (13/8/2009) malam.

Olivia merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Wanita yang baru bertugas di Puskesmas Nuniari sekitar empat bulan itu tewas akibat tertembak oleh oknum TNI Lettu Inf Donny Rahmat Kusuma.

Peristiwa nahas itu terjadi di Puskesmas tempat Olivia bertugas, Nuniari, Taniwel, Kabupaten Seram bagian barat Maluku, Rabu 12 Agustus siang.

Menurut ayah korban, Nuspieters, dirinya mendapat kabar mengenai putrinya dari teman korban yang menyatakan anaknya tewas terkena peluru yang mengenai dada sebelah kanan.

"Katanya saat itu Lettu Donny melakukan demonstrasi dan tanpa sengaja pelatuknya tertarik sehingga terdengar tembakan," ujarnya.

Seketika, Olivia terjatuh bersimbah darah lantaran dada bagian kanan yang tertembus hingga bagian belakang sebelah kiri.

Nuspieters mengaku amat menyayangkan kejadian tersebut, mengingat Donny merupakan komandan peleton dari Batalyon Infateri Yonif 411 Kostrad.

Rencananya, siang ini jasad Olivia akan dimakamkan di Pemakaman Umum Pondok Rangon, Jakarta Timur.
(Tedi Suteja/Global/lsi)[/b]
Back to top Go down
http://www.ilunifk83.com
 
Dokter PTT Tertembak
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» calon suami muallaf dikhitan dokter wanita
» Kisah mistis jenazah Uje sangat mirip kisah syahidnya jenasah Amrozi cs.
» Kisah Dr OZ dan Asal Mula Yahudi

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: OASE :: SERBA-SERBI-
Jump to: