Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Pengajian Iluni FK'83

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 49 ... 93  Next
AuthorMessage
ino

avatar

Number of posts : 140
Age : 61
Registration date : 2008-09-29

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Thu Feb 19, 2009 9:44 am

Entah Ali atau Fer yang sadis. Foto gue disensor. KEJAM!
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Feb 27, 2009 12:12 pm

Sesungguhnya dunia itu negeri perjalanan, maka hendaklah hamba menyiapkan bekal untuk dirinya sendiri dari dirinya sendiri dan dari dunianya untuk akhiratnya, dari hidupnya untuk matinya dan dari masa mudanya untuk masa tuanya.

"Dan janganlah sekali sekali kehidupan dunia itu memperdayakan kamu" ( Luqman : 33 )

Sesungguhnya terjun dalam dunia itu mudah.....keluar dari dunia dengan selamat itu berat.

"Ketahuilah bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah megahan antara kamu serta berbangga banggaan tentang banyaknya harta dan anak" ( Al Hadid : 20 )

Sesungguhnya, kematian itu sama dengan mudik, yaitu perjalanan pulang ke kampung kita yang sebenarnya, yaitu negeri akhirat. Mudik itu menyenangkan. Dengan satu syarat, yakni membawa bekal yang cukup, berupa iman dan amal saleh. "Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya (dalam perkenan dan rida-Nya), hendaklah ia mengerjakan amal saleh." (QS Al-Kahfi [18]: 110). Wallahu a'lam.


Last edited by gitahafas on Fri Nov 12, 2010 6:05 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Feb 27, 2009 12:25 pm

"Jika seorang anak Adam meninggal, amalnya terputus, kecuali tiga perkara: sedekah jariyah ( wakaf ), ilmu yang bermanfaat dan anak yang saleh yang mendoakannya ( orang tuanya )" ( HR Muslim )

Semakin sering orang melakukan sedekah jariyah atau wakaf, semakin banyak pahala yang akan ia dapatkan di akhirat kelak. Pahala tersebut tidak akan terputus selama orang yang masih hidup itu terus merasakan manfaat dari sedekah atau wakaf tersebut.

Menurut Imam Al Suyuti ( wafat 911 H ), bila semua hadis mengenai pahala dikumpulkan, semuanya berjumlah sepuluh amal.
Mulai dari: Ilmu Yang Bermanfaat; Mewakafkan Buku; Mewakafkan Kitab; Mewakafkan Al Qur'an;Berjuang dan Membela Tanah Air; Membuat Sumur ; Membuat Irigasi; Membangun Tempat Penginapan bagi Para Musafir; Membangun Tempat Ibadah; Membangun Tempat Belajar.

" Sedekah kepada orang miskin mendapatkan satu pahala, sedangkan sedekah kepada kerabat mendapatkan dua pahala, pahala bersedekah dan pahala bersilaturahim."
( HR At - Tirmidzi dari Salman bin Amir )

" Sebaik baik sedekah adalah kau berikan kepada kerabat yang membencimu."
( HR Al - Hakim dari Ummu Kultsum binti Uqbah )


Last edited by gitahafas on Fri Mar 27, 2009 7:09 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Feb 27, 2009 12:38 pm

Salah satu hal yang menyebabkan doa seseorang tidakdikabulkan ALLAH SWT adalah ia banyak memakan nikmat ALLAH, akan tetapi ia tidak mensyukurinya.
Rasa syukur tidak cukup hanya dilisan saja, tapi juga harus diwujudkan dalam bentuk sikap dan perbuatan yang mengarah pada mengingat kebesaran ALLAH SWT, melaksanakan segala perintahNYA dan meninggalkan segala laranganNYA, hanya satu Dzat saja yang harus kita patuhi, yaitu ALLAH SWT.

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah ( nikmat ) kepadamu, dan jika kamu mengingkari ( nikmatKU ), sesungguhnya azabKU sangat pedih" ( Surat Ibrahim (14) ayat 7 )

"Maka ingatlah kamu kepada-KU niscaya AKU ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-KU dan janganlah kamu mengingkari ( nikmat-KU )" ( QS ALBAQARAH ( 2 ): 152 )


Last edited by gitahafas on Thu Mar 05, 2009 7:55 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Feb 27, 2009 12:51 pm

TENTANG DZIKIR
"Hai orang orang yang beriman, berdzikirlah ( dengan menyebut nama ALLAH ), dzikir yang sebanyak banyaknya. Dan bertasbihlah kepadaKU diwaktu pagi dan petang" ( QS Al Achzab (33): 41-42 )

"Dan, ingatlah ALLAH banyak banyak supaya kamu beruntung" ( QS Al Jumu'ah (62): 10 )

"Dan, sebutlah ( nama ) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, diwaktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang orang yang lalai" ( QS Al Araaf (7): 205 )

"Sesungguhnya, perumpamaan orang orang yang berdzikir kepada ALLAH itu dan orang orang yang tidak berdzikir kepadaNYA adalah seperti orang yang hidup dan orang yang mati" ( HR Abu Musa )

"Perumpamaan rumah yang disebut dengan nama ALLAH didalamnya dan rumah yang tidak disebut dengan nama ALLAH didalamnya adalah seperti orang yang hidup dan orang yang mati" ( HR Imam Muslim )
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Mar 13, 2009 4:18 pm

GERAKAN SHALAT BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN TUBUH

Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi gerakan-gerakan shalat paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sudut medis, shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis penyakit.

Allah, Sang Maha Pencipta, tahu persis apa yang sangat dibutuhkan oleh ciptaanNya, khususnya manusia. Semua perintahNya tidak hanya bernilai ketakwaan, tetapi juga mempunyai manfaat besar bagi tubuh manusia itu sendiri. Misalnya, puasa, perintah Allah di rukun Islam ketiga ini sangat diakui manfaatnya oleh profesi kedokteran dan ilmuwan dunia barat. Mereka pun serta merta ikut berpuasa untuk kesehatan diri dan pasien mereka.

Begitu pula dengan shalat. Ibadah shalat merupakan ibadah yang paling tepat untuk menjaga metabolisme dan tekstur tubuh manusia. Gerakan-gerakan di dalam shalat pun mempunyai manfaat masing-masing. Misalnya:

Takbiratul Ihram

Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Ruku'

Ruku' yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah.

I'tidal

Bangun dari ruku', tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. I'tidal merupakan variasi dari postur setelah ruku' dan sebelum sujud. Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan. Pada saat I'tidal dilakukan, organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Tentu memberi efek melancarkan pencernaan.

Sujud

Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posis jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan sujud dengan tuma'ninah, tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik ruku' maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk di antara sujud

Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru' (tahiyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. pada saat iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadicus. Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarru' sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostat) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru' menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Salam

Gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Salam bermanfaat untuk bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Gerakan sujud tergolong unik. Sujud memiliki falsafah bahwa manusia menundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang didalami Prof. Soleh, gerakan ini mengantarkan manusia pada derajat setinggi-tingginya. Mengapa?

Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tuma'ninah dan kontinu dapat memicu peningkatan kecerdasan seseorang.

Setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak melainkan ketika seseorang sujud dalam shalat. Urat saraf tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini berarti, darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti waktu shalat, sebagaimana yang telah diwajibkan dalam Islam.

Riset di atas telah mendapat pengakuan dari Harvard University, Amerika Serikat. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan diri masuk Islam setelah diam diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud. Di samping itu, gerakan-gerakan dalam shalat sekilas mirip gerakan yoga ataupun peregangan (stretching) . Intinya, berguna untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Keunggulan shalat dibandingkan gerakan lainnya adalah di dalam shalat kita lebih banyak menggerakkan anggota tubuh, termasuk jari-jari kaki dan tangan.

Sujud adalah latihan kekuatan otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggaan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.

Masih dalam posisi sujud, manfaat lain yang bisa dinikmati kaum hawa adalah otot-otot perut (rectus abdominalis dan obligus abdominalis externus) berkontraksi penuh saat pinggul serta pinggang terangkat melampaui kepala dan dada. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lebih lama yang membantu dalam proses persalinan. Karena di dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami, otot ini justru menjadi elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan dan mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

Setelah melakukan sujud, kita melakukan gerakan duduk. Dalam shalat terdapat dua jenis duduk: iftirosy (tahiyat awal) dan tawaru' (tahiyat akhir). Hal terpenting adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Bagi wanita, di daerah ini terdapat tiga liang yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih. Saat tawarru', tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

Pada dasarnya, seluruh gerakan shalat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung dengan lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar.

Menurut penelitian Prof. Dr. Muhammad Soleh dalam desertasinya yang berjudul "Pengaruh Shalat Tahajud terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imonologik: Suatu Pendekatan Neuroimunologi" dengan desertasi itu, Soleh berhasil meraih gelar doctor dalam bidang ilmu kedokteran pada program pasca sarjana Universitas Surabaya yang dipertahankannya beberapa waktu lalu.

Shalat tahajud ternyata bukan hanya sekedar shalat tambahan (sunah muakkad), tetapi jika dilakukan secara rutin dan ikhlas akan bisa mengatasi penyakit kanker. Secara medis, shalat tahajud mampu menumbuhkan respons ketahanan tubuh (imunologi) khususnya pada imunoglobin M, G, A, dan limfositnya yang berupa persepsi serta motivasi positif. Selain itu, juga dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi.

Selama ini, ulama melihat ikhlas hanya sebagai persoalan mental psikis. Namun, sebetulnya permasalahan ini dapat dibuktikan dengan teknologi kedokteran. Ikhlas yang selama ini dipandang sebagai misteri dapat dibuktikan secara kuantitatif melalui sekresi hormon kortisol dengan parameter kondisi tubuh. Pada kondisi normal, jumlah kortisol pada pagi hari normalnya antara 38-690 nmol/liter. Sedangkan pada malam hari atau setelah pukul 24.00, jumlah ini meningkat menjadi 69-345 nmol/liter.

"Kalau jumlah hormone kortisolnya normal, dapat diindikasikan bahwa orang tersebut tidak ikhlas karena merasa tertekan. Demikian juga sebaliknya," ujarnya seraya menegaskan temuannya ini membantah paradigma lama yang menganggap ajaran agama Islam semata-mata dogma atau doktrin.

Menurut Dr. Soleh, orang stress biasanya rentan sekali terhadap penyakit kanker dan infeksi. Dengan melakukan tahajud secara rutin dan disertai perasaan ihklas serta tidak terpaksa, seseorang akan memiliki respon imun yang baik serta besar kemungkinan terhindar dari penyakit infeksi dan kanker. Berdasarkan perhitungan medis, shalat tahajud yang demikian menyebabkan seseorang memiliki ketahanan tubuh yang baik
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Mar 13, 2009 5:26 pm

INTISARI IMAN
Yang terpenting adalah meyakini dan mengimani bahwa tingkah laku dan kekuatan seluruh alam ini berada dalam kendali dan kehendak ALLAH. Jika seseorang berkeyakinan masih ada kekuatan lain selain ALLAH yang dapat dijadikan tempat untuk berlindung dan menyerahkan nasibnya berarti ia menyekutukan ALLAH atau musyrik dan ini merupakan dosa besar yang tidak terampuni. Orang seperti ini mudah percaya terhadap perkataan dukun, kekuatan keris, kekuatan ghaib, kekeramatan pohon/ kuburan, patung dan hal2 lain yang dikendalikan oleh jin dan setan untuk mengajak manusia kelembah kemusyrikan dan kemungkaran.

" Sesungguhnya ALLAH tidak mengampuni dosa mempersekutukan ( sesuatu ) dengan DIA, dan DIA mengampuni dosa selain syirik itu bagi siapa yang dikehendakinya. Barangsiapa yang mempersekutukan ( sesuatu ) dengan ALLAH, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh jauhnya. " ( Surat An Nissa: 116 )

" Sesungguhnya ALLAH tidak mengampuni dosa syirik " ( QS 4 / An Nissa 48 )

" Sesungguhnya mempersekutukan ALLAH adalah benar benar kezaliman yang besar" ( QS 31/ Lukman 13 )

" Jika kamu benar benar mencintai ALLAH, IKUTILAH AKU, niscaya ALLAH mengasihi dan mengampuni dosa dosamu"
ALLAH Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ( QS 3 / Ali Imron 31 )

" Sesungguhnya orang orang yang beriman hanyalah orang orang yang beriman kepada ALLAH SWT dan Rasul-NYA kemudian mereka tidak ragu ragu " ( QS Alhujurat [49]: 15 )

" Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan ( saja ) mengatakan " Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya ALLAH mengetahui orang orang yang benar dan sesungguhnya DIA mengetahui orang orang yang dusta" ( QS 29/ Al Ankabuut: 2-3 )

" Dan sesungguhnya akan KAMI berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan ( makanan ). Dan berilah berita gembira kepada orang2 yang sabar yaitu orang2 yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan: INNAA LILLAAHI WA INNAA ILLAIHI ROOJIUUN." ( QS 2 / Al Baqarah 155 - 156 )

" Hai orang orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati ALLAH dan Rasul ( Muhammad ) dan janganlah kamu mengkhianati amanat amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui." ( QS 8 / Al Anfaal: 27 )

" Hai orang orang yang beriman ( kepada para Rasul ), bertaqwalah kepada ALLAH dan berimanlah kepada Rasul-NYA, niscaya ALLAH memberikan rahmat-NYA kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan DIA mengampuni kamu." ( QS 57 / Al Hadiid : 28 )

Dalam iman perlu adanya getaran jiwa, yang dengan itu seseorang bisa menyingkap hakikat wujud sesuai dengan kenyataan yang ada. Hakikat wujud ini tidak mungkin dapat tersingkap kecuali melalui wahyu ILAHI yang suci. Dalam hal ini, pemahaman atau penyingkapan akal harus mencapai batas kepastian, keyakinan yang kokoh dan tak tergoyahkan, serta tidak dicemari keraguan dan kekaburan sedikitpun. Pemahaman dan pengetahuan yang kokoh ini harus diiringi kesadaran hati dan keinginan yang terwujud pada sikap TUNDUK dan TAAT pada hukum ALLAH SWT, serta KERELAAN atas keputusan-NYA dan PENYERAHAN DIRI kepada-NYA.
" Maka demi TUHANMU, mereka ( pada hakikatnya ) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara mereka, perselisihan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan dan mereka menerima sepenuhnya." ( QS Annissa [4] : 65 )
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Wed Mar 25, 2009 12:16 pm

ISTIHADHAH
Pertanyaan:

apakah wanita diwajibkan mandi kalau mau salat ketika istihadhah ? tolong berikan dalilnya

zaid

Jawaban:
Assalamualaikum wr.wb.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua.
Saudara Zaid, ketika seorang wanita mengalami istihadah, maka ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan:

1. Dia tidak wajib mandi ketika akan melaksanakan salat. Mandi hanya wajib ketika haidnya berhenti.
2. Dia wajib berwudhu pada setiap kali akan melaksanakan salat. Ketika ditanya tentang darah istihadah, Nabi saw. menjawab, “Berwudhulah pada setiap shalat.” (HR al-Bukhâri).
3. Membersihkan dan mencuci kemaluannya sebelum berwudhu dan menutupinya dengan secarik kain atau kapas untuk menghindari najis atau menguranginya.
4. tidak berwudhuk sebelum masuk waktu shalat sebab keadaan sucinya bersifat darurat.
5. Si suami boleh berhubungan dengannya. Ibn Abbas berkata, “Wanita yang mengalami istihadah boleh didatangi oleh suaminya apabila si wanita itu telah menunaikan shalat.”
6. Hukum wanita yang sedang istihadah sama dengan wanita suci lainnya. Yakni dia shalat, puasa, itikaf, membaca Alquran, menyentuh dan membawa mushaf.

Wallahu a’lam bish-shawab.
Wassalamu alaikum wr.wb.

Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberi penjelasan mengenai warna darah haidh di dalam hadis Baginda yang maksudnya :
“Jika ia darah haidh, maka ia dapat diketahui dengan warna hitam. Jika terdapat warna itu hendaklah kamu tinggalkan sembahyang. Jika warna lain hendaklah kamu mengambil wudhu’ dan bersembahyang, kerana itu adalah ‘irq (pendarahan).”
(Hadis riwayat Abu Daud)

darah istihadhah itu ialah:

a) Darah yang keluar atau mengalir dari seorang kanak-kanak perempuan yang berumur kurang dari sembilan tahun qamariyah atau melebihi umur kebiasaan wanita putus haidh (menopaus). Walau bagaimanapun kebanyakkan ulama Syafi‘e mengatakan bahawa darah yang keluar sebelum cukup umur 9 tahun qamariyah adalah darah fasad.

b) Darah yang keluar kurang dari tempoh minimum haidh iaitu satu hari satu malam. Menurut kitab Mughni al-Muhtaj dan al-Muhazzab ia adalah darah fasad.

c) Darah yang keluar melebihi had maksimum haidh iaitu lima belas hari.

d) Darah yang keluar pada tempoh bersih di antara dua haidh. Tempoh bersih di antara dua haidh ialah lima belas hari ataupun lebih bermula dari tarikh haidh berhenti. Jika didapati darah keluar dalam tempoh ini, maka ia tidak dinamakan darah haidh, tetapi darah fasad sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Nawawi di dalam kitabnya al-Majmu‘.

e) Darah yang berterusan keluar setelah berlalu tempoh maksimum darah nifas iaitu enam puluh hari.

f) Hilang atau kurang satu sifat atau lebih dari sifat-sifat darah haidh. Contohnya darah tersebut berwarna merah cair dan tidak mempunyai bau. Maka yang demikian itu dianggap darah istihadhah.


Perlu diingat, selepas tamat lima belas hari haidh dan setelah enam puluh hari nifas, samada darah telah kering ataupun sebaliknya, wajib ke atas perempuan yang haidh atau nifas itu mandi untuk mengangkat hadas besar, kerana darah yang selebihnya itu adalah darah istihadhah.

Jadi jika seorang wanita mengalami istihadah dia tidak diwajibkan mandi besar, tapi dia wajib wudhu setiap akan sholat. Wanita ini juga boleh melayani suami, berbeda dengan haid dan nifas haram melayani suami.
Selama haid dan nifas wanita tidak boleh sholat, puasa,mengunjungi musholla.
Tapi selama itu boleh membaca bacaan Quran, berzikir, bertahmid, bertahlil, berdoa.
Seorang wanita dengan haid yang tetap, maka darah yang keluar setelah hari yang tetap itu dianggap istihadah. Jika tidak maka diambil maksimum setelah hari ke15 haid dan hari ke 60 nifas.


Last edited by gitahafas on Fri Jul 16, 2010 6:50 am; edited 2 times in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Thu Mar 26, 2009 6:29 am

D O A S E B E L U M T I D U R

Rasulullah SAW bersabda:
" Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti kamu hendak melakukan sholat. Kemudian, berbaringlah diatas bagian tubuh yang kanan. Lalu ucapkanlah, " Ya ALLAH, aku menyerahkan diriku kepada-MU, aku menyerahkan urusanku kepada-MU, aku menyandarkan punggungku kepada-MU, karena senang dan takut. Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari-MU kecuali kepada-MU. Aku beriman kepada Kitab yang telah ENGKAU turunkan dan Nabi yang telah ENGKAU utus."
Apabila kamu meninggal dunia, maka kamu meninggal dalam keadaan fitrah. Dan, jadikanlah ia ucapan terakhirmu."
( H R Bukhari 19/372 )


Last edited by gitahafas on Fri Mar 27, 2009 7:11 pm; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Mar 27, 2009 2:26 pm

BAYARKAN ZAKAT
Harta yang kita miliki itu sebenarnya hanya titipan semata yang harus dikembalikan kepada pemiliknya.

"Dan pada harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang yang hidup kekurangan "
( Surat Adz-Dzaariyaat ayat 19 )

"Ambillah sebagian dari harta mereka sebagai zakat, yang dengan itu kamu dapat membersihkan dan mensucikan mereka"
( Surat At Taubah ayat 103 )

"Dan berikanlah kepada keluarga keluarga yang dekat akan haknya, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan. Dan janganlah kamu menghambur hamburkan ( hartamu ) secara boros."
( QS 17 / Al Isroo' : 26 )

Zakat terdiri dari:
1. Zakat Mal ( bagi yang berpunya bila mencapai nisab dan haul )
2. Zakat Fitrah

Yang berhak menerima zakat ( Surat At Taubah ayat 60 )
1. Orang orang Fakir
2. Orang orang Miskin
3. Amil
4. Muallaf
5. Riqab ( budak belian ), guna menebus dirinya menjadi manusia merdeka
6. Gharim ( orang yang terlibat hutang )
7. Fissabilillah
8. Ibnu Sabil ( orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan untuk tujuan yang baik )

" Barangsiapa yang membangun mesjid karena ALLAH SWT walaupun seperti sarang burung qutbah maka ALLAH SWT membangunkan baginya istana di surga."
( HR Ibnu Majah )


Last edited by gitahafas on Fri Mar 27, 2009 4:21 pm; edited 2 times in total
Back to top Go down
 
Pengajian Iluni FK'83
View previous topic View next topic Back to top 
Page 5 of 93Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 49 ... 93  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: OASE :: RENUNGAN-
Jump to: