Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Pengajian Iluni FK'83

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 48 ... 93  Next
AuthorMessage
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Sun Feb 01, 2009 4:30 am

He he bantuin Pak Ustad kan boleh........kan ilmu harus diteruskan........nih, aku punya tambahan Pak Ustad:

Aku diperintahkan untuk sujud diatas 7 tulang, diatas dahi, lalu beliau menunjuk tangannya ke hidung, kedua tangan, kedua lutut dan jari jemari kedua kaki.
( HR Bukhari dan Muslim )

Tidak ada sholat bagi tetangga mesjid, kecuali di mesjid ( HR Daruqithi dari hadits Jabir dan Abu Hurairah )

Disunatkan untuk mengikuti adzan. Apabila kamu mendengar panggilan/ adzan, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muaddzdzin. (mustafaq'alaih dari hadits Abu Said )

Sesungguhnya ALLAH, Tuhan Yang Maha Hidup lagi Maha Mulia, merasa malu jika seseorang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa, lalu orang itu ditolak dengan kosong dan kecewa ( HR Empat Ahli Hadits )


Last edited by gitahafas on Sun Feb 01, 2009 5:23 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Sun Feb 01, 2009 5:19 am

Jadi aku bantuin urutinnya ya Pak Ustad.......tolong koreksi kalau salah.........jadi urutan sholat yang lengkap adalah:

1.Wudhu.
2.Sholat sunat wudhu.
3.Sholat sunat rawatib ( dikerjakan antara adzan dan qamat ).
4.Adzan dan Qamat ( hukumnya sunat mu'akkad/ dianjurkan ).
5.Diawali dengan niat ( termasuk salah satu rukun sholat )
6.Dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.
7.Wirid Subhaanallaah 33x, Alhamdulillah 33x,Allaahu Akbar 33x, digenapkan menjadi 100 dengan Laa Ilaaha Illallaahu, lalu BERDOA.
Maka dosa2nya akan diampuni walaupun dosa2 itu seperti buih dilaut.
8.Sujud Sahwi ( sujud 2x bila waktu sholat ada yang terlupa/terlebih ).
9.Sholat rawatib.
10.Bila ada ayat2 Sajdah maka dikerjakan sujud Tilawah.

Sesungguhnya ALLAH SWT menghadap pada orang yang sholat, selama orang itu tidak berpaling kepada yang lain ( dirawikan Abu Dawud ).
ALLAH tidak melihat kepada sholat seseorang, yang padanya ia tidak menghadirkan HATInya bersama badannya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Sun Feb 01, 2009 6:52 am

Untuk FERRYAL........KEUTAMAAN HARI JUM'AT.............masih bantuin Pak Ustad nih, tolong koreksi ya Pak Ustad.

"Apabila ada panggilan untuk mengerjakan sholat dihari Jum'at, maka segeralah kamu mengingati TUHAN dan tinggalkanlah jual beli" ( Surat Al Jumu'ah ayat 9 ).
"Dan apabila telah selesai mengerjakan sholat, kamu boleh bertebaran dimuka bumi dan carilah kurnia ALLAH SWT" ( Surat Al Jumu'ah ayat 10 ).Yang dimaksud adalah bukan mencari dunia, tetapi mengunjungi orang sakit, mengunjungi saudaranya, mengantar jenazah, mempelajari ilmu pengetahuan.

"Sesungguhnya pada hari Jum'at ADA SUATU SAAT, kalau kebetulan seorang hamba muslim, meminta sesuatu kepada ALLAH SWT pada saat itu, NISCAYA DIBERIKANNYA ( HR At Tirmidzi ). Berkata setengah ulama, bahwa saat mulia itu tidak jelas pada seluruh hari Jum'at, seperti Lailatul Qadar, sehingga hendaknya disempurnakanlah cara mengintipnya. Ada yang mengatakan bahwa saat yang mulia itu berpindah2 dalam segala saat hari Jum'at seperti berpindahnya Lailatul Qadar.

Hendaklah pada hari Jum'at memperbanyak membaca Al Qur'an, khususnya membaca surat AL KAHFI. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas dan Abu Hurairah ra:
"Bahwa siapa membaca surat AL KAHFI pada malam Jum'at atau hari Jum'at niscaya dianugerahkan kepadanya NUR, dimana dibacanya surat iru sampai ke Mekkah dan diampunkan dosa2nya sampai kepada hari Jum'at berikutnya serta dilebihkan lagi 3 hari. Dan berdoa kepadanya 70.000 malaikat, sampai kepada pagi hari. Dan disembuhkan dia daripada penyakit biasa, penyakit dalam, sesak napas, supak, kusta dan fitnah Dajjal."

Disunatkan khatam Al Qur'an pada hari Jum'at, kalau sanggup. Bagi yang tidak baik membaca Al qur'an, maka bacalah apa yang baik baginya. Bacaan itu berkedudukan pengkhataman Al Qur'an baginya.

Disunatkan pembacaan "Qul huwallaahu Ahad 1000x pada hari Jum'at. Dan dikatakan bahwa siapa yang membacanya pada 10 rakaat atau 20 itu adalah lebih utama daripada penamatan Al Qur'an.
Dan mereka ber salawat kepada NABI SAW 1000x.
Disunatkan membaca Subhaanallah - Walhamdulillaah - WaLaailaahaillallaah - Wallaahu Akbar 1000x.

Kerjakanlah sholat sunat TASBIH pada tiap tiap hari Jum'at.

Disunatkan bersedekah pada hari Jum'at khsusnya karena PAHALANYA YANG BERLIPAT GANDA.
Back to top Go down
ino

avatar

Number of posts : 140
Age : 61
Registration date : 2008-09-29

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Sun Feb 01, 2009 3:13 pm

"Apabila ada panggilan untuk mengerjakan sholat
dihari Jum'at, maka segeralah kamu mengingati TUHAN dan tinggalkanlah
jual beli" ( Surat Al Jumu'ah ayat 9 ).
"Dan apabila telah selesai
mengerjakan sholat, kamu boleh bertebaran dimuka bumi dan carilah
kurnia ALLAH SWT" ( Surat Al Jumu'ah ayat 10 ).
Jika ada panggilan sholat jum'at, tinggalkan semua kegiatan kita. Saya masih ingat ketika pergi haji dulu (kalau naik haji sih bisa tiap malam), waktu azan jum'at banyak pedagang meninggalkan tokonya. Dia tidak perduli kita ada didalam. Toko dibiarkan terbuka.
Berbeda dengan kita disini. Saat azan masih berleha-leha. Mengobrol sana sini, merokok, makan dlsb. Padahal mendengarkan khutbah itu wajib. Barang siapa melihat imam sudah naik mimbar, kemudian dia berbicara seumpama memperingatkan temannya untuk tidak ribut, maka jum'atnya sudah sia2. Apalagi mengobrol, merokok,makan dlsb.
Setelah selesai sholat kita disuruh bertebaran di muka bumi. Tidak dijelaskan untuk apa. Saya rasa tidak ada salahnya kita mencari nafkah, karena mencari nafkah itu juga sebagian dari ibadah. Kan juga kita dianjurkan mencari kurnia ALLAH. Tentu saja nafkah yang halal. Kalau seperti merampok, mencuri, menipu itu sih tidak termasuk.
Sebagian ada yang mengumpamakan nabi bersilahturahim dengan keluarga beliau. Nah bagi yang tidak praktek sudahkah hari jum'at digunakan untuk bersilaturahim dengan keluarga? Kalau pergi ke mall, mbok ya dibawa seluruh anak dan istri/suami. Jangan pergi sendiri. Itu sih bukan maksudnya tidak bekerja.
Saya sendiri dulu meliburkan praktek pada malam jum'at. Katanya malam itu malam yang afdol untuk membaca Qur'an. Saya gunakan untuk membaca Yasin bersama teman2 di musolla. Kemudian kita membahas isi Qur'an.
Maaf kalau saya salah. Maklum saya tidak tau haditsnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk saya pribadi. Amin.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Sun Feb 01, 2009 3:32 pm

HR MUSLIM dalam Shahih Muslim Syarh An-Nawawi, bab "jum'at", jilid 3:
" Apabila datang hari Jum'at, maka pada setiap pintu masjid terdapat malaikat yang bertugas mencatat orang yang pertama2 ( masuk kedalam mesjid ) dan demikian seterusnya, hingga ketika imam telah duduk diatas mimbar, maka merekapun menutup lembaran catatan tersebut dan ikut mendengarkan khutbah."

" Kalau saja manusia mengetahui keutamaan memenuhi panggilan adzan dan mengisi barisan/shaf yang pertama, kemudian tidak ada jalan lain kecuali mereka harus mengadakan undian, niscaya mereka akan melakukan undian." ( Hadits muttafaq alaih dari Abu Hurairah RA )

" Apabila kamu berkata kepada temanmu pada hari Jum'at "diamlah" , sementara imam sedang berkhutbah, maka kamu telah dianggap berbicara ( batal ) " ( HR Bukhari dalam Fathul Bari bi Syarh Shahih Al Bukhari, bab " Mendengarkan Khutbah Jum'at ",hadits no 934 )
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Feb 13, 2009 8:35 pm

"Wahai IbnuMas'ud, berilah nasihat yang dapat kujadikan sebagai obat bagi jiwaku yang sedang gelisah."
1. Datanglah ketempat orang yang sedang membaca Al Qur'an. Disana, engkau ikut membaca atau cukup mendengarkan.
2. Pergilah ketempat majelis taklim yang mengingatkan hati kepada ALLAH.
3. Carilah tempat yang sepi di malam sunyi. Disana engkau menyendiri bersama ALLAH, waktu tengah malam buta untuk sholat tahajud, lalu minta kepada ALLAH ketenangan jiwa, ketentraman pikiran dan kemurnian hati.
Begitulah Al Qur'an merupakan obat penawar ( QS Al Isra [17]:82 )

Rasulullah SAW menegaskan, " Kepada kaum yang suka berjamaah dirumah rumah ibadah, membaca Al Qur'an secara bergiliran dan saling mengajarkan sesama, akan turunlah kepada mereka ketenangan dan ketentraman, terlimpah kepadanya rahmat, dijaga oleh malaikat, dan ALLAH selalu mengingat mereka." ( HR Muslim dari AbuHurairah )
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Feb 13, 2009 8:51 pm

Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya orang itu dan kelompoknya membaca Al Qur'an, tetapi bacaan mereka hanya sampai ditenggorokkannya saja. Mereka telah keluar dari agama sebagaimana anak panah yang terlepas dari busurnya." ( HR Ahmad )

"Barangsiapa yang sholatnya tidak mencegah pelakunya dari perbuatan keji dan mungkar, maka sholatnya hanya akan menjauhkannya dari ALLAH." ( HR Ath-Thabrani )

Ada seseorang yang menghabiskan waktu malamnya untuk beribadah dan waktu siangnya untuk berpuasa, namun ia suka menyakiti tetangganya. " Ia ( tempatnya ) dineraka " ( HR At-Tirmidzi )

Seorang yang taat pada ajaran agamanya, akan selaras antara apa yang dipikirkan, diucapkan dan dilakukannya. Inti keberagamaan seseorang terletak pada akhlaknya. Ajaran agama ada ada dalam denyut nadinya dan menjadi akhlak dalam kesehariannya.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Feb 13, 2009 9:00 pm

"Hai orang orang yang beriman, BERTAUBATLAH kepada ALLAH dengan taubat yang semurni murninya. Mudah mudahan Tuhan kamu akan menutupi kesalahan kesalahanmu dan memasukkan kamu kedalam surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai" ( QS.66/ At Tachriim: 8 )

"Jika mereka berpaling ( dari keimanan ), maka katakanlah : " Cukup ALLAH bagiku. Tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepadaNYA aku bertawakal. Dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung." ( QS.9/ At Taubah: 129 )
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Feb 13, 2009 9:13 pm

Nabi SAW menjawab pertanyaan ujian Malaikat Jibril (HR Bukhari dari Abu Hurairah )

IMAN
adalah engkau percaya kepada ALLAH, para malaikat, kitab kitab ALLAH, percaya akan adanya perjumpaan dengan ALLAH, percaya kepada para rasul, dan percaya adanya hari kebangkitan.

ISLAM
adalah engkau menghamba kepada ALLAH dan tidak menyekutukanNYA serta Muhammad adalah RasulNYA, melaksanakan sholat, mengeluarkan zakat dan puasa di bulan Ramadhan serta engkau haji ( ziarah ) ke Baitullah jika engkau mampu.

IKHSAN
adalah engkau beribadah kepada ALLAH dengan kondisi seolah olah engkau melihatNYA dengan mata. Jika tidak, yakinlah bahwa ALLAH sedang melihatmu.
Back to top Go down
Ali Alkatiri
Administrator
Administrator
avatar

Number of posts : 1088
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-08-27

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Mon Feb 16, 2009 10:26 am













Hasil jepretan Dr. Ferryal Loetan.
Back to top Go down
http://www.ilunifk83.com
 
Pengajian Iluni FK'83
View previous topic View next topic Back to top 
Page 4 of 93Go to page : Previous  1, 2, 3, 4, 5 ... 48 ... 93  Next
 Similar topics
-
» Halalkah anjing dimakan??????
» Memutar Kaset Rekaman Pengajian Sebelum Salat Wajib.

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: OASE :: RENUNGAN-
Jump to: