Image
 
HomeHome  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  RegisterRegister  Log inLog in  
Share | 
 

 Pengajian Iluni FK'83

View previous topic View next topic Go down 
Go to page : Previous  1, 2, 3, 4 ... 48 ... 93  Next
AuthorMessage
fely irzahn

avatar

Number of posts : 32
Registration date : 2008-10-11

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Thu Jan 29, 2009 6:53 am

Ke,
Kalo mau bahas tuntas, prasaan gue gak ada deh surat yang bisa dibahas selesai dlm 1x pertemuan...
Seandainyapun ada, paling2 cuma 1-2 surat, trus berikutnya pasti ngebahas surat panjang juga kan..
Gimana nih...! Mumpung masih 2 minggu lagi, mau bahas surat apa dulu ?
Gita usul dong ? Poer ? Ferrial ? Usulnya mana...

Betul Git,
Kalo animo tmn2 bagus mgkn kita bisa majukan jd 3 bln, atau 2 bulan...
Tanya tmn2 nanti setelah pengajian ya..

Btw, Alhamdulillah ya Gita huebat banget ! Udah istiqamah shalat malem ya ?
Gue belom nih Git... syusyahhh banget istiqamah, setannya segede gunung...
Boro2 shalat malem, diajak suami nonton TV (kalo ada acara bagus) jam 10 mlm aja gak kuat...
Dasar kebo...(na'udzubillah !)
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Thu Jan 29, 2009 9:31 pm

Memang syusyaah banget FEL, tetapi mengingat sholat tahajud adalah sholat sunat yang tertinggi nilainya, ya dibela2 in deh
Nih, ilmu kan ga boleh disimpan ya, sholat sunat itu dapat mengurangi dosa,mendatangkan ampunan serta tambahan pahala guna menyempurnakan kekurangan2 dalam sholat fardhu. Sholat sunat yang muakkadah adalah sholat sunat rawatib, sholat sunat tahajud, sholat sunat tarawih, sholat sunat witir, sholat sunat Ied.
Jangan lupa mengerjakannya secara thu'maninah, yaitu tenang, tidak tergesa2 dan konsentrasi penuh.

Barangsiapa sholat sehari semalam 12 rakaat selain daripada sholat fardhu, maka akan didirikan rumah baginya disurga.
( HR Ahmad & Muslim ).

Sholat sunat dhuha yang rutin akan diampuni dosanya meski sebanyak buih dilautan.( HR Tirmidzi )

Sholat sunat tasbih minimal sekali seumur hidup.

Kerjakanlah sholat fardhu diawal waktu dan thu'maninah, berjamaah pahalanya lebih besar daripada sendiri.
Sholat fardhu menghapus dosa yang terjadi diantaranya selama bukan dosa besar.
Sesungguhnya amal perbuatan manusia yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah tentang sholat.
Back to top Go down
ino

avatar

Number of posts : 140
Age : 61
Registration date : 2008-09-29

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Thu Jan 29, 2009 11:21 pm

Waduh salut untuk bu wasek. Memang seharusnya sholat sunat dikerjakan untuk menutup kekurangan sholat wajib. Tapi ingat perbaiki dulu sholat wajibnya.
Sudah betulkah wudhu kita? Sudahkah kita mengerjakan sholat sunat wudhu? Sudahkan kita sholat wajib dengan khusu, tumaninah, dan penuh kepasrahan? Jangan mengerjakan sholat wajib seperti dikejar kereta. Harus ada jeda pada setiap tindakan. Bacaan yang dibaca bukan seperti mobil balap. Membaca ayat2 harus sedemikian rupa sehingga kita mengerti apa maksudnya. Gerakan juga harus benar. Berdiri, ruku, sujud, duduk antara sujud, duduk tahiyat.
Kalau sholat wajib tidak dikerjakan dengan baik, jelas tidak ada gunanya. Nah jika sudah sempurna sholat wajib kita, laksanakan sholat sunat untuk menutup kekurangan yang masih ada pada sholat wajib kita. Karena sebagai manusia kita tidak luput dari kekurangan.
Non Fel, membahas bismillah saja kalau betul kita bahas, akan makan waktu 1 minggu berturut-turut. Oleh karena itu untuk membahas Quran sebaiknya step demi step. Jangan meloncat-loncat.
Biasanya pembahasan Quran seminggu sekali. Tapi apakah memungkinkan dengan kondisi kita yang sekarang? Jangan-jangan nanti pada muntaber (MUNdur TAnpa BERita). Ini yang saya alami dulu. Insya ALLAH saya akan iter (Ikut TERus).
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Jan 30, 2009 5:51 am

Nah gitu dong Pak Ustad, keluarin tuh ilmu, kebetulan kan disini topiknya pengajian, jadi sah sah aja Pak Ustad pakai kapling ini untuk memberi wejangan atau kultum............pendek2 juga gpp, tapi 'kunci-kunci' penting, ilmu kan harus diteruskan ga boleh disimpan sendiri, lagian siapa lagi kalau bukan Pak Ustad yang memulai.............teman2 kita itu sudah waktunya harus diberi siraman rohani berkesinambungan.....ya tanggung jawab Pak Ustad, yang ustad di Iluni FK'83.........kan Pak Ustad dulu Ketua Pengajian di Mataram, jadi paham betul point2 apa yang harus dijelaskan dan Pak Ustad juga yang paling paham sifat teman2 kita........sekalian nanti Pak Ustad masukin intisari ceramah pengajian kita ya, untuk kawan2 yang tidak bisa datang jadi bisa membacanya disini..........kalau notulen begitu aku nyeraaaah deh Pak Ustad aja ya yang laporan. Terima kasih duluan ya Pak Ustad.....dan ditunggu kultumnya..........sedikit demi sedikit kan jadi bukit.......kalau ditunggu pengajian yang 4 bulan sekali kapan kita berilmunya............hidup Pak Ustad. cheers study Very Happy
Back to top Go down
fely irzahn

avatar

Number of posts : 32
Registration date : 2008-10-11

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Jan 30, 2009 7:27 am

Duuhh, Alhamdulillah...
Seger banget Jum'at pagi udah ada siraman rohani..
Smoga yang membagi ilmu dan yang mendapat ilmunya sama2 diberi limpahan rahmat Allah SWT, Aamiin..

Kadang, walau udah pernah tau, kita tetap perlu di ingat2kan terus..

Menyambung masalah shalat sunnah,
Ada hadist yang meriwayatkan bahwa kalau seseorang melakukan hal2 yang baik secara istiqamah, maka sewaktu ybs berhalangan melakukannya karena bepergian atau karena sakit, dia tetap mendapat pahala kebaikannya itu sebagaimana waktu dia menetap/sehat...! (HR al-Bukhari)
Subhanallah... Allah maha Pemurah ! Semoga Gita, Ino dan teman2 lain yg udah istiqamah shalat sunnah rawatib dan sunnah malam mendapat pahala spt itu. Aamiin..

Tapi kok ya gue syusyah amat mengamalkan shalat malem ya..
Masih banyak yg perlu gue perbaiki...doain gue doong ? (hehe,pesan sponsor..)

Tks Gita, Ino...
Back to top Go down
Poer
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 90
Age : 59
Registration date : 2008-08-28

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Jan 30, 2009 11:00 am

Bagian yang ini ilmu gua sangat kuraaaang, Fely
Jadi untuk berkomentar ya nanti dulu, masih taraf pantau memantau dulu deh........
Btw gua senang punya teman2 yang ruarr biasaaaa kayak kalian, semoga friends are always friends, dalam susah dan senang
Mari ....... yuuuk............... Ikke Jum'atan dulu ya
Back to top Go down
ino

avatar

Number of posts : 140
Age : 61
Registration date : 2008-09-29

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Fri Jan 30, 2009 10:43 pm

Haaaaa... Poer! Masih ingat gak lu dulu waktu kita belajar bersama di rumah Pulung? Gue lagi sholat lu taruh bola tenis di sajadah pas tempat kepala gue? Smile Wah ujian gue betul2 hebat waktu itu.
Untuk non Fel, kalau boleh saya sarankan coba perbaiki sholat wajibnya dulu. Mulai dari wudhunya. Pikirkan khusus hanya ALLAH ketika sholat. Perbaiki gerakan dan bacaannya. Kemudian coba tepat waktu.
Insya ALLAH jika sholat wajib kita baik, hati kita akan tergerak untuk melaksanakan sholat sunat. Mulailah dengan sholat dhuha. Jika sedang praktek, minta izin kepada pasien berikutnya untuk pergi sebentar. Bilang saja mau ke belakang. Jika itu bisa kita lakukan sholat sunat yang lain akan mudah kita lakukan. Sholat sunat malam akan lebih mudah lagi.
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Sat Jan 31, 2009 3:09 am

Walah...... walah POER........tapi itu kan dulu Pak Ustad, biasalah.......masih muda, masih banyak jahilnya, ALLAH kan Maha Maklum juga, tiap tiap orang kan beda beda kapan mulai nyadarnya, ada yang cepat ada yang lambat, ga bisa disamakan......tapi kalau sudah umur segini dipercepatlah nyadarnya.......itu gunanya Pak Ustad mulai bikin kultum, mudah2an ada yang 'tersentil' he he

Untuk sholat malam mungkin bisa dimulai dengan bangun yang seperenam malam, setengah jam sebelum adzan subuh kan masih bisa, kalau sekarang agak enakan karena subuhnya kan sudah setengah limaan, jadi jam 4 an masih bisa, wekernya stel lebih cepat, lama2 biasa kok dan weker bisa dimajukan setengah jam lagi, lalu setengah jam lagi, sehingga akhirnya tercapai waktu yang sepertiga malam,waktu terafdhol..........kalau niat itu ada, pelan2 semua akan berhasil kok, sabar aja.


Last edited by gitahafas on Sun Feb 01, 2009 4:57 am; edited 1 time in total
Back to top Go down
gitahafas
Moderator
Moderator
avatar

Number of posts : 23047
Age : 59
Location : Jakarta
Registration date : 2008-09-30

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Sat Jan 31, 2009 8:09 am

Tuh, ada yang lupa FEL, makanya Pak Ustad menekankan wudhunya. Di Surat Al Maidah ayat 6 ditulis: ' Wahai orang2 yang beriman, apabila kalian hendak mendirikan sholat, maka basuhlah muka kalian dan tangan kalian sampai dengan siku, dan sapulah kepala kalian dan basuhlah kaki kalian sampai dengan kedua mata kaki'.

Sholat sunat wudhu adalah penyempurnaan dari maksud wudhu.
'Dengan apakah engkau mendahului aku masuk Surga, Bilal? Sabda Nabi SAW. Tidak aku ketahui sedikitpun sebabnya. Hanya aku tidak berhadats dari sesuatu wudhu, melainkan aku mengerjakan 2 rakaat sholat sesudahnya'. ( Dirawikan Al Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ).
Back to top Go down
ino

avatar

Number of posts : 140
Age : 61
Registration date : 2008-09-29

PostSubject: Re: Pengajian Iluni FK'83   Sat Jan 31, 2009 3:19 pm

Waduh ada yang tau haditsnya. Saya terus terang tidak tau ada hadits seperti itu. Salut untuk bu wasek.
Back to top Go down
 
Pengajian Iluni FK'83
View previous topic View next topic Back to top 
Page 3 of 93Go to page : Previous  1, 2, 3, 4 ... 48 ... 93  Next

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Iluni-FK'83 :: OASE :: RENUNGAN-
Jump to: